Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > attila the hun
Total Views: 5192 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 

viyaz - 11/04/2010 12:15 AM
#1
attila the hun
maap kalo repost:

attila the hun

Attila the Hun adalah seorang raja Hun, menginvasi Eropa dari stepa Rusia sampai berbatasan Prancis. Dia dijuluki "The Scourge of God".

Suku Hun kemungkinan besar berasal dari Asia Tengah yang dulu selalu mengancam China ratusan tahun yang lalu (suku Xiongnu). Tulang punggung pasukan mereka adalah pemanah berkuda.

Saat raja Hun (pamannya) Ruga (atau Rua), meninggal, Attila dan saudaranya Bleda naik tahta menggantikannya. Sebelumnya, Ruga telah membuat perjanjian dengan Romawi Barat dan Timur. Romawi Timur membayar upeti kepada Hun, membuka pasar kepada pedagang Hun, dan memulangkan kaum pelarian sebagai perjanjian perdamaian.

Attila mencoba memperluas kekuasaannya ke timur, sampai Armenia sebelum dikalahkan pasukan Sassanid Persia di Armenia.

Attila mengalihkan pandangannya ke Eropa, memperluas wilayah kekuasaannya di Balkan dengan menaklukan Serdica (Sofia), Arcadiopolis, dan Phillippopolis (Plovdiv). Lalu, mereka menyerang Konstantinopel, tapi terhenti oleh tembok kokoh Konstantinopel. Romawi Timur terpaksa memberi mereka upeti tinggi untuk menghentikan mereka.

Mereka terus memperluas wilayahnya sampai seluruh Balkan, tapi hanya Moesia yang berhasil.

Lalu mereka bergerak lagi ke barat dengan menyerang kerajaan Visigoth di Tolouse, membuat aliansi dengan Kaisar Romawi Barat, Valentinan III. Dia mendapat sekutu-sekutunya yaitu Alans, Ostrogoth, Brugundian, dll.

Singkatnya, Attila dan horse-archernya menjadi ancaman bagi Romawi Barat dan Timur, sampai dia dikalahkan oleh jendral Flavius Aetius dalam pertempuran Chalon.

Tahun 452, Attila menikahi Honoria.

Attila menyiapkan invasinya ke Italia. Lalu, Valentinan III mengirim 3 utusan untuk bertemu Attila, salah satunya adalah uskup Leo I. Leo I berhasil 'mengusir' Attila dari Italia dan kembali ke Hungaria. Namun, Romawi Timur telah menyebrangi sungai Danube dibawah jendral juga bernama Aetius dan memaksa Attila kembali ke kampung halamannya.

Tahun 453, Attila meninggal. Anaknya, Ellak, Dengizich, dan Ernak saling merebut kekuasan Hun. Mereka terbagi-bagi, dan diusir dari Eropa.

Spoiler for peta kekuasaan Hun (warna ungu)
attila the hun


capek juga ngetik sendiri. kasih cendolbig dong biar ga haus hehhe
n0ysk1 - 11/04/2010 12:38 AM
#2

nyimak dulu gan
Darmokusumo - 11/04/2010 01:05 AM
#3

nice info gan..
ternyata dia penakluk yg hebat juga ya gan..attila the hun
Aloyfb - 11/04/2010 06:23 AM
#4

bukankah attila the hun ini sering disebut barbar ???........
viyaz - 11/04/2010 08:28 PM
#5

Quote:
Original Posted By Aloyfb
bukankah attila the hun ini sering disebut barbar ???........


bener gan, dia wilayahnya luas banget
sayamasihnewbie - 11/04/2010 09:33 PM
#6

Akhirnya ada jg yg bahas attila D

bukannya akhirnya mrk menetap di daerah hungaria? CMIIWattila the hun
historaha - 11/04/2010 11:54 PM
#7

saking menakutkannya attila, orang2 roma menyamakannya dengan Hannibal, si jendral perang Fenesia yang nyaris menguasai Roma pada Punic War itu.
viyaz - 12/04/2010 06:11 PM
#8

Quote:
Original Posted By sayamasihnewbie
Akhirnya ada jg yg bahas attila D

bukannya akhirnya mrk menetap di daerah hungaria? CMIIWattila the hun


awalnya mereka dari asia tengah (kemnungkinan besar barat lautnya cina). lalu mereka bermigrasi besar-besaran ke eropa dan menginvasinya
LambradoZ - 12/04/2010 06:14 PM
#9

baru denger gue nih hero matabelo:

update dong gan malu
makaribi - 12/04/2010 06:36 PM
#10

cendol sent o
htmc - 12/04/2010 06:47 PM
#11

Jadi ingat Age of Empire 2attila the hun
viyaz - 12/04/2010 08:08 PM
#12

Quote:
Original Posted By makaribi
cendol sent o


mana gan? hehe
viyaz - 16/04/2010 07:54 PM
#13

ini gan, pedangnya attila yang legendaris

attila the hun

orang ini mirip genghis khan, cuma dia di eropa. busurnya hun paling manteb di dunia pada saat itu (sama kayak busur mongol), bisa nembus armor berat.

attila the hun

yang mau bahas tentang hun disini juga boleh D sup:sup:
sayamasihnewbie - 16/04/2010 10:39 PM
#14

Sayang ni orang mati konyol : mimisan nohope:attila the hun
viyaz - 27/04/2010 10:17 PM
#15

Quote:
Original Posted By sayamasihnewbie
Sayang ni orang mati konyol : mimisan nohope:attila the hun


setahu ane sih terserang penyakit. bener gak?
apple.pie - 28/04/2010 03:10 AM
#16

nice post gan! thumbup:
ini salah satu penakluk idola ane nih gan.
raxiyazi - 28/04/2010 08:56 AM
#17

Quote:
Original Posted By Aloyfb
bukankah attila the hun ini sering disebut barbar ???........


Nambahin bro beer:

Konteks barbar itu diberikan oleh bangsa Romawi kepada semua suku nomaden di sebelah timur kekaisaran mereka. Semua suku yang bukan warga romawi, tidak mengenal adat (menerutu si romawi-nya \) ) dan hidup berpindah-pindah secara nomaden, mereka sebut sebagai barbar. Termasuk didalamnya suku mongolia, ural, turks, dan liannya,.... Setahu saya ketika kekaisaran Romawi di barat melemah akibat konflik internal di dalam negeri, ancaman dari timur oleh bangsa hun ini semakin gencar.... bangsa hun tetap mengancam romwai barat sampai runtuhnya kekaisaran itu di tahun 476 M.
viyaz - 28/04/2010 04:29 PM
#18

Quote:
Original Posted By raxiyazi
Nambahin bro beer:

Konteks barbar itu diberikan oleh bangsa Romawi kepada semua suku nomaden di sebelah timur kekaisaran mereka. Semua suku yang bukan warga romawi, tidak mengenal adat (menerutu si romawi-nya \) ) dan hidup berpindah-pindah secara nomaden, mereka sebut sebagai barbar. Termasuk didalamnya suku mongolia, ural, turks, dan liannya,.... Setahu saya ketika kekaisaran Romawi di barat melemah akibat konflik internal di dalam negeri, ancaman dari timur oleh bangsa hun ini semakin gencar.... bangsa hun tetap mengancam romwai barat sampai runtuhnya kekaisaran itu di tahun 476 M.


tengkyu gan. itu yang hun yang mengancam romawi barat sampat attila wafat, lalu anak-anaknya ngerebutin kekuasaannya jadinya runtuh
viyaz - 28/04/2010 04:32 PM
#19

-dopost-
xiang.yu - 30/04/2010 05:56 PM
#20

ada yg udah nonton filmnya blm?
judulnya Attila The Hun, yg main gerald butler.

disitu diceritain detil banget, attila kecil, pertemuan attila dgn flavius aetius, pedang legendarisnya attila, sampai perebutan kekuasaannya attila vs bleda.

disini dikisahkan attila mati karena assasin cewe yg dikirim sama flavius aetius, cewe ini dikimpoi attila karena mirip sama istri tuanya dulu yg mati saat melahirkan anak pertamanya. assasin cewe ini mati setelah meracuni attila. dibunuh sama jendralnya attila. (ini versi filmnya ya)

filmnya 2 jam lebih... keren. yg demen attila wajib nonton. sayang kurang akurat dalam menggambarkan cara perang tentara romawi, pillumnya ga disambit dulu. tapi dipakai buat tusuk tusukan....
Page 1 of 5 |  1 2 3 4 5 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > attila the hun