Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > T a l i b a n
Total Views: 14225 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

Fell Flucker - 01/02/2010 03:14 PM
#21

Kampanye Militer Taliban:Serangan ke Kabul dan Penaklukan Herat 1995

T a l i b a n

Awal tahun 1995, Taliban berangkat dengan menggunakan mobil pick-up dan menyerang baris pertahanan Ismail Khan di kota Herat, sebelah timur Afghanistan. Tambahan pasukan juga datang dari daerah Baluchistan dan NWFP di Pakistan. Mereka juga bergerak ke utara dan menaklukan provinsi Urozgan dan Zabul tanpa peperangan. Sebagian lagi bergerak ke arah selatan untuk menaklukkan pasukan Ghaffar AKhunzadeh yang menduduki provinsi Helmand. Terjadi perlawanan sengit, namun pada Januari 1995, Helmand jatuh ke tangan Taliban. Februari 1995 Taliban berhasil merebut provinsi Wardak, yang berjarak 35 mil di selatan ibu kota Kabul.

Taliban terus bergerak hingga menyebabkan 200 anggotanya tewas namun berhasil menguasai Maidan Shahr pada 10 Februari 1995. Sementara itu, Hekmatyar juga sedang memborbardir Kabul. Keberhasilan Taliban menguasai Wardak dan Maidan Shahr membuat Hekmatyar khawatir, karena ia terkepung oleh pasukan Rabbani di utara dan pasukan Taliban di selatan.

Pada tanggal 14 Februari 1995, Taliban berhasil menguasai markas besar Hekmatyar di Charasyab dan merebut banyak senjata dan amunisi. Pasukan Hekmatyar panik dan mereka terpaksa melarikan diri ke arah timur menuju Jalalabad. Pasukan presiden Rabbani dibawah pimpinan Ahmad Shah Massoud kemudian mundur dari Kabul. Taliban lalu membuka semua jalan yang sebelumnya diblokade oleh pasukan Hekmatyar dan memperbolehkan masuknya konvoi truk pembawa makanan menuju kota Kabul. Langkah ini membuat Taliban menjadi populer di kalangan warga Kabul.

Permintaan gencatan senjata yang ditawarkan oleh perwakilan PBB untuk Afghanistan dari Tunisia, Mahmud Mestiri, terabaikan, karena situasi kembali menegang antara pasukan Massoud dan Taliban.

Walaupun pasukan Hekmatyar sudah melarikan diri, Massoud masih direpotkan oleh sejumlah pejuang Syiah Hazara dari faksi Hezb-e Wahdat yang masih berdiam di kawasan sub-urban di selatan Kabul.

Massoud sempat bertemu sebanyak dua kali dengan komandan Taliban, yaitu Mullah Muhammad Rabbani, Borjan, dan Ghaus di Charasayab. Ini adalah pertemuan pertama Taliban dengan lawan terbesar mereka. Taliban meminta agar presiden Burhanuddin Rabbani meletakkan jabatannya dan Massoud harus menyerah.

Taliban juga memulai negosiasi dengan pasukan Hazara. Taliban juga bertemu dengan mediator PBB, Mestiri. Taliban menuntut agar hanya pasukan mereka saja yang boleh menduduki pemerintahan baru yang disponsori oleh PBB. Hal ini ditolak oleh pemerintahan Rabbani dan PBB.

6 Maret 1995, Massoud mengirimkan sejumlah tank untuk menyerang pejuang Hazara, hal ini memaksa pejuang Hazara untuk membuat kesepakatan dengan Taliban, yaitu menyerahkan senjata dan posisi mereka serta memberikan jalan masuk kepada Taliban menuju Kabul.

Pada saat itu, Massoud tidak rela membiarkan Taliban menggantikan posisi pasukan Hazara di selatan Kabul. Pada 11 Maret 1995, Massoud melancarkan serangan terhadap posisi Taliban dan membuat Taliban terdesak.

Pemimpin pejuang Hazara, Abdul Ali Mazari, bergabung dengan Taliban, sedangkan sebagian lagi malah bergabung dengan pasukan Massoud. Mereka secara bersamaan bertempur melawan serangan Massoud. Namun bombardir Massoud sangat hebat, pasukan Hazara dan Taliban berhasil dipukul mundur, dan Massoud berhasil merebut Charasyab yang sebelumnya berhasil direbut Taliban dari Hekmatyar.

Ratusan Taliban tewas, dan ini adalah kekalahan terbesar pertama Taliban dalam sejarah perjalanan mereka. Taliban memiliki struktur dan taktik militer yang jelek, sementara Massoud jauh lebih terorganisir dan berpengalaman.

Sementara itu, pemimpin perang pasukan Hazara, Abdul Ali Mazari, terbunuh sewaktu berada dalam perjalan menuju Kandahar bersama Taliban. Pejuang Hazara menuduh bahwa Mazari tewas akibat didorong keluar dari helikopter oleh Taliban karena berusaha merebut senapan serbu.

Kematian Mazari ini, baik secara sengaja maupun tak sengaja, telah menjadikan Taliban sebagai kelompok yang terkutuk di mata warga Syiah Afghanistan dan juga patron mereka, Iran. Pasukan Hazara tidak akan memaafkan kematian Mazari, mereka kemudian membalasnya dua tahun kemudian (1997) ketika pasukan Taliban gagal merebut utara Afghanistan, ribuan anggota Taliban tewas dibantai oleh pasukan Hazara. Ini adalah potret sangat menakutkan dari konflik sektarian di Afghanistan antara Pashtun vs Hazara, dan antara Sunni vs Syiah.

Pasca kekalahan dan mundurnya Taliban dan Hazara pada Maret 1995, situasi dan kondisi kota Kabul relatif aman.

Di front bagian barat, pada akhir bulan Februari 1995, Taliban berhasil merebut provinsi Nimroz dan Farah dari Ismail Khan. Massoud kemudian mengirim pasukan udaranya dari Kabul, lalu memborbardir garis depan Taliban. Ia juga menurunkan 2.000 pejuang Tajiks untuk membantu pertahanan Ismail Khan di Herat dan Shindand. Sementara itu Taliban tidak memiliki kekuatan udara, dukungan logistik yang buruk, serta struktur komando yang jelek, membuat banyak pasukan Taliban tewas.

Pada akhir Maret 1995, Taliban berhasil didepak keluar dari Shindand. Mereka mundur dan melepaskan teritori yang telah mereka rebut sebelumnya dengan korban tewas mencapai 3.000 orang. Ratusan lainnya terluka dan tewas di tengah gurun karena Taliban tidak memiliki fasilitas medis. Logistik yang buruk membuat mereka tidak mampu menyediakan air dan makanan.

Taliban menderita kekalahan di dua front (Kabul dan Herat). Pemerintah Rabbani kembali menguasai enam provinsi di sekitar Kabul dan Ismail Khan kembali menguasi tiga provinsi di barat Afghanistan. Sebelumnya Taliban telah berhasil menguasai 12 provinsi, kekalahan ini menyisakan 8 provinsi saja yang masih dikuasi, terutama di bagian selatan. Image Taliban sebagai pembawa kedamaian kemudian tercerdai.

Bagi warga Pashtun di selatan Afghanistan, Taliban adalah penyelamat dan pembawa kedamaian. Karena Taliban berhasil membawa kestabilan dan menaikkan harga diri serta kehormatan sebagai orang Pasthun yang selama ini telah direndahkan oleh orang Uzbek dan Tajiks.

Taliban berhasil melucuti seluruh senjata warga, menerapkan hukum dan ketertiban, menjalankan hukum Syariah, dan membuka jalan-jalan untuk perdagangan yang berujung pada menurunnya harga barang2. Langkah ini membuat Taliban diterima oleh masyarakat yang sudah lelah dengan perang dan konflik berkepanjangan semenjak intervensi Soviet di akhir tahun 70an.
BlackArmy - 01/02/2010 04:43 PM
#22

Wah thread keren nih ..ilovekaskus
Selama ini banyak yang hanya menilai Taliban hanya dari "mata" barat & media2 barat spt BBC,CNN,dll..

Oia maaf nih gan bisa tolong jelaskan ga sepak terjang mereka sekarang? yaitu alasan Pengeboman Taliban terhadap sekolah2 wanita,dll?? Apa itu hanya aksi lempar batu, tunjuk orang dari "Barat" &
Apakah ada hubungan'y dengan Keberadaan "BlackWater" di Afganistan ?


Karena Islam kan mengajarkan bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi Pria & Wanita "Talabul'ilmi fariidhatan 'ala kulli muslim wa muslimah".+ Islam sangat menjunjung tinggi Ilmu Pengetahuan.

Thanks kalo dibahas gan ..
socceripoy - 01/02/2010 04:52 PM
#23

Quote:
Original Posted By Fell Flucker
Diatas sudah aku tulis kokPeace:

Osama masuk ke Afghanistan itu setelah kabur dari Sudan. Dia diburu oleh Amerika atas tuduhan pemboman duta besar AS di Kenya dan TanzaniaPeace:

Sebelumnya memang ada penandatanganan perjanjian antara pemerintahan Hafizullah Amin dengan Soviet. Nah perjanjian ini lah yang dipake oleh Sovet untuk menduduki Afghanistan pada 24 Desember 1979Peace:

Alasan itu ditolak oleh negara-negara Barat. PBB mengutuk serangan itu, tapi Resolusi untuk perang Soviet itu kemudian diveto oleh Sovietp

Arab Saudi dan AS sejak awal abad 20 sudah jadi sekutu utama ganPeace:
Arab Saudi adalah negara eksportir minyak no 3 terbesar bagi AmerikaPeace:
Hubungan mesra antara AS-Saudi ini lah yang kemudian di kritik habis-habisan oleh Osama Bin Ladenp

Namun disisi lain Arab Saudi adalah negara yang mengakui pemerintahan Taliban sewaktu 1996-2001Peace:

Dukungan AS terhadap pasukan Mujahidin itu hanya bagian dari Perang Dingin aja. Pada waktu itu kalau gak salah isitilah terkenalnya adalah Doktrin Reagan, yaitu doktrin yang anti-komunis. Mereka akan mendukung kelompok mana saja yang mau berlawanan dengan komunis, seperti di Nikaragua, Amerika mendukung kelompok Contra, di Kuba, Amerika mendukung Possada Carriles dan Orlando Bosch mengacaukan pemerintahan Castro, dan termasuk di Afghanistan ini, yaitu mendukung Mujahidin melawan pemerintahan komunis Democratic Republic of AfghanistanPeace:

Yah, semua juga tahu lah gan, namanya politik tidak ada teman atau musuh abadi, yang ada hanya kepentinganPeace:


dalam politik emang gitu, yg penting kepentingan "saya tercapai" nohope:

jadi Soviet murni dtg ke Afgan untuk belain pemerintahan komunis sono? ( ad motif opium, etc? afgan kan cuma padang pasir dan bukit2 berbatu, ada minyak ga yah? D


saya baru tau afgan dulu komunisnya kental bgt ampe jadi negara boneka Soviet. Jd inget di pelem2, Mujahid keluar dari lubang persembunyian di dataran pasir, mikul peluncur roket RPG di bahu.. tembakk.. cuuss...
adolfyouth - 01/02/2010 05:07 PM
#24

nice inpoh gan
Jacen Solo - 01/02/2010 05:25 PM
#25

jadi inget pilem rambo... yg keberapa tuh yg di afgan... ditembakin sama helix...
kudaperang2 - 01/02/2010 05:51 PM
#26

numpang tanya sobatku..

satu sumber yang aku baca kalo AL QAEDA ADALAH AGEN RAHASIA CIA. dia diciptakan memang untuk memporak-prandakan negeri2 islam. umpama nya Somalia, atau yang paling baru adalah Yaman, termasuk di Indonesia lewat JI,

hal ini berlawanan dengan Taliban yang jelas2 anti Amerika. Sedangkan Al Qaeda dan Taliban bagaikan satu tubuh.

nah, ane jadi bingung?
apakah sebenarnya Taliban tidak berhubungan dengan Al Qaeda?
apakah Al Qaeda memang bukan agen CIA?
atau apakah Taliban tidak tahu kalo Al Qaeda adalah agen rahasia?
allesandre - 02/02/2010 12:41 AM
#27

nice info gano
Fell Flucker - 02/02/2010 12:44 AM
#28

Kampanye Militer Taliban:Serangan ke Kabul dan Penaklukan Herat 1995! Part II

Islmail Khan percaya bahwa Taliban sedang di ambang perpecahan akibat kekalahan di dua front. Khan lalu melancarkan ofensif melawan Taliban, namun ia kurang persiapan dan mengambil timing yang kurang tepat.

Khan sendiri mempunyai sejumlah masalah internal, dia telah melucuti senjata dan mengadakan wajib militer bagi warganya, namun tidak disukai. Untuk menghadapi Taliban, Khan lalu mencabut kebijakan pelucutan senjata. Sementara itu program wajib militer-nya sarat dengan korupsi, morale tempur yang lemah, dan kekurangan sumber daya. Sayangnya, Taliban mengetahui kelemahan2 ini.

Khan mengirim pasukan bermobil dalam jumlah besar, lalu menyerang dan berhasil menguasai Dilaram pada 23 Agustus 1995, dan menguasai sebagian provinsi Helmand seminggu kemudian. Posisinya kini mulai mengancam posisi Taliban di Kandahar. Pasukan Khan pada waktu itu sedang kewalahan dengan permusuhan internal.

Sementara itu Taliban menghabiskan musim panas dengan membangun kembali pasukan mereka dengan senjata, amunisi, bantuan kendaraan dari Pakistan dan Arab Saudi, serta struktur komando baru yang dibuat dengan bantuan penasihat ISI Pakistan. ISI juga membantu Taliban membuat perjanjian dengan Dostum. Dostum mengirimkan sejumlah teknisi dari pasukan Uzbek-nya ke Kandahar untuk memperbaiki pesawat tempur MiG dan helikopter yang berhasil direbut Taliban sebelumnya. Inilah angkatan udara pertama milik Taliban. Sementara itu, pasukan udara Dostum membombardir posisi Khan di Herat.

Taliban mengerahkan 25.000 pasukan (mayoritas adalah relawan dari Pakistan). Pasukan berpengalaman mereka bergerak dengan mobil pick-up Datsun, dan berhasil mengacaukan jalur logistik Khan.

Akhir bulan Agustus di Girishk, Taliban berhasil mendorong pasukan Khan mundur. Pada 3 September 1995, Taliban berhasil menguasai Shindand yang entah kenapa ditinggalkan begitu saja tanpa sedikit pun perlawanan dari pasukan Khan. Dua hari kemudian Taliban berhasil mendesak Khan mundur. Ismail Khan lalu melarikan diri ke Iran beserta sejumlah komandan perangnya dan ratusan pasukan lainnya.

Hari berikutnya, massa pro-pemerintah marah dan mendemo kedutaan Pakistan di Kabul. Peristiwa ini melukai duta besar Pakistan. Hubungan Kabul dan Islamabad jatuh ke titik terendah, terlebih ketika presiden Rabbani secara terang2an menuduh Pakistan sedang mencoba untuk menggulingkan dirinya melalui Taliban.

Taliban kini menguasai barat Afghanistan, yaitu daerah sensitif karena berbatasan langsung dengan Iran. Iran marah pada pasukan Taliban yang didukung oleh Pakistan dan Arab Saudi ini. Iran memperingatkan Taliban agar tidak melintasi perbatasan Iran.

Taliban menangkap ratusan warga Herat, menutup sekolah, dan menerapkan sejumlah larangan sosial dan hukum Syariah yang bahkan lebih keras dari Kandahar. Seluruh administrasi diserahkan pada Pasthun, sebagian besar dari mereka tidak bisa berbahasa Persia dan tidak mampu berkomunikasi dengan warga lokal.

Kejatuhan Herat adalah awal dari kejatuhan pemerintahan Rabbani.

Dengan semangat kemenangn ini, Taliban kembali menyerang Kabul selama Oktober dan November 1995, dengan harapan dapat menguasainya seebelum salju musim dingin turun. Taliban berhasil merebut Charasyab kembali pada bulan Oktober 1995 dan terus menyerang kota Kabul dengan ratusan bom dan roket yang menyebabkan 100 lebih orang tewas dan melukai ratusan lainnya.

10 November 1995, Taliban mengeluarkan ultimatum kepada pemerintah agar meninggalkan Kabul dalam tempo 5 hari, jika tidak, mereka akan terus membombardir Kabul. Belakangan ultimatum ini dicabut.

Serangan Taliban pada akhir tahun 1995 ini kembali berhasil dipatahkan oleh Massoud dan menyebabkan ratusan Taliban tewas. Namun hal ini tidak menyurutkan Taliban untuk terus menyerang Kabul, kali ini dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menyuap pasukan Massoud.
makaribi - 02/02/2010 04:34 AM
#29

Ane pernah baca gan, dari bukunya syiah. Yang meramalkan kejadian peperangan lengkap dengan tahunnya. Katanya bersumber dari perkataan-perkataan Ali bin Abi Thalib. (Tapi ane bukan syiah lho malu )

Jadi begini, konon nanti akan keluar "pemimpin perang" dari negeri yaman. Trus dari Iran (bekas persia) nah Al Mahdi itu keluar dari Mekkah memimpin pasukan gabungan itu. Nah konon sufani keluar dari mesir. Balatentara sufani ini yg berbuat kerusakan. Ane belum tau tuh yg dimaksud sufani itu siapa o
Cuman nanti terjadi peperangan besar di palestina/yerusalem. Dimana tentara gabungan itu dipimpin oleh Al Mahdi. -pemimpin yg diberi petunjuk-

Wallahualam.T a l i b a n
kudaperang2 - 02/02/2010 12:41 PM
#30

betul juga.. dunia ini penuh konspirasi. terus terang, sejak kemunculan al qaeda, negeri2 islam gak henti2nya kena label teroris. dan adanya campur tangan barat. karena alasannya itu: jaringan al qaeda \)
rainheart1988 - 17/02/2010 02:08 AM
#31

nais inpo gan ... ane nyimak aja deh o
zaazmi - 20/04/2010 07:44 PM
#32

bagus gan tritnya..
perang antara mujahidin dgn taliban gmm tu gan.. koq bs jadi perang sipil gituT a l i b a n
phonxxx - 20/04/2010 10:16 PM
#33

Quote:
Original Posted By socceripoy


dalam politik emang gitu, yg penting kepentingan "saya tercapai" nohope:

jadi Soviet murni dtg ke Afgan untuk belain pemerintahan komunis sono? ( ad motif opium, etc? afgan kan cuma padang pasir dan bukit2 berbatu, ada minyak ga yah? D


saya baru tau afgan dulu komunisnya kental bgt ampe jadi negara boneka Soviet. Jd inget di pelem2, Mujahid keluar dari lubang persembunyian di dataran pasir, mikul peluncur roket RPG di bahu.. tembakk.. cuuss...
sovyet tuh dtg ke afghan karena 'undangan', tong.T a l i b a n
AnimeChibis - 20/04/2010 11:02 PM
#34

Quote:
Original Posted By zaazmi
bagus gan tritnya..
perang antara mujahidin dgn taliban gmm tu gan.. koq bs jadi perang sipil gituT a l i b a n


Sederhana saja. Perang Etnis

Taliban = Pashtun
Mujahidin = Uzbek + Tajik

Ini belum ditambah mujahidin dan warlord tak jelas aliansi lainnya macam Dostum dan Hekmatyar

Ditambah memang ideologi tambal ban taliban memang ultra konservatif.
neneknyaIful - 20/04/2010 11:17 PM
#35

kagets:
Nenek baru tau ada thread Taliban disini Peace:

Banyak amir cu matabelo:, nenek ijin bukmak dulu ya Peace:

Anyway bagus thread ginian thumbup:

Lanjutkan. . . D
babamMH - 21/04/2010 03:34 AM
#36

ada yang tau hubungan hezb-e islam-e dengan hizbut-tahrir ya gan maluT a l i b a n
AnimeChibis - 21/04/2010 10:35 AM
#37

Quote:
Original Posted By babamMH
ada yang tau hubungan hezb-e islam-e dengan hizbut-tahrir ya gan maluT a l i b a n


Waktu jaman Mujahidin berkuasa, Hezb Islami tempur melawan Taliban

Waktu Taliban berkuasa, Hezb Islami bergabung bersama Taliban

Kabar terakhir, pasukan Hezb Islami dibunuhi oleh tambal ban taliban alias udah musuhan lagi.
javanissary - 21/04/2010 01:07 PM
#38

nyimak aja gan

terlalu banyak kontroversi n "bau2" konspirasi
javanissary - 21/04/2010 01:09 PM
#39

nyimak aja gan

terlalu banyak kontroversi n "bau2" konspirasi
javanissary - 21/04/2010 01:13 PM
#40

nyimak aja gan

terlalu banyak kontroversi n "bau2" konspirasi peace:
Page 2 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > T a l i b a n