Permainan Rakyat
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Permainan Rakyat > Permainan Rakyat - Gambar
Total Views: 18748 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 

lunamaya - 08/10/2009 08:04 AM
#21


Kaskus ID : lunamaya

Kategori : Permainan Rakyat

Bentuk Karya : Bambu Gila (Ternate)


Gambar:
Spoiler for Bambu Gila

[center]Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar




Keterangan:
Spoiler for Bambu Gila

Teriakan KRT Ruspudio Dipuro bagai perintah bagi sebatang bambu, untuk mulai bergerak mengikuti dupa yang bernyala yang berada di tangannya. Diiringi bunyi gamelan Bali yang membahana memecah kesunyian malam Pantai Sanur. Bambu sepanjang tujuh ruas itu sangat sulit dijinakkan. KRT Ruspudio Dipuro tak bedanya pawang “bambu ghaib” tersebut. Bahkan ketika dipeluk orang-orang bertenaga kuat sekalipun. Misal enam pencalang, sekuriti adat Bali yang kekar-kekar. Mereka seperti diayun oleh bambu yang tak begitu besar itu.

Bara Masuwen, begitulah nama bambu gila itu. Juga nama pertunjukkan rakyat, khas Maluku Utara, kali itu dipertontonkan di panggung Gebyar Alternatif Gelar Budaya Pemersatu Bangsa. Merupakan bentuk pertunjukan tertua rakyat yang bersifat ritual. Mencerminkan sifat kegotong royongan dan ciri keseharian rakyat di Maluku Utara.

Awal sejarahnya berasal dari hutan bambu terletak di kaki Gunung Berapi Gamalama, Ternate, Maluku Utara. Sejumlah pemuda semula mencari bambu di kawasan ini untuk mengadakan permainan bambu gila.

Sengatan matahari dan tajamnya sisi batu yang menghitam, bukan penghalang langkah mereka. Tetap bersemangat mencari sebatang bambu, yang bisa memberi hiburan bagi rakyat sekampung. Sesampai di rumpun bambu, mereka tak lupa meminta izin dari sang pemilik, agar merelakan sebatang bambunya.

Setelah dipilih, bambu pun ditebas. Dibersihkan dan diperiksa kelayakannya untuk menjadi bahan pertunjukan bambu gila. Penghitungan ruas harus dilakukan dengan cermat.

Pawang bambu itu, KRT Ruspudio Dipuro berasal dari Jogyakarta. Pria ini pernah mempelajari bambu gila ketika berada di Ternate. Menurutnya, keahlian ini tidak bisa diajarkan kepada orang yang tidak sedarah. Dulunya kepiawaian seorang pawang dalam pertunjukan Bara Masuwen, digunakan untuk menghadapi musuh dalam peperangan. Tetapi berkat keuletan KRT Ruspudio ilmu itu bisa dipelajari dan digelar di luar Ternate. Bahkan kali itu juga dibantu seorang supranatural dari Bali yakni Made Bayu Topeng.

Para penguasa Kesultanan Ternate sebelumnya juga sering memanfaatkan pawang Bara Masuwen untuk membawa perahu yang sudah dibuat di gunung, ke pinggir pantai. Zaman sekarang, selain untuk pertunjukan, ilmu Bara Masuwen ini sering digunakan untuk membantu memindahkan kapal yang kandas.

Sebelum permainan dimulai, doa pun dipanjatkan, memohon izin dari Sang Pencipta. Aroma kemenyan atau pun dupa dibawa asap pada ujung suluh, mulai membuat bambu bergoncang. Tak pelak lagi, para pemegang bambu gila ini, mulai mengerahkan tenaganya mempertahankan posisi, agar tak mudah dikalahkan tujuh ruas bambu.

Bara Masuwen adalah bagian pertunjukan hiburan ala kampung yang masih mendapat perhatian di Ternate. Sebuah keahlian dari dunia ghaib, yang dijadikan hiburan bagi masyarakat negeri pulau ini. Hiburan ini juga menyeberangi laut dan dipopulerkan oleh KRT Ruspudio seorang abdi dalem dari Kraton Surakarta, meski bertempat tinggal di Kotagede Jogyakarta.

Kekuatan tarian bambu gila ini bukan main. Kalau tidak dijaga oleh beberapa pembantu pawang para pembawa bambu gila ini bisa dibuat puyeng. Selama hampir tiga puluh menit, enam pembawa bambu gila ini diajak mengitari lapangan seluas 50 meter persegi. Ayunan yang mengikuti irama gamelan, awalnya pelan. Tetapi kemudian menjadi kian keras sehingga membuat mereka yang memegangnya kewalahan mempertahankan posisi pegangannya.

Di akhir pertunjukan bambu yang tadinya dibawa seorang saja kuat, ketika dilepaskan bagai besi berton-ton beratnya, sehingga sang pawang tak kuasa membawanya, sehingga terlihat sempoyongan untuk menahan bambu yang telah diletakkan di tanah. Dan uniknya meski sudah selesai daya ghaib dari bambu itu tidak mau lepas kalau tidak diberi makan api. Oleh karena itu dibuatlah api dari kertas yang dibakar. Dan sang pawang pun melahap api dengan telapak tangannya tanpa dilambari pengaman. Dan sirnalah isi bambu itu dan kemudian sang pawang lemas kelelahan.

Keterangan :

Permainan menggunakan tali karet. Dimana peloncat tidak boleh kena karet. Cara meloncat bisa menggunakan gaya ‘wedo’an’ atau ‘lanangan’. Buat yang belum bisa loncat, biasanya anak kecil , dijadikan ‘pupuk bawang’. Dia boleh loncat mengenai karet. Atau ada istilah ‘ranjuk’ , buat mereka yang tidak bisa loncat . Tahapannya, pertama tali digoyang-goyang di atas mengenai tanah, lalu tali dinaikkan setinggi lutut / dengkul, lalu setinggi pinggang atau ‘ugil-ugil’, lalu setinggi dada, setinggi telinga/ kuping, setinggi kepala , diteruskan setinggi tangan yang dikepalkan ke atas / merdeka, terakhir istilahnya ‘ merdeka tim’ yaitu seperti merdeka ditambah ujung telunjuk mengarah ke atas.

[/center]

Source : http://www.indospiritual.com/index.php?p=15&idp=223&kid=1
ladylovesred - 10/10/2009 12:07 PM
#22

kaskus ID : ladylovesred

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Sepak Takraw

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_takraw

keterangan : Sepak takraw walaupun lebih dikenal sebagai salah satu cabang olahraga tradisional namun sebenarnya ini adalah salah satu permainan anak-anak jaman dulu

Spoiler for Sepak Takraw

Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar


iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
jib_92 - 22/10/2009 10:28 PM
#23

kaskus ID : jib_92

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Meong-meongan

sumber : ermainan-tradisional&Itemid=62" >target="_blank"http://balebanjar.com/site/index.php?option=com_content&view=article&id=71:meong-meong an&catid=47permainan-tradisional&Itemid=62

keterangan : Meong-meongan merupakan permainan tradisional masyarakat bali yang umum dimainkan oleh anak-anak di bali diiringi dengan nyanyian lagu meong-meong. Permainan ini menggambarkan usaha dari si kucing atau dalam bahasa bali disebut meng untuk menagkap si tikus atau bikul.

Dalam permainan ini biasanya diikuti oleh lebih dari 8 orang atau lebih dimana 1 orang memerankan bikul (tikus) satu orang memerankan sebagai meng (kucing) dan yang lainnya bertugas melindungi bikul dari meng dengan cara membentuk lingkaran kemudian si bikul berada di dalam lingkaran sedangkan meng berada di luar lingkaran. Meng akan berusaha masuk ke dalam lingkaran dan berusaha menangkap bikul. Anak-anak yang membentuk lingkaran juga akan berusaha menghalangi meng masuk ke dalam lingkaran. Si meng baru boleh menangkap si bikul ketika lagu sudah pada kata-kata juk-juk meng juk-juk kul.

Berikut ini lagu yang mengiringi permainan ini, lagi ini dinyayikan oleh anak-anak yang membentuk lingkaran.


Spoiler for lagu pengiring

Meong-meong alih je bikule,
(Hi si kucing tolong tangkap tikusnya)

Bikul gede gede
(Tikus nya sangat besar)

buin mokoh-mokoh
(dan juga gemuk)

kereng pesan ngerusuhin
(Sering sekali membikin rusuh)

juk-juk meng juk-juk kul
(ayo tangkap tikusnya)

juk-juk meng juk-juk kul
(ayo tangkap tikusnya)

juk-juk meng juk-juk kul
(ayo tangkap tikusnya)


...................................

Terus sampai bikulnya di tangkap.(koka)


Quote:
gambarnya masi di cari gan..


iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
tokolan - 20/11/2009 04:38 PM
#24
Permainan Khas Daerah Ku
Kaskus ID : tokolan

Kategori : Permainan Rakyat

Bentuk Karya : Cublak-Cublak Suweng
sumber : http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-article/cublak-cublak-suweng/
Permainan ini dari asal daerah saya Yogyakarta

Spoiler for Cublak-Cublak Suweng
[CENTER]
Permainan Rakyat - Gambar
[/CENTER]


Quote:

Cublak-Cublak Suweng, Tebak Orangnya atau Kelilingi Lapangannya

Kalau orang Amerika punya truth or dare, orang Jawa punya cublak-cublak suweng. Sama-sama sebuah permainan yang mengharuskan pesertanya melakukan hal lain jika tak mampu melakukan satu hal yang diharuskan, namun cublak-cublak suweng melibatkan lebih banyak pemain sehingga tak heran bila permainannya lebih seru. Ejekan ringan dan derai tawa pun mengalir, membuat suasana menjadi ramai.

Bagaimana cara mainnya? nah disini akan menguraikannya untuk anda yang sudah lupa atau ingin belajar memainkannya. Pertama, kumpulkan dulu rekan-rekan anda sebanyak-banyaknya. Agar permainan lebih seru, minimal perlu ada lima orang. Kemudian, siapkan benda tertentu, biasanya berupa kerikil, sebagai benda yang nanti akan disembunyikan oleh anda atau salah satu rekan anda yang ikut bermain.

Nah, sesudahnya, hom pim pa dan ping sut dahulu untuk menentukan siapa yang akan menjadi orang yang harus menebak pemegang kerikil. Orang yang harus menebak adalah orang yang kalah dalam ping sut dan ia harus duduk menungging dengan kepala mencium lantai dan mata ditutup. Sementara, peserta lain menengadahkan telapak tangan di punggung orang yang harus menebak. Satu peserta kemudian bertugas memegang kerikil atau benda lain yang akan disembunyikan.

Permainan kemudian dimulai dengan menyentuhkan kerikil ke setiap telapak tangan peserta lain. Sepanjang permainan, peserta mendendangkan lagu cublak-cublak suweng. Syairnya, "cublak-cublak suweng, suwenge teng-gelenter, mambu ketundung gudel, pa empo lera lere, sopo ngguyu ndeliake". Setelah sampai pada kata ndelikake, kerikil harus digenggam oleh peserta yang tangannya terakhir kali disentuh.

Setelah kerikil digenggam, orang yang harus menebak bangun dan duduk bersimpuh. Sementara peserta lain menyanyikan lagu, "sir, sir pong ndelik gopong" sebanyak mungkin hingga orang yang harus menebak menentukan siapa yang menyembunyikan kerikil. Sambil menyanyi, telunjuk tangan digoyangkan dan diarahkan ke orang yang harus menebak. Dia hanya diberikan kesempatan satu kali. Bila tak berhasil, dia akan menjadi orang yang harus menebak pada permainan berikutnya.

Kalau anda menjadi orang yang harus menebak, anda mesti hati-hati agar tidak gagal menebak untuk yang kedua kalinya. Kalau sampai gagal, bisa-bisa anda diminta mengelilingi lapangan atau bangsal tempat bermain dengan lari jongkok. Atau, kadang diminta memenuhi permintaan yang aneh-aneh dari peserta lain. Tak enak bukan? Maka, anda mesti mempunyai trik agar dapat menebak dengan benar.

Cara-cara fair bisa diandalkan untuk modal menebak bila anda peka. Misalnya, dengan membaca bahasa tubuh peserta yang ikut bermain. Wajah peserta yang menyembunyikan kerikil mungkin akan terlihat berbeda. Bisa pula dengan melihat tangan setiap peserta, siapa tahu akan tertebak penyembunyi kerikilnya. Selain itu, anda juga bisa menghapalkan letak duduk peserta sebelum menutup mata dan kemudian merasakan perputaran kerikil yang disentuhkan pada setiap telapak tangan peserta.

Jika mau agak curang, ada juga tipsnya. Anda bisa sedikit memiringkan kepala ke arah kiri atau kanan. Kemudian, bukalah sedikit mata anda sehingga tampak seperti mata ayam yang sedang tidur, pasti dapat melihat peserta yang menyembunyikan kerikilnya. Tapi jangan sampai ketahuan oleh peserta lain. Kalau ketahuan, bisa-bisa anda mendapat tambahan hukuman yang semakin menyusahkan.

Ah, menang atau kalah dan cara apapun yang digunakan untuk menang dalam permainan ini sebenarnya tak begitu penting. Yang penting kegembiraan di waktu senggang selagi pulang berwisata dari beberapa objek di Yogyakarta. Bukankah kegembiraan seperti ketika bermain cublak-cublak suweng sudah jarang didapatkan saat ini?
UcupBinSanusi - 18/12/2009 08:16 PM
#25

Kaskus ID : UcupBinSanusi
Kategori : Permainan Rakyat
Sumber : http://zamhi34.blogspot.com/
Bentuk Karya : Macam-macam Gasing
Keterangan : Gambar Permainan Rakya Gasing


Spoiler for Gasing

Gasing Tanjung
Permainan Rakyat - Gambar

Ciri-ciri:
Bentuk: Tinggi dan
berembang
Berat: 0.6 kg
Lilitan: 30 cm
Tinggi: 10 cm

Gasing Tanjung sama fungsinya dengan gasing toyol. Gasing jenis ini dimainkan oleh pemain gasing dari Muar, Johor. Ia fungsinya sebagai gasing pengacau dan untuk memangkah. Di negeri Selangor, gasing ini dinamakan gasing labu lemak. Gasing ini diperbuat daripada kayu keranji, kempas, cengal dan merbau.


Gasing Jantung
Permainan Rakyat - Gambar

Ciri-ciri:
Bentuk: Jantung
Berat: 0.25 kg
Lilitan: 20 cm
Tinggi: 12 cm

Gasing jenis ini biasanya terdapat di negeri Kelantan, Kedah, Pahang, Perak, Negeri Sembilan dan Sarawak. Ada juga pemain yang menamakannya sebagai gasing lundu. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat gasing ini yang akan membezakan negeri asal gasing ini. Umpamanya, di Kelantan gasing ini menggunakan kayu merbau, manakala pemain negeri lain menggunakan kayu seperti kayu melawis, mengaris dan sepetir.


Gasing Baba
Permainan Rakyat - Gambar

Ciri-ciri:
Bentuk: Tinggi dan seperti
telur
Berat: 0.6 kg
Lilitan: 38 cm
Tinggi: 20 cm

Gasing yang beridentiti wang seringgit ini juga merupakan gasing yang biasa digunakan oleh pemain Baba. Gasing ini banyak terdapat di Kelantan, Pahang, Perlis, Negeri Sembilan, Melaka dan Selangor. Pada asasnya gasing ini berbentuk telur.

Gasing Kuno
Permainan Rakyat - Gambar

Ciri-ciri:
Bentuk: Sederhana dan
berembang
Berat: 0.6 kg
Lilitan: 30 cm
Tinggi: 8 cm

Gasing ini juga terdapat di Kelantan selain Terenggganu, Pahang, Kedah, Selangor dan Johor. Gasing ini merupakan reka bentuk lama yang diperbaiki daripada bentuk berembang. Biasanya ia hanya digunakan untuk memangkah dan diperbuat daripada kayu merbau, ru, meranti dan keranji.

Gasing Uri
Permainan Rakyat - Gambar

Ciri-ciri:
Bentuk: Rendah dan agak
leper
Berat: 6 kg
Lilitan: 60 cm
Tinggi: 8 cm

Gasing ini amat terkenal di negeri Kelantan. Badan asasnya kecil sahaja dililiti dengan simpai. Gasing ini disimpai dengan menggunakan timah, besi atau plumbum. Jika simpai ini diperbuat daripada timah, ia digunakan untuk memusing dan jika simpainya besi ia digunakan untuk memangkah. Gasing ini kecil tetapi berat.

Gasing Leper Kelantan
Permainan Rakyat - Gambar

Ciri-ciri:
Bentuk: Rendah dan juga
leper
Berat: 8 kg
Lilitan: 48 cm
Tinggi: 6 cm

Jenis ini hanya terdapat di Kelantan dan dimainkan oleh segelintir pemain tradisional. Gasing ini berat dan itulah sebabnya ia mampu berpusing ligat dan lama. Simpaian gasing ini meliputi 60% berat asal gasing ini. Sehingga kini ia masih dimainkan dan banyak terdapat dalam pasaran, tetapi harganya terlalu mahal.


Baca Cara Bermainnya Disini
capt_alfons - 06/02/2010 12:38 AM
#26

udah lama ga ngepost lagi disini oo

dlu sih waktu kecil saia masih tinggal di kampung sering main permainan ini di musim ramadhan,natal n tahun baru..skarang udah mulai jarang kedengaran euy.
-----------------------------------------------------------------
kaskus id : capt_alfons

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : meriam bambu

sumber : kompas , detik

Keterangan : meriam bambu ada permainan tradisional yang terbuat dari batang bambu yang akan mengeluarkan suara seperti ledakan meriam jika disulut dengan api pada lubang yang telah dibuat sebelumnya

Spoiler for meriam bambu

Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar
Yasz Ramone - 27/02/2010 08:38 AM
#27

ID: Yasz Ramone
Kategori : Permainan Tradisional
Sumber : http://ravina-bethebest.blogspot.com/2009/11/layang-layang.html

ini nih maenan ane waktu kecil sampe ngebela belain naek puun, manjat pager orang, naek genteng tetangga, ngerusak antena orang D

layangan

Permainan Rakyat - Gambar

Permainan Rakyat - Gambar

gelasan

Permainan Rakyat - Gambar
grundyness - 30/05/2010 12:05 PM
#28

kaskus id :grundyness

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Gobak Sodor/ Galaksin / Galah asin

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Galah_asin

Keterangan : Gobak sodor adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan Rakyat - Gambar
-Snow- - 02/08/2010 12:22 AM
#29

kaskus id :-Snow-

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Gasing Kayu

sumber : www.google.co.id

Spoiler for gasing kayu
Permainan Rakyat - Gambar


Cara bermain : tidak tau,belum dibuka dari segelnya,mau dijadiin pajangan aja atau kenang-kenangan..
own14 - 07/08/2010 04:20 PM
#30

kaskus id : own14

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Lomba Makan Kerupuk

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Makan_kerupuk

Quote:

Permainan Rakyat - Gambar
Makan Kerupuk :

Lomba Makan kerupuk adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia.

Cara Permainan :

Panitia perlombaan menyiapkan kerupuk sejumlah jumlah peserta yang digantung dengan tali secara berjejer kepada sebuah tali panjang. Para peserta berlomba untuk memakan kerupuk masing-masing, dan pemenangnya adalah peserta yang paling cepat memakan habis kerupuknya. Tantangan dari lomba ini adalah, peserta tidak diperbolehkan menggunakan tangan - dalam memakan kerupuk, peserta hanya diperbolehkan menggunakan mulutnya.
gideonjack - 22/11/2010 05:10 PM
#31

Kaskus id : gideonjack
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: Lompat Tali
Sumber : http://ibnuchaldunoke.multiply.com/journal/item/9
Spoiler for GAMBAR

Permainan Rakyat - Gambar

Spoiler for keterangan
Lompat Tali

Permainan lompat tali secara fisik akan menjadikan anak lebih kuat dan tangkas. Belum lagi manfaat emosional, intelektual, dan sosialnya yang akan berkembang dalam diri anak tersebut.

Lompat tali atau "main karet" pernah populer di kalangan anak angkatan 70-an hingga 80-an. Permainan lompat tali ini menjadi favorit saat "keluar main" di sekolah dan setelah mandi sore di rumah. Sekarang, "main karet" mulai dilirik kembali antara lain karena ada sekolah dasar menugaskan murid-muridnya membuat roncean tali dari karet gelang untuk dijadikan sarana bermain dan berolahraga.

Cara bermainnya masih tetap sama, bisa dilakukan perorangan ataupun berkelompok. Jika hanya bermain seorang diri biasanya anak akan mengikatkan tali pada tiang, batang pohon atau pada apa pun yang memungkinkan, lalu melompatinya. Permainan secara soliter bisa juga dengan cara skipping, yaitu memegang kedua ujung tali kemudian mengayunkannya melewati kepala dan kaki sambil melompatinya.

Jika bermain secara berkelompok biasanya melibatkan minimal 3 anak. Diawali dengan gambreng atau hompipah untuk menentukan dua anak yang kalah sebagai pemegang kedua ujung tali. Dua anak yang kalah akan memegang ujung tali; satu di bagian kiri, satu anak lagi di bagian kanan untuk meregangkan atau mengayunkan tali. Lalu anak lainnya akan melompati tali tersebut. Aturan permainannya simpel; bagi anak yang sedang mendapat giliran melompat, lalu gagal melompati tali, maka anak tersebut akan berganti dari posisi pelompat menjadi pemegang tali. Alat yang dibutuhkan cukup sederhana. Bisa berupa tali yang terbuat dari untaian karet gelang atau tali yang banyak dijual di pasaran yang dikenal dengan tali skipping.
JusticeFive - 16/12/2010 05:56 PM
#32

Kaskus id : JusticeFive
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: Tepuk Gambar (Lampung)
Sumber : http://uun-halimah.blogspot.com/2008/09/permainan-tepuk-gambar-lampung.html

Spoiler for pict


nyari pict nya di google ga dapet \(


Penjelasan :

Spoiler for for

Permainan tepuk gambar biasanya disenangi oleh anak laki-laki. Pemain yang terlibat dalam permainan ini adalah dua orang. Sebelum bermain mereka harus memiliki sejumlah kartu bergambar yang akan dimainkan. Kartu bergambar terbuat dari kertas karton tipis dengan beragam model gambar, seperti yang biasa dilihat dalam film anak-anak yang sedang populer di televisi. Lembar gambar ganya terisi satu bagian, bagian lainnya kosong (tidak bergambar). Gambar-gambar tersebut biasanya diperoleh di warung-warung atau penjaga mainan anak di sekolah-sekolah. Ukuran dan besarnya gambar sangat beragam, ada yang kecil dan ada yang besar.

Permainan tepuk gambar tidak memerlukan keahlian khusus dari pemainnya. Yang penting, dia dapat memilih lembar gambar unggulan yang selalu terbuka bagian bergambarnya. Faktor keberuntungan menjadi hal yang paling menentukan dalam permainan tepuk gambar.

Cara memainkan tepuk gambar pun cukup mudah. Pertama-tama pemain memilih satu gambar yang paling diunggulkan untuk dimainkan. Mereka meletakkan gambar tersebut pada telapak tangan kanan yang terbuka. Kedua telapak tersebut diadukan lalu ditarik kembali. Pada saat itu, gambar terlepas dan jatuh melayang ke bawah. Gambar yang sampai ke bawah dengan posisi terbuka (bagian bergambarnya terlihat) dinyatakan menang apabila gambar lawannya tertutup, itu artinya permainan dinyatakan seri. Pemain yang kalah harus membayar pemain yang menang dengan sejumlah gambar yang telah disepakati. Permainan diakhiri bila kedua pihak sepakat untuk berhenti.
irfanaziiz - 01/04/2011 11:16 PM
#33
permainan rakyat
Kaskus id : irfanaziiz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: pa ciwit-ciwit lutung
Sumber : pengalaman dan gambar dari : dari sini

Permainan Rakyat - Gambar

cara bermain :
biasanya di lkukan oleh beberapa anak
tidak bisa di lakukan sendiri
sambil bernyanyi anak anak saling mencubit lengat atasnya terus bergantian dari yang paling bawah sampai ke atas

nih lagunya:

pa ciwit-ciwit lutung
bla-bla bla-bla


ini cendolbig nya doeng agan-agan
irfanaziiz - 01/04/2011 11:19 PM
#34
permainan rakyat
Kaskus id : irfanaziiz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: jajangkung
Sumber :http://jangkaradventureoutdoor.blogspot.com

Permainan Rakyat - Gambar

cara bermain
Permainan Jajangkungan dimainkan dengan sepasang tongkat atau galah, yang terbuat dari kayu atau bambu. Tumpuan untuk pijakan kaki dibuat pada ketinggian 30 – 60 cm dari ujung bawah tongkat. Beberapa orang pemain dapat serentak memainkannya bersama-sama. Permainan ini biasa digabungkan dengan jenis permainan lain, seperti adu lari atau sepak bola. Ada kalanya, penilaian hanya pada adu ketahanan berjalan di atas jajangkungan sambil saling menendang kaki jajangkungan lawan bermain. Pemain yang terjatuh dinyatakan kalah.


kalo berguna biar segar agan he h eh cendolbigcendolbigcendolbig
irfanaziiz - 01/04/2011 11:21 PM
#35
permainan rakyat
Kaskus id : irfanaziiz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: gatrik
Sumber :http://jangkaradventureoutdoor.blogspot.com

Permainan Rakyat - Gambar

cara bermain

Permainan dimainkan oleh dua orang atau dua regu yang beranggotakan beberapa orang. Alat yang dimainkan adalah tongkat pemukul terbuat dari kayu dan potongan kayu sepanjang seperempat tongkat pemukul, yang biasa disebut “anak gatrik”. Anak gatrik diletakkan di lubang miring dan sempit dengan setengah panjangnya menyembul di permukaan tanah. Ujung anak gatrik dipukul dengan tongkat pemukul. Anak gatrik kembali dipukul sejauh-jauhnya ketika terlontar ke udara. Bila anak gatrik tertangkap lawan, pemain dinyatakan kalah. Bila tidak tertangkap, jarak antara lubang dan tempat jatuhnya dihitung untukmenentukan pemenangnya.

kalo berguna biar segar agan he h eh cendolbigcendolbigcendolbig
irfanaziiz - 01/04/2011 11:23 PM
#36
permainan rakyat
Kaskus id : irfanaziiz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: Perepet Jengkol
Sumber :http://jangkaradventureoutdoor.blogspot.com

Permainan Rakyat - Gambar

cara bermain
Permainan ini dilakukan oleh 3-4 anak perempuan atau lelaki. Pemain berdiri saling membelakangi, berpegangan tangan, dan salah satu kaki saling berkaitan di arah belakang. Dengan berdiri dengan sebelah kaki, pemain harus menjaga keseimbangannya agar tidak terjatuh, sambil bergerak berputar ke arah kiri atau kanan menuruti aba-aba si “dalang”, yang bertepuk tangan sambil melantunkan kawih.

Perepet jengkol jajahean.., Kadempet kohkol jejeretean…

kalo berguna biar segar agan he h eh cendolbigcendolbigcendolbig
Tidak ada pihak yang dinyatakan menang atau kalah dalam permainan ini. Jadi, jenis permainan ini hanya dimainkan untuk bersenang-senang pada saat terang bulan.
irfanaziiz - 01/04/2011 11:24 PM
#37
permainan rakyat
Kaskus id : irfanaziiz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: Oray-orayan
Sumber :http://jangkaradventureoutdoor.blogspot.com

Permainan Rakyat - Gambar

cara bermain
Permainan ini dimainkan beberapa anak perempuan maupun lelaki di lapangan terbuka. Para pemain saling memegang ujung baju bagian belakang teman didepannya untuk membentuk barisan panjang. Pemain terdepan berusaha menangkap pemain yang paling belakang yang akan menghindar, sehingga barisan bergerak-meliuk-liuk seperti ular, tetapi barisan itu tidak boleh terputus. Sambil bermain, pemain melantunkan kawih. Oray-orayan luar leor ka sawah …, Tong ka sawah parena keur sedeng beukah Oray-orayan luar leor ka kebon …, Tong ka kebon aya barudak keur ngangon.

kalo berguna biar segar agan he h eh cendolbigcendolbigcendolbig
irfanaziiz - 01/04/2011 11:25 PM
#38
permainan rakyat
Kaskus id : irfanaziiz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya: Sondah
Sumber :http://jangkaradventureoutdoor.blogspot.com

Permainan Rakyat - Gambar

Permainan ini pada umumnya dimainkan oleh anak perempuan. Pola gambar berbentuk kotak-kotak berpalang dibuat di tanah. Setiap pemain memegang sepotong pecahan genteng atau batu pipih, yang kemudian dilemparkan ke dalam kotak permainan. Pemain melompat-Iompat dari kotak ke kotak berikutnya. Kotak yang berisi pecahan genting tidak boleh diinjak. Pemain dinyatakan kalah jika menginjak garis kotak atau bagian luar kotak. Pemain pertama disebut mi-hiji, kedua mi-dua, ketiga mi-tilu, dan seterusnya. Itulah yang merupakan sebagian permainan dari sekian banyak permainan yang ada tempo dulu, yang sekarang tidak kelihatan.

kalo berguna biar segar agan he h eh cendolbigcendolbigcendolbig
sugasugagus - 06/04/2011 09:22 PM
#39

kaskus ID : sugasugagus

kategori : Permainan Rakyat Sekolah

bentuk karya : Kuda Tomprok

sumber : http://joblessbook.blogspot.com/2008/09/kuda-tomprok.html

Quote:

Spoiler for penjelasan cara main


Cara mainnya gini :
Jadi anak2 dibagi jadi 2 tim, tim atas sama tim bawah. Tim atas tugasnya ngelompatin yang bawah. Jadi intinya yang bawah paling sengsara
Setelah udah selesai lompat, salah satu orang dari tim atas suit sama tim bawah (orang yang berdiri di tembok). Yang kalah harus menjadi tim bawah..
Tim atas (yg ngelompatin) kalah kalo orang yang lompat jatoh.. Dan menjadi tim bawah
Tim bawah kalah lagi kalo orangnya ga kuat nahan tim atas yang ngelompatin mereka..




Quote:

Spoiler for gambar



error gabisa upload nohope:



ashcoop - 11/05/2011 03:20 PM
#40
permainan khas anak nagari minangkabau
kaskus id : ashcoop

kategori : permainan rakyat

bentuk karya : sepak rago

sumber : http://www.antara-sumbar.com/id/index.php?sumbar=video&id=61

keterangan :      Sepak rago merupakan sebuah olahraga tradisional. Permainannya mirip sepak takraw. Bedanya, bola sepak rago
terbuat dari daun kelapa muda yang dianyam dan berbentuk kubus. Jumlah pemain antara 5 & 10 orang. hanya sekarang sudah banyak menggunakan bola takraw yang bulat

Permainan Rakyat - Gambar

Dalam permainan sepak rago terdapat ajaran budi yang sangat tinggi, yakni seseorang dalam kehidupan memang harus
lebih banyak berdialog dengan dirinya sendiri, berdiskusi, berbuat sesuatu untuk kesejahteraan hidupnya, dan tidak lupa
bahwa ia berada di tengah masyarakat.

dulu nya olah raga ini dipakai raja raja zaman dulu di minangkabau untuk mencari menantu, berbeda dengan olahraga takraw disini tidak ada menang atau kalah, disini menjalin kebersamaan, dan inti permainan ini menjaga bola tetap diatas

gambar :
Spoiler for
susah nyari nya \(
Permainan Rakyat - Gambar
Permainan Rakyat - Gambar
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Permainan Rakyat > Permainan Rakyat - Gambar