MODEL KIT & R/C
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > Klinik Standart Original
Total Views: 60971 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 110 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

dolphinblue - 21/10/2009 12:05 PM
#1
Klinik Standart Original
Thread ini dibuka khusus utk menjawab masalah2 & setingan2
di standart ori


istilah2 dalam lomba STO

STO 100 :
Pengertian disini kita harus memakai parts 100% ori Tamiya tanpa terkecuali

STO 75 :
pengertian 75% disini adalah kita memakai sma sparepart original tamiya, kecuali utk tiang,bearing,roller,gir boleh bebas

Beauty Contest :
Contest modifikasi,design,pengecatan, dsb.......
utk even yg satu ini kreatifitas,originalitas,kelangkaan, kerapihan pembuatan memegang peranan yg sangat besar.
Semakin besar point2 diatas semakin besar nilai yg didapat & kesempatan utk menang

Beberapa hal yg perlu diperhatikan ketika pertama kali memilih utk bermain STO :
1. Pemilihan mobil
Pemilihan mobil yg hendak dipakai lomba sebaiknya disesuaikan dg budget
& kebiasaan kita menyeting......budget utk bermain STO 100 > 550rb,
sedangkan utk STO 75 >350rb.
Beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam membeli mobil baru
- Chasis yg sebaiknya digunakan
* Super TZX
* TZ/ Super TZ
* Super 1
* Super FM/Fm chasis
* VS
* Super X
* ms chasis/pro
2. FRP/ bemper/ penguat
disesuaikan dg chasis yg hendak dipakai
3.Akar
Beberapa mobil biasanya sudah terdapat akar bawaan box, cuma akar
ini tdk awet &gampang patah. akar2 yg paling sering digunakan
* Akar merah
* Akar goyang item
* Akar abu2
* Akar aluminium
* Akar utk superX chasis
4.Tiang
Umumnya yg digunakan adalah tiang baja sloop
5. Roller
Utk pemakaian roller tiap tiang minimal terdapat 1 roller besi & 1 roller
plastik.....bisa menggunakan beberapa merk yg ada dipasaran, yg umum
digunakan adalah roller teflon & dural
6. Mesin
Pemilihan mesin disesuaikan dg mobil & arena yg hendak kita gunakan
Beberapa macam mesin yg sering digunakan utk lomba :
* Torque tuned /pro
* Atomic tuned /pro
* Rev tuned / pro
* Hyperdash 2
* Lightdash pro
* Powerdash
* Hyperdash pro
* Sprintdash
* Plasma dash
* Ultra dash
* Jetdash
urutan diatas dari mesin yg paling pelan hingga terkencang, cuma karena
ini mesin pabrikan dalam beberapa kasus berbeda kecepatannya.
dolphinblue - 21/10/2009 12:06 PM
#2
a
Urutan/ cara merakit mobil STO
beberapa sparepart yg diperlukan
-chasis
-frp
-akar
-tiang 4pc
-roller 4 pasang
-Bearing 4 pc
-Gear
-mur& baut berbagai ukuran
-lem
-obeng
-tang
dolphinblue - 21/10/2009 12:07 PM
#3

Perawatan,maintenance & memaksimalkan mesin standart

Dalam bermain STO salah satu faktor yg paling penting adalah mesin, cuma utk STO mesin2 yg ada tidak boleh dimodif,dibuka,dsbnya.......
sebagus/sebaik apapun seseorg membuka klip disamping mesin ori pasti menimbulkan bekas.
jadi gimana caranya memaksimalkan mesin yg ada tanpa membongkar mesinnya....?

* Mesin baru
Umumnya mesin2 Tamiya baru diberi pelindung berupa grease diantara
brush dan kepala dinamonya, di satu sisi brush ini menjaga umur mesin agar
awet tapi di sisi lain pada saat kotor justru menghambat aliran listrik.....
utk memaksimalkan kerja mesin, kita harus membuang grease ini dg cara
menyemprotnya dg cairan cleaner (general,supersonic,dsb) dg
menyemprotnya melalui lubang yg ada di tutup tabung & bawah tabung...
sambil diputer pelan2 as mesinnya....lalu di ketok2 pelan agar kotorannya
keluar dari lubang2 tersebut.
Cara ini dilakukan beberapa kali sampai mesin benar2 bersih dari
grease/kotoran....
jika kotorannya sulit keluar bisa dibantu dg menyalakan mesin beberapa saat
lalu mengulangi proses diatas..
Setelah mesin benar2 bersih, jangan lupa menyemprot pelumas/penetrant
(philips,wd 40,dsb) setiap kali mesin hendak diturunkan utk menggantikan
pelindung (grease) yg sudah kita buang.

* Indrayen/pemanasan,dsb
Umumnya mesin2 mini 4wd bisa lsg digunakan tanpa pemanasan terlebih
dahulu, berbeda dg RC yg lbh kompleks.........
ada beberapa cara yg bisa digunakan dari yg sederhana ampe cara yg rumit
-Memakai batere bekas/alkaline bekas
mesin dinyalakan sekitar 5/10 menit sebelum digunakan, setelahnya di
bersihkan dg cleaner....semprot pelumas..
- Dummy
As mesin yg hendak dipakai dihubungkan as dg mesin lain/bor....lalu mesin
dummy/bor tsb dinyalakan dg putaran perlahan
- Air
Prosesnya sama dg dummy cuma mesin yg hendak dipakai diletakkan
didalam air yg berfungsi merekatkan partikel2 carbon/arang secara kimia &
memisahkannya dari partikel2 lain/kotoran.

* Mesin Drop/rusak (tidak berlaku utk mesin yg sudah terbakar)
- Cara yg paling sederhana mesin disemprot cleaner terus di ketok pelan2
beberapa kali sampai bener2 bersih
Utk yg lbh spesifik bisa dg cara:
- bisa dg cara indrayen air, lalu dibersihkan& tunggu kering....semprot dg
pelumas lalu dinyalakan pelan2 sambil disemprot cleaner
bt membuang sisa2 kotoran yg ada.
- Indrayen air bisa diganti dg merendam mesin di wash bensin antara 3-5
menit, setelah itu disemprot dg cleaner dalam posisi mesin berjalan
pelan...terus disemprot pelumas.

Setelah salah satu cara diatas dijalankan, mesin disemprot dg cairan yg
bersifat melapisi/lubricant....setelah itu dijalankan beberapa saat, semprot...
diulangi terus sampai suara mesin menjadi halus.....

Pemakaian Pelumas, cleaner, dsb sebaiknya diperhatikan......karena beberapa semprotan mungkin bagus buat mesin tapi dapat merusak komponen plastik (gearbox,chasis,dsb)

Pantangan paling utama utk mesin2 standart adalah tertahan lama dalam keadaan diam, karena akan menyebabkan suhu mesin meningkat & terbakar.
dolphinblue - 21/10/2009 12:08 PM
#4

Kendala2 yg sering ada saat bermain STO
*Mobil keluar pada saat menikung
Perhatikan :
- trek yg diallui rusak/sobek tdk
- Tiang
- Susunan roller
- ketajaman roller besi/dural
- Ada/ tdk bagian chasis & akar yg sobek/retak

*Setingan utk mobil yg dongak ......
sebelumnya kita mesti tau dulu kenapa mobil itu dongak......
Di STO rata2 mesin bersifat RPM, & dg trik2 yg ada maintenance mesin, permainan gear, ban, dsbnya yg pada akhirnya dapet membuat mobil tambah kenceng, tapi yg nambah sma bersifat RPM....itu yg bikin mobil jadi dongak begitu lompat di bridge/sloop.
Beberapa cara utk mengatasinya (khusus STO, utk sloop beberapa kasus berlaku sebaliknya)
1. Coba ganti mesin lainnya
2. Stik rem bawah dibuat lbh pendek (mendekati trek)
3. pemberian busing utk setiap tiang, dg tujuan semakin sedikit lompat dari
roller, makin kecil tenaga roller mendorong mobil kebelakang (dongak)
4. coba ganti dg kap2 berukuran pendek & kecil tanpa sayap
5. Ganti dg gir ratio lbh besar
6. Ganti tiang depan dg ukuran yg lbh pendek dari belakang
7. Ukuran velg+ban roda depan lbh kecil drpd belakang (antara 1-3 mm)

Utk beberapa kasus seperti 2 sloop pertama mobil kita jatuh dg bagus, terus sloop ke 3 dongak, coba bgt turun berikutnya SLoop tsb dicoba turun pertama dg batere full....kalo msh dongak berarti memang karakter sloopnya yg agak landai dibanding 2 sloop lainnya...pemecahannya bisa dg cara2 diatas.
kalo bagus berarti akibat batere........
bgt sloop ke3 batere drop/berkurang shg mesin jadi krg bertenaga.....
pemecahannya batere di discharge dulu sehari sebelum lomba kemudian dicash pake cas biasa.......baru bgt mau turun dicas tembak.
setelah turun jgn lupa batere dicas kembali dg cas biasa sambil nunggu dipakai.
dolphinblue - 21/10/2009 12:39 PM
#5

Quote:
Original Posted By iwan wijaya
ilovekaskus

ayo penggemar balap TAMIYA mini4wd Standar Original
silahkan tanya pada TS nya...... bro vincen


hehehe...Wan bantu2 jawab ya, soalnya aku baru online pagi & malam.......ya moga2 dg adanya thread ini STO makin rame & berkembang

Ijin copy ya bro arsbex



Ratio Gear Tamiya

Stock (GR)
· 5:1 (biru/green) sangat cocok utk technical
· 4.2:1 (merah/coklat) lumayan teknikal
· 4:1 (hitam/coklat) sedikit mengarah ke trek lurus
· 3.5:1 (biru muda/yellow) speed abiis (buanyak lurusnya)

Modified / Banci (GR)
· 3.8:1 biru muda/coklat
· 4.1:1 biru muda/hijau
· 4.3:1 hitam/hijau
· 4.5:1 merah/hijau
· 4.6:1 biru/coklat

Note:
-semuanya dihitung dgn menggunakan pinion 8T,
-pada modified / banci GR, semua gear hrs muat / tidak seret (dimodifikasi dulu),
-ada beberapa GR yg tidak bs diaplikasikan pd chassis tertentu,

o iya, ini klo ada yg penasaran kenapa dpt angka2 di atas / klo ada yg blm paham. Cukup pakai matematika sederhana.
Dengan membagi antar mata gear yg saling bersentuhan.
Ex:
Pro; gear high speed (4:1)
Terdiri dr:
- Pinion (nT) dimana n adl jumlah mata gigi (T=teeth, in english).
- G19 (biru) biasa disebut gear counter, mempunyai 2 sisi. Sisi pertama bersinggungan dengan pinion yg jumlah mata giginya adl 27T (counter pinion) dan sisi yg bersinggungan dengan korona (counter korona) mempunyai 20 mata gigi (20T).
- G20 (oranye) yg terdapat di as roda biasa disebut korona. Memiliki 24 mata gigi (24T)

Hitungannya menjadi:

Counterpinion (27T) / Pinion(8T) : Countercorona (20T) / Corona (24T)
(Biru) (putih) (biru) (orange)

3,375 : 0,833

Hasilnya >>> 4,05 : 1

Bgt pula dgn yg Super high speed (3,5:1)

Counterpinion (28T) / Pinion(8T) : Countercorona (22T) / Corona (22T)
(Hijau) (putih) (hijau) (pink)

3,5 : 1
iwan wijaya - 21/10/2009 12:42 PM
#6

ilovekaskus

ayo penggemar balap TAMIYA mini4wd Standar Original
silahkan tanya pada TS nya...... bro vincen

lebih baik cara merakit dengan benar mobil STO75 dengan berbagai type chasis..

dari yg classic sampai PRO

cara inrayen mesin gmn seh?

mending bahas mana dulu y
gmn bahsa tentang dinamo dulu...

Tar dipoto apa masalah saSis tu
iwan wijaya - 21/10/2009 12:52 PM
#7

Quote:
Original Posted By dolphinblue
hehehe...Wan bantu2 jawab ya, soalnya aku baru online pagi & malam.......ya moga2 dg adanya thread ini STO makin rame & berkembang


ok.....

alat pendukung bermain tamiya,,.. mulai dari batere, charger, tools, box, dll
tolong direferensikan juga ya.....

ayo kawan2 pecinta tamiya STO, kembangkan terus dunia pertamiyaan khususnya STO

bravo TAMIYA
e_c_h_o - 21/10/2009 12:57 PM
#8

Untuk thread ini tolong yang serius ya..jangan sampe OOT...thx..
shadow_phantom - 21/10/2009 01:05 PM
#9

waah keren ni ad thread sendiri bwt STO..
deps - 21/10/2009 01:33 PM
#10

Quote:
Original Posted By dolphinblue

* Indrayen/pemanasan,dsb
Umumnya mesin2 mini 4wd bisa lsg digunakan tanpa pemanasan terlebih
dahulu, berbeda dg RC yg lbh kompleks.........
ada beberapa cara yg bisa digunakan dari yg sederhana ampe cara yg rumit
-Memakai batere bekas/alkaline bekas
mesin dinyalakan sekitar 5/10 menit sebelum digunakan, setelahnya di
bersihkan dg cleaner....semprot pelumas..
- Dummy
As mesin yg hendak dipakai dihubungkan as dg mesin lain/bor....lalu mesin
dummy/bor tsb dinyalakan dg putaran perlahan
- Air
Prosesnya sama dg dummy cuma mesin yg hendak dipakai diletakkan
didalam air yg berfungsi merekatkan partikel2 carbon/arang secara kimia &
memisahkannya dari partikel2 lain/kotoran.


saya udah nyoba buat cara inreyen di air tp memakai dinamo yg murah dulu dan berhasil

setelah itu cara mengeringkannya dengan menggunakan kompresor bila tidak ada saya menggunakan alat yg buat bersihin lensa kamera
[IMG]Klinik Standart Original[/IMG]
baru setelah itu saya jemur
hotsgcom - 21/10/2009 01:35 PM
#11

absen, nubie mang baru mao blajar maen STO nih
mohon bimbingannya
iwan wijaya - 21/10/2009 01:42 PM
#12

Quote:
Original Posted By deps
saya udah nyoba buat cara inreyen di air tp memakai dinamo yg murah dulu dan berhasil

setelah itu cara mengeringkannya dengan menggunakan kompresor bila tidak ada saya menggunakan alat yg buat bersihin lensa kamera
[IMG]Klinik Standart Original[/IMG]
baru setelah itu saya jemur


dinamo super jet ya buat percobaan sekalian plasma lo def...
deps - 21/10/2009 01:48 PM
#13

Quote:
Original Posted By iwan wijaya
dinamo super jet ya buat percobaan sekalian plasma lo def...


nah plasma emang mau buat percobaan
gampang ngeringinnya
kan dinamo plasma serba kebuka tuh bentuknya
coeltman - 21/10/2009 08:24 PM
#14

ngikut ah.... D
yang sto 75 baru punya satu malu:
tapi di kota gw ga ada yg maen sto,
semua maen auldey gfs hammer:


menyimaks aja dulu..... linux2:linux2:linux2:
rbg_e1 - 21/10/2009 10:06 PM
#15

Kalo pemilihan batre bagusnya apa ni?
1.yang tipe NI-CD ato yang Ni-MH?
2.kelebihan batre merk auldey apa ya?soalnya waktu kmaren liat yang dibandung banyakan yang pake batre mrk auldey.
3.saya pake sanyo 2700 & charger merk Prolux Digi-Charger 104, tu dah cukup bagus blom ya?
4.btre yang bagus buat lomba yang berapa ampere ya?
5.ketika lomba, waktu yang tepat buat cas batre kapan ya, apa ketika baru selesai race harus langsung di cas lagi untuk race berikutnya ato gimana ya?
>.:.FYI--selesai race 3 putaran volt batre masih >1,2 volt.

mohon infonya ya D
rbg_e1 - 21/10/2009 10:22 PM
#16

pemilihan ban & velg berpengaruh ga ya?
klo ada pengaruh, pengaruhnya dimana ya? soalnya kemaren waktu lomba banyak juga yang pake velg standar & mobilnya malah lebih kenceng & stabil.
trus bannya pada diolesn cairan pake kuas, itu cairan apa ya?untuk ban karet ato busa?
deps - 21/10/2009 10:56 PM
#17

Quote:
Original Posted By rbg_e1
pemilihan ban & velg berpengaruh ga ya?
klo ada pengaruh, pengaruhnya dimana ya? soalnya kemaren waktu lomba banyak juga yang pake velg standar & mobilnya malah lebih kenceng & stabil.
trus bannya pada diolesn cairan pake kuas, itu cairan apa ya?untuk ban karet ato busa?


nyoba jawab ya
klo ada yg salah tolong dibetulkan
klo ada yg kurang tolong ditambahkan

cairan yg di oles ke ban itu namanya wash bensin
gunanya untuk membersihkan ban dari kotoran agar ban lebih menggigit di trek

biasanya velg buat lomba dipake yg kecil agar mobil gampang mendapat torsi.
klo ban di cari yg agak tipis agar mobil sehabis lompat dan mendarat tidak terlalu membal.
rbg_e1 - 21/10/2009 11:06 PM
#18

Quote:
Original Posted By deps
nyoba jawab ya
klo ada yg salah tolong dibetulkan
klo ada yg kurang tolong ditambahkan

cairan yg di oles ke ban itu namanya wash bensin
gunanya untuk membersihkan ban dari kotoran agar ban lebih menggigit di trek

biasanya velg buat lomba dipake yg kecil agar mobil gampang mendapat torsi.
klo ban di cari yg agak tipis agar mobil sehabis lompat dan mendarat tidak terlalu membal.


wash bensin tu apa ya?bensin biasa ato nama produk?buat ban karet?
kemaren coba tipisin ban busa, tapi ko bis dimaenin di track kayaknya tu ban makin tipis ampe sama tingginya dengan dinding bagian dalem velg. diliat di tempat yang datar(kaca) kayaknya yang kena track bukan cuma bannya aja tapi juga velgnya. jadi solusi yang bagus untuk tipisn ban gimana ya?
e_c_h_o - 21/10/2009 11:14 PM
#19

Quote:
Original Posted By rbg_e1
Kalo pemilihan batre bagusnya apa ni?
1.yang tipe NI-CD ato yang Ni-MH?
2.kelebihan batre merk auldey apa ya?soalnya waktu kmaren liat yang dibandung banyakan yang pake batre mrk auldey.
3.saya pake sanyo 2700 & charger merk Prolux Digi-Charger 104, tu dah cukup bagus blom ya?


klo untuk tamiya bagus yg NiCD karena tipe nya high drain..sehingga menyalurkan seluruh energinya..beda dengan yg NiMh yang nyicil2..kecuali auldey 1300 atau intellect 2000..lagipula NiMH baterainya lebih panjang..bisa bikin chasis miring..

klo untuk baterai menurut para suhu2 dunia per tamiya-an..yg bagus itu auldey 1300 lama,baru auldey 1000 dan sanyo 1000 japan...

sanyo 2700 itu tipe niMH..menurut saya kurang bagus >- tenaganya keluar nyicil..DDD
rbg_e1 - 21/10/2009 11:18 PM
#20

Quote:
Original Posted By e_c_h_o
klo untuk tamiya bagus yg NiCD karena tipe nya high drain..sehingga menyalurkan seluruh energinya..beda dengan yg NiMh yang nyicil2..kecuali auldey 1300 atau intellect 2000..lagipula NiMH baterainya lebih panjang..bisa bikin chasis miring..

klo untuk baterai menurut para suhu2 dunia per tamiya-an..yg bagus itu auldey 1300 lama,baru auldey 1000 dan sanyo 1000 japan...

sanyo 2700 itu tipe niMH..menurut saya kurang bagus >- tenaganya keluar nyicil..DDD


ok deh, thk infonya ya gan D
Page 1 of 110 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > Klinik Standart Original