Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Candi Penataran
Total Views: 9223 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 12 of 13 | ‹ First  < 7 8 9 10 11 12 13 > 

prabuanom - 09/09/2010 11:49 AM
#221

Quote:
Original Posted By LampuOblix
eh mbah prabu shakehand hehehhe.....

Begawan Ciptohening itu sama tidak dengan Begawan Pulosoro (apakah sama orangnya?) ijin cOpas Arjuno Gondrongnya mbah..... hehehehehe


http://wayangprabu.com/2010/05/29/4678/

palasara itu kalo ga salah masih leluhur pndawa atau wirata deh. leluhur wirata karena yg dinikahi dalam wujud badan amis itu kalo ga salah putri wirata. sementara salah satu anaknya ya resi abiyasa itu sendiri. jd masih mbah mbahe pandawa dan wirata? CMIIW

http://wayang.wordpress.com/2010/07/19/palasara-kimpoi-dengan-dewi-lara-amis-di-tengah-kali/
xenocross - 11/09/2010 09:13 PM
#222
itu tutup kepala brahmana
Quote:
Original Posted By prabuanom


Candi Penataran



Candi Penataran


tutup kepalanya sama, hanya saja itu wanita
(katanya sejarawan sih begitu)


BTW, yang paling kiri itu botak, itu Biksu Buddha.
xenocross - 11/09/2010 09:20 PM
#223

Quote:
Original Posted By prabuanom


Candi Penataran

begawan ciptaening/arjuna mintaraga.... \)
dalam aliran jawa, arjuna ciptaening/arjuna wiwaha tidak memakai penutup kepala tp gondrong dimana rambutnya dibiarkan menutupi badanya \)



Dalam wayang dan komik ilustrasi Arjuna Wiwaha, memang digambarkan demikian. Tetapi di relief Candi Surowono, gak terurai begitu. Mungkin masalah teknis pemahatan? Atau mungkin perbedaan tradisi ikonografi?

Spoiler for arjunamintaraga
Candi Penataran



Dan ini relief dimana Arjuna bertemu dengan Batara Guru (Siwa). Tampak Arjuna diiringi 2 orang punakawan.
Punakawan ini berfungsi juga sebagai narator cerita, dimana mereka mengekspresikan cerita tersebut. (waduh ini susah dijelasin)
misalnya, liat, itu mereka mengepalkan tangan ke arah pemburu (dewa Siwa), tandanya Arjuna konflik dan bertengkar dengan si pemburu

Candi Penataran
prabuanom - 12/09/2010 09:09 PM
#224

nah itu menariknya gan, punakawan ini siapa gan?apakah semar?kayanya menarik itu. hem arjuna cipta eningnya memakai penutup kepala berbentuk sorban, menarik... \)

yg dibawah itu apakah memang sorban juga yg dipakai oleh arjuna?ketika berhadapan dengan bhatara siwa?atau seperti penutup khas jawa?udeng?

silakan dilanjut

ohya fungsi punakawan sebagai pembawa narasi ini apa ya gan?kayanya banyak banget saya dptkan gamabr, termausk di candi jago yg menunjukan adanya punakawan. jika bener itu menggambrkan semar dkk, maka itu bisa menunjukan bukti adanya semar jauh sebelum datangnya islam.

thumbup:
prabuanom - 12/09/2010 09:51 PM
#225

sebenernya mengenai arjuna sendiri banyak digambarkan dengan cara yg berbeda beda sesuai dengan adat masing masing.

Candi Penataran

Candi Penataran

Candi Penataran



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Kiratarjuna.jpg

dan setiap relief itu sangat manarik sekali \)

mangga dilanjut pembahasanya \)
xenocross - 12/09/2010 09:57 PM
#226

nah identitas punakawan itu gak dibahas. Sekilas emang mirip semar. Tapi gak tau siapa satu lagi.

Lalu di gambar bawah kiri, pemburu (Siwa) berdiri, dan kakinya dipegang Arjuna yang berlutut (ceritanya lagi gulat gitu).
Menarik juga melihat tutup kepala si pemburu mirip blankon.

Lalu gambar kanan Siwa/ Batara Guru menunjukkan wujud aslinya, dengan tangan empat. Arjuna dan punakawan berlutut menyembah, sedangkan satu punakawan lagi mengangkat tangan (ekspresi terkejut?)

Membaca relief itu memang harus mengerti seni ikonografi. Untuk mengidentifikasi tokoh dalam relief, biasanya ada ciri-cirinya. Yang gampang itu tangan empat = Batara Guru.
Mahkota = bangsawan
sorban = resi/ brahmana

Aku jg hanya tau dari baca-baca buku, melihat keterangan bagaimana sejarawan mengartikan simbol-simbol itu.
prabuanom - 12/09/2010 10:14 PM
#227

Quote:
Original Posted By xenocross
nah identitas punakawan itu gak dibahas. Sekilas emang mirip semar. Tapi gak tau siapa satu lagi.

Lalu di gambar bawah kiri, pemburu (Siwa) berdiri, dan kakinya dipegang Arjuna yang berlutut (ceritanya lagi gulat gitu).
Menarik juga melihat tutup kepala si pemburu mirip blankon.

Lalu gambar kanan Siwa/ Batara Guru menunjukkan wujud aslinya, dengan tangan empat. Arjuna dan punakawan berlutut menyembah, sedangkan satu punakawan lagi mengangkat tangan (ekspresi terkejut?)

Membaca relief itu memang harus mengerti seni ikonografi. Untuk mengidentifikasi tokoh dalam relief, biasanya ada ciri-cirinya. Yang gampang itu tangan empat = Batara Guru.
Mahkota = bangsawan
sorban = resi/ brahmana

Aku jg hanya tau dari baca-baca buku, melihat keterangan bagaimana sejarawan mengartikan simbol-simbol itu.


sip mas D
tambah menrik ini D
karena tutup kepala sang batara (pemburu) mirip dengan yg tampak dipewayangan \). sedangkan yg dipake arjuna mirip udeng. nah yg punokawan itu jd inget akan kisah dijtim, kalo punokwan cuma dikenal dua orang. yitu semar dan bagong. hem yah saya sendiri tidak mengerti :

makasih penjelasanya om....dengan ini terbuka beberapa hal justru tentang punakawan \)

pinjem picnya om
ccck - 13/09/2010 10:47 AM
#228

tambah menarik lagi, ijin ndemprok lagi....linux2:

ayo mbah Xeno dengan mbah Prabu dilanjutkan lagi \)
elandinho - 13/10/2010 11:09 AM
#229

Terima kasih buat Agan-Agan yang sudah meramaikan Tread ini.
TS memang masih kurang ilmunya, banyak belajar kepada agan-agan di tread ini.

Pernyataan yang menarik (hasil diskusi semalam) bahwa karya pujangga dan candi-candi yang ada di pulau ini (atau bahkan dunia) dikhususkan memang untuk memuja atau membesarkan sang penguasa. Pencitraan. Apalagi jika di kaitkan dengan filosofi mendem jero mingkul dukur maka sudah pasti hal-hal yang positif saja yang diangkat, sedangkan hal-hal yang negatif atau membahayakan (bisa timbul prahara) tidak diceritakan. Seperti Kisah Ken Arok dan Gajah Mada asal usul kedua orang tersebut tidak jelas dan tidak pernah diceritakan padahal kedua tokoh tersebut mempunyai peran besar dalam perjalanan pulau ini (Bahkan mungkin terhadap bangsa ini). Satu lagi karya sastra dan Candi tersebut diciptakan/dibuat untuk menceritakan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi.

Pertanyaannya Candi Penataran itu mengkisahkan apa?
Saya rasa ada sejarah yang terjadi yang ditutupi oleh simbol-simbol kisah perwayangan atau kisah-kisah di kitab agama pada jaman itu?
Atau mungkin itu kisah sebenarnya yang dikitabkan pada akhirnya?


Note: hanya pingin nulis saja, karena tiba-tiba diperintahkan untuk nulis.
beer:
mat.batak - 14/12/2010 05:01 PM
#230

topik yang menarik dari budaya Indonesia, tapi yang masih membuat saya bingung adalah interpretasi ikon ato relief yang memang bisa dikaitkan dengan interaksi bangsa aseli indonesia dengan bangsa diluar nusantara...
ilovekaskusilovekaskus

klo boleh saya bis minta file pdf nya dikirim ke [email]brahmanggi@gmail.com[/email] supaya dapat saya kaji lagi lebih lanjut karena bisa menjadikan tambahan yang sangat signifikan pada pengetahuan sejarah saya
ilovekaskusilovekaskus
prabuanom - 15/12/2010 04:26 PM
#231

Quote:
Original Posted By mat.batak
topik yang menarik dari budaya Indonesia, tapi yang masih membuat saya bingung adalah interpretasi ikon ato relief yang memang bisa dikaitkan dengan interaksi bangsa aseli indonesia dengan bangsa diluar nusantara...
ilovekaskusilovekaskus

klo boleh saya bis minta file pdf nya dikirim ke [email]brahmanggi@gmail.com[/email] supaya dapat saya kaji lagi lebih lanjut karena bisa menjadikan tambahan yang sangat signifikan pada pengetahuan sejarah saya
ilovekaskusilovekaskus


itu penafsiran sepihak aliran turangga seta ternyata gan, hal ini masih jd perdebatan. karena ternyata turangga seta sendiri menyampaikan bahwa relief itu bukan relief ramayana dan mahabharata. padahal ternyata menurut para ahli itu adalah relief mahabharata dan ramayana. jd saya rasa hal ini perlu untuk dipending dulu untuk melihat bagaimana tanggapan turangga seta nantinya jika dikonfrotir dengan para ahli yg mengetahui candi penataran secara lebih jelas.
blenyon - 15/12/2010 06:13 PM
#232

baru ngikutin lg stelah lama terpendam ini trit

btw knp klo d jawa arjuna ga pake topi kang prabu

tp kliatannya lebih kuat gtu D
Qmailes - 15/12/2010 08:45 PM
#233

wah...kalo ane boleh usul gan...bikin yang sejarah kerajaan mataram kuno... bekas candi-candinya banyak banget tu...dari jawa tengah ke jawa timur,..
prabuanom - 16/12/2010 12:01 PM
#234

Quote:
Original Posted By blenyon
baru ngikutin lg stelah lama terpendam ini trit

btw knp klo d jawa arjuna ga pake topi kang prabu

tp kliatannya lebih kuat gtu D


hem kalo diwayang kayanya semua pandawa ga pake topi gan D
ga tau juga deh aslinya gan D
baybal - 22/12/2010 12:31 AM
#235

NUSANTARA punya sejarah yang luar biasa cool:
elandinho - 28/12/2010 08:08 AM
#236
centurics ingoryt
Quote:
Original Posted By mat.batak
topik yang menarik dari budaya Indonesia, tapi yang masih membuat saya bingung adalah interpretasi ikon ato relief yang memang bisa dikaitkan dengan interaksi bangsa aseli indonesia dengan bangsa diluar nusantara...
ilovekaskusilovekaskus

klo boleh saya bis minta file pdf nya dikirim ke [email]brahmanggi@gmail.com[/email] supaya dapat saya kaji lagi lebih lanjut karena bisa menjadikan tambahan yang sangat signifikan pada pengetahuan sejarah saya
ilovekaskusilovekaskus


PM aja Gan, kalau minta filenya.
elandinho - 28/12/2010 08:11 AM
#237

Quote:
Original Posted By prabuanom
itu penafsiran sepihak aliran turangga seta ternyata gan, hal ini masih jd perdebatan. karena ternyata turangga seta sendiri menyampaikan bahwa relief itu bukan relief ramayana dan mahabharata. padahal ternyata menurut para ahli itu adalah relief mahabharata dan ramayana. jd saya rasa hal ini perlu untuk dipending dulu untuk melihat bagaimana tanggapan turangga seta nantinya jika dikonfrotir dengan para ahli yg mengetahui candi penataran secara lebih jelas.


Iya Gan, Sepihak tapi selalu dibantah ketika disodorkan ke ring satu R1.
btw Gan di Garut ditemukan Piramid.
ButoGalak - 28/12/2010 08:21 AM
#238

Quote:
Original Posted By elandinho
Iya Gan, Sepihak tapi selalu dibantah ketika disodorkan ke ring satu R1.
btw Gan di Garut ditemukan Piramid.


kalo ane jujur aja banyak yg setuju dgn turangga seta dlm hal penemuan2 bangunan2 masa lampau yg tertimbun atau sengaja ditimbun katanya tapi yg ane kurang sependapat adalah pengakuan sepihak mereka atas jawa sebagai pusat peradaban dunia masa lalu, kalo hanya salah satu pusat ane setuju....tapi mereka malah lebih jauh lagi mengakui jawa sebagai pusat dari peradaban alam semesta :matabelo emangnya alam semesta ini cuman selebar kamar 3x3 m ...... ngakak ....sori OOT Peace:
prabuanom - 28/12/2010 12:05 PM
#239

Quote:
Original Posted By elandinho
Iya Gan, Sepihak tapi selalu dibantah ketika disodorkan ke ring satu R1.
btw Gan di Garut ditemukan Piramid.


hem huehehehe D
ya terserah sampean sajalah D
saya sih menjaga untuk tidak terlalu tinggi tinggi dulu, banyak kok yg seperti turangga seta. yg mengerti peradapan masa lalu. tp apa mereka lalu merasa begini begitu. jangan sampai kita menjadi besar kepala dulu gan, kalo bisa tetep andhap asor. agar ga jatuh kaya timnas kemaren, yg belum apa apa dah euforia dimana mana D
dharmawartha - 28/12/2010 12:19 PM
#240

Quote:
Original Posted By prabuanom
hem huehehehe D
ya terserah sampean sajalah D
saya sih menjaga untuk tidak terlalu tinggi tinggi dulu, banyak kok yg seperti turangga seta. yg mengerti peradapan masa lalu. tp apa mereka lalu merasa begini begitu. jangan sampai kita menjadi besar kepala dulu gan, kalo bisa tetep andhap asor. agar ga jatuh kaya timnas kemaren, yg belum apa apa dah euforia dimana mana D

setuju kalo gak usah tinggi dulu, nanti jatuhnya sakit.. terlebih, pada waktu kalah jadinya saling menyalahkan. D
Page 12 of 13 | ‹ First  < 7 8 9 10 11 12 13 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Candi Penataran