Gallery & Tutorial
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > Gallery & Tutorial > Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Total Views: 14547 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 

Spike71 - 04/07/2009 06:33 AM
#1
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Peralatan bantu seperti bor tangan dengan baterai/adaptor listrik, gerinda bermotor/grinding tools, penggaris, penjepit, tidak lupa masker dan kaca mata kerja untuk melindungi paru-paru dan mata terutama pada saat grinding resin (yang cukup karsinogenic untuk jangka panjang, pengecatan dsb), kaca pembesar, meja kerja dan lemari penyimpanan kit, dan meja kerja sangat penting untuk diperhatikan.

Mini grinder/Drill
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Grinder ukuran kecil ini penulis beli di Lindeteves. Sangat berguna untuk membentuk plastik (mengukir) karena ada nya grinder pena, dan juga untuk mengikis bagian dari resin (komponen resin aftermarket) yang tidak diinginkan, atau memperbesar lubang, menghilangkan garis atau tonjolan plastik yang tidak diinginkan.

Bisa juga berfungsi sebagai bor, alat ini memiliki pengatur kecepatan putar. Alat lainnya adalah mini drill (dengan batterai selain untuk membor bisa juga sebagai alat untuk grinder/amplas putar. Untuk air intake dsb.

Beli:
Di toko pertukangan, dan alat listrik
Harga: Mini grinder sekitar 500rb an mini drill sekitar 60-70rb an

Penggaris
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Berbagai tipe penggaris besi atau plastik untuk memotong atau mengukur. Yang besi berguna pada pemakaian dengan cutter. Sebenarnya ada juga plat besi flexible (tipis) digunakan untuk scribing. Ada juga semacam alat riveting (untuk membuat pola rivet dengan jarak tertentu (seperti penanda tukang jahit, roda bergerigi) Penulis belum pernah menggunakan ini.

Beli:
Ditoko peralatan tulis, toko model kit untuk scribing guide.

Penjepit, Karet
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Berbagai bentuk penjepit mulai dari penjepit peralatan listrik, paper clip, karet gelang, penjepit jemuran dsb. Sangat bermanfaat digunakan saat melakukan perekatan badan model kit terutama badan utama, sayap dsb. Selotip kertas, masking tape juga bisa digunakan untuk menjamin perekatan sempurna atau pada bagian yang sulit (melengkung misalnya).

Beli:
Di berbagai toko kelontong, peralatan tulis, dsb.

Masker, Sarung tangan karet, Kaca mata safety
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bermanfaat sanga melakukan pengecatan atau pengikisan, bor dengan grinding tool. Untuk melindungi agar kita tidak menghirup debu cat atau bahan kimia lain. Kacamata safety bermanfaat untuk melindungi dari pecahan kecil. Pengalaman pribadi yang buruk saat mengoperasikan grinding tools. Sarung tangan karet saat menangani bahan kimia seperti resin dsb. Atau pengecetan sehingga tangan tetap bersih.

Beli:
Ditoko bahan bangunan, peralatan pertukangan

Kaca Pembasar (Lup)
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Berguna saat melakukan detailing yang kecil. Lebih baik pilih yang memiliki dudukan dan juga lampu sorotnya sehingga lebih mudah digunakan.

Kotak Rupa-Rupa
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bermanfaat untuk menyimpan komponen-komponen yang akan dipasang sehingga tidak berceceran dan hilang. Atau menyimpan sisa-sisa yang tidak terpakai dan bisa digunakan untuk ditailing atau modifikasi model kit lainnya.

Tempat Kerja
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Salah satu syarat tempat kerja yang baik adalah penerangan cukup, area bersih dan rapih. Tempatkan peralatan di kotak peralatan atau laci khusus, cat ditempatnya, kuas di tempat pensil. Gunakan penerangan lampu baca yang cukup terang. Tidak disarankan kerja di ruangan berkarpet karena kemungkinan komponen jatuh dan hilang sangat besar. Gunakan alas kaca untuk memotong dsb. Rapihkan meja kerja sebelum dan setelah kerja.

Lemari Pajangan
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Tentunya sesudah model jadi gunanya untuk dilihat dan dipelototin setiap saat... dan bangga rasanya melihat model yang dibuat susah payah... Apalagi kalau ditaruh di ruang tamu mengundang decak kagum yang melihatnya. Tapi tentunya tidak boleh dipegang pegang... D
Spike71 - 04/07/2009 06:34 AM
#2

Peralatan-peralatan lain yang berguna dalam perakitan seperti bubuk pastel, plastik decoratif dengan efec kilap hologram, plastik PLA untuk modifikasi kit, tack glue untuk merekatkan berbagai komponen sementara (misalnya pengecatan dsb), Komponen upgrade seperti kit resin, PE (etch) set, decal 3rd party dsb.

Bubuk Pastel
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bubuk pasten non oil (tidak berbahan dasar minyak) ini bisa didapatkan di toko alat tulis bagian art (untuk paintings/melukis). Berupa batangan pastel (bukan crayon) lalu di gerus menggunakan cutter besar sehingga didapatkan bubuk halus. Simpan dalam botol kecil agar tidak terkena udara. Tersedia berbagai warna.

Digunakan untuk proses wheathering. Caranya bubuk pastel dicampur dengan sabun cair 5-10 tetes (untuk setengah sendok teh) tambahkan air sehingga diperoleh cairan kental seperti lumpur. Tidak terlalu kering ataupun encer. Sapukan dengan kuas ke garis-garis recessed panel. Setelah kering bersihkan dengan kain katun/tissue atau cotton but, lalu berikan coating agar permanen.

Beli:
Ditoko peralatan tulis/melukis
Harga
Satu batang sekitar 15-20rb an berbagai warna

Plastik Decoratif
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Lembaran plastik decoratif ukuran kecil ini cukup sulit. Penulis mendapat tips dari salah satu website luar, tentang bagaimana cara membuat layar radar tampak seperti efek hologram (berubah warna pada saat dilihat dari sudut pandang berbeda atau pantulan cahaya berbeda. Jika ditempelkan dilatar belakang hitam/gelap maka warnanya meneyerupai layar lcd sedang mati dengan warna realistik dan keren. Bisa digunakan dibagian HUD juga (atau untuk Gundam mungkin bagian mata ya?). Murah namun sangat bermanfaat cari yang model plastiknya agak luas sehingga bisa dipotong persegi dan digunakan. Tipe bintang agak sulit digunakan.

Beli:
Toko pernik-pernik, toko peralatan alat tulis, pesta dsb
Harga:
Satu bungkus cukup 5-rb an

PLA plate/ Plastic Beam
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bahan plastik khusus modeler yang suka menambahkan detil, atau melakukan modifikasi untuk penyempurnaan model kit lebih lanjut.

Ada yang bentuknya batang persegi, bulat, segitiga, dan lembaran. Dengan berbagai ukuran mm. Sangat bermanfaat pada proses detailing atau penyempurnaan model. Misalnya penambahan frame di kokpit sehingga terlihat lebih realistik (batang penguat bagian dalam kokpit, atau di ruang roda dsb). Lembar plastik bisa digunakan menambahkan detil atau landasan di area yang sebelumnya terlihat kosong dsb. Enaknya plastik ini juga dapat direkatkan dengan lem plastik model, sehingga lebih kuat dan mudah pemakaiannya. Potong menggunakan cutter tajam dan penggaris besi.

Beli:
Di toko model kit.
Harga: 60-rb an per lembar atau 75 rb an per bungkus isi 5-10 batang. dsb.

Tack all, Blue tack
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Namanya macam-macam dan mereknya sudah banyak saat ini dulu di sini cuman ada yang warna hijau, diluar negeri terkenal dengan warna biru. Saat ini ada yang putih buatan lokal (Bantek). Perekat serba guna dan daya rekatnya lama hilang meski sudah dipakai berulang kali. Seperti lilin mainan bisa dibentuk apa saja namun digunakan untuk melekatkan. Penulis sering menggunakan tack ini untuk mengisi rumah roda yang sudah di cat putih sebelum ditutup oleh masking tape, menempelkan kaca kanopi ke kokpit sementara, melekatkan komponen besar/kecil ke batang penjepit sebelum di cat. Dan banyak lainnya. Jika sudah dipakai bisa digulung atau di gumpalkan dan siap dipakai ulang. Praktis sekali.

Beli:
Saat ini sudah banyak di supermarket, toko peralatan tulis dsb.
Harga: 15-30 rb an tergantung ukuran.

Komponen Aftermarket (Resin, Decal, metal etch)
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Komponen aftermarket resin buatan black box, metal etch Eduard, Decal isra decal atau resin isra cast dan banyak lagi mereknya sangat berguna bagi modeler yang ingin membuat model kit dengan detail lebih rinci/akurat. Jika sulit melakukan detailing sendiri (menggunakan bahan plastik pla/beam diatas) atau ingin mendapatkan detil yang lebih akurat, aftermarket komponen adalah salah satunya.

Beli:
Di toko model kit (terutama P&P banyak pilihan) dan juag di online webstore seperti lucky model.
Harga: mulai dari 100rb hingga 800rb tergantung ukuran. Kadang-kadang lebih mahal dari kitnya
Spike71 - 04/07/2009 06:40 AM
#3
Update
Alat-alat bantu untuk proses decal yang lebih sempurna seperti settling solution agar decal lebih dapat merekat dengan baik, dan juga decal softtener agar decal menjadi lebih lemas/lembut dan dapat mengikuti kontur kit (terutama lengkung) dengan lebih mudah.

Mark Setter/Decal Fix
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Agar proses decal sempurna maka pemakaian beberapa cairan pembatu decal set ini sangat berguna. Decal yang tidak menempel dengan sempurna dapat menyebabkan silvering (adanya gelembung udara terperangkap karena decal tidak merekat sempurna. (umumnya juga untuk perekatan di area dengan cat flat bukan mengkilap). Ada dua yang penulis temukan di tanah air yaitu Mark setter dari Mr Hobby dan Decal Fix dari Humbrol.

Beli:
Di toko model kit.
Harga: Kisaran 30-60 rb an

Mark Softer
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Yang satu ini membantu untuk melembutkan decal agar lebih mudah mengikuti kontur body dari model kit. Biasa nya pada pemasangan di kontur membulat/melengkung atau pemasangan decal di cockpit pesawat tipe raised/tombol. Dengan pemakaian mark softer maka decal akan mengikuti kontur model kit termasuk recessed/raised panel dengan lebih sempurna. Perlu hati hati karen bial terlalu banyak decal bisa pecah dan meleleh rusak. Umumnya sapukan secukupnya di atas decal tunggu satu menit lalu keringkan dengan cutton butt.

Beli:
Di toko model kit
Harga: Kisaran 30-60 rb an

Salah satu alat-alat penting/dasar dalam perakitan kit, mulai dari cat dasar, berbagai tipe cat (acrylic, enamel, dsb), peralatan cat mulai dari kuas, airbrush pen dan kompresornya. Tidak lupa peralatan masking baik tape masking dan juga liquid mask.

Cat Dasar
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
cat ini umumnya digunakan untuk melapisi plastik terlebih dahulu agar nantinya cat memiliki daya rekat yang lebih baik. Cat dasar biasa dipakai untuk memeriksa apakah dempul sudah baik/halus, dsb.

Beli:
Toko penjual cat model kit, ada yang kaleng semprot juga. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 20-75 ribu an Rupiah.

Cat Enamel
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Cat tipe enamel sebenarnya merupakan cat yang sudah lama ada. Berbagai macam merek baik dari Tamiya, Model Master, Mr. Hobby dan sebagainya. Cat ini memiliki thinner khusus enamel. Atau gunakan thinner multi guna Mr.Hobby. Cat enamel juga lebih enak digunakan untuk pengecetan menggunakan kuas.



Cat merek Model Master lebih memiliki varian warna yang akurat dengan mengacu ke kode/referensi warna FS. (Umumnya tepat untuk beberapa skema warna pesawat). Namun untuk yang tidak terlalu mementingkan akurasi warna maka hal tersebut tidak berpengaruh banyak.

Merek Tamiya warnanya lebih umum, kelebihannya mudah diperoleh. Saat ini di department store misalnya ada juga dijual merek Academy.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 12-30 ribu an Rupiah per botol/kaleng.

Cat Acrylic
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Tipe ini umumnya mengandung pengencer air, umumnya menggunakan pengencer/thinner acrylic khusus (untuk menjaga akurasi dsb). Namun bisa juga menggunakan alcohol, atau penulis saat ini menggunakan Methanol. Keunggulan cat ini adalah lebih tidak beracun (dibandingkan enamel atau lacquer).

Hanya saja lebih sulit menggunakan kuas karens sifatnya yang menggumpal tidak menyebar. Namun untuk touch up/detailing tombol atau detil2 kecil acrylic lebih solid warnanya.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 12-30 ribu an Rupiah per botol/kaleng.

Cat Kaleng/Lacquer
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Cat semprot kaleng sangat mudah digunakan terutama untuk coating clear dan juga untuk warna-warna tertentu. Umumnya menggunakan bahan pengencer/thinner jenis lacquer. Bersifat lebih keras namun karena untuk model penulis pikir kadarnya sudah disesuaikan. Ada warna clear, flat, dan juga warna silver dll. Merek yang umum ditemui adalah Tamiya dan Mr Hobby.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 50-90ibu an Rupiah per botol/kaleng. berbagai ukuran.
Spike71 - 04/07/2009 06:47 AM
#4

Cat metal Alcad (Natural Metal)
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Khusus untuk pengecatan pesawat/model berwarna logam asli (alumunium, baja, dsb) maka cat Alcad berbahan dasar lacquer ini sangat bagus karena finishing nya yang lebih akurat terhadap warna metal namun juga cepat kering (karena lacquer) sehingga memudahkan langkah selanjutnya.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference (terakhir di Peter & Partner atau online.
Harga: berkisar 100 ribu an Rupiah per botol.

Acrylic Tube/Paste
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Cat acrylic ini sebenarnya umum digunakan untuk kegunaan seni lainnya (kanvas, gelas, dll). Namun penulis pakai terutama untuk aksen tombol, dan akses kecil lainnya. Sangat sulit untuk digunakan memakai kuas, karena sifatnya yang menggumpal namun warnanya yang solid dan opaque tidak transparan sangat cocok untuk detil kecil.

Beli:
Di toko-toko buku/peralatan tulis
Harga: berkisar antara 100 ribu Rupiah (hadiah Ultah dari istri soalnya jadi ngak tahu tepatnya).

Masking Tape
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Tools pengecatan yang penting dan digunakan untuk menutupi bagian yang tidak ingin dicat, misalnya kanopi dsb. Atau membuat pola-pola tertentu. Gunakan masking tape khusus model agar bahan lem tidak berbekas di cat atau tertinggal di body model kit yang bisa merusak dan sulit dihilangkan.

Masking tape untuk cat mobil dan selo tip biasa (misalnya magic tape) tidak pas digunakan di modeling.

Beli:
Ditoko model kit
Harga: berkisar dari 20-30 ribu an tergantung jenis ukuran.

Liquid Mask
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
berbentuk cairan berguna untuk menutupi bagian model yang berbentuk tidak rata sehingga tertutup sempurna. Aplikasi menggunakan kuas yang disediakan. Hati-hati cepat kering sehingga harus diaplikasi dengan cepat. Setelah kering akan berbentuk seperti karet sintetis yang mudah di kelupas jika sudah tidak diperlukan. Terutama digunakan saat mencat bagian roda (velg) atau bagian-bagian pesawat yang pinggirannya sudah diberikan masking tape terlebih dahulu.

Beli:
Ditoko model kit (di Jakarta hanya ada di P&P)
Harga: sekitar 30-60 rb an (lupa)

Thinner Laquer
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Yang ini banyak dijumpai di toko bahan bangunan, bukan digunakan untuk proses pengecatan namun digunakan untuk mencuci airbrush, kuas, dan mengencerkan dempul tertentu atau untuk membersihkan tangan dll dari sisa-sisa cat. Lumayan irit dibandingkan jika membeli cairan khusus pembersih. Gunakan dispenser botol bercorong (pindahkan dari kaleng ke botol khusus) sehingga mudah digunakan.

Beli:
Ditoko bahan bangunan sekitar.
Harga: belasan ribu kaleng kecil puluhan ribu kaleng besar 5 liter.

Alkohol/Methanol
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bahan ini bisa menggantikan thinner acrylic (seperti yang terlihat diatas). Alcohol yang mendekati 90% sudah cukup. Namun memang kualitas mungkin tidak dijamin (tidak ketara sih). Namun penulis menggunakan Methanol sebagai pengencer acyrlic secara tidak sengaja (tadinya beli Methanol murni untuk membersihkan ccd camera). Namun pas dicoba ternyata cukup bagus dan keringnya juga pas (tidak terlalu cepat namun tidak lama sehingga praktis). Belum tahu sih ada efek terhadap cat atau tidak jangka panjang. Tapi selama ini ok aja. Cukup murah juga.

Beli:
Toko bahan kimia
Harga: methanol biasa sekitar 20 ribu an ukuran 1 liter.

Kuas
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Salah satu alat yang penting terutama untuk detailing. Saat ini kuas tidak lagi digunakan untuk pengecatan body model kit atau bidang luas. Namun sudah pasti dibutuhkan untuk detail-detail kecil seperti area kokpit, rumah roda, antena, pilot dsb. Untuk ukuran kuas yang paling sering digunakan adalah ukuran kecil (xxx/000) atau sangat kecil (xxxx atau 0000). Merek Tamiya atau Hasegawa juga memiliki kuas detailing yang bagus (meruncing) sehingga pengecatan detil dapat dilakukan dengan mudah. Pemilihan kuas detailing sangat penting.

Beli:
Toko peralatan tulis, toko model kit
Harga: yang bagus berisar dari 50-ribu hingga ratusan ribu Rupiah.

Airbrush pen
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Alat utama airbrush ini tersedia mulai dari yang murah (buatan China) hingga yang paling mahal seperti Iwata series dsb. Untuk pemula bisa beli yang murah dulu, namun kekuatan jarum cukup lemah dan mudah bengkok sehingga pengecatan tidak sempurna asal penanganan hati-hati cukup tahan lama). Merek Anzen beli di P&P atau di Glodok (sepertinya banyak banget disana) sudah cukup memadai. Yang mau goes expert bisa ke Iwata series, atau merek luar lainnya - yang menawarkan beberapa feature menarik. (Susah carinya)

Beli:
Toko peralatan cat Glodok, Toko model kit
Harga: murah 175 ribu-an hingga 1.5 juta an.
Airbrush merek lainnya (Anzen cukup bagus dan murah). Ukuran spraying needlenya sekitara 0.3mm yang umum, 0.5 terlalu besar (untuk pengecatan luas). Untuk detil bisa 0.1-0.2mm namun kalau tidak encer catnya akan cepat macet. Dan hanya merek-merek ternama yang menyediakan airbrush detil.
Spike71 - 04/07/2009 06:52 AM
#5

Kompressor Airbrush
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bisa menggunakan kompresor tipe apa saja meski ada yang khusus untuk airbrush (kecil tipe membran), sedang/besar tipe piston. Dengan tabung atau tidak. Untuk kestabilan aliran udara disarankan tipe tabung. Tipe lainnya adalah tipe silent (ada yang dibuat dari kompressor lemari es, yang sunyi senyap). Komponen penting lainnya adalah regulator udara. Tanpa ini tidak mungkin melakukan airbrushing dengan sempurna. Mengatur aliran udara, terutama untuk airbrushing detil-detil (tekanan rendah) atau untuk pengecatan umum (tekanan lebih tinggi.

Beli:
Di toko peralatan pengecatan, pertukangan (glodok, Ace dll)
Harga: mulai dari 200-ribu hingga jutaan tergantung tipe, ukuran.

Ballpoint, Pensil, Marker, Spidol, Tip-ex
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Sangat bermanfaat terutama untuk pembuatan detil-detil khusus seperti dikokpit, di pilot atau bagian lainnya yang sulit dilakukan dengan rapih menggunakan kuas biasa. Pilih yang waterproof agar tidak cepat hilang. Penulis umumnya menggunakan pensil mekanis untuk memberikan aksen di model kit dengan tipe raised (lama) sehingga lebih rapih. Perlu ketekunan tersendiri untuk mendapatkan efek sempurna. Seperti lelehan oli, kotoran lainnya menggunakan marker ukuran kecil 0.2mm/0.5mm

Beli:
Toko peralatan tulis dll.

Cairan Future
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Lantai Anda kusam? ya ini cairan pengkilap lantai tapi di kalangan modeller sangat dikenal dengan cairan multi guna wajib dimiliki. Berbahan dasar acrylic umumnya digunakan untuk coating kanopi transparan dan juga untuk coating lainnya (decal dsb). Untuk di airbrush ada modeller yang sukses dan banyak yang gagal. Penulis sendiri pernah mencelupkan model kit ke dalam cairan future (hawk red arrow) untuk mendapatkan coating kilap sempurna.

Beli:
Saat ini masih baru ditemukan di Ace Hardware
Harga: sekitar 100-rb Rupiah.

Kontainer Cat
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
tempat menyimpan cat ini sangat berguna agar tempat kerja dan cat tidak berantakan dan meminimalkan kemungkinan tercecer, hilang, tumpah dsb. Mudah dan praktis.

Beli:

Supermarket, toko kelontong, toko alat tulis dsb
Harga: sekitar 30-rb an

Sebenarnya ini merupakan salah satu komponen pendukung proses pengecatan, terutama untuk menutupi celah-celah yang tersisa ataupun persambungan kit, ada juga untuk menutup lubang-lubang. Kreatifitas perakit juga sangat diperlukan.

Dempul
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Untuk mendapatkan detil sempurna baik di persambungan maupun dibagianyang tidak sempurna maka dempul datang membantu. Dempul khusus modeler ini mudah pemakaiannya dan tidak terlalu keras seperti dempul epoxy untuk cat mobil. Dempul merek Tamiya sangat mudah didapat di toko model kit. Untuk jenis Squadron green putty memang jarang. Ada lagi tipe fast dry (cepat kering) dari Tamiya. Gunakan tusuk gigi, atau putty applicator dan bersihkan sisa dempul menggunakan cotton but + aseton (tips dari Mas Ridwan). Lebih rapih jadinya. Lindungi bagian yang tidak ingin dipakaikan dempul dengan masking tape.

Beli:
Di toko model kit
Harga: 30-60 rb an
Dempul ada beberapa macam dan merek, yang umum dijual tipe Tamiya ada yang abu-abu warnanya dan putih, sedangan green putty tentunya berwarna hijau, di luar negeri tipenya lebih banyak lagi.

Disolved Putty
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Bentuk dempul lainnya yang lebih encer dan umum digunakan untuk tempat-tempat sulit dijangkau. Misalnya bagian air intake, bekas-bekas injection moulding dsb. Penulis hanya menemukan disolved putty merek Mr Hobby di toko P&P

Beli:
Di toko model kit
Harga: 50-rb an
Spike71 - 04/07/2009 06:57 AM
#6

Komponen dasar lainnya yang wajib, yaitu lem, masing-masing tipe lem memiliki kegunaannya masing-masing dan bila salah digunakan akan menyebabkan kerusakkan maupun ketidak sempurnaan perakita, perekatan berlebihan juga menyebabkan hasilnya tidak memuaskan. Memahami jenis dan karakteristik lem sangat penting.
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Lem merupakan salah satu peralatan dasar yang dibutuhkan dalam pembuatan model. Tanpa yang satu ini model anda tidak akan terwujud. Untuk itu penting memahami karakteristik lem dan kegunaannya.

Lem Plastik
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Perekat utama para modeler adalah lem plastik (polysterene). Lem ini sangat kuat bila dipakaikan pada model plastik karena melehkan plastik model sehingga terjadi perekatan yang sempurna. Namun untuk itu juga pemakaian harus berhati-hati, karena terlalu banyak atau ceceran lem ini jatuh ke model maka dijamin akan rusak/cacat plastiknya. Hanya berlaku pada plastik model dengan jenis polysterene. Plastik lain belum tentu berpengaruh. Dari Tamiya ada yang encer (hijau) dan normal (Putih atau orange).

Beli: Ditoko model kit, Harga: 30-rb an.

Super Glue
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Lem ini sudah banyak dijual secara umum, dikenal dengan nama lain lem cyanoacrylate. Sifatnya yang mengering dengan cepat beberapa detik atau menit memudahkan pemasangan detil kecil atau yang sulit dipasang. Namun hati-hati untuk pemasangan bagian transparan karena bisa-bisa meninggalkan embun putih (hasil kondensasi karena perekatan cepat). Salah satu tips yang bermanfaat adalah agar lem ini cepat kering bisa dengan memberikan hembusan udara lembab (kalau pakai mulut hati-hati kalau belum sikat gigi he.he). Karena udara lembab sebenarnya mempercepat proses perekatan. Lihat bagian tips untuk lebih banyak ide menarik.

Beli:
Di toko perlatan tulis, supermarket, toko pertukangan, model kit.
Harga: tergantung merek mulai dari 3000-rb hingga belasan ribu. Produsen awal super glue (aron alpha) memiliki daya rekat lebih lambat, namun tidak mudah menimbulkan embun putih

Lem Putih
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Sebenarnya lem putih lebih mirip lem kayu putih atau lem kertas. Dimana pada saat basah berwarna putih namun pada saat kering akan berubah menjadi bening/transparan. Pilihan lem putih saat ini banyak sekali. Penulis menggunakan merek ini karena referensi saja. Namun sepertinya merek lain juga ok. Bermanfaat pada saat melekatkan komponen transparan (kanopi misalnya) ke body pesawat disamping tidak merusak seperti power glue dsb. Kalau ada kekeliruan lebih mudah dibuka. Hasilnya yang bening juga menyebabkan lem ini lebih tidak terlihat.

Beli:
Di toko peralatan tulis

Lem Epoxy dan Epoxy Putty
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Perekat epoxy berguna untuk merekatkan komponen secara kuat. Karena sifat perekatannya yang tidak pandang bulu (bahan apa saja hampir semua bisa dan tahan air). Namun karena sifatnya lambat kering (ada yang beberapa menit). Penulis pernah mencoba yang tipe transparan namun hasilnya kurang memuaskan untuk menempelkan kanopi karena menghasilkan lapisan bening yang cukup berbekas dan bersifat mengembang, tidak menyusut.

Tipe lainnya berbentuk seperti dempul yang dicampurkan antara epoxy dan pengerasnya seperti lilin mainan lalu bentuk atau tempatkan di bagian yang akan direkatkan. Berguna untuk menutup lubang atau bagian yang terbuka. Rekatannya juga sangat kuat.

Beli:
Ditoko peralatan tulis
Harga: belasan hingga puluhan ribu

Pinset, Penjepit
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Ada berbagai bentuk, lurus, bengkok sangat beguna pada saat memasang decal, atau pada saat merekatkan komponen kecil lainnya.

Beli:
Dapat dibeli ditoko buku, peralatan tulis, toko bahan kimia.
Harga: 3000 - 20.000 IDR

Bor Tangan
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Alat seperti bolpoint ini sebenarnya dalah sebuah bor tangan. Didalam silindernya tersimpan berbagai ukuran mata bor mulai dari yang kecil 0.1mm s/d 1.5mm. Sangat berguna untuk membuat lubang-lubang di plastik. Untuk berbagai fungsi.

Beli:
Cukup sulit mencarinya, penulis mendapatkan di Glodok Jaya, Lindeteves, lt3 (nama toko lupa)
Harga: 150 ribu IDR

Scriber tool
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Digunakan untuk memperdalam rescessed line atau garis-garis di tubuh pesawat/model kit, agar dimesinya lebih jelas. Harus digunakan hati-hati jika tidak maka body model kit bisa rusak atau cacat (umumnya pada saat menggurat/menggaris seringkali terlewat atau keluar jalur). Ada berbagai bentuk

Beli:
Ini dibeli di supermarket mereknya lupa tapi memang bukan kualitas nomor satu. Untuk kualitas top beli di toko modeller yang lengkap.
Harga: belasan ribu Rupiah.

Tang Jepit
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Tang ini berhidung rata dan digunakan penulis untuk ,menekuk metal etch terutama untuk komponen-komponen yang berukuran kecil. Ada yang berhidung datar, dan meruncing. Keduanya cukup bermanfaat terutama yang tidak memiliki alat khusus untuk menekuk metal etch

Beli:
Di toko peralatan listrik atau khusus alat, penulis beli di Lindeteves Glodok. Untuk yang serius beli alat khusus metal etch
Harga: Puluhan ribu Rupiah.

Micro File, Amplas
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Micro file (kikir halus/kecil) merupakan kebutuhan wajib dan sering dipakai terutama untuk menghaluskan plastik bekas potongan, sisa plastik atau membentuk suatu lubang atau komponen model plastik sesuai keinginan.

Amplas tentunya juga merupakan alat dasar terutama untuk persiapan pengecatan atau untuk memperhalus suatu komponen, menghilangkan kelebihan plastik (flash)

Beli:
Supermarket, toko peralatan listrik/alat-alat tukang.
Harga: 15-20 ribu an.
Spike71 - 04/07/2009 07:03 AM
#7

Peralatan potong adalah peralatan dasar lainnya yang diperlukan modeler untuk memotong plastik dari sprue atau memotong plastik pla untuk modifikasi, kawat-kawat untuk pembuatan pipa-pipa detil, memotong decal dan sebagainya. Pemotong yang bagus akan memberikan hasil potong yang lebih rapih. Teknik pemakaiannya juga penting dipelajari.
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Peralatan potong adalah peralatan dasar dari seorang modeler. Untuk memotong komponen dari tangkai sprue dsb. Merapihkan potongan atau membentuk komponen plastik agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Tang potong
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Adalah komponen dasar, tang potong yang baik sangat dianjurkan (tajam dengan ujung runcing) memudahkan pemotongan komponen dari tangkai sprue dan ujung runcing memudahkan pemotongan komponen yang dalam/sulit dijangkau. Tips: Jangan potong tepat disisi komponen sisakan sedikit agar komponen plastik tidak rusak/cacat. Nanti baru dirapihkan dengan cutter/kikir dsb.

Beli:
Toko peralatan listrik, bahan bangunan, toko model kit.
Harga: dari 15-rb an hingga 90-rb an tergantung kualitas/merek

Cutter Pen
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
tipe pena sangat dianjurkan untuk detailing dan kegunaan lainnya penulis mendapatkan satu set cutter yang kualitas nya cukup baik di Lindeteves Glodok dengan harga murah. Cutter pena digunakan untuk memotong/merapihkan komponen, memotong decal, Masking tape untuk pemolaan, dsb. Alat wajib.

Beli:
Toko peralatan tulis, pertukangan, supermarket, toko model kit.
Harga: yang bagus minimal berharga 50-rb an Rupiah.

Gunting
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Terlihat sederhana pakai gunting kertas biasa. Memang cukup dan tidak perlu yang mahal. Namun penulis merasakan gunting dengan ujung runcing (hati-hati tajam) sangan dibutuhkan terutama memotong decal dengan presisi, atau menjangkai area yang sulit pada saat masking dsb. Gunakan gunting yang tajam.

Beli:
Toko peralatan tulis, toko model kit
Harga: berkisar antara 20-rb hingga 60-rb Rupiah

Gergaji kecil
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Yang sebelah kanan gergaji kecil umum dijumpai ditoko peralatan pertukangan dengan ketabalan mata gergaji sekitar 0.5mm. Untuk proses detail atau modifikasi model kit kadang-kadang butuh yang lebih tipis lagi agar bagian plastik tidak banyak terbuang maka Hasegawa trytool sangat bermanfaat (misalnya modifikasi kanopi yang tadinya tertutup tidak terpisah bisa dipotong dengan try tool, atau modifikasi lainnya) Trytool adalah gergaji tipis (setipis pisau cutter bahkan sedikit lebih tipis) dan sangat tajam. Merek lain selain Hasegawa juga ada.

Beli:
Penulis beli di P&P namun pernah lihat di toko bung Ridwan STC
Harga: seratus ribuan.

Cutting Pad/Mat
Peralatan Utama & Pendukung Model Kit
Berguna agar meja tidak rusak, bisa gunakan kaca tebal sebagai landasan meja juga ok. Mudah dibersihkan. Cutting mat berguna karena ada garis-garisnya sehingga bisa digunakan sebagai panduan.

Beli:
Di toko peralatan tulis, pertukangan
Harga: mulai dari 30-rb an hingga 90-rb an sesuai ukuran.



Sumber : www.jetplastic.com
P.S : maaf buat momod abisin space banyak nih p
klo ada yg mo tambahin silakan yah hihi D
PandaEX - 04/07/2009 10:08 AM
#8

wah mantap..... lengkap bgt nih............thx bro infonya ilovekaskusilovekaskus
Vandalier - 04/07/2009 10:41 AM
#9

anjrottt
lengkap bener

catnya kurang lacquer tuh
tank aholic - 04/07/2009 10:49 AM
#10

mantap gan!!!!ilovekaskus ijin copas dolo!!!!
Spike71 - 04/07/2009 10:57 AM
#11

Quote:
Original Posted By PandaEX
wah mantap..... lengkap bgt nih............thx bro infonya ilovekaskusilovekaskus


yo sama2 D

Quote:
Original Posted By Vandalier
anjrottt
lengkap bener

catnya kurang lacquer tuh



hahah iya yah
cuma spraynya doang
bisa bikinin definisinya gk
trus beli dimana harganya brp D
thanks, nubi bingung wkwkwkwkwk

Quote:
Original Posted By tank aholic
mantap gan!!!!ilovekaskus ijin copas dolo!!!!


inget sourcenya bro
ntar di tuntut hak cipta lo p wkwkwkwkwkwk
h4mster - 05/07/2009 09:28 AM
#12

Wah, dah lengkap gini mah bingung mau nambahin apaD
keren bro beer:
neveko - 05/07/2009 01:04 PM
#13

wow nice thread two thumbs up!!
Spike71 - 05/07/2009 01:49 PM
#14

Quote:
Original Posted By h4mster
Wah, dah lengkap gini mah bingung mau nambahin apaD
keren bro beer:


Quote:
Original Posted By neveko
wow nice thread two thumbs up!!


thanks hihi D
hatori hanzo - 08/07/2009 10:31 PM
#15

walah......komplet banget.....hebat dah ts
13ch35nutm4n - 09/07/2009 08:11 AM
#16

wow ... matabelo:
baru tau kalo alat2nya sebanyak itu ...
peralatan pny gw baru 1/6nya ... D
Spike71 - 09/07/2009 04:17 PM
#17

Quote:
Original Posted By hatori hanzo
walah......komplet banget.....hebat dah ts

hihi thx

Quote:
Original Posted By 13ch35nutm4n
wow ... matabelo:
baru tau kalo alat2nya sebanyak itu ...
peralatan pny gw baru 1/6nya ... D


haha sama bos p
AdyOne - 24/07/2009 02:57 AM
#18

Lengkap juga ngajarinnya Gan...Bermanfaat buat orang banyak yang sehobby dan baru belajar
mahomahomaho
og23n - 04/08/2009 08:14 PM
#19

berguna ngt untuk newbie
Spike71 - 04/08/2009 09:16 PM
#20

Quote:
Original Posted By AdyOne
Lengkap juga ngajarinnya Gan...Bermanfaat buat orang banyak yang sehobby dan baru belajar
mahomahomaho


Quote:
Original Posted By og23n
berguna ngt untuk newbie


yep
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > Gallery & Tutorial > Peralatan Utama & Pendukung Model Kit