Entrepreneur Corner
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner > █│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
Total Views: 69079 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 101 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

Stymurti - 28/05/2010 12:20 AM
#41

Quote:
Original Posted By the_sixth_sense


hmmmm......

makin banyak pilihan menu nya.... makin banyak equipment yg loe harus handle.... makin gede biaya operasional nya..... makin banyak space yg harus disiapin.....
keuntungan nya.... customer punya pilihan menu yg beragam.....

makanan di kafe ntuh biasanya secondary choices om....
utamanya ada di beverages nya....
jarang kan ada org mo ke kafe karena croissant ato danish yg dijual nya enak D
tapi biasanya milih karena minuman nya enak..... mo nyobain rasa yg baru....

ommm maaf saya boleh tambahin ya ???
Ingat gan saya selalu anjurkan ke setiap owner sejauh apa bayangan nya tentang usahanya sendiri. Lalu mulai semampunya.
Masalah menu ciptakan ''ikon'' ( sok pinter ya saya )
ga ada usaha F&B yang tidak punya ikon
jangan lupa efisiensi menu ( dimana dengan bahan yang sama bisa jadi banyak masakan )
* kuasai methode nya juga
* kelola secara profesional
* masalah alat
apakah kita jual roti / pastry / bakery butuh alat2nya ? Nda juga ... Ada tips dan trick nya
@ all
silahkan yang mau gunakan jasa saya , masalah fee ... Bertemu saja dulu kita bahas apa kendalanya jika memang cocok kita lanjut gan.intinya saling tolong menolong dalam kebaikan
System saya dalam fee ya kembali ke agan2 semua wong saya kan jual jasa bukan jual barang...█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
the_sixth_sense - 28/05/2010 09:07 AM
#42

Quote:
Original Posted By Stymurti
ommm maaf saya boleh tambahin ya ???
Ingat gan saya selalu anjurkan ke setiap owner sejauh apa bayangan nya tentang usahanya sendiri. Lalu mulai semampunya.
Masalah menu ciptakan ''ikon'' ( sok pinter ya saya )
ga ada usaha F&B yang tidak punya ikon
jangan lupa efisiensi menu ( dimana dengan bahan yang sama bisa jadi banyak masakan )
* kuasai methode nya juga
* kelola secara profesional
* masalah alat
apakah kita jual roti / pastry / bakery butuh alat2nya ? Nda juga ... Ada tips dan trick nya
@ all
silahkan yang mau gunakan jasa saya , masalah fee ... Bertemu saja dulu kita bahas apa kendalanya jika memang cocok kita lanjut gan.intinya saling tolong menolong dalam kebaikan
System saya dalam fee ya kembali ke agan2 semua wong saya kan jual jasa bukan jual barang...█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc


wow....
mantep emang agan yg satu inih thumbup:

sekalian nanya2 juga yak o
di bisnis fnb beginih.... itungan bep nya biasa berapa lama?
start bener2 dr 0, dengan nama yg bener2 baru yg org blom familiar dgn brand nya.....

soal icon.... gemana bikin icon nya? o
maxute.... icon yg kaya gemana yg baik.....

tengkyu beer:
juskentang - 28/05/2010 10:42 AM
#43

trit bagus nih.. akhirny ada jg yg ngbahas bisnis kuliner


salam kenal smua yah, ikut nongkrong nyedot ilmu ya omD
ane punya warung gan d bandung, msi jual barang komoditas sih, nembak anak2 kost..
kedepan mau bikin yg lebih unik, biar harga jualnya bisa unik juga \)


semoga banyak bermanfaat trit ini beer:
[Shadow]LenZ - 28/05/2010 12:15 PM
#44

Quote:
Original Posted By Stymurti
ikut dong ommmmm , ada proyek sendirian aja, tapi makasih lho om , roastingan aku yang medium pesan sama om angga di bikinin , walaupun cuma 2kg hehehehehe
om ajak daku ya█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc


He he saya di distribusi Bro, bingung mau ajak apa. D

Kalo untuk Jabodetabek udah ada Angga (Tunggal) \)
indrabaka - 28/05/2010 12:58 PM
#45

Quote:
Original Posted By juskentang
trit bagus nih.. akhirny ada jg yg ngbahas bisnis kuliner


salam kenal smua yah, ikut nongkrong nyedot ilmu ya omD
ane punya warung gan d bandung, msi jual barang komoditas sih, nembak anak2 kost..
kedepan mau bikin yg lebih unik, biar harga jualnya bisa unik juga \)


semoga banyak bermanfaat trit ini beer:


warung jual komoditas apa nih bro? buka-bukaan aja siapa tau ada yang lagi cari produknya bro.. D
dyorestream - 28/05/2010 01:19 PM
#46

salam kenal gan setelah ane baca thread ini,ane pengen minta saran dan masukannya...

saat ini ane jalankan usaha jasa cathering dan udah mulai jalan kurang lebih 1 bulan ini,ane minta sarannya biar usaha ane ini bisa bersaing dan bertahan dari pesaing dibidang yang sama dan sudah punya nama....mohon saran dan masukannya gan....
juskentang - 28/05/2010 01:36 PM
#47

Quote:
Original Posted By indrabaka
warung jual komoditas apa nih bro? buka-bukaan aja siapa tau ada yang lagi cari produknya bro.. D


jgn skg atuh gan buka2annya, malu maho

mksudnya warung makan yg produkny masi biasa.
warung ayam bakar bro & tuna bakar D

ane bilang komoditas krn masih mengandalkan potensi tempat krn pasar melimpah d tempat ane, sedangkan dari segi kualitas standar aj.
dlu pas bikin awal2nya ane konsepin bagus, ane dah ngerancang WOMM bwt warung ini tp kesininya krn masalah internal jd konsepnya gk bisa jalan hihi..)

ane jadiin project batu loncatan aj bro bwt next step \)

-----------

ane ngerancang WOMM dari awal ane bikin warung krn ane sblumnya ngelola counter juice gt, waktu itu counter juicenya pake gelas jumbo.. dan tentu saja cepet d kenal orang D tp kesini2nya semua competitor pake gelas jumbo jg jd gk ngefek lagi hahaha..
juskentang - 28/05/2010 03:05 PM
#48

ane lg ngrancang konsep bwt bikin tempat makan lg gan..
modal duit terbatas (ane libatin investor tar aja pas pengembangan..), jd mau gerilnya dlu:

jd yg mw gw bikin adalah kaki lima yg profesional
harus bisa d duplikasi bisnisnya klo yg pilot projectnya jalan, krn dgn jalan ini gw bakal ngembanginnya. ke 2 pada kondisi normal harus minim tenaga
kerja.. krn d level ini, kyw tuh biaya yg paling besar setelah sewa tempat..(tp klo dah rame ya nambah orang gk jadi masalah.. utk hal2 "kecil" lainnya mw outsource ajah ilovekaskus

ntar ane sharing2 lg klo dah jalan \)
indrabaka - 28/05/2010 07:32 PM
#49

Quote:
Original Posted By dyorestream
salam kenal gan setelah ane baca thread ini,ane pengen minta saran dan masukannya...

saat ini ane jalankan usaha jasa cathering dan udah mulai jalan kurang lebih 1 bulan ini,ane minta sarannya biar usaha ane ini bisa bersaing dan bertahan dari pesaing dibidang yang sama dan sudah punya nama....mohon saran dan masukannya gan....


untuk bersaing dengan pemain lama, tentu susah gan.. karena catering itu bisnis "kepercayaan", dimana orang mempercayakan suatu event kepada catering agan.

tanpa bermaksud promosi, kalo gw mengakalinya dengan memunculkan cirikhas tersendiri pada catering gw supaya bisa perang lawan catering2 gede itu, yaitu gw menggunakan lunch box import yang kualitasnya jauh diatas nasi dusnya catering2 besar itu
coba lihat disini gan Luminary Catering
█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
kalau mau, agan juga bisa pakai cirikhas ane ini, karena sampai saat ini masih jarang sekali yang pakai produk lunchbox ini.. contact ane aja gan, karena ane sendiri yg import & jual packaging ini maho

selain itu, karena ini bisnis kepercayaan, penting banget untuk mendapatkan kepercayaan dari customer, buat mereka happy dengan menyanggupi permintaan2 customer selama itu masih memungkinkan (misalnya customer waktu mesen minta bonus 1 box untuk dia coba sendiri.. jgn terlalu perhitungan dan kasih aja lah free of charge)

kalau untuk catering prasmanan, prinsipnya sama aja, buat customer happy.. pakai presentasi peralatan yang bagus, jangan terlalu bawel dengan delivery cost / minimum order, jaga kualitas produk supaya jangan kena complain, berikan bonus2 tertentu (misalnya kalau pesen 100pax kasih bonus es puter gratis)

prinsipnya catering (untuk catering kantoran, yang merupakan market catering gw) itu menurut gw customer/buyer bener2 raja, karena berbeda dengan restoran yang jumlah customernya banyak, untuk catering walaupun customernya banyak (ratusan-ribuan/event), tapi yang menentukan beli/nggak itu cuma 1 orang.. si buyer itu.. kalau 1 orang ini ngga setuju, ya udah "ratusan/ribuan customer" lain itu nggak akan agan dapatkan.. karena itulah kadang diperlukan pendekatan2 personal.. *you know what i mean D*

sedangkan untuk catering wedding, yang gw tau itu intinya ada pada WOMM (word of mouth), dan tentu nggak luput undertable money untuk pemilik gedung.. karena nggak jarang kalau orang mau wedding, yg dicari pertama itu gedungnya.. nah kadang2 beberapa gedung itu udah kerjasama/rekanan dengan suatu catering.. jadi kalau mau merit di gedung itu, harus pakai catering yang udah rekanan.. nah gw denger2 ini isinya duit semua..

its not a clean business.. nothing is. najis
indrabaka - 28/05/2010 07:43 PM
#50

Quote:
Original Posted By juskentang
jgn skg atuh gan buka2annya, malu maho

mksudnya warung makan yg produkny masi biasa.
warung ayam bakar bro & tuna bakar D

ane bilang komoditas krn masih mengandalkan potensi tempat krn pasar melimpah d tempat ane, sedangkan dari segi kualitas standar aj.
dlu pas bikin awal2nya ane konsepin bagus, ane dah ngerancang WOMM bwt warung ini tp kesininya krn masalah internal jd konsepnya gk bisa jalan hihi..)

ane jadiin project batu loncatan aj bro bwt next step \)

-----------

ane ngerancang WOMM dari awal ane bikin warung krn ane sblumnya ngelola counter juice gt, waktu itu counter juicenya pake gelas jumbo.. dan tentu saja cepet d kenal orang D tp kesini2nya semua competitor pake gelas jumbo jg jd gk ngefek lagi hahaha..


untuk ayam bakar sih memang biasa gan, tapi tuna bakar kayanya menarik tuh.. masih jarang terdengar, walaupun sebenernya tuna lokal harganya murah, tapi kalo denger tuna kan kesannya mahal..

Quote:
Original Posted By juskentang
ane lg ngrancang konsep bwt bikin tempat makan lg gan..
modal duit terbatas (ane libatin investor tar aja pas pengembangan..), jd mau gerilnya dlu:

jd yg mw gw bikin adalah kaki lima yg profesional
harus bisa d duplikasi bisnisnya klo yg pilot projectnya jalan, krn dgn jalan ini gw bakal ngembanginnya. ke 2 pada kondisi normal harus minim tenaga
kerja.. krn d level ini, kyw tuh biaya yg paling besar setelah sewa tempat..(tp klo dah rame ya nambah orang gk jadi masalah.. utk hal2 "kecil" lainnya mw outsource ajah ilovekaskus

ntar ane sharing2 lg klo dah jalan \)


gw suka gan dengan konsep kaki lima yang profesional, karena memang untuk kakilima / makan di tenda pinggir jalan itu ada kesan tersendiri yang khas dan ngangenin, gw pribadi jauh lebih prefer makan di kaki lima pinggir jalan daripada makan di booth2 franchise itu.. (entah kenapa byk banget franchise kok maennya di booth semua yah.. kebab, jamur goreng, juice, tahu goreng, bahkan bakso pun dibikin booth -__-) memang beda sih konsepnya krn kaki lima = dine in, booth = take away.. tapi kenapa belum ada franchise (atau gw belum tau? D) yg mentarget market kaki lima ini ya? pdhl orang berduit jg byk yg makan di kaki lima (cth : nasi goreng kambing kebon sirih)

kalau emang mau duplikasi, menurut gw emang perlu invest di karyawan cukup besar pas pertama2nya, karena kan proses produksinya perlu karyawan.. tapi nanti kalau udah punya 3/4 outlet kan jumlah karyawan bisa dikurangi dengan sistem centralized kitchen, dimana di outlet nanti barang2 udah 1/2 matang siap finishing, jadi di outlet ga perlu byk2 karyawan untuk masak.. karyawannya pun juga nggak perlu yang ahli masak karena sifatnya di outlet cuma finishing (goreng/bakar) aja, sedangkan bumbu2 semua udah diracik di dapur pusat.. karyawan yang pinter masaknya (yg gajinya lebih tinggi) cukup 1 aja di dapur pusat.
nanti makin banyak outlet agan, bakal makin berkurang deh percentage untuk bayar gaji karyawannya D

ditunggu sharenya gan.. tertarik bgt nih ane dengerin konsep bisnis kaki lima.. (dulu gw sempet tertarik juga jualan di kakilima.. tapi ya baru cuma sebatas angan2 aja sih.. kendala di nggak kebayang gimana cara cari tempatnya, bayar premannya, dll.. mohon pencerahan gan.. D)
Stymurti - 28/05/2010 08:34 PM
#51

Quote:
Original Posted By the_sixth_sense


wow....
mantep emang agan yg satu inih thumbup:

sekalian nanya2 juga yak o
di bisnis fnb beginih.... itungan bep nya biasa berapa lama?
start bener2 dr 0, dengan nama yg bener2 baru yg org blom familiar dgn brand nya.....

soal icon.... gemana bikin icon nya? o
maxute.... icon yg kaya gemana yg baik.....

tengkyu beer:

waduh gan, saya coba ungkap ya...sesungguh nya BEP itu secara nyata akan ada setelah usaha berjalan. Wong belum buka kok nanya BEP ? Maaf kalau saya agak beda dari agan2 semua , makanya saya selalu anjurkan owner sebelum memulai usaha apa yang mereka ketahui tentang F&B dan sejauh apa passion nya untuk buat usaha ini.
Biasanya BEP itu akan ada kalau riset nya benar2.
Jadi disaat buka baru jelas.
Intinya dalan F&B ini adalah totalitas owner dan memang di dampingi oleh orang2 yang sudah berpengalaman di bidang nya█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
Stymurti - 28/05/2010 08:35 PM
#52

Wow om indra...saya berguru ya...ijin nyimak█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
Stymurti - 28/05/2010 08:38 PM
#53

Quote:
Original Posted By dyorestream
salam kenal gan setelah ane baca thread ini,ane pengen minta saran dan masukannya...

saat ini ane jalankan usaha jasa cathering dan udah mulai jalan kurang lebih 1 bulan ini,ane minta sarannya biar usaha ane ini bisa bersaing dan bertahan dari pesaing dibidang yang sama dan sudah punya nama....mohon saran dan masukannya gan....

apa saja yang sudah agan lakukan atau perjalanan satu bulan ini seperti apa ?
Biasanya kalau catering main di manajemen,info untuk user nya bisa di dapat melalui gedung2 yang biasa di pakai untuk acara2, kalau mau kita bantu saya ada teman GM di sebuah catering.kalau memang mau kita bantu pngelolaan nya .█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
Stymurti - 29/05/2010 11:34 AM
#54

Naikin ahhhh biar rame█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
ErAsKmra - 29/05/2010 12:47 PM
#55

Quote:
Original Posted By Stymurti

apakah kita jual roti / pastry / bakery butuh alat2nya ? Nda juga ... Ada tips dan trick nya


Istri saya punya toko kecil-kecilan yang jualan roti/kue (basah) juga terima pesenan cakes/tart/snack-box dan sejenisnya. Kami cuma jualan. Yang memproduksi yaaa principal kami (kami jadi retail outletnya).
Customer ??? ada yang berasal dari warga sekitar, orang yang sengaja mampir karena lewat (toko ada di pinggir jalan, deket ama pasar). Trus kita juga coba PDKT ke beberapa perusahaan, pabrik, sekolahan, rumah sakit di sekitar kita.

Nah kalo menurut Bro Satya kira-kira tips and trick-nya gimana tuh Bro ?
Trus kalo menurut Bro indrabaka, strategi pendongkrakan omzetnya juga harus gimana tuh Bro ?

Makasih sebelumnya \)

@Momod: ini thred bagus bisa di-sticky nggak yaaa ? \)
Stymurti - 29/05/2010 01:25 PM
#56

Quote:
Original Posted By ErAsKmra


Istri saya punya toko kecil-kecilan yang jualan roti/kue (basah) juga terima pesenan cakes/tart/snack-box dan sejenisnya. Kami cuma jualan. Yang memproduksi yaaa principal kami (kami jadi retail outletnya).
Customer ??? ada yang berasal dari warga sekitar, orang yang sengaja mampir karena lewat (toko ada di pinggir jalan, deket ama pasar). Trus kita juga coba PDKT ke beberapa perusahaan, pabrik, sekolahan, rumah sakit di sekitar kita.

Nah kalo menurut Bro Satya kira-kira tips and trick-nya gimana tuh Bro ?
Trus kalo menurut Bro indrabaka, strategi pendongkrakan omzetnya juga harus gimana tuh Bro ?

Makasih sebelumnya \)

@Momod: ini thred bagus bisa di-sticky nggak yaaa ? \)

jadi gini, sudah bagus agan sebagai retailernya.jika agan mau fabrikasi juga mau nda mau harus beli alat . Nah alat ini investasi yang panjang jadi bisa agan mengajukan pinjaman ke bank jika surat2 agan memenuhi syarat.
Langkah untuk pdkt kepada instansi atau badan usaha untuk usaha agan bagus, dimana setiap bisnis memerlukan 3 elemen utama :
* produk / jasa
* market
* manajemen
untuk mendongkrak omset banyak caranya , dan pastinya melalui promo. Apalagi usaha agan roti/bakery,cake dll ( termasuk yang sepanjang masa )
teknikal promo :
* dalam melakukan pdkt jangan lupa berikan sample produk
* undang mereka jika terjadi pemesanan / pembelian untuk test produk di lokasi retail.
* pelayanan yang ramah ( cerewet bukan berarti tamu tidak suka , cara diplomasi yang baik )
* sebisa mungkin kuasai costing manajemen.

nah kayanya segitu dulu deh...kalau butuh bantuan hub.saya aja...kalau salah maafkan nubie ini maklum cuma kuli█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
indrabaka - 30/05/2010 01:30 AM
#57

Quote:
Original Posted By ErAsKmra
Istri saya punya toko kecil-kecilan yang jualan roti/kue (basah) juga terima pesenan cakes/tart/snack-box dan sejenisnya. Kami cuma jualan. Yang memproduksi yaaa principal kami (kami jadi retail outletnya).
Customer ??? ada yang berasal dari warga sekitar, orang yang sengaja mampir karena lewat (toko ada di pinggir jalan, deket ama pasar). Trus kita juga coba PDKT ke beberapa perusahaan, pabrik, sekolahan, rumah sakit di sekitar kita.

Nah kalo menurut Bro Satya kira-kira tips and trick-nya gimana tuh Bro ?
Trus kalo menurut Bro indrabaka, strategi pendongkrakan omzetnya juga harus gimana tuh Bro ?

Makasih sebelumnya \)

@Momod: ini thred bagus bisa di-sticky nggak yaaa ? \)


wah.. reseller gitu ya bro, asik tuh nggak pusing mikirin produksi.. D cuma jadi kurang seru karena a ga bisa asik berkreasi sendiri sih.. D

anyway untuk meningkatkan omzet.. gw coba bahas secara general aja ya cari naikin omset.. ini gw pelajari dari action coach, jadi all credit goes to them ya.. D
http://www.actioncoach.com/program_service_se.php

OMSET = number of leads * conversion rate * number of transaction * average sales

NUMBER OF LEADS
disini maksudnya adalah jumlah calon customer yang datang ke toko bro, atau jumlah calon customer yang bro tawarin.
kalau kasus bro, customer adalah tetangga, orang yg datang dari pasar, dan juga beberapa customer yang bro jemput bola dengan bro yg datang kesana buat tawarin
beberapa ide untuk menaikkan number of leads
tetangga : minta tolong sama tetangga bro yg udah jadi langganan untuk "bantu2" kasih info2 ke bro kalau2 ada teman/tetangga mereka yang perlu produk snack untuk contact ke bro.. minta tolongnya secara casual aja, jangan terkesan desperate jangan sampai kesannya bro kaya "ngemis".. tapi timbulkan kesan "minta bantuan teman", hal yang sama tapi efeknya beda banget lho D
customer dari pasar : bisa ditingkatkan dengan membuat toko yang lebih menarik, lampu yang lebih terang, display yang lebih menarik, papan plang yang menunjukkan lokasi toko bro, spanduk, dll
customer jemput bola : ya.. cukup dengan menaikkan jumlah calon customer yg bro tawari aja, cari tenaga marketing kalau perlu.

CONVERSION RATE
disini maksudnya adalah berapa besar persentase / kemampuan bro dalam merubah "calon customer" menjadi "customer", dari yang cuma liat doang jadi beli.
ini ditingkatkan dengan membuat produk yang menarik (bikin laper mata), kemampuan sales dalam berkomunikasi, dll..

NUMBER OF TRANSACTION
customer yang sudah beli tadi, apakah beli cuma sekali aja atau dia bakal order lagi? apakah cuma customer biasa, atau bisa sampai jadi pelanggan tetap? tentunya untuk long-runnya jauh lebih bagus memiliki 100 pelanggan tetap dan bertambah secara stabil daripada punya 1000 customer yang cuma beli 1x dan kapok..
ditingkatkan dengan membuat first impression yang bagus pada customer saat pembelian pertama, juga dengan sesekali melakukan komunikasi dengan pelanggan, tanyakan bagaimana kabar mereka, apakah sedang ada acara yang perlu snackbox (sesekali yah, jangan keseringan ntar mereka annoyed dan bro langsung diblacklist), dll

AVERAGE SALES
customer/pelanggan bro setiap beli itu nilai invoicenya berapa? kalau biasanya orang cuma belanja 100.000, apakah bisa dibuat averagenya dinaikkan? misalnya dengan menaikkan quantity penjualan.. orang yang biasanya beli cuma 3 macam kue, kita tawari untuk beli 4 macam, atau ditawarkan untuk beli masing2 jenis 2 pcs, gunakan kemampuan komunikasi sales.. misalnya "yang ini enak lho bu, produk baru kita.. isinya XXXXXX, ini testernya, boleh dicoba bu.. ~~~~ mau beli 2 bu? untuk oleh2 yang di rumah juga sekalian.."
ya semacem itu lah, gw sendiri kurang ngerti cara ngebujuk2 customer soalnya.. D

dan yang terakhir, ini nggak ngaruh ke omset, tapi untuk meningkatkan profit ada 1 aspek lagi

MARGIN
gampangnya ini adalah berapa uang yang bro dapat untuk setiap barang yang terjual?
cara naikinnya bisa dengan menaikkan harga (yg ikut menaikkan nilai omset), atau dengan cara mengurangi cost (yg dengan omset sama tapi profit meningkat).. mana yang harus dilakukan, ya tergantung dengan situasi kondisi perusahaan bro sendiri ya.. karena harga yang terlalu tinggi jelas nggak bagus, tapi cost yang terlalu rendah juga tetep ngga bagus, karena bisa jadi dengan mengurangi cost berarti bro mengurangi kualitas produk.. misalnya dengan pemakaian bahan kue yang kualitas lebih rendah, atau gaji pegawai yang ditekan terlalu rendah sampai pegawai ga ada niat kerja dan jadi bikinnya asal2an, dll

aspek mana yang harus ditingkatkan, tentunya tergantung dengan situasi kondisi setiap perusahaan.. nggak boleh ngasal naikinnya..
misalkan sebuah perusahaan mikir omsetnya kurang, jadilah mereka pasang dan bagi2in brosur, calon customer yang udah baca brosur, tertarik untuk datang mengunjungi.. tapi sampai di lokasi, ternyata tokonya sangat kumuh.. nggak ada parkiran.. akhirnya biarpun udah sampai di lokasi, mereka pulang lagi..
ini kalau dibiarkan, akan memiliki efek yang sangat buruk, karena selain buang2 uang untuk brosur, juga membuat nama perusahaan jadi buruk karena orang punya bad impression sama perusahaan tersebut.. bila kemudian hari biarpun tokonya udah nggak kumuh, tapi orang udah males untuk datang kesana lagi karena teringat bad impression waktu itu.. lebih buruk lagi kalo mereka cerita2 bad impression mereka ke orang lain hammer:

atau leads dan conversion udah ok, tapi number of transaction kok kecil sekali.. 1 customer cuma datang 1x abis itu ga balik lagi.. mungkin juga karena produk yang dijual sangat mengecewakan, pelayanan yang nggak ramah, dll.. kalau diterusin, efeknya sama kaya yang pertama

perhitungan simple
OMSET = number of leads * conversion rate * number of transaction * average sales
kondisi awal
100*10%*10*10000 = 1.000.000
kondisi dengan peningkatan 10% di setiap bagian
110*11%*11*11000 = 1.464.100

dengan peningkatna cukup 10%, hasil yang diraih hampir meningkat 50%, bayangkan kalau peningkatannya lebih dari itu.. \)

ya.. semacam itu deh gan.. gw juga jualan snack box (produksi sendiri) sih D semoga membantu ya bro.. beer:
dyorestream - 30/05/2010 10:26 AM
#58

Quote:
Original Posted By indrabaka
untuk bersaing dengan pemain lama, tentu susah gan.. karena catering itu bisnis "kepercayaan", dimana orang mempercayakan suatu event kepada catering agan.

tanpa bermaksud promosi, kalo gw mengakalinya dengan memunculkan cirikhas tersendiri pada catering gw supaya bisa perang lawan catering2 gede itu, yaitu gw menggunakan lunch box import yang kualitasnya jauh diatas nasi dusnya catering2 besar itu
coba lihat disini gan Luminary Catering
█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc
kalau mau, agan juga bisa pakai cirikhas ane ini, karena sampai saat ini masih jarang sekali yang pakai produk lunchbox ini.. contact ane aja gan, karena ane sendiri yg import & jual packaging ini maho

selain itu, karena ini bisnis kepercayaan, penting banget untuk mendapatkan kepercayaan dari customer, buat mereka happy dengan menyanggupi permintaan2 customer selama itu masih memungkinkan (misalnya customer waktu mesen minta bonus 1 box untuk dia coba sendiri.. jgn terlalu perhitungan dan kasih aja lah free of charge)

kalau untuk catering prasmanan, prinsipnya sama aja, buat customer happy.. pakai presentasi peralatan yang bagus, jangan terlalu bawel dengan delivery cost / minimum order, jaga kualitas produk supaya jangan kena complain, berikan bonus2 tertentu (misalnya kalau pesen 100pax kasih bonus es puter gratis)

prinsipnya catering (untuk catering kantoran, yang merupakan market catering gw) itu menurut gw customer/buyer bener2 raja, karena berbeda dengan restoran yang jumlah customernya banyak, untuk catering walaupun customernya banyak (ratusan-ribuan/event), tapi yang menentukan beli/nggak itu cuma 1 orang.. si buyer itu.. kalau 1 orang ini ngga setuju, ya udah "ratusan/ribuan customer" lain itu nggak akan agan dapatkan.. karena itulah kadang diperlukan pendekatan2 personal.. *you know what i mean D*

sedangkan untuk catering wedding, yang gw tau itu intinya ada pada WOMM (word of mouth), dan tentu nggak luput undertable money untuk pemilik gedung.. karena nggak jarang kalau orang mau wedding, yg dicari pertama itu gedungnya.. nah kadang2 beberapa gedung itu udah kerjasama/rekanan dengan suatu catering.. jadi kalau mau merit di gedung itu, harus pakai catering yang udah rekanan.. nah gw denger2 ini isinya duit semua..

its not a clean business.. nothing is. najis


thnks gan atas masukkannya ane jadi lebh semangat ini....
dyorestream - 30/05/2010 10:41 AM
#59

Quote:
Original Posted By Stymurti
apa saja yang sudah agan lakukan atau perjalanan satu bulan ini seperti apa ?
Biasanya kalau catering main di manajemen,info untuk user nya bisa di dapat melalui gedung2 yang biasa di pakai untuk acara2, kalau mau kita bantu saya ada teman GM di sebuah catering.kalau memang mau kita bantu pngelolaan nya .█│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc


dalam sebulan ini ane cumn kenalin usaha ini dari mulut ke mulut aja mksdnya dari teman dan kenalan yang ada saja gan,untuk pomosi yang lebih besar ane mash bingung bgmn promosi yang efektif itu dan lg kumpul2in modal gan,jujur ya gan ane jalanin usaha ini modal dgn modal yg hmpr g ada tapi ane optimis bakal jalanin usaha ini ....
manajemen yang dimksd sprt apa ya gan??memenag selama jln br sebulan ini ane mash cari2 cara memanage yang baik itu gmn....mohon bantuannya gan...
indrabaka - 30/05/2010 08:27 PM
#60

Quote:
Original Posted By dyorestream
dalam sebulan ini ane cumn kenalin usaha ini dari mulut ke mulut aja mksdnya dari teman dan kenalan yang ada saja gan,untuk pomosi yang lebih besar ane mash bingung bgmn promosi yang efektif itu dan lg kumpul2in modal gan,jujur ya gan ane jalanin usaha ini modal dgn modal yg hmpr g ada tapi ane optimis bakal jalanin usaha ini ....
manajemen yang dimksd sprt apa ya gan??memenag selama jln br sebulan ini ane mash cari2 cara memanage yang baik itu gmn....mohon bantuannya gan...


catering itu bisnis yg cocok untuk dimulai tanpa modal bro, jangan takut.. bro post aja kendalanya apa, terus coba kita bahas sama2.. kalau cuma nanya "cara memanage" itu susah bro, karena yang harus dimanage itu.. semuanya
Page 3 of 101 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner > █│DISKUSI│█ ALL ABOUT FOOD & BEVERAGE BUSINESS : Restaurant/Catering/Bakery/Etc