Pisau
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > Katana dan serba-serbinya
Total Views: 125928 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 146 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›

bejosakti - 14/11/2009 07:44 PM
#121

Quote:
Original Posted By SURYAMAN_TNT
ngakak ngakak ngakak

Liat lekuk pedangnya mas, gunung yg jauh malah diliat.


Malam...!
nggak berari deh lihat lekukannya takut kebayang,lihat gunungnya aja dah beuh...
Mommo - 14/11/2009 09:39 PM
#122

paling2 seneng.. kalo liat2 tamahagane katana... kok kek nya bikin seger aja di mata... urat2 lipatan bilahnya seakan2 menunjukkan nilai dari kekuatannya sendiri..

Spoiler for tamahagane

Katana dan serba-serbinya

Katana dan serba-serbinya

Katana dan serba-serbinya

Katana dan serba-serbinya


hmmm.. kalo boleh sedikit berkhayal.. kadang pingin da punya sebiji mah di rumah.. buat di pandang2in... hihihhi..
SURYAMAN_TNT - 15/11/2009 05:58 AM
#123

Quote:
Original Posted By Mommo
paling2 seneng.. kalo liat2 tamahagane katana... kok kek nya bikin seger aja di mata... urat2 lipatan bilahnya seakan2 menunjukkan nilai dari kekuatannya sendiri..

hmmm.. kalo boleh sedikit berkhayal.. kadang pingin da punya sebiji mah di rumah.. buat di pandang2in... hihihhi..


Mumpung ada kang Mommo, mau sekalian tanya.
Sapa tau bisa menjawab kalo gak repot.

Spoiler for ombak

Katana dan serba-serbinya


Itu cara buat lekukan yg seperti ombak bgm kang ???
Apa dia pake baja berlapis juga (balik mipih)

Kalo ya, bgm cara buat lekukan ombaknya? Maen palu apa pahat apa digerinda sekalian ?
simforian - 15/11/2009 06:57 AM
#124

Quote:
Original Posted By Gundul.LEE
katanya samurai asli jepang, yg bener2 diapke sama samurai jaman dulu harganya ampe milyaran ya ??

bener ga sih ??


bener bro, soalnya kan termasuk barang antik...
(dgn catatan "dulu"nya itu seberapa lama...)

Quote:
Original Posted By SURYAMAN_TNT
Mumpung ada kang Mommo, mau sekalian tanya.
Sapa tau bisa menjawab kalo gak repot.

Spoiler for ombak

Katana dan serba-serbinya


Itu cara buat lekukan yg seperti ombak bgm kang ???
Apa dia pake baja berlapis juga (balik mipih)

Kalo ya, bgm cara buat lekukan ombaknya? Maen palu apa pahat apa digerinda sekalian ?



lekukan yg mana?
kalo yg perbatasan gelap dan terang, itu HAMON.
kalo hamon muncul dari proses hardening bilah pedang, makanya bisa dibentuk sesuai keinginan (motifnya macam2)
hardeningnya memakai bahan tanah liat + campuran tertentu, yg dioleskan ke punggung pedang hingga bagian yg diinginkan. pelapisan ini memungkinkan terjadinya proses pendinginan yg berbeda suhu antara bagian yg dilapisi dan tidak, menciptakan terbentuknya dua macam logam yg berbeda struktur kekerasannya (mata pedang sangat keras, punggung relatif lebih lunak)

kalo yg kayak urat halus itu namanya HADA.
hada = steel grain (moga2 istilahnya ga salah \))
terbentuk dari proses pelipatan baja (kayak proses balik mipih juga sih, bedanya logamnya cuman 1 macam aja)
makin banyak lipatan, makin halus hada yg muncul kyknya (mungkin bahan jg pengaruh)

baik hamon, maupun hada, pada dasarnya hasil sampingan dari proses pembuatan pedang itu sendiri, bukan dibuat dgn sengaja. (tapi untuk motifnya sdh dikembangkan/ alias dibuat dgn sengaja)
Hamon terbuat dr hasil sampingan proses hardening (tujuan awal utk pengerasan logam pada bagian tertentu)
Hada terbuat dari hasil folding (tujuan awalnya utk pemurnian logam)

pengerasan pada katana, ditujukan utamanya pada mata pedang utk menghasilkan ketajaman tinggi dan wear resistance yg baik. sedang punggung dibiarkan lebih lunak agar memberikan keuletan (tdk gampang patah) pada pedang saat terjadi benturan.
SURYAMAN_TNT - 15/11/2009 07:32 AM
#125

Quote:
Original Posted By simforian

lekukan yg mana?
kalo yg perbatasan gelap dan terang, itu HAMON.
kalo hamon muncul dari proses hardening bilah pedang, makanya bisa dibentuk sesuai keinginan (motifnya macam2)
hardeningnya memakai bahan tanah liat + campuran tertentu, yg dioleskan ke punggung pedang hingga bagian yg diinginkan. pelapisan ini memungkinkan terjadinya proses pendinginan yg berbeda suhu antara bagian yg dilapisi dan tidak, menciptakan terbentuknya dua macam logam yg berbeda struktur kekerasannya (mata pedang sangat keras, punggung relatif lebih lunak)


Thanks bro atas penjelasannya.
Tapi apa iya perbatasan antara yg keras dan lunak itu pas dilekukan ombakitu?
Atau itu hanya sekedar pamor ?
Jadi tidak pasti dia nempel di mana tetapi itu hanya sekedar lukisan !??
Mommo - 15/11/2009 09:38 AM
#126

Quote:
Original Posted By SURYAMAN_TNT
Thanks bro atas penjelasannya.
Tapi apa iya perbatasan antara yg keras dan lunak itu pas dilekukan ombakitu?
Atau itu hanya sekedar pamor ?
Jadi tidak pasti dia nempel di mana tetapi itu hanya sekedar lukisan !??


yup.. bener apa tadi kata bro simforian... thx bro simforian udah bantuin jawab..
hada terbentuk oleh lipatan baja.. proses ini sedikit mirip memang dengan balik mipih, tidak bisa dibentuk (di gambar2) karena terbentuk dengan sendirinya sesuai bentuk lipatannya.. apalagi di jepun sana, berasa tidak pernah menggunakan bantuan alat lain untuk melipat.. sangat otentik..
dan hamon terbentuk dari diferential hardening, ketika HT dia biasanya diberi sedikit tanah liat pada edge (razor) sebenarnya bentukan hamon pun tidak pernah bisa sempurna.. kecuali hamon yg kadang katana jaman sekarang hamon nya hamon buatan,... kurang paham dengan teknik apa buatnya..
diferential hardening ini bukan hanya pamor yang tidak berfungsi.. tapi sebenarnya ini adalah hasil pemikiran teknologi jaman baheula yg luar biasa..
apabila kita bisa bayangkan atau kita sedikit berpikir dengan logika.. kekerasan yg tidak sama (selang-seling) pada katana.. membantu sebuah pedang untuk memotong.. logika nya menurut saya sih.. dimana edge yg lebih lunak tentunya akan jauh lebih tajam dari edge yg lebih keras.. pada sebuah katana yg seperti2 ini.. adalah jawaban dari setiap bilah senjata..
saya sendiri memiliki pendapat.. dimana sebuah bilah tidak hanya membutuhkan tingkat kekerasan.. namun sangat wajib memiliki kelenturan.. dan sebuah katana yg seperti ini.. tentunya memiliki keseimbangan 2 unsur itu yg luar biasa... ini yg membuat saya selalu mimpi2 memiliki sebuah katana yg seperti ini... salute...\)
uwaklah - 15/11/2009 12:18 PM
#127

Konsep pembuatan hamon sampai sekarang masing dipake dengan 2 tujuan yang sama. Pertama untuk menghasilkan edge yang keras dan punggung pisau yang lebih lunak tapi tangguh. Kedua adalah untuk alasan keindahan. Kenapa gua bilang pisau bukan pedang, karena sekarang ini teknik hamon juga banyak dipakai untuk pisau2 kecil yang notanebe tidak terlalu membutuhkan differential hardening.

Tidak terjadi kekerasan selang seling di situ. Bagian yang di atas adalah bagian lunaknya sementara bagian bawahnya adalah bagian kerasnya. Gitu aja. Dan jangan lupa edge yang tajam dan bertahan ketajamannya dihasilkan dari bagian yang keras bukan karena bagian yang lunak. Kita gak menginginkan edge yang lunak. Cari di literatur2 tentang pedang, pasti kekerasan edge-nya ada di rentang antara 59-61 HRC.

Hamon muncul karena hasil differintial hardening yang di-etching. Apa yang membuat pedang katana tradisional Jepang jadi mahal adalah karena beberapa dikerjakan dengan tangan menggunakan teknik tradisional sesuai ajaran turun temurun. Sehingga secara teknis dan dekoratif sangat indah.

Tapi dari sisi fungsional (bukan bahan pajangan dinding) gua pribadi kalau punya uang lebih pilih Busse AK 47 atau Busse Ruck atau Swamprat Waki. Dikerjakan dengan bahan2 modern dan kualitasnya PASTI di atas baja tradisional yang dihasilkan perajin pedang Jepang. Ini pendapat pribadi seseorang yang gak doyan pajangan dinding atau ratu2 lemari (safe queens) pengumpul debu.
Mommo - 15/11/2009 12:39 PM
#128

nah itu dia sang master nongol memberi komentar.. \)
setiap orang kan berhak punya pilihan bang... D
boleh dong kalo saya juga ngimpi punya katana.. bukan buat pengumpul debu kok.. buat inspirasi aja.. hehehehe..
piss ahh.. Peace:

reff dikit semoga ada manfaatnya
Spoiler for hamon
uwaklah - 15/11/2009 01:07 PM
#129

Quote:
Original Posted By Mommo
nah itu dia sang master nongol memberi komentar.. \)
setiap orang kan berhak punya pilihan bang... D
boleh dong kalo saya juga ngimpi punya katana.. bukan buat pengumpul debu kok.. buat inspirasi aja.. hehehehe..
piss ahh.. Peace:

reff dikit semoga ada manfaatnya


Bole atuh kang Irwan kalo punya mimpi. Gua juga kalau punya uang 40jt dari dulu punya mimpi pengen beli yang ini. Katana hasil forging O-1 buatan Wally Hayes.beer:

Katana dan serba-serbinya
SURYAMAN_TNT - 16/11/2009 09:32 AM
#130

Jadi oe masih bingung.
Apakah pembentukan HAMON yg bergelombang itu besi dibuat bermotif ombak dulu sebelum disatukan dan ditempa ? kayaknya gak mungkin ???
Dan apakah pada perbatasan itu memang menyatu atau ada gap, dalam arti yg mengkilat lebih tebal dari yg tidak, sehingga jika kita pegang terasa pada perbatasannya.
Sebab dulu pernah pegang mulus, jadi antara yg atas dan bawah itu menyatu tanpa terasa ada batas, seperti satu baja saja. Apa yg pernah gw pegang itu palsu ?
uwaklah - 16/11/2009 09:41 AM
#131

Quote:
Original Posted By SURYAMAN_TNT
Jadi oe masih bingung.
Apakah pembentukan HAMON yg bergelombang itu besi dibuat bermotif ombak dulu sebelum disatukan dan ditempa ? kayaknya gak mungkin ???
Dan apakah pada perbatasan itu memang menyatu atau ada gap, dalam arti yg mengkilat lebih tebal dari yg tidak, sehingga jika kita pegang terasa pada perbatasannya.
Sebab dulu pernah pegang mulus, jadi antara yg atas dan bawah itu menyatu tanpa terasa ada batas, seperti satu baja saja. Apa yg pernah gw pegang itu palsu ?


Perbedaan warna terjadi karena perbedaan grain structure antara yang yang berstruktur lebih padat (keras) dan yang struktur yang lebih longgar (lembek). Semuanya terdapat dalam satu bilah pisau. Proses etchinglah yang membedakan dua area tersebut.

Hamon dibuat dalam proses hardening dan dietching pada tahap akhir setelah tempering sebelum kemudian dipoles finishing.
Mommo - 16/11/2009 11:38 AM
#132

Quote:
Original Posted By uwaklah
Perbedaan warna terjadi karena perbedaan grain structure antara yang yang berstruktur lebih padat (keras) dan yang struktur yang lebih longgar (lembek). Semuanya terdapat dalam satu bilah pisau. Proses etchinglah yang membedakan dua area tersebut.

Hamon dibuat dalam proses hardening dan dietching pada tahap akhir setelah tempering sebelum kemudian dipoles finishing.


nice answer bang... \)
Soennar - 17/11/2009 02:56 AM
#133

Quote:
Original Posted By uwaklah
Perbedaan warna terjadi karena perbedaan grain structure antara yang yang berstruktur lebih padat (keras) dan yang struktur yang lebih longgar (lembek). Semuanya terdapat dalam satu bilah pisau. Proses etchinglah yang membedakan dua area tersebut.

Hamon dibuat dalam proses hardening dan dietching pada tahap akhir setelah tempering sebelum kemudian dipoles finishing.


Wah info baru nioeh...
keren,thanks ya..bro..
SURYAMAN_TNT - 27/11/2009 05:48 AM
#134

Quote:
Original Posted By uwaklah
Perbedaan warna ........ dipoles finishing.


Thanks for info.



Safe Queens

Ada satu contoh pengumpul debu.
Untungnya aspal, kalo asli uda diembatin sodara gw kali.
Dulu pernah megang yg asli, tapi waktu liad harganya mana tahan.
Akhirnya kebeli yg buat pajangan.
Bahan gak tau dari apa. Sepertinya bukan besi karena tak dapat diasah.
Cuman kalo diliat COOL juga.

Spoiler for katanya aspal

Katana dan serba-serbinya
Katana dan serba-serbinya
Katana dan serba-serbinya
Lihat yg dilingkarin uda pada grepes.
Padahal cuman dipajang. Mungkin karena jarang dibuka jadi lembab.
samuel.david - 01/12/2009 01:04 AM
#135
knive man
Mohon kenalan dulu nich.. dan numpang tanya.. kalau aku berminat mau cari pedang katana buatan empuh jepun dimana ya?

thank Q
Must_Seagate - 01/12/2009 02:17 AM
#136

Quote:
Original Posted By SURYAMAN_TNT
Thanks for info.



Safe Queens

Ada satu contoh pengumpul debu.
Untungnya aspal, kalo asli uda diembatin sodara gw kali.
Dulu pernah megang yg asli, tapi waktu liad harganya mana tahan.
Akhirnya kebeli yg buat pajangan.
Bahan gak tau dari apa. Sepertinya bukan besi karena tak dapat diasah.
Cuman kalo diliat COOL juga.

Spoiler for katanya aspal

Katana dan serba-serbinya
Katana dan serba-serbinya
Katana dan serba-serbinya
Lihat yg dilingkarin uda pada grepes.
Padahal cuman dipajang. Mungkin karena jarang dibuka jadi lembab.


kalau liat pictnya mas kayaknya itu katana laminatted juga, cman kalo liat gompalnya kok aneh juga ya, barangkali laminatting dilakukan tapi bahan blade ndak dijaga bener qualitasnya beer:

Quote:
Original Posted By samuel.david
Mohon kenalan dulu nich.. dan numpang tanya.. kalau aku berminat mau cari pedang katana buatan empuh jepun dimana ya?

thank Q


Coba cek disini bro
SURYAMAN_TNT - 01/12/2009 03:21 AM
#137

Quote:
Original Posted By Must_Seagate
kalau liat pictnya mas kayaknya itu katana laminatted juga, cman kalo liat gompalnya kok aneh juga ya, barangkali laminatting dilakukan tapi bahan blade ndak dijaga bener qualitasnya beer:


Ini buat pajangan doang mas.
Bahan terbuat dari seperti timah kalau saya bilang.
Jadi tidak dapat diasah. Kalo diasah malah abis, gak bakalan pernah tajam.
Hal ini mungkin untuk menghindari bahaya yg ditimbulkan jika pedang terbuat dari besi dan dipajang.
Jadi ini sebenarnya pajangan berbentuk katana, bukan katana berbentuk pajangan.
Kalo masalah orisinalitas emang dibawa dari sononya, matahari terbit. Dan katanya banyak ditemukan di toko souvenir karena harga relatif murah.
Cuma bukan sama saia D
Soennar - 01/12/2009 06:58 AM
#138

Ya..Sekarang banyak beredar katana2x buatan china yang memang diperjual belikan untuk katana hobiest namun yang menghindari resiko memiliki katana sesuangguhnya plus dari segi financial tentu berbeda pula..
Biasanya design luarannya juga cukup menawan..yang dijadikan hanya sebagai pajangan atau pelengkap busana...
namun perlu diingat bahwa walaupun bukan asli katana bila pemakaian dan perawatannya tidak benar..maka akan merusak katana itu sendiri..
becool1 - 01/12/2009 09:03 AM
#139

Quote:
Original Posted By Soennar
Kaga ada gan...
Nanti saya cari dech....
Lumayan sama juga hobby lama2x buat bisnis...



Harganya berapaan bro??


klo yg kuno agak mahal bro....tp yang baru terjangkau amat, apalagi kl acessoriesnya buatan local...ni ada baru dari sensei...(agak miring harganya, ada inskripsi, 250 thn, ada surat keterangan dr pemerintah jepang). kl mo gantiin, mampir kerumah dunk...n maaf telat bales hbs kerja keras ni....
serunai - 04/12/2009 09:14 AM
#140

Quote:
Original Posted By SURYAMAN_TNT
Thanks for info.



Safe Queens

Ada satu contoh pengumpul debu.
Untungnya aspal, kalo asli uda diembatin sodara gw kali.
Dulu pernah megang yg asli, tapi waktu liad harganya mana tahan.
Akhirnya kebeli yg buat pajangan.
Bahan gak tau dari apa. Sepertinya bukan besi karena tak dapat diasah.
Cuman kalo diliat COOL juga.

Spoiler for katanya aspal

Katana dan serba-serbinya
Katana dan serba-serbinya
Katana dan serba-serbinya
Lihat yg dilingkarin uda pada grepes.
Padahal cuman dipajang. Mungkin karena jarang dibuka jadi lembab.



Itu mungkin sebetulnya bukan sekedar pajangan sih. Itu yang disebut iaito, atau pedang tumpul. Pedang seperti ini biasanya dibuat dari aluminium alloy, dan digunakan untuk latihan iaijutsu, iaido, atau kenjutsu. Biasanya digunakan oleh pemula, setelah sebelumnya menggunakan bokken atau pedang kayu. Nanti kalau dinilai udah cukup nguasain biasanya akan disarankan untuk pakai shinken, yaitu pedang tajam.
Page 7 of 146 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > Katana dan serba-serbinya