Permainan Rakyat
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Permainan Rakyat > Permainan Rakyat - Artikel
Total Views: 19727 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 3 |  < 1 2 3

fachroel82 - 09/08/2010 07:55 PM
#41
Permainan Tradisional Presean
ID : Fachroel82
Kategori : Permainan Tradisional
Karya : Presean
Sumber : http://www.balioutbound.com/2008/08/presean-tarung-derajat-lelaki-sasak/
Keterangan : Artikel

Spoiler for Presean
Peraturan perang presean cukup sederhana, pepadu tidak boleh memukul bagian bawah perut lawannya .Duel dua pepadu diadakan dalam lima ronde, pemenangnya ditentukan oleh hasil nilai yang diperoleh atau salah satu pepadu bocor kepala, bedarah-darah, ato kibar bendera putih
vellynthya - 21/04/2011 11:41 PM
#42
Cici Bonco
ID : vellynthya
Kategori : Permainan Tradisional
Sumber : Pengetahuan sendiri
Keterangan: Artikel
Quote:
Cici Bonco adalah jenis permainan anak2 di kupang, cara bermainnya ialah :
para pemain membuka semua jari, lalu salah satu pemain menunjuk nunjuk semua jari yang ada sambil nyanyi 'cici bonco, bonco laka bonco, tanam sayur, sayur kea, malu malu udang glek'. nah sampe di mana lagu itu selesai maka jari tersebut di tutup. kemudian ulangi lagi ke jari2 yang tersisa. siapa yang jari nya masih tersisa maka dia yang kalah dan harus di beri hukuman.


sori manyori.. ane gak tau carane bikin spoiler...jadi gini aja yah
kopenker - 15/01/2012 10:14 PM
#43
Buaya-Buayan
ID : Kopenker
Kategori : Permainan Rakyat
Karya : Boyo-Boyoan
Sumber : Wawancara Warga Desa Lamongan
Keterangan : Permainan Tradisional Lamongan

Spoiler for Permainan Tradisional Lamongan
     Boyo-boyoan merupakan permainan tradisional masyarakat jawa timur yang umumnya dimainkan anak-anak di Lamongan. Asal nama dari permainan ini diambil dari bahasa jawa yang berarti nama hewan reptil yaitu buaya. Sedangkan jika dipahami menurut bahasa indonesia, boyo-boyoan atau buaya-buayaan adalah orang yang berperan menjadi buaya. Kita tahu bahwa buaya itu hewan reptil yang buas dan ditakuti banyak orang. Seseorang yang memerankan hewan reptil buas ini akan ditakuti oleh banyak orang sehingga yang berperan menjadi seorang manusia akan menghindari dari bahaya kebuasan dan keganasan hewan tersebut
     Permainan ini dimainkan anak-anak minimal 3 sampai puluhan orang. Peran yang menjadi seekor buaya berjumlah 1 orang sedangkan selebihnya berperan menjadi manusia yang takut akan keganasan buaya. Posisi pemeran buaya berada di bawah sedangkan manusia berada diatas. Maksudnya peran buaya ini ibaratnya seperti hewan yang berada di air seolah-olah diam namun jika terdapat suatu ancaman atau makanan ia akan menerkamnya. Jadi peran manusia ini akan diatasnya buaya dengan berpijak pada suatu hal yang dianggapnya tidak bisa dijangkau atau diterkam oleh buaya tadi. Misal saja kursi, meja, tangga, dan sebagainya.
     Alat dan bahan dalam permainan ini tidak ada hal yang khusus, hanya saja pijakan yang digunakan manusia untuk melindungi dari ancaman hewan reptil buas tersebut. Awalnya semua yang akan ikut bermain memilih 1 buaya dan selebihnya menjadi manusia. Biasanya mereka memilih dengan cara gambreng ataupun yang lainnya, terserah cara yang mereka setujui. Selanjutnya masing-masing peran berada sesuai dengan peran yang mereka lakukan. Dimulai dari hitungan 1 sampai 3 dan peran manusia menghindari terkaman buaya tersebut. Batas waktu manusia diatas pijakannya juga dibatasi sesuai dengan kesepakatan mereka, setelah itu mereka turun kebawah lalu dengan cepat keatas pijakan lagi. Barang siapa yang terkena sentuhan buaya itu peran manusia menjadi peran buaya begitu juga sebaliknya.
Page 3 of 3 |  < 1 2 3
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Permainan Rakyat > Permainan Rakyat - Artikel