Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > :::::: African Dictator Biography ::::::
Total Views: 5090 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 

socceripoy - 08/10/2009 08:35 PM
#1
:::::: African Dictator Biography ::::::
Idi Amin

:::::: African Dictator Biography ::::::

Lahir :1925
Tempat :Koboko, West Nile Province, Uganda
Nama lengkap : Idi Amin Dada Oumee.
Nickname : 'Big Daddy', 'Butcher of Africa', 'Conqueror of the British Empire', A 'Lord of All the Beasts of the Earth and Fishes of the Sea'.
Negara : Uganda


:::::: African Dictator Biography ::::::
[CENTER]Sang Petinju Kelas Berat
:::::: African Dictator Biography ::::::[/CENTER]
Badannya besar dan kekar



Idi Amin Dada lahir di desa Koboko, West Nile Province, Uganda. Ayahnya adalah seorang Kakwa, suku Afrika yang eksis di Uganda, Zaire (now Congo), dan Sudan.Sebagai anak laki-laki, Amin menghabiskan waktu menggembalakan kambing dan bertani.Ia memeluk Islam dan hanya mengenyam sekolah sampai 4SD.

Semasa mudanya, Amin lulus kualifikasi tentara oleh pihak Inggris ( penjajah Uganda saat itu). Amin tinggi dan gagah. Namun minus pendidikan. ia masuk ketentaraan tahun 1946 dan tercatat sebagai perenang yg andal, pemain rugby yg tangguh, dan petinju bertalenta. Pada tahun 1949 dipromosikan menjadi Korporal. Pada tahun 1951, ia menjadi juara tinju kelas berat di Uganda.Gelar tersebut diperthankannya selama 9 tahun


Sepanjang tahun 50an, Amin menumpas kelompok Mau-mau dari Kenya yg melawan pemerintahan Inggris. Meskipun keji , Amin naik pangkat menjadi sersan tahun 1951, lance corporal tahun 1953 dan sersan mayor ( komandan pleton) di tahun 1958)

Tahun 1962, Amin menghentikan beberapa pertikaian etnis Karamoja-Uganda, and Turkana-Kenya. Namun dengan cara yang sangat kejam. Karena kebrutalan inilah Inggris menginginkan Amin ditangkap dan dituduh sebagai seorang penjahat negara. Namun permintaan ini ditolak Apolo Milton Obote (PM Uganda saat itu) mengingat negaranya baru saja menerima kemerdekaan dari tangan Inggris (1962), sehingga publik akan berontak apabila seorang pribumi dihukum atas permintaan ex penjajah. Akhirnya tahun 1964, pangkat Amin menjadi Kolonel.


:::::: African Dictator Biography ::::::
Apollo Milton Obote
:::::: African Dictator Biography ::::::
Idi Amin

Karena dekat dengan Obote, karier Amin makin melesat. Amin memainkan perang penting dalam kemiliteran Kongo. Bahkan hasil bumi seperti kopi,gading dan emas dari Kongo "dirampok" ke Uganda. di Tahun 1968, Amin menjadi Mayor Jenderal.

Setelah itu hubungan mereka memburuk. Tanggal 25 Januari 1971, ketika Obote sedang menghadiri pertemuan tahunan negara persemakmuran di Singapura, Amin mengkudeta pemerintahan*. Tentara yang setia kepada Amin mengambil alih bandara Entebbe International Airport, jalan-jalan utama menuju Uganda, dan menguasai Kampala. Tentara memblokir jalan menuju kediaman Obete. Radio menyiarkan bahwa pemerintah korup. Amin mengatakan diirnya bukan politisi namun seorang tentara. Ia berjanji kekuasaannya sebagai "pemimpin negara" sementara akan diserahkan kembali saat pemilu berikutnya berlangsung dan keadaan telah menjadi normal. Ia juga berjanji melepaskan tahanan2 politik. Namun...


(bersambung)

* kudeta Amin katanya di backup oleh Israel dan didukung oleh Inggris
socceripoy - 08/10/2009 08:36 PM
#2

lanjutan...

Namun sepak terjang Amin diluar dugaan.


Amin's Track record as president

1971
Segera setelah mendeklarasikan dirinya sebagai pemimpin militer dan sipil tertinggi, Amin melakukan banyak eksekusi.Di tahun pertamanya , ribuan tentara dan pejabat pemerintah yg loyal kepada Obete dibunuh. Kebijakan luar negrinya pro-Barat. Kunjungan kenegaraan pertamanya adalh mendatangi Israel. Lalu menemui Ratu Elizabeth II di London.


1972
Amin memutuskan Uganda sebagai "a black man's country" setelah menerima "pesan" dari Tuhan dalam mimpinya. 40.000-80.000 org india dan Pakistan diusir keluar.

Perkataan Amin saat itu :

"I am going to ask Britain to take responsibility for all Asians in Uganda who are holding British passports, because they are sabotaging the economy of the country,"

Bagai guntur di siang bolong, Pemerintah Israel dan Inggris baru sadar akan sifat diktator dalam diri Amin. Mereka menarik dukungan dan memutuskan kontrak perdagangan senjata ke Uganda.Amin beralih ke Libya dan minta bantuan Moamar Khadaffi. Uni soviet akhirnya pada saat itu menyediakan pasokan militer kepada Uganda.

Merasa di dukung Libya dan Uni Soviet. Amin menantang USA dan Inggris (buseeetttt). Properti dan bisnis Inggris di Uganda dinasionalisasi dan diambil alih Amin. Untuk mengamankan kekuasaannya, Amin membantai sekitar 300.000 org (suku2 musuh dan suku pendukung Obete)


:::::: African Dictator Biography ::::::
WNA di Uganda saat berhadapan dengan Amin

Selain rakyat biasa, Amin juga mengeksekusi :

- former and serving Cabinet ministers
- the chief justice, Supreme Court judges,
- diplomats,
- academics,
- educators,
- prominent Roman Catholic and Anglican clergy,
- senior bureaucrats, medical practitioners,
- bankers,
- tribal leaders,
- business executives,
- journalists
- beberapa WN asing

Amin merekrut 18.000 prajurit untuk keamanan dalam negri dan menjaga stabilitas kekuasaannya. Berbagai tindakan ini membuat ekonomi Uganda hancur, apalagi setelah org India dan Pakistan diusir.

Spoiler for salah satu metode pembantaian
:::::: African Dictator Biography ::::::


1975
Amin menganakat dirinya sebagai Field Marshal dan menganugerahkan dirinya sendiri tanda jasa Victoria Cross hammer: Pada tahun itu juga ia mendeklarasaikan dirinya sebagai presiden seumur hidup.Sementara itu Uganda ditunjuk PBB sebagai anggota United Nations Commission on Human Rights. nohope: nohope:

1976
Amin secara personal terlibat dalam negoisasi pembebasan sandera pesawat Air France yg dibajak gerilyawan pro-Palestina. Ia menyuruh supaya pesawat didaratkan di Entebbe ,Uganda. Ketika pasukan komando Israel berhasil membebasakan sandera pda tanggal 4 Juli, Amin meresa dipermalukan. PM
Yitzhak Rabin menuduh Amin sebenarnya berkolaborasi dgn para pembajak.

:::::: African Dictator Biography ::::::
Air France hijack

Pada akhir bulan Juli, Inggris memutuskan hubungan diplomatik, Amin mengumumkan dirinay sebagai 'Conqueror of the British Empire'.
gila:



1977

:::::: African Dictator Biography ::::::
Idi Amin bersama Janani Luwum


Di bulan Januari , Amin menuduh kepala Uskup Anglican Uganda, Janani Luwum merencanakan makar. Esok harinya, si uskup dan 2 mentri ditemukan terbunuh. Sementara itu USA mencabut segala bentuk bantuannya atas Uganda. Presiden Jimmy Carter mengatakan kebijakan Amin "membuat seluruh masyarakat dunia muak"

:::::: African Dictator Biography ::::::
Jimmy Carter : "dunia muak akan aksi Amin"


1978
Harga kopi anjlok ( ekspor utama Uganda). Timbul pemberontakan bersenjata di baratdaya Uganda. Kondisi diperparah dengan dicabutnya dukungan Libya atas negara ini.

Untuk mengalihkan perhatian publik nasional atas masalah2 ini, Amin menginvasi Tanzania, negara tetangga di sebelah selatan pada akhir Oktober.
Namun dengan bantuan para pemberontak, pasukan Tanzania dapat melakukan serangan balasan.


:::::: African Dictator Biography ::::::


1979
Pasukan Tanzania berhasil menguasai kota Kampala pada tanggal 11 April. Amin kabur ke Libya bersama 4 istrinya, beberapa gundiknya dan sekitar 20 orang anaknya.

Setelah Pemerintah Libya memintanya pergi , Amin tinggal di Irak dan akhirnya menetap di Jeddah, Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi memberi uang setiap bulan sebesar US$1,400, pelayan pribadi, koki,mobil dan sopir. matabelo: Ia hidup nyaman di rumah yang tidak terlalu mewah.
Amin meniggalkan Uganda dengan inflasi 200%, utang negara 320M dollar, malapetaka pertanian dan kehancuran dunia usaha.

:::::: African Dictator Biography ::::::
Idi Amin di Jeddah


1980
Milton Obete kembali menjadi presiden melalui pemilu. Masa Jabatan Obote penuh pemberontakan. Ia memakai kekuatan militer untuk menumpas konflik-konflik yang terjadi. Diperkirakan ratusan ribu orang tewas akibat konflik tersebut.

1989
Amin berusaha kembali ke uganda untuk merebut kekuasaan, tapi terlacak ketika berada di Kinshasa, Zaire (now the Democratic Republic of the Congo), dan akhirnya dipaksa kembali ke Arab Saudi.

1999
Dalam wawancara dengan koran Uganda, Amin tidak menunjukkan rasa penyesalan atas kekejaman yg dilakuakn rezimnya, ia berkata

"I'm very happy now, much happier now then when I was president."

2001
Dilaporkan bahwa Amin berhasrat untuk pulang ke negaranya. Ia menjadi popular kembali di propinsi kelahirannya. Amin berusaha mengumpulkan dana utnuk membangun kembali properti keluarganya yang dihancurkan pasukan Tanzania pada tahun 1979.

Pemerintah Uganda mengizinkan Amin kembali, namun ia harus mempertanggung jawabkan secara hukum tindakannya di masa lalu.


2002
Uganda secara resmi pertama kali merayakan kejatuhan rezim Idi Amin.

2003
:::::: African Dictator Biography ::::::

Di Bulan Juli, Amin masuk RS karena tekanan darah tinggi dan gagal jantung.
Amin meninggal pd tgl 16 Agustus pukul 8.20 AM. Ia dikuburkan di Jeddah's Ruwais beberapa jam setelah meninggal.



Idi Amin pernah difilmkan oleh Hollywood dengan judul The Last King of Scotland, filmnya ciamik, Forest Whitaker mendapat Oscar atas aktingnya sebagai Idi Amin.
[youtube]iV_QgKJFZP0[/youtube]

Quote:
Original Posted By vanabout
Mantab TS thumbup:

jadi keinget pelem Last King of Scotland..

tanya dnk.. kenapa si Idi Amin bs demen bgt sm kebudayaan scot? apa orang tuanya ada keturunan bangsa skot? malu:


http://content.foxsearchlight.com/videos/node/202

sumber lain :
A ruthless and cruel man, Amin could also be a ridiculous figure. He volunteered himself as king of Scotland so that the Scots could be free of British rule and sent telegrams to the Queen of England, taunting her. He also once challenged the president of Tanzania to a boxing match. (bener2 petinju sejati :O)
socceripoy - 08/10/2009 08:39 PM
#3

Mobutu Sese Seko


:::::: African Dictator Biography ::::::

Nama aslinya adalah Joseph Desire Mobutu. Nama ini kemudian ia ubah sendiri. Makna dari nama barunya adalah: sangat agung. Itu karena ia menganggap dirinya ksatria kukuh yang dikaruniai keterampilan, kecerdikan, dan sanggup memenangkan segala macam pertempuran.

Mobutu lahir di Lisala, Kongo Belgia, sebagai bagian dari suku Ngbandi.

Namun, citra namanya jauh sekali dengan perangainya semasa 30 tahun pemerintahannya. Buktinya, hanya emp[at tahun setelah gabung dengan pergerakan nasionalis (1956)., ia sudah berani mengkudeta pemerintahan nasionalis Patrice Lumumba, dan menyatakan diri sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata Kongo.

Pada tahun 1965, Letjen Mobutu lagi-lagi mengkudeta Presiden Kasavubu. Hal ini dilakukan semata-mata karena tak suka ada ketegangan antara Presiden Kasavubu dan Perdana Menteri Moise Tschombe. Mobutu lalu mendeklarasikan diri memerintah Kongo mhingga lima tahun kedepan. Sejak saat itu ia menjadi orang yang paling berkuasa di Kongo hingga dipilih secara resmi pada tahun 1970.


Setahun kemudian, Mobutu mengganti nama Kongo menjadi Republik Zaire. Ia lalu melancarkan kampanye anti-Eropa dan gencar mengkampanyekan budaya Afrika. Tak lama setelah itu giliran namanya yang ia ganti. Dari Joseph Desire Mobutu menjadi Mobutu Sese Seko.

Mobutu menasionalisasi semua perusahaan Eropa yang ada dinegaranya. Selebihnya ia mengusir semua jenis usaha yang dibangun oleh orang-orang Eropa. Langkah seperti ini tidak disadarinya bisa menyebabkan ekonomi Zaire turun drastis dan terseok-seok.

Maka dari itu pada tahun 1977 ia ditekan untuk mengembalikan perusahaan-perusahaan Eropa berbisnis di Zaire. Sadar nyaris lumpuh, ia kemudian meminta bantuan Belgia untuk memerangi pemberontak di Provinsi Katanga. Beruntung, Mobutu masih bisa memepertahankan posisinya. Ia terpilih lagi menjadi presiden Republik Zaire.

Sayang, kedudukan yang ia raih justru menempatkannya ke dalam lingkaran kleptokrasi. Ia bekerja sedikit untuk negara namun mengeeruk harta negara sebanyak-banyaknya. Pada tahun 1984, kekayaannya dtaksir mencapat empat miliar dollar Amerika Serikat. Uant itu disimpan di Swiss.

Memasuki dekade 1990-an ekonomi Zaire tak kunjung membaik dan sejumlah perlawanan diarahkan kepadanya. Salah satu kelompok anti Mobutu dari kalangan pemerintahan dipimpin oleh Laurent Monsengwo dan Etienne Tshisekedi.

Perlawanan ini membuat kesehatan Mobutu terganggu. Berkali-kali ia harus menjalani perawatan di Eropa. Di saat terlemah itulah kelompok Tutsi mulai menguasai wilayah timur Zaire. Kelompok Tutsi tak lain adalah oposan lama Mobutu. Perlawanan dilakukan karena Mobutu pernah memberi keleluasaan pada etnis Hutu utnuk melakukan genosid (pembunuhan massal) di Rwanda 1994.

Kelompok Tutsi sendiri sempat terdesak keluar dari Zaire, namun bisa kembali bergerak ke negeri ini. Dari wilayah timur Zaire mereka lalu melakukan serangan ke wilayah barat melalui Kinshasha demi menggulingkan Mobutu. Serangan ini didukung Presiden Rwanda, Paul Kagame.

Tanggal 16 Mei 1997, kelompok pemberontak Tutsi dan kelompok lain anti Mobutu berkoalisi membentuk kelompok pembebasan demokrasi Kongo-Zaire. Mereka berhasil menguasai Kinshasha. Laurent Desire Kabila muncul sebagai presiden baru. Nama Zaire dikembalikan lagi menjadi Kongo atau Republik Demokrasi Kongo. Mobutu mengungsi ke Togo. Setelah itu tinggal di Rabat, Maroko. Pada tahun yang sama (1997) ia meninggal karena penyakit kanker prostat yang merupakan salah satu penyakit yang ia derita.

sumber om wiki
socceripoy - 08/10/2009 08:41 PM
#4

reserved for ts
socceripoy - 08/10/2009 09:10 PM
#5

bwt post sljutnya
wOngilank - 08/10/2009 10:27 PM
#6

orang item emang tegas dan kejambeer::::::: African Dictator Biography ::::::
becks89 - 08/10/2009 10:32 PM
#7

Nice post gan..Gak sabar nunggu update berikutnya nih!
kiss
tekаdbaja - 08/10/2009 11:56 PM
#8

idi amin dulu yg sering disebut2 warkop dalam lawaknya...

penasaran gimana sekarang keadaan uganda...

setelah bertahun2 berlalu pengusiran org keturunan asing dari sana... apakah berkat pengusiran ini penduduk asli disana sudah pegang ekonomi...

kalo iya, mungkin cita2 idi amin berhasil.. meski dia dianggap musuh diuganda....
vanabout - 08/10/2009 11:57 PM
#9

Mantab TS thumbup:

jadi keinget pelem Last King of Scotland..

tanya dnk.. kenapa si Idi Amin bs demen bgt sm kebudayaan scot? apa orang tuanya ada keturunan bangsa skot? malu:
vanabout - 09/10/2009 12:03 AM
#10

next.. Robert Mugabe.. Muammar Khadafy.. Mobutu Sese Seko..
socceripoy - 09/10/2009 12:36 AM
#11

Quote:
Original Posted By vanabout
Mantab TS thumbup:

jadi keinget pelem Last King of Scotland..

tanya dnk.. kenapa si Idi Amin bs demen bgt sm kebudayaan scot? apa orang tuanya ada keturunan bangsa skot? malu:


yup yg maen forest whitaker


entar ane cari infonya ya
socceripoy - 09/10/2009 12:38 AM
#12

Quote:
Original Posted By tekа
idi amin dulu yg sering disebut2 warkop dalam lawaknya...

penasaran gimana sekarang keadaan uganda...

setelah bertahun2 berlalu pengusiran org keturunan asing dari sana... apakah berkat pengusiran ini penduduk asli disana sudah pegang ekonomi...

kalo iya, mungkin cita2 idi amin berhasil.. meski dia dianggap musuh diuganda....


kykny sih masi ancur nih negara CMIIW
socceripoy - 09/10/2009 12:39 AM
#13

Quote:
Original Posted By vanabout
next.. Robert Mugabe.. Muammar Khadafy.. Mobutu Sese Seko..


abis ini Mobutu seseko berikutnya, pavorit ane nih , sering diceritain bokap waktu kecil D
beben89 - 09/10/2009 02:00 AM
#14

ane prnh nntn flm yg last king of scotland

kren bgt tu pelm
Soul Assylum - 09/10/2009 02:04 AM
#15

Wakakakakakakaw... Orang buta huruf bisa jadi Presiden D D D
evil_bop - 09/10/2009 03:39 AM
#16

well,karena gw ga terlalu interested sama uganda gw bantu up aja gan.thx for your info
doyan belanja - 09/10/2009 01:20 PM
#17

gan, idi amin ini tuh yg kalo ga salahkanibal jg bukan sih?
kalo ga salah pernah denger2 sih ada pemimpin afrika yg kanibal..
redemption - 09/10/2009 02:35 PM
#18

Quote:
Original Posted By vanabout
Mantab TS thumbup:

jadi keinget pelem Last King of Scotland..

tanya dnk.. kenapa si Idi Amin bs demen bgt sm kebudayaan scot? apa orang tuanya ada keturunan bangsa skot? malu:


Obsesi Idi Amin thd Skotlandia itu pertama kali muncul saat Idi Amin masih di militer, dia itu deket sama orang2 Skotlandia (tentara Inggris) yang berlatih bersama dia, Idi Amin akhirnya mempelajari budaya Skotlandia, atribut2 Skotlandia, dll.

Julukan Last King of Scotland itu terinspirasi sama gerakan kemerdekaan Skotlandia dari Inggris waktu tahun 1970-an, dimana walaupun ga berhasil, tapi Skotlandia berhasil mendapatkan jatah kursi yang jauh lebih banyak di Parlemen Inggris, Idi Amin sangat menyayangkan hal tsb, dia menganggap seharusnya Skotlandia memerdekakan diri secara penuh dari Inggris, oleh karena itu dia menganggap bahwa Idi Amin harus menjadi simbol perlawanan Skotlandia di Inggris, dengan menganugerahkan dirinya sendiri sebagai Last King of Scotland, dengan harapan kalau ia berhasil membebaskan Uganda, Skotlandia akan terinspirasi tindakannya tsb. hammer:
vanabout - 09/10/2009 04:36 PM
#19

@ atas. mantabs bro penjelasan ny. beer::::::: African Dictator Biography ::::::
thebolonz - 12/10/2009 10:53 PM
#20

gokil gan ni orang...nekat banget..berani..salut deh..
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > :::::: African Dictator Biography ::::::