ACTIVITY & HOBBY
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > All About Radio Komunikasi - Part 1
Total Views: 356264 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 500 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

RAZER - 01/09/2009 04:39 PM
#21

^^

TOP Markotop...

nanti ditraktir sekoteng salatiga ya... hihihi

makasih mbah..

nah itu perhatian tuh, memasang antena luar tidak sembarangan.. wokey..

RAZER standby monitor...
mbahpaijo - 01/09/2009 04:59 PM
#22
icom IC-R3
All About Radio Komunikasi - Part 1

Icom IC-R3. Semula saya tidak berminat untuk mendapatkan barang ini. Tapi begitu melihat ada yang jual Receiver ini maka saya tergelitik untuk mencoba memilikinya. Oh ya Icom IC-R3 ini adalah receiver, artinya hanya bisa menerima frekwensi saja tidak bisa transmit

Setelah saya mendapatkan barang ini yang pertama saya rasakan adalah batrenya yang boros terutama jika layar utama dihidupkan. Jadi untuk stanby waktu lama saya pakai adaptor external. Saya juga kurang “ngeh” karena adaptor/charger bawaanya hanya 110V. Dan layar yang ada mode NTSC. padahal TV diindonesia adalah mode PAL. Begitu dicoba untuk TV saya katakan sangat tidak bagus dan tidak sensitif. Jauh lebih peka HP TV saya yang merek china. Dengan Icom R-3 ini sinyal sangat lemah walau antena sdh dipanjangkan dan dirubah-rubah posisinya. Sedang dengan HP TV sdh didapat sinyal clear dengan posisi sama. Gambar yang didapat sangat banyak semutnya, frekwensi suara tdk sinkron dengan gambar. Apalagi dengan mode NTSC jelas yang didapat hanya gambar hitam putih saja.

Hmmmm saya penasaran dengan CCTV yang dijalan-jalan itu. maka saya bawa IC-R3 ini jalan-jalan. sambil scanning-scaning di seputar 2,4GHz. Tapi lagi-lagi tidak dapet apa-apa. Mungkin karena waktu itu saya posisi berjalan, tidak berhenti didekat kamera CCTV. Kalau discan dari rumah tdk dapet menangkap apa-apa. Saya pernah perpikiran iseng… hehehhehe mungkin hotel-hotel di jogja ada yang pasang kamera tersembunyi. Mau saya scan sekali-kali. Tapi belum sempat-sempat. Weeewwww… siapa tahu dapat pertunjukan Live!

Untuk menerima frekwensi HF/VHF/UHF masih kalah atau sama dibanding dengan yaesu VX3R saya. Padahal ini namanya Receiver, dalam pikiran saya pasti receivenya lebih OK. Saya ganti dengan antena Diamond RH-599 ada peningkatan sedikit. Saya heran waktu scanning di 1,2 GHz didapat frekwensi radio. Mungkin ini Harmonic Frekwensi. Untuk penerimaan di 850 MHz Icom IC-R3 lebih peka dari yaesu VX3R, dengan antena sama dan posisi yang sama.

Untuk modulasi penerimaan cenderung cempreng. Dan volume speker tdk segarang icom lainya. Lebih empuk Yaesu VX7R.

Kesimpulanya saya tidak puas memiliki perangkat ini. kalau hanya untuk memonitor 1-999 Mhz dengan yaesu VX7R atau sejenisnya sudah bisa. Bisa TX lagi. Frekwensi diatas 1 GHz saya rasa hanya sia-sia, karena disitu nyaris ga ada apa-apa. Adanya di 2,4GHz untuk wireless video. Wireless video (Hiden cam, CCTV, dll) bekerja di 900 MHz, dan 2,4GHz. Pesawat ini terlalu besar, boros batre. casing terkesan mudah pecah.

Kelebihan Perangkat ini adalah:

* Dual layar. yang satu cukup besar. TFT 2″
* Frekwensi sangat lebar, sampai 2,4 GHz
* Bisa scanning video, jd bisa tahu hidden cam, CCTV waireless, dll. Bisa ngintip orang hehehhe
* Ada video output yang dapat disambungkan dengan TV.

Kekuranganya adalah:

* Bodinya bongsor, gak enak diajak jalan-jalan
* Batre boros tenan. Kalau layar utama dinyalakan paling hanya tahan 1 jam
* Tidak ada mode SSB. Harusnya kelas Receiver harus ada SSB nya.
* Antena modelnya jelek modelnya, model lipat.
* TV tidak peka
* Tidak ada tombol Numeric, susah jika pilih frekwensi
* Harga yg masih mahal. mending beli IC-R10 (bisa SSB) + HP TV… hehehhe
mbahpaijo - 01/09/2009 05:09 PM
#23
Yaesu VX3R
All About Radio Komunikasi - Part 1

Yaesu VX3R, adalah HT favorite saya. Waktu mau beli dulu sangat ragu, lama sekali mempertimbangkanya. Tetapi setelah menerima barangnya, langsung berucap “luar biasa”. Sangat puas.

HT ini walau sangat kecil, tetapi mempunya banyak sekali multi fungsi. Dari chanel counter yang sensitif sampai smart search seperti VX7R. HT ini mempunyai colokan jack 3,5mm stereo. Jadi kita bisa menggunakan headset jack biasa untuk mendengengarkan frekwensi. Tidak perlu membeli headset khusus HT yang terkenal mahal itu. Fungsi radionya pun sdh stereo. Baru kali ini ada HT yang mempunyai radio stereo. Dengan headset dimasukan teleinga dan HT disaku maka kita seolah jadi mata-mata yang menyamar. Apalagi jika dipadu dengan antena yang cuma 3 cm (lupa jenisnya).

Dengan power 1.5 watt dengan batre dan 3 watt dengan adaptor, sdh cukup untuk membuka repeater. atau berbicara direct sampai 20Km ditempat saya yang kebetulan banyak persawahan.

HT ini dilengkapi batre lithium yang sama persis bentuk dan volatsenya dengan batre nokia. Jadi jika batre soak, kita bisa mengganti dengan batre nokia yang lebih murah.

Kelemahan HT ini adalah antena yang kurang sensitif. Harus diganti antena jenis lain biar lebih sensitif.

Sekali lagi, saya sangat menyukai HT ini. Bentuknya yang kecil dan compact sanhat pas untuk dibawa jalan-jalan. Nanti saya akan beli lagi radio VX3R ini. Sebenarnya saya sangat berat untuk melepas HT ini. Tetapi kemarin uang untuk beli VX7R kuarang dikit, maka terpaksa saya lepas juga. Dibeli rekan dari detik forum.
mbahpaijo - 01/09/2009 05:13 PM
#24
Icom IC-2200H
All About Radio Komunikasi - Part 1

ICOM IC-2200H. Salah satu pesawat favorit saya. Saya malah mempunyai 2 Unit pesawat ini. Yang satu beli dari orang, yang satu barter dari rekan di detik forum dengan TR-9130 yang menjadi legenda itu.

Berawal dari rasa bosen terhadap Icom IC-2000 saya, maka iseng saya browsing mencari perangkat pengganti. Saat itu belum tahu mau beli apa. Waktu membuka universal-radio.com, muncul pesawat ini. Kesan pertama melihat fotonya adalah pesawat ini cukup garang tampilanya, cukup futuristik. Maka mulailah seraching penjual IC-2200H di indonesia. Dan didapatlah satu dlm waktu beberapa jam. Setelah pembayaran beres… harap=harap cemas menanti IC-2200H ini.

Setelah kiriman tiba dengan kurir, langsung saya buka, dan wow memang pesawat ini sangat bagus secara bentuknya. Detail tampilan depan sangat bagus. Konstruksi bodi pesawat juga sangat kokoh dan elegan. Tak sabar langsung saya coba mengudara. Langsung saya test untuk luar kota dengan jarak 70 KM. Ditempat lawan bicara sinyal diterima sangat baik, 9 bar dari 12. Modulasi jernih dan bagus. Saya menerima lawan bicara juga tdk kesulitan.

Berikut kelebihan IC-2200H MENURUT SAYA PRIBADI:

* Desain menawan, bagus.
* Power lumayan besar. Ada 4 step power 5/10/25/65 watt. Sehingga kita mudah mengatur kegunaan. Untuk lokalan cukup 5 watt. Pesawat tetap dingin, hemat listrik.
* Bisa menangkap air band / frekwensi penerbangan. Jk bosen dengar orang ngebrik, saya dengerin ini chanel.
* Keypad yang multi fungsi dan mudah digunakan.
* Ada tombol squel di depan, sehingga dengan satu putaran dapat mengatur sensitivitas RX.
* Ada bank memory. Tempat mengelompikan beberapa chanel favorit.
* Ada digital Voice. Yang ini blm saya coba, krn ada alat tambahanya.
* LCD yang besar, mudah dibaca. Warnanya bisa diganti (2 warna).

Kekuranganya adalah:

* Cepat panas untuk High Power
* Speker dibawah, sangat menyebalkan. Harus pakai braket, jika tdk bakal repot. Modulasi yg diterima kurang sip krn speker menghadap ke bawah.
* Konektor MIC model RJ… Blah…. menyebalkan. Hrs dijumper supaya awet konektornya.
* Modulasi speker lebih bagus Kenwood.

Perangkat ini sampai sekarang masih saya gunakan. Bergantian dengan Kenwood TM-271. Walau kadang saya malas mengudara. Jika lagi malas maka perangkat dimasukan lagi ke dus nya, biar gak ditempati semut. Rencana saya akan memakai pesawat ini untuk salah satu homebase station.
mbahpaijo - 01/09/2009 08:30 PM
#25
yeasu VX7R
Yaesu VX7R For Sale...
Black color
2 Unit
More info please visit: https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2355235
DjHater - 01/09/2009 08:46 PM
#26

mau nanya.. kalo perangkat ht yang paling murah tapi dah bisa 3 band apa yah? trus beda triband sama all band apa? kalo all band apa hanya untuk RIG aja?
saya punya kenwood th22at, th79a, icom ic-o3n, masi banyak lagi.. tapi kurang mudeng.. soal nya pemberian bokap.. secara bokap orari... D
thx for share..
mbahpaijo - 01/09/2009 08:50 PM
#27
Moved
Quote:
Original Posted By DjHater
mau nanya.. kalo perangkat ht yang paling murah tapi dah bisa 3 band apa yah? trus beda triband sama all band apa? kalo all band apa hanya untuk RIG aja?
saya punya kenwood th22at, th79a, icom ic-o3n, masi banyak lagi.. tapi kurang mudeng.. soal nya pemberian bokap.. secara bokap orari... D
thx for share..


mksudnya 3 band apa ya... Apa bisa TX di 3 band gitu.
Kalau itu mahsudnya ada ada icom IC-T90A. TX di 40 Mhz - VHF - UHF dan receive di wideband (0,5 - 999 Mhz). Harga bekas sekitar 1,5 juta
Ada juga yaesu VX6R (2 juta bekas). dan tentu ada VX7R.

kalau nerima saja di semua band (wide band) ada IC-T7A receive 40-999 Mhz. Harga bekas 850rb an. TX di VHF + UHF.

Asesories banyak di toko bro. Seperti antena, kabel, dll. Khusus batre harganya mahaaalllll untuk HT ini...

All band itu istilah untuk HF (high Frekwensi).
All band mencakup 10 - 160 meter band atau 1-30 Mhz.
radio All band ini biasanya disebut radio HF General coverage. Radio All band ini bisa komunikasi antar pulau atau antar negara dengan mode AM/SSB.

Kalau yang bisa menerima semua frekwensi (1 - 999 Mhz) disebut wide band. Tetapi umumnya radio wide band ini tdk bisa menerima SSB. Kecuali jenis receiver spt Icom IC-R10.

Kenwood TH22AT bekerja di VHF (136-174 Mhz)
Icom 03N bekerja di UHF
kenwood TH79A bekerja di dual band (VHF - UHF)
frekwensi UHF = 420-470 Mhz***

Tq
DjHater - 01/09/2009 11:14 PM
#28

Quote:
Original Posted By mbahpaijo
mksudnya 3 band apa ya... Apa bisa TX di 3 band gitu.
Kalau itu mahsudnya ada ada icom IC-T90A. TX di 40 Mhz - VHF - UHF dan receive di wideband (0,5 - 999 Mhz). Harga bekas sekitar 1,5 juta
Ada juga yaesu VX6R (2 juta bekas). dan tentu ada VX7R.

kalau nerima saja di semua band (wide band) ada IC-T7A receive 40-999 Mhz. Harga bekas 850rb an. TX di VHF + UHF.

Asesories banyak di toko bro. Seperti antena, kabel, dll. Khusus batre harganya mahaaalllll untuk HT ini...

All band itu istilah untuk HF (high Frekwensi).
All band mencakup 10 - 160 meter band atau 1-30 Mhz.
radio All band ini biasanya disebut radio HF General coverage. Radio All band ini bisa komunikasi antar pulau atau antar negara dengan mode AM/SSB.

Kalau yang bisa menerima semua frekwensi (1 - 999 Mhz) disebut wide band. Tetapi umumnya radio wide band ini tdk bisa menerima SSB. Kecuali jenis receiver spt Icom IC-R10.

Kenwood TH22AT bekerja di VHF (136-174 Mhz)
Icom 03N bekerja di UHF
kenwood TH79A bekerja di dual band (VHF - UHF)
frekwensi UHF = 420-470 Mhz***

Tq


thx mbah.. cek kulkas yah..
idos - 01/09/2009 11:17 PM
#29

ah....bingung dah, mau upgrade apa dolo malu:

GPS bingung: radio
fakhryalif - 02/09/2009 08:43 AM
#30

Quote:
Original Posted By idos
ah....bingung dah, mau upgrade apa dolo malu:

GPS bingung: radio

Dua2nya sekalian Gan.....
GPS beli HP yg ada fasilitas GPS-nya
Kalo radio cari yg 3band dual receiver, enak untuk monitor jalur jalan mudik (biasanya sepanjang jalur mudik banyak Bankom yg infokan keadaan jalan)
diantara - 02/09/2009 09:17 AM
#31

Quote:
Original Posted By mbahpaijo

kalau nerima saja di semua band (wide band) ada IC-T7A receive 40-999 Mhz. Harga bekas 850rb an. TX di VHF + UHF.


bisa scaner nggk mbah....atau musti diprogram
idos - 02/09/2009 10:45 AM
#32

Quote:
Original Posted By fakhryalif
Dua2nya sekalian Gan.....
GPS beli HP yg ada fasilitas GPS-nya
Kalo radio cari yg 3band dual receiver, enak untuk monitor jalur jalan mudik (biasanya sepanjang jalur mudik banyak Bankom yg infokan keadaan jalan)


jiah....hp yg ada GPSnya mah percuma gak bisa dibawa ke gunung p
mbahpaijo - 02/09/2009 12:27 PM
#33

Quote:
Original Posted By diantara
bisa scaner nggk mbah....atau musti diprogram


Bisa scanning boss...
HT sekarang kebanyakan gak perlu di program. Kecuali merek motorola type tertentu.
Kalau mau yang otomatis bisa cari frekwensi ya cari VX3R atau VX7R.
Ada chanel counter berfungsi untuk mengetahui frekwensi transmit orang yg didekat kita.
Ada juga fasilitas smart serch. Jika diaktifkan HT ini akan mencari frekwensi otomatis bolak balik sampai 35 memori terisi, sambil dimasukan saku bisa.

Frekwensi yang sering digunakan di indonesia (yang sempat saya dapati):
HF (1-30 MHz) : Amatir radio dan komersial radio. Mode AM / SSB
40-50 Mhz : Ada beberapa HT bisa TX disini
88 - 108 : komersil radio (FM). Mode WFM.
118 - 135 : Pesawat terbang. Mode AM.
136 - 139 : Telepon WLL (bisa disadap), bisnis band (bis antar kota, dll)
140 - 149 : amatir band
150 - 170 : Amatir band / polisi / bisnis band
200 - 230 : TV VHF
300 - 400 : Taxi di jakarta
400 - 420 : Trunking jasa keamanan swasta di jakarta, Pol Intel di beberapa tempat
430 - 439 : amatir band (orari)
440 - 470 : Polisi, TNI, Instansi pemerintah
500 - 750 : TV UHF. Mode WFM
800 - 820 : Trunking Polisi, trunking bisnis band, dll
850 - 860 : Polisi, bisnis band (ada yg trunking, ada yg konvensional)
900 - 910 : Telepon wireless (bisa disadap)
910 - 920 : Trunking
950 - 960 : Trunking / konvensional TNI

yang bisa mencakup itu semua diatas adalah jenis HT wide band. kecuali mode SSB ada yg tdk bisa terdengar clear.

hehehe suka hobi monitoring yah... (kalau disingkat katanya gak enak ya hobi monitoring)
mbahpaijo - 02/09/2009 12:40 PM
#34

Quote:
Original Posted By idos
jiah....hp yg ada GPSnya mah percuma gak bisa dibawa ke gunung p


weewwww om momod suka naik gunung juga tho....
Dulu saya hobi banget yang ini. Sekarang mah dengkulnya yg gak kuat. Maklum skr gunungnya lain hehehhehee
Pakai VX7R cocok itu OM. Bisa dipasangi barometer unit. Bisa sensor angin, kelmbaban, ketinggian tempat. Kalau sensor suhu sih dan ada bawaanya VX7R.
Mau lebih keren lagi pakai VX8R. ada bluetoothnya utk komunikasi. Dan ada GPS unit (bisa ddihubungkan dengan GPS).

Ups VX7R ada fasilitas VOX juga loh. Jadi kita bisa ngomong tanpa menekan PTT. Baik dengan HT atau dengan headset.
Kalau ada suara di mic otomatis TX (transmit). Jika tdk ada suara akan RX (receive) mode.
sangat membantu untuk hiking. Tahan air (direndam gak apa2), tahan banting.....

saya pernah di mahameru pakai HT bisa di terima di jogja dan purwokerto. Bayangkan jauhnya, hanya dengan HT.
DjHater - 02/09/2009 09:53 PM
#35

Quote:
Original Posted By mbahpaijo
weewwww om momod suka naik gunung juga tho....
Dulu saya hobi banget yang ini. Sekarang mah dengkulnya yg gak kuat. Maklum skr gunungnya lain hehehhehee
Pakai VX7R cocok itu OM. Bisa dipasangi barometer unit. Bisa sensor angin, kelmbaban, ketinggian tempat. Kalau sensor suhu sih dan ada bawaanya VX7R.
Mau lebih keren lagi pakai VX8R. ada bluetoothnya utk komunikasi. Dan ada GPS unit (bisa ddihubungkan dengan GPS).

Ups VX7R ada fasilitas VOX juga loh. Jadi kita bisa ngomong tanpa menekan PTT. Baik dengan HT atau dengan headset.
Kalau ada suara di mic otomatis TX (transmit). Jika tdk ada suara akan RX (receive) mode.
sangat membantu untuk hiking. Tahan air (direndam gak apa2), tahan banting.....

saya pernah di mahameru pakai HT bisa di terima di jogja dan purwokerto. Bayangkan jauhnya, hanya dengan HT.


pake antenna nya pengaruh gak? semisal yang panjang banget kan ada tuh...
ngefek ke sensitif squelch nya?
diantara - 02/09/2009 10:36 PM
#36

mbah yang dimaksud ngk dual receive apa sih....
mbahpaijo - 03/09/2009 09:47 AM
#37

Quote:
Original Posted By DjHater
pake antenna nya pengaruh gak? semisal yang panjang banget kan ada tuh...
ngefek ke sensitif squelch nya?


Antena sangat berpengarauh boss.... Bisa meningkatkan sinyal secara significan.
Maka dari itu dijual antena after market yang harganya 80 - 400 rb, antena HT.
Antena yg bisa ditarik ulur spt antena radio itu namanya superstick.
waktu saya pakai yaesu VX3R dengan antena standar bawaanya budek banget. Setelah saya ganti dengan antena diamond maka kepekaan naik 50-70%. Sinyal yg semua tdk terdengar jadi terdengar.

Kalau konektornya ada 3 jenis.
BNC biasanya dipakai icom, kenwood, alinco
SMA biasanya dipakai yaesu, HT china, dll (bentuknya ulir)
Konektor motorola
Tp itu tdk mutlak, krn yaesu juga ada yg memakai BNC dan SMA.
jadi sblm membeli antena pengganti, pastikan konektor antena HT apa jenisnya.

Salam........................
mbahpaijo - 03/09/2009 10:18 AM
#38

Quote:
Original Posted By diantara
mbah yang dimaksud ngk dual receive apa sih....


Dual receive... bisa menerima dua frekwensi berlainan sekaligus di HT. jadi seolah kita mempunya 2 HT. Lihat gambar dibawah:
All About Radio Komunikasi - Part 1
Dilayar terlihat dua frekwensi yang aktif bersamaan. Dua modulasi suara di mixer jadi satu di satu speker. Tp tdk bingung kok mendengarkanya, krn yg satu otomatis berkurang (pelan) sendiri.

Kalau dual watch bisa menerima 2 frekwensi secara bergantian.
Misal kita memonitor frek 140.000. dual watch kita seting di 146.000.
maka secara periodic radio akan mengecek 146.000 tiap intervel waktu yg kita tentukan. Jika 146.000 tdk ada modulasi maka akan kembali ke 140.000. jika 146.000 ada modulasi maka akan dimonitor dulu selama waktu tertentu trs kembali ke 140.000 lagi...

demikian boss....
pak presiden - 03/09/2009 11:39 AM
#39

krisna..check in..hehhehehe

memantau perkembangan thread mbah paijo..ngakak
diantara - 03/09/2009 01:24 PM
#40

si mbah ini jago amat sih....
makannya apa sih sampai sampai ngerti sekali ama rakom...
Page 2 of 500 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > All About Radio Komunikasi - Part 1