Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Candi Penataran
Total Views: 9223 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 13 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

elandinho - 11/06/2010 09:03 AM
#101

Quote:
Original Posted By prabuanom
hehehehe iya om D
tp yg jd pertanyaan adalah kisah ramayana itu diambil dr kejadian nyata dimanakah D
hehehehe D


Di Pulau Jawa Gan, wkwkwkkwkwkwkk.

Nyambung ke Ramayana, apakah Anoman, Subali, dan Sugriwa masih 1 saudara dengan Sun Gong Kong (Kera sakti)???
Rezza_Baik's - 11/06/2010 11:18 AM
#102

Quote:
Original Posted By elandinho
Di Pulau Jawa Gan, wkwkwkkwkwkwkk.

Nyambung ke Ramayana, apakah Anoman, Subali, dan Sugriwa masih 1 saudara dengan Sun Gong Kong (Kera sakti)???


Wah ga taw juga gan.......silahkan tanya sendiri hammer:

Berikut sedikir kisah kelahiran Hanoman
Spoiler for Hanoman Lahir

Hanoman lahir pada masa Tretayuga sebagai putera Anjani, seekor wanara wanita. Dahulu Anjani sebetulnya merupakan bidadari, bernama Punjikastala. Namun karena suatu kutukan, ia terlahir ke dunia sebagai wanara wanita. Kutukan tersebut bisa berakhir apabila ia melahirkan seorang putera yang merupakan penitisan Siwa. Anjani menikah dengan Kesari, seekor wanara perkasa. Bersama dengan Kesari, Anjani melakukan tapa ke hadapan Siwa agar Siwa bersedia menjelma sebagi putera mereka. Karena Siwa terkesan dengan pemujaan yang dilakukan oleh Anjani dan Kesari, ia mengabulkan permohonan mereka dengan turun ke dunia sebagai Hanoman.

Salah satu versi menceritakan bahwa ketika Anjani bertapa memuja Siwa, di tempat lain, Raja Dasarata melakukan Putrakama Yadnya untuk memperoleh keturunan. Hasilnya, ia menerima beberapa makanan untuk dibagikan kepada tiga istrinya, yang di kemudian hari melahirkan Rama, Laksmana, Bharata dan Satrugna. Atas kehendak dewata, seekor burung merenggut sepotong makanan tersebut, dan menjatuhkannya di atas hutan dimana Anjani sedang bertapa. Bayu, Sang dewa angin, mengantarkan makanan tersebut agar jatuh di tangan Anjani. Anjani memakan makanan tersebut, lalu lahirlah Hanoman.

Salah satu versi mengatakan bahwa Hanoman lahir secara tidak sengaja karena hubungan antara Bayu dan Anjani. Diceritakan bahwa pada suatu hari, Dewa Bayu melihat kecantikan Anjani, kemudian ia memeluknya. Anjani marah karena merasa dilecehkan. Namun Dewa Bayu menjawab bahwa Anjani tidak akan ternoda oleh sentuhan Bayu. Ia memeluk Anjani bukan di badannya, namun di dalam hatinya. Bayu juga berkata bahwa kelak Anjani akan melahirkan seorang putera yang kekuatannya setara dengan Bayu dan paling cerdas di antara para wanara.

Sebagai putera Anjani, Hanoman dipanggil Anjaneya (diucapkan "Aanjanèya"), yang secara harfiah berarti "lahir dari Anjani" atau "putera Anjani".


Tapi kalo dihubungin ma sun go kong, ga nyambung, knapa?
1. Sun Go Kong mitos dari agama Budha, sedang Anoman Subali cs dari agama Hindu
2.Anoman subali lahir dari ibu, kalo sun go kong dari batuD

Sekian yang saya taw, CMIIW
prabuanom - 11/06/2010 11:48 AM
#103

Quote:
Original Posted By elandinho
Di Pulau Jawa Gan, wkwkwkkwkwkwkk.

Nyambung ke Ramayana, apakah Anoman, Subali, dan Sugriwa masih 1 saudara dengan Sun Gong Kong (Kera sakti)???


makanya artikelnya diperluas dong... D
kalo cuma mengandalkan satua rtikel itu aja orang jd bingung D
hehehehehe D


emang jd pertanyaan kenapa ada mitos soal kera?
kenapa kok ga misalnya lakonya bangsa kambing atau bangsa onta atau bangsa lainya seperti macan. tp yg dipilih malah kera. D
nah disitu ada pertanyaan kenapa di india ada hanuman di cina ada son gokong \)

pastic erita ada sumbernya inspirasinya, nah disitulah mestinya timbul pertanyaan inspirasinya dr mana... D


tp juga perlu artikel, ga cuma bicara dr jawa atau dr nusantara tp buktinya masih kurang

tambah artikelnya dong bos.
t33_wel - 11/06/2010 12:32 PM
#104

saya juga minta email ke bajrawilis@gmail ya..trims sebelumnya
Rezza_Baik's - 11/06/2010 05:22 PM
#105

Quote:
Original Posted By prabuanom
makanya artikelnya diperluas dong... D
kalo cuma mengandalkan satua rtikel itu aja orang jd bingung D
hehehehehe D


emang jd pertanyaan kenapa ada mitos soal kera?
kenapa kok ga misalnya lakonya bangsa kambing atau bangsa onta atau bangsa lainya seperti macan. tp yg dipilih malah kera. D
nah disitu ada pertanyaan kenapa di india ada hanuman di cina ada son gokong \)

pastic erita ada sumbernya inspirasinya, nah disitulah mestinya timbul pertanyaan inspirasinya dr mana... D


tp juga perlu artikel, ga cuma bicara dr jawa atau dr nusantara tp buktinya masih kurang

tambah artikelnya dong bos.


Iya2, di ramayana ada beberapa hewan yang masuk cerita itu...
Ada monyet
Ada kijang(samarannya Rahwana)
Ada ular/naga(jadi2an dari panah2 Rahwana)
Ada gajah
Ada kuda
Ada burung2 raksasa

Tapi lebih sering muncul emang monyet......
hateisworthless - 11/06/2010 09:02 PM
#106

Poro sesepuh...

Nyuwun tulung..barangkali tau tulisan aslinya / ada foto/ ada linknya yg dalam bentuk aksara jawa kuno untuk :
" MALANGKUCECWARA "

yg tertulis di :

Prasasti Mantyasih atau prasasti Bitung adalah prasasti berangka tahun 907 M yang berasal dari Wangsa Sanjaya, Kerajaan Mataram Kuno. Prasasti ini ditemukan di kampung Mateseh, Magelang Utara, Jawa Tengah dan memuat daftar silsilah raja-raja Mataram sebelum Raja Balitung.
MNGKRT - 12/06/2010 05:31 AM
#107

knp yg d bagian depan sblm candi penataran ga d bahas gan?candi tinggalyg tinggal pondasi nya doang,dan banyak ukiran ular nya dst. dan kalo balik ke kota lewat jalan sisi kanan candi penataran nya ada gapura + tembok kuno. nunjukin kalo benerenya situs nya lumayan luas. ya gan? ga gan? salam.
prabuanom - 12/06/2010 11:09 AM
#108

Quote:
Original Posted By MNGKRT
knp yg d bagian depan sblm candi penataran ga d bahas gan?candi tinggalyg tinggal pondasi nya doang,dan banyak ukiran ular nya dst. dan kalo balik ke kota lewat jalan sisi kanan candi penataran nya ada gapura + tembok kuno. nunjukin kalo benerenya situs nya lumayan luas. ya gan? ga gan? salam.


kayanya keren yg itu D
banyak ukiran ularnya D
dalam ramayana yg sebenernya (india) adakah cerita tentang mengalahkan raja ular?
coffin - 12/06/2010 11:31 AM
#109

wah sudah dimalang ini, rencana besok pagi mau ke blitar nengok candi penataran, nanti kalo jadi tak kirim FRnya disini D
prabuanom - 12/06/2010 10:24 PM
#110

Quote:
Original Posted By coffin
wah sudah dimalang ini, rencana besok pagi mau ke blitar nengok candi penataran, nanti kalo jadi tak kirim FRnya disini D


ditunggu ya om D
elandinho - 14/06/2010 10:05 AM
#111

Quote:
Original Posted By prabuanom
ditunggu ya om D


Kutunggu juga Gan.


Info tambahan, konon katanya Paku pulau ini telah dicabut.
hehehehhehehehehehhe
elandinho - 14/06/2010 10:11 AM
#112

Quote:
Original Posted By prabuanom
makanya artikelnya diperluas dong... D
kalo cuma mengandalkan satua rtikel itu aja orang jd bingung D
hehehehehe D


emang jd pertanyaan kenapa ada mitos soal kera?
kenapa kok ga misalnya lakonya bangsa kambing atau bangsa onta atau bangsa lainya seperti macan. tp yg dipilih malah kera. D
nah disitu ada pertanyaan kenapa di india ada hanuman di cina ada son gokong \)

pastic erita ada sumbernya inspirasinya, nah disitulah mestinya timbul pertanyaan inspirasinya dr mana... D


tp juga perlu artikel, ga cuma bicara dr jawa atau dr nusantara tp buktinya masih kurang

tambah artikelnya dong bos.


Hahahahahhaha
Beres Gan.
Kalau ada Artikel/info lainnya pasti ane Bagi Gan.
Kembali ke pertanyaan ane sebelumnya.
Kalau kita sadari, mitos/legenda/cerita di suatu bangsa selalu ada benang merah dengan kepunyaan bangsa lainnya.
Jadi bisa jadi ada satu kesamaan atau bahkan mungkin satu sumber.
hehehehhehehehe.
Rezza_Baik's - 14/06/2010 05:04 PM
#113

Quote:
Original Posted By elandinho
Kutunggu juga Gan.


Info tambahan, konon katanya Paku pulau ini telah dicabut.
hehehehhehehehehehhe


Yang namanya rumah, pakunya ga satu gan.....

Agan yakin darimana tuh udah bener2 "habis" paku pulau itu?
Trus pulau disini pulau apa gan?
Efeknya kalo pakunya dicabut apa gan?

Mohon pencerahannya
coffin - 15/06/2010 06:18 PM
#114

Quote:
Original Posted By prabuanom
ditunggu ya om D


Quote:
Original Posted By elandinho
Kutunggu juga Gan.


Info tambahan, konon katanya Paku pulau ini telah dicabut.
hehehehhehehehehehhe


mohon maaf menunggu, baru ketemu internet lagi ini D

tar malem tak usahakan upload foto foto dari penataran, dipersori klo nanti ga lengkapPeace:
prabuanom - 15/06/2010 09:06 PM
#115

Quote:
Original Posted By coffin
mohon maaf menunggu, baru ketemu internet lagi ini D

tar malem tak usahakan upload foto foto dari penataran, dipersori klo nanti ga lengkapPeace:


ditunggu mbah shakehandiloveindonesia
coffin - 16/06/2010 08:23 PM
#116

Quote:
Original Posted By prabuanom
ditunggu mbah shakehandiloveindonesia


foto foto komplitnya ada disini om :
http://www.facebook.com/album.php?aid=2060936&id=1460243639

untuk gambar penataran ada dihalaman 4 atau 5
prabuanom - 16/06/2010 09:05 PM
#117

Quote:
Original Posted By coffin
foto foto komplitnya ada disini om :
http://www.facebook.com/album.php?aid=2060936&id=1460243639

untuk gambar penataran ada dihalaman 4 atau 5


keren mbah thumbup:
matur suwun nggeh thumbup:
prabuanom - 16/06/2010 09:09 PM
#118

ini dimana mbah coffin?

Candi Penataran

kok kayanya bagus banget
coffin - 16/06/2010 09:45 PM
#119

oh itu dicandi kidal mas,

kemarin moto ukiran yang seperti itu karena ternyata disemua candi ada ukiran dengan bentuk seperti itu,

mungkin sejenis rajah apa ya
prabuanom - 16/06/2010 10:23 PM
#120

Quote:
Original Posted By coffin
oh itu dicandi kidal mas,

kemarin moto ukiran yang seperti itu karena ternyata disemua candi ada ukiran dengan bentuk seperti itu,

mungkin sejenis rajah apa ya


Candi Penataran

agak mirip ya?
ini relief selo mangleng kediri kalo ga salah
jd penasaran saya dengan lambang bulatan ini
Page 6 of 13 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Candi Penataran