TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > sunflower
Total Views: 46922 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 200 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

tippex2010 - 21/01/2011 09:54 PM
#41

Quote:
Original Posted By kiukiuku
dah gendut2.. tapi belum mateng.. belum item soalnya.. sunflower
Jangan lupa seednya ya?
sabun2004 - 22/01/2011 02:36 AM
#42

Quote:
Original Posted By ojiedarojie
Fotografinya keren mbak :2thumbup

beneran boss... kalau dulu ikut kontes foto cactus/sukulen.. bisa menang kali..
odoy.koprol - 22/01/2011 04:37 AM
#43

Quote:
Original Posted By sabun2004
beneran boss... kalau dulu ikut kontes foto cactus/sukulen.. bisa menang kali..


nikonian gitu loh..
tippex2010 - 22/01/2011 05:46 AM
#44

Quote:
Original Posted By sabun2004
beneran boss... kalau dulu ikut kontes foto cactus/sukulen.. bisa menang kali..


Quote:
Original Posted By odoy.koprol
nikonian gitu loh..

diikutkan foto kontes saja..D
kiukiuku - 22/01/2011 07:00 AM
#45

Quote:
Original Posted By sabun2004

beneran boss... kalau dulu ikut kontes foto cactus/sukulen.. bisa menang kali..


bro Ojie, om Sabun, mbah Dody, om Eddy; makasih komennya, jadi malu.. Emang ada kontes foto FT? p baru tau tapi ga punya sukulen.

@om Ed, pasti nanti biji dibagi. Tunggu bener2 matang dulu.. p

Ga bisa multikuwot pake hp jadul osunflower
cinde42 - 22/01/2011 08:18 AM
#46

Quote:
Original Posted By kiukiuku
bro Ojie, om Sabun, mbah Dody, om Eddy; makasih komennya, jadi malu.. Emang ada kontes foto FT? p baru tau tapi ga punya sukulen.

@om Ed, pasti nanti biji dibagi. Tunggu bener2 matang dulu.. p

Ga bisa multikuwot pake hp jadul osunflower

desyee ga suka kaktus... hahahaha
ya kan ciiin
kiukiuku - 22/01/2011 08:27 AM
#47

Quote:
Original Posted By cinde42
desyee ga suka kaktus... hahahaha
ya kan ciiin

hihihi... ga bisa dimakan p
maaf, om Sabun.. blt kaktusnya tukeran sama bro Ojie dengan blt cabe yang juga dari om Sabun.

bro Ojie, senin-selasa baru bisa ke pos, harap sabar yaa.. o
cinde42 - 22/01/2011 08:30 AM
#48

Quote:
Original Posted By kiukiuku
hihihi... ga bisa dimakan p
maaf, om Sabun.. blt kaktusnya tukeran sama bro Ojie dengan blt cabe yang juga dari om Sabun.

bro Ojie, senin-selasa baru bisa ke pos, harap sabar yaa.. o

nanem aja lidah buaya kan bisa buat maskeran XDXDXD

mo nanem sf lg tp ga punya lahan strategis... yg strategis buat ngontraj org siiih
JungleBoy77 - 29/01/2011 06:38 PM
#49

nanem SF teddy bear, udah 2 kali semai masih belum berhasil.
ga tau akunya yg salah ato bibitnya yg ga bagus. bingung
mau coba untuk yg ketiga ahh kalo ada waktu.
kiukiuku - 03/03/2011 08:27 AM
#50

saya buka BLT SF early russian di trit TnG. silahkan bagi yang berminat.
sabun2004 - 03/03/2011 03:39 PM
#51

seminggu sebelum gempa, ada satu SF yg bunganya gede bener.. diameternya skitar 30-40cm, asli beda bgt sama sf yg lain2 (hampir 2x lipat).. ngga mekar lama, pohonnya ambruk keberatan bunga, padahal mo di foto buat perbandingan....
asiong011 - 03/03/2011 03:42 PM
#52

Quote:
Original Posted By sabun2004
seminggu sebelum gempa, ada satu SF yg bunganya gede bener.. diameternya skitar 30-40cm, asli beda bgt sama sf yg lain2 (hampir 2x lipat).. ngga mekar lama, pohonnya ambruk keberatan bunga, padahal mo di foto buat perbandingan....


mungkin pohonnya punya firasat om, daripada koit ketimpa genteng,mending harakiri deh
sabun2004 - 03/03/2011 03:47 PM
#53

Quote:
Original Posted By asiong011
mungkin pohonnya punya firasat om, daripada koit ketimpa genteng,mending harakiri deh

bwahahahah... gile lu boss... asli ketawa saya.. bener juga sih.. daripada malu ketimpa genteng.. mending harakiri.. koit dengan harga diri.. sayang juga sih, harusnya di ambil ya seedsnya..
asiong011 - 03/03/2011 03:51 PM
#54

Quote:
Original Posted By sabun2004
bwahahahah... gile lu boss... asli ketawa saya.. bener juga sih.. daripada malu ketimpa genteng.. mending harakiri.. koit dengan harga diri.. sayang juga sih, harusnya di ambil ya seedsnya..


hahahaha.. iya tuh om, kalau keambil seednya kan masih bisa dibagi2 lagi ke peminat SF lainnya..
lamberianto - 03/03/2011 05:08 PM
#55

Quote:
Original Posted By BramDerisco
nice thread.. baru berhasil 4 setelah nyemai 100 biji o


persentase pertumbuhan yang sangat kecil
lamberianto - 03/03/2011 05:11 PM
#56

Quote:
Original Posted By BramDerisco
nice thread.. baru berhasil 4 setelah nyemai 100 biji o


persentase pertumbuhan yang sangat kecil
lamberianto - 03/03/2011 05:12 PM
#57

Quote:
Original Posted By BramDerisco
nice thread.. baru berhasil 4 setelah nyemai 100 biji o


persentase pertumbuhan yang sangat kecil
menyott - 04/03/2011 03:59 PM
#58

Quote:
Original Posted By iSeedYou
soal sunflower,

dulu awal2 saya semangat tanamnya, pas udah mekar, senang sekali, setelah mekar dan layu. jadi malas tanam balik ngakak dan serasa sia2, mungkin karena lebih senang tanam yang perennial

oh ya pas mekar bijinya suka dicuri burung najis

ada yg berpendapat sama ? ngakak



gak cobain maximilian sunflower aja?
perennial tuh
OhBegituToh - 24/03/2011 04:53 PM
#59
~=Penggemar Sunflower/SF Masuk Yuk=~
Ane buat trit ini berdasarkan:
-Ijin om momod mahos
-Kelihatannya banyak tanamers yang punya SF dan dapet BLT SF D
-Dan belum ada tritnya D

~=About Sunflower=~:
Quote:
sunflower
Bunga matahari atau Sunflower yang biasa disingkat SF (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana matahari". Namun demikian, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

Bunga matahari merupakan bunga nasional RRC dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Pemerian

Tumbuhan terna semusim yang berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko), tinggi 3m sampai 5m tergantung varietasnya. Daun tunggal lebar. Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang.

Bunga tersusun majemuk. Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga. Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis karena pergerakan ini.

Bijinya bertipe "achane". Pada tipe ini, buah dan biji tidak dapat dengan mudah dibedakan.

Kelompok budidaya

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja.

* Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.

* Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.

* Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,

* Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.

Sejarah

Tumbuhan ini telah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Selanjutnya tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa, bunga matahari diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi serta cokelat. Penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

Budidaya

Bunga matahari menyukai tanah yang subur dan hangat. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi. Di daerah beriklim sedang seperti Eropa tumbuhan ini hanya bisa ditanam pada musim semi hingga musim gugur dan harus dihindari terkena frost.

Kerapatan tanam biasanya 60000 hingga 70000 tanaman per ha.

Minyak bunga matahari

Seperti telah disinggung pada bagian kelompok budidaya, pemanfaatan bunga matahari terutama adalah sebagai sumber minyak, baik pangan maupun industri. Sebagai bahan pangan, minyak bunga matahari cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta campuran salad. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat (C18:2), suatu asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia. Kepentingan teknik menginginkan minyak dengan kadar asam oleat yang lebih tinggi dan terdapat pula kultivar bunga matahari yang menghasilkan minyak dengan kualitas demikian (mengandung 80% hingga 90% asam oleat, sementara kultivar untuk pangan memiliki hanya 25% asam oleat).


^^ Copas Dari Wikipedia malu:

Ayo donk share pic2/info SF yang agan punya!! D ^.^

Ane mau share (Belum Berbunga sih) tapi SF ane yang satu2nya kena mealy bug jadi kondisi bagus... trus kemaren ketiban sesuatu jadi daunnya jelek. \(

Lain kali ane share deh \)
odoy.koprol - 24/03/2011 04:54 PM
#60

ingin tanam, tapi ga pernah hidup....
Page 3 of 200 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > sunflower