Permainan Rakyat
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Permainan Rakyat > Permainan Rakyat - Gambar
Total Views: 18748 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 3 |  < 1 2 3

gyakroh - 13/07/2011 06:11 PM
#41

Kaskus Id: gyakroh
Kategori: permainan tradisional
Bentuk: Jamuran
Sumber:
http://permata-nusantara.blogspot.com/2009/02/permainan-jamuran_7392.html

Ada suatu cerita tentang eksotika pemainan yang bisa membudaya. Anak-anak berkumpul di halaman, bertautan tangan membentuk sebuah lingkaran. 'jamuran', begitu permainan ini namakan. Jamuran ini adalah permainan tradisional di Yoyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya yang dulu kerap dimainkan anak-anak.

Sebelum permainan ini dimulai biasanya di awali dengan hompimpah untuk menentukan siapa menang siapa kalah. kalah atau menang, anak-anak tetap riang. anak-anak yang menang, bergandengan membentuk lingkaran sembari melantunkan syair jamuran sementara satu anak yang berdiri di tengah lingkaran yang menandakan bahwa anak itu yang kalah.

Jamuran… jamuran…ya ge ge thok
jamur apa ya ge ge thok
Jamur payung, ngrembuyung kaya lembayung
sira badhe jamur apa?

begitu kira-kira syairnya. tiba pada kalimat 'sira badhe jamur apa?', si anak yang berada di tengah lingkaran lantas berteriak menyebut sebuah gerakan pura-pura yang wajib kami perbuat. anak-anak lain yang semula bergandengan tangan membentuk lingkaran, kontan berhamburan. Untuk menirukan seperti apa yang di ucapkan si anank yang kalah tadi. Misal seperti ini.....

'jamur montor!'

ketika di ucapkan 'jamur montor! Anak-anak yang berhamburan untuk berubah menjadi berbagai kendaraan beroda. ada yang menjadi mobil polisi. ada yang menjadi dokar. ada yang menjadi sepeda motor. ada yang menjadi kereta. masing-masing kami bergumam menirukan suara tiap-tiapnya sembari berjalan mondar-mandir. hingga terdengar lagi sebuah suara.

'jamur patung!'

lantas anak-anak bergegas menjadi patung. diam tak bergerak. tidak boleh tersenyum. tidak boleh tertawa. meski digoda. meski diajak berbicara.

bagi anak yang tertawa, tersenyum, atau yang bergerak akan terkena hukuman yaitu ia harus menggantikan posisi anak yang kalah tadi.bila sudah ada yang terkena, kami lantas bermain lagi dari mula. bila sudah ada terhukum, kami yang terbebas bisa lega tersenyum.

yang kena hukuman, masuk ke dalam lingkaran. yang lainnya, bergandengan tangan melingkar dan mulai menembang. jamuran... jamuran... ya ge ge thok............ . . .

tiba pada kalimat 'sira badhe jamur apa?'(intinya permainan dimulai seperti awal tadi).

'jamur monyet!'

Anak-anak segera melepas tautan tangan. semua berhamburan. macam-macam gerakannya. ada yang dengan segera memanjat pohon. ada yang hanya menggaruk-garuk kepala. ada yang sesekali meloncat-loncat. ada yang seketika duduk dan berpura-pura seperti sedang mencari kutu pada kepala temannya.

anak-anakpun banyak yang tertawa terpingkal karenanya.

'jamur patung!'

maka seketika itu juga kami tidak boleh bergerak. seketika itu juga kami tidak boleh tertawa.

nyatanya ada yang tidak bisa, tetap terpingkal sehingga terkena hukuman. Jika yang terkena hukuman lebih dari satu maka ditentukan dengan pingsut atau hompipah.

sementara malam terus diremangi rembulan. tembang jamuran... jamuran... godhong gedang.. siram bayem jamur apa!... terus di nyanyikan.

Spoiler for Gambar
Permainan Rakyat - Gambar


boleh di cendolbig donk
Ponary - 29/08/2011 04:20 PM
#42
Balap Karung
Kaskus Id: Ponary
Kategori: permainan tradisional
Bentuk: Balap Karung
Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Balap_karung

Balap karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.
Meskipun sering mendapat kritikan karena dianggap memacu semangat persaingan yang tidak sehat dan sebagai kegiatan hura-hura, balap karung tetap banyak ditemui, seperti juga lomba panjat pinang, sandal bakiak, dan makan kerupuk.

Lomba balap karung juga diapresiasi oleh pendatang dari luar negeri dengan langsung terlibat dalam perlombaan ini.



Spoiler for BALAP KARUNG

Permainan Rakyat - Gambar


iloveindonesia
remori88 - 03/11/2011 07:46 AM
#43

kaskus ID : remori88

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : jalangkung

sumber : http://hantuhantu.com/fakta-di-seputar-permainan-jalangkung.html


Permainan Rakyat - Gambar

Spoiler for keterangan
Jalangkung adalah sebuah permainan dengan menggunakan sebuah boneka, yang nantinya dijadikan perantara untuk “dimasuki” roh halus dari dunia lain, yang kemudian dapat diajak untuk berkomunikasi bersama kita, peralatan yang dibutuhkan pun tidak banyak untuk mendatangkan setan jalangkung tersebut. Cukuplah kita menyediakan siwur yaitu gayung yang terbuat dari batok kelapa, kemudian di bagian tengah diikat batang kayu sehingga terbentuklah semacam boneka dengan batok tersebut sebagi kepala dan batang kayu tersebut sebagai tangan, kita dapat menggunakan kaos bekas yang dipakaikan pada boneka tersebut.

Kemudian siapkan dupa serta kemenyan, tidak perlu dengan mantra-mantra yang sulit dimengerti, hanya dengan memanggilnya maka setan jalangkung akan datang dan “masuk” pada boneka tersebut yang ditandai dengan suara-suara aneh di sekeliling kita ataupun gerakan-gerakan pada boneka tersebut. Apabila kita mengaitkannya dengan pensil dan spidol, dan kita mengajukan pertanyaan maka ada kemungkinan boneka jalangkung tersebut dapat menjawabnya dengan cara menulisnya.

Permainan jalangkung juga dapat memakai sebuah jangka yang dikaitkan pada seutas tali, kemudian dibawah jangka tersebut diberi kertas dengan gambar lingkaran yang terdapat kolom-kolom yang berisikan huruf, sehingga pada saat jangka tersebut kemasukan jin maka jangka tersebut dapat berputar-putar menunjuk huruf sesuai dengan pertanyaan yang kita berikan. Kadang kita tidak memerlukan sebuah tempat yang angker, waktu malam, serta hari dengan weton jawa jumat kliwon untuk mengadakan permainan tersebut, karena beberapa kasus tertentu, permainan jalangkung dapat dimainkan di siang hari, bahkan terkadang tanpa menggunakan dupa, kemenyan maupun kembang setaman.

Bermain boneka jalangkung bukanlah tanpa resiko, apabila setan tersebut telah merasuki boneka, dan melakukan gerakan diluar kendali kita, terkadang setan tersebut tidak mau untuk keluar ataupun pergi, dan kejadian fatalnya adalah beberapa peserta pemain dapat mengalami kerasukan. Maka disarankan untuk melakukan permainan jalangkung tersebut, hendaknya di dampingi oleh ahli supranatural agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Percaya maupun tidak percaya, permainan jalangkung tersebut bukanlah isapan jempol semata, karena berbagai agamapun mengajarkan untuk tetap mempercayai keberadaan jin yang berada di sekitar kita.


sapa sihh yang gak tau nih maenan malu:
dixiewae - 14/12/2011 01:59 PM
#44

kaskus ID : dixiwae

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : ni dhiwut

sumber : http://anekafestival.blogspot.com/2010/09/festival-permainan-rakyat-di-temanggung.html

Permainan Rakyat - Gambar
Spoiler for keterangan

Permainan "Ni Dhiwut" merupakan permainan sejenis "jalangkung", yang merupakan permainan rakyat dengan pola bermain, bernyanyi, menari, dan berdialog, yang mengandung unsur magis, mistik, dan dengan di iringi musik alamiah (alat musik seadanya)."Sifat dari permainan ini adalah rekreatif, interaktif dan sosial," katanya.

Pola bernyanyi, menari, dan berdialog dapat melatih seseorang semakin bagus dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan responsif.
bujangan21 - 22/02/2012 07:49 PM
#45

kaskus id : bujangan21

kategori : permainan rakyat

bentuk karya : do mi ka do

sumber: klik disini

keterangan :      domikado merupakan permainan tradisional yg sering dilakukan anak2 kecil. permainannya dilakukan dengan 3 org pemain atau lebih membentuk lingkaran dan saling menengadahkan tangan saling terhubung tangan kiri menampung tangan kanan teman di sebelah dan tangan kanan di atas tadahan tangan teman lainnya.
permainan dimulai dengan menyanyikan lagu:

Do mikado, mikado, eska, eskado, eskado bela beli, brik, brik, one-two-three-FOUR
(sambil menepukkan tangan ke telapak tangan teman di sebelah kirinya)


pada kata buum... orang yang telapak tangannya kena tepuk kalah dan harus siap diberi hukuman. hukumannya bervariasi mulai dare ngelakuin sesuatu dll.
sedangkan yang tangan tidak bisa menepuk telapak tangan temannya yg akan kalah.

permainan ini merupakan adu ketangkasan dan kelihaian menghindari tepukan tangan.
disini juga terselip kebersamaan karena saling berpegangan tangan.



ketika menyisakan dua orang lagu yang dimainkan pun berubah menjadi

Damdam deli, damdam oe oe

(kedua pemain sambil bertepukan tangan kanan)
Cis cis deli, cis cis oe oe

( kedua pemain sambil bertepukan tangan kiri)
Jimi jimi takabel, takabel ..

(kedua pemain sambil bertepukan kedua tangan)
ISDET!

(diakhiri dengan suit)

yang menentukan siapa pemenang dari permainan tersebut adalah yang menang ketika suit di akhir permainan.


gambar :
Spoiler for

Permainan Rakyat - Gambar
[/QUOTE]
mohmadyusuf - 07/03/2012 06:36 AM
#46

kaskus id: mohmadyusuf
kategori : permainan rakyat
bentuk karya : dor rame

permainannya mirip petak umpet tetapi ini di mainkan oleh dua kelompok, seperti perang2an, siapa yang menemukan lebih dahulu dg menyebutkan nama anak yg di temukan dia dapat meneruskan pemainan, sedangkan yg sudah kena(di sebut namanya) oleh lawan tdk boleh meneruskan permainan, sampai salah satu kelompok dinyatakan kalah, sepengetahuan saya ini terdapat di daerah betawi rawa belong...
cancanshop - 27/03/2012 08:29 PM
#47

Quote:
Original Posted By verditch
kaskus ID : verditch

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : congklak

sumber : http://bandunginsite.com/life-style/congklak/

keterangan : ini adalah gambar permainan congklak dari jawa

Spoiler for congklak
Permainan Rakyat - Gambar

[spoiler=anak bermain congklak]Permainan Rakyat - Gambar


[/spoiler]



ane tambahin buat informasi tentang congklak/dakon
>>Klik aja gan

cancanshop - 27/03/2012 08:51 PM
#48

mainan kreatif yang dibuat anak indonesia, mobil-mobilan dorong

nich gan fotonya
Spoiler for "Woody Hotwheels"
Permainan Rakyat - Gambar


sumber foto >>klik
216candra - 05/06/2012 08:50 PM
#49
betengan
Quote:
Permainan ini dilakukan oleh anak laki-laki atau perempuan sebanyak 16–24 orang.
Permainan ini memerlukan tempat yang cukup luas dengan ukuran kira-kira 10 X 5 meter2 sehingga dapat bermain leluasa, alat yang diperlukan beberapa buah bata/batu sebagai bentengnya.
Ditinjau dari segi edukatif permainan ini sangat baik bagi perkembangan bakat dan membantu pertumbuhan jasmani anak-anak karena secara tidak langsung melatih kelincahan dan kecepatan lari, juga melatih penglihatan di samping mempelajari cara mengecoh lawan....ha3x udah lama gak main ginian kangen jga he3x.

Quote:
Permainan Rakyat - Gambar


kaskus ID : 216candra

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya :betengan

sumber : http://yuni-1991-adatbudayajawa.blogspot.com/2011/12/permainan-rakyat-jawa.html

keterangan : ini adalah gambar permainan congklak dari jawa

:addfriends:addfriends
ob4t - 07/07/2012 05:57 PM
#50

Quote:

Quote:


kaskus ID : ob4t
kalo mau kasih cendol Permainan Rakyat - Gambar
kategori : Permainan Rakyat


bentuk karya : Jianzi atau Kenchi
(saya gak tau permainan ini asli sumut atau tidak pastinya permainan ini sering saya mainkan waktu duduk di sekolah dasar tahun 90an

ilkada-medan&Itemid=102" >target="_blank"sumber :

Spoiler for keterangan

Olahraga Jianzi atau Kenchi adalah salah satu olahraga yang kini mulai di mininati pada beberapa daerah termasuk Sumut, terutama di Medan.


Olahraga yang berasal dari negri Tirai Bambu tersebut, baru baru ini dipertandingkan dalam salah satu Turnamen yang diprakarsai oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Sumut dan Medan.


Serperti halnya permainan Sepak Takraw, olahraga ini digerakkan dengan ketangkasan kaki dengan jumlah pemain tiga orang setiap timnya dengan cadangan pemain satu orang.


“Permainan ini cukup asyik dan berbiaya murah, sekaligus bisa memeras keringat, sehingga kita bisa berkali kali harus berganti kostum ketika bermain dalam setiap set nya,” ungkap Drs Syafruddin salah seorang atlit Kenchi di Club Gembira yang biasa berlatih di Lapangan Merdeka Medan.


Drs Syafruddin yang juga dosen di Universitas Pertanian USU itu menyebutkan, di Club Gembira, pimpinan Samuel Halim itu, pada Turnamen Kenchi lalu berhasil merebut juara kedua setelah difinal harus mengakui keunggulan dari tim lawannya Cemara Asri.


“Kami cukup puas dalam pertandingan final itu, karena berlangsung seru dan mendapat sambutan sangat antusias dari penonton. Sayangnya Dewi Fortuna belum menyebelah kepada tim kami, padahal sudah unggul duluan. Hanya memerlukan satu point untuk merebut tempat juara. Jadinya kami harus kalah terhormat setelah tim lawan berhasil membalikkan score. Itulah namanya permainan, kalau tak kalah juga bisa menang,’’ terang Syafruddin mengkisahkan pertandingan final yang cukup membawa kenangan dalam debutnya sebagai pemain Kenchi.


Sekarang ini kata dia, permainan Kenchi umumnya digemari masyarakat Tionghoa, tetapi tim Gembira juga memiliki pemain andalan dari suku Karo, yaitu M.Sembiring.


Dia waktu pertandingan Final lalu, merupakan bintang lapangan dan bermain sangat tangguh, kata Syafruddin memuji rekan mainnya dalam satu tim.


Tambah Syafruddin, wajar kalau PSMTI sebagai wadahnya kegiatan sosialnya masyarakat Tionghoa lebih eksis lagi mempopulerkan olahraga ini ke sekolah sekolah negri maupun swasta dikota Medan.


“Permainan ini tidak melulu hanya diminati oleh masyarakat Tionghoa saja, tetapi masyarakat etnis lainnya, sekaligus para pelajar, untuk mempopulerkannya Ketua Koni Sumut Gus Irawan sudah memberikan lampu hijau, mendukung olahraga bisa dikembangkan, sehingga satu waktu nantinya dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang tercantum di KONI, sekaligus dipertandingkan secara Nasional,’’ kata Syafruddin.


Eddysta | Medan | Jurnal Medan



Spoiler for foto


Permainan Rakyat - Gambar

Permainan Rakyat - Gambar






eonkjagoanneon - 10/08/2012 11:10 PM
#51

Kaskus ID : eonkjagoanneon

Kategori : Permainan Rakyat

Bentuk Karya : Ngadu Muncang (Jawa Barat)

Gambar:
Spoiler for Ngadu Muncang
Permainan Rakyat - Gambar


Spoiler for Ngadu Muncang

Permainan Rakyat - Gambar


Keterangan:
Spoiler for Ngadu Muncang

Merupakan permainan anak-anak maupun dewasa laki-laki, merupakan pertandingan antara 2 orang pemilik kemiri, dapat dilakukan di tempat terbuka atau tertutup.
Alat yang digunakan terdiri dari kemiri yang dipertandingkan, penggepit, bantalan yang dibuat dari kayu keras, penampang bantalan, dan gegendir/pemukul dari kayu yang keras. Terdapat unsur taruhan uang di kalangan pemain dewasa, sedangkan anak-anak taruhannya berupa kemiri atau kelereng. Disamping merupakan hiburan juga merupakan latihan memilih kemiri yang besar daya tahannya . Masih dilakukan di beberapa daerah di Jawa Barat.



Source : http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=604&lang=id

Page 3 of 3 |  < 1 2 3
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Permainan Rakyat > Permainan Rakyat - Gambar