Oh ya, buat TS, Judul threadnya
Improve Your Design!!! (Biar Ga Seharga Cendol!!!!)
Ini kaitannya udah bukan sekedar memahami teori, konsep, praktek dan pengalaman gan, ini sudah baur ke theory of bussiness. IMHO
gak ada hubungannya juga dengan jalur resmi atau otodidak. IMHO lagi
gak ada juga hubungannya dengan sampah visual lagi-lagi IMHO
Sebagai contoh : logo telkom yang baru yang katanya lebih kepada logo daktarin atau keluarga berencana ,
yang harusnya kita pahami disini adalah, kalo emang tuh logo gak sesuai dengan teori, konsep dan prinsip komunikasi terus kenapa tuh logo dibandrol sampe miliaran rupiah sama agency yang ngebuatnya??? hayooo tanya kenapa???
kalo menurut saya yang jago disini adalah si marketingnya atau AEnya yang bisa ngejual dan ngeyakinin si telkom untuk ngebayar bill se gede itu. Dan ini masuknya udah ranah teori bisnis gan. karena pasti ada kegiatan persuasi di dalamnya, terlepas dari hasil desain yang di hasilkan.
Ane kasih juga contoh di lapangan atau praktek mungkin kek gini, Untuk desainer yang independent mungkin cocok. Klien yang kita terima bervariasi dari yang bandeng sampe yang kakap, nah, kalo kita dapet yang kakap, kita bisa ngasih umpan yang gede buat tuh klien, yang kemungkinan akan di lahap si klien, dalam arti fee design yang bagus, namun kadang juga yang dateng ke kita ikan bandeng, nah kalo udah begini kan kita gak mungkin juga nyamain umpan yang kita kasih ke klien bandeng ini, Alasannya, 1, mulutnya kekecilan, 2, dia akan beralih ke umpan yang sesuai.
nah, biar kita tuh ikan gak lari dan kita gak dikasih bayaran seharga cendol kita harus fleksible dalam menentukan tarif fee design kita, kalo udah begini bukan hasil desain lagi yang jadi patokan, tapi pendekatan, alasan dan persuasi kita ke klien kenapa harus membayar tarif sesuai penawaran yang kita kasih.
Maaf saya ngebahas ini, soalnya ngebaca thread ini dari awal isinya kurang tepat, kek gini desain bagus harus komunikatif, desain itu harus begini, begitu bla,,blaa..blaaa... tapi gak ada yang ngasih contoh terapan gimana desain yang bagus secara visual dan harga jual.
Ane sendiri independent gan, dengan tim kecil ane baru jalan setahun. Dan untuk ini yang kita tonjolin dalam kegiatan menjual jasa kita adalah di ranah marketing dan managementnya gan, kalo itu udah bagus, baru ranah desainnya digunakan sebagai pendukung utama 2 kegiatan awal tadi. Karena sekarang ini persaingan kompetitip gan, disain bagus sesuai teori dan pakem tapi kalo dibayar cendol kan nyesek gan, dan desain jelek milik orang lain tapi bisa dibayar harga motor kita yang lebih nyesek gan. Sekarang ini desainer bukan hanya dituntut bisa ngedesain jago dan bagus gan, kalo masih menganut paham kek gini, lu sama aja desainer yang idealis, mau jalur resmi atau otodidak. Sekarang ini seorang desainer udah kek agency gan, mesti nguasain manajemen, marketing, dan produksinya.
Mohon maaf sebelumnya, komentar saya di atas merujuk kepada kegiatan atau profesi designer yang independent yang bener2 jadi usaha utama ataupun sambilan, Karena kalo lu desainer yang ikut perusahaan gak akan ada hubungannya sama thread ini, karena posisi lu hanya karyawan yang gak punya hak di dalam menentukan harga suatu desain.
mari kita berdiskusi.
Nih ada thread yang bagus soal harga disain
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=591900
Bukannya ane mau promosi atau apa, males aja udah ngomong banyak2 tapi dibilang teori doang