ALL ABOUT DESIGN
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > Improve Your Design!!! (Biar Ga Seharga Cendol!!!!)
Total Views: 15453 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

narottamajati - 16/02/2010 03:18 AM
#61

Quote:
Original Posted By dani_dee
nirmana


hahaha, ane ribet belajar nirmana 2 semester...(2 dimensi & 3 dimensi)
walau masih dasar banget...dan kebanyakan hasil karyanya pada culun, tapi itulah satu2nya mata kuliah yg ngajarin prinsip utama dalam merancang.

sampe sekarang masih tersimpan di alam bawah sadar, ketika ngulik web design...'uhh ini jarak bodytext dan headline kurang longgar' atau 'aduh...nih warna kenapa mesti harus rame gini sih'.

dari nirmana-lah estetika karya desain dapat terjawab.
iloveindonesia

ntar lah, ane nyoba bikin thread karya2 nirmana ane yg sempat kepotret kemaren. sekalian sharing teorinya kuliahnya (kalo ingeeett).
callexis - 16/02/2010 11:00 PM
#62

Quote:
Original Posted By narottamajati
hahaha, ane ribet belajar nirmana 2 semester...(2 dimensi & 3 dimensi)
walau masih dasar banget...dan kebanyakan hasil karyanya pada culun, tapi itulah satu2nya mata kuliah yg ngajarin prinsip utama dalam merancang.

sampe sekarang masih tersimpan di alam bawah sadar, ketika ngulik web design...'uhh ini jarak bodytext dan headline kurang longgar' atau 'aduh...nih warna kenapa mesti harus rame gini sih'.

dari nirmana-lah estetika karya desain dapat terjawab.
iloveindonesia

ntar lah, ane nyoba bikin thread karya2 nirmana ane yg sempat kepotret kemaren. sekalian sharing teorinya kuliahnya (kalo ingeeett).


jadi inget nirmana gw waktu itu. yang tugasnya di ancur2in dosen gw gara2 berantakan en sistem kebut semalem.. D D D

btw kalo ada yang bisa dishare disini untuk meningkatkan desain kita jgn disimpen sendiri, dishare aja dimari D
ownxastiars - 17/02/2010 12:25 AM
#63

dengan kerendahan hati ane ucapin salut buat agan2 yang udah share tentang teori desain-nya..maklum ane masih newbi di bidang ini...n tulisan agan callexis diatas udah ane nyimak, walaupun masih banyak yang harus di pahamin n di pelajarin...
think: D

ada yang mau ane tanyain nih,.sebenarnya harga desain itu ada standarisasinya ga sih biar desain yang dibuat ga seharga Cedol??cendolbig atau punya kisaran sesuai dengan tingkat kesulitannya?yah pasti agan2 sekalian punya pengalaman proyek khususnya untuk desain..mungkin bisa di share disini,.. biar para newbi2 termasuk saya ada gambaran n jg ga bingung ngasih harga kalo ada proyek desain...gitchuuu....bingung

bukannya proses tawar menawar harga desain sama ajakan dengan tawar-menawar di pasar..client pasti tanya harga desainnya dulu,kalo udah cocok langsung dikerjakan..ga mungkin kita kerjain dulu baru tawar menawar..kalo clientnya merasa ga cocok sama desain yang udah kita buat gimana?modar...hammer

mohon maaf gan kalo ada salah2 kata atau pertanyaan,.dimaklumin aje ye...
mudah2an thread ini menjadi ajang diskusi yang sehat...

shakehand2 ilovekaskus iloveindonesia
great_star - 17/02/2010 04:37 PM
#64

ga usah bnyak teoritis gan..jd disainer tuh yg penting jujur ama diri sendiri aja..kbnyakan teori malah hidup ama imajinasi lo pada terkekang..santai aja..alirin aja karya2 lo....peace...
callexis - 17/02/2010 05:59 PM
#65

Quote:
Original Posted By great_star
ga usah bnyak teoritis gan..jd disainer tuh yg penting jujur ama diri sendiri aja..kbnyakan teori malah hidup ama imajinasi lo pada terkekang..santai aja..alirin aja karya2 lo....peace...


justru yang begini yang bedain kita sama orang les khursusan. apa lo bikin desain buat klien lo sesuai apa kata jidat lo? gak kan?

konsep dan teori ini justru nilai jual lo. kalo mo desain & gambar bagus banyak tuh di pinggiran blok m yang gambarnya bagus2 ga kalah sama pelukis2 terkenal.
ownxastiars - 17/02/2010 07:51 PM
#66

Quote:
Original Posted By great_star
ga usah bnyak teoritis gan..jd disainer tuh yg penting jujur ama diri sendiri aja..kbnyakan teori malah hidup ama imajinasi lo pada terkekang..santai aja..alirin aja karya2 lo....peace...


kalo menurut gw sih,emang desainer itu dituntut dengan sendirinya untuk menjamah teori2 yang udah dibahas di atas...emang gw sendiri akuin walau masih newbe konsep dan teori desain itu perlu,..walau memang belom gw pahamin sepenuhnya tapi memang sendirinya bakal diterapin tuh konsep...kalo memang ada pemikiran desainer itu ga usah banyak teoritis n ga terlalu penting..itu pendapat agan...
tapi jujur,..gw aja pas baca teori2 diatas sepertinya udah secara ga sengaja gw praktekin pas ngedesain...memang gw bukanlah seorang desainer,..tapi gw berpendapat sebagai orang yang menikmati seni, desainer itu memang dituntut untuk memahami seni desain..agar gw tetap menikmati desain itu sendiri sebagai karya seni yang harganya melebihi 1 juta x harga cendol...

maju terus desainer indonesia iloveindonesia
atujuheks - 17/02/2010 09:17 PM
#67

wah mantep gan ijin ctrl+d dolo kalo ada ilmu mohon dishare ya D maklum newbie jadi harus bnyk belajarImprove Your Design!!! (Biar Ga Seharga Cendol!!!!)
dani_dee - 17/02/2010 09:35 PM
#68

Quote:
Original Posted By great_star
ga usah bnyak teoritis gan..jd disainer tuh yg penting jujur ama diri sendiri aja..kbnyakan teori malah hidup ama imajinasi lo pada terkekang..santai aja..alirin aja karya2 lo....peace...

mungkin ini bedanya antara "desain" serta "gambar cantik"
ownxastiars - 17/02/2010 10:35 PM
#69

Quote:
Original Posted By dani_dee
mungkin ini bedanya antara "desain" serta "gambar cantik"


yups..mungkin kalo ane tambahin....
desain = Kreatif
gambar cantik = Relatif

betul ga gan??

ilovekaskus
ownxastiars - 17/02/2010 10:46 PM
#70

Quote:
Original Posted By ownxastiars

ada yang mau ane tanyain nih,.sebenarnya harga desain itu ada standarisasinya ga sih biar desain yang dibuat ga seharga Cedol??cendolbig atau punya kisaran sesuai dengan tingkat kesulitannya?yah pasti agan2 sekalian punya pengalaman proyek khususnya untuk desain..mungkin bisa di share disini,.. biar para newbi2 termasuk saya ada gambaran n jg ga bingung ngasih harga kalo ada proyek desain...gitchuuu....


masih nunggu jawaban di atas.....bingung
6run93 - 18/02/2010 11:43 AM
#71

Nice info .....
Membantu ane dalam memahami arti seorang desainer and optimalisasi hasil desain ....

Up .... up .... up
kijokopinter - 18/02/2010 02:14 PM
#72

disadari ato tidak,
"karya kita adalah pengetahuan kita"
Semakin ilmu kita banyak, konsep design kita bisa jadi kuat, hasil design kita pasti punya "ruh"

mengakui ato tidak
"kebanyakan designer hanya membuat sampah visual"
hasil dari proses design adalah karya seni,
namun apa jadinya kalo:
Foto hanya comot dari web orang,
Konsep hanya copy paste and modif dari konsep design orang,
Image/Vector Stock dari hasil "nyuri"
Tak cukup di situ,software yang dipake pun "kebanyakan" bajakan
Jangan marah kalo ada yang nyuri design, lha wong sopwer untuk buatnya aja >curian.==sampah visual ada dimana-mana

Yang Teorinya tinggi,tapi sayang skilnya pas-pasan
Yang Skilnya Tinggi tapi sayang teorinya kurang mumpuni
Yang Idealis kebanyakan kurang inovatif
eh Yang Inovatif kebanyakan nggak punya prinsip

Semoga bukan saya,anda dan kita dan semoga tulisan saya ini salah
kaosten - 19/02/2010 04:39 PM
#73

beer: nice thread my bro!iloveindonesia
narottamajati - 20/02/2010 07:54 PM
#74

Quote:
Original Posted By great_star
ga usah bnyak teoritis gan..jd disainer tuh yg penting jujur ama diri sendiri aja..kbnyakan teori malah hidup ama imajinasi lo pada terkekang..santai aja..alirin aja karya2 lo....peace...


ga usah bnyak teoritis gan

itu pandangan ane awal semester masuk sekolah design. pokoknya kuasain dulu seluruh gaya dan sopwer visual yang akan berhubungan dengan desain grafis sampe fasih dan lancar dalam merancang (pokoknya bener2 dibikin lihai ngedit dengan komputer)

kampus ane edan2an man!...dari sopwer html dasar, css, editing video, flash, digital imaging, 3dmax, fotografi, vector, raster semuanya dicekokin ke mahasiswanya. belum lagi ditambah ilmu seni dasar yg mengharuskan tangan berlelah ria macam; illustrasi, tipografi, nirmana, menggambar sketsa, syuting, dubbing video.

baca buku teori ajah ane males banget, pokoknya seluruh majalah2 & artikel desain dilahap habis2an (e-book juga) yg ada gambar2&typo unik pasti di pelototin satu2, abis itu ditiru & di modif abisan. sehingga seluruh referensi visual tumplek blekgh jadi satu di otak. fungsinya: saat klien meminta kita merancang sesuatu (verbal/tulisan)..desainer dapat dengan mudah menerjemahkannya kedalam bentuk gambar/animasi (visual).

jd disainer tuh yg penting jujur ama diri sendiri

jujur berkarya dan tidak boleh comot sana-sini. nyontek boleh aja kok utk inspirasi, dalam proses pembelajaran utk memahami karakteristik diri. tapi kalo karya udah masuk ke masalah komersial...ada baiknya harus original, seluruh elemen visual dikerjakan dgn sources sendiri (foto, ilustrasi, vektor, video, sound, kode), jgn ragu utk minta dana lebih ke klien. mengapa? karena tiap 'goresan' kecil yg kamu ciptakan ujungnya akan dipertanggung-jawabkan ke publik. publik bertanya tapi desainer bengong = goodbye karir.

kbnyakan teori malah hidup ama imajinasi lo pada terkekang

relatif, ane butuh teori untuk mendampingi dan menjawab pertanyaan klien dengan lihai (agar terlihat pintar). ane butuh teori utk memahami pangsa pasar, memahami peminat, memahami lingkungan, memahami kebiasaan, memahami trend & prioritas. semakin tua, semakin demen baca buku..semakin lihai menciptakan konsep & tema. urusan eksekusi biar jadi sarapan sehari2 desainer junior utk memolesnya hahaha.
narottamajati - 20/02/2010 08:35 PM
#75

Quote:
Original Posted By kijokopinter
disadari ato tidak,
"karya kita adalah pengetahuan kita"
Semakin ilmu kita banyak, konsep design kita bisa jadi kuat, hasil design kita pasti punya "ruh"

mengakui ato tidak
"kebanyakan designer hanya membuat sampah visual"
hasil dari proses design adalah karya seni,
namun apa jadinya kalo:
Foto hanya comot dari web orang,
Konsep hanya copy paste and modif dari konsep design orang,
Image/Vector Stock dari hasil "nyuri"
Tak cukup di situ,software yang dipake pun "kebanyakan" bajakan
Jangan marah kalo ada yang nyuri design, lha wong sopwer untuk buatnya aja >curian.==sampah visual ada dimana-mana

Yang Teorinya tinggi,tapi sayang skilnya pas-pasan
Yang Skilnya Tinggi tapi sayang teorinya kurang mumpuni
Yang Idealis kebanyakan kurang inovatif
eh Yang Inovatif kebanyakan nggak punya prinsip

Semoga bukan saya,anda dan kita dan semoga tulisan saya ini salah


hasil dari proses design adalah karya seni

seni yang dikomersialkan, jadi jgn terlalu berharap dapat setingkat dengan aliran seni & kriya murni handmade.

Foto hanya comot dari web orang,
Konsep hanya copy paste and modif dari konsep design orang,
Image/Vector Stock dari hasil "nyuri"

bayaran ke desainer indonesianya khan gak seberapa, kalo pengen original dan dapat dipertanggung-jawabkan silakan miliki:

1. perlengkapan memotret kompit dgn studio, model, dan akomodasinya.

2. sewa copywritter, illustrator, programmer, fotografer, editor, art director....nah, enak khaaaaaannnn jadi desainer, tinggal ngurus eksekusi & estetika visual ajah.

3. kalo image udah memadai ,software tracing udah bagus, scanner canggih model terbaru...gak perlu alasan lagi utk 'minjem' bahan vector orang-lain.

Tak cukup di situ, software yang dipake pun "kebanyakan" bajakan

jangan ditanya, pemerintah menyediakan lahan utk ngejual perangkat lunak originalnya gak? atau, pemerintah mempersiapkan teknologi jual beli online yg mudah & transparan gak? atau, memangnya ada yg berminat mendistribusikannya ke indonesia?

Jangan marah kalo ada yang nyuri design, lha wong sopwer untuk buatnya aja curian.

merancang dgn sopwer bajakan = hasil karya boleh dibajak

tidak setuju dong, sopwer itu khan hanya medium. karya adalah hasil jerih payah pemikiran & hak intelektual tiap manusia. masa manusia disamakan dengan sopwer.

sampah visual ada dimana-mana

itu mah desainer yg belajar otodidak dan kurang memahami teori & konsep. pokoknya bagus, dipuji, bangga...trus besar kepala. shame of them.

Yang Teorinya tinggi,tapi sayang skilnya pas-pasan
Yang Skilnya Tinggi tapi sayang teorinya kurang mumpuni
Yang Idealis kebanyakan kurang inovatif
eh Yang Inovatif kebanyakan nggak punya prinsip

dunia...gak ada yg sempurna, kecuali saling menguatkan.

teamwork dalam desain adalah toko permen, semua anak kecil (klien) akan tergoda utk lari ke dalem trus ngubek2 lolipop (animasi), gula kapas (web design), buble gum (magz & newspaper layout), gummy bear (anything..bla bla).

yg jadi masalah...marketing & manajemennya sudah bener gak?
endonesiana - 21/02/2010 12:30 AM
#76

Quote:
Original Posted By narottamajati

sampah visual ada dimana-mana

itu mah desainer yg belajar otodidak dan kurang memahami teori & konsep. pokoknya bagus, dipuji, bangga...trus besar kepala. shame of them.



Wah mengdeskredikatkan banget gan....maho

Beruntung agan besar pas dimana sekolah DKV banyak sekarang .....jaman ane jarang gan (baca:ga mampu)... sekalinya ada biayanya muaahhaaalll...

sopwer blom ada bajakan....photoshop masih versi 2.5, corel vers 5.....instalnya masih disket..kiss

Tapi thanks tuk internet ...Teori2 sekarang gampang dicari ....
dan selanjutnya berkembang langsung ke praktek...sesuai dengan jam trbang & case per case semakin terasah....
knatih - 21/02/2010 10:25 AM
#77

Quote:
Original Posted By callexis
justru yang begini yang bedain kita sama orang les khursusan. apa lo bikin desain buat klien lo sesuai apa kata jidat lo? gak kan?

konsep dan teori ini justru nilai jual lo. kalo mo desain & gambar bagus banyak tuh di pinggiran blok m yang gambarnya bagus2 ga kalah sama pelukis2 terkenal.


setuju! dengan landasan teori tertentu sedikit banyak orang-orang yg menyaksikan hasil karya anda akan merasakan "dampak"nya

nah mungkin temen2 yg emang landasannya DKV bisa berbagi ilmu lagi kepada desain amatiran otodidak seperti saya dan lain lain D

saran buat thread ini, pan udah dijelaskan berbagai teori yang ada, bagaimana kalo prakteknya aja langsung, maksud praktek disini ngebahas suatu desain secara teoritis, gak hanya sekedar bagus atau jelek, sebagai ajang menilai suatu desain...kan lumayan jadi pembelajaran ;)
narottamajati - 21/02/2010 10:49 AM
#78

Quote:
Original Posted By endonesiana
Wah mengdeskredikatkan banget gan....maho

Beruntung agan besar pas dimana sekolah DKV banyak sekarang .....jaman ane jarang gan (baca:ga mampu)... sekalinya ada biayanya muaahhaaalll...

sopwer blom ada bajakan....photoshop masih versi 2.5, corel vers 5.....instalnya masih disket..kiss

Tapi thanks tuk internet ...Teori2 sekarang gampang dicari ....
dan selanjutnya berkembang langsung ke praktek...sesuai dengan jam trbang & case per case semakin terasah....


yg bikin ane nge-judge demikian;
ada sih dosen dikampus yg terlalu bangga atas karya otodidaknya (dia lulusan arsitektur), buku2nya best seller (ada 6 buku tutorial yg tebal gitu?)..diakui rektor kampus ane. cuman karyanya itu lho kuno & dasar bgt (merasa bangga dipamerin2 dikelas)...dan gelagatnya itu, ampun. semoga cuman satu didunia.

diralat deh...;
tidak semuanya desainer otodidak 'nyampah visual'. tergantung masing2 tiap individu, ane sendiri belum pernah punya/ngeliat hasil karya temen desainer ane yg otodidak itu seperti apa.

Tapi thanks tuk internet ...Teori2 sekarang gampang dicari ...

gak semua ilmu yg ada dikampus uptodate dengan yg dilapangan. ane juga belajar banyak dari smashingmagazine, web designer depot, psdtuts, blog spoon graphic, six revision, bla bla bla...so, go internet go!.
callexis - 21/02/2010 02:32 PM
#79

Quote:
Original Posted By narottamajati

Tapi thanks tuk internet ...Teori2 sekarang gampang dicari ...

gak semua ilmu yg ada dikampus uptodate dengan yg dilapangan. ane juga belajar banyak dari smashingmagazine, web designer depot, psdtuts, blog spoon graphic, six revision, bla bla bla...so, go internet go!.


ga dari internet aja. dari pengalaman kita dalan dunia desain juga punya pengaruh besar. \)
endonesiana - 21/02/2010 05:13 PM
#80

Quote:
Original Posted By callexis


ga dari internet aja. dari pengalaman kita dalan dunia desain juga punya pengaruh besar. \)


yap!betul bgt agan calexis...

Jam terbang...konsep,brenstormin,presentasi,drafting,proses marketing,standard fee,ngitung biaya produksi,schedule,revisa revisi,ekskusi,bikin f.a,final refinement,ragam klien,improvisasi,exploring skill,masalah2 yg timbul dan cara ngatasinnya, dll...

teori bludak di kepala kalo jarang ktm masalah dilapangan dan tetek bengek printilan kecil2 dan ragam rupa macam klien, yg hrs ksh treatment beda2 sesuai sikon...Yg kaya gini ga pernah dpt walopun sekolah S2..kec.terjun ke dunia nyata...IMO

welcome to the jungle \)Improve Your Design!!! (Biar Ga Seharga Cendol!!!!)
Page 4 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > Improve Your Design!!! (Biar Ga Seharga Cendol!!!!)