BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Pengalaman saya menerbitkan buku
Total Views: 15783 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 27 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

dutakecil - 18/11/2009 12:55 PM
#21

Quote:
Original Posted By Hermules
Halo semua, salam kenal yah.Saya newbie.Saya ingin tahu apa ada di antara kalian yang sudah menerbitkan buku? Satu buku saya sedang diproses Grasindo (fiksi, kan terbit Jan 2010). Satu lagi non-fiksi sedang dikaji mendalam oleh Elex Media. Hmm... saya sebenarnya sudah mendapat beberapa endorser, namun mereka agak lambat juga membaca dan memberi comment-nya. Enaknya gimana yah? Nggak enak juga kalau nagihin mulu, namun deadline juga menanti. Ada yang berpengalaman dalam hal ini atau ada yang mau kasih input/saran? Terima kasih, semua.


saya gak ada pengalaman gann.... maap
sby88 - 21/11/2009 08:32 PM
#22

Buat Hermules dan agan2 semua,

terus terang, gw KAPOK bikin buku lagi....

sekitar Senin minggu lalu (bukan senin minggu ini) gw minta DP 450 rb seperti yg udah ditawarin sebelumnya, dan janjinya ktanya akan dikirim minggu ini...

nyatanya mana?????

gw butuh duit tsb tadinya buat pengobatan nyokap gw....

Gw KAPOK jadi penulis!!!!!!!!!!!!!!
InRealLife - 22/11/2009 08:00 AM
#23

Quote:
Original Posted By sby88
Buat Hermules dan agan2 semua,

terus terang, gw KAPOK bikin buku lagi....

sekitar Senin minggu lalu (bukan senin minggu ini) gw minta DP 450 rb seperti yg udah ditawarin sebelumnya, dan janjinya ktanya akan dikirim minggu ini...

nyatanya mana?????

gw butuh duit tsb tadinya buat pengobatan nyokap gw....

Gw KAPOK jadi penulis!!!!!!!!!!!!!!


saran gw... kalo butuh duit cepet... jangan jadi penulis buku.
koda - 03/12/2009 11:12 PM
#24

Agan agan mohon masukannya,
saya baru mo nulis buku, kira kira berapa bayarannya ya ?.
bagaimana menentukan tarifnya ? Kira-kira saat ini yg laku nulis buku apa ya? thanksiloveindonesia
durza - 04/12/2009 09:52 AM
#25

haha, ane pernah tuh gan, kirim naskah 'kelewat pede', ke GPU. dari beberapa naskah ga ada yg lolos malu
ada yg emang jelek, ada yg enggak memenuhi kriteria, ada yg temanya susah di pasaran, ada yg enggak dijawab-jawab....

capek sih, tapi karena udah niat jadi penulis sukses, jalanin aja terus..
trus klo ane kirim naskah gitu, pemberitahuannya lama.... katanya sih 3bulan, tapi pernah sampe tujuh bulan masih di meja redaksi, belum dibaca katanya..najis
tapi keren juga sih klo pas dibulan kesembilan naskah ane lahir (keterima).

jadi saran ane, klo mau kirim ke GPU, selain temanya harus in / gampang laku dipasaran, isinya juga harus bagus (ya iyalah...)
trus klo ditolak jangan 'tempe' ya, enggak mungkin dari 1000 naskah, satu aja gak keterima.
emang susah klo kirim ke penerbit gede ( kadang belagu, kadang emang naskah kita yg jelek ), tapi klo lolos kan duitnya lumayan gan....

yg ane bingung nih gan (mohon pencerahan dari yg naskahnya udah pernah diterbitin), bagaimana cara kita tahu kalo buku kiita udah kejual sekian-sekian? bagaimana kalau mereka bohong? (rugi dong jek)
aktiviss - 05/12/2009 10:44 PM
#26

Quote:
Original Posted By koda
Agan agan mohon masukannya,
saya baru mo nulis buku, kira kira berapa bayarannya ya ?.
bagaimana menentukan tarifnya ? Kira-kira saat ini yg laku nulis buku apa ya? thanksiloveindonesia


setau gw sih, bukan loe yang nentuin tarif, tapi penerbitnya

bayarannya ya tergantung dari berapa buah buku yg berhasil di jual toko2 buku kepada para pembeli.

kecil banget deh...

jangan mau gan...

liat aja thread2 di atas...
koboijawa - 07/12/2009 06:58 PM
#27

Quote:
Original Posted By durza
haha, ane pernah tuh gan, kirim naskah 'kelewat pede', ke GPU. dari beberapa naskah ga ada yg lolos malu
ada yg emang jelek, ada yg enggak memenuhi kriteria, ada yg temanya susah di pasaran, ada yg enggak dijawab-jawab....

capek sih, tapi karena udah niat jadi penulis sukses, jalanin aja terus..
trus klo ane kirim naskah gitu, pemberitahuannya lama.... katanya sih 3bulan, tapi pernah sampe tujuh bulan masih di meja redaksi, belum dibaca katanya..najis
tapi keren juga sih klo pas dibulan kesembilan naskah ane lahir (keterima).

jadi saran ane, klo mau kirim ke GPU, selain temanya harus in / gampang laku dipasaran, isinya juga harus bagus (ya iyalah...)
trus klo ditolak jangan 'tempe' ya, enggak mungkin dari 1000 naskah, satu aja gak keterima.
emang susah klo kirim ke penerbit gede ( kadang belagu, kadang emang naskah kita yg jelek ), tapi klo lolos kan duitnya lumayan gan....

yg ane bingung nih gan (mohon pencerahan dari yg naskahnya udah pernah diterbitin), bagaimana cara kita tahu kalo buku kiita udah kejual sekian-sekian? bagaimana kalau mereka bohong? (rugi dong jek)


nah itu dia gan, sodara gw juga ada yg jadi penulis, dia ga yakin apa laporan penjualannya bener ato ga... pusing gan!
Hermules - 09/12/2009 04:53 PM
#28

Quote:
Original Posted By durza
haha, ane pernah tuh gan, kirim naskah 'kelewat pede', ke GPU. dari beberapa naskah ga ada yg lolos malu
ada yg emang jelek, ada yg enggak memenuhi kriteria, ada yg temanya susah di pasaran, ada yg enggak dijawab-jawab....

capek sih, tapi karena udah niat jadi penulis sukses, jalanin aja terus..
trus klo ane kirim naskah gitu, pemberitahuannya lama.... katanya sih 3bulan, tapi pernah sampe tujuh bulan masih di meja redaksi, belum dibaca katanya..najis
tapi keren juga sih klo pas dibulan kesembilan naskah ane lahir (keterima).

jadi saran ane, klo mau kirim ke GPU, selain temanya harus in / gampang laku dipasaran, isinya juga harus bagus (ya iyalah...)
trus klo ditolak jangan 'tempe' ya, enggak mungkin dari 1000 naskah, satu aja gak keterima.
emang susah klo kirim ke penerbit gede ( kadang belagu, kadang emang naskah kita yg jelek ), tapi klo lolos kan duitnya lumayan gan....

yg ane bingung nih gan (mohon pencerahan dari yg naskahnya udah pernah diterbitin), bagaimana cara kita tahu kalo buku kiita udah kejual sekian-sekian? bagaimana kalau mereka bohong? (rugi dong jek)


saya coba sebisanya ya...

bisnis is kepercayaan. penerbit gak mungkin mau ambil resiko nipu dengan resiko nama ancur, apalagi udah mapan. dia berrkepentiungan kita dapat revenue banyak dan nulis lagi. apalagi kayak buku jumlah ribuan,byk banget saksinya: org percetakan,org distro,agen,mantan karyawan dia yg sakit hati,dll.potensiao banget bocorin permainan dia kalau ada. gak mungkin kalo sekelas Grmd mau nipu lah... kalo gw jadi pemilik bisnis pun gak mau cara gituan, paling banter dari awal penulis dikasi royalti kecil aja.

o, buku agan judul apa ya? nama agan? congrats gan,saya bangga padamu
loplyamourrita - 10/12/2009 12:26 AM
#29

bs tolong kasi info ga, penerbit2 yg reputasinya terpercaya untuk cerita2 fiksi? thnx yah...
Hermules - 11/12/2009 02:42 PM
#30

Quote:
Original Posted By koda
Agan agan mohon masukannya,
saya baru mo nulis buku, kira kira berapa bayarannya ya ?.
bagaimana menentukan tarifnya ? Kira-kira saat ini yg laku nulis buku apa ya? thanksiloveindonesia


bayaran adalah 10% dari harga buku. jika laku 1000 ya dikali 1000 gitu, lalu potong pajak.

yg sedang laku,agan survey aja di tk buku. ciklit,teenlit
Hermules - 11/12/2009 02:43 PM
#31

Quote:
Original Posted By loplyamourrita
bs tolong kasi info ga, penerbit2 yg reputasinya terpercaya untuk cerita2 fiksi? thnx yah...


Grasindo saja, itu grupnya Gramedia tapi nggak seketat Gramed (dalam arti seleksi lebih cepet, lebih simple)
Hermules - 11/12/2009 02:45 PM
#32

Quote:
Original Posted By sby88
Buat Hermules dan agan2 semua,

terus terang, gw KAPOK bikin buku lagi....

sekitar Senin minggu lalu (bukan senin minggu ini) gw minta DP 450 rb seperti yg udah ditawarin sebelumnya, dan janjinya ktanya akan dikirim minggu ini...

nyatanya mana?????

gw butuh duit tsb tadinya buat pengobatan nyokap gw....

Gw KAPOK jadi penulis!!!!!!!!!!!!!!


turut prihatin gan, maybe agan salah pilih penerbit ya. kalo penerbit yg jaga reputasi mah gak mau pake gitu2
sby88 - 15/12/2009 08:42 AM
#33

Quote:
Original Posted By Hermules
saya coba sebisanya ya...

bisnis is kepercayaan. penerbit gak mungkin mau ambil resiko nipu dengan resiko nama ancur, apalagi udah mapan. dia berrkepentiungan kita dapat revenue banyak dan nulis lagi. apalagi kayak buku jumlah ribuan,byk banget saksinya: org percetakan,org distro,agen,mantan karyawan dia yg sakit hati,dll.potensiao banget bocorin permainan dia kalau ada. gak mungkin kalo sekelas Grmd mau nipu lah... kalo gw jadi pemilik bisnis pun gak mau cara gituan, paling banter dari awal penulis dikasi royalti kecil aja.

o, buku agan judul apa ya? nama agan? congrats gan,saya bangga padamu


Hal tsb juga pernah terlintas ama gw. Dan tetep kita musti ngecek gimana penjualannya dan apakah bener2 akurat.

Terus terang, gw sendiri setelah pengalaman tsb jadi ga bisa percaya lagi ama penerbit. Gimana mau percaya, soal duit kecil aja dia bisa gitu, apa lagi duit gede?

Bukti lain:
Gw pernah ngecek ke toko2 buku, gimana stoknya, dan ternyata waktu itu buku gw udah pada abis. Tapi belon ditambah lagi. Gw udah repot ke sana sini untuk kasih info supaya ditambah lagi. Dan mereka pada ga tau kalo stok buku gw pada abis!!!!

Kalo gw ga ribut ke sana sini, ampe skarang pun rak2 di Gramedia pada kosong!!!

Soal gitu aja mereka lalai, gimana soal duit?????

emang kalo kita mau positive thinking, mereka ga bermaksud gitu, tapi KETIDAKPROFESINALITASAN mereka yg bikin mereka ga bisa kita percaya!!!

Jadi penulis? Ga banget deh!!!
Jinhee - 11/01/2010 07:10 PM
#34

nanya dong~
itu kalo mau ngirim prosedur awalnya *kl aku baca2 dari postingan diatas* katanya suruh ngirim naskahnya lewat email itu maksudnya ngirim sinopsis atau garis besarnya kah ? atau gimana?
yamboo - 11/01/2010 07:42 PM
#35

hmmm....
mulai dari mana ya?
secara pernah jadi editor naskah di penerbit. o

ya udah, langsung aja deh;

Pengiriman naskah:
- Bisa kirim via email atau naskah print out. Kalau naskah print out, akan lebih cepat dibaca oleh editor karena dia tidak perlu ngeprint lagi. Kan capek kalo baca dari komputer. Kalau kirim via email, saya sarankan utk berformat PDF. Karena ada juga penerbit nakal yang bilang ke penulis bahwa naskah itu ditolak. Tapi, mereka merombak ulang naskah itu. Tapi, cuma sedikit kok.

Royalti:
- Besarnya uang muka biasanya tergantung nilai jual buku. dan, lewat kesepakatan pihak penulis dan penerbit. Diberikan setelah naskah tercetak dan diterbitkan. Juga tergantung pada kualitas si penulis. Semakin tenar, akan berpotensi dapat banyak.
- Royalti untuk penulis pemula, adalah antara 5-7% dari harga jual buku. (potong pajak)
- Royalti bagi penulis yang sudah top, antara 10-12%. (nego dengan penerbit)
- Intinya, semakin top penulis dan karyanya, semakin besar nilai tawarnya di penerbit.
- Untuk penulis pemula, disarankan si terima aja keinginan penerbit. Itung2 sebagai pengalaman dan daya tawar kalo menerbitkan buku lagi. Misalnya, di penerbit lain.

Cover
- Biasanya dibicarakan dengan penerbit, setelah setting awal cover jadi. setelah penulis ACC, barulah naik cetak.

Cetak berapa?
Rata-rata penerbit kecil, cetak awal buku adalah di kisaran 3000-5000.
Kalau untuk sekelas Gramedia, Mizan, dll, mungkin di atas itu. Karena buku2 yg mereka terbitkan pun tidak sembarangan. Sudah melalui proses panjang dan seleksi ketat.

Perhitungan saya:
Menerbitkan buku yang biasa-biasa saja/tidak best seller (apalagi yang diterbitkan orang lain), memang tidak bisa diharapkan memberi pemasukan secara finansial. Mungkin lebih pada kepuasan batin dan kebahagiaan jika buku itu dibaca dan bermanfaat bagi orang lain.

===============

Sementara berbagi ini dulu, hal-hal yang kurang jelas, PM aja...
insya Allah, saya balas... \)
Hermules - 13/01/2010 11:00 AM
#36

Yamboo, email anda apa ya?

bisa ngobrol banyak nih.

trims yah
yamboo - 09/02/2010 10:02 PM
#37

add YM: shorih_kholid

email: [email]shorih_kholid@yahoo.co.id[/email]


OK. monggo yang mau berbagi atau sharing.
Hermules - 24/02/2010 03:15 PM
#38
anggota KASKUS menerbitkan buku, mohon doa restu
agan sekalian, para booklovers yang saya kasihi, saya Sandy, mau bilang bahwa setelah mengalami pergulatan panjang dan melelahkan, akhirnya buku pertama saya akan terbit bulan depan (Maret).

Itu kumpulan 8 kisah inspiratif tentang cinta dan kehidupan. Tadinya mau saya kasih judul: The 8 Inspiring Stories of Love & Life namun di perjalanan waktu, kami diskusi lagi karena judul kurang menggigit dan susah menyebutnya, akhirnya satu kisah inspiratif di dalam buku itu diambil sebagai judul.

agan sekalian, book lovers yang baek dan pintar, perkenankan saya mempersembahkan JANDA AWARD, terbitan PT. Grasindo, untuk para Kaskuser semua, mohon doa restu yah agar buku dapat laku dan menginspirasi banyak orang. Itu bukan melulu percintaan remaja atau cinta monyet, namun kisah2 inspiratif segala usia yang diharapkan membawa pencerahan bagi kita semua.

Jika agan sekalian ada yang bekerja di penerbitan, radio, atau punya channel luas, tolong saya diberi usul bagaimana cara untuk lebih mempromosikan buku ini ke masyarakat luas. Saya harapkan selalu input dari agan Kaskuser semuanya.

Thanks yah gan, moga kalian semua turut bangga dan bahagia, dengan bertambahnya anggota kita yang menulis buku. Mohon doa restu yah agan sekalian. I love you all.

Salam,
Sandy.
Penulis: @JANDA AWARD: 8 Inspiring Stories of Love & Life (fiksi)
@LENTERA INFORMATIKA, dalam proses juga untuk diterima penerbit (nonfiksi)

ilovekaskus
clariafox - 24/02/2010 04:22 PM
#39

Selamat Gan, semoga laris manis... shakehand2
jakartadogdown - 24/02/2010 04:23 PM
#40

congratz gan beer:
Page 2 of 27 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUKU new > Pengalaman saya menerbitkan buku