Korea Selatan
Home > Kaskuser Regional > ASIA > Korea Selatan > ₩====informasi tenaga kerja====₩
Total Views: 60895 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 79 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Adhie_pati - 23/01/2010 04:37 PM
#1
₩====informasi tenaga kerja====₩
Untuk rekan-rekan pekerja yang mempunyai informasi yang berhubungan dengan ketenagakerjaan(lowongan kerja,perpanjangan visa,paspor dll)atau ingin bertanya tentang hal yang berhubungan dengan itu silakan posting disini !beer:

Trit pendukung:
7 Langkah kerja ke Korea Selatan
All about gelap/illegal di Korea
cara mengurus kepulangan

Quote:
Original Posted By Ignobal
ngakak: buset 50jt {Warning Penipuan Mood ON}
standartnya xlo Lewat Calo Rp. 28.000.000 , 30.000.000, 35.000.000, 40.000.000
tp ya ada juga si keknya yang abis 50jt, tp biasanya karna suatu hal pernah ketipu,GN atao apalah kurang tau ane xlo ampe 50,,


oke dah gan ane coba flashback mengingat ingat detilenya rincian, bawa kertas ma pulpen ya buat nyatet xixixi Yb

Biaya Kursus B.Korea Rp. 1.200.000 + Bensin Motor D
(ampe bisa,ampe lulus TES, xlo gak lulus boleh belajar lg gratissss)

Biaya TES EPS-Topik +/- Rp. 350.00 + transport PP Rp. 50.000
Biaya Pembuatan Pasport 48 Halaman +/- Rp 300.000
Biaya Foto + Cetak berwarna 4x6 dan 3x4 Rp. 50.000Cetak Yang banyak
Biaya Ngurus SKCK ampe Polres +/- Rp.10.000(gak tau dulu ane kena tarikan apa gak, lupa)

legalisir AKte Kelahiran Rp. 5000
Biaya Ngurus SKCK ampe POLDA Surabaya Rp. 50.000 (udah Termasuk Transport PP + makan Nasi Pecel D )
Biaya Ngambil Sertifikat KLPT di Surabaya Rp. 30.000 (Transport PP, + Makan Nasi Pecel, beli Map, Beli amplop dll
Biaya Foto copy berkas2 dan beli MAP + AMPLOP COKALT +/- Rp. 30.000
Biaya KIRIM dokumen ke JKT Paket SUper Kilat Khusus +/- Rp. 18.000

-------------------udah diatas itu biaya yang kecil2 -----------------------
---------------------Lanjut ke Biaya yang agak Gede-----------------------

Biaya Transport Ke JKT-Kediri prelim PP nyampe Ciracas +/- Rp. 700.000 (Kereta Executive dan Taxin Nyampe CIRACAS)
Biaya Potong Rambut Gundul Rp.10.000
Minjem Dasi Hitam Rp. 20.000 (di JKT apa si yg gak bayar capedes )
Biaya Ojek Mondar mandir Rp. 50.000 (JKT oh JKT capedes )
Biaya Prelim, DP Tiket Pesawat, Medical, Jaket, Buku2, Asrama, Asuransi dll +/- Rp. 7.500.000
Biaya Pelunasan Tiket Pesawat xlo mau berangkat Rp.2.500.000
Biaya Uang Saku gak wajib jumlahnya tapi Normalnya Rp.5.000.000 silahkan tuker ke WON mau tuker di BNP atau dirumah terserah, enakan dirumah. Uang saku ini tujuanya adalah xlo misalnya agan kena Deportasi setelah nyampai sana karna suatu hal, jika Lolos ya buat Bayar asuransi 400.000rb WON, tp biasanya pada gk ada yg mau bayar langsung,maka itu jadilah uang saku untuk biaya hidup disini +/- 2 bulan

Done...!!! capek deh, kriting ni jari, gak nolak xlo ada yang lempar ijo2 :P capedes
Adhie_pati - 23/01/2010 04:40 PM
#2

kabar gembira
Quote:
Pada tahun ini terjadi kenaikan upah minimum (UM) sebanyak 110 won dibanding tahun 2009, sehingga nilai UM tahun 2010 menjadi 4.110 won setiap jam, atau meningkat sebesar 2,75 persen. Para pekerja asing setelah selesai masa 3 tahun, bagi yang memperoleh kesepakatan rekom dari pemilik perusahaan, tanpa pulang ketanah air, dapat langsung diperpanjang selama 2 tahun.

Kenaikan UM tahun 2010 memang lebih rendah apabila dibandingkan dengan kenaikan UM tahun 2009 terhadap UM tahun 2008, yaitu sebanyak 230 won setiap jam atau sebesar 6,1 persen.

lumayan...D
kulodenbagus - 23/01/2010 05:12 PM
#3

Quote:
Original Posted By Adhie_pati

lumayan...D


selamat om.. beer:
OverExpose - 23/01/2010 06:16 PM
#4

senang nya naik gaji DD .. eyke kapan yah malu:
fandyk - 23/01/2010 06:50 PM
#5

Quote:
Original Posted By Adhie_pati


Para pekerja asing setelah selesai masa 3 tahun, bagi yang memperoleh kesepakatan rekom dari pemilik perusahaan, tanpa pulang ketanah air, dapat langsung diperpanjang selama 2 tahun.



Trs sistem rekom yang harus pulang di hapus ya..?

kalo pengen pulang gmn ?? beegh 5 thn g tilik2 rumah.. malu:
Adhie_pati - 23/01/2010 07:34 PM
#6

Quote:
Original Posted By fandyk
Trs sistem rekom yang harus pulang di hapus ya..?

kalo pengen pulang gmn ?? beegh 5 thn g tilik2 rumah.. malu:


betul gan,dah dihapus,malah gak usah bolak-balik ke kedubes Korsel kok,apalagi kalo yg pake data aspalo
kalo kangen rumah ya minta cuti,pasti di kasih kokshakehand2
Penjelasan Tentang Twejikgem

Quote:
Original Posted By sojumori
Gw coba bantu jelasin seputar taejikgeum ya gan:

1.Perusahaan yg memperkerjakan lebih dari 5 orang pekerja WAJIB memberikan taejikgeum kepada pekerja yang sdh bekerja 1 tahun lebih di perusahaan tersebut ketika ybs mengundurkan diri/keluar dari perusahaan tersebut.
Jadi kalau agan blm ada 1 tahun bekerja,agan tidak berhak dapat taejikgeum.Begitu juga kalau pekerja di perusahaan agan kurang dari 5 orang,perusahaan tersebut tidak wajib memberikan taejikgeum.

2.Besarnya taejikgeum adalah rata-rata gaji 3 bulan terakhir dikali lama masa kerja (=dalam bulan) dibagi 12.
Jadi misalnya agan sdh bekerja 2,5tahun (30bulan),gaji agan 3 bulan terakhir sebelum agan keluar misalnya masing2: 1.200.000won,1.500.000won dan 900.000 >won===maka rata2nya adalah:1.200.000won.
Maka besarnya taejikgeum yg berhak agan terima adalah:
(1.200.000x30):12=3 juta won

3.Taejikgeum merupakan uang pesangon dari perusahaan jadi BUKAN dipotong dari gaji agan2 sekalian setiap bulan.Adapun saat ini hampir sebagian besar perusahaan mendaftarkan taejikgeum pekerjanya ke asuransi samsung.Besarnya premi yang dibayarkan oleh perusahaan ke fihak asuransi samsung adalah 8,5% dari gaji pokok pekerja saat mendaftar.Karena upah pokok pekerja di Korea setiap tahun naik,maka bisa dipastikan jumlah taejikgeum yang akan agan terima dari asuransi samsung lebih kecil dari perhitungan yang seharusnya agan terima,maka kekurangannya agan minta dari perusahaan agan.
Misalnya:menurut perhitungan taejikgeum agan 3 juta won tapi agan cuma terima dari asuransi samsung 2,2 juta won maka kekurangan yg 800.000 won harus diberikan dari fihak perusahaan.

Semoga membantu shakehand2

Pindah Kerja
Quote:
Original Posted By sojumori


Ada 3 jenis bidang pekerjaan yang TIDAK DIPERBOLEHKAN pindah ke bidang manufaktur/pabrik:
1.Pertanian
2.Perikanan (kerja di kapal ikan-red)
3.Konstruksi.

Memang kalau agan pilih ke 3 job itu kemungkinan lebih beruntung bisa terbang ke Korea dibanding job manufaktur/pabrik.Cuma masalahnya kalau agan bermasalah agan tdk bisa pindah kerja ke bidang manufaktur/pabrik.Jadi kalau agan kerja di pertanian kudu pindah ke pertnian lagi,perikanan ke perikanan,konstruksi ke konstruksi juga.Karena bidang2 tsb jam kerja,upah dll diatur undang-undang khusus alias tidak sama dengan UU ketenaga kerjaan di bidang manufaktur)

Assuransi Tenaga Kerja
Quote:
Original Posted By sojumori
Mumpung ada waktu...ane coba share ke agan-agan semua.Ane baca pertanyaan-pertanyaan agan dari depan dan coba jelasin satu-satu,mohon mangap kalau ada yg kurang berkenan:

1.Seputar asuransi:
A.Asuransi kepulangan samsung Chulkuk Bohom sebesar 400 ribu won dibayar oleh pekerja dan akan keluar ketika pekerja ybs akan pulang ke negaranya untuk selamanya(karena skrg tdk ada sistem rekom).Syarat klaimnya:hrs ada tiket kepulangan,paspor,ID Card,surat pengantar dari nodongbu perihal rencana kepulangan serta buku tabungan atas nama yang bersangkutan.Semua dokumen bisa di fax atau diantar langsung ke kantor samsung hwaje.

B.Asuransi Jiwa samsung Sanghe Bohom lk 21.000 won,biasanya pembayarannya bersamaan dgn asuransi kepulangan ketika pekerja baru masuk Korea.Gunanya untuk melindungi pekerja dari sakit,kecelakaan serta kematian diluar jam kerja.Klaimnya kalau sakit,dirawat,cacat lk maksimum 15juta won meninggal dunia maksimum 30 juta won.

C.Asuransi kesehatan Euiriyu Bohom. Premi berdasarkan usia serta resiko/riwayat penyakit si pekerja.Premi dipotong setiap bulan dari gaji pekerja.Gunanya untuk mendapatkan potongan sampai 70% jika kita berobat di RS atau menebus obat di apotek yg menerima asuransi ini(hampir semua RS dan apotek menerima).
Note:ada beberapa penyakit serta RS dan apotek yg tdk menerima dan uang premi yg sdh dibayarkan pekerja TDK dapat diambil lagi walaupun ybs tdk pernah memakai asuransi tsb.

D.Asuransi gaji yang tak terbayar Koyong Bohom dipotong dari gaji setiap bulan lk 5rb won.Gunanya untuk memberi tunjangan ganti rugi gaji pekerja yg tidak mampu dibayar oleh perusahaan misalnya dirumahkan karena perusahaan sepi atau perusahaan bangkrut.Besarnya klaim 70% dari gaji pokok atau maksimal 2 juta won.

E.Tunjangan pensiun atau Kukmin Yeonggeum dipotong setiap bulan dari gaji.Besarnya premi 9% dari rata2 gaji dan dibayar masing2 setengahnya oleh perusahaan dan pekerja (4,5% perusahaan 4,5% pekerja).Syarat klaim:tiket kepulangan,paspor/SPLP,ID Card,buku tabungan atas nama sendiri(boleh tabungan di Korea atau di Indonesia yg penting nama sendiri).Semua dokumen tersebut diantar langsung oleh yang bersangkutan ke kantor kukmin setempat.Uang kukmin baru akan cair setelah kantor kumin mendapat konfirmasi dari kantor imigrasi bahwa ybs sudah benar2 keluar dari Korea.Jadi kalau agan lapor ke kukmin trs agan ga jadi pulang uang kukmin ga akan keluar.

F.Taejik Geum samsung.Premi 8,5% dari gaji pokok dan dibayar sepenuhnya oleh perusahaan.

ini dulu gan nanti kalau ada waktu lagi ane share yg lain,semoga bermanfaat.
jim2y02 - 23/01/2010 07:52 PM
#7

Quote:
Original Posted By Adhie_pati
betul gan,dah dihapus,malah gak usah bolak-balik ke kedubes Korsel kok,apalagi kalo yg pake data aspalo
kalo kangen rumah ya minta cuti,pasti di kasih kokshakehand2


iyah..tinggal cuti..enyak..enyak..ntar aje lebaran cuti..mudik..
ichalbajang - 23/01/2010 09:01 PM
#8

lah ane pengen pulang ajaaaa,,,,,
blh gak ya gan kerja cm 3 thn
trus tejigem dari pabrik dapet gk kl 3 thn
Adhie_pati - 23/01/2010 09:16 PM
#9

Quote:
Original Posted By jim2y02
iyah..tinggal cuti..enyak..enyak..ntar aje lebaran cuti..mudik..

ntar ane nitip ya buat yg di malango
Quote:
Original Posted By ichalbajang
lah ane pengen pulang ajaaaa,,,,,
blh gak ya gan kerja cm 3 thn
trus tejigem dari pabrik dapet gk kl 3 thn


boleh kok chal,taejigem itu hitungannya kalo dah genap setahun,klo ente mau pulang 3 tahun biasanya dikasih kok (di hitung 3x,walau yg tahun ke-3 belum genap setahun)
ichalbajang - 23/01/2010 09:57 PM
#10

asyikkk,,,mklm kgk ada tabungan ane
cm berharap dari tejigeum ama kukmin aje D
fandyk - 23/01/2010 10:18 PM
#11

Quote:
Original Posted By Adhie_pati
betul gan,dah dihapus,malah gak usah bolak-balik ke kedubes Korsel kok,apalagi kalo yg pake data aspalo
kalo kangen rumah ya minta cuti,pasti di kasih kokshakehand2


berarti sepi dong kedubes ntar.. D
Adhie_pati - 24/01/2010 08:39 AM
#12

Quote:
Original Posted By kulodenbagus
selamat om.. beer:

tiap tahun naek terus tuh,tapi harga kebutuhan tetep,gak seperti di Indo,gaji tetep harga2 pada melambungnohope:
Quote:
Original Posted By OverExpose
senang nya naik gaji DD .. eyke kapan yah malu:

jangan tanya ke ane dunk gan,ntar ane tanya ke siapa?D
Quote:
Original Posted By fandyk
berarti sepi dong kedubes ntar.. D


biarin,toh kemaren juga ada permainan duit juga...cd:
fandyk - 24/01/2010 09:29 AM
#13

Eh ngomong2 masalah gaji...
taun nie naik g ya gaji wa? biasanya pelit banget nie perusahaan mad:
angelzinme - 24/01/2010 03:03 PM
#14

gan ane mau nanya nih peluang kerja buat di restoran ato hotel gitu maklum ane dari sekolah perhotelan , setau ane kalo lewat bnp2tki itu ga ada lowongan buat resto/ hotel gt, mohon pencerahannya yah.....

sekian terima kasih
jim2y02 - 24/01/2010 03:11 PM
#15

Quote:
Original Posted By angelzinme
gan ane mau nanya nih peluang kerja buat di restoran ato hotel gitu maklum ane dari sekolah perhotelan , setau ane kalo lewat bnp2tki itu ga ada lowongan buat resto/ hotel gt, mohon pencerahannya yah.....

sekian terima kasih


kalo lewat BNP2TKI : manufacture, pertanian, perikanan

selain itu lewat jalur sendiri, alias nyari2 sendiri..contoh : guru bahasa inggris bagi anak TK/SD

hotel kemungkinan ada..cman info itu yg agak susah..

maen aja ke sini http://www.work.go.kr/

situsnya nyari kerja dikorea..cman ya itu..ada beberapa syarat..yg hanya bagi yg stay in korea (karena situs korea seh..hehehe..)
angelzinme - 24/01/2010 03:27 PM
#16

Quote:
Original Posted By jim2y02
kalo lewat BNP2TKI : manufacture, pertanian, perikanan

selain itu lewat jalur sendiri, alias nyari2 sendiri..contoh : guru bahasa inggris bagi anak TK/SD

hotel kemungkinan ada..cman info itu yg agak susah..

maen aja ke sini http://www.work.go.kr/

situsnya nyari kerja dikorea..cman ya itu..ada beberapa syarat..yg hanya bagi yg stay in korea (karena situs korea seh..hehehe..)


oohh gitu yah gan, hmm kok bahasa korea gitu yah ane agak2 kesulitan neh ada yang pake bahasa inggris ga gan, bingungs
wy_jepara - 24/01/2010 03:51 PM
#17

Quote:
Original Posted By ichalbajang
lah ane pengen pulang ajaaaa,,,,,
blh gak ya gan kerja cm 3 thn
trus tejigem dari pabrik dapet gk kl 3 thn


knp pulang chal...?
bukanya enak di korea...?
ane jg mo plng aje lah... hammer:
ichalbajang - 24/01/2010 04:07 PM
#18

Quote:
Original Posted By wy_jepara
knp pulang chal...?
bukanya enak di korea...?
ane jg mo plng aje lah... hammer:


enak sich enak bgt om,,,,tp mau lanjutin sekolah aja dulu alias mw kul buat masa depan...D
wy_jepara - 24/01/2010 04:10 PM
#19

Quote:
Original Posted By ichalbajang
enak sich enak bgt om,,,,tp mau lanjutin sekolah aja dulu alias mw kul buat masa depan...D


ohh... ide bagus tuh..
knpa gk ambil kuliah yg ada disini ja
kan kmrn di bhas wkt gath..
ataw sekolah yg lain gtu.... :kimpoi:
ichalbajang - 24/01/2010 04:13 PM
#20

Quote:
Original Posted By wy_jepara
ohh... ide bagus tuh..
knpa gk ambil kuliah yg ada disini ja
kan kmrn di bhas wkt gath..
ataw sekolah yg lain gtu.... :kimpoi:


udah kok om,,,,kan tu UT ntr di Indo kan bs kul reguler lagi D
kl dsni kulnya ane kgk lancar bhsa inggrissnya D
Page 1 of 79 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > ASIA > Korea Selatan > ₩====informasi tenaga kerja====₩