Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Candi Penataran
Total Views: 9223 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 13 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

prabuanom - 27/05/2010 12:10 PM
#61

Quote:
Original Posted By bayusatriyo
sangsi knapa cak?? saya sudah pernah ksana dan mengitari candi tsb, dan memang itu relief crita Ramayana... saya kesana bersama rombongan dari PUSPEK (Pusat Pengembangan Kebudayaan) Malang..


santei aja, disini forum budaya bukan forum ilmu pengetahuan D
mari dibahas secara budayawan D
prabuanom - 27/05/2010 12:12 PM
#62

Quote:
Original Posted By ButoGalak
ane baru saja melihat isi dari presentasi power pointnya di situs ttg borobudur itu D isinya bagus banget ane hargain temuan mereka......

kan beliau2 memandang dari sudut pandang islam, tentunya temen2 yg budhis juga berhak dong membahas dari sudut pandang mereka sendiri...

sama halnya ketika ka'bah dipandang dari sudut pandang hindu tentu umat islam gak boleh protes, lha namanya sudut pandang dan persepsi kan tiap orang masing2 D asal dilandasi dgn niat tulus dan tidak menghujat.....

tapi yg paling membuat ane lega adalah ternyata ada titik temunya diantara agama budha, islam dan hindhu, dan dipenjelasan itu ttg borobudur juga dikatakan bahwa intinya puncak dari spiritualitas adalah ning no/sejatining ora ono opo2 atau yg 1 diantara 73 golongan yg selamat D .....tapi ini menurut beliau lho Peace:


ya itu dia makanya saya sih menganggap masih dalam tahapan wacana.... D.
jadi ya biarkan saja berkembang dahulu \)
ButoGalak - 27/05/2010 02:02 PM
#63

Quote:
Original Posted By prabuanom
ya itu dia makanya saya sih menganggap masih dalam tahapan wacana.... D.
jadi ya biarkan saja berkembang dahulu \)


semoga aja memang benar2 begitu D masa sih nabi2 beken hanya turun di timur tengah thok................kalo emang benar begitu dunia islam dan sejarah bisa goncang bumi gonjang ganjing langit kelap kelip.........dugem D
vhuda - 27/05/2010 02:19 PM
#64

Quote:
Original Posted By ButoGalak
semoga aja memang benar2 begitu D masa sih nabi2 beken hanya turun di timur tengah thok................kalo emang benar begitu dunia islam dan sejarah bisa goncang bumi gonjang ganjing langit kelap kelip.........dugem D

lah emg ad koqD








monggow d lanzoewtcoffee:linux2:
bayusatriyo - 27/05/2010 02:38 PM
#65

>.< weleh ni bahas penataran atw sejarah jawa atw apa??

alo cak anom, suwi ra pethuk... huehueheu kui foto ku pas biyen aku dek jatim cak... wkawkkakakwk bukan ne nesu mbe sing menyangsikan relief cak, tp yo lek wes mrono pasti bakal ngerti lek kui crita ne Ramayana.. Kui candi Penataran meh podo mbe Prambanan sing relief2 e mencritakan Ramayana.
ButoGalak - 27/05/2010 03:15 PM
#66

Quote:
Original Posted By vhuda
lah emg ad koqD








monggow d lanzoewtcoffee:linux2:

ada sih tapi blom tentu beken D
Quote:
Original Posted By bayusatriyo
>.< weleh ni bahas penataran atw sejarah jawa atw apa??

alo cak anom, suwi ra pethuk... huehueheu kui foto ku pas biyen aku dek jatim cak... wkawkkakakwk bukan ne nesu mbe sing menyangsikan relief cak, tp yo lek wes mrono pasti bakal ngerti lek kui crita ne Ramayana.. Kui candi Penataran meh podo mbe Prambanan sing relief2 e mencritakan Ramayana.

salim dulu mbah shakehand

santai aja mas, wong candi penataran juga menceritakan sejarah jawa, jadi masih ada titik temunya.........nek percoyo Peace:
bayusatriyo - 27/05/2010 03:33 PM
#67

Quote:
Original Posted By ButoGalak
ada sih tapi blom tentu beken D

salim dulu mbah shakehand

santai aja mas, wong candi penataran juga menceritakan sejarah jawa, jadi masih ada titik temunya.........nek percoyo Peace:


sampurasun mbah buto, mboten wantun kulo lek petuk mbe mbah buto.. huehuehue
lek kui yo aku percoyo soale J.L.A Brandes pada tahun 1867 mengatakan bahwa Penataran mewakili kidung jawa.. dibalik fungsi sebagai tempat pemujaan ke Siwa dan untuk mencegah G. Kelud meletus trnyata ada prasasti Panjang di blakang Kompleks Candi Penataran (sory lupa foto yg prasasti na) itu menceritakan silsilah krajaan Crnga (Kediri) dari sebelum masa Jayabaya.
La beddu - 27/05/2010 08:43 PM
#68

saya adalah generasi muda yang tidak/belum merasa menghargai betul kekayaan neger ini. oleh karena itu, ane minta dong pdf tentang candi panatarn ini. semoga bisa mempertebal rasa cinta saya ke negeri ini....

[email]matt_oge@yahoo.com[/email]
prabuanom - 28/05/2010 04:05 AM
#69

Quote:
Original Posted By bayusatriyo
>.< weleh ni bahas penataran atw sejarah jawa atw apa??

alo cak anom, suwi ra pethuk... huehueheu kui foto ku pas biyen aku dek jatim cak... wkawkkakakwk bukan ne nesu mbe sing menyangsikan relief cak, tp yo lek wes mrono pasti bakal ngerti lek kui crita ne Ramayana.. Kui candi Penataran meh podo mbe Prambanan sing relief2 e mencritakan Ramayana.


iyo kang santei ae, ya pertanyaan selanjutnya gampang mas, ramayana terjadi di india atau dijawa hehehehee D
ya muter disitu aja kok pertanyaan pertanyaanya....D
yg mau dibahas di balik pembahasan relief candi itu kan ya sebenrnya hal hal semacam itu.

jadi kaya semacam mencoba menerawang, misal kok gayanya mirip gaya maya, drsana di coba dibahas melihat kemungkinan kemungkinan lain. kalo secara pakem ya jelas itu adalah relief yg berdasar pada ramayana. hehehehee D

tapi apa yang coba ditulis liwat relief ramayana itu?ada kode lain gak?nah seperti itu mas yg coba dibahas oleh temen temen D

jd ya santei aja, kita coba menerawang bebas, apalagi ga ada kekususan untuk mempelajari sesuai dengan sejarah resmi karena pastinya kaku.
julwow - 28/05/2010 03:40 PM
#70

menyimak dengan seksama
elandinho - 31/05/2010 02:20 PM
#71

Aneh kok lebih percaya sama tulisannya penjajah/orang asing.
Kenapa gak di gali sendiri.

Susah lek gak gelem mikir keluar dari kotak.

bertahun-tahun kita dibodohi sama orang asing.

Saatnya unjuk kebolehan.
mas naruto - 31/05/2010 03:15 PM
#72

Quote:
Original Posted By elandinho
Aneh kok lebih percaya sama tulisannya penjajah/orang asing.
Kenapa gak di gali sendiri.

Susah lek gak gelem mikir keluar dari kotak.

bertahun-tahun kita dibodohi sama orang asing.

Saatnya unjuk kebolehan.


percaya ama tulisan asing boleh2 aja mbah asal jangan diyakini kebenarannya D btw ambil sisi positipnya aja.....sejarah kan tergantung siapa penulisnya D
elandinho - 01/06/2010 10:16 AM
#73

Quote:
Original Posted By mas naruto
percaya ama tulisan asing boleh2 aja mbah asal jangan diyakini kebenarannya D btw ambil sisi positipnya aja.....sejarah kan tergantung siapa penulisnya D


Lah karena itu kenapa sejarah bangsa ini tidak kita tulis dengan tangan bangsa ini sendiri.

Penataran.
Ada yang bilang itu kisah Ramayana.
Kisah Ramayana tapi kok menaklukan bangsa lain ya.

konon relief tentang kisah luluhur kita berjalan2 ke luar angkasa bukan ditulis di dinding tapi di lantai. Benarkah itu???
elandinho - 01/06/2010 10:21 AM
#74

double post
ButoGalak - 02/06/2010 02:17 AM
#75

Quote:
Original Posted By elandinho
Lah karena itu kenapa sejarah bangsa ini tidak kita tulis dengan tangan bangsa ini sendiri.

Penataran.
Ada yang bilang itu kisah Ramayana.
Kisah Ramayana tapi kok menaklukan bangsa lain ya.

konon relief tentang kisah luluhur kita berjalan2 ke luar angkasa bukan ditulis di dinding tapi di lantai. Benarkah itu???


ndak tahu juga cak D satu bangunan menghasilkan byk persepsi, contohnya ada yg bilang borobudur erat hub dgn sulaiman lalu ada yg mencak2 di fb karena gak trima, padahal emang sih candi itu gak ada sengkalannya jadi gak tahu pasti dibangun thn berapa, ane kira penataran dan cetho juga gitu......

kalo jln2 di luar angkasa ane kira pake teknologi gaib gan, sebab kalo teknologi canggih spt sekarang ini maka ane kira gak akan membangun dgn batu ukir2an tapi dgn material lain yg jauh lebih awet
Voodoodollphin - 02/06/2010 03:04 AM
#76

iloveindonesia

wehehehehe..
akhirnya candi penataran mendapat perhatian langsung dari wapres..
dari aku kecil kayanya gak terawat gitu...
elandinho - 02/06/2010 10:36 AM
#77

Quote:
Original Posted By ButoGalak
ndak tahu juga cak D satu bangunan menghasilkan byk persepsi, contohnya ada yg bilang borobudur erat hub dgn sulaiman lalu ada yg mencak2 di fb karena gak trima, padahal emang sih candi itu gak ada sengkalannya jadi gak tahu pasti dibangun thn berapa, ane kira penataran dan cetho juga gitu......

kalo jln2 di luar angkasa ane kira pake teknologi gaib gan, sebab kalo teknologi canggih spt sekarang ini maka ane kira gak akan membangun dgn batu ukir2an tapi dgn material lain yg jauh lebih awet


Karena itu marilah kita tulis sejarah bangsa ini sebenar2nya tentunya dengan prinsip mufakat. Lebih indah lagi jika ditulis dengan karya asli anak Bangsa.

Candi Borobudur, Penataran, Cetho, atau mungkin candi-candi lainnya masih menyimpan misteri tersendiri. Termasuk kisah-kisah di relief tersebut.
ButoGalak - 02/06/2010 11:17 AM
#78

Quote:
Original Posted By elandinho
Karena itu marilah kita tulis sejarah bangsa ini sebenar2nya tentunya dengan prinsip mufakat. Lebih indah lagi jika ditulis dengan karya asli anak Bangsa.

Candi Borobudur, Penataran, Cetho, atau mungkin candi-candi lainnya masih menyimpan misteri tersendiri. Termasuk kisah-kisah di relief tersebut.


wah kalo disuruh mufakat susah gan D kita sudah termindset bahwa sejarah nusantara ya paling dimulai abad 4 masehi, sebelum itu jaman batu D, paling harus ada candi baru yg ditemukan yg setelah diuji coba dgn mengukur karbonnya mempunyai usia jauh lebih tua dari yg kita sangka, kalo menurut prediksi ane sih disekitar g merapi atau g slamet sebagai babonnya kerajaan galuh.......FYI kedua gunung itu aktif lho D

gak mudah memang penemuan kita diakui dunia, apalagi kalo misalnya benar bahwa kerajaan sulaiman di nusantara, bisa2 seluruh israel pingsan semua saking kagetnya Peace:
coffin - 02/06/2010 11:29 AM
#79

ngomong ngomong kemaren baru beli buku tentang maritim indonesia di jaman dahulu, jaman belum diabadikan dalam bentuk tulisan apalagi dipahat dibatu,

namun ada bukti bukti yang mengarah para penjelajah indonesia bahkan sudah menginjakan kakinya di afrika

belum dibaca sampai selesai sih, bahasannya agak berat, kepala suka pusing kalo mikir yang berat berat D
ButoGalak - 02/06/2010 01:23 PM
#80

Quote:
Original Posted By coffin
ngomong ngomong kemaren baru beli buku tentang maritim indonesia di jaman dahulu, jaman belum diabadikan dalam bentuk tulisan apalagi dipahat dibatu,

namun ada bukti bukti yang mengarah para penjelajah indonesia bahkan sudah menginjakan kakinya di afrika

belum dibaca sampai selesai sih, bahasannya agak berat, kepala suka pusing kalo mikir yang berat berat D


judul bukunya apa mbah D ntar ane baca2 gartisan di gramed Peace:
Page 4 of 13 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Candi Penataran