Timur Tengah
Home > Kaskuser Regional > OTHER REGIONAL > Timur Tengah > BELAJAR NAHWU SHOROF
Total Views: 3943 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 3 |  < 1 2 3

jaya28inside - 23/08/2011 03:27 AM
#41
unimagenable
Quote:
Original Posted By pinterpijitplus
kagak ngerti gwe pelajarannya gan \(


ngga ngerti apa nya gan? uda mulai baca dari Daftar Isi kan? D
jaya28inside - 24/08/2011 10:52 PM
#42
jreng-jreeng!
Quote:
Original Posted By jaya28inside
nyuuu.... belajar bareengg....!! reng, reng, reng! D
link diatas udah pada di buka2 bloom?

oya,
ada yg tau ngga knapa banyak orang yg mo bilang
"PERMISI" tapi malah pake "affwan" bukan "assif"....

padahal dlm bhsa arab, "affwan" dipake buat bales orang yg prtama bilang "syukran". sopo seng iso ngjelasin iki? D


ternyata aku yang nanya terus aku yang dapet jawabnya... parah... D
yg penasaran kenapa ada "affwan" dan "assif" terus pa bedanyA? \)

hayoo baca disini di petikan answers.yahoo.com
dayax - 09/09/2011 01:51 AM
#43

Quote:
Original Posted By jaya28inside
ternyata aku yang nanya terus aku yang dapet jawabnya... parah... D
yg penasaran kenapa ada "affwan" dan "assif" terus pa bedanyA? \)

hayoo baca disini di petikan answers.yahoo.com


affwan = bisa diartikan minta maaf, bisa untuk membalas kata2 syukran, bisanya dipakai dalam bahasa pusha..

assif = stau ane ini digunakan dalam kata2 pasaran.. contoh : assif giddan = ksian deh lo.. D

CMIIW
dayax - 09/09/2011 01:56 AM
#44

Quote:
Original Posted By jhellie
Saya pernah belajar nahwu sorf di pesantren, ada beberapa kitab yang pernah dibuka antara lain, jurumiyah, imrithi, ibnu aqil dan alfiyah ibnu malik. Kitan-kitab sangat standar namun memang sangat sulit di pelajari karena metode belajar di pesantren yang memang sangat tradisional.

saya mengesankan pelajaran ini sangat membosankanmarah walaupun memang, kalo sudah khatam kitab-2 itu dijamin bisa baca kitab. hanya saja itu butuh waktu lama. saya mau tanya, kira-kira ada gak strategi belajar yang lebih efektif, mudah dan cepat? Apa medianya? kalo ada dimana download?? bayar ato gratis??


biasanya diajarkan di pesantren salafiah atau pesantren jadoel gitu.. dan metode mereka memperkenalkan kitab2 tsb biasanya dengan menyuruh menghapalkan dahulu.. emang puyeng kepala kalo ngapal doank... D kaga ngerti apa yang dihapal.. x_x

banyak buku2 yang memperkenalkan nahwu dan sharaf dengan metode yang lebih gampang.. biasanya dibelakangnya di tulis dengan kata2 " al ashri " yang artinya "modern"

dan biasanya ilmu ini di pelajari di pondok modern, itupun dipelajarinya gak sebentar hammer:

tapi agan, kalo sudah faham dengan 2 ilmu itu secara mendasar dan bener2 mahir.. jelas hasilnya sangat dasyat.. bisa jadi kiyai nt.. D

secara dengan ilmu itu kita bisa tau maksud dari TAFSIR, HADIST, BALAGHAH, atau bahkan QURAN sekalipun.. \)

semangat ya gan.. jangan malas malasan

* yang buat tulisan aja gak ngerti kok nahwu ma sharaf.. cuma bisa omong doank ini.. D
Adi.Ghazi - 26/09/2011 12:01 PM
#45

khaifa halukum ya ikhwan? ana jadid fi kaskus
nawasabu - 26/09/2011 07:30 PM
#46

gan mau ikut sharing nih,

ane kan lagi belajar bahasa arab, ane juga belajar nahwu dan sorof. tapi kok beda dengan bahasa arab yang dipakai oleh orang arab sono ya. waktu ane pakai ngobrol dengan orang arab itu, kok mereka banyak senyumnya. ane pikir apa ada yang salah dengan bahasa arab ane ya.

iseng-iseng ane tanya gan, terus ia jawab kalau bahasa arab ane termasuk kelas tinggi, artinya bahasa arab yang sesuai dengan kaidah bahasa arab yang sebenarnya.

pantesan dia ngerti bahasa arab ane, sedangkan saya sulit memahami bahasa arab dia. katanya sih, kalau di arab itu yang dipakai bahasa arab gaul atau bahasa arab pasaran. apa benar itu gan? tolong deh pencerahannya.
HendraAspinal - 27/09/2011 03:26 AM
#47

Quote:
Original Posted By nawasabu
gan mau ikut sharing nih,

ane kan lagi belajar bahasa arab, ane juga belajar nahwu dan sorof. tapi kok beda dengan bahasa arab yang dipakai oleh orang arab sono ya. waktu ane pakai ngobrol dengan orang arab itu, kok mereka banyak senyumnya. ane pikir apa ada yang salah dengan bahasa arab ane ya.

iseng-iseng ane tanya gan, terus ia jawab kalau bahasa arab ane termasuk kelas tinggi, artinya bahasa arab yang sesuai dengan kaidah bahasa arab yang sebenarnya.

pantesan dia ngerti bahasa arab ane, sedangkan saya sulit memahami bahasa arab dia. katanya sih, kalau di arab itu yang dipakai bahasa arab gaul atau bahasa arab pasaran. apa benar itu gan? tolong deh pencerahannya.


Bahasa Arab yang dipakai orang2 Arab sana itu Bahasa Arab Amiyah, bukan Fushah
Bahasa Arab Amiyah itu bahasa Arab yang tidak memakai kaidah, tidak memakai Nahwu dan Shorof


Ini contohnya Bahasa Arab Amiyah, ane pakai yg bahasa arab di mesir :


5. Kadang, "ء" dibunyikan" "ى. Untuk memudahkan pengucapan.


Contoh: يا رئيس انا جاى اه, مش نائم

Dibaca: Ya rayyis ana gay aho, misy nayim

Artinya: Hei Bung, gue datang, nih, nggak tidur.

Contoh lainnya (Eastern Arabic Amiyah)

أنا مشكور إلى أنت
Bacanya : Ana masykur ila anta (Bukan dibaca Ana Masykurun ilaa anta)

artinya : Aku berterima kasih kepadamu


مشكور dan lainnya di dalam amiyah huruf di akhir kata di-Jazm kan atau dimatikan (sukun), ada beberapa yg tidak di-Jazmkan seperti di contoh, yaitu أنا, إلي dan أنت


lagipula مشكور itu adalah Isim, bukan Fi'il, taulah ciri2 Isim gmn D
harusnya مشكور itu dalam Fushah menjadi أَشْكُرُ (bacanya :Asykuru, Fi'ilnya : Mudhari') yg berarti aku (sedang) berterimakasih D

---

di amiyah mesir kadang huruf hijaiyah (alif, ba' ta', tsa ...) itu ada yg diganti cara pembacaannya o


dan Bahasa Arab Amiyah (berlaku di setiap orang2 arab yg memakai amiyah, ga cuma mesir doang) itu jg I'rabnya hampir Jazm semua
(misal Wa'alaikumusalaam, dalam amiyah bacanya : Wa'alaikum As-Salaam, dan contoh yang ane jelaskan tadi)


dan ga pernah mengenal lebih detil yg mana fi'il (Kata kerja) seperti fi'il mudhari' (kata kerja sekarang), fi'il madhi (kata kerja lampau), fi'il amr (kata kerja perintah), dan fi'il nahi (kata kerja larangan)


statusnya secara bahasa, fi'il di bahasa arab amiyah sederajat dengan Isim (kata Benda).
Dan tidak mengenal yg namanya akar kata


info lengkapnya tentang amiyah (mesir terutama) : http://aa234.multiply.com/journal/item/2/Bahasa_Amiyah_Mesir


sedangkan Bahasa Arab Fusha itu sangat mengenal kaidah Bahasanya, juga Nahwu-Shorofnya)


ini contoh yg tadi tapi ane transformasikan ke Bahasa Arab Fushah


Contoh 1: يا رئيس انا جاى اه, مش نائم

menjadi : يا رجلا\أخي, أنا جائت. لم أنام

Bacanya : Yaa rojulan/Akhiy, Ana Jaa'tu, Lam anaam(u)

artinya : Hai tuan/Saudaraku* , Aku sudah datang, tidak tidur.

*(kalo gaulnya Akhiyy biasa dipanggil "bro. Brader)

ane jelasin perkata dari segi kaidah, يا رجلا dibaca "Yaa rojulan" harusnya "rojulun", karena setelah setiap Isim bertemu tetapi setelah huruf يا, dalam Nahwu I'rabnya Nasb, maksudnya huruf dalam akhir kata diberi harokat Fathah tanwin, jangan lupa setelah dikasih tanwin, dikasih alif setelah huruf belakang (La') (رَجُلٌ menjadi رَجُلاً) , maka yg tadi "Rojulun" dijadikan dan dibaca "Rojulan" (رَجُلٌ menjadi رَجُلاً)


dalam hal ini, Hanya berlaku untuk Isim yg biasa, sedangkan untuk Isim yang lain seperti Isim Dhomir (ana, anta, anti, nahnu, dsb), Isim Maushul (al-ladzi, Al-ladzaani, Al-ladziyna, dsb), dan Isim alam (Nama Orang, Nama Tempat (kota, daerah, negara dsb) tidak di-I'rab Nasb-kan


أَخِيْ juga ga di-I'rab Nashb-kan karena ada dhomirnya, أَخِيْ jika dipecah akan menjadi أخ + ي menjadi أخي yg berarti Saudara laki2ku (Saudara laki2 = (akhun) أخ), untuk pemahaman selanjutnya, baca >- Dhammir Mumfanshil, itu dhamir2 dalam masalah kepemilikan. dsb


lalu jaa'tu (Jaa'tu) itu adalah Fi'il Madhi, masa lampau, artinya "Aku telah/sudah datang."

kalo dia (laki2) sudah datang ya jadinya Jaa'a (جَاءَ)

kalo kamu (laki2) sudah datang jadinya Jaa'ta (جَائْتَ)

dan sebagainya, kalau mau lebih paham lg, baca Fi'il Madhi beserta Dhamir2nya.


di amiyah yg ane contohkan, انا جاى (aku datang) kalo versi Easternnya انا جاء (sama2 dibaca ana Jaa'a) padahal Jaa'a (جاء) itu untuk posisi "dia (laki2)", seperti yg ane contohkan tadi. kalo Jaa'a itu untuk siapa, kalo Jaa'tu untuk siapa, kalo Jaa'ta untuk siapa dsb.
ya mau apa lg yg namanya amiyah ga mengenal Nahwu-Shorof hammer


makanya ane rada ga suka ama bahasa Arab amiyah, lebih enak dan jelas Bahasa Arab Fushah, karena hafalannya ga terlalu banyak dan bisa dirumuskan, belum lagi yg dijelaskan itu menjurus ke gender, orang ke 1, ke 2 dan 3, makin jelas lagi ini bahasa D, dan Bahasa Arab Fusha itu jg kompleks, fleksibel, dsb, makany mengapa Allah memilih Bahasa Arab (Fushah) sebagai Bahasanya Islam karena memang Bahasanya emang kualitasnya bagus D
jadi, taulah hukum belajar Bahasa Arab itu gmn \)


terakhir, yg contoh terakhir :

أنا مشكور إلى أنت >- amiyahnya, kalo fushahnya أنا أشكر إليك bacanya : "Ana asykuru ilaika"

أشكر >- udah dibahas tadi

إليك >- gabungan إلى (ke) dan أنت (kamu (laki2)), (إلى + ك) (Kepada + mu) artinya, "Kepadamu"


NB : Afwan kalo gede2, ane gedein supaya jelas tulisan Arabnya, kalo size normalnya bakal susah dibaca atau bikin pedih dimata \(

btw, kalo ada yg mau nanya atau nambah silahkan D
ane mau naama-yanamu dulu (sleeping) ngacir:


Wassalamu'alaikum \)

Quote:
Original Posted By Adi.Ghazi
khaifa halukum ya ikhwan? ana jadid fi kaskus


ngakakرمضااااااااااا 575;ااااااان! لماذا و متا أنت دخلت إلى هنا ؟؟؟؟
nawasabu - 27/09/2011 01:13 PM
#48

syukron gan, pencerahannya. wah, agan pernah belajar di sana ya. terus apa orang-orang sana belajar bahasa Arabnya tidak pakai kaidah ya gan.
HendraAspinal - 27/09/2011 01:28 PM
#49

Quote:
Original Posted By nawasabu
syukron gan, pencerahannya. wah, agan pernah belajar di sana ya. terus apa orang-orang sana belajar bahasa Arabnya tidak pakai kaidah ya gan.


barokallahu shakehand, hahahaha ane ini jg diajarin ama tmn pesantren ane, kebetulan dia jago bahasa arab fushahnya D

iya D,
karena mereka dalam kesehariannya menggunakan Bahasa Arab Amiyah, biasa sih mereka g mw repot pake kaidah segala, dan sejak lahir baru mereka diajarkan Amiyah dulu, kecuali orang2 arab sana yg emang betul2 belajar bahasa Arab Fushah dan mengamalkannya \)

padahal Bahasa Arab fushah itu gampang kok \)
saidprawiro - 13/10/2011 05:46 AM
#50

shorof Krapyak lebih gampang gan daripada shorof Tremas hammers







~rainbow:
dede wahyudin - 02/11/2011 10:01 AM
#51
Nahwu Shorof Online
Nahwu shorof itu buat memahami kaiadah - kaidah bahasa arab terutama dalam al quran dan hadits, Sekedar info, buat yang mau belajar ni ada blog yang membahas nahwu shorof secara detail :

Nahwu Shorof Online

shakehand2
ab.wawai - 13/11/2011 10:19 AM
#52

wah da trit nahwu shorof juga,,
ajarin dong gan,,,
mulai dari mana dl ya.....
kaumadam - 28/07/2012 11:28 AM
#53

pgn bgd bisa bahasa arab tp malah bikin puyeng..ahahahahaha
kiekie212 - 08/09/2012 02:33 PM
#54

Bismillah,,
ane ikutan nongkrong belajar bahasa arab disini ya gan..
makasi buat sharing ilmunya..
dulu dapet pelajaran bhs arab di smp tapi ancur bgt nilainya hiks,,
spinstyle - 17/10/2012 06:32 PM
#55

Quote:
Original Posted By HendraAspinal
barokallahu shakehand, hahahaha ane ini jg diajarin ama tmn pesantren ane, kebetulan dia jago bahasa arab fushahnya D

iya D,
karena mereka dalam kesehariannya menggunakan Bahasa Arab Amiyah, biasa sih mereka g mw repot pake kaidah segala, dan sejak lahir baru mereka diajarkan Amiyah dulu, kecuali orang2 arab sana yg emang betul2 belajar bahasa Arab Fushah dan mengamalkannya \)

padahal Bahasa Arab fushah itu gampang kok \)


kebetulan nih.... ada suhu yg bahas detail dimari.
ane jadi tau penggunaan dan perbedaan adanya arab fushah dan amiyah.
jadi malah bingung kalo ngikutin amiyah, kalo sdh terbiasa liat pelajaran di madrasah yg ke fushah dan kaidahnya ada.
amiyah kebanyakan nyari kata yg disukun-kan (kata ustaz ane, sukunkanlah, maka kalian akan selamat...hehe -selamat dari i'rob nya maksudnya).

syukron jiddan... wa jazaakumulloohu khoiron katsiiron.
barokalloohu fiika. ana jadiidun fi hunaa aidhon. hehe...

oya, btw...arti avatar antum yang "roja'tu ana ilaa solo" arti tepatnya apa ya?
roja'tu kan saya kembali/pulang. apa berarti anta skrg sedang di solo?! \)

salam.
Tholiibun jadiidun. \)
Page 3 of 3 |  < 1 2 3
Home > Kaskuser Regional > OTHER REGIONAL > Timur Tengah > BELAJAR NAHWU SHOROF