Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Raja-raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (1)
Total Views: 6861 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 

kuntum - 05/07/2009 03:45 PM
#21

weeegh, panjang,,, bingung:

baca dolo deh yak.. benkyo, benkyo,
table:
sukeren - 05/07/2009 08:37 PM
#22

nais inpo gan, sekalian tanya : hubungan SHBVII dan SHB VIII apa ya? ayah dan anak bukan? Trus kalo hubungan silsilah Paku Alam sama silsilah HB sebenarnya gimana ya? Kalo Pangeran Diponegoro itu puta mahkota ya?

wuih banyak nanya nih....
Thanks
hakeey - 05/07/2009 11:08 PM
#23

mantabz TS :thumbup


calon suksesor nya sri sultan X jg dunkz..

biar lebih maknyus D
naafi_jogja - 07/07/2009 11:55 AM
#24

Quote:
Original Posted By mountkrakatau
Mangstab.....kangen kampung halaman..
Kaliurang, kapan yah bs netap dsn..Rakyatnya Ramah, Suasananya Hangat, Kotanya Berbudaya, apalagi makanan2nya (Angkringan)...T.O.P

Btw, kayaknya yg SULTAN HB I ada kesalahan tuh...kok sammahope 1972 beliau masih ada???
maho


Thx gan atas commentnya...
Btw, bukan 1972 gan, tp 1792. Coba diliat lagi gan... \)
naafi_jogja - 07/07/2009 01:11 PM
#25

Quote:
Original Posted By sukeren
nais inpo gan, sekalian tanya : hubungan SHBVII dan SHB VIII apa ya? ayah dan anak bukan? Trus kalo hubungan silsilah Paku Alam sama silsilah HB sebenarnya gimana ya? Kalo Pangeran Diponegoro itu puta mahkota ya?

wuih banyak nanya nih....
Thanks


Thx gan..., coba saya jawab pertanyaannya gan, gini:

[*]Sultan HB VIII tuh anak kesembilan dari Sultan HB VII dan istri keduanya G.K.R. Mas
[*]Trus, klo Paku Alam I (yg dulunya bernama B.P.H. Notokusumo) tuh putra ke-3 (ato urutan ke-11 di dalam urutan seluruh putra-putri Hamengkubuwono I) dari Sultan HB I dan garwa selir R.A. Srenggoro.
[*]Klo Pangeran Dipanegara tuh putra tertua Sultan HB III dari garwa selirnya. Jadi bukan putra mahkota. Klo putra mahkota HB III dari garwa permaisuri bernama B.R.M. Ibnu Jarot yg kemudian naik tahta pada usia 10 th dan bergelar Sultan HB IV



Moga inponya membantu gan..... cendolbig
setanjimbesakti - 04/08/2009 11:49 AM
#26

Sri Sultan HB I idola ane gan thumbup:

terimakasih info2 nya + sharingnya

ilovekaskus
cocomaroco - 07/08/2009 10:11 AM
#27

salut buat TS nya beer:

btw dpt foto/lukisan nya Sri Sultan HB I dr mana bro???

wkt gw qe Keraton dulu guide nya blg kalo Sri Sultan HB I ngga ada gambar or fotonya...
soale menurut kepercayaan org jaman dulu ktnya kalo org di-foto or di-lukis bisa memperpendek umur...

CMIIW

thx 4 share yah bro thumbup:
naafi_jogja - 09/08/2009 02:10 AM
#28

Quote:
Original Posted By cocomaroco
salut buat TS nya beer:

btw dpt foto/lukisan nya Sri Sultan HB I dr mana bro???

wkt gw qe Keraton dulu guide nya blg kalo Sri Sultan HB I ngga ada gambar or fotonya...
soale menurut kepercayaan org jaman dulu ktnya kalo org di-foto or di-lukis bisa memperpendek umur...

CMIIW

thx 4 share yah bro thumbup:


Fotonya saya dapatkan dr web yg jadi sumber info ja kok. Mang bwt Sultan HB I, bukan foto diri, tp lukisan or foto lukisan diri beliau... \)
kakario - 26/01/2010 07:42 AM
#29

dimana" ane cari SHB VI kok dikit banget info nya..
bingung bingung
bisa dijelasin gk...

katanya beliau orang pinter...bisa nyembuhin penyakit....


katanya hanya ada lukisan di keraton HB VI gk da museumnya
sayang gk bisa ngeliat waktu itu

mungkin sampeyan punya refernsi lain yg bisa dishare..

nice inpo... thx banget gan
ngatno333 - 27/01/2010 05:32 PM
#30

sultan jogja emang gagah gan beer:
mantab nih tritnya
masivan - 03/02/2010 01:56 PM
#31

dari awal berdiri kraton jogja emang selalu menentang belanda ya, makanya didepan kraton dibangun benteng vredebrug dengan meriam meriam yang diarahkan ke kraton sebagai alat untuk intimidasi terhadap pihak kraton.
sabdalangit - 17/02/2010 10:14 PM
#32

GRM Akhadiyat wafat karena memang "disuwun" kan kpd Gusti ingkang murbeng gesang agar dipundut saja. Yng nyuwun leluhurnya sendiri melalui ayahanda HB VII yg menjadi salah satu raja sakti mandraguna. alasan disuwunke utk "mangkat" karena GRM akhadiyat dianggap melakukan pelanggaran aturan dan moral etika kraton, (sepertinya ada kaitan dgn kehamilan ibu Widura). Oleh karena itu GRM akhadiyat dianggap tak layak meneruskan tampuk dampar kencana raja, sementara itu ibu Widura lalu diserahkan kepada (org biasa) Demang yg dianggap paling berbakti, setia dan berjasa kepada kerajaan.

Sumonggo, para anak turun generasi penerus Ingkang Sinuhun HB VII bila berkenan utk marak sowan ke pasarean Ingkang Sinuhun HB VII di pasarean agung Imogiri. Agar supaya anak turun GRM Akhadiyat dan Ibu Widura mendapatkan doa restu dari para leluhurnya ratu gung binatara, agar menggapai kemuliaan hidup lahir dan batin.

salam karaharjan
http://sabdalangit.wordpress.com
belokpoteh - 24/02/2010 12:30 PM
#33

Quote:
Original Posted By listyadi
lha koq sentop gan....
Sultan HB yg laennya mana dunk....
ilovekaskus


la wong sultannya masih ada dan blon ganti.
gmana mo trs cerita.....
Asmarakandhi - 25/02/2010 01:13 PM
#34

Quote:
Original Posted By prabuanom
sangat menarik om ts D
cek cp cendol terkirim
saya sangat suka dengan lukisan HB pertama, sangat luar biasa beliau beer:


Iya tuh.... coba ada lukisan yang gambarnya lebih bagusaaaannn kisskisskisskiss
cupito - 02/03/2010 10:32 PM
#35

Gan sekedar info ini. Ana tinggal di Jogja jd sering bgt maen2 ke kraton.

Yg ana tau it, foto2 sultan Jogja yg ada tuh dr HB IV sampe HB X.

HB I, HB II, dan HB III itu nda pernah ada fotonya soalnya tiap kali ada orang yg mau melukis beliau2 itu, pasti selalu gagal lukisannya. Ngga tau karena terlalu sakti ato gmn.
Tyhone - 17/03/2010 11:06 AM
#36

Quote:
Sultan Hamengku Buwono IV
Hamengkubuwono IV (3 April 1804 – 6 Desember 1822) sewaktu kecil bernama BRM Ibnu Jarot, diangkat sebagai raja pada usia 10 tahun, karenanya dalam memerintah didampingi wali yaitu Paku Alam I hingga tahun 1820. Pada masa pemerintahannya diberlakukan sistem sewa tanah untuk swasta tetapi justru merugikan rakyat. Pada tahun 1822 beliau wafat pada saat bertamasya sehingga diberi gelar Sultan Seda Ing Pesiyar (Sultan yang meninggal pada saat berpesiar).


ralat dikit gan...hehe

beliau bukan yang menerapkan sewa tanah, yg menerapakan sewa tanah itu Danurejo IV, musuh dalam selimutnya sri sultan....

Danurejo IV juga yang meracuni beliau saat bertamasya

bahkan beliau bertamasya gara2 dibujuk oleh Danurejo IV yang sejatinya merupakan kaki tangan belanda
prabuanom - 17/03/2010 11:15 AM
#37

mau nanya soal sejarah HB 1 secara lebih lengkap. siapa ya pengawal pengawal beliau?
rhea13 - 06/04/2010 04:48 PM
#38

nenek gw tau bgt dgn keseharian dan kehidupan Sultan HB IX.
dan selalu menceritakannya ke gw.
gw juga bingung, msh ada aja orang kyk Sultan HB IX.
P E R F E C T !!!!!!!!
OeuBeng.gneBueO - 08/04/2010 06:33 AM
#39

terimakasih buat TS
ijin bookmark yah mas


btw soal lambangnya , aku dirumah ada pinn / brossnya
makasih mas D
Asmarakandhi - 12/04/2010 12:31 PM
#40

monggo di babar malih...

diteruskan gan..... sayang kalo meredup......
Page 2 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Raja-raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (1)