Reptil
Home > LOEKELOE > MY PETS > Reptil > ♦♦♦♦♦ share kesehatan reptile (ular,kura,dll) ♦♦♦♦♦
Total Views: 64575 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 142 of 146 | ‹ First  < 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 > 

foolycooly07 - 23/02/2012 11:20 PM
#2821

Quote:
Original Posted By andi_liani
Juragan,

Saya punya Sulcata, ukuran 10 cm.
Saya pelihara sejak bulan Juni 2011 dan makannya lahap banget.

Akhir bulan Desember 2011, saya sekeluarga pulang kampung selama 2 minggu dan selama itu Sulcatanya dititipkan ke pembantu.

Entah bagaimana cara penanganannya, sewaktu saya pulang ke rumah (awal Januari 2012), Sulcata ini mendadak nafsu makannya hampir tidak ada.
Kerjaannya tidur melulu.
Kalaupun bangun dan makan, paling sedikit banget.

Sudah saya coba makanan yg biasa dia suka, seperti daun kembang sepatu, kaskus centhong, selada, daun brokoli, masih saja seperti itu.
Makanan biasanya dia daun sawi.

Pup, beberapa hati ini (tidak setiap hari - kadang hanya seminggu sekali) sudah normal walaupun sedikit banget.
beberapa waktu lalu sempat mencret warna putih.
nah, kalau selesai mencret gitu, makannya lumayan, daun kembang sepatu bisa habis 2 lembar.

Saya sudah sempat kasih obat cacing sedikit + curcuma sedikit.
Sudah direndam pakai air hangat, sudah diberi bohlam lampu agar suhunya meningkat, sudah dijemur sinar matahari (kalau mataharinya lagi nongol - mulai bulan Januari kemarin khan jarang sekali panas) - masih saja nafsu makannya hampir tidak ada.

Tadi siang saya sempat force-feed selembar daun kembang sepatu dan ditelan sama si Sulci, tapi setelah itu saya nggak tega.

Kalau masalah tenaga, masih kuat tuh.
Untuk memegang kepalanya waktu diusahakan force-feed (sewaktu kasih obat dan makanan), tarikan kepalanya kuat banget sampai saya takut lepas itu kepala ....... takut:




Kira2 kenapa ya si Sulci ini ?


Thx,

coba di cek om, idungnya basah apa gak?
coba dipancing sama makanan yang menyengat, kaya stroberi ato pepaya
punya saya dulu waktu pilek juga gakmau makan, saya juga berusaha untuk force feed tapi gak tega
akhirnya saya tanya sesama torto lover disuruh coba pancing pake stroberi alhamdulillah nafsu makannya kembali normal malah cenderung meningkat
CMIIW
skanking06 - 09/03/2012 10:26 AM
#2822

misi...

ane mau tanya, kalau multivitamin untuk ular (ular ane mono pohon) seperti apa dan cara menggunakannya seperti apa ?

thanks D



—QR™
alfmurb - 09/03/2012 10:06 PM
#2823

Quote:
Original Posted By skanking06
misi...

ane mau tanya, kalau multivitamin untuk ular (ular ane mono pohon) seperti apa dan cara menggunakannya seperti apa ?

thanks D



—QR™


sinar matahari pagi sun:
akbargama - 10/03/2012 12:48 AM
#2824

Quote:
Original Posted By skanking06
misi...

ane mau tanya, kalau multivitamin untuk ular (ular ane mono pohon) seperti apa dan cara menggunakannya seperti apa ?

thanks D



—QR™


permisi gan, newbie mau coba jawab malu
biasanya buat reptil ane biasa pake madu, minyak ikan, ama scott emulsion buat nambah daya tahan ama nafsu makan si doi..
caranya buat ular gini:
1. masukin mangsa ke kandangnya si ular.
2. tunggu ampe si ular strike mangsa
3. habis kepala si mangsa masuk ke mulut si ular, tetesin minyak ikan ke badan si mangsa, otomatis secara gak langsung minyak ikan tsb bakalan masuk ke badan si ular.

sekian infonya, salah mohon dikoreksi Peace:Peace:
skanking06 - 10/03/2012 01:40 AM
#2825

Quote:
Original Posted By alfmurb
sinar matahari pagi sun:


Quote:
Original Posted By akbargama
permisi gan, newbie mau coba jawab malu
biasanya buat reptil ane biasa pake madu, minyak ikan, ama scott emulsion buat nambah daya tahan ama nafsu makan si doi..
caranya buat ular gini:
1. masukin mangsa ke kandangnya si ular.
2. tunggu ampe si ular strike mangsa
3. habis kepala si mangsa masuk ke mulut si ular, tetesin minyak ikan ke badan si mangsa, otomatis secara gak langsung minyak ikan tsb bakalan masuk ke badan si ular.

sekian infonya, salah mohon dikoreksi Peace:Peace:


ok thanks untuk semuanya. sarannya sangat membantu, ntr ane coba praktekin ke si doi D
:2thumbup
akbargama - 11/03/2012 08:53 PM
#2826

Quote:
Original Posted By skanking06




ok thanks untuk semuanya. sarannya sangat membantu, ntr ane coba praktekin ke si doi D
:2thumbup


iya sama sama gan, cendolin ane doong :toastshakehand2
skanking06 - 11/03/2012 10:17 PM
#2827

Quote:
Original Posted By akbargama
iya sama sama gan, cendolin ane doong :toastshakehand2


udah tuh kan ane ijoin, kalau bisa kirim balik shakehand2

btw madunya yg biasa atau yg super murni gan ?
yos.amral - 14/03/2012 02:41 PM
#2828
Ask Kura-kura Piput
Permisi gan, ane mau tanya soal kura-kura piput..

ane punya 2 biji piput uk 20cm-an, jadi di kepalanya ada bintik putih gitu (luka atau jamur?) sorry pic nyusul..

cara ngobatinnya gimana ya?

matur nuwun gan..

nb: piput ane ditaro di kolam ikan, campur sama res kecil

penampakan

♦♦♦♦♦ share kesehatan reptile (ular,kura,dll) ♦♦♦♦♦
♦♦♦♦♦ share kesehatan reptile (ular,kura,dll) ♦♦♦♦♦
pug_doll - 14/03/2012 09:17 PM
#2829

Quote:
Original Posted By yos.amral
Permisi gan, ane mau tanya soal kura-kura piput..

ane punya 2 biji piput uk 20cm-an, jadi di kepalanya ada bintik putih gitu (luka atau jamur?) sorry pic nyusul..

cara ngobatinnya gimana ya?

matur nuwun gan..

nb: piput ane ditaro di kolam ikan, campur sama res kecil


lebih baik ditampilkan potonya dl aja, drpd salah perkiraan
yos.amral - 15/03/2012 11:41 AM
#2830

udah di uplot gan..ada diatas gambarnya
arapaima007 - 15/03/2012 11:44 PM
#2831
ynip mencret
master kura sekalian, nubie numpang tanya, belakangan ini yni ane poop hijau cair, ada masalah apa ya dgn yni ane? kalau nafsu makan masih biasa aja, cuma kencing nya masih warna kuning ? apa ini karena dikasi kaktus centong kebanyakan ? thx
FreezingNinja - 16/03/2012 09:54 PM
#2832
Molurus
agan2 suhu reptil sekalian ane maw numpang nanya nih..
ane punya molu albino ukuran ampir 3 meter...
nah masalahnya warna kuning dari kepala sampai setengah badan warna kuningnya itu normal, tapi dr stgh badan ke belakang (sampai ke ekor) warnanya memudar seperti yang akan shedding..
berikut penampakannya

Spoiler for molurus albino
♦♦♦♦♦ share kesehatan reptile (ular,kura,dll) ♦♦♦♦♦


mohon bantuannya gan...
:sorry :matabelo
skanking06 - 18/03/2012 08:00 PM
#2833

Quote:
Original Posted By FreezingNinja
agan2 suhu reptil sekalian ane maw numpang nanya nih..
ane punya molu albino ukuran ampir 3 meter...
nah masalahnya warna kuning dari kepala sampai setengah badan warna kuningnya itu normal, tapi dr stgh badan ke belakang (sampai ke ekor) warnanya memudar seperti yang akan shedding..
berikut penampakannya

Spoiler for molurus albino
♦♦♦♦♦ share kesehatan reptile (ular,kura,dll) ♦♦♦♦♦


mohon bantuannya gan...
:sorry :matabelo


ga muncul gan pic nya D
pug_doll - 20/03/2012 09:31 PM
#2834

Quote:
Original Posted By yos.amral
Permisi gan, ane mau tanya soal kura-kura piput..

ane punya 2 biji piput uk 20cm-an, jadi di kepalanya ada bintik putih gitu (luka atau jamur?) sorry pic nyusul..

cara ngobatinnya gimana ya?

matur nuwun gan..

nb: piput ane ditaro di kolam ikan, campur sama res kecil

penampakan



kurang fokus potonya, om
bisa luka atau jamur.

airnya jarang ganti ya?
Kasyogie - 20/03/2012 11:28 PM
#2835

mw nanya nh om
ane kan punya retic, dah pelihara 4 bulan
tiba2 aj ini retick ane kloakanya kluar gt om
d coba msukin lg ga bisa, dah 3 hari kek gni
skr bagian kloakanya agak mengeras gt
kira2 gmn cara ngobatinny??
n bisa kek gt gara2 apaa yaaa
yos.amral - 21/03/2012 01:38 PM
#2836

Quote:
Original Posted By pug_doll
kurang fokus potonya, om
bisa luka atau jamur.

airnya jarang ganti ya?


coba nanti ane potoin lagi biar cakep,

kalo air kolam seminggu sekali dikuras (pernah ditaro aquarium kotornya minta ampun - baru 1 hari aja udah butek hammer)
peterkahl - 21/03/2012 02:27 PM
#2837

Quote:
Original Posted By Kasyogie
mw nanya nh om
ane kan punya retic, dah pelihara 4 bulan
tiba2 aj ini retick ane kloakanya kluar gt om
d coba msukin lg ga bisa, dah 3 hari kek gni
skr bagian kloakanya agak mengeras gt
kira2 gmn cara ngobatinny??
n bisa kek gt gara2 apaa yaaa


mungkin kena prolaps itu om

Quote:
Bubuk PK

PK juga membantu buat reptil yang mengalami keluarnya organ dalam melalui kloaka (prolaps). Yg kaya ambeien itu lho... Abis dimasukkan beri larutan bubuk PK untuk membantu mengerutkan organ tsb... Pake cotton buds dibasahi pake larutan PK (kl ga ada biasanya pake cotton buds aja diberi air), dorong masuk, oleskan lagi larutan pknya disekitar kloakanya..... Kalo takut untuk mendorong dan mau pergi ke vet, supaya organ ga rusak atau mati rendam dengan air gula.


sumber
pug_doll - 21/03/2012 09:16 PM
#2838

Quote:
Original Posted By Kasyogie
mw nanya nh om
ane kan punya retic, dah pelihara 4 bulan
tiba2 aj ini retick ane kloakanya kluar gt om
d coba msukin lg ga bisa, dah 3 hari kek gni
skr bagian kloakanya agak mengeras gt
kira2 gmn cara ngobatinny??
n bisa kek gt gara2 apaa yaaa


mengeras mgk krn jadi kering kena udara luar.
coba dioles dgn baby oil, dan didorong masuk pelan2.
kl msh ga bisa, lbh baik bawa ke dokter hewan.


Quote:
Original Posted By yos.amral


coba nanti ane potoin lagi biar cakep,

kalo air kolam seminggu sekali dikuras (pernah ditaro aquarium kotornya minta ampun - baru 1 hari aja udah butek hammer)


mmg plihara kura air lbh baik sering ganti air.
kl 1 mgg sekali, mnrt sy terlalu lama.
atau bisa pakai filter di kolamnya
Kasyogie - 21/03/2012 10:19 PM
#2839

Quote:
Original Posted By peterkahl
mungkin kena prolaps itu om



sumber


iaa om kek kena ambeyen gt..
PK itu ap yaaa bro??
ini baru d coba d rendam pke aer gula gt, kloakanya jdi lembut n bru d msukin
skr lubangny lg d perban
mudah2an aj bisa smbuh yaa berdukas
Kasyogie - 21/03/2012 10:26 PM
#2840

Quote:
Original Posted By pug_doll
mengeras mgk krn jadi kering kena udara luar.
coba dioles dgn baby oil, dan didorong masuk pelan2.
kl msh ga bisa, lbh baik bawa ke dokter hewan.

ia om sdh d coba pke air gula gt d rendem
pas udhny jdi lembut kloakanya
blm tw lg perkembangannya ntr
thx yaa om


mmg plihara kura air lbh baik sering ganti air.
kl 1 mgg sekali, mnrt sy terlalu lama.
atau bisa pakai filter di kolamnya


yupps bner thu, mst pke filter air
minimal airnya ngalir gt
ane jg piara kura air d kolam
d bkin bwt daratannya jg ama filter air
Page 142 of 146 | ‹ First  < 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 > 
Home > LOEKELOE > MY PETS > Reptil > ♦♦♦♦♦ share kesehatan reptile (ular,kura,dll) ♦♦♦♦♦