EDUCATION
Home > CASCISCUS > EDUCATION > PROJECT COUNSELING LOUNGE - Tugas Akhir, Proposal, Skripsi dan Statistika
Total Views: 33998 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 40 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

manur.emvo - 17/03/2011 12:36 PM
#61

Persiapan seminar dan sidang

PROJECT COUNSELING LOUNGE - Tugas Akhir, Proposal, Skripsi dan Statistika

Quote:
Sebelum menghadapi seminar maupun sidang, sebelumnya kita harus meyakinkan diri kita sendiri kalau kita sudah siap menghadapi semuanya itu, sehingga langkah-langkah yang nanti kita persiapkan bisa maksimal. Seminar maupun sidang bukanlah hal yang harus kita takuti, bukanlah menjadikannya momok yang menyeramkan, seminar dan sidang merupakan salah satu acara yang semua mahasiswa akan lalui, jadi Anda yang sebentar lagi akan menghadapi keduanya tidak perlu khawatir, dunia tidak akan runtuh bila Anda gagal, yang terpenting Anda telah mencobanya secara maksimal.
Catatan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri dan juga digabungkan dengan buku “public speaking is easy” karya Johanes Arifin Wijaya semoga berguna untuk teman-teman yang akan seminar dan sidang.
Ada sebuah polling yang diadakan di USA, ketakutan apa yang paling besar, disana ada pilihan-pilihan beruba kematian, ketinggian, masalah keuangan, air yang dalam, penyakit dan berbicara di depan orang banyak. Yang mengejutkan hasil polling tersebut menempatkan berbicara di depan orang banyak adalah hal yang paling ditakuti oleh semua orang. Pertanyaannya adalah kenapa yang pada dasarnya kita sudah terbiasa berbicara dengan orang lain tetapi bila kita berbicara didepan orang banyak kita akan merasakan ketakutan yang luar biasa.


Sehebat apapun bakat&pengalaman Anda miliki,
Persiapan menyumbang 90%
Dari keberhasilan berbicara Anda
(Tantowi Yahya)



Quote:
Beberapa tips untuk menghadapi seminar menurut Dr. Albert Meharbian dalam bukunya The Silent Messages yaitu kuasai 3V dalam komunikasi:
- Verbal
- Voice
- Visual


Spoiler for 1. Verbal

Kata-kata yang kita keluarkan menyumbang kontribusi 7% dari kesuksesan Anda, meskipun persentasinya kecil, kita tidak boleh mengabaikan begitu saja, sering kali kita salah mengucapkan kata ganti orang, sebaiknya mengucapkan “Anda” dibandingkan “Kamu”


Spoiler for 2. Voice

Suara sangat penting bagi Anda sebagai pembicara karena menyumbang 38% dari keberhasilan Anda.


Spoiler for 3. Visual

Cara berpakaian, cara berdiri, gerakan tangan dan mata serta ekspresi wajah turut menyumbang 55%. Ingatlah bahwa orang akan cepat menangkap sebuah informasi dari apa yang mereka lihat, bukan dari mereka dengar


Quote:
Tersenyum (smile) merupakan bahasa universal, tidak ada komunikasi yang lebih andal di antara manusia selain senyuman. Senyum bisa menghapus beda pendapat dan konflik, senyuman menyampaikan penghargaan, senyuman membantu Anda menjadi rileks. Jadi bagaimanapun susahnya, tegangnya suasana seminar dan sidang, usahakan senyuman dan berpikir secara dingin dan rileks.



Arti sebuah senyuman
Harganya tak seberapa, tetapi sangat bermanfaat
Ia memperkaya mereka yang menerima
Tanpa merugikan mereka yang memberikan
Ia hanya terjadi dalam sekejap
Tetapi dikenang selama-lamanya
Tak seorang pun merasa kaya tanpa dirinya
Dan tak seorang pun merasa miskin
Melainkan merasa lebih kaya
Ia menciptakan kebahagiaan di dalam rumah
Membangun itikad baik dalam berusaha
Dan merupakan balas jasa dalam persahabatan
Ia adalah istarahat bagi yang lelah
Sinar bagi yang kecewa, matahari bagi yang sedih dan
Penangkar kesulitan yang terbaik
Tetapi ia tidak dapat dibeli
Dipinjem
Diminta
Atau dicuri
Kerena itu ia sama sekali tidak berguna
Sampai ia diberikan


Quote:
Seminar dalam hal khusus adalah seminar skripsi akan dihadapi oleh semua mahasiswa, cepat atau lambat Anda akan merasakannya, menurut pengalaman saya ada hal yang perlu dipersiapkan dalam seminar skripsi adalah pendalaman materi dari isi skripsi yang kita tulis. Pelajari lagi dan persiapkan diri Anda dari pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga, biasanya pertanyaan dari audiens berupa judul, latar belakang masalah dan rumusan masalah, terkadang juga dari sisi Bab III tentang metode penelitian.


Quote:
Persiapan Tanya jawab
Sesi tanya jawab adalah saat dimana kredibilitas Anda benar-benar diuji. Oleh karena itu, tampilah sebaik mungkin. Pertanyaan yang diajukan oleh audiens maupun Penguji memberikan Anda kesempatan untuk memperjelas dan mempertegas informasi atau skripsi yang Anda tulis.
Pada saat Anda menjawab pertanyaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, (1) pertahankan kontak mata dengan penanya, (2) anggukan kepala Anda untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkannya, (3) ucapakan terima kasih setelah si penanya selesai mengajukan pertanyaan. Beberapa tip dan trik menjawab pertanyaan dari audiens adalah (1) langsung menjawab, (2) pertanyaan balik ke penanya, (3) lontarkan ke peserta lain, (4) minta pendapat ahli.


[CENTER]Lakukan hal yang Anda takutkan
Dan teruslah melakukannya
Itu cara yang paling cepat dan paling pasti
yang pernah ditemukan orang
untuk menaklukan kecemasan
(Dale Carnegie)
[/CENTER]

Quote:
Tips dan masukan diatas bisa menjadi tidak berguna apabila kita sendiri yang tidak mempersiapkan diri sendiri, yang terpenting adalah kesiapan mental dan diri kita. Siapkan fisik kita, siapkan materi yang akan dibawakan nanti dalam sidang. Seminar dan sidang bukanlah hal yang harus kita takuti, tetapi hal yang harus kita hadapi dengan percaya diri. Semoga seminar dan sidang yang nanti Anda hadapi bisa berjalan dengan maksimal. Sekali lagi ini skripsi Anda, ini pentas Anda, dan Andalah yang jadi rajanya.


kalo emang berkenan boleh dong batanya gan...

Salam
manur
slifer2006 - 17/03/2011 12:43 PM
#62

Ih waw akhirnya dibuat juga thread ini recsel
Semoga forum edu makin maju (dan tentunya rapi) dengan adanya thread ini D
siba - 17/03/2011 06:42 PM
#63

ternyata gak terlalu sulit kok sidang
yang penting paham materi yang ingin di presentasikan
dan siap menjawab pertanyaan yang disampaikan o


sekian dari nubie o
donzvie - 08/04/2011 03:39 AM
#64

senasib kita gan,,,ane masih bingung nentuin kasus yg mau diangkat.......
coba diskusi sm dosen-dosen aja gan (diluar dosen pembimbing) pasti nanti dapet pencerahan gan...........
rahardjo19 - 09/04/2011 01:19 PM
#65

bang M joe, ada referensi linknya gak ?
ane tertarik sama Palang Pintu Otomatis kereta api berdasarkan getaran

Ane lagi mau bikin TA jg gan
mimi20 - 25/04/2011 07:23 PM
#66
Tempat Ngebahas Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda
Untuk mencari keterkaitan atau hubungan antara variabel-variabel, biasanya menggunakan analisis regresi linier. Istilah regresi diperkenalkan oleh Francis Galton. Menurut hasil penelitian Francis Galton ada kecendrungan bagi orang tua yang tinggi mempunyai anak yang tinggi dan orang tua yang pendek mempunyai anak yang pendek, distribusi mengenai tinggi dari suatu populasi tidak berubah dari generasi ke generasi. Teknik yang melandasi analisis regresi adalah Ordinary Least Square (OLS). Metode OLS diperkenalkan oleh Carl Friedrich Gauss. Inti dari metode OLS adalah membuat jalan untuk meminimalkan jumlah kuadrat kesalahan dari setiap data yang terdapat pada garis estimasi.

Suatu garis regresi dapat juga dinyatakan sebagai persamaan matematika. Persamaan ini disebut persamaan regresi. Sebuah persamaan regresi sederhana mempunyai satu variabel bebas. Hubungan atau korelasi antara dua variabel melalui persamaan regresi sederhana untuk meramalkan nilai Y dan X yang sudah diketahui nilainya tidak cukup, sebab selain X masih ada variabel lainnya. Apabila didalam persamaan regresi tercakup lebih dari dua variabel, maka regresi ini disebut regresi linier berganda. Dalam regresi linier berganda, variabel tidak bebas Y tergantung dua atau lebih variabel.

Ada 4 asumsi yg harus dipenuhi dalam persamaan regresi yang menggunakan metode kuadrat terkecil atau OLS, yaitu:
1. Asumsi Normalitas
2. Asumsi Korelasi Serial Atau Autokorelasi
3. Asumsi Homoskedastisitas
4. Asumsi Multikolinieritas
Persamaan regresi yang menggunakan metode kuadrat terkecil atau OLS dan sudah memenuhi semua asumsi diatas, maka bisa diperoleh BLUE (Best Linier Unbiased Estimator). Suatu pemerkira disebut BLUE kalau linier (merupakan fungsi linier dari variabel Y dalam model regresi) dan efisien (tanpa bias dan terbaik).

Sebelum kita melakukan analisis data menggunakan regresi linier, ada baiknya terlebih dahulu dilakukan Uji Linieritas, karena hubungan diantara variabel-variabel mempunyai kecenderungan berbentuk linier atau nonlinear. Dengan pemikiran tersebut, perlu dilakukan uji apakah suatu deret berkala dibangun menurut model linear atau nonlinear.

Terimakasih atas kunjungan agan..!!
171s - 26/04/2011 12:16 PM
#67

Quote:
Original Posted By M Joe
ini sedikit judul tugas akhir electro
1. Sistem Telemetri Pengukuran Kondisi Cuaca ( Suhu, kelembababan, Arah Angin, kecepatan angin) mengungakan HP Via SMS
2. Idem pake data paket / (gak pake SMS tetep pake HP)
3. Sistem Telemetri ketingian air sungai pake SMS.
4. Pelaporan dan Pengendalian Peralatan Listrik Rumah Pake HP (SMS)
5. Pengendalian Robot Pakai Wifi bisa tambah camera Wifi/ bisa untuk ROBORT DENSUS 88.
6. Pengendalian Robot Pakai HP.
7. Pembuka Portal pake HP berdasarkan Misscall dengan data anggota yang terdaftar.
8. Pengendali Tulisan Berjalan (Led Dot MAtrik) mengunakan Data gprs (hp).
9. Pemberi makan ikan Otomatis terkedali oleh HP
10. Penyiram Otomatis tanaman dan dapat dikontrol melalui hp.
11. Pendeteksi golangan darah ( A, B, AB, o)
12. Palang Pintu Otomatis kereta api berdasarkan nilai resistansi REL Kereta Api
13. Palang Pintu Otomatis kereta api berdasarkan getaran.
14. Penunjuk jarak stasiun tujuan terdekat pada kereta api, biar klo penumpang ketiduran trus bangun tau posisi kereta apinya.
15. Speedo Meter Digital dan Odo Meter.
16. Pencegah kecelakaan dengan memanfaatkan sensor jarak. ( Mobil / sepeda motor bngerem sendiri jika jarak terlalu dekat dg kendaraan depannya)

HP gunakan modem GSM aja. Klo Hp Biasa Siemen M35, C35, c45 hp jadul nih...
Rata2 judul diatas mengunkan Mikrocontroler 89s52, pake Mikrocontroler juga bisa sih...)
Aduh masih banyak judul sih.... ini aja dulu klo udah ada yang cocok ya udah ... klo nggak ada yang
cocok, ntar tak cari wangsit dulu... okey nanti sys bantu lagi deh cari judul....
Ini judul yang sering saya tawarkan untuk mahasiswa bimbinganku.
( NB: Saya buka usaha bimbingan TA untuk Mahasiswa Di Malang
/Tidak melayanani pembuatan TA instan! Harus melalui bimbingan dan kursus!)
Semoga Berhasil!


gan minta pencerahan buat judul telekomunikasi donk.. judul yg di atas ank2 kontrol semua y..
mimi20 - 26/04/2011 01:06 PM
#68

agan2 silakan bertanya..
nanti kita diskusikan..
metode ini sering digunakan gan buat skripsi..
BedjoGhonzalez - 27/04/2011 07:03 PM
#69

gan punya link program eviews ga gan
mimi20 - 27/04/2011 07:13 PM
#70

[QUOTE=ukaya;263650873]Malem Gan.., Sis..
Mau berbagi pengalaman pribadi dikit nih \)
Ni cerita udah hampir 4 tahun yang lalu, tapi masih inget bener di otak. Kaya baru kejadian kemarin sore D

Ceritanya gini....
Mungkin bagi agan yang sudah pernah ujian skripsi atau baru mau menginjak ke tahap ini pasti tau persis syarat2nya. Mungkin saya ceritakan secara garis besar saja kali ya, biar ga kepanjangan.

1. Mengajukan proposal judul skripsi (Tugas Akhir).
2. Mengerjakan skripsi
3. Ujian pendadaran
( Ga tau untuk sekarang namanya sama apa tidak, sekarang masih skripsi / TA ya?. Takutnya dah ganti nama D )

Nah, disini kan saya mau menceritakan pengalaman pribadi, saya ceritakan dari tahap 1 dan 3 untuk to the point-nya saja.

Waktu itu, masih inget banget ketika mau mengajukan judul skripsi itu susahnya minta ampun. Maklum lah, namanya juga mahasiswa dengan nilai yang pas-pasan. (cari judul saja susah, apalagi ngerjain D). Kenapa mencari judul skripsi itu saya anggap susah? Ya karena judul itu yang nantinya akan saya kerjakan dan tentunya akan ada pengembangan teori-teori di Bab-Bab selanjutnya. Karena minimnya ilmu, tentunya judul skripsi harus sesuai dengan kemampuan saya apa bisa atau tidak nantinya. Karena kalau salah mengambil atau mengajukan judul, semua pasti tahu, skripsi ga bakalan kelar-kelar sampai beberapa smester D

Waktu itu, saya ambil jurusan tehnik informatika di salah satu perguruan tinggi swasta di jogja. Judul skripsi yang saya ajukan waktu itu adalah "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PALAWIJA" dengan rencana atau bekerjasama dengan BPTPH (Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura) di Yogyakarta. Karena rata-rata teman seangkatan saya waktu itu sudah lulus semua, jadi mungkin sudah waktunya saya mengajukan TA, dari pada jadi gembel terus di malioboro D

Esok harinya, dengan niat yang menggebu, saya mengajukan atau istliahnya curhat dulu, ngomong sama kajur atau apa namanya waktu itu, lupa. Sebut saja namanya "bu win". Seperti kebanyakan mahasiwa lainnya yang masih culun, dan sok pinter kaya saya waktu itu, masuk ke ruang dosen dngan hati berdebar dan berharap judul TA bisa di terima dengan lancar. Karena kalau samapi di tolak, celakalah... Harus mikir judul TA berbulan2 lagi, padahal ilmunya pas-pasan hammer:

Sesampainya di meja bu win, dengan sok ramah, saya pura2 senyum dan mengutarakan nniat untuk mengajukan judul TA. Parahnya, waktu itu kayaknya bu win lagi sibuk karena saya lihat beliau nyambi baca2 sesuatu (lagi koreksi nilai kali hammer\). Perasaan tidak enak hatipun muncul, dan ternyata benar, bu win bilang dengan santainya "wah, sistem itu sudah banyak yang pakai, coba kamu ganti judul yang lain ya" langsung saja perasaan "down" menyelimuti hati ini. Dengan berat hati sayapun meninggalkan mejanya bu win. Usaha pertama "DITOLAK"

Saya pantang putus asa, keesokan harinya, saya kembali menemui beliau dengan memberikan alasan yang bermacam-macam. bahwa judul ini masih bisa di pake lah... sangat berguna bagi petani lah... ini lah, itu lah... pokoknya semua kata-kata saya keluarkan guna meng'Goal"kan judul TA tersebut. Karena kalau tidak "goal" ya tau sendiri, bakal molor lagi. Tapi apa boleh dikata, emang ibu yang satu ini terkenal juteknya. usaha kedua "DITOLAK" lagi

Sambil mikir di kamar kost2an, yang cuma 2,5 x 3m kira-kira gimana ya judul ini bisa goal? Hm...m... saya punya ide sun:
Kenapa tidak di print aja dulu judulnya atau proposalnya? Ya, benar... saya bergegas ngidupin komputer, dan sok sibuk membuat sebuah proposal dengan judul yang sama, yaitu: "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PALAWIJA" walaupun cuma copas kata-katanya D. Memang resikonya 50:50 untuk diterima, karena kemarin sudah gagal sebanyak 2 kali. Jika gagal lagi, berarti harus ganti judul baaru. tapi, jika proposal ini berhasil, berarti saya sudah punya rangkuman TA dari bab I - Bab III.
akhir cerita, setelah proposal jadi, sudah rapi, sudah di print, keesokan harinya saya berangkat lagi kekampus dengan pakaian yang rapi dan tampang yang agak berbeda, berharap bu win bisa lupa dengan tampang ane waktu lusa kemarin D. Sesampainya di meja bu win, saya langsung mengajukan judul yang kemarin dengan judul yang sama tetapi sekarang sudah dalam bentuk tulisan.

"Siang bu win, saya mau mengajukan judul skripsi, saya sudah melakukan riset dan sudah mendatangi balai terkait untuk bekerjasama membantu data2 yang saya butuhkan untuk menyelesaikan TA, beliau atau pihak sana sudah menerima. Silahkan bu win melihat dan membaca-baca dulu sebentar (padahal belum riset, cuma omong doang p)". Ternyata, walaupun bu win waktu itu sedang sibuk mengoreksi sesuatu yang entah apa seperti biasanya, setelah saya menyodorkan judul TA dengan hasil print hard copy, mau tidak mau beliau harus baca. Secara emotional memang begitu, kita lebih suka atau lebih tertarik dengan gambar dan tulisan, dibandingkan hanya dengan kata-kata saja. Benar tidak? Dan perasaan saya waktu itu 90% di terima. Dan ternyata benar.... usaha ketiga "BERHASIL" ........ngacir:

Kesimpulannya disini adalah:
Seperti yang dibicarakan diatas, bahwa ketika kita menyodorkan sesuatu yang nyata, dengan sedikit kerja keras, orang lain akan lebih menghargai kita dari pada kita cuma berbicara tanpa ada kerja. Betul tidak?

Diatas adalah cerita kerja keras saya waktu mengajukan judul TA. Ditolak sebanyak 2 kali, tetapi yang ketiga kalinya berjalan mulus walaupun dengan judul yang sama. Mungkin hanya beberapa orang yang berani melakukan hal seperti itu, tentunya salah satunya termasuk yang baca D. Kebanyakan, ketika mahasiswa mengajukan judul, kemudian di tolak, maka dia akan bingung dan mencari judul atau alternatif judul yang lain. IYa, itu sih tidak masalah. yang jadi masalah adalah, apakah kita bisa mencari judul yang kita sendiri belum tentu bisa dan menguasai bidang / judul tersebut.

Cerita berikutnya adalah ketika ujian pendadaran TA. Saya berhasil mendapatkan nilai A. Padahal kata dosen penguji, seharusnya saya dapat nilai B.

Waktu itu, saya hanya ujian pendadaran selama 20 menit, tapi alhamdulillah saya dapat nilai A. Padahal 2 hari kemarin, sahabat saya Ayub, dapat nilai B dengan waktu pendadaran hampir 120 menit D

Apa yang saya lakukan?
Biasa, ketika ujian TA di hadapan 4 penguji (yang tanya dosen penguji semua lho, kita bukan lagi main gapleh p) pasti dosen penguji menanyakan materi yang kita ajukan di depan. Saya cuma menjawab sebisanya, dan ketika dosen penguji memberikan argumen lain, saya berusaha mengajukan dada kedepan dan memperhatikan beliau berbicara, solah-olah beliau adalah orang yang sangat berharga dan sangat menguasai materi ini. Sesekali tersenyum dan mengangguk-anggukan kepala dan bilang "oh... begitu ya pak, baik pak. Besok akan saya perbaiki lagi". Selalu seperti itu yang saya lakukan selama hampir 20 menit D

Mengapa saya melakukan hal bodoh seperti itu?
Karena waktu itu saya tau, ilmu saya masih cetek. Ketika kita merasa pintar, merasa mastah di bidang itu, ketika ada orang lain, anak kecil atau nubitooll yang sok jago (kaya di kaskus aja D) maka secara naluri, emosi kita akan muncul. Dan disitulah perang akan terjadi...!!! Eyel-eyelan, bantah-bantahan, perang argumen, saling teguh pendirian saling kirim bata, karena masing2 merasa benar. Apalagi mereka dosen. otomatis secara emosional, mereka 80% tidak mau kalah ilmunya dengan mahasiswanya yang baru kemarin sore. Betul tidak? Celakanya lagi, kalau kita terperangkap di situasi seperti ini, dan kita tidak menguasai materi, maka 75% kita gagal dalam ujian. Hal ini memang sudah saya rencanakan, Dan akhirnya apa yang terjadi? Ternyata, saya lulus dengan Nilai A, walaupun ada sedikit refisii. D. lain halnya dengan sahabat saya Ayub. dia selalu ngeyel, dan mempertahankan pendapatnya dari daftar isi samapi daftar pustaka. Dan resikonya berat gan...D
Udah ujiannya lama banget, dapat nilai B, dikasih refisi banyak pula...
Saya lihat waktu itu, dari daftar isi sampai daftar pustaka penuh coretan sama lingkaran yang harus di perbaiki...hammer:

Update:
satu lagi trik licik nih gan D


Emang bener, diakui atau tidak, terkadang dosen juga ada yang mau dikasih upeti ko (kaya kompeni aja D). Ni bukan ane, tapi Temen ane pernah nglakuin ini. Beliin baju koko sama rokok djarum super 1 slop ama tu dosen penguji (ane ga nyaranin, dosa p)

Satu lagi pengalaman temen kaskuser \)




Ok, mungkin itu saja share dari saya, ambil hikmahnya karena ini adalah sebuah cerita. Berikan yang terbaik....

Jika berkenan...
klik gambar dibawah ini gan ..[CENTER]KLIK >>>PROJECT COUNSELING LOUNGE - Tugas Akhir, Proposal, Skripsi dan Statistika[B][SIZE="4"][COLOR="Blue"]
adiwtalks - 30/04/2011 03:18 PM
#71

kalau misalkan beberapa asumsi yang tidak bisa dipenuhi, model regresi begitu saja tidak bisa digunakan gan?
mimi20 - 30/04/2011 04:15 PM
#72

Quote:
Original Posted By adiwtalks
kalau misalkan beberapa asumsi yang tidak bisa dipenuhi, model regresi begitu saja tidak bisa digunakan gan?


Kalau asumsi tidak bisa dipenuhi gan, berarti persamaan regresinya tidak BLUE (Best Linier Unbiased Estimator). Suatu pemerkira disebut BLUE kalau linier (merupakan fungsi linier dari variabel Y dalam model regresi) dan efisien (tanpa bias dan terbaik). Dari pengalaman ane gan, asumsi yg paling sukar dipenuhi kalau kita menggunakan data time series (runtun waktu) adalam asumsi autokorelasi. yang paling banyak digunakan orang untuk melihat asumsi autokorelasi sudah terpenuhi atau belum adalah nilai statistik DW (biasanya menggunakan SPSS), nah kalau dr nilai statistik DW ini asumsi autokorelasi tidak dapat disimpulkan, kita dapat menggunakan EViews yaitu dengan LM Test.
Semoga bisa bermanfaat yah gan..
Trafalgardine - 06/05/2011 06:57 AM
#73

Quote:
Original Posted By MariodiLenteng
cuma sekedar kasih tips buat akan mulai skripsi \)
baca ya gan o


Hal-hal yang Perlu Dilakukan


lanjuuuut............

Kiat Memilih Dosen Pembimbing

Spoiler for buka
Dosen pembimbing (academic advisor) adalah vital karena nasib Anda benar-benar berada di tangannya. Memang benar bahwa dosen pembimbing bertugas mendampingi Anda selama penulisan skripsi. Akan tetapi, pada prakteknya ada dosen pembimbing yang “benar-benar membimbing” skripsi Anda dengan intens. Ada pula yang membimbing Anda dengan “melepas” dan memberi Anda kebebasan. Mempelajari dan menyesuaikan diri dengan dosen pembimbing adalah salah satu elemen penting yang mendukung kesuksesan Anda dalam menyusun skripsi.

Tiap universitas/fakultas mempunyai kebijakan tersendiri soal dosen pembimbing ini. Anda bisa memilih sendiri dosen pembimbing yang Anda inginkan. Tapi ada juga universitas/fakultas yang memilihkan dosen pembimbing buat Anda. Tentu saja lebih “enak” kalau Anda bisa memilih sendiri dosen pembimbing untuk skripsi Anda.

Lalu, bagaimana memilih dosen pembimbing yang benar-benar tepat?

Secara garis besar, dosen bisa dikategorikan sebagai: (1) dosen senior, dan (2) dosen junior. Dosen senior umumnya berusia di atas 40-an tahun, setidaknya bergelar doktor (atau professor), dengan jam terbang yang cukup tinggi. Sebaliknya, dosen junior biasanya berusia di bawah 40 tahun, umumnya masih bergelar master, dan masih gampang dijumpai di lingkungan kampus.

Tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, kalau Anda memilih dosen pembimbing senior, biasanya Anda akan mengalami kesulitan sebagai berikut:

* Proses bimbingan cukup sulit, karena umumnya dosen senior sangat perfeksionis.
* Anda akan kesulitan untuk bertemu muka karena umumnya dosen senior memiliki jam terbang tinggi dan jadwal yang sangat padat.

Tapi, keuntungannya:

* Kualitas skripsi Anda, secara umum, akan lebih memukau daripada rekan Anda.
* Anda akan “tertolong” saat ujian skripsi/pendadaran, karena dosen penguji lain (yang kemungkinan masih junior/baru bergelar master) akan merasa sungkan untuk “membantai” Anda.
* Dalam beberapa kasus, bisa dipastikan Anda akan mendapat nilai A.

Sebaliknya, kalau Anda memilih dosen pembimbing junior, maka Anda akan lebih mudah selama proses bimbingan. Dosen Anda akan mudah dijumpai di lingkungan kampus karena jam terbangnya belum terlalu tinggi. Dosen muda umumnya juga tidak “jaim” dan “sok” kepada mahasiswanya.

Tapi, kerugiannya, Anda akan benar-benar “sendirian” ketika menghadapi ujian skripsi. Kalau dosen penguji lain lebih senior daripada dosen pembimbing Anda, bisa dipastikan Anda akan “dihajar” cukup telak. Dan dosen pembimbing Anda tidak berada dalam posisi yang bisa membantu/membela Anda.

Jadi, hati-hati juga dalam memilih dosen pembimbing bro army:

Format Skripsi yang Benar

Spoiler for buka
Biasanya, setiap fakultas/universitas sudah menerbitkan acuan/pedoman penulisan hasil penelitian yang baku. Mulai dari penyusunan konten, tebal halaman, jenis kertas dan sampul, hingga ukuran/jenis huruf dan spasi yang digunakan. Akan tetapi, secara umum format hasil penelitian dibagi ke dalam beberapa bagian sebagai berikut.

Pendahuluan. Bagian pertama ini menjelaskan tentang isu penelitian, motivasi yang melandasi penelitian tersebut dilakukan, tujuan yang diharapkan dapat tercapai melalui penelitian ini, dan kontribusi yang akan diberikan dari penelitian ini.

Pengkajian Teori & Pengembangan Hipotesis. Setelah latar belakang penelitian dipaparkan jelas di bab pertama, kemudian dilanjutkan dengan kaji teori dan pengembangan hipotesis. Pastikan bahwa bagian ini align juga dengan bagian sebelumnya. Mengingat banyak juga mahasiswa yang “gagal” menyusun alignment ini. Akibatnya, skripsinya terasa kurang make sense dan nggak nyambung.

Metodologi Penelitian. Berisi penjelasan tentang data yang digunakan, pemodelan empiris yang dipakai, tipe dan rancangan sampel, bagaimana menyeleksi data dan karakter data yang digunakan, model penelitian yang diacu, dan sebagainya.

Hasil Penelitian. Bagian ini memaparkan hasil pengujian hipotesis, biasanya meliputi hasil pengolahan secara statistik, pengujian validitas dan reliabilitas, dan diterima/tidaknya hipotesis yang diajukan.

Penutup. Berisi ringkasan, simpulan, diskusi, keterbatasan, dan saran. Hasil penelitian harus disarikan dan didiskusikan mengapa hasil yang diperoleh begini dan begitu. Anda juga harus menyimpulkan keberhasilan tujuan riset yang dapat dicapai, manakah hipotesis yang didukung/ditolak, keterbatasan apa saja yang mengganggu, juga saran-saran untuk penelitian mendatang akibat dari keterbatasan yang dijumpai pada penelitian ini.

Jangan lupa untuk melakukan proof-reading dan peer-review. Proof-reading dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan tulis (typo) maupun ketidaksesuaian tata letak penulisan skripsi. Peer-review dilakukan untuk mendapatkan second opinion dari pihak lain yang kompeten. Bisa melalui dosen yang Anda kenal baik (meski bukan dosen pembimbing Anda), kakak kelas/senior Anda, teman-teman Anda yang dirasa kompeten, atau keluarga/orang tua (apabila latar belakang pendidikannya serupa dengan Anda)


sumber :tips-tips dari Nofie Iman
SUMBER


semoga bermanfaat yah D
kalo saya sih udah lulus malu:


sukses calon wisudawan dan wisudawati!!!!
:toast
tronbone - 08/05/2011 09:29 PM
#74
Uji statistik Rank Spearman
gan bisa tolong ane cara ngolah data pake rank spearman di SPSS
ane lagi bikin skripsi
yang memakai kuesioner dengan jawaban skala likert
nah yang dicari di sini adalah hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja karyawan
uji statistik yang mau saya pakai adalah rank spearman
apakah ada yang bisa bantu saya master2 statistik
saya bingung cara pakai spss nya
noyyilieby - 09/05/2011 03:46 PM
#75

gampang gan..
masukin datanya, di variable view pastikan tipe datanya ordinal
trus klik analyze-correlate-bivariate
pilih variable-variable yang mau diuji
correlation coefficient nya pilih spearman
test of significance nya bisa two-tail bisa one-tail (bedanya ntar pas baca outputnya)
klik OK
keluar deh hasilnya..

kalo pake one tail
kalo koefisien yg dihasilkan
poholagih - 10/05/2011 12:58 AM
#76
(ask) Judul TA/skripsi Teknik Industri
ilovekaskusiloveindonesia
misi om mimin dan momod serta agan-agan sekalian..
ane lg Bingung a.k.a Lieur a.k.a Pusing bingung
Sesuai judul trit ini, ane minta pencerahan dari agan2,mimin,momod buat bntuin ane nyari judul TA/Skripsi..
Ane kuliah di jurusan Teknik Industri salah satu PTN d prov Banten yg udah cukup semester utk nyusun dan lulus..(scara ane smster 10 ganhammers)
smster 10 ni ane d suruh dosen nyari topik TA/Skripsi, biar smster depan ane nyusun, dan tak lupa sang dosen mengingatkan agar ane serius dengan mata kuliah yg ane ulang agar nilainya bisa memuaskan..
nah ane bingung ni mau Topik nya apa, trus cari inspirasi dan referensi kmna, apalagi smster bbrpa bulan lg abis..Help me gaannn...
Mudah2an sih ada Mahasiswa atau Alumnus jurusan Teknik Industri yg mampir k Trit ane D


tolong d rate ya gan :rate5
candra0101 - 10/05/2011 10:17 PM
#77

wahh,, mantep niyh gan D

ane sekitar 1-2 bulan kedepan mau sidang
mahon doanya yah angel:

btw kl slide presentasinya harus gmn masbro
soalnya ane kmrn kena sindir sama penguji pas seminar D

:rate5
copral.beuted - 13/05/2011 02:59 AM
#78

Quote:
Original Posted By poholagih


serius gan??:matabelo

jangan mau jadi sarjana dengan skripsi hasil joki gan nohope:

mendingan judulnya ini gan
"pengolahan dan cara mengembangkan industri rumah tangga"
sekedar saran Peace:PROJECT COUNSELING LOUNGE - Tugas Akhir, Proposal, Skripsi dan Statistika
thesis - 14/05/2011 11:30 AM
#79

nyumbang judul skripsi teknik industri gan
iloveindonesia

[*] ANALISIS PENGGANTIAN KOMPONEN MESIN MENGGUNAKAN MODEL INTERVAL REPLACEMENT OPTIMAL UNTUK MEMINIMALISASI DOWNTIME

[*]METODE KANSEI ENGINEERING UNTUK MENDESAIN PRODUK YANG ERGONOMIS

[*]SYSTEM ANALYSIS DESIGN OF ONE-STOP PUBLIC SERVICES RESPONSE SYSTEM AT YOGYAKARTA PROVINCE

[*]ANALISIS INTREGATED SUPPLY CHAIN INVENTORY MANAGEMENT UNTUK PRODUK - PRODUK YANG MUDAH RUSAK (DETERIORATING ITEM) PADA LINGKUNGAN JIT

[*]PRA RANCANGAN PABRIK VANILLIN DARI OKSIDASI ISOEUGENOL KAPASITAS 1.640 TON/TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK PENCAIRAN BATUBARA MENJADI SYNCRUDE DENGAN KAPASITAS 10.000 TON / TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK PENCELUPAN KAIN CAMPURAN POLIESTER-KAPAS ( T/C ) MENGGUNAKAN ZAT WARNA DISPERSI-REAKTIF DENGAN KAPASITAS 21.400.000 YARDS/TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK ASAM ADIPAT DARI SIKLOHEKSANON DAN ASAM NITRAT KAPASITAS 20.000 TON / TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK ACETYLSALICYLIC ACID DARI DALAM ASAM SALISILAT DAN ACETIC ANHTYDRIDE KAPASITAS 20.000 TON/TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK BIODIESEL DARI DISTILAT ASAM LEMAK MINYAK SAWIT DAN METANOL KAPASITAS 80.000 TON / TAHUN

poholagih - 15/05/2011 05:27 PM
#80

Quote:
Original Posted By copral.beuted
jangan mau jadi sarjana dengan skripsi hasil joki gan nohope:

mendingan judulnya ini gan
"pengolahan dan cara mengembangkan industri rumah tangga"
sekedar saran Peace:PROJECT COUNSELING LOUNGE - Tugas Akhir, Proposal, Skripsi dan Statistika


Quote:
Original Posted By thesis
nyumbang judul skripsi teknik industri gan
iloveindonesia

[*] ANALISIS PENGGANTIAN KOMPONEN MESIN MENGGUNAKAN MODEL INTERVAL REPLACEMENT OPTIMAL UNTUK MEMINIMALISASI DOWNTIME

[*]METODE KANSEI ENGINEERING UNTUK MENDESAIN PRODUK YANG ERGONOMIS

[*]SYSTEM ANALYSIS DESIGN OF ONE-STOP PUBLIC SERVICES RESPONSE SYSTEM AT YOGYAKARTA PROVINCE

[*]ANALISIS INTREGATED SUPPLY CHAIN INVENTORY MANAGEMENT UNTUK PRODUK - PRODUK YANG MUDAH RUSAK (DETERIORATING ITEM) PADA LINGKUNGAN JIT

[*]PRA RANCANGAN PABRIK VANILLIN DARI OKSIDASI ISOEUGENOL KAPASITAS 1.640 TON/TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK PENCAIRAN BATUBARA MENJADI SYNCRUDE DENGAN KAPASITAS 10.000 TON / TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK PENCELUPAN KAIN CAMPURAN POLIESTER-KAPAS ( T/C ) MENGGUNAKAN ZAT WARNA DISPERSI-REAKTIF DENGAN KAPASITAS 21.400.000 YARDS/TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK ASAM ADIPAT DARI SIKLOHEKSANON DAN ASAM NITRAT KAPASITAS 20.000 TON / TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK ACETYLSALICYLIC ACID DARI DALAM ASAM SALISILAT DAN ACETIC ANHTYDRIDE KAPASITAS 20.000 TON/TAHUN

[*]PRA RANCANGAN PABRIK BIODIESEL DARI DISTILAT ASAM LEMAK MINYAK SAWIT DAN METANOL KAPASITAS 80.000 TON / TAHUN


oke gan makasih atas segala perhatiannya..
ane coba deh..
tp gan metode nya itu yg ane bingungbingungs,,klo masing2 judul agan2 kasih metodenya kan ane tinggal nyariD..
tp mksh banyak gan, sgni juga udh amat ngbantu aneshakehand2
iloveindonesia
Page 4 of 40 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > PROJECT COUNSELING LOUNGE - Tugas Akhir, Proposal, Skripsi dan Statistika