ACTIVITY & HOBBY
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
Total Views: 9641 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

FarCry80 - 09/12/2009 10:45 PM
#1
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

Kereta Argo Gede

Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
Stasiun Willem I (Ambarawa), 1905

Agan-agan para Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api mari kita berbagi mengenai segalanya tentang kereta api di trit ini....mari kita jadikan trit ini sebagai media sharing para pencinta kereta api.
old_friends - 10/12/2009 12:31 AM
#2

agan,,tolong posting juga tentang ruang kendali masinis dunk biar ane juga tau..hehehe..
ilovekaskusilovekaskus
FarCry80 - 10/12/2009 12:50 AM
#3

Quote:
Original Posted By old_friends
agan,,tolong posting juga tentang ruang kendali masinis dunk biar ane juga tau..hehehe..
ilovekaskusilovekaskus


Kendali lokomotif terdiri dari 3 komponen utama,yaitu:
1. brake = rem
2. throttle = gas
3. reverser = penentu arah, maju atau mundur

komponen pendukung lain nya:
- Horn = klakson
- light/lamp = lampu
- radio = untuk komunikasi

Spoiler for Gambar
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini


sumber: http://www.semboyan35.com/archive/index.php/thread-1656-11.html
mbahpaijo - 10/12/2009 09:39 AM
#4

Saya juga sering naik kereta api...
Jogja - jakarta...
Jogja - surabaya...

Juga suka naik kereta jadoel jaman belanda. Kebetulan rumah saya di dekat musium kereta ambarawa. Yang mana beberapa kereta apinya masih berjalan. Kereta api uap yang menggunakan bahan bakar kayu dan air.
Kalau naik ini dijamin puas dah. Menyusuri pedesaan dan gunung.
Makanya rel kereta apinya tiga lajur. yang ditengah gerigi untuk tanjakan naik gunung.
Tiket kereta ini 2 juta PP (borongan satu kereta).
Atau 50rb / orang jika tdk borongan.
Tp harus pesan dulu untuk naiknya.

Mahal? anda bisa juga naik lori menyusuri rel kuno ini. cukup 10rb / orang.

Oh ya, kereta ini dibuat rata-rata tahun 1900. Bahkan ada yang 1850.
Saya punya peta tempo doeloe tahun 1937, disitu dah ada rel kereta semarang - jogja.

Ini kereta yang masih jalan...
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

Ini foto stasiun ambarawa tempo doeloe, tahun 1930. Diambil dari dokumentasi stasiun.
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
maklum_newbie - 10/12/2009 01:39 PM
#5

Quote:
Original Posted By mbahpaijo
Saya juga sering naik kereta api...
Jogja - jakarta...
Jogja - surabaya...

Juga suka naik kereta jadoel jaman belanda. Kebetulan rumah saya di dekat musium kereta ambarawa. Yang mana beberapa kereta apinya masih berjalan. Kereta api uap yang menggunakan bahan bakar kayu dan air.
Kalau naik ini dijamin puas dah. Menyusuri pedesaan dan gunung.
Makanya rel kereta apinya tiga lajur. yang ditengah gerigi untuk tanjakan naik gunung.
Tiket kereta ini 2 juta PP (borongan satu kereta).
Atau 50rb / orang jika tdk borongan.
Tp harus pesan dulu untuk naiknya.

Mahal? anda bisa juga naik lori menyusuri rel kuno ini. cukup 10rb / orang.

Oh ya, kereta ini dibuat rata-rata tahun 1900. Bahkan ada yang 1850.
Saya punya peta tempo doeloe tahun 1937, disitu dah ada rel kereta semarang - jogja.

Ini kereta yang masih jalan...
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

Ini foto stasiun ambarawa tempo doeloe, tahun 1930. Diambil dari dokumentasi stasiun.
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini


Dimana tuh gan.rutenya dr mana sampe mana gan.dahHobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
manusiahidup - 10/12/2009 02:28 PM
#6

shakehand: @ all..
saya cenderung ke konsumen dari KA, bukan penikmat D
tapi memang KA satu satunya angkutan paling bersahabat buat saya,..
mau lah belajar bagian bagian, trik trik dll, biar tambah wawasan Peace:

@TS, tolong dong ditambahin jadwal kereta juga,..
sekalian juga trik trik, cacur (cara curang D) dll...
klao bisa di post di pek wan..

sekalian sup:
talijemuran - 10/12/2009 11:55 PM
#7

Saya sejak sd gan demen maen di kereta, heheHobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
ErAsKmra - 11/12/2009 08:45 AM
#8

Quote:
Original Posted By mbahpaijo
Saya juga sering naik kereta api...
Jogja - jakarta...
Jogja - surabaya...

Juga suka naik kereta jadoel jaman belanda. Kebetulan rumah saya di dekat musium kereta ambarawa. Yang mana beberapa kereta apinya masih berjalan. Kereta api uap yang menggunakan bahan bakar kayu dan air.
Kalau naik ini dijamin puas dah. Menyusuri pedesaan dan gunung.
Makanya rel kereta apinya tiga lajur. yang ditengah gerigi untuk tanjakan naik gunung.
Tiket kereta ini 2 juta PP (borongan satu kereta).
Atau 50rb / orang jika tdk borongan.
Tp harus pesan dulu untuk naiknya.

Mahal? anda bisa juga naik lori menyusuri rel kuno ini. cukup 10rb / orang.

Oh ya, kereta ini dibuat rata-rata tahun 1900. Bahkan ada yang 1850.
Saya punya peta tempo doeloe tahun 1937, disitu dah ada rel kereta semarang - jogja.


\( baca posting-nya si mbah jadi sedih nih...
Pas bulan Juni kemaren pergi liburan ke Jogja-Solo sekitarnya, pengennya sih naek kereta. Apa daya, tiket nggak dapet, akhirnya pulang pergi pake kereta yang bisa terbang.

Junior ane protes, "Katanya mau naek kereta, koq kita malah pergi ke Bandara ?". Sampe di Jogja, cari-cari info dan akal supaya bisa pergi ke museum kereta api Ambarawa. Akhirnya dapet, kesampean juga ngeliat kereta tua yang masih bisa beroperasi. Pengen nyoba naek, [sekali lagi] apa daya... \( pas waktu itu kereta-nya dalam masa maintenance... \(
FarCry80 - 11/12/2009 09:54 AM
#9
Jadwal Kereta Api beserta tarif nya
Untuk agan-agan yg memerlukan informasi Jadwal Kereta Api beserta tarif nya, bisa klik di http://infoka.kereta-api.com/jadwal_dan_tarif/

Website nya berisikan:
- Jadwal dan Tarif Berdasar Asal dan Tujuan
- Jadwal dan Tarif Berdasar Kota dan Stasiun
FarCry80 - 11/12/2009 10:04 AM
#10
Sharing Informasi
Agan-agan ini trit-trit yg berhubungan dgn kereta api, cuma berbagi informasi aja gan.mudah2an berkenan.... Nanti akan saya update terus

menipis 1 mm setiap satu kali perjalanan

[Must See]Double Stack Container

[Intip] ruang kabin masinis

[Must see] Tabrakan Kereta Api, Live dari Kamera di Kabin Masinis

>>[URL="https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2906148"]Ngeri Liatnya Gan
mbahpaijo - 11/12/2009 10:45 AM
#11

Nanti saya posting lagi foto2 kereta api baik yang modern maupun yang kuno.
Intinya kan kereta apa, jd kereta kuno spt di ambarawa yg saya posting diatas kan gak masalah ya....
Malah ada keasikan tersendiri lho...

Agan disini, saya kan hobi radio komunikasi juga...

Mohon jika ada yang tahu sistem komunikasi radio di dalam kereta diulas ya. Sekalian foto radio di ruang masinis. Saya penasaran banget spt apa radionya.

Oh ya, yg spt telp di ruang masinis itu apa ya?

Tq
manusiahidup - 11/12/2009 10:52 AM
#12

Quote:
Original Posted By FarCry80
Untuk agan-agan yg memerlukan informasi Jadwal Kereta Api beserta tarif nya, bisa klik di http://infoka.kereta-api.com/jadwal_dan_tarif/

Website nya berisikan:
- Jadwal dan Tarif Berdasar Asal dan Tujuan
- Jadwal dan Tarif Berdasar Kota dan Stasiun


hahaha,
pengalaman buka URL itu kemaren kemaren malah mempersulit sob,...
gua nyari kereta ekonomi, keluarnya malah exe + bisnis, biarpun ada beberapa ekonomi,..
gak efisien bgt laah,.

mohon di babar aja di atas Peace:
manusiahidup - 11/12/2009 10:55 AM
#13

Quote:
Original Posted By mbahpaijo
Nanti saya posting lagi foto2 kereta api baik yang modern maupun yang kuno.
Intinya kan kereta apa, jd kereta kuno spt di ambarawa yg saya posting diatas kan gak masalah ya....
Malah ada keasikan tersendiri lho...

Agan disini, saya kan hobi radio komunikasi juga...

Mohon jika ada yang tahu sistem komunikasi radio di dalam kereta diulas ya. Sekalian foto radio di ruang masinis. Saya penasaran banget spt apa radionya.

Oh ya, yg spt telp di ruang masinis itu apa ya?

Tq


kereta keretanya pertamina juga boleh kok malu:p
FarCry80 - 11/12/2009 02:50 PM
#14

Quote:
Original Posted By manusiahidup
kereta keretanya pertamina juga boleh kok malu:p


Siap gan klo uda ada ntar ane sharing...
FarCry80 - 11/12/2009 03:26 PM
#15
[Sharing Info] bagi yg blm tau kode gerbong kereta api
Sharing info gan, bagi yg blm tau...

Spoiler for kode gerbong kereta api
Mungkin agan2 pernah liat kode yang tertulis disamping gerbong, seperti ini:
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini
bagi agan2 yg blm tau ini penjelasan nya gan.

Gerbong kereta api milik PT Kereta Api (Persero) dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kereta/gerbong penumpang kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif. kemudian Kereta/gerbong makan kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif. dan Kereta Pembangkit atau Kereta Bagasi.
nah kode sebelum tanda ( - ) itu menunjukkan jenis gerbong contoh :

K1 : Gerbong kelas Eksekutif
KM1 : Gerbong Makan kelas Eksekutif
K2 : Gerbong kelas Bisnis
KM2 : Gerbong Makan kelas Bisnis
K3 : Gerbong kelas Ekonomi
KM3 : Gerbong Makan kelas Ekonomi
KMP : Gerbong Makan Pembangkit (Jenis Kereta Makan + Pembangkit Mini) biasanya hanya untuk kelas Ekonomi dan Bisnis (KMP3 & KMP2)
KP : Gerbong Pembangkit Listrik
BP : Gerbong Bagasi Penumpang

kemudian 2 digit setelah tanda ( - ) menunjukkan tahun pembuatan gerbong
contoh : K1-67xxx berarti gerbong kelas Eksekutif tahun pembuatan gerbong 1967

kemudian 1 digit setelah tahun pembuatan menunjukkan kode seri boogie ( Rangkaian Roda Kereta ) setiap seri menunjukkan karakteristik dari beban dan batas kecepatan pacu gerbong , yang saya tahu ada 5 jenis seri yaitu seri 5,6,7,8,9 yang batas kecepatan nya berkisar antara 80km/h – 120 Km/h

Ciri Ciri Boogie seri :
5 >= 1 Boogie 4 roda ditiap tiap roda mengunakan per keong , termasuk per utamanya dengan mak kecepatan 100 km/h .
6 >= 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan per keong , per utama menggunakan per daun dengan mak kecepatan 100 km/h .
7 >= 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan per daun, termasuk per utamanya dengan mak kecepatan 100 km/h .
8 >= 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan suspensi pegas karet, suspensi sekunder menggunakan per keong dengan mak kecepatan 120 km/h .
9 >= 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan suspensi pegas karet, suspensi sekunder menggunakan pegas udara dengan mak kecepatan 120 km/h.

Masih bingung gan? ini contoh nya:
Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

Sumber:
http://andhika-wahyu.web.ugm.ac.id/kereta-api/46.html
http://riandito.wordpress.com/2008/09/04/kereta-api-semboyan/
diet76 - 11/12/2009 04:33 PM
#16

Mbah Andhi ehh mbah paijo..di lokomotif itu sebetulnya yang seperti telepon itu adalah radio lok. Setiap Daop operasi itu memiliki channel tersendiri. Jadi seumpamanya Kereta Api parahyangan dari Bandung ke Jakarta. Pada saat posisi masih dilingkungan Daop 2,maka dia akan memutar channel x (saya lupa channel berapa untuk daop 2 bandung wil barat). Pada saat memasuki stasiun cikampek, dimana posisi kereta memasuki channel wilayah daop 1 jakarta. Masinis akan memindahkan channel ke channel x yang merupakan channelnya daop 1.
Kalau nggak salah, di blog-nya simbah ada deh frekwensinya Daop Semarang. Cuma nggak tahu, itu wil barat atau timur. Sedangkan untuk frekwensi wil Bandung ada di forum sebelah yang khusus membahas "scanner"
Frekwensi-nya juga masih konvensional tidak seperti frekwensi ambon pati yang di kepala delapan.

Sepertinya di setiap stasiun ada repeater-nya (bener nggak sih tulisannya). Karena penerimaan di lokomotif tidak pernah putus dan bersih. Padahal posisi pusat kontrol(kendali) perjalanan kereta terletak puluhan kilo dari posisi lokomotif

Merk radio lokomotif sebagian besar menggunakan merk simmoco.

Untuk tombol PTT dari radio lok terletak di gagang telepon sebelah atas. Mungkin TS atau rekan2 bisa membantu menampilkan gambarnya klo ada yg punya.
Mungkin rekan-rekan lain ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi info saya. Thanks

Quote:
Original Posted By mbahpaijo

Agan disini, saya kan hobi radio komunikasi juga...

Mohon jika ada yang tahu sistem komunikasi radio di dalam kereta diulas ya. Sekalian foto radio di ruang masinis. Saya penasaran banget spt apa radionya.

Oh ya, yg spt telp di ruang masinis itu apa ya?

Tq
mbahpaijo - 11/12/2009 04:46 PM
#17

Quote:
Original Posted By diet76
Mbah Andhi ehh mbah paijo..di lokomotif itu sebetulnya yang seperti telepon itu adalah radio lok. Setiap Daop operasi itu memiliki channel tersendiri. Jadi seumpamanya Kereta Api parahyangan dari Bandung ke Jakarta. Pada saat posisi masih dilingkungan Daop 2,maka dia akan memutar channel x (saya lupa channel berapa untuk daop 2 bandung wil barat). .............Thanks


Mas.. (diet??)...
wewwww.... kok tahu andhi segala yah...
tengkiu penjelasanya. Untuk frekwensinya seh emang gak sulit dideteksi, pada di 17x.xxx.
Berarti kayak kendaraan terbang ya, jika di terminal dia ON di frekwensi setempat. Stetelah terbang dan memasuki area tertentu maka switch ke frekwensi lain.
Tp repeater KA aneh ya, ada suara truuuttt... kayak trunking. Apa model radio di kantor PPKA nya seperti RIG biasa atau radio khusus yg spt telepon juga.
Apa jika PPKA bicara lewat radio semua kereta api yg On dial bisa mendengarkan atau hrs di call spt telepon?
Kalau panggilanya gmn ya. Contohnya geronak terbang kan satu frekwensi dipakai banyak gerobak semua bisa mendengarkan. Ngomongnya gantian... Indonesia 5-2-2 request decebt to level 20....
Kalau KA gimana ya.....
Halah... penasaran amat....

Saya cuma penasaran, radio yg dipakai kereta itu kayak apa. Apa ya emang yang spt tlp itu ya. Hehehehhe sebelumnya saya kira emang telepon beneran.
Kalau di area jabotabek masinisnya kadang pakai HT dia.

Again, thanks penjelasanya... semoga ada yang bisa memunculkan foto radio di kereta api.

Untuk BLOG SAYA, frekwensi radio blm saya update lagi. Walau sebenarnya banyak yang baru dari coklat2 dan hijau2 termasuk duplexnya yg saya dapat. Tp krn ada UU-ITE ntar malah bermasalah.

Thanks, salam kenal (kayaknya dah kenal)....
Salam dari kaki telomoyo, tepian rawa pening..... dingiiinnn..............
diet76 - 11/12/2009 05:01 PM
#18

iya mas..saya kan pernah nanya gimana ngelebarin TX nya vx-3r.
Klo nggak salah dulu di semboyan35.com ada yang pernah bahas sistem radio lokomotif. Nanti klo sudah ketemu saya tarunakan ke simbah.


Quote:
Original Posted By mbahpaijo
Mas.. (diet??)...


Thanks, salam kenal (kayaknya dah kenal)....
Salam dari kaki telomoyo, tepian rawa pening..... dingiiinnn..............
FarCry80 - 12/12/2009 12:25 AM
#19
[Ask] Game simulasi kereta api
Agan2 ada yg suka main Game simulasi kereta api Trainz Railroad Simulator ga?
Boleh minta website penyedia add-on model2 loco,gandengan,dll nya ga? makasi
FarCry80 - 12/12/2009 12:56 AM
#20
[ask] tanda ''+'' di papan stasiun kereta api
gan mau tanya, agan2 pencinta kereta pasti tau dong gmbar ini:

Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini

yg dilingkarin merah kan menunjukkan ketinggian stasiun tersebut dari permukaan laut kan gan?
nah pertanyaan ane, tujuan PT. KAI mencantumkan kan itu tujuan nya buat apa ya gan? ada yg tau ga? makasi gan
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Hobis/Rail fans/Pencinta Kereta Api Mari Gabung Disini