Fitness & Muscle Building
Home > LOEKELOE > FIT & HEALTHY LIFESTYLE > Fitness & Muscle Building > Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
Total Views: 77006 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 

---DiZon--- - 26/12/2010 08:18 AM
#101

eh senior adit.. mau tanya lagi ini seputar Kalorii
kan ada 2 tipe tuh yg mau diet besar in badan sama mau diet kurang in berat badan

kalau diet besar in badan kan dari hasil BMR kalori *0.2 /+500 kalori
kalau diet kecil in badan kan dari hasil BMR kalori *0.2 /-500 kalori

dan kalau saya gan ngak masuk ke dalam katogori itu.. berat badan saya udah 69 .. tidak mau gede sama tidak mau kurus lagi di karenakan tulang saya kata gori tulang gedde.. jadi jelek kalau kekurusan dan gede nya udah pas sekarang dan inggin tambah sedikit otot biar kenceng dan agak berbentuk lagi gan( bertambah masa otot nya dan sixpack nya lebih tajam lagi)...gimana pendapat senior adit?

apakah hasil BMR saya itu tetap jgn di - 500 kalori lagi?,,
contoh nya BMR saya = 2145 kalori tetap pakai dan pakai kalbo yg agak rendah biar dan tinggi protein sixpack tampak lebih jelas gan?....
jadi protein gw harus 1072 kalori = 268 gram banyak jg ya wkwkkwkw..

biasa saya pakai 2145-500 = 2145 kalori perhari

Mohon pencerahan nya gan ^^
f4rizcolz - 26/12/2010 09:31 AM
#102

Quote:
Original Posted By ---DiZon---
eh senior adit.. mau tanya lagi ini seputar Kalorii
kan ada 2 tipe tuh yg mau diet besar in badan sama mau diet kurang in berat badan

kalau diet besar in badan kan dari hasil BMR kalori *0.2 /+500 kalori
kalau diet kecil in badan kan dari hasil BMR kalori *0.2 /-500 kalori

dan kalau saya gan ngak masuk ke dalam katogori itu.. berat badan saya udah 69 .. tidak mau gede sama tidak mau kurus lagi di karenakan tulang saya kata gori tulang gedde.. jadi jelek kalau kekurusan dan gede nya udah pas sekarang dan inggin tambah sedikit otot biar kenceng dan agak berbentuk lagi gan( bertambah masa otot nya dan sixpack nya lebih tajam lagi)...gimana pendapat senior adit?

apakah hasil BMR saya itu tetap jgn di - 500 kalori lagi?,,
contoh nya BMR saya = 2000 kalori tetap pakai dan pakai kalbo yg agak rendah biar dan tinggi protein sixpack tampak lebih jelas gan?....
biasa saya pakai 2000-500 = 1500 kalori perhari

Mohon pencerahan nya gan ^^


V
V
V
V
V
Quote:
Original Posted By aditpsycho

2. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.


kalau mau tanya ke sini pertanyaan umum seputar fitness

jangan di reply soalnya gw gak mau tanggung jawab kalau ada yang ngelempar bata \)
---DiZon--- - 26/12/2010 09:34 AM
#103

Quote:
Original Posted By f4rizcolz
V
V
V
V
V


kalau mau tanya ke sini pertanyaan umum seputar fitness

jangan di reply soalnya gw gak mau tanggung jawab kalau ada yang ngelempar bata \)


ok sorry gan... salah forum berarti.. iya sorry gann.. mohon maaf newbie nih ^^
P3mulung - 20/01/2011 12:28 PM
#104

nambahin dikit gan..

DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness)

Biasanya dialami oleh praktisi yang baru menjalani melakukan form atau routine baru dengan intensitas (set,rep, beban, durasi) yang tinggi. Rasa sakit, kaku dan pegal setelah 12-48 jam berlatih.

Sebetulnya DOMS itu merupakan tanda adaptasi dari otot untuk lebih kuat dan besar. DOMS itu berarti ada robekan mikro di tissue/fiber otot. Yang nantinya akan direcovery dengan fiber otot baru saat istirahat.

Kadang untuk advance fitnessmania, DOMS dicari untuk mengetahui otot yang perlu lebih didevelop. Tidak pernah mengalami DOMS bagi mereka dianggap exercise mereka pada phase "plateu". Saatnya untuk mencari routine dan program baru (biasanya setelah 4-6 minggu).

Tetapi untuk pemula sebaiknya "listen your body" , karena bagaimanapun semua tujuan exercise itu bertahap prosesnya.

Yang jelas, DOMS masih dianggap hal kontroversial soal indikator efektivitas kita berlatih. Indikasi efektif berlatih tetap timbangan berat badan, cermin, pita pengukur, clip calipher, dan worklog.

DOMS ini berbeda dengan fatigue ketika exercise sampai rep terakhir atau Muscle Strain/Sprain ketika injury (karena overtrain, atau keseleo). Walau masih dianggap sedikit misterius, DOMS diduga timbul karena gerakan eccentric otot (misal Naik-Turun, Angkat-Tarik). Semacam reaksi stress fisikal.

Beberapa hal yang disarankan untuk mengatasinya :
1. Active Recovery, Melakukan low impact exercise untuk memperlancar sirkulasi darah dalam merecovvery.
2. Passive Recovery, mengistirahatkan. Biasanya setelah 3-7 hari akan hilang. Bisa juga dengan R.I.C.E (Rest, Ice, Compress, Elevation)
3. Sport Massage. Pijatan dianggap membantu proses recovery untuk lebih cepat
4. Stretching .Dilakukan sebelum dan sesudah exercise, membantu mengurangi nyeri saat DOMS
5. Yoga, Gerakan yoga yang banyak penahanan di eccentric movement juga bisa jadi membantu otot lebih beradaptasi. Yoga dianggap bagus untuk strengthness, cutting, leaning, tapi kurang effektif untuk bulking.

Bila sakit melebihi 7 hari, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
(dari berbagai sumber)

*salam kenal buat semua juga gan TS, sorry kalau keulang di lain tempat*
aditpsycho - 20/01/2011 06:18 PM
#105

^^^
nice beer:

gw update ke page 1 tapi ada penambahan disclaimer sedikit ya
aditpsycho - 20/01/2011 06:24 PM
#106
DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness)
Quote:
Original Posted By P3mulung

Biasanya dialami oleh praktisi yang baru menjalani melakukan form atau routine baru dengan intensitas (set,rep, beban, durasi) yang tinggi. Rasa sakit, kaku dan pegal setelah 12-48 jam berlatih.

Sebetulnya DOMS itu merupakan tanda adaptasi dari otot untuk lebih kuat dan besar. DOMS itu berarti ada robekan mikro di tissue/fiber otot. Yang nantinya akan direcovery dengan fiber otot baru saat istirahat.

Kadang untuk advance fitnessmania, DOMS dicari untuk mengetahui otot yang perlu lebih didevelop. Tidak pernah mengalami DOMS bagi mereka dianggap exercise mereka pada phase "plateu". Saatnya untuk mencari routine dan program baru (biasanya setelah 4-6 minggu).
Quote:
*note from aditpsycho : benar, DOMS kadang dipakai sebagai patokan tapi pada kenyataannya sampai sekarang DOMS bukan indikator yg valid dan reliable utk menentukan efektifitas latihan beban


Tetapi untuk pemula sebaiknya "listen your body" , karena bagaimanapun semua tujuan exercise itu bertahap prosesnya.

Yang jelas, DOMS masih dianggap hal kontroversial soal indikator efektivitas kita berlatih. Indikasi efektif berlatih tetap timbangan berat badan, cermin, pita pengukur, body fat caliper, dan work log.
Quote:
*note from aditpsycho : benar, selalu gunakan indikator2 yg dapat dilihat dan diukur untuk mencermati progresi latihan kita


DOMS ini berbeda dengan fatigue ketika exercise sampai rep terakhir atau Muscle Strain/Sprain ketika injury (karena overtrain, atau keseleo). Walau masih dianggap sedikit misterius, DOMS diduga timbul karena gerakan eccentric otot (misal Naik-Turun, Angkat-Tarik). Semacam reaksi stress fisikal.

Beberapa hal yang disarankan untuk mengatasinya :
1. Active Recovery, Melakukan low impact exercise untuk memperlancar sirkulasi darah dalam merecovvery.
2. Passive Recovery, mengistirahatkan. Biasanya setelah 3-7 hari akan hilang. Bisa juga dengan R.I.C.E (Rest, Ice, Compress, Elevation)
3. Sport Massage. Pijatan dianggap membantu proses recovery untuk lebih cepat
4. Stretching .Dilakukan sebelum dan sesudah exercise, membantu mengurangi nyeri saat DOMS
5. Yoga, Gerakan yoga yang banyak penahanan di eccentric movement juga bisa jadi membantu otot lebih beradaptasi. Yoga dianggap bagus untuk strengthness, cutting, leaning, tapi kurang effektif untuk bulking.

Bila sakit melebihi 7 hari, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
(dari berbagai sumber)
hellangel - 13/03/2011 06:06 AM
#107

Bro Adit, numpang nyumbang dikit yah, soalnya gw liat blom ada yang ngasih penjelasan detil tentang WPI and WPC

WPC (Whey Protein Concentrate)

WPC terbuat dari pecahan protein susu yang telah terdisintregasi yang dihasilkan dari proses permurnian lebih lanjut. WPC mengandung 70-80% protein per satuan beratnya dan mengandung berbagai macam biofractions dari whey protein termasuk alpha dan beta lactabulmins, immunoglobulins, glycomacropeptides, dsb. Masing2 dari subfractions ini memiliki karakter2 unik yang memiliki efek positif dalam sistem pencernaan kita

Kelebihan:
WPC mengandung rantai asam amino yang relatif berjumlah lebih besar dibandingkan bentuk protein yang lain dan dapat dicerna secara cepat yang menyebabkan peningkatan tingkat plasma asam amino. Hal ini mengakibatkan proses sintesis protein yang jauh lebih baik daripada protein jenis lainnya.

Kekurangan:
Protein ini sangat dicerna dan menimbulkan lonjakan di tingkat plasma asam amino, yang berarti akan keluar dari sistem pencernaan kita secara cepat (kurang lebih dalam kurun waktu 3 jam). Beberapa orang akan mengalami kesulitan dalam mencerna WPC karena mengandung laktose.

Sebagai tambahan, beberapa orang yang memiliki alergi terhadap kandungan biofractions dari WPC akan mengalami beberapa efek samping seperti diare, muntah, sakit perut ataupun nyeri di kepala. Alergi2 ini bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, tetapi harus cukup dipahami apa yang menjadi penyebabnya


WPI (Whey Protein Isolate)

WPI dibuat dengan sistem yang sangat mirip dengan WPC namun WPI masih menjalani proses pemurnian lebih lanjut. Umumnya ada dua cara untuk membuat WPI. Yang pertama adalah dengan kolom pertukaran ion sedangkan yang kedua adalah melalu proses penyaringan secara berulang.
Proses penukaran ion lebih cenderung meningkatkan kadar protein pada hasil akhir namum menghilangkan zat2 biofractions yang terkandung (zat2 yang paling menimbulkan alergi pada beberapa orang di dalam whey protein)
Proses penyaringan yang berulang2 dapat menghasilkan protein murni sebanyak 90-96% tanpa menghilangkan zat2 biofractions yang terkandung di dalamnya.

Kelebihan:
Kandungan persentase dari protein murni yang tinggi dengan kadar lemak, laktose, dan karbohidrat yang lebih rendah daripada WPC. WPI lebih mudah untuk dicerna karena memiliki kadar laktose yang lebih rendah

Kekurangan:
Apabila proses pertukaran ion digunakan dalam proses pemurniannya, beberapa zat2 subfractions akan hilang. Harga WPI jauh lebih mahal daripada WPC. WPI akan cenderung lebih menimbulkan buih daripada WPC apabila diaduk.

sumber: Bodybuilding.com

Sedikit pengalaman pribadi gw, efek samping yang gw alami ketika kurang cocok dengan WPI adalah perut yang terisi dengan gas (sering kentut dan menimbulkan bau yang sangat tak sedap) selama kurang lebih 3 minggu, setelah 3 minggu alerginya hilang dan tidak ada masalah lagi.
juragan128 - 22/04/2011 11:29 AM
#108

bro pingin nambahin struktur otot kerangka
liat2 cukup bagus, berbahasa indonesia jadi gampang dingerti

link
judhtech - 02/05/2011 03:23 PM
#109

bagus gan ensiklonya, ane nubie oon lagi mulai baca nih gan, msih blom ngerti istilah2 gitu D

mastah2 fitn&body buildah.. mo tanya o,
kmrn2 ane nemu ebook fitness gtu, ad yg mnyebutkan TBF (times before failure) klo gk salah..
itu apa bisa diartikan byknya repetisi yg kita lakukan sblum akhirnya gak bisa (fail) angkat beban / latihan lagi?

dan sebaiknya klo kita latihan itu dihentikannya smpe apa y gan? apa smpe pegel? smpe otot kerasa panas? smpe lemes betul ato gmn?
selama ini, ane klo latian ampe bner2 gk bisa ngangkat / latian lagi (utk otot yg lgi ane latih hari itu), apa itu benar gan? takuts (waktu fitnes gk pernah lbh dr 1,5jam)
aditpsycho - 02/05/2011 04:00 PM
#110

Quote:
Original Posted By judhtech
bagus gan ensiklonya, ane nubie oon lagi mulai baca nih gan, msih blom ngerti istilah2 gitu D

mastah2 fitn&body buildah.. mo tanya o,
kmrn2 ane nemu ebook fitness gtu, ad yg mnyebutkan TBF (times before failure) klo gk salah..
itu apa bisa diartikan byknya repetisi yg kita lakukan sblum akhirnya gak bisa (fail) angkat beban / latihan lagi?

dan sebaiknya klo kita latihan itu dihentikannya smpe apa y gan? apa smpe pegel? smpe otot kerasa panas? smpe lemes betul ato gmn?
selama ini, ane klo latian ampe bner2 gk bisa ngangkat / latian lagi (utk otot yg lgi ane latih hari itu), apa itu benar gan? takuts (waktu fitnes gk pernah lbh dr 1,5jam)

TBF?
belum pernah dengar. biar jelas ebooknya apa?

pertanyaan kedua gw layani kalo acara tanya jawab udah sudi dipindah ke thread ini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=890460
judhtech - 02/05/2011 04:29 PM
#111

Quote:
Original Posted By aditpsycho
TBF?
belum pernah dengar. biar jelas ebooknya apa?

pertanyaan kedua gw layani kalo acara tanya jawab udah sudi dipindah ke thread ini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=890460


lupa gan, gk ane save hammers
ato hanya sekedar baca2 forum ya, sekilas aja sih, mgkn ad org yg tnya, "how many push ups can you do before failure?" gitu.. D
klo MTBF itu emg ad, tapi di istilah komputer, mknya ane tnya di ensiklo syp tau ada, trus keceplosan tanya juga gan, wkwkwk, ngakaks

maap2,, ane pindah ah prtnyaannya ke TKP :ngacir
0224244444 - 07/05/2011 04:23 PM
#112

deleted
Cinta.Shisha - 26/05/2011 01:15 PM
#113
DJ Tryas Collection
XC... - 26/05/2011 03:33 PM
#114

Gan gw fitness nih... buat cepet gedhein badan katanya mesti angkatannya berat2 dan repetisi sedikit... bener ya..?
singongamuk - 04/06/2011 02:06 PM
#115

deleted, maaf ya gan shakehand
Extremeouz - 05/06/2011 11:53 AM
#116

sip :2thumbup subscribe dl nih bwt tmbh ilmu :toast
adriyanjp - 07/06/2011 08:11 PM
#117

wah makasih info penjelasannya bang adit, membantu banged buat diet ane
Gundalas - 23/06/2011 10:25 PM
#118

nice share gan, sangat berguna D
Buscador - 04/07/2011 08:53 AM
#119

Nice inpo Gan aditpsycho :2thumbup :2thumbup .....ijin nyimak Gan...Yb Yb
Abc609 - 20/07/2011 12:25 PM
#120

Ikut nyimak Gan


:2thumbup

=================
[COLOR="Red"]GILA!! CEWEK ABG ZAMAN SEKARANG SENANG DI LELANG[/COLOR]

Menurut data yang dirilis salah satu situs lelang online, jumlah anggota dari kalangan remaja putri kian meningkat.

Mereka bergabung untuk memenuhi berbagai keinginan yang belum terpenuhi seperti memiliki smartphone, komputer tablet dan gadget-gadget populer lainnya. Tujuannya, agar tampil stylist di hadapan kawan-kawannya. Namun tidak hanya itu, sebagian dari mereka, ada juga yang sekedar mencari kesenangan saja.

Ini salah satu tempat lelangnnya: >. Di situs lelang ini sedang ada HOT PROMO. Kalau melakukan registrasi akan secara mendapat point promo (gratisan) yang bisa dipakai buat ikutan lelang.
Page 6 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 
Home > LOEKELOE > FIT & HEALTHY LIFESTYLE > Fitness & Muscle Building > Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness