Pisau
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > Katana dan serba-serbinya
Total Views: 125928 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 146 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Soennar - 26/10/2009 11:08 PM
#1
Katana dan serba-serbinya
Hi,All Katana Lovers
kita mulai ngobrol2 mengenai katana yuks..
sedikit dari ane...
Seperti di indonesia adanya keris..di jepang ada namanya katana..
banyak orang yang bingung dengan istilah samurai dengan katana..
bagi yang belum tahu,
Samurai adalah nama petarung(orangnya) yang berperang dengan menggunakan senjata jarak dekat yang disebut dengan katana.
Katana adalah nama senjata pedang yang digunakan oleh petarung tersebut.
Jadi kita dah klarifikasi yah...
kalau cari pedang..kita sebut katana..
Katana dan serba-serbinya
kalau cari samurai..yang nonggol ane..ha3xkiss
Ada 3 Jenis pedang yang dipakai oleh samurai.
Katana dan serba-serbinya
1.Tanto adalah katana yang berukuran kecil dan lebih biasa digunakan untuk kegiatan ritual harakiri(bunuh diri) dan sebagainya.
2.Wakasashi adalah katana berukuran sedang biasanya sebagai pelengkap atau cadangan di dalam pertarungan.
3.Katana adalah senjata khas jepang yang digunakan oleh samurai yang metode pembuatannya sangat sulit dan metode tertentu.

Visit:
My Website
www.lariztshop.com
YM and FB:
[email]soennar_jaya@yahoo.com[/email]
Ya
Soennar - 26/10/2009 11:09 PM
#2

Ayo2...tambah2 info lagi gan...
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
Soennar - 26/10/2009 11:12 PM
#3

Katana dan serba-serbinya

Katana (刀?) Adalah jenis pedang Jepang (日本刀, nihontō?), Dan sering disebut sebagai "pedang samurai." Dalam pengertian yang tepat, istilah katana di Jepang berlaku untuk setiap jenis tunggal pedang bermata jepang, meskipun, secara tidak benar atau kebiasaan, beberapa orang Jepang dan Barat mendefinisikan pecinta pedang katana sebagai ukuran standar cukup melengkung (yang bertentangan dengan yang lebih tua "tachi "menampilkan lebih gaya kelengkungan) jepang pedang dengan panjang bilah lebih dari 60 cm (23,6 inci). [1] Pada Portugis penunjukan (dieja catana-dijabarkan dari kata dalam bahasa Jepang ketika para pedagang Portugis pertama kali tiba di Jepang) mengacu pada sedikit pedang pendek dan lebih luas, biasanya digunakan untuk membersihkan jalan melalui hutan lebat, atau jika tidak menebang vegetasi liar.

Katana ditandai dengan penampilan yang khas: melengkung, ramping, pedang bermata tunggal, bulat atau persegi penjaga, dan panjang untuk mengakomodasi dua genggaman tangan. Hal ini secara historis telah dikaitkan dengan samurai dari feodal Jepang, dan telah menjadi terkenal dengan ketajaman dan kemampuan memotong, sampai pada titik bahwa pemotongan diakui kemampuan telah mencapai status mitos.

Nah ini Nama Bagian-Bagian pada katana:
Katana dan serba-serbinya
Soennar - 26/10/2009 11:41 PM
#4
Katana dan serba-serbinya
Samurai (侍 atau 士 ?) adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata "samurai" berasal dari kata kerja "samorau" asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi "saburau" yang berarti "melayani", dan akhirnya menjadi "samurai" yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan.

Istilah yang lebih tepat adalah bushi (武士) (harafiah: "orang bersenjata") yang digunakan semasa zaman Edo. Bagaimanapun, istilah samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin (harafiah: "orang ombak"). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.

Samurai dianggap mesti bersopan dan terpelajar, dan semasa Keshogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kakitangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

Etimologi

Perkataan samurai berasal pada sebelum zaman Heian di Jepang di mana bila seseorang disebut sebagai saburai, itu berarti dia adalah seorang suruhan atau pengikut. Hanya pada awal zaman modern, khususnya pada era Azuchi-Momoyama dan awal periode/era Edo pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 perkataan saburai bertukar diganti dengan perkataan samurai. Bagaimanapun, pada masa itu, artinya telah lama berubah.

Pada era pemerintahan samurai, istilah awal yumitori (“pemanah”) juga digunakan sebagai gelar kehormat bagi sejumlah kecil panglima perang, walaupun pemain pedang telah menjadi lebih penting. Pemanah Jepang (kyujutsu), masih berkaitan erat dengan dewa perang Hachiman.

Berikut adalah beberapa istilah lain samurai.

* Buke (武家) – Ahli bela diri
* Kabukimono - Perkataan dari kabuku atau condong, ia merujuk kepada gaya samurai berwarna-warni.
* Mononofu (もののふ) - Istilah silam yang berarti panglima.
* Musha (武者) - Bentuk ringkasan Bugeisha (武芸者), harafiah. pakar bela diri.
* Si (士) - Huruf kanji pengganti samurai.
* Tsuwamono (兵) - Istilah silam bagi tentara yang ditonjolkan oleh Matsuo Basho dalam haiku terkemukanya. Arti harafiahnya adalah orang k Senjata

Samurai menggunakan beberapa macam jenis senjata, tetapi katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan mereka, Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai massa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana, Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai massa Edo.

Apabila seorang anak mancapai usia tiga belas tahun, ada upacara yang dikenali sebagai Genpuku. Anak laki-laki yang menjalani genpuku mendapat sebuah wakizashi dan nama dewasa untuk menjadi samurai secara resmi. Ini dapat diartikan dia diberi hak untuk mengenal katana walaupun biasanya diikat dengan benang untuk menghindari katana terhunus dengan tidak sengaja. Pasangan katana dan wakizashi dikenali sebagai Daisho, yang berarti besar dan kecil.

Senjata samurai yang lain adalah yumi atau busar komposit dan dipakai selama beberapa abad sampai masa masuknyah senapan pada abad ke-16. Busur komposit model Jepang adalah senjata yang bagus. Bentuknya memungkinkan untuk digunakan berbagai jenis anak panah, seperti panah berapi dan panah isyarat yang dapat menjangkau sasaran pada jarak lebih dari 100 meter, bahkan bisa lebih dari 200 meter bila ketepatan tidak lagi diperhitungkan, Senjata ini biasanya digunakan dengan cara berdiri di belakang Tedate (手盾) yaitu perisai kayu yang besar, tetapi bisa juga digunakan dengan menunggang kuda. Latihan memanah di belakang kuda menjadi adat istiadat Shinto, Yabusame (流鏑馬). Dalam pertempuran melawan penjajah Mongol, busur komposit menjadi senjata penentu kemenangan, Pasukan Mongol dan Cina pada waktu itu memakai busur komposit dengan ukuran yang lebih kecil, apalagi dengan keterbatasannya dalam pemakaian pasukan berkuda.

Katana dan serba-serbinya
kop3ko - 27/10/2009 11:49 PM
#5

Saya tertarik sekali dengan katana..
Seperti keris di Indonesia, katana itu apakah bener ada "isi" nya?
Just curious..
Karena secara rahasia umum, keris Indonesia sakti2 apalagi peninggalan jaman dulu..
Hehehe...kalau pengen banget punya katana yang asli, di Jakarta bisa liat dimana sih..

Katana dan serba-serbinya
bossmodem - 28/10/2009 01:40 AM
#6

gan.. numpang baca ya...

menarik tuk dibaca
Soennar - 28/10/2009 02:59 AM
#7

Quote:
Original Posted By kop3ko
Saya tertarik sekali dengan katana..
Seperti keris di Indonesia, katana itu apakah bener ada "isi" nya?
Just curious..
Karena secara rahasia umum, keris Indonesia sakti2 apalagi peninggalan jaman dulu..
Hehehe...kalau pengen banget punya katana yang asli, di Jakarta bisa liat dimana sih..

Katana dan serba-serbinya


Setahu g ada ritual khusus untuk pembuatan katana..
jadi apakah ada isinya??
Setahuku adanya perawatan khusus..
Harga samurai asli jepang itu berkisar antara 50-400Jutaan
g ada temen yang bisa kasih liat u..U bisa langsung aja ke master becool..
Lokasinya di Jogja gan..dia punya lapak katana asli jepang...
dijamin mantab dan bukan tipu2x..
Soennar - 28/10/2009 03:00 AM
#8

Quote:
Original Posted By bossmodem
gan.. numpang baca ya...

menarik tuk dibaca


Mampir2 aja..gan
Soennar - 29/10/2009 02:14 AM
#9

Bushido (Kanji: 武士道 "tatacara ksatria") adalah sebuah kode etik kepahlawanan golongan Samurai dalam feodalisme Jepang. Samurai sendiri adalah sebuah strata sosial penting dalam tatanan masyarakat feodalisme Jepang. Secara resmi, Bushido dikumandangkan dalam bentuk etika sejak zaman Shogun Tokugawa.Makna bushido itu sendiri adalah sikap rela mati negara/kerajaan dan kaisar. Biasanya para samurai dan Shogun rela mempartaruhkan nyawa demi itu,jika ia gagal,ia akan melakukan seppuku (harakiri).Bushido sudah dilakukan pada saat perang dunia II, yaitu menjadi prajurit berani mati.
Katana dan serba-serbinya
trulyrule - 29/10/2009 02:41 AM
#10

gan kalo yang dipake ama ninja itu katana apa bukan??

soalnya gw pernah denger dari temen, katanya ninja itu pakenya "bokken"

tapi mirip2 sama katana juga..


bisa tolong jelaskan bedanya dimana??
Soennar - 29/10/2009 10:00 AM
#11

Quote:
Original Posted By trulyrule
gan kalo yang dipake ama ninja itu katana apa bukan??

soalnya gw pernah denger dari temen, katanya ninja itu pakenya "bokken"

tapi mirip2 sama katana juga..


bisa tolong jelaskan bedanya dimana??


nieh bos,infonya...
semoga nanti sering mampir2 ya..gan
maho
Soennar - 29/10/2009 10:01 AM
#12

A bokken (木剣, bok (u), "kayu", dan ken, "pedang"), adalah kayu jepang pedang yang digunakan untuk pelatihan, biasanya ukuran dan bentuk katana, tapi kadang-kadang lain berbentuk seperti pedang, seperti wakizashi dan tanto. Secara tradisional, karakter Ken (剣) digunakan pada awal kata, untuk istilah-istilah yang berkaitan dengan pedang, misalnya dalam Kendo (剣道"jalan pedang") dan Kenjutsu (剣术"seni pedang") .Demikian, di Jepang, kata bokutō (木刀, "pedang kayu") adalah lebih umum digunakan. [1]

Bokutō tidak boleh dikacaukan dengan shinai, pedang yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk praktek di kendo.

Bokutō adalah tiruan pedang Jepang, terbuat dari kayu.
Hal ini dibuat untuk mempraktikkan bentuk (形"Kata") dalam seni bela diri Jepang (Kenjutsu "剣术") dan juga digunakan untuk kendo dan aikido berlatih berulang-ulang, masing-masing, memotong latihan (素振り"Suburi") dan bentuk.
Soennar - 29/10/2009 10:10 AM
#13

Quote:
Original Posted By trulyrule
gan kalo yang dipake ama ninja itu katana apa bukan??

soalnya gw pernah denger dari temen, katanya ninja itu pakenya "bokken"

tapi mirip2 sama katana juga..


bisa tolong jelaskan bedanya dimana??


Ya..Bro...dah dibaca?
klo sepaham g sih ninja tetap pake katana lah...
kalo pake bokken...
musuhnya kaga mati..bengkak2 aja..he5xmaho
ya kan?
jadi g rasa temen u salah pake istilah kali?
Soennar - 29/10/2009 10:21 AM
#14

Ronin (浪人 ,rōnin?) atau rōshi adalah sebutan untuk samurai yang kehilangan atau terpisah dari tuannya di zaman feodal Jepang (1185-1868). Samurai menjadi kehilangan tuannya akibat hak atas wilayah kekuasaan sang tuan dicabut oleh pemerintah. Samurai yang tidak lagi memiliki tuan tidak bisa lagi disebut sebagai samurai, karena samurai adalah "pelayan" bagi sang tuan.

Dalam budaya populer, ronin didramatisasi sebagai samurai tak bertuan, hidup tak terikat pada tuan atau daimyo dan mengabdikan hidup dengan mengembara mencari jalan samurai yang sejati.

Di zaman Jepang kuno, ronin berarti orang yang terdaftar (memiliki koseki) sebagai penduduk di suatu tempat, tapi hidup mengembara di wilayah lain sehingga dikenal juga dengan sebutan furō (pengembara).
trulyrule - 29/10/2009 12:41 PM
#15

Quote:
Original Posted By Soennar
Ya..Bro...dah dibaca?
klo sepaham g sih ninja tetap pake katana lah...
kalo pake bokken...
musuhnya kaga mati..bengkak2 aja..he5xmaho
ya kan?
jadi g rasa temen u salah pake istilah kali?


hhehehehe ternyata bokken itu pedang kayu yah..

yang ane bayangin, bokken itu seperti katana, tapi lurus,, kalo katana kan agak cembung gitu..
D

maap masih bodo gan D


tapi ane sangat suka sama hal2 berbau pedang jepang \)
Soennar - 29/10/2009 01:14 PM
#16

Quote:
Original Posted By trulyrule
hhehehehe ternyata bokken itu pedang kayu yah..

yang ane bayangin, bokken itu seperti katana, tapi lurus,, kalo katana kan agak cembung gitu..
D

maap masih bodo gan D


tapi ane sangat suka sama hal2 berbau pedang jepang \)


Sama2 ga...
tuker2 info aja...
biar tambah pintar drpd yag laen...
Ha3x
Ga tau asal ngomong aje.he3x.mendingan kaya gini tanya2..
ya ga??
ya gan..
iloveindonesia
Soennar - 30/10/2009 01:06 AM
#17

abutong - 30/10/2009 01:06 PM
#18

numpang nyimak ya gan D
bagus nih buat nambah wawasan ane D
Soennar - 30/10/2009 02:00 PM
#19

Quote:
Original Posted By abutong
numpang nyimak ya gan D
bagus nih buat nambah wawasan ane D


mampir gan?
dah koleksi apa aja?
arisvegian - 30/10/2009 02:22 PM
#20

Nice info gan, mantap deh koleksinya, tampilin picnya juga dong gan
Page 1 of 146 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > Katana dan serba-serbinya