ISP
Home > LOEKELOE > COMPUTER STUFF > Internet Service & Networking > ISP > ♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1
Total Views: 216664 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 500 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

ganja2tar - 02/04/2010 09:02 PM
#1
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=-
Menindak lanjuti thread [merged] Telkom Speedy Posting Here

Quote:
WEBSITE

www.telkomspeedy.com

web baru : front.telkomspeedy.com


Quote:
utk melihat status modem : diwebbrow ketik 192.168.1.1 user/pass:admin
lihat bagian status di tab ADSL biasanya


Quote:
Tabel 1: Klasifikasi SNR_Margin (Signal-to-Noise Margin)
-------------------------------- Makin TINGGI makin BAIK
--------------------------------------------------------
29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus) • Koneksi stabil.
11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik) • Sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup) • Rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (buruk) • Sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (ter-putus²).
--------------------------------------------------------

Tabel 2: Klasifikasi Line Attenuation (Redaman pada Jalur)
---------------------------------- Makin RENDAH makin BAIK
----------------------------------------------------------
00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (buruk) • Kemungkinan akan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
60,0 dB ~ ke atas = Bad (amburadul) • Pasti akan timbul banyak gangguan koneksi (sinyal hilang, tidak bisa connect, dsb).
----------------------------------------------------------


monggo di simak ,,,bagi yg belum tahu menjadi tahu,,bagi yang tahu diam2 saja hammer:

A. PENGANTAR SINGKAT
A1. Apa tujuan posting ini?
• Bagi yg merasa ada masalah dgn performa koneksi broadband-nya dan telah posting message namun belum sempat mendapatkan respon, anda dapat mencoba melakukan analisa pendahuluan sendiri dgn memanfaatkan ke dua tabel di atas sembari menunggu masukan dari member lainnya.
Keduanya berisi klasifikasi generik atas dua parameter penting yg sering dipergunakan profesional komunikasi data untuk memeriksa kondisi umum jaringan sebelum menentukan langkah penelusuran lebih lanjut.
• Posisi posting ke dua tabel di taruh di bagian awal dgn maksud supaya mudah di lihat sekaligus kalau suatu hari diperlukan, sedangkan keterangan singkat dan contoh sederhana disertakan pada bagian setelah ini.

A2. Di mana nilai SNR_Margin (SNRM) dan Line Attenuation (LA) dapat diperoleh?
Jika mode pemakaian modem menggunakan PPPoE/PPPoA (alias Routing Mode, atau tidak di-Bridge), nilai SNRM dan LA dapat diketahui melalui halaman manajemen (web management interface) modem/router ADSL masing².
Biasanya pada bagian yg berkaitan dgn "Statistic", "Diagnostic", "Connection Log", "DSL Status", dan semacamnya.

Kalau di-Bridge, anda harus masuk ke modem/router melalui fasilitas Telnet dan memakai instruksi² CLI (Command Line Interface) untuk menampilkan data/informasi yg diinginkan. Detail dan syntax perintah mungkin berbeda untuk tiap merk dan model (karena perbedaan chipset, firmware, dsb).
Lihat user manual dan/atau handbook CLI yg diterbitkan pembuat modem/chipset/firmware.

Tip: Kalau tidak mau repot, reset modem/router-nya dan connect kembali dgn mode Router atau Bridge+Route (PPPoE/PPPoA), pokoknya asal jangan mode Bridge murni.

PENTING !
ReSet (hard reset; cold reset) tidak sama dengan ReBoot atau ReStart.
Me-reset modem/router ADSL akan menghapus SEMUA konfigurasi user dan mengembalikan setting ke factory default.
Sebelum me-Reset modem, catat dulu:
• Nomer VPI dan VCI (data konfigurasi dasar koneksi ADSL TelkomSpeedy)
• Nomer Account (14xxXXxxXXxx@telkom.net) dan Password TelkomSpeedy.
• Administrator UserName dan Administrator Password dari modem/router ADSL.
Data di atas dibutuhkan unt bisa connect lagi dgn mode Router ataupun Bridge+Route.

A3. Contoh kasus: Koneksi sering terputus, lambat, tidak bisa connect, dsb.
Bila perolehan nilai SNRM dan LA kita ternyata pada level cukup untuk memperoleh koneksi yg normal, kemungkinan letak sumber masalah bisa diredusir dgn [untuk sementara] mengesampingkan hal² yg berkaitan langsung dgn komponen primer pada infrastruktur jaringan, baik itu primary hardware kita sendiri ataupun milik provider.

Yang namanya "komunikasi" selalu melibatkan lebih dari satu partisipan (minimal dua). Sepanjang jalur (medium) komunikasi-nya oke, bila ada kelambatan atau hambatan lainnya, bisa jadi disebabkan karena masalah "persepsi" (kompatibilitas software, perbedaan protokol komunikasi, dsb). Ini menyebabkan message (isi pesan yg hendak dikomunikasikan) harus di-retransmit ber-ulang²; dan pihak penerima otomatis harus decoding/recoding ber-ulang² juga -- terjadilah perlambatan, atau malah gagal sama sekali karena kedua partisipan akhirnya "menyerah" (berhenti bertukar sinyal/data). Di mata user hal tsb sama dengan koneksi lambat (karena tersita pengulangan proses transmisi), atau gagal connect (tujuan koneksi tidak tercapai). Kita bisa lihat dalam kasus ini permasalahannya tidak pada gangguan medium namun lebih pada "tata-cara" berkomunikasi.

NOTE:
Bagi yg masih awam dgn dunia teknologi informasi, bila anda belum dapat menangkap maksud tersembunyi dari berbagai analogi yg terkandung dalam paragraf di atas, sekedar beberapa keterangan singkat berikut ini mungkin bisa membantu.

• Protocol: Browsing, Download, Chatting, Transfer File, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya via Internet, dapat terselenggara berkat adanya standar "tata-cara berkomunikasi" yg disebut "protocol" dan "sub-protocol". Tanpa standarisasi aturan tsb berbagai macam mesin tidak akan dapat saling berhubungan atau mengerti apa yg harus dikerjakan.

• Coding/Decoding: Sinyal (code) dan Data (informasi) harus disampaikan dalam format, susunan dan ukuran yang "telah disepakati", dalam arti "dimengerti" oleh semua pihak/perangkat yg terlibat.

• Transmit/Re-transmit: Sinyal & Data boleh (dan harus) dikirim ulang jika penerima melaporkan apa yg telah diterimanya sampai saat itu tidak/belum sesuai dgn segala yg telah disepakati ketika pertama kali kontak (handshake). Tergantung bagaimana penulisan kode software-nya, frekuensi & format transmisi dapat berubah. Frekuensi bisa dipercepat atau diperlambat. Format bisa dipendekkan, dipanjangkan, dirubah bentuk dan/atau susunannya, dsb.

• Di antara Pengirim (initiator) dan Penerima (receptor) bisa terdapat lebih dari satu Perantara (mediator). Salah satu mediator itu misalnya adalah mesin yg secara generik disebut Router -- tugasnya memilih/menganalisa/memformat-ulang/menyampaikan bit² yg melaluinya ke pihak berikutnya (yg bisa merupakan Router atau mesin jenis lainnya). Setelah pesan diterima, receptor wajib memberitahu initiator bahwa pesan telah diterima dgn baik (ACKnowledge). Jalur yg harus dilalui [biasanya] sama dng jalur pengiriman, namun tidak tertutup kemungkinan mempergunakan jalur lain (bisa lebih jauh atau lebih dekat). Ada bermacam jenis Router. Mediator jenis lain misalnya adalah Proxy, Switch, dsb.

• Bila Sinyal dan/atau Data yg dikirim initiator -- sengaja atau tidak -- berisi kode² yg "tidak dikehendaki" oleh penerima (atau mediator), komunikasi sangat mungkin akan diputuskan. Alamat pengirim akan dicatat, dan transmisi selanjutnya dari sumber tsb tidak akan diproses.
Mengapa anda tidak bisa connect, atau connect-nya tidak lancar, padahal jalur komunikasi oke?
Apakah komputer anda bersih dari malware?
Apakah kebetulan anda mendapat "identitas/alamat bekas" dari user lain yg sebelumnya telah di-filter?
Apakah di tengah jalan transmisi anda dialihkan ke mediator "gadungan" tanpa sepengetahuan anda?
Apakah ada aspek² tertentu pada receptor/mediator yg telah diubah pemiliknya oleh karena satu dan lain alasan sehingga "tidak seperti biasanya"?
Salah setting software?
Software lain berperilaku "egois" dan menghalangi komponen lainnya?


B. SNR_Margin (SNRM)
B1. Signal-to-Noise Ratio (SNR)
• SNR ialah Perbandingan (ratio) antara kekuatan Sinyal (signal strength) dengan kekuatan Derau (noise level).
• Nilai SNR dipakai untuk menunjukkan kualitas jalur (medium) koneksi.
Makin besar nilai SNR, makin tinggi kualitas jalur tersebut. Artinya, makin besar pula kemungkinan jalur itu dipakai untuk lalu-lintas komunikasi data & sinyal dalam kecepatan tinggi.
• Nilai SNR suatu jalur dapat dikatakan pada umumnya tetap, berapapun kecepatan data yang melalui jalur tersebut.
• SNR tidak sama dengan SNRM, namun keduanya saling berkaitan erat satu sama lainnya.
• Satuan ukuran SNR dan SNRM adalah decibel (dB)
ganja2tar - 02/04/2010 09:03 PM
#2
sambungan nye D
B2. Signal-to-Noise Margin (SNRM) ialah:
1. Perbedaan (margin) atau Perbandingan Relatif antara Kekuatan Sinyal ADSL dengan Derau (noise) yang ada pada jalur komunikasi.
2. Perbedaan antara nilai SNR_Sebenarnya dari suatu jalur komunikasi dengan SNR_yg_Dibutuhkan oleh jalur tersebut supaya bisa dipakai untuk menyelenggarakan komunikasi pada suatu tingkat kecepatan tertentu.

Contoh:
Misalkan diketahui bahwa kecepatan sebesar 384 kbps membutuhkan tingkat SNR sebesar 20 dB.
Diketahui pula bahwa ternyata nilai SNR sebenarnya dari jalur yang dipakai tersebut adalah 45 dB.
Maka dapat dihitung bahwa nilai SNRM nya adalah 25 dB, yaitu
SNRM = SNR_Sebenarnya - SNR_yg_Dibutuhkan = 45 dB - 20 dB = 25 dB

• Mengapa ketika kecepatan koneksi kita ditingkatkan dari 384 kbps menjadi 1000 kbps ternyata SNRM yang dilaporkan modem menurun, padahal perangkat koneksi dan perkabelan tidak ada yang diganti?
Misalkan diketahui bahwa kecepatan sebesar 384 kbps membutuhkan tingkat SNR sebesar 20 dB.
Diketahui bahwa ternyata nilai SNR sebenarnya dari jalur yang dipakai tersebut adalah 45 dB.
Diketahui pula bahwa untuk meningkatkan kecepatan dari 384 kbps menjadi 1000 kbps dibutuhkan peningkatan SNR dari 20 dB menjadi 30 dB.
Maka sekarang dapat dihitung bahwa nilai SNRM nya bukan lagi 25 dB melainkan 15 dB, yaitu
SNRM (1000 kbps) = SNR_Sebenarnya - SNR_yg_Dibutuhkan pada 1000 kbps = 45 dB - 30 dB = 15 dB
SNRM (384 kbps) = SNR_Sebenarnya - SNR_yg_Dibutuhkan pada 384 kbps = 45 dB - 20 dB = 25 dB

• Sebagian merk/model ADSL Modem/Router menunjukkan dua nilai SNRM:
DownStream SNRM dan UpStream SNRM.
DownStream SNRM menunjukkan nilai SNRM pada range frekuensi yg dipakai unt menghantarkan data/sinyal dari modem di DSLAM ke modem user (data masuk dari Internet).
UpStream SNRM adalah nilai SNRM pada rangkaian frekuensi yg dipakai unt mengirimkan data/sinyal dari modem user ke modem di DSLAM (data keluar menuju Internet).

• Pada umumnya, nilai SNRM terendah yang diperlukan supaya proses SYNCH (sinkronisasi frekuensi sinyal antara modem ADSL kita dengan modem di peralatan DSLAM) dapat berlangsung dengan lancar adalah ±6,0 ~ ±7,0 dB. Nilai inilah yang biasa dicantumkan oleh pembuat modem pada manual sebagai persyaratan minimal supaya modem mampu bersinkronisasi dengan perangkat penyelenggara layanan koneksi. Pada kenyataanya kondisi jaringan berbeda satu sama lainnya. Sebagian jaringan mungkin membutuhkan SNRM minimal sampai ±10 dB.

• SNRM hanya dapat diukur secara benar dari sisi pelanggan, yaitu dari soket telepon di mana modem kita hubungkan. Nilainya dapat -- dan kemungkinan akan -- berfluktuasi dari waktu ke waktu karena pengaruh interferensi sinyal radio, perangkat elektrik/elektronik lain di sekitar dan disepanjang jalur yang dilalui kabel tersebut, termasuk perubahan cuaca dan iklim.

TIPS:
1. Bersihkan soket telp. Air seni dan kotoran hewan lainnya akan menimbulkan oksidasi logam dan jamur yg membuat kelembaban meningkat.
2. Jangan taruh soket telp di lantai atau menanamnya di tembok yg lembab.
3. Hindari jaringan kabel telp yg banyak sambungan (di dalam maupun di luar rumah). Kalau perlu ganti dgn satu lajur utuh dari tiang telp sampai ke modem. Permintaan penggantian kabel dapat diajukan ke kantor Telkom setempat, biasanya dgn menghubungi nomer 117 (namun bisa segera dilaksanakan atau tidak tergantung persediaan kabel luar setempat).
Kabel listrik bertegangan tinggi yg melintang relatif dekat dgn jaringan kabel telp bisa menjadi sumber gangguan.
Pemasangan kabel yg ceroboh (kendor di terminal) juga akan menimbulkan masalah.
4. Jangan taruh telp atau memasang kabelnya terlalu dekat dgn sumber radiasi elektromagnetis (speaker, AC, dsb) dan sumber gelombang radio (microwave; antena in-door, wireless handset transceiver, dsb). Untuk perkabelan, beri jarak minimal ±30cm (1 feet); taruh lebih jauh lagi kalau ada sambungan kabel terbuka (segera dibungkus isolator).
5. Jangan meletakkan handphone yg dalam keadaan aktif dekat dgn perangkat komputer, apalagi modem! Ini cenderung selalu disepelekan ... rasakan sendiri akibatnya... tongue
6. Ganti trafo lampu neon tua, apalagi kalau sudah mengeluarkan bunyi.
7. Jangan meletakkan stabiliser [terutama stabilizer elektromekanis; stavol] dekat dgn perangkat komputer (kurang dari ±1 m).


C. Line Attenuation (LA)
• Nilai LA menunjukkan seberapa jauh kualitas sinyal dari/antara modem pelanggan sampai ke perangkat DSLAM di Sentral Otomat Telkom telah terdegradasi (melemah; menurun mutunya). Sama halnya dgn penurunan beda potensial (voltage) di ujung akhir akibat penggunaan kabel listrik yg terlalu panjang tanpa penguat.
• Faktor jarak sangat berperan. Yang dimaksud dgn "jarak" di sini adalah jarak total panjangnya kabel, bukan seberapa jauh rumah/kantor kita dari DSLAM dan/atau Sentral Otomat Telkom. Biarpun bangunan hanya terpisah tembok, rangkaian kabel telp bisa saja berputar dulu mengelilingi blok perumahan.
Makin jauh jarak modem anda dengan peralatan di DSLAM, makin tinggi nilai redamannya, alias makin buruk keadaannya (akibat makin tingginya jumlah sinyal yang hilang/teredam/melemah disepanjang jalur).
Makin rendah nilai LA, makin besar kemungkinan kita akan mendapatkan kecepatan koneksi yang lebih tinggi (karena kualitas sinyal relatif terjaga, tidak banyak teredam/hilang/melemah akibat panjangnya jalur yang harus dilalui).
• Selain panjang, diameter kabel (0,3~0,6 mm) juga berpengaruh, demikian pula dgn kondisinya (oksidasi, lembab/basah, sambungan kendor, banyak sambungan, dsb).

bersambung....


exclamatisetting modem + wifi

Quote:
Original Posted By vanille
ni gan setingan nya, utk agan2 lain yg membutuhkan setingan modem+wifi router
Spoiler for seting wifi
Saya sudah punya ADSL Modem-Router 1 port, lalu beli D-Link Wireless Router, Gimana cara settingnya?
Jadi kebanyakan begini kasusnya, pengguna sudah pasang ADSL (Speedy) lalu dapat (atau beli) ADSL modem-router 1 port, kemudian ingin menambah koneksi wireless dan membeli wireless router. Setelah itu bingung bagaimana cara setting-nya, karena ada 2 router disini.

Untuk penyelesaian kasus diatas ada 2 cara yang dapat dilakukan :

1. Double NAT
Cara ini merupakan cara termudah yaitu praktis tidak melakukan settingan berarti disini
Pada ADSL Modem-Router set :
- WAN IP : Masukkan VPI/VCI, lalu tentukan apakah PPPoE atau PPPoA, username dan password juga dimasukkan disini
- LAN IP : 192.168.1.1
- DHCP Server On, misalnya range 192.168.1.100-192.168.1.200

Pada Wireless Router, disini digunakan DIR-655, set :
- WAN IP (Internet) : DHCP Client
- LAN IP : 192.168.0.1
- DHCP Server On, misalnya range 192.168.0.100-192.168.0.200

"Hal yang harus diperhatikan adalah antara LAN IP ADSL Modem-Router dan LAN IP DIR-655 harus BERBEDA subnet-nya, misalnya dalam contoh diatas pada ADSL Modem-Router digunakan subnet 192.168.1.0/24 dan pada DIR-655 digunakan subnet 192.168.0.0/24"

Keuntungan dari cara ini :

- Sangat mudah

Kerugian dari cara ini :

- Karena melakukan double NAT (ada 2 router NAT disini yaitu ADSL Router dan Wireless Router) maka bila ingin melakukan virtual server atau port forwarding relatif tidak simpel karena harus 2 kali yaitu di ADSL Router dan Wireless Router

2. ADSL Modem-Router diset sbg Bridge

Cara yang kedua adalah men-set ADSL Modem-Router sebagai Bridge, sedangkan dial PPPoE dilakukan di wireless router-nya dalam hal ini DIR-655.
Pada ADSL Modem-Router set :
- WAN IP : Set sebagai Bridge Mode dan masukkan nilai VPI dan VCI disini
- LAN IP : 192.168.1.1

Pada Wireless Router, disini digunakan DIR-655, set :
- WAN IP (Internet) : Set ke PPPoE, masukkan username dan password yang diberikan oleh Telkom. Lalu masukkan DNS Server Telkom (atau DNS OpenDNS)
- LAN IP : 192.168.0.1
- DHCP Server On, misalnya range 192.168.0.100-192.168.0.200

Keuntungan dari cara ini :

- Karena dial PPPoE dilakukan oleh Wireless Router maka IP Public dari Telkom langsung di-assign di port Internet/WAN si Router
- Karena WAN langsung "pegang" IP Public maka Virtual Server atau Port Forwarding hanya dilakukan di DIR-655 saja

Kerugian dari cara ini :

- Tidak dapat bekerja jika anda mendapatkan layanan ADSL dengan dial PPPoA (beberapa lokasi masih menggunakan dial PPPoA untuk dapat terkoneksi)

saya pakai cara no. 2 gan di bridge, modem saya dlink, wifi router saya linksys
semoga membantu gan beer:
ganja2tar - 02/04/2010 09:04 PM
#3
sambungan nye D
TIPS:
1. Periksa/test splitter dan/atau micro-filter.
Angkat gagang telp. Dengarkan suara nada pilih. Suara berdenging atau kemerosok di pesawat telp dapat menjadi salah satu indikasi kerusakan splitter. Kemudian tekan tombol 0 dan simak. Tak boleh ada suara apapun di sini.
2. Jangan pakai splitter bermutu rendah, karena malah lebih sering menimbulkan gangguan daripada melaksanakan tugas sebenarnya (memisahkan frekuensi rendah dgn frekuensi tinggi). Frekuensi Rendah unt dilalui sinyal analog (voice); Frekuensi Tinggi unt sinyal digital ADSL.
3. Radiasi elektromagnetik (EMI/EMR/EMP) yg diakibatkan oleh sambaran petir di dekat jaringan kabel Telkom, PLN, atau disekitar tempat tinggal kita, dapat merusakkan rangkaian elektronik splitter. Jika kekuatannya cukup besar, ekses akan tembus ke UPS/Stabilizer, pesawat telepon/PABX, modem/router, mainboard + peripherals komputer, dan peralatan elektronik lainnya.


CATATAN TAMBAHAN
• Parameter lainnya (seperti Transmit/Receive Power, dll) akan disusulkan kalau waktu dan tenaga menginjinkan serta sumber daya lain (quota bandwidth, dsb) masih tersedia.

• Permasalahan koneksi ADSL broadband TelkomSpeedy tidak hanya disebabkan oleh apa yg telah ditulis di atas. Cukup sering terdeteksi bahwa setelah di-trace ternyata bottle-neck (penyempitan) ada di network node milik SingTel Singapore (partner bisnis dari mana saat ini Telkom masih "kulakan" bandwidth).
Lagi, jika waktu & tenaga mengijinkan bla...bla...bla... -- dan tak ada kesulitan dgn fasilitas upload image yg disediakan forum -- hasil tracing dgn signal plotter akan saya sertakan di forum sbg bahan masukan tambahan.

• Telah lama diketahui bahwa pada jam² sibuk (peak hours; jam kantor; ±08:30~17:00~21:00WIB), mutu koneksi ADSL broadband TelkomSpeedy mengalami penurunan drastis akibat network congestion (kemacetan di jaringan akibat lalu-lintas pemakaian bandwidth melebihi kapasitas terpasang). Dalam hal ini jelas tak ada permasalahan teknis apapun pada semua perangkat yg terlibat (user, provider, dan partner komunikasi).
Sama seperti kemacetan lalu-lintas pada jam² sibuk di ruas² jalan utama Jakarta seperti Thamrin~Sudirman, GajahMada~HayamWuruk, dsb, yg hampir setiap hari membuat pusing warga Jakarta, keadaan infrastruktur jalanan sebenarnya relatif baik² saja. Hanya jumlah pengguna yg tidak seimbang dgn kapasitas yg ada.
Solusi: Berlangganan pada provider lain, unt dipakai sbg koneksi cadangan kalau jalur TelkomSpeedy sedang crowded bin letoy.
Sebagai contoh, saat ini ada penawaran berbagai macam paket (Rp160.000/259.000/350.000/625.000/900.000 per bulan) koneksi broadband di situs IndosatM2.
Periksa website ISP lainnya unt perbandingan. Perhatikan coverage area unt mengetahui apakah daerah anda tercakup dalam jangkauan servis mereka. Kirim e-mail atau telp unt minta informasi lebih lengkap.

• Beberapa peralatan/instalasi yg potensial menjadi sumber gangguan:
AC, kulkas, pompa air, kipas angin, microwave, oven elektrik, telp nirkabel (termasuk handphone), lampu fluorescent (neon), power adaptor, monitor, speaker, stabiliser elektro-mekanis, antena (segala jenis, termasuk built-in wireless antena pada laptop), pemancar radio di sekitar rumah, booster, alarm system, kabel listrik tua/terkelupas, dsb.

Segala peralatan yg membangkitkan/merubah frekuensi memiliki potensi menjadi sumber gangguan -- tergantung cara pemakaian peralatan tsb oleh penggunanya, instalasi, jarak serta orientasi-nya terhadap perangkat koneksi ADSL (milik user dan/atau milik provider).

Tidak jarang terjadi kondisi perangkat kita (user & provider) sebenarnya baik² saja, namun sumber interferensi-nya yg terlalu besar sehingga mengacaukan operasi normal perangkat tsb. Atau, perangkat kita yg ternyata beroperasi pada kondisi pas²-an (terlalu dekat dgn margin error) sehingga rentan terhadap perubahan sekelilingnya. Dalam keadaan seperti itu, gangguan sedikit saja sudah mampu mengacaukan keadaan yg sebelumnya tampak "normal²" saja.

• Hasil Ping hanya menunjukkan Latency antara satu atau lebih titik koneksi, tidak bisa dipakai sendirian begitu saja unt menggambarkan kualitas jaringan. Latency (round-trip time) diukur dari Pengirim > Penerima > Pengirim (dari Sumber sinyal, ke Penerima, balik lagi sampai ke Pengirim). Kalau hasil ping jelek, tidak selalu berarti kualitas jaringannya yg jelek. Bisa jadi si penerima "sedang-terlalu-sibuk" (over-loaded; over-burdened) unt memberikan respons -- meskipun bisa berarti juga "under-performance", misalnya karena salah instalasi dan/atau spesifikasi platform. Atau sinyal ping corrupt di tengah jalan.
Masalah jaringan terlalu kompleks unt bisa dipecahkan/dianalisa hanya dgn satu alat ukur; apalagi jaringan global semacam InterNet[works]. Dan 100 alat ukur boleh dipakai dgn cara bagaimanapun, sepanjang "meteran" tsb tidak dikalibrasi, hasilnya tidak akan pernah akurat.

Jadi tidak perlu posting hasil ping sampai puluhan baris. Cukup beberapa baris saja (dgn packet size standar, 32 Bytes).
Pelajari baik² cara penggunaan suatu network tool (ping, traceroute, netsh, whois, netperf, ttcp, dsb) supaya kita jangan sampai salah kena tuduh sbg "pengacau"... tongue
Misalnya, ping berkali² ke suatu server/situs dalam jangka waktu pendek bisa diartikan sbg flooding ataupun attack.

ilovekaskus ,,,,

tolong dikoreksi bila ada yg salah... think:

sumber : opensource sapidi Peace:

update :

A. Jakarta
1. Untuk DSLAM buatan Alcatel-Lucent (France)
Encapsulation = PPPoA � VPI = 8 � VCI = 35

2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE � VPI = 0 � VCI = 35

3. Untuk DSLAM buatan Siemens AktienGesellschaft (Germany)
Encapsulation = PPPoA � VPI = 1 � VCI = 33


B. Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi
1. Untuk DSLAM buatan ZTE (ZhongXing Telecommunication Equipment Co Ltd)(China)
Encapsulation = PPPoE � VPI = 8 � VCI = 81

2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE � VPI = 0 � VCI = 35


CATATAN
Semua daerah di Jawa Tengah: DSLAM = ZTE

Semua wilayah di Bandung: DSLAM = ZTE

ini QoS (quality of service) paket speedy untuk bandwindh internasional (IX)
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1 dalam satuan kilobyte (kB/s,donload file)
credit=kang mustofa (mod opensource sapidi) Peace:

kalo utk IIX nya dijamin full speed iloveindonesia

♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1
Paket MAIL (Limited 15 Jam 1 Mbps)
Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream dan harga yang murah, paket ini ditujukan untuk pengenalan internet atau untuk pengguna yang jarang menggunakan internet tetapi menginginkan koneksi yang cepat.
Paket CHAT (Limited 50 Jam 1 Mbps)
Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream dan harga yang terjangkau, Anda dapat melakukan koneksi internet dengan kecepatan tinggi dengan durasi yang lebih panjang.
Paket Socialia (Semi Unlimited 384 kbps)
Dengan kecepatan 384 kbps downstream dan 96 kbps upstream tanpa batas waktu Anda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing maupun chatting selama masih dalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika kuota usage tercapai, kecepatan efektif akan diturunkan menjadi 128 kbps hingga akhir bulan dan akan kembali ke kecepatan semula pada awal bulan berikutnya.
Paket LOAD (Semi Unlimited 512 kbps)
Dengan kecepatan 512 kbps downstream dan 128 kbps upstream tanpa batas waktu Anda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing yang lebih cepat, download, maupun chatting selama masih dalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika kuota usage tercapai, kecepatan efektif akan diturunkan menjadi 128 kbps hingga akhir bulan dan akan kembali ke kecepatan semula pada awal bulan berikutnya.
Paket Familia (Unlimited 1 Mbps)
Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar cocok untuk para profesional atau penggunaan internet yang dishare hingga ke sekitar 10 pengguna.
Paket EXECUTIVE (Unlimited 2 Mbps)
Dengan kecepatan 2 Mbps downstream dan 512 kbps upstream serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar cocok untuk keperluan bisnis dan perkantoran dengan penggunaan internet yang dishare hingga ke sekitar 20 pengguna.
Paket BIZ (Unlimited 3 Mbps)
Dengan kecepatan 3 Mbps downstream dan 512 kbps upstream serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar cocok untuk keperluan bisnis dan perkantoran dengan penggunaan internet yang dishare hingga ke sekitar 30 pengguna.

Catatan :
Paket Mail, Chat, Socialia dan Load memperoleh 1 IP public dynamic
Paket Familia, Executive dan Biz memperoleh 1 IP public static

paket lama sebelum multi speed release
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1

jadi yg belum migrasi silahkan migrasi ke paket sapidi multispeed D
bernard99 - 02/04/2010 09:47 PM
#4

Mantab, lengkap berikut sumbernya D

Penghuni KIOS gan? o
ganja2tar - 02/04/2010 09:52 PM
#5
Troubleshooting!!!
Quote:
Original Posted By bernard99
Mantab, lengkap berikut sumbernya D

Penghuni KIOS gan? o


shutup: duh ketauan deh.... malu:

sup2:

=======================================

InsyaAllah ...trik ingin koneksi lancar kembali ,,

pertanyaan
Quote:
Original Posted By DVDSuperMurah
Bos-Bos sekalian numpang nanya apabila ada yang tau..

Mengapa Telkom Speedy Unlimited saya sering SANGAT SUSAH UNTUK CONNECT DAN SERING TERPUTUS-PUTUS

Ketika sudah terputus, kemudian Lampu ADSL modem saya (D-Link DSL-520T) berkedap-kedip terus sampai berjam-jam.. Dan baru bisa connect lagi.. Tapi begitu 2-3 jam lagi, dan terputus, kemudian begitu lagi..

Mohon kepada Bos-Bos yg jago untuk penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi dan sekalian dengan solusi untuk menyelesaikannya..

Terima Kasih sebelumnya..


jawaban

Quote:
Original Posted By ganja2tar
udah baca peki 1 belum ???

solusinya ganti semua kabel dari tiang telepon diluar rumah mpe ke roset(colokan telepon) ,,usahakan pendek kabelnya jng berbelit2..

dan juga kabel tlp ke modemnya pendek ,,dan gunakanlah splitter yg berkualitas baik (kalo menggunakan splitter)


,,,coba modem lain ..

liat status modem gimana...



oh ya jgn panggil teknisi sapidi ,,panggillah teknisi telepon..

Phone: 147 ,,salurkan bagian ke teknisi telepon ,,bilangg ...ke cs nya bahwa telepon saya kresek2 ,,, kadang ga nyala ..gitu aja bilangnya,,,,insyaallah ntar cs akan memanggil teknisi telepon utk kerumah bro \)


pertanyaan
Quote:
Original Posted By ryanfsf
sblmnya, thanks dah mau jawab gan .
tapi, jujur saya kurang paham yg ada di page 1.
nanti saya coba pake modem lain ato ganti splitter .
kalo masalah panggil teknisi telepon tar pas dateng ke rumah malah ngbenerin buat voicenya aja donk gan . bnr gak ? saya krg paham nih . . maaf ya ngerepotin .


jawaban


Quote:
Original Posted By ganja2tar
justru dia benerin voice nya,,,,kalo tuh teknisi dateng bilang aja ,,mas telepon nih kresek2 ,,sangat mengganggu sekali,,(tuh teknisi cek pesawat telepon bro,(kalo dipakein utk telepon yah D ) ),bro cepat bilang ,nah sapidi saya di modem nya gak hidup lampu adsl nya ,,gak nyala terus ,,ya alhasil saya gak bisa online ,,
tuh teknisi berpikir cepatt ohhh nanti kami coba pake modem kami,,,(biasanya sih tuh teknisi bawa modem cadangan mereka(ambil modem dari dalem mobil tilikom hammer\)lalu dicoba ,dan ternyata masih gak stabil lampu adsl nya ,, bilang ma mas teknisi nya ,,mas itu sinyal kabel nya gak beres tuh ,, nah ,,bro nanti bilang ke teksnisi lagi ,,coba tes pake kabel baru dari tiangnya(otomatis tuh teknisi ambil tangga dari mobil dan naek ke tiang telpon utk gantiin kabel yg baru yg ingin di tes ,,kalo dicoba pake modem bro,,dan lampu adsl hidup dg konstan dan stabil ,,berarti ,masalah ada di kabel dari tiang telepon yg udah soak ,, nah jadi intinya pake kabel baru deh ,,kalo masih pake kabel baru itu gak idup adsl nya ya ,balikin lagi kabel seperti semula ato ganti baru,,nah ini bukan terjadi kesalahan dari sisi pelanggan,ini kesalahan pada jaringan luar tilikom yg gak beres....(BIAYA KABEL TELEPON LUAR DITANGGUNG TILIKOM KALO DARI TIANG MPE RUMAH BRO,selanjutnya i dont know o )

oh ya utk splitter beli yg baru dulu deh .. dipasaran masih byk yg esek2 nohope: harga ya yg esek2 sekitar 10rebu - 15 rebu ,, kalo yg agak bgsan diatas 40 rebuan ,,

sekian dan terima kasih .... shakehand:

*berdasarkan pengalaman™ malu:


Pertanyaan

Quote:
Original Posted By zeta555
iya yang 645k.. emang ada yang famili yang laen ya? confused:


Jawaban

Quote:
Original Posted By Sikucrutz
yg agan pake iu familia..beda dikit D

family paket lama skrg ganti jd socialia


Quote:
Original Posted By ganja2tar
bedain bro family ama familia

kebanyakan salah kaprah yg gak tw nama family itu udah berubah nama jadi socialia bw 384 ,, kalo familia itu perubahan nama dari paket game bw 1mbps beer:



troubleshooting dari agan pokoemaknyuz :thumbup thx bro D

Quote:
Original Posted By pokoemaknyuz
kalo utk conect itu susah brati ada mslh dari modem ke dslam telkom,teserah itu modem,kabel,spliter,percabangan,distrib box ditiang dsb.tapi hampir rata2 krn modemnya kurang kuat (linenya jelek) krn kejauhan dari dslam.pake yg merk dan tipe yg ane sarankan.tplink 8920.atw kalo gak mau ganti coba cek kabel rumah, paling bagus itu kabel luar yg hitam bisa nyampe kedalam dan percabangan pertama hrs ke modem..apalagi kalo pake telpon manual tnp listrik itu kdg bikin eror jaringannya


nih kalo utk lancar streaming ,,lumayan cepat ,bisa juga utk memperbaiki koneksi ke IX nya alias Internasional
Quote:
Original Posted By pokoemaknyuz
yg mau naik koneksi internya spidi bisa cb trik ini:
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1
pada kolom no proxy isikan ip adres modem dan situs lokal yg sering dikunjungi krn akses lokal akan lambat dg proxy,dibatasi dg koma dan spasi..cara ngecek situs itu lokal apa tidak silakan ditracert..streaming youtube jadi lumayan..utk facebook boleh diisi boleh tdk,harus dites kadang jadi situs lokal krn sudah dicache duluan sm akamai


thx bro :2thumbup
===================
exclamatiPENJELASAN UTK PAKET SOCIALIA(FAMILY 384) ATAU PAKET LOAD 512 YG KECEPATANNYA TURUN DARI 1MBPS(download file 100kBps an) UDAH LAMA LANGGANAN ATAU BARU LANGGANAN TIBA2 TURUN KE PAKET YG SESUNGGUHNYA KE 384 ATAU 512 (donwnload file 50kBps, 70kBps) (LANGGANAN SESUAI PAKET) exclamati

1.
Quote:
Original Posted By FortressMU
selamat anda sudah menempuh dijalan yg benar shakehand D

gini yah gan ane jelaskan..cmiiw dulu Peace:

koneksi adsl emang awal2 setting default benwin nya 1mbps ,,
itu sebenernya hoki doang alias trial (itu kata anak2 sapidi disini D )

sebenernya gak ada masa promosi speed 1mbps utk paket family (skrng nama socialia) selama 6 bulan ,,itu yg ada hanya emang setingan default utk semua DSLAM tilikom emang 1mbps bandwithd nya (rata2 sih)

(DSLAM = istilah nya server sapidi (port sapidi))

lah jadi intinya mengapa bisa dapet 1mbps kalo pertama pasang???napa gak langsung 384 kbps????(ato 512kbps = kalo utk paket load)
yah itu teknisi pada bagian DSLAM nya lagi ngurusin tuh benwin ,ada yg cepat ,ada yg lambat ngerjainnya (ada yg males juga loh nyeting ulang benwinnya)
nah ini pada bagian benwin management yg kurang baik think:

ada kasus teman kita baru pertama x pasang udah dapet benwin yg udah pasti pas sesuai paket misal 384kbps

ada juga yg bertahan lama selama 3 bulan ato 2 bulan bahkan ada 1 bulan,,


yah jadi kurang lebih nya ada yg mengatakan itu buat kesenangan semata utk benwin 1mbps itu(ujung2 nya kata orang, promo lah,hokilah,kesalhan teknis lah dsb) ,supaya dikatakan awal pasang udah cepat tuh sapidi,padahal benwin sesungguhnya belum disetting,,nah lo ??? D

kacau juga nih bandwinthd managemen sapidi ini army:

speechlessss nohope:


2.
Quote:
Original Posted By aJi_doraemon14
sabar gan...
(saya di sini nggak membela speedy)

sebaiknya anda membaca dulu dengan seksama terms of service dari paket socialia (d/h Family) sebelum anda migrasi
kecepatan speed yang dijamin adalah up to 384 kbps dan upload 96 kbs Dengan penurunan speed jika sudah melampaui 3 GB akan turun ke 128 kbps

jadi kecepatan yang anda peroleh sudah benar, dan dilihat dari hukum manapun, anda tidak dapat protes mengenai hal ini (50 kBps pun sudah lebih dari 384 kbps)

"Lalu, mengapa dulu saya kok dapat Speed 1 Mbps pure, bahkan 1248 kbps (140 kBps)"

karena pada saat awal paket multispeed diluncurkan sistem telkom belum sempurna. hal ini murni bugs, bukan tipu tipu, dsb2 sehingga andapun tidak dapat protes mengenai hal ini

NB: Saya juga mengalami hal sama yang anda alami.
namun ya memang speed segitulah yang memang hak kita pelanggan Socialia (d/h family)

posting saya hanya untuk meluruskan, thanks
mbodeh - 02/04/2010 10:39 PM
#6

maho
Mau Ngetes Koneksi Cacat
Spoiler for cacat
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1
Febzajah - 05/04/2010 03:25 PM
#7

harus naekin sup2:
mbodeh - 05/04/2010 05:27 PM
#8

Ane Bantu sup2:
eazyshare - 05/04/2010 05:47 PM
#9

mantap ilmunya ilovekaskus
eazyshare - 05/04/2010 05:49 PM
#10

sory dopost inet ngaco hammer
deppnovianto - 05/04/2010 06:32 PM
#11

thanks gan atas sharing nya... ilovekaskusilovekaskus
virtue24 - 05/04/2010 07:02 PM
#12

mantap thumbup:
rudte4 - 05/04/2010 07:43 PM
#13

treat speedy pindah sini aja deh. o
taluh - 05/04/2010 09:16 PM
#14

♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1

punya gw gan
Febzajah - 05/04/2010 10:49 PM
#15

Quote:
Original Posted By taluh
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1

punya gw gan


beww... matabelo:

snr margin ama LA nya bgs bgt,,,pake modem apa tuh daerah mana?

line teleponya baru ya?? think:
gamerzz - 06/04/2010 12:12 AM
#16

speedy ane
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1

posisi di bsd paket load
mbodeh - 06/04/2010 12:18 AM
#17

Quote:
Original Posted By taluh
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1

punya gw gan


Quote:
Original Posted By gamerzz
speedy ane
♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1

posisi di bsd paket load


Kapan Ane Bisa Seperti Mereka Berdua Ya ????
Febzajah - 06/04/2010 03:50 PM
#18

Quote:
Original Posted By mbodeh
Kapan Ane Bisa Seperti Mereka Berdua Ya ????


wah bukannya bro udah kek gitu think:
taluh - 06/04/2010 08:36 PM
#19

Quote:
Original Posted By Febzajah
beww... matabelo:

snr margin ama LA nya bgs bgt,,,pake modem apa tuh daerah mana?

line teleponya baru ya?? think:


Modemnya biasa aja gan Huawei
daerah Pedalaman kalimatan.
cmn kondisi jaringannya yg bagus gan. tiang tlpnya pke kabel Fiber optik nah baru dr tiangnya yg kerumah pke tembaga itu pun cmn 30meteran gan
sabu2tar - 06/04/2010 09:24 PM
#20

Quote:
Original Posted By taluh
Modemnya biasa aja gan Huawei
daerah Pedalaman kalimatan.
cmn kondisi jaringannya yg bagus gan. tiang tlpnya pke kabel Fiber optik nah baru dr tiangnya yg kerumah pke tembaga itu pun cmn 30meteran gan


kagets: yakin tuh pake fiber optik dari tiang nya?

hmmm bgs jg kek gitu ya think:
Page 1 of 500 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > COMPUTER STUFF > Internet Service & Networking > ISP > ♣ All About Telkom Speedy ♣ -=sesi 2=- - Part 1