EVENT FROM KASKUSER
Home > CASCISCUS > EVENT FROM KASKUSER > [Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)
Total Views: 10200 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

palupitamara - 04/09/2009 04:51 PM
#1
[Pameran hasil Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)
[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)


RUANG TINGGAL DALAM KOTA

Pameran Hasil Workshop
Memperingati 20 Tahun Arsitek Muda Indonesia


Arsitek Muda Indonesia (AMI) dibentuk untuk terus menerus mendobrak stagnansi arsitektur di Indonesia. Dalam rangka memperingati 20 tahun terbentuknya, diadakan Workshop dan Pameran hasil workshop tersebut. Temanya adalah “Ruang Tinggal Dalam Kota”. Karena, ruang tinggal adalah kebutuhan hakiki semua orang dan kota telah menjadi habitat lebih dari 50% populasi manusia di muka bumi.

Workshop dan Pameran ini adalah upaya meninjau kembali cara kita menempatkan diri dalam ruang – entah dalam sebuah ruang tinggal yang pribadi, atau dalam kota, atau keduanya. Rumah, dalam arti dan wujudnya yang konvensional, bisa jadi tidak lagi efektif untuk cara kita hidup dan tinggal saat ini. Karena itu, kami memilih menggunakan istilah ‘ruang tinggal’. Selain untuk membebaskannya dari konotasi rumah – yang dekat sekali dengan landed house, juga untuk membebaskannya dari ‘wujud’.

Kota dipilih sebagai konteks karena lebih dari 50% populasi dunia bermukim di kota . Di dalam kota kita bisa membaca semua fenomena kekinian yang menghadirkan ambiguitas ruang tinggal. Ambiguitas itu begitu nyata kini. Kehilangan diri di tengah urban amnesia, kita akan bertemu dengan ruang-ruang yang banal dan ruang-ruang yang didefinisikan sebagai ruang-ruang tak sadar diri dari kota: memori-memori yang tertindas, penolakan, ketidakadaan kontrol – yang telah menghasilkan sebuah sistem dari ruang-ruang kosong yang didalamnya kita hanya mungkin melayang.

Karena itu banyak sekali yang bisa kita pertanyakan kembali. Apa itu ‘tinggal’ ketika ia tak lagi sekedar ‘diam’ atau ‘berdiam’ dan kita tidak lagi terikat oleh ‘tempat’? Apakah ‘kota’ ketika satu dan lainnya di menjadi ‘sama’ di seluruh dunia? Apa arti ‘memori’ buat sebuah kota yang terus berubah? Benarkah kita memerlukan definisi baru untuk sebuah ruang tinggal dalam kota? Karena, seperti telah disebutkan dalam pengantar di atas, wacana ini telah ada beribu tahun yang lalu?

Di dalam profesinya, ruang tinggal bukanlah sebuah hal yang asing bagi arsitek. Tapi sering ia mewujud sebagai produk dari satu paradigma, nilai-nilai, dan kebiasaan yang tidak dipertanyakan lagi. Lebih merupakan sebuah proses yang ‘otomatis’. Karena itu, banyak sekali akhirnya kita menemukan rumah-rumah yang ‘terasing’, lepas dari konteksnya, dan tak berbicara apa-apa.

Workshop yang telah berlangsung mulai dari akhir bulan Mei ini, kini hampir usai dan hasilnya siap dipamerkan. Mungkin terlalu jauh apabila dari Workshop dan Pameran ini diharapkan dihasilkan solusi-solusi dari masalah ruang tinggal dalam kota. Tapi akan menarik untuk melihat bagaimana hal ini ditelaah dengan pikiran terbuka dan keberanian bereksplorasi. Bukan tidak mungkin ada alternatif-alternat if inspiratif yang bisa jadi pilihan untuk sebuah terobosan dalam mendesain dan menjadi acuan untuk memahami masalah ruang tinggal dalam kota.

Mengingat pentingnya sumbangan pemikiran yang mungkin diberikan oleh Workshop dan Pameran ini adalah untuk perkembangan kota – Jakarta khususnya dan kota-kota lain di Indonesia pada umumnya, maka Arsitek Muda Indonesia meminta kesediaan Anda untuk dapat hadir dalam acara pembukaan :

“Pameran Workshop AMI
Ruang Tinggal Dalam Kota
Gallery Komunitas Salihara
Jalan Salihara No. 16
Pasar Minggu – Jakarta Selatan
Rabu, 9 September 2009
18.00 – selesai
(sekalian bukapuasa Gaaan)

Insya Alloh pameran akan dibuka oleh Gubernur Jakarta,
Bapak Fauzi Bowo** dan pastinya akan dihadiri oleh arsitek-arsitek terkenal Indonesia Gaan. Be there and be up to date!

Heheee, dateng yah Gan... =D



**menunggu konfirmasi

----------------------------------------------------------------------------------

Pamerannya sendiri berlangsung di Galeri Salihara
mulai tanggal 9 - 16 September 2009
jam 09.00 - 22.00
silakan datang sambil ngupi-ngupi atao ngobrol-ngobrol Gan...
Tempatnya asik loh...
siapa tau ketemu jodoh disana D xixixiii...

------------------------------------------------------------------------------------

Jyahhhh...HOT THREAD!
Spoiler for intip gaan
[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)

wewww, terima kasih banyaaak Momod dan Mimin... D
Acaranya pasti bakal makin hot kalo agan semua pada dateng ^^
Yang bukan arsitek, ga perlu khawatiiir...
Namanya juga pameran, jadi dateng ajaaa =D
perkaya wawasan kita tentang kota dan arsitektur! ^_~/


Spoiler for dari beberapa agan
Quote:
Original Posted By annaksunamun
Kalo bisa ntar cerita workshopnya diceritain...hehe...kita kan jauh...
Iyah...nanti dicerita-ceritain disini yah Gaan... D
Quote:
Original Posted By comen
wah sayang acranya bukan d kota gw,,,
ditunggu foto2nya ya yang dateng.
Ada rencana dibawa ke Bali loh Gan pamerannyaa D
Quote:
Original Posted By beginwhatnext
sukses gan.
nanti minta pic ny dong.hohoD

Quote:
Original Posted By tou4reg
kasi gambarnya donk Gan, biar yang diluar kota bisa tau pamerannya.....

Iyaaah...tar diusahakan diupload yah Gaan poto-potonyaa D

uheuheuee, nubitol 2 thread bisa dapet [Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009) gak ya Gan? D
huehuehueee, berpikir positif mode aja kok Gan D

[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)[Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)

trima kasiiiiiiiiiiiiiih! D
chilimp - 04/09/2009 09:09 PM
#2

petamax!!!
axoi - 05/09/2009 01:09 AM
#3
hiks
yahhh,,,gagal pertamaax....


sukses ya acaranya.....hehe ^^
DestinyTriangle - 05/09/2009 01:05 PM
#4

Arsitek doang yah ?? kalo Civil Engineering boleh enggak yah o
dulu mau jadi arsi tapi malah masuknya teknik sipil \(
rubiks11 - 05/09/2009 01:09 PM
#5

PAGE ONE

hahahahah.

Keren
r4itei - 05/09/2009 01:09 PM
#6

wah ane doain sukses aj deh gan buat eventnya ntar beer:
Sc0rpiO_7 - 05/09/2009 01:12 PM
#7

ane jauh gan ..\(
ngatno333 - 05/09/2009 01:13 PM
#8

semoga sukses acaranyabeer:
jaya terus kaskusiloveindonesia
stealthhawk - 05/09/2009 01:16 PM
#9

ane doain sukses!!
tratank - 05/09/2009 01:16 PM
#10

hot threadnya sepi amat
armidcore - 05/09/2009 01:21 PM
#11

acaranya semoga sukses

koq sepi yak,...
pOsiOn - 05/09/2009 01:24 PM
#12

nice inpo gan
bringinet - 05/09/2009 01:26 PM
#13

moga sukses dah...
sakratos - 05/09/2009 01:27 PM
#14

jauh,gan..D
moga2 sukses aj deh..thumbup:thumbup:
Indapaint - 05/09/2009 01:27 PM
#15

moga suksess... hehehe maho
nawarigp - 05/09/2009 01:27 PM
#16

seandainya ane bisa hadir.... hehe
sakratos - 05/09/2009 01:28 PM
#17

btw,hot trit sepi amat..ane page 1 nih..hahaha..D
Eby_goal - 05/09/2009 01:29 PM
#18

wew,,,,,,,,,,,
UNKL BOB - 05/09/2009 01:30 PM
#19

..nais inpoh gan.. ilovekaskus
annaksunamun - 05/09/2009 01:31 PM
#20

Kalo bisa ntar cerita workshopnya diceritain...hehe...kita kan jauh...
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EVENT FROM KASKUSER > [Pameran+Workshop] Forum Arsitek Muda Indonesia (9-16 September 2009)