Properti Sejarah Nasional
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Properti Sejarah Nasional > Properti Sejarah Nasional - Gambar
Total Views: 32890 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 

CahGedut - 24/12/2009 12:43 PM
#21
Pisau Kuduak
Kaskus ID: CahGedut
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk Karya: Senjata traditional
Sumber: Foto pribadi
Keterangan: Senjata tradisional Bengkulu Selatan (Manna)

Spoiler for Gambar 1

Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Gambar 2

Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Ketererangan

Quote:
Pisau kuduak atau kuduk merupakan senjata khas dari Bengkulu Selatan dan sekitarnya. Ciri khasnya adalah pada bagian tengah agak sedikit melengkung (tidak seperti pisau biasa yg pada bagian tengahnya lurus).

Saat ini senjata tradisional ini juga digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti menebang pohon, memotong hewan atau sebagai perlengkapan memotong didapur.



iloveindonesia
CahGedut - 24/12/2009 12:59 PM
#22
Benteng Marlborough
Properti Sejarah Nasional - Gambar

Spoiler for Tentang Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan Obyek Wisata Seni Budaya yang berlokasi di Pusat Kota Bengkulu, Obyek wisata ini mudah dicapai, karena terletak di jantung kota, dekat dengan Pasar Baru Koto I dan berdampingan dengan Tapak Padri. Benteng ini banyak dikunjungi oleh wisatawan Nusantara maupun Mancanegara. Di dalam benteng ini dapat kita saksikan ruang dan kamar-kamar. Kamar tempat tahanan, tempat penyimpanan senjata , ruangan tempat perlindungan dari serangan musuh pada waktu itu. Pada jaman penjajahan, Bung Karno pernah ditahan di Benteng ini.

Benteng Marlborough dibangun Perusahaan India Timur di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini mengahadap selatan dan memiliki luas 44.100 meter persegi. Bentuk benteng abad XVIII (1914) ini menyerupai kura-kura.

Pintu utama dikelilingi parit luas dan tersambung dengan jembatan ke gerbang dalam. Menurut masyarakat sekitar, benteng ini memiliki pintu keluar bawah tanah.

Fort Marlborough adalah peninggalan terbesar Inggris terbesar di Indonesia. Benteng Marlborough sesungguhnya bukan sekadar benteng pertahanan militer, karena ia dibangun demi kepentingan perdagangan; penjamin kelancaran suplai lada bagi perusahaan dagang Inggris, East India Company, serta pengawasan jalur pelayaran dagang melalui Selat Sunda. Benteng berperan ganda: markas pertahanan militer sekaligus kantor pusat perdagangan dan pemerintahan Inggris.

Bengkulu merupakan ibu kota wilayah presidensi (kumpulan wilayah residen) Inggris di pesisir barat Sumatera. Wilayah itu dikendalikan dari Benteng Marlborough. Inggris sebelumnya juga membangun benteng serupa dengan fungsi dan peran lebih besar di Madras, India, yaitu Fort St George. Dari Madras inilah, East India Company mengembangkan pengaruh ke Asia Pasifik, termasuk Bengkulu.

Fort Marlborough dihuni oleh pegawai sipil dan tentara Inggris. Dalam catatan British Library, Oriental and India Office Collections tahun 1792 terdapat 90 pegawai sipil dan militer tinggal dan bekerja dalam Benteng Marlborough. Para petinggi atau perwira senior tinggal dalam lingkungan benteng bersama keluarga. Benteng ini menyerupai hunian dalam kota kecil dengan tembok tebal. Seperti layaknya kehidupan bermasyarakat, catatan-catatan menyangkut perkimpoian, pembaptisan, dan kematian “penduduk” benteng ini pun masih dapat tersimpan.

Desain tata ruang Benteng Marlborough mencerminkan keragaman aktivitas masyarakat. Kompleks bangunan ini 44.100,5 meter persegi, tetapi total bangunan dalam benteng hanya sekitar 20 persen. Bagian benteng selebihnya bersungsi sebagai ruang terbuka. Bangunan fisik Benteng Marlborough sangat kokoh, antara lain terbukti ketika gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter meluluhlantakkan ribuan bangunan gedung dan permukiman Bengkulu tahun 2000, benteng ini tak mengalami kerusakan berarti. Padahal, konstruksi benteng ini tidak menggunakan beton bertulang.

Desain dasar Benteng Marlborough berbentuk segi empat. Desain ini menyerupai kura-kura, ditandai dengan empat bagian bangunan menyudut seperti kaki, serta satu kelompok bangunan menyerupai bagian kepala kura-kura. Bagian atas bangunan ini tersambung melingkar menjadi pelataran penempatan meriam, sekaligus mempermudah mobilitas perpindahan meriam. Ciri lain benteng pertahanan ini adalah dua lapis dinding pertahanan, sehingga ketika dinding terdepan bisa ditembus lawan, pasukan bisa segera mundur dan melakukan pertahanan dari dinding kedua.

Pembangunan benteng tahap pertama selesai 1718 dengan gerbang utama benteng di sisi barat. Bagian bangunan menyerupai kepala kura-kura kemudian ditambahkan pada 1783. Dengan penambahan ini sistem pertahanan gerbang benteng menjadi berlapis. Kekokohan benteng tergambar dari ketebalan dinding bagian luar setinggi 8,65 meter dan ketebalan tiga meter. Sementara tebal dinding dalam sekitar 1,8 meter. Bahan bangunan antara lain batu karang, batu kali, dan bata dengan perekat campuran kapur, pasir, dan semen merah.marlborough_dalam.jpg
Untuk memasuki benteng dari gerbang utama, kita harus melewati dua jembatan yang menyeberangi parit-parit kering. Parit itu berkedalaman sekitar 1,8 meter dengan lebar 3,6 meter. Jembatan-jembatan kayu di atas parit kering itu aslinya tidak pernah permanen agar dapat diangkat dalam menghambat gerak musuh. Selepas gerbang pertama, kita akan menyusuri lorong pendek dengan langit-langit melengkung. Empat buah batu nisan besar tertempel pada salah satu sisi bangunan lengkung ini. Batu-batu nisan ini merupakan tugu peringatan kematian sejumlah petinggi benteng, antara lain Deputi Gubernur Inggris Richard Watts—meninggal pada 1705. Meskipun tugu peringatan berbahasa Inggris itu tertulisdalam huruf bergaya kuno, tetapi sebagian besar masih terbaca dengan jelas.

Keluar dari bangunan lengkung selepas pintu masuk ini, kita akan menyusuri alur jalan pada ruang terbuka menuju jembatan kedua. Di sisi selatan jalan itu berjajar tiga buah makam, satu di antaranya makam Residen Thomas Parr—terbunuh Desember 1807. Adanya pemakaman itu menunjukkan fungsi benteng menampung seluruh aktivitas penghuni sejak lahir hingga meninggal. Melalui jembatan kedua berketinggian 3,25 meter dari dasar parit di bawahnya, sampailah pada pintu gerbang yang dikenal sebagai the great gate (gerbang utama). Daun pintu kayu pada gerbang kedua ini masih utuh meskipun sudah berumur hampir 300 tahun. Daun pintu ini memakai jenis kayu kapur konon berasal dari Kalimantan.

Tiga ruangan kita jumpai di sebelah kiri begitu melewati the great gate dulu difungsikan sebagai kediaman para perwira. Ruangan-ruangan ini pada 1873 difngsikan sebagai gudang senjata. Ruang pertama menyerupai lorong sepanjang 13,5 meter dengan lebar sekitar lima meter. Di dalamnya terdapat tiga “anak ruangan” berukuran sekitar 1,5 meter x 4,5 meter. Ruang ini seakan menyerupai lemari beton tebal. Di ujung lorong terdapat pintu turun menuju ke ruang bawah bangunan benteng. Gelap dan lembab pada ruang-ruang bawah memberi kesan penyusuran bagian benteng ini berbau petualangan. Ruang bawah ini disebutkan berfungsi sebagai tempat penyimpanan harta.

Pada sisi lain gerbang masuk, kita akan menemui ruangan dengan funsi ruang jaga utama maupun ruang penjaga benteng yang tidak sedang bertugas. Di bagian dalam, terdapat dua ruang tahanan militer. Pada salah satu bagian dinding ruang tahanan itu terlihat lukisan arang dan catatan dalam bahasa Belanda kuno. Tulisan diperkirakan buatan tahanan dalam benteng.

Di sepanjang sayap selatan Benteng Marlborough terdapat deretan ruangan barak tidur. Masing-masing ruang memiliki satu pintu menghadap ke halaman dalam benteng. Meskipun terbuat dari jeruji besi, pintu-pintu ini berdesain lengkung dan terkesan cantik. Desain lengkung juga terlihat pada bagian langit-langit ruangan. Kompleks perkantoran terdapat di sayap utara benteng. Sebelum tahun 1780-an, sisi utara benteng ini difungsikan menjadi ruang keluarga pejabat sipil senior serta tempat tinggal perwira lajang. Sementara gudang dan kediaman gubernur terdapat di bagian barat.

Properti Sejarah Nasional - Gambar

Pada zamannya, benteng ini dikelola oleh dewan pimpinan terdiri dari deputi gubernur sebagai kepala wilayah pendudukan, komandan benteng sebagai pemimpin militer, dibantu oleh dua pejabat. Pejabat tinggi lainnya adalah semacam kepala perdagangan (senior merchant). Pada 1792, tercatat 18 atase perdagangan berkantor di Fort Marlborough. Beberapa kepala perdagangan ini juga menjabat sebagai kepala wilayah atau residen sejumlah kawasan sepanjang pesisir barat Sumatera, antara lain Manna, Lais, Natal, Tapanuli, dan Krui. Pada 1792 tercatat sembilan orang juru tulis bekerja dan tinggal dalam benteng. Teknisi, petugas kesehatan, pemain organ, hingga tukang kayu pun menghuni benteng ini.

Di tengah benteng, terhampar halaman dalam berumput hijau dengan beberapa pepohonan teduh. Halaman dalam cukup luas ini berfungsi bagi beragam kegiatan militer pada masa itu, misalnya upacara dan latihan keterampilan. Di lapangan ini pula dibacakan keputusan pengadilan dan kesaksian eksekusi militer. Sementara bagian halaman teduh oleh pepohonan dengan pemandangan laut lepas, menjadi tempat bersantai. Jalan setapak menghubungkan gerbang utama bagian selatan dengan gerbang utara terdapat di tengah halaman. Pintu gerbang sisi utara ini pun disambungkan dengan jembatan kayu ke luar lingkungan benteng.

Dari atas dinding benteng atau bastion, teramati hamparan laut lepas. Untuk menaikkan meriam pada posisi tembak di bastion, dibangunlah beberapa bidang miring dari susunan bata di sudut-sudut benteng ini. Di bastion, kita juga dapat mengamati saluran etalase ruangan-ruangan seperti cerobong. Mulut cerobong itu diberi payung kerucut terbuat dari seng sehingga udara dapat bersirkulasi, namun terlindung dari curahan air. Menjelajahi benteng ini tidak akan lengkap tanpa menyusuri lorong-lorong di bawahnya. Lorong-lorong bawah tanah sempit dan gelap ini konon merupakan tempat penyimpanan senjata. Juga terdapat lorong bawah tanah yang menyambungkan benteng dengan jalan keluar tanpa melewati pintu-pintu gerbang.

sumber : tkp



Spoiler for Gerbang

Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Meriam

Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Penjara


Properti Sejarah Nasional - Gambar

Presiden pertama kita, Bung Karno, pernah dipenjara disini gan




iloveindonesia
ipodshuffler - 02/01/2010 12:56 PM
#23
ipodshuffler
Quote:
Kaskus ID: ipodshuffler
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk Karya: maha patih GAJAH MADA
Sumber: wikipedia
Keterangan: foto peninggalan monumen patih gajah mada dan biografinya

iloveindonesiailoveindonesia
Spoiler for GAMBAR Maha Patih Gajah Mada

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for SEJARAH Maha Patih Gajah Mada


Awal Karir

Asal usulnya misterius. Tak diketahui kapan dan di mana ia lahir. Ia memulai karirnya di Majapahit sebagai bekel. Karena berhasil menyelamatkan Prabu Jayanagara (1309-1328) dan mengatasi Pemberontakan Ra Kuti, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan pada 1319. Dua tahun kemudian ia diangkat sebagai Patih Kediri.

Pada tahun 1329, Patih Majapahit yakni Aryo Tadah (Mpu Krewes) ingin mengundurkan diri dari jabatannya. Ia menunjuk Patih Gajah Mada dari Kediri sebagai penggantinya. Patih Gajah Mada sendiri tak langsung menyetujui. Ia ingin membuat jasa dahulu pada Majapahit dengan menaklukkan Keta dan Sadeng yang saat itu sedang melakukan pemberotakan terhadap Majapahit. Keta & Sadeng pun akhirnya takluk. Patih Gajah Mada diangkat sebagai patih di Majapahit (1334).


Sumpah Palapa

Pada waktu pengangkatannya ia mengucapkan Sumpah Palapa, yakni ia baru akan menikmati palapa atau rempah-rempah yang diartikan kenikmatan duniawi jika telah berhasil menaklukkan Nusantara. Sebagaimana tercatat di Pararaton berikut:

" Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada : Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Ta�jungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa "

"Gajah Mada sang Maha Patih tak akan menikmati palapa, berkata Gajah Mada "Selama aku belum menyatukan Nusantara, aku takkan menikmati palapa. Sebelum aku menaklukkan Pulau Gurun, Pulau Seram, Tanjungpura, Pulau Haru, Pulau Pahang, Dompo, Pulau Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, aku takkan mencicipi palapa."

Walaupun ada sejumlah (atau bahkan banyak) orang yang meragukan sumpahnya, Patih Gajah Mada memang hampir berhasil menaklukkan Nusantara. Bedahulu (Bali) dan Lombok (1343), Palembang, Swarnabhumi (Sriwijaya), Tamiang, Samudra Pasai, dan negeri-negeri lain di Swarnadwipa (Sumatra) telah ditaklukkan. Lalu Pulau Bintan, Tumasik (Singapura), Semenanjung Malaya, dan sejumlah negeri di Kalimantan seperti Kapuas, Katingan, Sampit, Kotalingga (Tanjunglingga), Kotawaringin, Sambas, Lawai, Kandangan, Landak, Samadang, Tirem, Sedu, Brunei, Kalka, Saludung, Solok, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjungkutei, dan Malano.

Di zaman Prabu Hayam Wuruk (1350-1389), Patih Gajah Mada mengembangkan penaklukan ke wilayah timur seperti Logajah, Gurun, Sukun, Taliwung, Sapi, Gunungapi, Seram, Hutankadali, Sasak, Bantayan, Luwuk, Makassar, Buton, Banggai, Kunir, Galiyan, Salayar, Sumba, Muar (Saparua), Solor, Bima, Wandan (Banda), Ambon, Wanin, Seran, Timor, dan Dompo.

Perang Bubat

Karir politiknya mulai merosot akibat Perang Bubat (1357). Dalam Kidung Sunda diceritakan bahwa hal ini bermula pada saat Prabu Hayam Wuruk hendak menikahiDyah Pitaloka putri Sunda sebagai permaisuri. Lamaran Prabu Hayam Wuruk diterima pihak Kerajaan Sunda dan rombongan besar Kerajaan Sunda datang ke Majapahit untuk melangsungkan pernikahan agung itu. Namun Patih Gajah Mada yang menginginkan Sunda takluk memaksa menginginkan Dyah Pitaloka sebagai persembahan pengakuan kekuasaan Majapahit. Akibat penolakan pihak kerajaan Sunda mengenai hal ini, terjadilah pertempuran yang tidak seimbang antara pasukan Majapahit dan rombongan Sunda di Bubat yang saat itu menjadi tempat penginapan rombongan Sunda. Dyah Pitaloka sendiri bunuh diri setelah ayahanda beserta seluruh rombongannya gugur dalam pertempuran.

Akibat peristiwa itu, Patih Gajah Mada dinonaktifkan dari jabatannya dan ia diberi pesanggrahan �Madakaripura� di Tongas, Probolinggo. Namun pada 1359, Gajah Mada diangkat kembali sebagai patih, hanya saja ia memerintah dari Madakaripura.

Pada 1364, Gajah Mada menghilang secara misterius dan tidak pernah muncul lagi.

Ada beberapa hipotesa tentang Gajah Mada di periode 1364 dan sesudahnya.

Yang pertama, diperkirakan Gajah Mada mengasingkan diri ke Lampung, dan akhirnya meninggal di Lampung. Saat ini ada pusara yang diyakini sebagai makam Gajah Mada di Lampung.

Yang kedua, ia bergabung dengan Adityawarman yang telah menjadi penguasa Kerajaan Pagaruyung, Kerajaan Dharmasraya, Jambi, dan Palembang. Pada saat tiba di Lampung, ia membuat pusara yang seolah olah adalah makamnya, supaya tidak dicari oleh Majapahit. Setelah itu ia melanjutkan perjalanannya ke utara dan bergabung dengan Adityawarman.

Yang ketiga, ia memimpin ekspedisi ke sebrang lautan hingga ke MADAGASKAR. Asal muasal pulau tersebut memiliki nama Madagaskar, diperkirakan ada hubungannya dengan Mahapatih Gajah Mada. Penduduk asli pulau itu, etnis Merina dan Betsileo, mirip dengan penduduk asli pulau jawa.

iloveindonesiailoveindonesia
localdisk - 09/01/2010 10:15 AM
#24

Kaskus ID : Localdisk
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://swaramuslim.net/galery/sejarah/index.php?page=seputar_proklamasi
Keterangan : monumen proklamasi

Spoiler for monumen proklamasi
Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for monumen proklamasi
Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for monumen proklamasi
Properti Sejarah Nasional - Gambar


disinilah dulu pertama kali di bacakan teks proklamasi kemeredekaan indonesia, yang menandai kemerdekaan indonesia dari penjajahan..!!
wobal - 18/01/2010 08:57 AM
#25
Selebaran propaganda PNI
ID Kaskus: wobal
Kategori: Properti sejarah nasional
Bentuk karya: Poster/selebaran propaganda PNI 1920an
Sumber : wikipedia
Keterangan: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:PNI_Propaganda.jpg

Spoiler for propaganda PNI tahun 1920-an
Properti Sejarah Nasional - Gambar
sejuta bintang - 19/01/2010 03:24 PM
#26

Kaskus ID: sejuta bintang
Kategori: Sejarah Nasional
Bentuk karya: Patung
Sumber: Berbagai sumber
Keterangan : Pada umumnya patung bisa menceritakan tentang banyak hal. Misalnya menceritakan suatu sejarah bangsa.

Spoiler for patung

SELAMAT DATANG
Properti Sejarah Nasional - Gambar

PEMUDA MEMBANGUN
Properti Sejarah Nasional - Gambar

PATUNG PAHLAWAN
Properti Sejarah Nasional - Gambar

PEMBEBASAN IRIAN BARAT
Properti Sejarah Nasional - Gambar

JENDERAL SUDIRMAN
Properti Sejarah Nasional - Gambar

DIRGANTARA
Properti Sejarah Nasional - Gambar

ARJUNA / ASTA BRATA
Properti Sejarah Nasional - Gambar

SOEKARNO HATTA
Properti Sejarah Nasional - Gambar

PAHLAWAN REVOLUSI
Properti Sejarah Nasional - Gambar

GAJAH
Properti Sejarah Nasional - Gambar

PANGERAN DIPONEGORO
Properti Sejarah Nasional - Gambar

GAJAH MADA
Properti Sejarah Nasional - Gambar

CHAIRIL ANWAR
Properti Sejarah Nasional - Gambar

ISMAIL MARZUKI
Properti Sejarah Nasional - Gambar

Yasz Ramone - 27/02/2010 07:53 AM
#27

kaskus ID : Yasz Ramone
kategori : Properti Sejarah Nasional
bentuk karya : Tugu dan Kamar Tahanan Soekarno di LP Banceuy Bandung
sumber : http://regina-tour.blogspot.com/2008/11/tugu-dan-ruang-tahanan-soekarno-di-lp.html

Quote:

Spoiler for lpbanceuy

Properti Sejarah Nasional - Gambar

Properti Sejarah Nasional - Gambar

Properti Sejarah Nasional - Gambar

capt_alfons - 03/03/2010 07:22 AM
#28
Gedung Merdeka Bandung
Kaskus ID : capt_alfons
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://wapedia.mobi/id/Gedung_Merdeka
Keterangan : Gambar Gedung Merdeka Bandung

Spoiler for Gedung Merdeka

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
the-ray-man - 03/03/2010 10:40 PM
#29

Kaskus ID : the-ray-man
Katagori : Properti Sejarah Nasional
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Sate & google.co.id
Keterangan :

Gedung Sate

Spoiler for ,

Properti Sejarah Nasional - Gambar

Properti Sejarah Nasional - Gambar


Properti Sejarah Nasional - Gambar

Properti Sejarah Nasional - Gambar

Properti Sejarah Nasional - Gambar
ncrypt652 - 18/03/2010 01:55 PM
#30
Dokumentasi Timnas Indonesia di Piala Dunia 1983
Kaskus ID : ncrypt652
Kategori : Properti Sejarah Nasional
Bentuk karya : Dokumentasi Timnas Indonesia pada Piala Dunia tahun 1983 di Prancis
Sumber : 1. go green world cup; 2. taringa; 3. utch_East_Indies_players_1938.jpg" >target="_blank"wikipedia
Keterangan: Ini adalah dokumentasi timnas Sepakbola Ducth east Indies (Indonesia) pada Piala Dunia tahun 1938 di Prancis

Spoiler for piala dunia 1938

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
Dari data resmi FIFA, Indonesia pernah berlaga di Piala Dunia, tepatnya 1938 di Prancis,
pada masa itu Indonesia masih dibawah wilayah pendudukan Belanda,
atau yang lebih di kenal Ducth East Indies, dan
merupakan tim pertama dari kawasan benua Asia yang berlaga di worldcup

Meskipun akhirnya timnas di masa itu dikalahkan oleh Hungaria
yang kemudian menjadi finalis dengan skor 0-6,
kiprah tersebut tercatat di dalam tinta emas sejarah PSSI dan AFC.

keikutsertaan Dutch East Indies bukan semata undangan,
namun melului pra kualifikasi, menghadapi Jepang,
namun karena situasi sosial dan keamanan pada masa itu,
jepang menungundurkan diri


Spoiler for Skuad Timnas Indonesia 1938

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
De izquierda a derecha (frente):
R.Telwe, Frans Hukon, Tjaak Pattiwael, Suvarte Soedermadji, See Han Tan and Hong Djien Tan.
Atrás:
Anwar Sutan, Dorst, Bing Mo Heng, G.Van der Burg, G.Faulhaber
Coach:
Johannes VAN MASTENBROEK (Ned)

apabila kita melihat skuad di atas dapat disimpulkan
bahwa timnas merupakan representasi banyak suku dan golongan di indonesia
termasuk thionghoa, dan Belanda sendiri.



Spoiler for Kapten Timnas Indonesia 1938

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
Original Caption (dalam bahasa belanda):
Kapten Puck van Heel dan Kapten Hindia Belanda memasuki lapangan pertandingan, diikuti oleh pemain lain.
Ini artinya yang sebelah kiri adalah Achmad Nawir, karena ia adalah kapten Timnas HB pada saat itu.



Spoiler for pertandingan melawan Belanda

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
Original Caption (dalam bahasa belanda):
A defender of the Dutch East Indies comes too late to prevent a Dutch hit.
Netherlands - Dutch East Indies (9-2), played on June 26, 1938 in the Olympic Stadium in Amsterdam.
All Photos of the National Archives.



Spoiler for sesi jabat tangan dengan official

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
Original Caption (dalam bahasa belanda):
The players of the Dutch team and Dutch East Indies team are presented to Prince Bernhard by official Karel Lotsy and captain Puck van Heel.



Spoiler for sisi lain skuad timnas

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
nenek moyang Timnas kita lagi berbaris di Reims, Prancis tahun 1938 untuk menghadapi Hungaria.
"lucu ya gan"D


Spoiler for surat kabar

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Quote:
Prestasi Dutch east Indies sebelum 1938 menurut berbagai catatan cukup di segani,
bahkan china, australia pernah mengadakan ujicoba dengan timnas pada masa itu,
bahkan salah satu koran australia mengabarkan bahwa di wilayah Jawa
khususnya sepakbola merupakan Olahraga terpopuler di masa itu.

adalah tidak berlebihan apabila PSSI didirikan 1930 atas jasa dari Ir Soeratin,
jauh sebelum Indonesia merdeka, dan
bahkan merupakan salah satu organisasi yang pertama menggunakan nama Indonesia,
sebagai wadah persatuan klub-klub yang pada masa tersebut banyak tersebar di seluruh tanah air , dan
sekaligus sebagai sarana perjuangan dan pergerakan bangsa dalam menghadapi penjajahan Belanda

sehingga hendaknya kita tidak boleh merasa Inferior,
sepakbola mempunyai sejarah panjang bagi bangsa indonesia,dan
kita pernah disegani setidaknya di tahun 1930an hingga 1970-an, dan
kita mungkin rindu akan hal itu.........\)



iloveindonesia
capt_alfons - 06/04/2010 05:30 PM
#31
Gerbong Maut Bondowoso
Kaskus ID : capt_alfons

Katagori : Properti Sejarah Nasional

Bentuk karya : Gerbong Maut Bondowoso

Sumber : Google Image

Keterangan : Gerbong Maut Bondowoso


Spoiler for Gerbong Maut Bondowoso

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
sukamajoe - 12/04/2010 05:09 AM
#32

Kaskus ID: sukamajoe
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk karya: Megalith
Sumber: http://barabudur.blogspot.com
Keterangan: Megalitic Culture of Ancient Pasemah

Spoiler for detail
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Arca Manusia di Situs Tinggi Hari

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Kubur Batu di Situs Tanjung Aro

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Menhir di Situs Karang Dalam

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Batu Putri di Situs Tanjung Telang, menggambarkan orang yang sedang menggendong gajah


Spoiler for note
Daerah Pasemah wilayahnya meliputi Bukit Barisan dan di kaki pegunungan Gumai. Satuan morfologi pegunungan merupakan tempat tersedianya bahan batu hasil letusan gunung api Dempo yang menyebarkan lahar dan lava serta batu-batuan vulkanis. Letusan gunung api inilah yang menyebarkan batu-batuan sampai ke daerah – daerah yang termasuk satuan morfologi bergelombang dan satuan morfologi daratan. Selain itu di daerah Pasemah terdapat alur-alur sungai besar dan kecil yang memudahkan transportasi air dan sumber kehidupan. Pada umumnya keadaan alam yang subur memudahkan mereka untuk berkebun dan membudidayakan ternak dan membuat rumah - rumah hunian dengan tiang yang tinggi.
sukamajoe - 12/04/2010 05:16 AM
#33
Peninggalan Megalith di Kabupaten Lahat
Kaskus ID: sukamajoe
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk karya: Megalith
Sumber: http://infokito.net/index.php/wisata-megalit-di-kabupaten-lahat
Keterangan: Peninggalan Megalith di Kabupaten Lahat, Sumsel

Spoiler for detail

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Megalit Tinggi Hari merupakan Megalit yang sering dikunjungi oleh wisatawan, karena bentuknya yang sangat unik. Megalit Tinggi Hari terletak di Desa Tinggi Hari Kecamatan Pulau Pinang, 18 km Kota Lahat

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Batu Tiang Enam ini terletak di Desa Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Sakti, 104 km dari Kota Lahat

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Batu macan yang terdapat di Kecamatan Pulau Pinang, Desa Pagar Alam Pagun ini sudah ada sejak jaman Majapahit pada abad 14. Batu macan ini merupakan simbol sebagai penjaga (terhadap perzinahan dan pertumpahan darah) dari 4 daerah, yaitu : Pagar Gunung, Gumai Ulu, Gumai Lembah, dan Gumai Talang


sukamajoe - 12/04/2010 05:17 AM
#34

Kaskus ID: sukamajoe
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk karya: Megalith
Sumber: http://infokito.net/index.php/wisata-megalit-di-kabupaten-lahat
Keterangan: Peninggalan Megalith di Kabupaten Lahat, Sumsel

Spoiler for detail

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Lokasi wisata Rumah Batu terletak sekitar 80 km dari kota Lahat, tepatnya di desa Kota Raya Lembak Kecamatan Pajar Bulan. Rumah Batu ini merupakan salah satu benda megalitik yang pada dindingnya terdapat lukisan kuno berupa makhluk-makhluk aneh

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Di Kota Raya Lembak Kecamatan Jarai 72 Km dari kota Lahat ditemukan megalith berupa Rumah Batu yang didalamnya terdapat lukisan kuno dan menyimpan sejuta misteri. Lukisan dinding rumah batu tersebut sepintas menyerupai burung hantu kadang seperti wajah misterius. Menurut Prof. Dr. M. Yamin bahwa warna bendera merah putih Indonesia diambil dari warna lukisan yang terdapat di dinding rumah batu tersebut



Spoiler for note
Kabupaten Lahat memiliki potensi wisata bersejarah batu megalith yang berusia lebih dari 4.000 tahun, dan diperkirakan berasal peninggalan dari kebudayaan Dongson, Kamboja. Benda bersejarah yang mencerminkan seni dan budaya masyarakat lampau yang bernilai sangat tinggi berupa arca, kubur batu (nisan), menhir (batu tiang), batu berlubang (rumah batu), dolmen (meja batu), dan tersebar di hampir di seluruh dataran tinggi Pasma, meliputi Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang, dan Kota Pagaralam.

Daerah-daerah yang memiliki megalit ini diantaranya adalah Desa Tinggi Hari, Pulau Pinang, Kota Agung, Merapi, Jarai, Fajar Bulan, Mulak Ulu, Pagar Gunung, Tanjung Sakti, Pendopo, Muara Pinang, Ulu Musi, Tegur Wangi, Tanjung Aro, Talang Tinggi, dan Belumai.
sukamajoe - 12/04/2010 05:22 AM
#35
Kapak Purba Zaman Neolitikum
Kaskus ID: sukamajoe
Kategori: Properti Sejarah Nasional - Gambar
Bentuk karya: Kapak Purba
Sumber: http://infokito.net/index.php/Kapak-Purba-Ditemukan-di-Pagaralam
Keterangan: Kapak batu itu diperkirakan peninggalan zaman neolitikum (1500 SM)

Properti Sejarah Nasional - Gambar
KAPAK PURBA
Bentuk : Lonjong dan pipih
Tebal : 3 cm
Panjang : 14 cm (kanan)
20 cm (kiri)
10 cm (bawah)
Warna : Putih kecoklatan
Usia : Diperkirakan 3.000 tahun

Quote:
Kapak batu itu bentuknya seperti kapak batu purba kebanyakan berbentuk lonjong dan ada bagian pipih. Pangkal kapak agak runcing dan ujung (mata kapak) lebih lebar. Ukurannya sisi kanan 14 cm, sisi kiri 20 cm, dan bagian bawah 10 cm. Tebal kapak 3 cm. Warna kapak ini putih kecoklatan tidak seperti kapak batu purba lainnya yang didominasi warna hitam. Penemuan ini menarik perhatian arkelog karena di Pagaralam belum pernah ditemukan kapak batu purba.
sukamajoe - 18/04/2010 12:30 AM
#36

Kaskus ID : sukamajoe
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://www.antaranews.com/foto/1/1271515214
Keterangan :
Gambar Arca Tanpa Kepala

Spoiler for Arca Tanpa Kepala

Properti Sejarah Nasional - Gambar

Tim Balai Arkeologi Palembang, Sumsel, dan BP3 Jambi menemukan tiga arca manusia tanpa kepala di Desa Rindu Ati Gumay Ulu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumsel, Sabtu (17/4). Tiga arca manusia yang sudah tidak memiliki kepala tersebut terdiri dari dua prajurit mengendarai kuda lengkap dengan pedang, dan satu lagi arca ibu sedang menimbang anak. (FOTO ANTARA/Asnadi M Aridi)

capt_alfons - 15/05/2010 12:24 AM
#37

Kaskus ID : capt_alfons

Katagori : Properti Sejarah Nasional

Bentuk karya : Kapal Pinisi

Sumber : Google Image

Keterangan : Gambar Kapal Pinisi


Spoiler for pinisi

Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Properti Sejarah Nasional - Gambar
JpanQ - 12/07/2010 08:34 PM
#38

Kaskus ID : JpanQ
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur
Keterangan :
Gambar Candi Borobudur
Spoiler for Candi Borobudur
Properti Sejarah Nasional - Gambar

Spoiler for Candi Borobudur
Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.
mbunz - 13/08/2010 11:35 AM
#39

Kaskus ID : mbunz
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : dokumen club AAn'C Surabaya (alumni SMAN 16 SBY 08 pecinta sejarah)
blog : artsandcultural.blogspot.com
Keterangan : rumah H.O.S Tjokroaminoto di Surabaya
Spoiler for nampak rumah dari jalan
Properti Sejarah Nasional - Gambar

Spoiler for nampak rumah part 2
Properti Sejarah Nasional - Gambar


rumah ini terletak tepat disamping toko buku uranus di jl. ngagel surabaya

Spoiler for nampak rumah dari jalan
Properti Sejarah Nasional - Gambar
yuzpti2 - 13/12/2010 10:14 PM
#40

Kaskus ID : yuzpti2
Katagori : Sejarah Nasional
Sumber : http://kolomkita.detik.com/baca/artikel/3/1311/bung_karno_geram_ike_john_repot
Keterangan :
Hubungan AS-Indonesia saat AS tertangkap basah melakukan intervensi pada gerakan PRRI/Permesta

Spoiler for Eisenhower (Ike) dan Soekarno di AS
Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Soekarno dan Guntur berkunjung ke Amerika
Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Soekarno dan Megawati masih remaja diundang John F. Kennedy ke Amerika
Properti Sejarah Nasional - Gambar


Spoiler for Soekarno, Robert Kennedy & istri (belakang Soekarno) di Jakarta, 1962
Properti Sejarah Nasional - Gambar
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Properti Sejarah Nasional > Properti Sejarah Nasional - Gambar