Pisau
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > Katana dan serba-serbinya
Total Views: 125928 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 9 of 146 | ‹ First  < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 >  Last ›

Mommo - 10/12/2009 09:07 PM
#161

Quote:
Original Posted By bejosakti
Yang di katana Walagrinya mommo.

@Imfaros : kebeneran.. mang bejo lagi garap katana.. pake hamon pula.. nah ini ada sedikit penampakkan nya yg belom finish sama sekali..
eniwei.. maaf rada burem.. maklum dari hape \(

Spoiler for dihamonan

ini hamon pada bilah laminated mentah
Katana dan serba-serbinya

Katana dan serba-serbinya

Katana dan serba-serbinya

penampakkan pada bilah BM jadi
Katana dan serba-serbinya


keterangan detilnya.. nanti mang bejo nambahin lah D

Quote:
Original Posted By bugsey
punten kang,

maksud sy kesamaan antara balik mipih dan pembuatan katana yaitu adanya baja yg diselipkan diantara bahan yg lebih lunak, jg menggunakan lapisan2 yang dibentuk dengan proses tempa, bukan kesamaan dalam proses pembuatan hamon-nya.


kalo gw sih paham kok pakbro.. D

Quote:
Original Posted By Soennar
Ha3x
kabar2in dong kalo ada pameran piso..mao ikut...nieh..maho


apanan mau ada pameran wiken ini masbro.. ke bdg atuh ????
Soennar - 11/12/2009 02:16 AM
#162

apanan mau ada pameran wiken ini masbro.. ke bdg atuh ????[/QUOTE]

Baru ampe Jakarta..dah 5 hari di Jakarta..
kemaren2 di Bandung...
Wakakakak..belum joodh kali nieh..
next psmeran di Jakrta&Bandung..kabar2in yach..bro..
hollocaust - 11/12/2009 06:37 AM
#163

eeeuuhh, zoom banget katana yg atas.. o
jadi pengen elus² malu:
m4rlin3 - 13/12/2009 01:44 AM
#164

Quote:
Original Posted By bejosakti
kalo TACHI dan SHIRASAYA untuk apa ya ? keperluan samuraiis juga bukan ya om?
Trus macam oyabun tantos dari cold steel yang uwaklah punya?



klo setahu gw gan,
Tachi itu pedang buat samurai yg naik kuda. gagangnya lebih pendek. trus ngiketnya ke pinggang, cembungnya menghadap kebawah, soalnya supaya waktu nyabut pedang gk mentok sm kepala kudanya

ini Tachi gan
Katana dan serba-serbinya


klo Shirasaya itu pedang yg klo dari luar keliatan kek kayu doang, tp dalemnya pedang. Emang lebih praktis sih gk belibet...
tapi bahaya dlm penggunaan duel, coz gk punya pelindung tangan.

ini Shirasaya gan
Katana dan serba-serbinya
Y2YO - 14/12/2009 07:05 AM
#165

informasi yang menarik Gan. tambah wawasan ane disini.

Thanks Gan thumbup:
Soennar - 16/12/2009 02:19 PM
#166

Ayo2x..Ayo2x..Mantab nieh infonya..maho
zaman samurai tuch dimulai banget pada taon berapa?
dan setau saya dalam pembuatan katana ada mengunakan kekuatan mistis juga..
bener ga?
soalnya saya punya temen punya katana harga 2M..tajam dan bisa lawan arus air terjun katanya...pake sesajen..jadi mirp sama keris..
bener tak??
uwaklah - 18/12/2009 05:29 PM
#167

Quote:
Original Posted By Soennar
...dan setau saya dalam pembuatan katana ada mengunakan kekuatan mistis juga.. bener ga? soalnya saya punya temen punya katana harga 2M..tajam dan bisa lawan arus air terjun katanya...pake sesajen..jadi mirp sama keris..
bener tak??


Bagi pembuat katana, membuat pedang bukanlah hal yang sederhana. Apa yang mau mereka buat adalah hal yang sangat penting. Membuat pedang membutuhkan keahlian yang sangat tinggi sehingga membutuhka persiapan lahir bathin yang luar biasa pula.

Itu sebabnya para pembuat senjata ini sebelumnya melakukan puasa dan semedhi yang serius untuk membangkitkan seluruh kekayaan lahiriah dan batiniah mereka. Saking seriusnya mereka biasanya hanya membuat satu atau dua pedang saja dalam setahun. Mereka melakukan persiapan tersebut supaya mereka bisa menghasilkan yang terbaik dan tetap selamat setelah menyelesaikan pekerjaan besarnya. Pedang yang nantinya akan mereka hasil berisi seluruh jiwa dan raga mereka. Itu yang sering kita kenal dengan istilah ada “isinya”.

Gua nggak menjelaskan hal ini dari sisi klenik tapi lebih dari sisi batiniah para pembuatnya. Orang2 seperti ini akan menghasilkan sebuah karya yang membanggakan. Sebuah karya yang tidak saja mewakili kualitas keahlian pembuatnya, tetapi juga mewakili kualitas jiwanya.

Hal2 seperti inilah yang kadang menjadikan legenda2 atau mitos di sekitar pedang katana ataupun keris bisa berkembang dengan subur.
bejosakti - 18/12/2009 06:05 PM
#168

Quote:
Original Posted By uwaklah
Bagi pembuat katana, membuat pedang bukanlah hal yang sederhana. Apa yang mau mereka buat adalah hal yang sangat penting. Membuat pedang membutuhkan keahlian yang sangat tinggi sehingga membutuhka persiapan lahir bathin yang luar biasa pula.

Itu sebabnya para pembuat senjata ini sebelumnya melakukan puasa dan semedhi yang serius untuk membangkitkan seluruh kekayaan lahiriah dan batiniah mereka. Saking seriusnya mereka biasanya hanya membuat satu atau dua pedang saja dalam setahun. Mereka melakukan persiapan tersebut supaya mereka bisa menghasilkan yang terbaik dan tetap selamat setelah menyelesaikan pekerjaan besarnya. Pedang yang nantinya akan mereka hasil berisi seluruh jiwa dan raga mereka. Itu yang sering kita kenal dengan istilah ada “isinya”.

Gua nggak menjelaskan hal ini dari sisi klenik tapi lebih dari sisi batiniah para pembuatnya. Orang2 seperti ini akan menghasilkan sebuah karya yang membanggakan. Sebuah karya yang tidak saja mewakili kualitas keahlian pembuatnya, tetapi juga mewakili kualitas jiwanya.

Hal2 seperti inilah yang kadang menjadikan legenda2 atau mitos di sekitar pedang katana ataupun keris bisa berkembang dengan subur.





Nambah.
kalo pengalaman sendiri saya pernah ngalamin,berbagai macam permintaan dari peminat.
Pernah sampai sampai seorang warga asing meminta dibacakan satu mantra sebelum memulai penempaan yang mantranya beliau sendiri yang bawa ditulis di kain putih.waktu itu barang yang di bikin sebilah pedang sunda katanya.
Ada lagi yang meminta supaya kami waktu menempa harus puasa sambil baca kalimat kalimat Qur"an.dan ditujukan pada seseorang dan dikerjakan hari jum"at kliwon.
Ada yang lainnya waktu menempa kami harus mengingat,membayangkan beungkeut lima atau pocong,selain membaca mantra tertentu,dan yang dibikin pamor buntel mayit.dan jadinya buntel monyet. hahaha....?
tapi hasil dan khasiatnya kami ngak pernah tau,
dan yang pasti mereka mereka berani bayar 10 sampai 12 kali lipat.
dan masih ada cerita lain yang benar benar saya alami.
wallohhu alam ............
Soennar - 23/12/2009 06:20 AM
#169

Quote:
Original Posted By bejosakti
Nambah.
kalo pengalaman sendiri saya pernah ngalamin,berbagai macam permintaan dari peminat.
Pernah sampai sampai seorang warga asing meminta dibacakan satu mantra sebelum memulai penempaan yang mantranya beliau sendiri yang bawa ditulis di kain putih.waktu itu barang yang di bikin sebilah pedang sunda katanya.
Ada lagi yang meminta supaya kami waktu menempa harus puasa sambil baca kalimat kalimat Qur"an.dan ditujukan pada seseorang dan dikerjakan hari jum"at kliwon.
Ada yang lainnya waktu menempa kami harus mengingat,membayangkan beungkeut lima atau pocongk,selain membaca mantra tertentu,dan yang dibikin pamor buntel mayit.dan jadinya buntel monyet. hahaha....?
tapi hasil dan khasiatnya kami ngak pernah tau,
dan yang pasti mereka mereka berani bayar 10 sampai 12 kali lipat.
dan masih ada cerita lain yang benar benar saya alami.
wallohhu alam ............


Sampe segitunya bro...tapi sebenernya kalo dipikir2..
kekuatan begituan gunanya buat apa yah?
apa pengaruh ke unsur ketajaman apa keringanan pedang?
mohon petunjuk agan2...
catros - 23/12/2009 08:55 AM
#170

Quote:
Original Posted By bejosakti
Nambah.
kalo pengalaman sendiri saya pernah ngalamin,berbagai macam permintaan dari peminat.
Pernah sampai sampai seorang warga asing meminta dibacakan satu mantra sebelum memulai penempaan yang mantranya beliau sendiri yang bawa ditulis di kain putih.waktu itu barang yang di bikin sebilah pedang sunda katanya.
Ada lagi yang meminta supaya kami waktu menempa harus puasa sambil baca kalimat kalimat Qur"an.dan ditujukan pada seseorang dan dikerjakan hari jum"at kliwon.
Ada yang lainnya waktu menempa kami harus mengingat,membayangkan beungkeut lima atau pocongk,selain membaca mantra tertentu,dan yang dibikin pamor buntel mayit.dan jadinya buntel monyet. hahaha....?
tapi hasil dan khasiatnya kami ngak pernah tau,
dan yang pasti mereka mereka berani bayar 10 sampai 12 kali lipat.
dan masih ada cerita lain yang benar benar saya alami.
wallohhu alam ............


Quote:
Original Posted By Soennar
Sampe segitunya bro...tapi sebenernya kalo dipikir2..
kekuatan begituan gunanya buat apa yah?
apa pengaruh ke unsur ketajaman apa keringanan pedang?
mohon petunjuk agan2...


menurut gue pribadi
hal-hal seperti itu lebih kepada sugesti pemesannya [lepas dari mutu / kualitas pembuat dan bahan] sehingga dia merasakan apa yg menjadi apa yg dia inginkan. Keyakinan yg tinggi yg mewujudkan apa yg ingin dirasakan

halah ....nohope: kok gue jadi bahas ginian sih....
uwaklah - 23/12/2009 09:03 AM
#171

Quote:
Original Posted By Soennar
Sampe segitunya bro...tapi sebenernya kalo dipikir2..
kekuatan begituan gunanya buat apa yah?
apa pengaruh ke unsur ketajaman apa keringanan pedang?
mohon petunjuk agan2...


Gak ada hubungannya bro. Itulah salah satu mitos yang sering menyelubungi katana atau keris dan semacamnya.

Tajam karena mengasahnya benar. Ringan karena konstruksinya mendukung untuk menghasilkan pedang seperti itu (biasanya tapered ground alias tebal di belakang dan menipis ke depan).
Soennar - 27/12/2009 04:08 AM
#172

Selamat Natal dan Tahun Baru 2010..iloveindonesia
Semoga tambah sukses...
Update lagi cerita samurai, katana,dllnya ya..ganmaho
gigank - 28/12/2009 11:23 PM
#173

need info:
gan ane pernah denger dari salah satu saksi keberadaan bangsa nipon di indonesia kalo ada satu jenis katana yang bisa melingkar di sabuk..
dengan tingkat ketajaman bisa membelah kain sutra dengan sempurna waktu kain itu terbang melintas mata katana tsb...
mohon bimbingan para sesepuh...
Soennar - 29/12/2009 06:59 AM
#174

Setahu saya kita dah bahan mengenai pedang sabuk pada awal page..
Coba dibaca dulu...
Untuk pedang seperti itu saya belum ada channel..mungkin sesepuh yang laen.
iloveindonesiailoveindonesia
catros - 29/12/2009 09:07 AM
#175

Quote:
Original Posted By gigank
need info:
gan ane pernah denger dari salah satu saksi keberadaan bangsa nipon di indonesia kalo ada satu jenis katana yang bisa melingkar di sabuk..
dengan tingkat ketajaman bisa membelah kain sutra dengan sempurna waktu kain itu terbang melintas mata katana tsb...
mohon bimbingan para sesepuh...


hal ini udah pernah dibahas sebelumnya, coba deh liat page sebelumnya
atau thread lain [lupa yg mana]

pada dasarnya kalau bisa melingkar di pinggang pasti bukan katana melainkan gesper atau stagen
eleanor106 - 29/12/2009 09:28 AM
#176

Quote:
Original Posted By catros
hal ini udah pernah dibahas sebelumnya, coba deh liat page sebelumnya
atau thread lain [lupa yg mana]

pada dasarnya kalau bisa melingkar di pinggang pasti bukan katana melainkan gesper atau stagen


di braga festival kemaren gw liat tuh barang... menurut gw sih kaga jelas, tipis bener kayak pseo dapurp

ada 1 pedang panjang(1.5 meter) ada yang lebih pendek(1meteran) n 2 pisau kecil, nempel di 1 sarung... abangnya buka harga 2,5 juta.

sayang, gw cuma pemulung, bukan kolektor, jadi yah... nunggu barang hibah aja lah hammer:
catros - 29/12/2009 10:00 AM
#177

Quote:
Original Posted By eleanor106
di braga festival kemaren gw liat tuh barang... menurut gw sih kaga jelas, tipis bener kayak pseo dapurp

ada 1 pedang panjang(1.5 meter) ada yang lebih pendek(1meteran) n 2 pisau kecil, nempel di 1 sarung... abangnya buka harga 2,5 juta.

sayang, gw cuma pemulung, bukan kolektor, jadi yah... nunggu barang hibah aja lah hammer:


nah...
katana / samurai kan tebal, jadi gak mungkin bisa dilingkarkan ke pinggang
kalau pedang tipis sih mungkin
dan gue sendiri pernah liat langsung pedang seperti itu dan ditawarin untuk jualin dengan harga yg gak masuk akal banget..
uwaklah - 29/12/2009 10:42 AM
#178

Double post
uwaklah - 29/12/2009 10:43 AM
#179

Penipuan! Kebayang gak kalo pedangnya tajam setiap kita pake di celana, pengait gesper kita putus. Belum lagi jari2 kita. Lha wong sutra aja katanya kepotong.
Pisau memang mainan "anak2" orang dewasa, tapi nggak berarti kita adalah anak2 bodoh.
Soennar - 30/12/2009 09:39 AM
#180

Iya..Bro...Setubuh...
eh...Setuju...
Ane juga heran..kok benda macam gitu bisa dibilang katana/samurai(kata abangnya)..
Heran2x...
Bicara tentang katana...mao bahas ring pelindung tangan katana...
tuch bisa dibongkar ga yach?
soalnya banyak juga koleksi2x katana yang memiliki ring pelindung variasi banget..
kalo bisa..kira2x ada chenel ga?agan2?maho
Page 9 of 146 | ‹ First  < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > Katana dan serba-serbinya