Kuliner
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Kuliner > Kuliner - Artikel
Total Views: 38437 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 18 of 18 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18

verditch - 17/02/2011 09:30 PM
#341

kaskus ID : verditch

kategori : Kuliner

bentuk karya : Resep Ragit

sumber : Kompas Minggu

keterangan : makanan khas palembang,sumatra selatan

Spoiler for


Quote:
Bahan :

* 250 gr tepung terigu
* 1 butir telur ayam
* 1sdt minyak goreng
* 1/2 sdt garam
* 500 ml air

Cara membuat :

1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata, lalu dimasak dengan menggunakan pan dadar, buat seperti jala sampai adonan habis, sisihkan.

Bahan kuah :

* 250 gr daging sapi
* 500 ml santan
* 1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

* 1 sdm ketumbar
* 1 jumput jintan
* 1 iris jahe
* 5 butir bawang merah
* 3 siung bawang putih

Bumbu kasar :

* 3 lembar daun salam
* 2 iris lengkuas

Cara membuat :

1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama bumbu kasar sampai keluar aroma, angkat, sisihkan.
2. Rebus daging sampai lunak, angkat, lalu dipotong-potong, masukkan kembali kedalam air rebusan daging.
3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam air rebusan daging bersama santan, masak sampai daging matang, dan kuah kental, angkat.
4. Hidangkan ragit bersama kuah daging.

Untuk : 5 porsi (1 porsi = 393 kalori)


[spoiler=gambar]Kuliner - Artikel
[/spoiler]
Chrisben - 16/07/2011 05:36 PM
#342
Bebek Presto Bumbu Kari
Dibawah ini resep dan cara memasak bebek presto bumbu kari.
Bahan:
1 ekor bebel, potong jadi 8 bagian
500 ml santan encer
200 ml santan kenal
2 buah bawang bombay, iris dadu

Bumbu:
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 cm jahe
5 cm kunyit
10 buah kapulaga
1/2 sdt ketumbar utuh
1/2 jintan
1/2 sdt adas manis
lada, pala, garam secukupnya
5 buah pekak
3 asam kandis
5 tangkai salam koja
5 lembar daun jeruk

Cara Membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit.
2. Sangrai kapulaga, ketumbar, jintan, dan adas. Kemudia haluskan, sisihkan.
3. Tumis semua bumbu halus hingga harum.
4. Masukkan bebek, aduk rata. Tuang santan encer lalu pindahkan ke dalam panci presto. Kemudian presto selama 30 menit, angkat.
5. Tambahkan santan kental lalu masak hingga matang, angkat, sajikan.

Selamat mencoba
huller - 16/07/2011 08:41 PM
#343

Kepala IkanJadi Pengganti Terasi





Ini tips resep tidak sengaja. Dan mulanya hanya iseng, Ya walaupun bisa dibilang karena terpaksa.
Ceritanya gini, aku sebagai ibu rumah tangga ni, biasa masak didapur. Waktu itu aku mau bikin sambal dan terburu-buru mau jemput anak pulang sekolah. Waktu mau ngulep sambal, eh kebetulan terasinya abis, and mau beli waktunya nggak cukup untuk ke warung. Dan aku baru inget kalau masih nyimpen ikan asin, yang biasanya untuk pedho. Langsung aku ada ide, untuk pengganti terasi. aku ambil kepala ikan pedho itu yang ukurannya kecil ya bisa dibilang ikan kucing, karena bentuknya kecil, dan ku cuci, lalu aku goreng dulu lalu dicampur dengan bahan sambal lain. E...... ternyata rasanya lebih maaantap.
Begini cara membuat dan bahan-bahan sambalnya :
Bahan :
1. Cabe rawit secukupnya
2. Bawang Merah 3 siung
3. Bawang Putih 2 siung
4. 1 Buah tomat
5. Penyedap rasa
6. Gula pasir/merah terserah selera
7. Dan tak lupa kepala ikan asin / ikan kucing kira-kira 6 biji
Cara membuatnya :
Pertama bahan sambal dibersihkan semua dan potong, goreng kepala ikan asinnya sampai mateng, kemudian masukkan cabe,bw. merah dan putih, beserta tomat. kemudian tiriskan dan diulek tambahkan gula dan penyedap rasa, dan inget jangan pakai garam, karena udah ada ikan asinnya, jadi udah asin.
Silahkan mencoba sambalya dengan goreng ikan apapun bisa ( Tempe, tahu, ikan laut, ayam dan lain-lain ) dan buktikan rasanya...... Terimakasih (Nit)
captain.imskey - 19/09/2011 07:31 PM
#344

ini gan resep makanan asal daerah kampung ane hehe (sulawesi selatan) :2thumbup :2thumbup

Quote:

RESEP MASAKAN KAPURUNG (KAPURUNG) Bahan:

200 gram tepung kanji(resep asli sagu)
Seikat daun kacang muda, buang serat tengahnya
Seikat kacang panjang, potong 3 cm
100 gram jagung manis
500 gram fillet ikan tuna segar
5 buah jeruk limau, ambil airnya
Air dan garam secukupnya

Bumbu sambal:

2 sendok makan bubuk cabai
2 buah tomat
Garam dan gula secukupnya
2 buah jeruk limau, peras ambil airnya
Ulek cabai, tomat, garam lalu aduk rata dengan air perasan limau



Cara Membuat Resep Masakan Kapurung I:

Campur tepung kanji dengan air hingga encer, masukkan garam secukupnya.
Didihkan sambil terus diaduk hingga masak.
Tambahkan air lagi jika perlu. Siapkan baskom yang diisi dengan air masak secukupnya (supaya tidak lengket)
Saat masih panas, gunakan 2 sendok untuk mangambil kanji yang sudah masak segera masukkan kedalam baskom yang sudah diberi air. Lakukan hingga adonan habis.

Cara Membuat Resep Masakan Kapurung II:

Setelah dicuci bersih, rebus daun kacang panjang hingga masak dengan air kira-kira 1 liter.
Setelah masak masukkan kacang panjang dan jagung manis.
Lalu masukkan fillet tuna segar, aduk hingga semuanya masak.
Masukkan perasan air jeruk limau dan garam secukupnya. Aduk hingga semuanya masak.
Setelah sayuran masak, tuang kedalam baskom yang berisi adonan kanji tadi, aduk rata. Siap dihidangkan saat masih panas, Letekkan sambal diatasnya.


Spoiler for gambarnya gan
Kuliner - Artikel

Kuliner - Artikel
amrysalim - 22/09/2011 11:43 PM
#345

wah info yang bermanfaat banget nih kk template, ane mau share nih masakan kesukaan ane.



Quote:

Asal Masakan : Sumatra barat
Nama masakan: AYAM POP

Bahan:
1 ekor ayam buras tanpa kepala dan cakar, potong 4 bagian
4 siung bawang putih, parut
1 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis
300 ml air kelapa
minyak sayur

Sambal:
2 sdm minyak untuk menumis
4 sdm air panas

Haluskan:
10 buah cabai merah, rebus
12 butir bawang merah, rebus
200 g tomat merah, rebus
10 mata petai, rebus
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Lumuri potongan ayam dengan bawang putih, garam, dan air jeruk nipis. Diamkan selama 1 jam agar meresap.
2. Didihkan air kelapa, masukkan ayam berikut bumbu perendamnya. Masak hingga ayam empuk dan kuah habis. Angkat ayam.
3. Panaskan minyak di atas api sedang. Goreng ayam sebentar, angkat dan tiriskan.
4. Sajikan panas dengan sambal dan daun singkong rebus.
5. Sambal: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
6. Tambahkan air, aduk hingga mendidih. Angkat.

Untuk 4 orang
KaroCyber - 24/09/2011 01:53 AM
#346

kategori : Kuliner

bentuk karya : Masakan khas Karo

sumber : Sumber

keterangan : Keterangan :Kuliner khas Suku Karo,Medan.Sumatera Utara.

Spoiler for Karo
Quote:

Masakan Khas Karo

Berbicara mengenai suatu daerah, pasti tidak akan lepas dari masakan khas. Begitu juga dengan Karo, Salah satu identitas Suku Karo yang belum hilang sampai saat ini dan memang tidak boleh hilang sampai kapanpun adalah bidang kuliner. Berbagai kuliner tradisional khas Karo masih tetap bisa kita temui diberbagai wilayah di Indonesia yang ditempati oleh orang Karo.

Adapun kuliner yang tetap eksis sampai saat ini, diantaranya adalah:
1. Cipera
Ciper merupakan masakan khas Karo yang terbuat dari potongan ayam kampung termasuk leher, sayap, kaki, hati,ampla dan dimasak dengan tepung jagung sampai empuk dan berkuah kental. Tepung jagungnya harus dari bulir tua jagung Medan, agar menghasilkan kuah yang kental.
Kuliner - Artikel
Bulir jagungnya disangrai terlebih dulu, kemudian ditumbuk menjadi tepung. Tepung jagung inilah yang sebenarnya disebut cipera. Kuah kental ini bercitarasa pedas karena memakai cabe rawit, dan sedikit asam karena memakai asam tikala (dari buah honje/kecombrang).

Supaya pedasnya lebih menggigit dan mencuatkan karakter yang berbeda, ada juga yang menambahkan tuba (andaliman, Shanghai peppercorn) sebagai bumbu. Selain ayam, juga dicampurkan jamur merang (atau jamur kuping dan jenis jamur lainnya) ke dalam kuah. Ayamnya dimasak hingga sangat lunak dan menyerap bumbu.

2. Tasak Telu
Tasak Telu merupakan masakah khas Karo lainnya yang berarti “masak tiga” atau “tiga masakan” yang terdiri dari masakan ayam rebus yang dicampur dengan berbagai bumbu. Air rebusannya disisihkan dan disajikan sebagai kuah atau sup. Ayam rebusnya yang termasuk jeroannya dipotong-potong untuk disajikan. Bila dikehendaki, ayam rebus ini dapat dimasak lagi sebentar dengan darah ayam. Dalam bahasa setempat, darah disebut dengan istilah “getah”

Bagian tulang-tulangnya dimasak lagi dengan sebagian kuah dan dicampur dengan cipera. Dengan tambahan bumbu-bumbu, campuran ini menjadi kuah kental yang gurih. Kuah kental ini – sebagai elemen kedua dari sajian ayam tasak telu – nanti diguyurkan pada ayam rebus ketika menyantapnya.

Elemen ketiganya adalah cincang sayur. Berbagai sayur rebus – kacang panjang, batang pisang, jantung pisang, daun pepaya, daun singkong, tauge – diurap dengan parutan kelapa berbumbu.

3. Terites
Terites merupakan salah satu makanan Khas Masyarakat karo yang paling unik, dimana makan ini terbuat dari berbagai jenis sayuran dan berisikan oleh jeroan atau bagian dalam Sapi, Kerbau, atau kambing. Bahan dasar dari makanan ini adalah rumput yang terdapat pada perut besar Sapi, Kerbau, atau Kambing.
Kuliner - Artikel

Rumput yang digunakan belum jadi kotoran karena rumput ini diambil bukan dari usus besar nya atau bagian sistem pencernaan. Rumput ini masih segar karena ketika kerbau atau sapi memakan rumput maka rumput yang baru di mamah di mulut akan ditelan dan dimasukan kedalam lumbung penyimpanan (perut besar) dimana kemudian akan di mamah kembali baru rumput tersebut akan di masukan kebagian pencernaan. Nah di kantung penyimpanan itulah rumput tersebut di ambil.

Terites ini merupakan makanan khas yang biasanya dibuat atau di sajikan pada saat pesta besar seperti Merdang Merdem (Pesta Panen Tahunan).

Yang tertulis disini hanya sebagian kecil dari kuliner tradisional Karo yang diketahui oleh penulis. Mudah-mudahan dilain kesempatan ditemukan lagi refrensi mengenai kulinener khas Karo agar kemudian dapat dituliskan kembali disini.

Sumber : Billi Wong (Kompasiana)
itachi23 - 14/01/2012 09:22 AM
#347

nama ID : itachi23

kategori : kuliner

bentuk karya : omelet jepang

sumber :

Kuliner - Artikel

Spoiler for resep nya gan

Bahan:
1 sdm minyak sayur
1 siung bawang putih, cincang halus
30 g bawang bombay, cincang
50 g jamur shimeji cokelat, potong-potong
3 buah kami stick, potong-potong
Kocok jadi satu:
3 butir telur ayam
1 sdm shoyu
½ sdt merica bubuk
½ sdt garam
Taburan:
Nori Panggang, potong-potong

Cara membuat:


Panaskan minyak dalam wajan bertangkai besi di atas api sedang.
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan wangi.
Masukkan jamur dan kani, aduk hingga layu. Kecilkan api.
Tuangkan telur kocok, masak hingga kelilingnya mengering. Angkat.
Panggang omelet berikut wajannya dalam oven panas selama 10 menit.
Angkat, sajikan panas.

Untuk 2 orang
otterod - 10/02/2012 02:59 PM
#348

nama ID: otterod
kategori: kuliner
bentuk karya: sate padang

sate padang :

Spoiler for "sate padang"
Kuliner - Artikel


resep :
Spoiler for "resep sate padang"
Alternatif bahan dasar:
1/2 kg daging sapi
1 lidah sapi rebus hingga agak lunak
1/2 kg campuran jeroan sapi

Bumbu-bumbu:
4 buah bawang putih giling
5 buah bawang merah giling
2 cm jahe digeprek
3 lembar daun kunyit
10 biji cabe merah digiling halus
1 ruas kunyit digeprek
sedikit jinten
sedikit asam kadas
serai batang /bubuk.
Garam secukupnya
Tepung beras secukupnya dengan perbandingan 2:1 buat mengentalkan sausnya.

Cara membuatnya:
1. Rebus bahan dasar hingga matang, lalu potong-potong sebesar dadu.
2. Semua bumbu yg digiling halus, dan teman2nya di tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
3. Bagi bumbu jadi dua satu untuk saus satu untuk dicampur dgn lidah.
4. Masukan daging / lidah yg sudah di potong-potong, aduk rata dan biarkan matang dan meresap, tusuk dengan tusuk sate klu memang punya tenaga klu tidak ya biarin aja di wadah yg bisa dipanggang kemudian masukkan ke panggangan. Klu mau dibakar juga bisa.
5. Sausnya: Bumbu yg sebagian disisakan itu dicampurkan dengan kaldu merebus lidah/daging, masak sampai mendidih, kentalkan dengan campuran tepung beras

NB : Dihidangkkannya bisa ditusuk dgn tusukan sate atau klu nga ditusuk yg di wadah itu begitu keluar oven/bara api langsung disiramin bumbunya keatas daging/bisa dicocol juga.Atasnya ditaburin bawang goreng sama ketupat. (sumber : http://resepmasakanindonesia.idcc.info/resep-sate-padang.htm)
stratocruiser - 17/02/2012 10:29 AM
#349

nama ID : stratocruiser

kategori : kuliner

bentuk karya: Tongseng Ayam Resep Masakan Indonesia
Spoiler for resep

ongseng kambing sudah biasa kita makan mungkin, tetapi tongseng ayam, boleh juga dicoba. Yang jelas selain rasanya mirip tongseng kambing, namun kadar lemak (dan kolesterolnya) jelas lebih rendah dibandingkan tongseng kambing.

Bahan Tongseng Ayam:

* 1 ekor ayam kampung, potong jadi 12 bagian
* 10 bh bawang merah, iris tipis
* 3 siung bawang putih, iris tipis
* 1 sdm bumbu gulai
* 5 lbr daun jeruk
* 5 sdm kecap manis
* 2 sdm kacang tanah, haluskan
* ½ sdt lada
* 1 sdt garam
* ½ sdt gula merah
* 200 ml air
* 100 gr kol, iris tipis
* 20 bh cabai rawit merah
* 2 sdm kecap manis
* 1 sdm minyak


Cara membuat Tongseng Ayam:

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, dan bawang putih sampai harum.
2. Masukkan potongan ayam, masak sampai ayam berubah warna.
3. Tambahkan bumbu gulai, daun jeruk, lada, garam, dan air.
4. Masak sampai daging ayam empuk.
5. Masukkan kecap manis, cabai rawit, kol, kacang tanah halus.
6. Masak sampai kuah sedikit mengental.
7. Angkat, sajikan tongseng ayam dengan taburan bawang goreng.
[SPOILER=foto]
Kuliner - Artikel

[/SPOILER]
84yu - 08/04/2012 07:49 PM
#350
Masakan Nasi Krawu dari Gresik
Kaskus ID : 84yu
Kategori : Kuliner
Bentuk Karya : Resep Nasi Krawu
Sumber : http://resepmenumasakan.web.id/nasi-krawu-khas-gresik/
Kuliner - Artikel
Spoiler for Resep Nasi Krawu
Bahan-bahan:

750 gram nasi putih
daun pisang untuk membungkus

Bahan krawu kuning:

100 gram kelapa parut kasar
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan

Bumbu halus:

2cm kunyit, dibakar
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm jahe
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir

Bahan krawu merah:

100 gram kelapa parut kasar
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan

Bumbu halus:

2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cabai merah besar
1 cabai rawit merah
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm jahe
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir

Bahan krawu cokelat:

100 gram kelapa parut kasa
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan

Bumbu halus:

2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 sendok teh gula merah sisir
1/2 sendok teh garam

Bahan osik daging:

400 gram daging sapi, dipotong 5x5x1 cm
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1 sendok teh garam
2 sendok teh gula merah sisir
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

2 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan
3 butir kemiri, disangrai

Cara membuat:

Krawu kuning: aduk rata bahan krawu kuning. Sangrai sampai kering. Lakukan hal yang sama pada krawu merah dan krawu cokelat.
Osik daging: aduk rata bahan osik daging. Masak sampai meresap. Angkat. Suwir-suwir. Goreng sebentar.
Sajikan nasi dengan krawu kuning, krawu merah, krawu cokelat, dan osik daging dengan dibungkus daun pisang.

yudhi13 - 27/07/2012 06:14 PM
#351
Kupang Lontong - Jawa Timur
id Kaskus : Yudhi13
Kategori : Kuliner
Bentuk Karya : Kupang Lontong

Sumber : [URL="http://kulinerplusplus.blogspot.com/2009/03/lontong-kupang-ala-pak-hasyim.html"]


Resep Kupang Lontong

Bahan:
500 gr kupang yang telah dibersihkan (bisa digunakan untuk 15 porsi)
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya

Bahan Pelengkap Penyajian:
Potongan lontong 15 buah
Irisan bawang putih goreng secukupnya
Cabai rawit merah secukupnya
Gula pasir secukupnya
Jeruk nipis secukupnya
Garam secukupnya
Bawang merah goreng secukupnya
Petis kupang 15 sdm untuk 15 porsi


Cara Membuat:

Rebus kupang yang sudah bersih hingga matang, tambahkan garam dan penyedap secukupnya.
Sisihkan.


Cara Penyajian:

Irisan bawang putih goreng, cabai rawit merah, gula pasir, garam dan petis kupang dihaluskan atau digerus menggunakan sendok di atas piring saji. Lalu tambahkan sedikit air jeruk nipis. Ada baiknya petis dimasak ulang terlebih dulu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan (sakit perut bagi mereka yang sensitif).
Setelah itu encerkan dengan membubuhi sedikit kuah kupang (air rebusan kupang).
Setelah campuran bumbu selesai dibuat, tambahkan irisan lontong di atasnya, kemudian potongan lento.
Siram dengan kupang di atasnya beserta kuahnya. Untuk toppingnya, taburi dengan bawang merah goreng.
HEP21 - 04/08/2012 02:16 PM
#352

Kaskus Id : HEP21
Kategori : Kuliner
Bentuk Karya : SOP Saudara (Saya Orang Pangkep SAUDARA iloveindonesias )
Sumber : Sejarah SOP Saudara, Resep SOP saudara

Spoiler for Sop Saudara

Beberapa tahun terakhir ini, Warung Sop Saudara menjamur dimana – mana. Bukan hanya di Kota Makassar dan Pangkep tetapi hampir semua kota, di Sulawesi Selatan maupun di kota – kota lainnya di Indonesia sudah berdiri warung sop saudara. Bahkan menurut Drs Ahmad, MSi, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, warung sop saudara juga sudah ada di Malaysia dan Arab Saudi.

Sop Saudara adalah sebuah revolusi kuliner di Sulawesi Selatan. Cita rasa produk makanan berkuah isi daging sapi ini tak bisa dilepaskan dari sosok H. Dollahi, penemu resep dan peracik bumbu pertama dari Sop Saudara tersebut. Awalnya H. Dollahi hanya seorang pelayan dari H. Subair, penjual sop daging yang cukup laris di Makassar sekitar tahun 1950-an.

Selama tiga tahun H. Dollahi mengikut kepada H. Subair yang sama – sama warga Kampung Sanrangan Pangkep sebelum memutuskan untuk mengadu peruntungan sendiri dengan membuka warung makan. Pada Tahun 1957, H. Dollahi memperkenalkan Sop Saudara untuk pertama kalinya sebagai produk makanan berkuah (sop) yang memiliki cita rasa khas di bilangan Pasal Senggol Karebosi Makassar.

Penamaan Sop Saudara menurutnya, terinspirasi dari nama “Coto Paraikatte”. Paraikatte (sesama kita) bermakna sama dengan “Saudara”, dinamai demikian maksudnya agar semua orang yang makan di warung sop saudara akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat (pelanggan) sop saudara. Ada pula yang mengatakan bahwa penamaan Sop Saudara adalah penegasan identitas asal daerah. Sop Saudara dianggap kepanjangan dari Saya Orang Pangkep (SOP) Saudara !. iloveindonesias

Coto Paraikatte adalah nama warung bagi Coto Makassar. Baik Coto Makassar maupun Sop Saudara sama - sama berbahan baku daging sapi, hanya saja Sop Saudara menjadi khas dengan merica dan ketumbar sebagai cirinya, sedang Coto pada umumnya hanya dicirikan dari bumbu bawang merah dan bawang putihnya. Bedanya yang lain, Kalau Coto dimakan bersama ketupat sedang Sop Saudara dimakan bersama nasi dan ikan bakar bandeng.

Menurut H. Dollahi, saus kacang (cobe - cobe) dari ikan bakar bandeng sebenarnya akan mengganggu rasa khas Sop Saudara. “Kalau mau merasakan nikmatnya Sop Saudara, jangan makan bersama ikan bakar. Bukan tidak boleh dimakan bersama ikan bakar. Hanya saja cita rasa khas Sop Saudara akan berkurang”, ujarnya. Namun kini Sop Saudara menjadi menjadi media pasar bagi ikan bandeng, hasil perikanan yang banyak di Pangkep .

Selain piawai meracik resep dan bumbu bagi sop temuannya, H. Dollahi juga ternyata memiliki insting bisnis yang kuat. H. Dollahi sadar bahwa sop temuannya akan diminati banyak orang dan warungnya akan berkembang pesat, maka ia memanggil seluruh keluarganya dari Pangkep untuk membantunya. Sebanyak 14 karyawannya yang tak lain adalah keluarga sendiri adalah pewaris resep Sop Saudara yang kini juga mulai membuka usaha warung sop saudara sendiri dan meluaskan jaringannya di berbagai kota dan tempat. Itulah sebabnya dimana ada warung sop saudara, maka dapat dipastikan pemilik warung itu memiliki hubungan keluarga dan kekerabatan dengan H. Dollahi.

Melihat potensi kuliner Sop Saudara yang sudah menusantara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep di masa pemerintahan Bupati Ir H Syafrudin Nur MSi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada Tahun 2007 lalu menggelar Festival Sop Saudara sekaligus memfasilitasi terbentuknya Asosiasi Pengusaha Sop Saudara (APSOS). Ketika itu terpilih sebagai Ketua APSOS hingga kini adalah H. Syamsul Hamzah (Aji Ancu), sedang H. Dollahi sendiri sebagai Penasehat APSOS lebih memilih untuk tetap mengontrol rumah makan Sop Saudara miliknya di bilangan Jalan Andalas Makassar dan cabang – cabangnya

Tak berhenti sampai disitu, Pada Tahun 2008 bertempat di Hotel Clarion Makassar, Sop Saudara dilaunching sebagai menu utama hotel berbintang Makassar dan Pada Tahun 2009, Sop Saudara mewakili Kuliner Indonesia dalam Festival Kuliner Internasional Tontong Fair di Denhaag, Belanda. Bagi Ketua APSOS H. Syamsul Hamzah, “Sop Saudara menghadirkan nilai dan suasana persaudaraan”, ujar pemilik RM. Sop Saudara di ujung Jalan Pettarani Makassar ini. Kini Sop Saudara adalah juga identitas kuliner Sulawesi Selatan, sehingga jika anda mengunjungi Sulawesi Selatan tanpa menikmati citarasa asli Sop Saudara, rasanya kurang lengkaplah kunjungan itu.


Spoiler for Resep

[SPOILER=Bahan]
250 gr daging sengkel, potong kotak 2 cm
750 ml air
1 cm jahe, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
3 lbr daun jeruk, sobek-sobek
2 btg serai, memarkan
1 sdt garam
1/4 sdt pala bubuk
1 cm kayumanis
Minyak goreng

Spoiler for Bumbu Halus

7 bh bawang merah
3 siung bawang putih
2 btr kemiri, sangrai
1/2 sdm ketumbar, sangrai
2 cm kunyit
1/4 sdt jinten

Spoiler for Pelengkap

50 gr soun, seduh sebentar
1 btg daun bawang, iris
Bawang goreng
Ketupat, potong-potong
Keripik Paru
Perkedel Kentang

Spoiler for Cara Membuat

1. Rebus daging sengkel bersama air hingga lunak.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, jahe, lengkuas, daun jeruk, dan serai sampai harum.
3. Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, tambahkan garam, pala, dan kayumanis, masak hingga bumbu meresap.
4. Taruh dalam mangkuk, ketupat, soun, daun bawang, bawang goreng, paru kering dan perkedel kentang, siram dengan kuah dan daging.
[/SPOILER]

Spoiler for Picturenya gan
Kuliner - Artikel


ilovekaskus
MrFadly - 14/08/2012 02:58 PM
#353
[Kuliner] Legenda dan Resep Rawon Setan.
Kaskus ID : MrFadly.
Kategori : [Kuliner]
Bentuk Karya : Resep dan Legenda Rawon Setan.
Sumber : Sumber Legenda dan Sumber Resep.
Keterangan : Resep , Asal Usul dan Legenda Rawon Setan.

Pernah dengan Rawon Setan? Jelas pernah dong, karena rawon – ini masakan khas Jawa Timur, yang berbentuk sup dengan dominasi warna hitam, karena bumbu kluwek-nya – yang diembel-embeli kata “setan” di belakangnya ini sudah membuka cabang di seantero negeri. Saya sendiri, karena penasarannya, sudah menyempatkan diri mencicipi masakan ini di resto Rawon Setan Mbak Endang, yang ada di Jalan Alternatif Cibubur, Jakarta Timur, beberapa bulan silam.

Nah, kenapa dinamakan Rawon Setan, itu yang perlu ditelusuri sejarahnya, hehehe... Dan Alhamdulillah ya, dapat juga satu cerita (yang tidak perlu diperdebatkan lagi kebenarannya) tentang asal usul Rawon Setan, dari portal wisata dan kuliner JalanAsyik.
Benini ceritanya :

Quote:
Kuliner - Artikel


Spoiler for Asal Usul Rawon Setan

Quote:
Kuliner - Artikel
Konon, puluhan tahun silam, waktu zaman revolusi, di tengah kota Surabaya ada warung rawon yg buka di depan gedung Nirom (Nederlands Indische Radio Omroep Maatschappij). sehingga dengan gampang warung ini dikenal sebagai warung rawon nirom. Bisnis sop keluwek ini bertahan terus sampai sekarang. Posisinya sudah nggak lagi di depan gedung Nirom (lha nirom'e wes buyar je). Disono sekarang ada hotel JW Marriott. Warung rawon tadi juga sudah nggak lagi dikenal sebagai rawon nirom, sekarang orang nyebutnya rawon setan.

kenapa disebut rawon setan? karena warung ini baru buka sekitar jam 23.00-an (bareng setan-setan gentayangan), dan biasanya sudah mulai tutup sekitar jam 02.00-an. Walaupun rawon setan ini cuman warung tenda di pinggir jalan, tapi konsumennya banyak yang bermobil mewah, plat nomernya juga nggak selalu L (Surabaya). Dan hebatnya, mereka yang biasa dilayani secara mewah di restoran mahal bersedia berdiri antri lama di pinggir jalan demi rawon setan ini. Benar-bener setan dah!

Jadi sehebat apa sebenernya rawon setan ini? Banyak orang yang tergila-gila pada rawon ini karena reputasinya. Biasanya. kalau teman-temannya pada bilang enak, bisa disimpulkan rawon ini = betulan enak. Sehingga kemudian otaknya juga akan terkondisikan untuk bilang rawon ini enak. Kemudian dia akan rekomendasikan ke teman lainnya sebagai rawon enak, begitu seterusnya, menjalar dari mulut ke mulut. Bahkan, “keenakan” dan reputasi Rawon Setan ini terdengar orang-orang beken, seperti Krisdayanti sampai Presiden SBY, yang konon juga suka rawon ini.

Soal rasa, bumbunya memang meresap ke dalam daging (dan memang dagingnya empuk), tapi teksturnya masih terasa, juga potongannya besar-besar. Sayang, kualitas daging ini mesti dikompromikan dengan gajih (lemak) yang generous. Selain itu kuahnya juga cenderung asin, tapi agak light, kurang rich. Perlu ditambah side-dish telor asin atau paru goreng dan krupuk udang biar lebih sip. Penilaian secara subyektif, rawon setan nggak lebih nikmat kalau diadu langsung dengan rawon nguling, misalnya.

Sekarang, rawon setan (yang jadi legenda di Surabaya ini) sudah nggak dijual di warung tenda lagi. Sejak beberapa tahun belakangan ini sudah dijual di depot/rumah makan (kelihatannya kayak ruko). Lokasinya tetap di jalan Embong Malang, persis depannya Hotel JW Marriott. Pelanggannya masih tetep banyak yang bermobil mewah. Terus kalau mau ngincipi, konsumen nggak harus nunggu tengah malam lagi, karena sekarang rawon setan buka nonstop 24 jam. Mungkin karena setan-setan jaman sekarang juga gentayangan 24 jam nonstop kali ya?


Foto-foto :
Spoiler for Foto
Quote:
Kuliner - Artikel

Kuliner - Artikel




Resep Rawon Setan :

Spoiler for Bahan:

1 kg daging sandung lamur
7 sdm minyak goreng
2 lt air
Bumbu rempah daun:
1 potong lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 buah jeruk purut ambil kulit wanginya saja
3 lembar daun jeruk
1 sdt gula

1 sdt asam jawa
Bumbu halus:
12 bh keluwak, ambil isinya
17 bh bawang merah
8 bh bawang putih
2 sdm ketumbar
1 sdm garam
1 ruas kunyit
terasi secukupnya
Pelengkap:
Tauge pendek, seduh, tiriskan
Telur asin, belah dua
Kerupuk udang
Kemangi dan timun cincang
Sambal terasi


Spoiler for Cara membuat:


[*]Didihkan air, lalu masukkan daging, rebus hingga matang, potong dadu.
[*]Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan kedalam rebusan daging, masukkan rempah daun, tutup panci biarkan hingga daging empuk dan bumbu meresap.
[*]Tempatkan tauge dalam mangkuk, siram dengan kuah daging dan dagingnya, beri kemangi, timun, hidangkan bersama kerupuk, telur asin dan sambel terasi.
[*]Rawon, biasa disantap bersama nasi putih.

Page 18 of 18 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Kuliner > Kuliner - Artikel