Kuliner
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Kuliner > Kuliner - Artikel
Total Views: 38437 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 18 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

template - 06/10/2009 02:58 PM
#1
Kuliner - Artikel
Contoh Post :

Kuliner - Artikel
HeleponPegang - 06/10/2009 04:07 PM
#2
Tinutuan (Bubur Manado)
nama ID: HeleponPegang
kategori: kuliner
bentuk karya: Bubur Manado
sumber: http://tinutuan*Forbidden*/resep-masakan-khas-tinutuan-bubur-manado/


Kuliner - Artikel
Spoiler for resepnya gan

Bahan - Bahan :
500 gr. beras, cuci dan tiriskan
Air secukupnya
4 sdt garam
2 buah jagung, sisir dari tongkolnya
100 gr. daun melinjo muda
100 gr. daun bayam, cuci bersih
100 gr. daun kangkung, cuci bersih
200 gr. ubi jalar, potong
300 gr. labu kuning, potong
2 ikat kacang panjang, petik 2 cm
50 gr. daun kemangi
garam menurut selera


Ramuan Untuk Sambalnya :
1 buah tomat
8 cabai merah
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt terasi

Cara Masak :
Masukkan air 3-5 cm di permukaan beras yang telah dicuci bersih. Rebus hingga setengah matang.
Masukkan potongan labu kuning, jagung dan ubi jalar. Rebus kembali sampai matang.
Kemudian masukkan satu persatu sayuran ke dalam bubur. Masak terus sampai seluruhya matang dan bubur cukup kental.
Angkat dan siap dihidangkan.

Sambal: panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Beri gula dan garam, aduk, angkat.

Dihidangkan dengan ikan bakar, ikan asin goreng dan dabu-dabu lilang.
sumber : _http://tinutuan*Forbidden*/resep-masakan-khas-tinutuan-bubur-manado/


kbgt:
bloger - 06/10/2009 06:21 PM
#3
Pecel lele
ID kaskus : bloger
Resep : Pecel lele
from : hxxp://cuek.wordpress.com/2007/08/15/pecel-lele
iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia

Kuliner - Artikel

Spoiler for nih bahan-bahannya

Bahan :
4 ekor ikan lele
minyak untuk menggorengBumbu Halus :
1 sdm ketumbar
1 siung bawang putih
2 cm kunyit
½ sdm garam

Lalapan :
2 buah tomat, belah 4
1 buah mentimun, iris serong
6 pucuk daun kemangi, ambil daunnya
8 lembar daun poh-pohan

Cara membuat :
1. Bersihkan ikan lele, belah bagian perutnya, lalu buang isi perut dan insangnya. Cuci ikan hingga bersih dan tidak berlendir lagi.
2. Aduk lele dengan bumbu halus. Diamkan selama ½ jam agar bumbu meresap.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masak ikan lele, goreng dengan api sedang hingga agak kering dan matang, angkat.
4. Sajikan lele sebagai lauk nasi putih atau nasi uduk dengan pelengkap sambal terasi dan lalapan.

Sambal Pecel Lele:
5 buah cabe merah besar, goreng
10 buah cabe rawit, goreng
2 buah tomat, goreng
4 siung bawang putih, goreng
2 siung bawang merah, goreng
4 buah kemiri, goreng
1 sdt air jeruk limau/nipis
1 sdt garam
Campur semua bahan sambal di dalam cobek, haluskan dengan ulekan hingga lembut.

Lalapan Pelengkap:
Timun
Daun kemangi
Tomat.
Ejakeren - 06/10/2009 07:05 PM
#4
Es Cendol
ID kaskus : Ejakeren
Resep : Cendol
from : hxxp://www.resep.web.id/minuman/cendol-tepung-beras.htm
: hxxp://www.indonesia.travel/
iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia

Kuliner - Artikel

Spoiler for nih bahan-bahannya

Bahan Cendol:
125 g tepung beras
50 g tepung sagu
75 ml air daun suji
450 ml air
2 sdm air kapur sirih

Pelengkap:
200 g gula merah, sisir
100 ml air
500 ml santan, rebus
6 mata nangka, buang bijinya, potong kecil

Cara membuat:
# Aduk tepung dengan sebagian air.
# Rebus sisa air bersama air kapir, air daun suji dan garam hingga mendidih.
# Tuangkan larutan tepung, aduk hingga kental. Angkat.
# Siapkan ayakan dawet, taruh di atas baskom berisi air es. Tuang adonan panas ke dalam cetakan, tekan-tekan hingga menjadi butiran-butiran panjang. Tiriskan.
# Rebus gula dan air hingga gula larut. Angkat, saring dan dinginkan.
# Penyajian: Taruh sirop gula dalam gelas-gelas saji, beri cendol, nangka, dan santan.
# Tambahkan es batu. Sajikan.

Untuk 10 gelas


Manstabs gan...
deyucaesar - 06/10/2009 07:08 PM
#5
RAWON!!! Te O Pe Dah!
nama ID: deyucaesar
kategori: kuliner(padahal udah jelas2 di forumnya kuliner cd\)
bentuk karya: rawon
sumber:http://www.melroseflowers.com/MKIC/resep/kuah/rawon.html

Kuliner - Artikel

[youtube]gfcDtRTTiY0[/youtube]

Spoiler for asd
Bahan:
300 gram daging sapi yang agak berlemak
100 gram tauge pendek, dicuci bersih
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas/laos, dimemarkan
Garam dan merica secukupnya
6 gelas air
Bumbu yang dihaluskan:

4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 buah kluwek, diambil isinya
2 buah cabai merah

Cara Membuat:
Potong kotak-kotak kecil daging sapi.
Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
Kemudian, di dalam panci yang sudah diisi 6 gelas air, masukkan potongan daging sapi dan bumbu yang dihaluskan, rebus sampai daging sapi matang dan empuk. Apabila air mengering, tambahkan lagi sesuai selera.
Hidangkan dengan menaburkan tauge pendek diatasnya dan hias dengan daun jeruk.
Untuk 3-4 orang.


berharap cendol di seperti di atas genit:
hehe
sive - 06/10/2009 07:10 PM
#6
dawet ayu
ID kaskus : sive
Resep : dawet ayu
from : http://resepfarell.blogspot.com/2006/04/es-dawet-ayu.html


Kuliner - Artikel

Spoiler for dawet
Quote:
Bahan :
150 gr Tepung Beras
50 gr Tepung Tapioka
450 ml Air
50 ml Air Pandan (Pandan + air diblender, peras)
Kuah :
1 lt Santan sedang
pandan, garam
Syrup Gula Merah
Pelengkap :
Nangka matang, cincau
Cara :

*
Siapkan baskom berisi es batu dan air es utk menampung cendol.
*
Aduk semua bahan cendol, rebus hingga mendidih dan meletup - letup.
*
Tuang panas2 kedlm cetakan cendol, tekan- tekan hingga cendol jatuh ke dlm baskom es.
*
Rebus santan, garam, dan pandan, mendidih,angkat.
*
Penyajian : letakkan beberapa sendok Syrup gula merah didasar gelas, tuang cendol, irisan nangka, dan cincau hitam, tuangkan santan . Sajikan dingin.
verditch - 06/10/2009 07:13 PM
#7

kaskus ID : verditch

kategori : Kuliner

bentuk karya : resep tekwan

sumber : http://tiraikasih.tripod.com/Tekwan.htm

keterangan : ini adalah resep tekwan (salah satu makanan khas di palembang)

Spoiler for resep tekwan


Bahan Tekwan :

1 resep adonan dasar pempek

2 butir putih telur

Bahan Kuah Kaldu :

Kepala udang dikupas dan di gepuk jangan hancur

1250 ml air

1 blok kaldu instan

2 cm jahe

1 batang bawang daun, simpulkan (ikatkan)
1 batang daun seledri, simpulkan

Garam secukupnya
¼ sdt gula pasir

Bahan Tumisan :

150 g udang kupas pisahkan kepalanya, rebus, haluskan (kepala udang jangan dibuang, karena untuk bahan kaldu)

200 g bengkoang, potong ukuran korek api

20 batang sedap malam, seduh air panas hingga mengembang, buang benang sarinya, simpulkan
10 buah jamur kuping kering, seduh air panas, iris kasar

Bahan Bumbu yg dihaluskan :



6 siung bawang putih 1 sendok makan ebi
1 sendok the lada butir Minyak untuk menumis
1 ½ sendok the tong cai

CARA MEMBUAT

Tekwannya :

1. Campur adonan dasar pempek dengan putih telur. Aduk rata.

2. Didihkan air sampai matang.

3. Bentuk adonan menjadi bola-bola tekwan dengan sendok, atau dicubit.

4. Cemplungkan bola-bola tekwan ke dalam panci dimana airnya sedang mendidih tadi.

5. Rebus sampai bola-bola tekwan tadi timbul tanda sudah matang. Angkat tekwan dan tiriskan.



CARA MEMASAK :

1. Kuahnya kaldu :

*

Didihkan air dan kaldu instant.
*

Masukkan kepala udang gepuk dengan jahe, daun bawang dan daun seledri, garam, gula, cicip rasanya.

2. Tumisan :

1.

Tumis bumbu halus hingga harum dengan minyak.
2.

Masukkan udang. Aduk hingga amisnya hilang.
3.

Tambahkan bengkoang, sedap malam dan jamur kuping. Aduk rata.

3. Campurkan :

*

Masukkan tumisan ke dalam rebusan kuah kaldu.
*

Cemplungkan tekwan ke dalamnya. Masak sebentar.


CARA MENYAJIKAN :



1.

Siapkan mangkuk saji.
2.

Masukkan tekwan beserta kuahnya ke mangkuk menggunakan centong
3.

Masukkan soun, daun bawang, bawang goreng dan seledri.
4.

Sajikan dengan sambal cabai rawit.
5.

Cicip, jika kurang asin beri kecap asin sedikit.

6.

Jika kurang asam, beri cuka putih sedikit.
[spoiler=gambar tekwan] Kuliner - Artikel
[/spoiler]
DI3Z3L - 06/10/2009 07:29 PM
#8

Kaskus ID : DI3Z3L

Kategori : Kuliner

Bentuk karya : Resep soto Betawi

Sumber : http://resepmasakanindonesia.idcc.info/resep-masakan-soto-betawi-1.htm

Keterangan : Resep soto Betawi

Kuliner - Artikel

Spoiler for Resep soto Betawi
Bahan :
2 liter air
500 gram tulang iga
250 gram sandung lamur
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1/2 butir kelapa sangrai dan haluskan
1 mata asam jawa
8 buah belimbinh wuluh, belah menjadi 2 bagian

Bumbu yang dihaluskan :
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh jinten
8 butir kemiri
3 buah cabai merah
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
1 sendok teh gula merah
Garam secukupnya

Cara Mengolah :
1. Rebus tulang iga dan sandung lamur hingga empuk.
2. Tumis bumbu halus hingga harum.
3. Masukkan daun salam dan serai, aduk rata. Tuang ke dalam rebusan tulang iga.
4. Masukkan kelapa sangrai, belimbing wuluh dan asam jawa.
5. Masak hingga matang dan kuah mengental. Angkat dan sajikan hangat.


Nyam-nyam... Kuliner - Artikel
romedaldz - 06/10/2009 08:03 PM
#9

Kaskus ID : romedaldz
Kategori : Kuliner
Bentuk Karya : Sop Kaki Betawi
Sumber : http://www.mousiefood.com/hidangan-utama/39-hidangan-utama/207-sop-kaki-betawi.html
Keterangan : Pokoknya Maknyuuss!


Quote:
Kuliner - Artikel

Spoiler for "Bahan"
3 liter air untuk merebus

1 kg kaki sapi

250 gr hati sapi

250 gr usus sapi

250 gr paru sapi

10 butir cengkeh

6 cm batang kayumanis

1/4 buah pala, memarkan

2 cm jahe, memarkan

Garam secukupnya

250 ml santan kental dari 1 butir kelapa

200 ml susu cair

1/2 sdt merica bubuk

1 sdm margarin

6 sdm kecap manis

4 batang daun seledri, cincang halus

1 buah bawang bombai, iris memanjang

2 buah tomat, potong menjadi 8 bagian


Spoiler for "Pelengkap"
Sambal

2 buah jeruk limau, belah jadi 2


Spoiler for "Cara Membuat"
Rebus kaki sapi, hati, usus, paru, cengkeh, kayumanis, pala, jahe dan garam.

Masak sampai empuk. Angkat.

Pisahkan antara daging dan kaldu. Ukur kaldu sebanyak 2 liter.

Didihkan kembali, tambahkan santan, susu, merica, margarin, kecap, daun seledri, bawang bombai dan tomat.

Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Angkat.

Sajikan.



ilovekaskusiloveindonesiakissing:
dream rocker - 06/10/2009 08:13 PM
#10
Rujak cingur........
Kaskus ID : dream rocker
Kategori : Kuliner
Bentuk Karya : rujak cingur [resep]
from : http://resep-rsu.blogspot.com/2009/05/resep-rujak-cingur.html

Kuliner - Artikel

Spoiler for coba buka
Quote:
[center]Bahan
-250 gram cingur (tulang rawan hidung sapi),kulit sapi atau "k1k1L" sapi,direbus
-50 gram kangkung,dibersihkan
-75 gram kecipir,dibelah dua memanjang,dipotong-potong
-50 gram taoge
-75 gram mentimun
-100 gram bengkuang
-50 gram mangga muda
-75 gram tempe goreng
-100 gram tahu goreng

Bumbu Rujak Petis
-200 gram petis udang
-6 sampai 9 buah cabe rawit atau sesuai selera
-2 sendok makan kacang tanah goreng
-1 sampai 3 sendok teh terasi bakar
-1 buah pisang batu,diparut kasar
-1 sendok teh asam
-50 ML air matang
-garam secukupnya

Pembuatan
1.kangkung,kecipir,dan taoge direbus sampai matang.angkat
2.mentimun,bengkuang,mangga muda,tempe goreng,tahu goreng,dan cingur dipotong-potong.sisihkan
3.pembuatan bumbu rujak petis:cabe,terasi,kacang tanah goreng,dan petis dihaluskan hingga bercampur rata
4.masukan parutan pisang batu,asam dan air matang.dihaluskan lagi,dicicipi.kalau perlu tambahkan garam supaya rasa lebih mantap

Penyajian
1.bumbu rujak petis dicampurkan dengan sayuran rebus,buah-buahan,tempe goreng,tahu,dan cingur/kulit sapi/kaskus sapi.diaduk rata
2.hidangkan bersama nasi,lontong,ketupat,atau dimakan begitu saja tanpa unsur karbohidrat
[/center]
dialog - 06/10/2009 08:56 PM
#11
Nasi Kapau
Kaskus ID : dialog
Kategori : Kuliner
Bentuk Karya : nasi kapau [resep]
from : http://pelaminanminang.com/dapur_minang.html
Kuliner - Artikel

Nasi Kapau atau nasi campur Padang adalah nasi rames yang dilengkapi dengan lauk khas sumatra Barat seperti ayam panggang ala padang - dendeng batokok - terong lado hijau - sayur daun singkong - telor balado ..

Spoiler for sayur daun singkong
Bahan :
3 ikat besar daun singkong
1 butir kelapa diambil santannya
50 gram cabai rawit dihaluskan
50 gram ikan teri
1 lembar daun kunyit
1 batang serai dimemarkan
1 potong lengkuas dimemarkan

Yang dihaluskan :
1 potong jahe
50 gram bawang merah
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
½ sendok teh garam atau menurut selera
1-2 buah tomat atau menurut selera

Cara membuat :
Santan dimasak dengan bumbu, masukkan daun singkong yang sudah diiris halus.
Bila daun singkong sudah lunak, tambahkan irisan tomat.


Spoiler for ayam pop
Bahan :
1 ekor ayam kampung (jangan yang tua atau terlalu muda), bersihkan, lepas kulitnya, potong-potong
6 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan merica bubuk
garam secukupnya
2 sendok makan mentega / margarine utk menumis
2 liter air kelapa
minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Cairkan mentega
Ttumis bawang putih sampai harum,
Masukan merica, garam dan air kelapa
Masukan ayam, ungkep sampai ayam empuk
Panaskan minyak goreng,
Masukan ayam, goreng sebentar aja

Sajikan dengan rebusan daun singkong dan sambal hijau pete

Sumber:
Mailing List Wa-Mi-Ra (Wanita Minang Rantau),


Kuliner - Artikel
masakan padang terkenal dengan pemakaian santannya, disini saya pilih masakan yang tidak mengandung santan.. cholesterol..

Spoiler for nasi kapau
Nasi Kapau ialah nasi ramas khas nagari Kapau, Sumatra Barat, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (paruik kabau). Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau.

Gulai nangka tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental. Gulai dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Di samping gulai nangka, hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging. Gulai usus (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi (karena usus kerbau lebih keras), gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau. Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam.


iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia
ShiroChii - 06/10/2009 09:47 PM
#12
Gudeg Nangka
ID : ShiroChii
Kategori : Resep (Artikel)
Sumber : http://www.melroseflowers.com/MKIC/resep/sayur/gudeg_nangka.html

Spoiler for GUDEG NANGKA
Kuliner - Artikel
Bahan:

* 1½ kg nangka muda
* 1 sdm asam jawa
* 2 sdm gula jawa
* 6 lembar daun salam
* 4 gelas santan
* Garam secukupnya
* minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

* 8 butir bawang merah
* 4 siung bawang putih
* ½ sdt ketumbar, disangrai
* ½ sdt jintan, disangrai
* 10 butir kemiri

Cara Membuat:

* Nangka muda diiris ukuran 4 cm lalu direbus dengan air secukupnya sampai matang, angkat dan tiriskan.
* Larutkan asam jawa dan gula merah dengan sedikit air.
* Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam, air gula merah dan air asam jawa.
* Stelah harum, masukkan nangkanya, aduk rata, tambahkan garam secukupnya.
* Terakhir, tuang santannya kemudian masak sampai mendidih dan santan agak mengental dan berminyak.

Untuk 5-6 orang.


iloveindonesiailovekaskus
prasadha - 07/10/2009 07:43 AM
#13

ID: Prasadha
Kategori: Resep
Sumber: [CODE]http://www.resepmami.com/id/recipe/search.php?showdetail=1&rec_id=371[/CODE]

Spoiler for resep karedok

Bahan-bahan
Sayuran:

* 100 gram timun, potong tipis
* 100 gram taoge
* 3 lembar kol, iris halus
* 100 gram kacang panjang, potong ukuran 3 cm
* 25 gram daun kemangi
* 100 gram bengkuang, potong bentuk dadu

Saus:

* 2 buah cabai merah
* 1 siung bawang putih
* 5 buah cabai rawit
* 1/2 sendok teh kencur
* 200 gram kacang tanah, sangrai
* 1 sendok makan air asam
* 1 sendok makan gula merah
* 1 sendok teh garam
* 1/2 sendok teh terasi matang
* 150 cc air panas

Pelengkap:

* 100 gram emping goreng

Cara membuat
Saus: haluskan cabai merah, bawang putih, cabai rawit, kencur, kacang tanah, gula merah, garam, dan terasi matang, lalu tambahkan air asam dan air panas, aduk rata.

Masukkan semua bahan sayuran, aduk hingga rata, lalu taburi dengan emping goreng di atasnya, sajikan.


Spoiler for hasil jadinya

Kuliner - Artikel


iloveindonesia dan ilovekaskus
chub-chub - 07/10/2009 09:31 AM
#14
PECEL MADIUN dong!!
ID : chub-chub
kategori : Kuliner
bentuk karya : Pecel Madiun
sumber : http://resepmasakanindonesia.idcc.info/resep-nasi-pecel-madiun.htm

Kuliner - Artikel

Spoiler for resep PECEL MADIUN

Nasi putih dan pelengkapnya: pecel, kerupuk lempeng, tempe bacem

Bahan :
75 gr taoge, rebus
100 gr kol, iris tipis, rebus
150 gr papaya muda, serut kasar, rebus
50 ge kenikir, rebus
50 gr bayam, rebus
5 bh bunga turi, rebus
50 gr petai cina
1 ikat daun kemangi, ambil daunnya
250 ml air matang

Bahan Kuah Pecel :
100 gr kacang tanah, goreng matang
2 bh cabai merah rebus
3 bh cabai rawit rebus
5 cm kencur
3 lbr daun jeruk purut
½ sdt terasi goreng
1 sdt gula merah
½ sdt garam
1 sdt asam jawa

Cara membuat :
1. Haluskan bahan kuah pecel, tambahkan air matang, aduk rata.
2. Tata nasi di atas piring. Susun sayuran rebus, siram dengan kuah pecel, taburkan petai cina di atasnya.
3. Sajikan dengan tempe bacem, taburan daun kemangi dan kerupuk lempeng.

tambahan dr saya sdri,lempeng bisa diganti rempeyek kacang atau rempeyek ebi(klo saya sih lbh suka rempeyek kacang D ) trus tempe bacem bisa diganti empal n jerohan(lidah,babat,usus,paru) goreng



ilovekaskus iloveindonesia
lesmanaa - 08/10/2009 12:14 AM
#15
Pempek palembang
Kaskus ID : lesmanaa
Katagori : kuliner (mank slain kuliner pa lagi modD...)
Bentuk karya : pempek
sumber : http://tiraikasih.tripod.com/Resep_Pempek_Palembang.html
Kuliner - Artikel
Spoiler for cekidot gano...asli Indonesia punya no HOAX
[spoiler=Sejarah]Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama pempek atau empek-empek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai pempek atau empek-empek.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

Spoiler for bahan dasar pempek
Bahan Dasar Utama :

-Daging ikan giling halus
( yg paling baik adalah ikan Gabus atau Tenggiri, jika tidak ada, dapat diganti dengan ikan apa saja yg dagingnya lebih banyak seperti Salmon,Tuna, Toman, Tongkol Kecil, Gurame, Sepat Besar, buang tulang nya giling sampe halus dan jangan pake ikan yg banyak lemaknya seperti Lele, Patin dsb )
-Tepung SAGU atau tepung kanji (tapioka), Air, garam halus secukupnya, penyedap secukupnya.
Catatan :
perbandingan antara Ikan dan sagu bisa 1:1 atau 1:3/4 atau 1:1/2, semakin banyak ikan semakin enak, tapi maksimal ikan 1 kg tepung sagu 0,5 kg.

Cara mengolah Ikan menjadi bahan baku pempek :

Peralatan yang dibutuhkan :

1. Pirikan ikan (bisa dari Bahan kuningan atau batok kelapa yg berlubang) Alat ini sudah langka di jual dipasar,
2. Jika susah memperolehnya, maka gunakan peralatan elektronics , seperti blender atau food processor atau stand mixer.
3. Ikan yang akan di olah, disiangi dan dibersihkan terlebih dahulu.
4. Lepaskan kulit ikan dari dagingnya.
5. Buang seluruh tulangnya.
6. Potong kecil, siap untuk dipirik/digiling.
7. Hasil gilingan
8. Simpan hasil gilinag di freezer, menunggu waktu penggunaan.


Spoiler for Cara membuat adonan dasar


Bahan:

500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus giling.
10 sendok makan air es/dingin
150 gram tepung sagu atau tepung kanji/tapioka
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vetsin

Cara Membuat:

1. Keluarkan daging ikan giling dari freezer, cairkan.
2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket.
3. Tambahkan tepung sagu atau kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni/diuli hingga tidak menempel lagi ditangan.
4. Uleni/Uli adonan sampai rata
5. Ambil sedikit adonan dasar dan dibentuk sesuai dengan jenis pempek.

Spoiler for Alternatif adonan dasar


Menyadari selera orang tidak sama, maka saya berikan juga resep alternatif :

1. Sebagian orang, kurang menyukai kenyalnya pempek dikarenakan bahan tepung sagu atau tepung tapioka.
2. Ada yg menyukai pempeknya lebih lembut.
3. Ada yg suka pempeknya langsung memiliki aroma khas.

Tapi saya menyarankan ini tidak digunakan untuk membuat Pempek Kapal Selam, karena memiliki resiko mudah pecah, sehingga telornya keluar. Untuk pempek lainnya, silahkan gunakan adonan dasar ini.

BAHAN UNTUK BIANG :

50 g tepung terigu
400 ml air
2 sdm garam
3 sdm minyak goreng
1 sdt gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt penyedap rasa, bila suka

BAHAN PENCAMPUR :

1 kg daging ikan tenggiri atau gabus giling yg ditaruh di freezer.
1 kg tepung sagu atau diganti dengan tepung kanji / tapioka kwalitas baik

CARA MEMBUAT BIANG :
1.Campur tepung terigu, air, garam, gulag pasir, bawang putih dan bumbu penyedap.
2.Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai kental. Angkat dan tambahkan minyak goreng.
3.Aduk, lalu biarkan dingin. Simpan dalam lemari pendingin ( bukan di freezer)

CARA MEMBUAT ADONAN DASAR :

1.Keluarkan daging ikan yang sudah beku, biarkan mencair,
2.Jangan, ditambah air lagi.

3.Keluarkan adonan biang dari kulkas.
4.Campur 2 bagian daging ikan tenggiri dengan 1 bagian adonan biang.
5.Tambahkan tepung kanji secukupnya dikit demi sedikit.
6.Aduk dengan ujung jari asal adonan tercampur rata.
7.Gunakan plastik beroles minyak goreng untuk membentuk adonan
8.Bila campuran terlalu keras, tambahkan lagi sedikit adonan biang agar lentur
9.Adonan dasar siap dipakai sesuai kebutuhan


Spoiler for SAUS CUKA BUAT PEMPEK
Kuliner - Artikel
Kuah atau saos cair yang menjadi paduan dikala makan pempek disebut CUKO, sebetulnya KUNCI lezatnya pempek adalah terletak dari enak tidak nya cuko ini, oleh karena itu orang pempeknya boleh pulen atau pas adonannya tetapi bila cukonya tidak pas, he he he rasanya bakal tidak keruan deh….

BAHAN:

* 500 gram gula merah/gula aren warna coklat tua
* 50 gram asam jawa
* 4 sendok teh cuka putih/cuka dixi (untuk mengawetkan)
* 5 gelas air
* 5-8 siung bawang putih, cincang halus atau tumbuk
* 2 sendok makan ebi dihaluskan (Lihat Tips)
* 20-30 buah cabai rawit, dihaluskan (Lihat Tips)
* 1 sendok makan tongcai berikut tangkainya, cincang/giling halus
* 1-2 sendok teh garam (disesuaikan)

CARA MEMBUAT:
1.Didihkan air dan gula merah, asam jawa, air, dan cuka dengan api kecil , setelah gula larut, angkat lalu saring.
2.Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, dan tongcai.
3.Memasukkan cabai, garam sebaik nya sambil di cicip, disesuaikan dengan selera.
4.Didihkan kembali lalu angkat.

Tips :

1. Jika ingin cuko nya enak ulek campuran cabe dan bwng putih sehari sebelumnya.
2. Jika tidak suka kepedasan, sebaiknya cabe rawit yg dihaluskan, tidak dimasukkan ke dalam cuka, tetapi biarkan terpisah, sehingga pada saat mau makan pempek sajah, cabe halus tadi baru dicampurkan ke adonan cuka sehingga bisa di kira-kira pedasnya.
3. Cabe rawit boleh di campur dengan cabe merah sedikit.
4. Gula merah yg dipakai sebaiknya gula batok yang tidak berbau angit sehingga adonan cuko tidak terasa pahit.
5. Ebi halus juga, boleh dipisah seperti halnya cabe rawit tadi, pada saat makan baru dicampurkan, agar aromanya ebi tetap muncul.
6. Untuk memperoleh cuko yg sedap dan beraroma, inapkan cuko sehari.

Spoiler for Cara Memasak
Direbus :

1.Didihkan sepanci air dengan 2 sdm minyak goreng (untuk mencegah pempek lengket).
2.Masukan adonan pempek yg sudah dibentuk.
3.Biarkan sampai mengapung, angkat dan tiriskan.
4.Setelah dingin, siap disajikan.

Jenis Pempek yang masaknya direbus :

*Pempek Lenjer (bentuknya lonjong bulat kayak lontong), besar dan kecil
*Pempek Kapal Selam (pempek isi telur) ukuran besar dan kecil
*Tekwan.

Digoreng :

1.Pempek Lenjer (bentuknya lonjong bulat kayak lontong), besar dan kecil
2.Pempek Kapal Selam (pempek isi telur) ukuran besar dan kecil.
3.Pempek adaan (bola)

Dikukus (Steam)

Adalah pempek kerupuk/kelesan

Dipanggang :

1.Lenggang
2.Otak-otak
3.Pempek Tunu

Tips :

1.Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer sampai beku, kalau mau dibikin baru keluarin dr kulkas biarkan sampai setengah beku lalu uleni. jadi pada saat diuleni masih ada sisa sisa esnya.
2.Bahan ikan, jika ikan tenggiri rasa pempek lebih getas sedikit kenyal tapi lembut. Bisa dipakai ikan kakap, tuna, bahkan ikan sepat, sarden pun boleh.
Jika ikan gabus, pempek akan lembut dan gurih.
3.Boleh diganti dengan ikan lain, seperti sepat siam besar, parang-parang, ikan sarden (warna pempek akan sedikit hitam), prinsipnya… semua jenis ikan kecil bisa dijadikan bahan dasar pempek.
4.Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin kenyal.
5.Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan tepung kanji.
6.Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.
[/spoiler]
ekhalagielaper - 08/10/2009 12:49 AM
#16

kaskus ID : ekhalagielaper

kategori : Kuliner

bentuk karya :soto madura

sumber : http://dapurngebulterus.blogspot.com/2006/07/soto-madura.html

Spoiler for resep soto madura

Bahan:
250 gr daging sandung lamur
750 gr jerohan bersih (hati, lumpa, usus, babat, otak, paru dan jantung)
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk purut
garam menurut selera

Bumbu dihaluskan:
2 sendok teh merica
2 sendok teh jahe cincang
1 sendok teh kunyit cincang (kalau menghendaki warna kuning)
10 buah bawang merah
5 buah bawang putih

Bahan pelengkap:
2-3 sendok makan bawang goreng
50 gr suun potong 10 cm, rendam sampai lunak
seledri cincang
kecap manis menurut selera
irisan jeruk nipis
irisan daun bawang halus

Sambal (dihaluskan):
5 bh cabai rawit kukus
3 bh cabai merah kukus
5 bh kemiri sangrai/goreng
garam menurut selera

Cara membuat:
1. Celupkan babat yang masih kotor dengan air mendidih lalu gosok berish dengan kapur sirih, cuci. Rebus bersama usus sampai lunak, buang airny. Otak dibuang uratnya dan dikukus sampai matang. Rebus daging, jantung, usus, paru, limpa dan hati sampai lunak. Ukur air perebusnya 1 1/2 liter. Potong daging tipis-tipis agak lebar atau menurut selera.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan serai dan daun jeruk, aduk sampai layu. Masukkan ke dalam kaldu, masak dengan api kecil sampai matang.
3. Hidangkan dengan pelengkap dan sambal.


Kuliner - Artikel
lesmanaa - 08/10/2009 01:00 AM
#17

Lanjut ya mod soalnya d atas gak muat...
Kaskus ID : lesmanaa
Katagori : kuliner (mank slain kuliner pa lagi modD...)
Bentuk karya : pempek
sumber : http://tiraikasih.tripod.com/Resep_Pempek_Palembang.html

Spoiler for Cara Membuat beberapa macam PEMPEK

[spoiler=Pempek Kapal Selam]Pempek Kapal Selam (pempek telor)

BAHAN :

1. 1 resep adonan dasar pempek
2. 8 butir telur bebek atau telor ayam
3. 100 gram mie basah yg sudah dicelup air hangat (optional)
4. 2 sendok makan bubuk ebi (optional)
5. irisan ketimun (optional)
6. saus cuko

CARA MEMBUAT :

1. Ambil 150 gram adonan pempek (untuk ukuran besar).
2. Bundarkan seperti Bola Tenis.
3. Buat contongan (mangkuk lonjong)
4. Lalu isi dengan telur
5. Rapatkan sambungannya dengan cara menjepitnya dengan jari. Ingat, isi telur jangan kepenuhan, harus ada space untuk merapatkannya.
6. Rebus dalam air mendidih sampai terapung (tanda sudah matang).
7. Angkat dan dinginkan
8. Lalu potong-potong dan sajikan dengan cuko, irisan ketimun, mi, dan taburan bubuk ebi.

Catatan :
1. Telur dipecahkan dan dimasukkan dalam cangkir dan tidak dikocok, upayakan bagian kuning dan putihnya tidak buyar untuk pempek telor ukuran besar, 1 telur untuk 1 pempek.
2. Untuk pempek telur kecil, telur sebaiknya di kocok, dan takaran untuk 1 pempek diatur saja sendiri asal jangan kepenuhan.
3. Setelah di rebus, bisa langsung disajikan tanpa harus digoreng dahulu, terutama bagi yang menghindari mengkonsumsi minyak goreng.
4. Demikian juga. Mie, jangan dipakai jika tidak suka mie.

Jika anda merasa susah untuk membuat bentuk mangkok dan suka pecah sehingga telurnya keluar yang biasanya dikarenakan adonan terlalu banyak tepung, pakai saja cara berikut ini :

1. Rebus telur yg akan dipakai, terus dikelupas kulitnya.
2. Setelah adonan dibulatkan seperti bola tenis, tekan dan pipihkan.
3. Masukan telur rebus tadi, bungkus dengan adonan, dan rapatkan pinggirnya.
4. Masukkan ke panci yg airnya sudah mendidih, rebus, sampai mengapung atau matang.
5. Sajikan, dibawah ini bentuk matang jika sudah dibelah.

Spoiler for Pempek Lenjer


BAHAN:

Resep adonan dasar pempek

CARA MEMBUAT:

1. Bentuk adonan pempek seperti potongan kayu (Bulat atau pipih dan panjang).
2. Rebus sampai terapung dan matang lalu dinginkan.

Pempek lenjer ini multi fungsi, karena dapat dijadikan bahan untuk membuat :

- Laksan
- Kerupuk/kemplang
- Lenggang
- Rujak mie

Variasi dari pempek ini adalah pempek sosis, hanya saja bentuknya seperti lenjer/batang dimana sosis terbungkus oleh adonan pempek. Cara memasak dan menyajikannya sama seperti pempek lenjer biasa.


Spoiler for Pempek Ada'an atau Pempek Bola

BAHAN :

600 gram ikan tenggiri
200 ml air es
3 butir kuning telur
4-6 siung bawang merah, iris halus
2 batang daun bawang cincang halus
300 gram tepung kanji
2 sendok makan terigu
1 sendok the gula pasir
1 sendok the garam
1-2 sendok bawang goreng

CARA MEMBUAT :

1.Aduk ikan, kuning telur, bawang merah, daun bawang, bawang goreng, gula, garam dan air. Uleni sambil dimasukkan tepung kanji sampai kalis. Jangan terlalu kenyal adonan nya.
2.Genggam adonan lalu tekan dan ambil adonan yang keluar dengan sendok.
3.Rebus dalam air mendidih lalu goreng sampai matang. Sebaiknya digoreng langsung (kalau saya sih)
4.Sajikan dengan cuko.

Spoiler for Pempek Kerupuk / Pempek Keriting


BAHAN ADONAN:

Adonan dasar pempek

CARA MEMBUAT :

1.Ambil adonan bulatkan kecil sebesar bola tenis.
2.Gunakan pirikan (Pirikan kuningan atau batok kelapa yg ada lobang halus)
3.Tekan adonan dengan pirikan, ambil gumpalan kerupuk dari pirikan dan taruh di tatakkan.
4.Jika tidak ada pirikan, gunakan mesin pembuat mie kecil, potong secukupnya dan dibulatkan taruh ditatakan.
5.Secara umum, caranya sama dengan membuat kerupuk biasa.

CARA MEMASAK :

1.Didihkan air dengan menggunakan panci kukus.
2.Taruh pempek kerupuk ke tatakan lalu kukus sampai masak.
3.Dinginkan, dan siap disantap dengan cuko.

Pempek kerupuk ini juga bahan untuk membuat kerupuk goreng.

[/spoiler]
verditch - 08/10/2009 10:38 AM
#18

kaskus : verditch

kategori : kuliner

bentuk karya : resep celimpungan

sumber : http://tiraikasih.tripod.com/Celimpungan.htm

keterangan : ini adalah resep celimpungan(salah satu makanan khas palembang)

Spoiler for celimpungan


BAHAN CELIMPUNGAN :

1 resep adonan dasar



BAHAN KALDU IKAN :

150 g daging ikan gabus, rebus, haluskan 250 ml santan kental

500 ml santan cair Garam secukupnya

500 ml kaldu ikan / air Bawang goreng



Haluskan :

7 siung bawang merah 1 cm temu kunci

4 siung bawang putih 5 butir kemiri sangrai

½ sdt ketumbar 1 cm lengkuas

½ sdt lada butir 1 sdm kelapa parut

1 cm jahe 1 batang serai, memarkan

1 cm kencur 2 lembar daun salam

2 cm kunyit Garam secukupnya



CARA MEMBUAT :



Cara membuat Celimpungan:

1.

Ambil adonan dasar. Bulatkan menyerupai bola sebanyak beberapa buah (sama seperti membuat tekwan)
2.

Didihkan air, masukan celimpungan, tunggu sampai terapung tanda masak.
3.

Tiriskan.



Cara membuat bumbu :

1.

Sangrai semua bumbu, kecuali serai dan daun salam.
2.

Haluskan dan sisihkan.



Cara membuah kuah :

1. Didihkan air atau kaldu ikan dengan santan cair.

2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan daging ikan gabus.

3. Aduk rata.

4. Masukkan kan santan kentalnya, serai, daun salam masak sebentar hingga berminyak dan cicip rasanya.

5. Masukkan celimpungan sebentar, lalu siap disajikan.

Sajikan dengan taburan bawang goren[spoiler=gambar celimpungan]Kuliner - Artikel
[/spoiler]
verditch - 08/10/2009 10:46 AM
#19

kaskus ID : verditch

kategori : kuliner

bentuk karya : resep laksan

sumber : http://tiraikasih.tripod.com/Laksan.htm

keterangan : ini adalah resep laksan(salah satu makanan khas palembang)

Spoiler for laksan
BAHAN LAKSAN :



500 g pempek lenjer, potong serong 1 ½ cm



BAHAN KUAH :



150 g fillet ikan gabus, rebus, haluskan

500 ml santan

500 ml kaldu ikan (air rebusan ikan)

250 ml santan kental

Garam secukupnya

2 sdm cabai merah giling, tumis dengan sedikit minyak



BAHAN BUMBU :



8 siung bawang merah ½ sdt ketumbar

4 siung bawang putih ½ sdt lada butir

1 cm jahe 1 cm temu kunci

1 cm kencur 5 butir kemiri sangrai

1 cm lengkuas 1 sdm kelapa parut

1 batang serai, memarkan 2 lembar daun salam

Garam secukupnya

PELENGKAP :



Bawang goreng Daun kucai, cincang


CARA MEMBUAT :

Bumbu :

*

Sangrai semua bumbu, kecuali serai dan daun salam, hingga harum.
*

Haluskan, sisihkan.

Kuah :

1.

Didihkan kaldu ikan dan santan cair.
2.

Masukkan bumbu yang sudah disangrai dan dihaluskan tadi serta daging ikan gabus.
3.

Aduk sebentar.
4.

Masukkan daun salam dan serai.
5.

Tambahkan potongan pempek lenjer dan santan kental.
6.

Masak sambil diaduk hingga mendidih sambil dicicip rasanya.

SAMBAL TUMIS (untuk Laksan)

Bahan :

50 g cabai merah, buang biji 1 sdm ebi

Garam dan gula secukupnya 100 ml air

Minyak untuk menumis

Cara membuat :

Haluskan semua bahan. Tumis hingga harum, masukkan air. Aduk rata. Angkat.

Sajikan dengan ditaburi daun kucai cincang dan bawang goreng.

[spoiler=gambar laksan]Kuliner - Artikel
[/spoiler]
verditch - 08/10/2009 11:07 AM
#20

kaskus ID : verditch

kategori : kuliner

bentuk karya : resep pindang ikan patin

sumber : http://tiraikasih.tripod.com/Pindang_Ikan_Patin.htm

keterangan : ini adalah resep pindang ikan patin (salah satu makanan khas palembang)

Spoiler for pindang ikan patin


BAHAN :

1 kg ikan patin, siangi, cuci bersih, potong2x, lumuri dgn 1 sdm air jeruknipis ± 15 menit, tiriskan.
3 btg serai, memarkan
3 lbr daun salam
5 cm jahe, memarkan
3 buah tomat merah, belah 4
5 buah tomat hijau, belah 4
2 buah cabai merah, iris halus ± 2 cm
15 buah cabai rawit utuh
25 gr daun kemangi
3 sdm air asam
2 sdm kecap manis
2 sdm gula merah
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bahan Yang Dihaluskan:

5 buah cabai merah
6 siung bawang putih
6 buah bawang merah

Cara Membuat:

Rebus bumbu halus, daun salam, serai, jahe, lengkuas dalam panci berisi 1250 cc air, dengan api sedang

Masukkan ikan dan bahan lainnya, beri garam sesuai selera hingga terasa asam, manis, dan pedas. masak hingga matang.


[spoiler=gambar ikan patin]Kuliner - Artikel


[/spoiler]
Page 1 of 18 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Kuliner > Kuliner - Artikel