Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Total Views: 8083 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

fujocyan - 08/06/2010 02:45 AM
#1
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Spoiler for Sebelumnya
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Siapakah Louis Charles?

Louis charles (Louis XVII) merupakan putera kedua dari pasangan Raja dan Ratu Perancis (Louis XVI dan Marie Antoinette). Dan dia adalah seorang pangeran yang sedang tumbuh.
Namun sayang, kehidupannya sebagai seorang pangeran yang masih belajar, hidupnya yang pendek penuh dengan lika-liku. Untuk lebih jelas, silakan baca artikel sebelumnya tentang Marie Antoinette:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4143149

Louis Charles (adalah salah satu anak dari yang pernah menjadi penguasa tertinggi), yang kehidupannya penuh banyak misteri di hidupnya yang pendek.


Louis XVII (Louis Charles)

Louis XVII lahir: 27-Maret-1785
Tempat Lahir: Versailles, Perancis
Meninggal: 8-Juni-1795
Lokasi kematian: Paris, Perancis
Penyebab kematian: Tidak dirinci
Tetap: Dikuburkan Basilika Saint-Denis, Perancis Saint-Denis

Jenis kelamin: Laki-laki
Agama: Katolik Roma
Ras atau Etnis: Kulit Putih
Pekerjaan: Royalti

Kebangsaan: Perancis
Ringkasan Eksekutif: Dauphin, Titular Raja Perancis

Spoiler for Louis Charles, dilukis pada tahun 1792 oleh Alexander Kucharsky
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Louis Charles tidak ingat banyak tentang hidupnya sebelum revolusi, dan dalam satu atau konflik yang lain telah menaungi seluruh hidupnya. Potret seorang anak laki-laki seperti malaikat dan memiliki jiwa (bersemangat) tetapi seperti anak yang rapuh, dan ini sangat tepat seperti yang dikatakan oleh semua orang yang mengenal dia. Dia mengatakan bahwa dia harus setia dan penuh kasih, dan harga dirinya yang keras dan mudah memaafkan (hampir merupakan kebutuhan ) = dauphin = prince of France. Dia di cintai oleh orangtuanya dan saudara perempuannya. Bahkan musuh terberatnya mengaguminya. Revolusi sangatlah menguji dia. Dia bertahan dalam banyak peristiwa yang membuat dia dan keluarganya hampir terbunuh. Dia tidak muncul tanpa cedera. Pengalaman ini tampaknya memeperkuat karakternya yang mana Marie Antoinette dan yang lainnya telah putus asa bahkan sebelum pergolakan pada tahun 1789. Dulunya Louis Charles sangat penakut, suara anjing saja sudah cukup mengejutkan buat dia. Tapi pada tahun 1973 (saat berada di Temple, penjara tempat keluarga Antoinette tinggal, termasuk Louis Charles) kegelisahannya menjadi berlebihan dan dia hampir selalu meringkuk ketakutan akan kebisingan sedikit saja. Yang kedua, Louis Charles seperti anak-anak yang lain dia memiliki kecenderungan mengulang apa yang dia dengar dengan lapang. Dengan menambahkan beberapa hal yang lain tanpa bermaksud berbohong. Ini merupakan bentuk dari keinginannya untuk dicintai.

Spoiler for Penjara Temple Paris
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Kombinasi istimewa dari karakternya, meskipun tidak biasa untuk anak seusianya, membuktikan fase berbahaya dalam kehidupannya dimulai. Dengan kematian ayahnya, dan kehilangan kepercayaan dan kebencian untuk Marie Antoinette tersebar luas. Telah diputuskan bahwa dia harus dipisahkan dari ibunya. Ini terjadi pada bulan Juni, tanpa ada peringatan. Ketika orang-orang mengambil dia, Marie Antoinette memeluk anaknya selama satu jam. Menolak melepaskan anaknya walaupun nyawanya terancam. Hanya ketika prajurit merubah taktik dengan mengancam anak perempuannya, Marie Antoinette akhirnya melepaskan Louis Charles.

Pemerintah republik telah memutuskan untuk memenjarakan anak delapan tahun itu dalam kurungan tersendiri, karena ia telah dinyatakan Louis XVII oleh royalis dan diasingkan setelah kematian ayahnya. Anak itu melempar diri ke pelukan ibunya dan menangis histeris ketika akan dipisah secara paksa " Mama! Mama!~," Teriaknya. Dan Marie Antoinette melindungi anaknya dengan tubuhnya.

Si kecil yang malang memeluk dengan lembut, dan hanyut dalam banjir air mata. Louis Charles dibawa dengan menjerit dan menangis, sementara ibunya memohon.

Spoiler for Louis Charles yang dipaksa untuk dipisahkan dari ibunya, Marie Antoinette
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Louis Charles sekarang menghadapi masalah kekuasaan revolusioner. Dia masih terlalu muda untuk mencoba seperti ayahnya. Dan dia tidak diijinkan masuk kepengasingan. Dimana dia dilengkapi dengan para pemimpin revolutionary yang kuat. Dan meskipun masalah ayahnya telah terselesaikan dengan membunuhnya. Bocah yang lugu ini akan diberikan gambaran yang tidak menyenangkan dari revolusi kepada dunia. Dan dapat menginspirasi reaksi simpatik kaum monarki. Dan tampaknya telah diputuskan, satu-satunya cara adalah dengan menjauhkan Louis Charles dari public dan berharap seiring dengan waktu akan terlupakan. Dan yang paling bagus oleh beberapa orang yang diasingkan adanya kemungkinan Louis Charles dapat dibuat melupakan dirinya sendiri. Komunitas, yang mengawasi pengasingan Louis Charles, berbicara secara implisit dengan tujuan mendidik, dan dengan harapan besar Louis Charles dapat kehilangan kebangsawanannya, dengan kata lain Jacques-René Hébert menjadi revolusioner.

Spoiler for Simon, istrinya, dan Louis Charles
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Orang yang akan dipilih untuk 'pendidikan ulang', dalam situasi lain, adalah seorang pengajar yang tidak seperti pengajar. Antoine Simon (sipir penjara) adalah salah satu kegagalan hidup, membuat semua hal yang telah dia coba berantakan ditangannya sendiri. Simon awalnya sebagai tukang sepatu, tidak ada yang tertarik untuk membeli barang hasil dagangannya, dan kedai murah nya oleh Seine terbukti menjadi bencana yang sama. keberuntungannya tampak ketika istri pertamanya meninggal dan secara ajaib ia berhasil menarik pembeli lain yang datang dan dengan keuntungan yang besar, tapi ini juga tak berlangsung lama. Daripada menerima bahwa kemalasannya sendiri dan kurangnya ketajaman bisnis telah menjadi penyebab utama dari tali kegagalan dikehidupannya, Simon menjadi semakin marah dan pahit, menyalahkan orang lain selain dirinya sendiri. Revolusi adalah hadiah untuk Simon, dovetailing dengan baik terhadap teori konspirasi paranoidnya, mendorong dia untuk melukis aristokrasi sebagai tanggung jawab untuk menjaga orang-orang seperti dia di stasiun rendah mereka. Bahkan di tengah-tengah revolusi ini, didominasi oleh karakter legendaris dan kepribadian yang luar biasa, komitmen dan semangat Simon ditandai keluarnya, dan ia segera diperhatikan oleh pihak penguasa. Simon adalah seorang pria yang akan menempatkan revolusi di atas apa pun, dan tidak mengizinkan sentimen atau kasih sayang untuk mencegah dia untuk mengikuti perintah. Akibatnya ketika Jacques-René Hébert dan atasannya di Komune sedang mencari orang untuk mengawasi Louis Charles dan mematahkan semangat kerajaan-Nya, Simon adalah pilihan yang wajar. Kita hanya bisa membayangkan perasaan Simon pada saat menemukan takdir barunya. Yaitu sebagai pengajar dalam rangka pendidikan ulang untuk Louis Charles.

Spoiler for Louis Charles yang sedang ketakutan meringkuk di sudut
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


kembali pada Louis Charles. 'Pendidikan' tidak bisa segera dimulai, selama beberapa hari pertama dia hanya meringkuk di sudut, menangis tak terkendali, ketakutan oleh kebisingan sedikit pun. Akhirnya meskipun, rutinitas mulai ditetapkan, dan setidaknya dalam tahap awal, Louis Charles tidak diperlakukan terlalu buruk. Dia (Simon) mencuci dan membersihkan pakaiannya, kadang-kadang ia diberi mainan, bahkan Louis dapat bermain dengan anaknya wanita pencuci pakaian. Dia diizinkan keluar ke taman kecil untuk menghirup udara, dan pada salah satu kesempatan Louis Charles menemukan keberanian untuk bertanya dari beberapa pejabat yang datang menemuinya "Aku ingin tahu apa hukum anda mengatakan bahwa aku harus dipisahkan dari ibuku ... Tunjukkan padaku hukum ini, saya ingin melihatnya!. Louis Charles berjalan ke kebun, melewati sel Marie Antoinette, dan jika dia menjulurkan lehernya ke celah tertentu di dinding, dia bisa menangkap sekilas sedikit saja saat dia berjalan. Marie Thérèse menulis surat, bahwa ibunya akan berdiri selama berjam-jam terhadap celah itu dengan mata penuh pengharapan, menunggu untuk melihat anaknya , 'itu adalah satu-satunya harapan dia, satu-satunya pekerjaan-nya'.

Spoiler for Louis Charles dan Simon di Temple
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Namun, hal itu tak lebih dari sesaat. Sebagai bagian dari republik pendidikan-ulang, Louis Charles mulai bekerja sebagai asisten seorang tukang sepatu pemabuk (Antoine Simon) dalam penjara Temple. Antara dipukuli, disiksa, dan perlakuan pelecehan seksual. Simon memaksanya minum alkohol dalam jumlah besar, dengan begitu Louis Charles akhirnya menjadi terbiasa. Dia dibuat untuk menyanyikan "La Marseillaise" (lagu kebangsaan Perancis) sambil mengenakan sebuah kap pengembara. Simon mengajarkan dia untuk mengutuk dan juga menghujat orangtuanya. Louis XVII muda itu berulang kali diancam dengan pisau guillotine, yang menyebabkan dia ketakutan dan pingsan.

Spoiler for Perlakuan buruk terhadap Louis Charles
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Pada hari-hari awal terisolasi, tampaknya ada beberapa ketidakpastian tentang apa sebenarnya yang harus dilakukan terhadap Louis Charles. Simon tidak suka ketidakpastian, dan memutuskan untuk memperjelas situasi. Pada bulan Juli ia pergi ke Komune, menuntut apa niat mereka untuk anak itu. Jawaban mereka jelas dan tegas - "Kami ingin menyingkirkan dia!".

Bersambung dibawah!
fujocyan - 08/06/2010 02:46 AM
#2

Kisah Louis Charles sudah tercemar oleh penderitaan lebih dari kebanyakan orang, tapi Louis Charles, pada tahun 1793, belum sembilan tahun. Dalam dua tahun yang tersisa untuk dia, dengan lebih dari rasa sakit yang akan masuk ke dalam kisah itu, dan bahkan kematiannya ditandai bukan akhir dari ceritanya, tetapi hanya akhir dalam satu bab apa yang akan menjadi tragedi epik.

Spoiler for Introgasi
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Louis Charles telah menjadi pion bagi Jacques René Hébert, yang, dalam rangka memperkuat kasus yang cukup tipis terhadap Marie Antoinette, ia telah mengarang cerita bahwa Marie Antoinette telah melakukan pelecehan seksual anaknya. Hébert berhasil membujuk Louis Charles untuk menandatangani dokumen pendukung tuduhan ini, dan bahkan membuat anak itu menghadapi adik dan bibi dengan kisah tersebut. Dengan jantannya Hébert meluncurkan tuduhan ini dalam perkembangan sidang Marie Antoinette, dan meskipun tidak memiliki cukup pengaruh galvanizing ia harapkan Ratu pasti tetap dinyatakan bersalah dan pergi ke kematiannya pada bulan September 1792.


Situasi ini tidak pernah tidak lebih buruk untuk Louis Charles. Kematian ayahnya dan ibunya telah membangkitkan preseden bahwa kerajaan harus diberangus dari Perancis. Ide bahwa kerajaan yang menjalankan kekuasaan pada semua kedudukan revolusi sangatlah berbahaya. Dan pada saat ini sisa-sisa terakhir kerajaan, semua kejahatannya dan eksesnya, sejarah dan mitosnya, kebingungan atas misteri dan kekuasaannya, dan yang paling mendesak dari semua, tali darah turun temurun- tertinggal di tubuh rapuh louis charles. Hal ini bukanlah hal yang sepele. Revolusi Perancis menderita karena masalah PR, dengan kebanyakan orang mencemooh revolusi karena kecuratannya dan kebengisannya, dan beberapa daerah kunci di Perancis sendiri terikat dalam pemberontakan yang terbuka dan pahit. Tidak akan ditambahkan dengan membunuh anak kecil didalam daftar revolusi yang keji, khususnya ketika masa lalu anak ini dapat dibuktikan dengan mudah akan tetapi memiliki kemampuan yang kuat untuk memenangkan simpati publik.

Spoiler for Takut
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Bagaimanapun juga, keadilan menuntut untuk membiarkan raja kecil ini terasing. Simpatisan monarki akan berkumpul untuk melawan dibawah bendera calon Louis XVII jika dia diijinkan pergi keluar dan revolusi akan memiliki musuh lain yang harus dilawan. Tidak, satu-satunya pilihan adalah membiarkan dia dipenjara. Dan seperti yang orang-orang tau, penjara di Perancis kejam, kotor, dimana hukuman mati dengan Guilotine banyak dilakukan. Kemudian direncanakan, mengasingkan Louis Charles di istana, bukan dipenjara. Tidak perlu dilakukan pembunuhan. Dengan membiarkannya sendiri, terabaikan, Louis Charles akan sakit dengan sendirinya.


Awalnya, rencana tersebut bekerja seperti seharusnya. Sejak Louis Charles sekarang digunakan oleh para manipulator politik seperti Hébert, dia diabaikan. Bahkan mantan penjaga sel Louis Charles, Simon, dan co-konspirator dari Hébert, meninggalkan penjara pada awal 1794 untuk fokus pada posting di Komune (pada akhirnya Simon pun dikirim ke pisau guillotine). Bahkan proyek untuk 'mendidik kembali' Louis Charles yang dicita-cita revolusioner akhirnya ditinggalkan, dan prioritas satu-satunya adalah untuk mencegah pelarikan diri atau penyelamatan Louis Charles. Dia dikurung dalam sel tersendiri, mungkin di ruang tempat ia terakhir melihat ayahnya. Ruangan itu selalu dingin dan gelap. Satu-satunya kontaknya terhadap setiap manusia adalah ketika sedikit makanan dimasukkannya ke dalam selnya lewat celah kecil. Tidak ada hal yang memungkinkan Louis Charles untuk melihat dunia di luar yang dihalangi tembok tebal sepuluh kaki yang mengelilinginya, dan pada malam hari ia tidak diizinkan untuk ditemani lilin dan kegelapan terus mengelilinginya. Pada tahun 1794, Robespierre mengunjungi Marie-Thérèse pada tanggal 11 Mei, tapi tak ada yang~, menurut legenda, memasuki ruangan Dauphin (Louis Charles) selama enam bulan sampai Barras mengunjungi penjara setelah Thermidor 9 (27 Juli 1794). Kakak Louis Charles (Marie Thérèse) mati-matian menyerahkan catatan, memohon untuk diizinkan merawat adiknya. Tapi permintaan itu selalu diabaikan.

Kisah yang diceritakan oleh penulis royalis dari kekejaman dan kebiadapan yang ditimbulkan oleh Simon dan istrinya pada si anak tidak terbukti. Marie Jeanne, pada kenyataannya, merawat baik anak itu, dan ada bukti dokumenter untuk membuktikan bahwa ia diberi udara segar dan makanan. Tapi jelas-jelas wali Simon aneh, tidak layak untuk seorang pangeran, dan mereka pasti menyebabkan banyak penderitaan kepada Louis Charles. Dan sebagian besar catatan Temple sejak saat itu dan seterusnya rusak di bawah Restorasi Bourbon, sehingga pengetahuan yang tepat dari fakta-fakta yang praktis itu tidak mungkin.

Sementara itu Louis Charles, alias Dauphin, alias pewaris tahta Prancis ditinggalkan sendirian di dalam sel yang kotor. Dia menjadi sangat sakit-sakitan, bau, kotor dan tidak mampu berjalan dan rupanya dia tidak diberi makan dengan baik, dia juga tidak diberi udara segar untuk menjaga dia dalam kesehatan yang lebih baik. Siapa yang peduli sih? Tidak ada monarki lagi. Tidak ada raja lagi, sehingga tidak perlu perawatan untuk pewaris takhta. Tidak ada hal seperti Pangeran lagi ...


Bersambung dibawah!
fujocyan - 08/06/2010 02:47 AM
#3

Sekarang semua maksud dan tujuan awal yang telah direncanakan untuk Louis Charles pun terlupakan, sebagai peristiwa diluar penjara Pangeran untuk mengurangi sebuah ketidak relevanan. Teror mencapai puncak yang kacau, pertama Hébert, kemudian Danton, Robespierre sendiri kemudian menyusul dan dikirim ke guillotine. Bersembunyi di suatu tempat di kelompok narapidana yang menaiki tangga dengan Robespierre adalah Simon, karena karir revolusioner terbukti hanya yang terakhir dalam barisan panjang kegagalan. Selama berbulan-bulan yang penuh gejolak, Louis Charles mengalami bayang-bayang dalam eksistensi hewan.

Dalam jatuh bangunnya Robespierre, secercah cahaya kemanusiaan sesaat menerangi anak itu dari penderitaan. Umumnya Barras, yang sekarang ditempatkan untuk memimpin anak-anak kerajaan, mengunjungi Temple dan terkejut dengan apa yang dilihatnya. Dalam sel Louis Charles, ia menemukan seorang anak yang benar-benar rusak. Anggota tubuhnya bengkak dengan luka yang ia tutupi. Matanya tampak kosong dan mati, ia tidak bisa berjalan dan tidak akan berbicara. Ia menghabiskan hari-harinya meringkuk di ranjang kecil, mungkin beberapa jarak kecil antara dia dan kotoran yang menumpuk di lantai selnya.

Barras tampaknya telah terpanggil untuk membantu anak itu, dan akhirnya wali yang baru, Jean-Jacques Christophe Laurent, diangkat. Laurent adalah Kreol muda dari Martinique, belas kasihan dan kebaikan yang menonjol dalam kisah ini dinyatakan dengan tinta suram. Ia bertekad untuk membawa penderitaan Louis Charles terhadap cahaya, di beberapa risiko yang harus dihadapinya, dia bersikeras menuntut hak diperbolehkan untuk membersihkan sel Louis Charles. Untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan. Louis Charles juga dimandikan, dan rambutnya yang ditinggali kutu, dan kuku yang mirip cakar pun dipotong. Meskipun waktu yang diizinkan sangat terbatas untuk anak itu, Laurent sangat baik terhadap dia, menyebut dia 'Monsieur Charles', bukan rentetan penghinaan yang digunakan. Setelah berbulan-bulan begitu banyak kekejaman dan isolasi yang selama ini dialami, Louis Charles mulai curiga akan perawatan ini, dan bertanya "Mengapa kamu merawat saya? Aku pikir kamu tidak suka pada saya", mundur sebelum kembali ke dalam keheningan.

Spoiler for Hari-hari dimana sang raja muda yang saat itu masih terus berharap akan nasib masa depannya yang tidak jelas
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Pada bulan Februari 1795, menjadi jelas bahwa Louis Charles sedang sekarat, namun itu masih tiga bulan sebelum dokter pun diizinkan untuk melihatnya. Akhirnya, Dr Pierre Joseph Desault tiba di Bastille pada tanggal 6 Mei. Meskipun bahaya mengintainya (dua wartawan baru-baru itu ditangkap karena berbicara tentang pengobatan Louis Charles), Desault dari awal bebas dalam penghukumannya itu.

Saya bertemu dengan seorang anak yang gila, sekarat, korban penderitaan yang paling hina dan ditinggalkan, makhluk yang telah disiksa oleh perawatan yang paling kejam, dan yang tidak mungkinkah bagi saya untuk membawanya kembali ke kehidupan ... Sungguh jahat!

Dia menegaskan bahwa Louis Charles diperbolehkan untuk menghirup udara, dan memberikan mainan padanya. Dia tampaknya telah percaya, bahkan, dengan cara membisu nya, hubungan kasih sayang. Lalu, setelah makan malam publik, Desault mengeluh sakit perut parah, dan meninggal tiga hari kemudian. Desas-desus beredar dengan cepat bahwa ia telah diracuni, yang tampak semua mungkin, mengingat kedua pembantunya juga tiba-tiba meninggal segera setelah itu.

Spoiler for Saat Louis Charles dipanggil oleh Tuhan dan dibawa oleh malaikat untuk pergi ke surga~
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Spoiler for Tubuh mungil yang sudah tak bernyawa
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Meskipun dokter lain ditunjuk, sudah terlambat bagi Louis Charles, akhirnya anak yang malang itupun dipanggil Tuhan di malam hari pada 8 Juni 1795, pada umur 10 tahun. Kisah ini adalah sebuah kisah sederhana dari semua yang terabaikan, terlalu banyak kekejaman dan terlalu sedikit sisi kepahlawanan. Namun, seperti garis-garis panjang raja-raja sebelumnya, kematian Louis Charles hanya ditandai berlalunya sejarah yang menjadi legenda, dan rumor mulai beredar bahwa Louis Charles belum mati sama sekali, entah bagaimana dia diselundupkan keluar dari Temple dan tidak menderita yang berakhir memalukan.

Spoiler for Bertemu keluarga di surga~

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Bersambung dibawah!
fujocyan - 08/06/2010 02:48 AM
#4

'Hati Kecil' Louis Charles

Setelah revolusi, royalis setia menyatakan bahwa Louis Charles, juga dikenal sebagai The Dauphin, suatu hari akan menjadi Raja Louis XVII, dan itu menjadi ancaman bagi Revolusi. Pada bulan Juli 1793, ia dibawa paksa dan berteriak dari ibunya Marie dan ditempatkan di penjara Temple, di mana ia ditahan di sel tersendiri. Dia berusia delapan tahun pada waktu itu. Dia diperlakukan dengan kejam, dan dipukuli, dia juga mungkin mengalami pelecehan seksual. Dia tampak sakit dan menderita kerusakan psikologis yang parah dari kurangnya kontak pada manusia. Dia meninggal pada 8 Juni 1795, di usia 10 tahun di penjara dengan cara yang menyedihkan dan mengerikan.

segera rumor mulai beredar bahwa 'Raja muda' itu melarikan diri ke pedesaan. Ini bukan kasus tapi itu tidak menghentikan rumor.

Autopsi dilakukan pada Louis Charles oleh dokter Perancis, Jean-Philippe Pelletan. Jantungnya diawetkan dalam alkohol, mengering dan menjadi mumi. Jantungnya dikirim kepada Uskup Agung Paris.

Spoiler for Jantung Louis XVII yang telah diawetkan
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII


Selama beberapa tahun ke depan banyak orang yang mengaku sebagai Louis Charles tetapi tidak ada yang pernah terbukti. Apakah Louis Charles benar-benar mati di penjara atau ia berhasil melarikan diri? Kontroversi ini akhirnya terkuburkan, di tahun 2000 ketika tes DNA dilakukan dengan menggunakan jantung, sampel rambut dari Marie Antoinette, adiknya Johanna Maria Gabriela dan Maria Josepha, ibunya Maria Theresa, dan DNA dari dua keturunan hidup Maria Theresa, Ratu Anne dari Rumania dan adiknya, Pangeran André de Bourbon Parme. Tes DNA yang dilakukan adalah bahwa DNA mitokondria dan hasilnya membuktikan bahwa jantung itu memang milik Louis Charles.

Jantung Louis sekarang terletak di dalam sebuah guci perak di Saint-Denis Baslique dekat Paris, di mana sisa-sisa raja Perancis dimakamkan, termasuk orang tua Louis Charles, Raja Louis XVI dan Marie Antoinette.

Spoiler for Louis XVII dalam kenangan
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Saya sengaja membuat trit ini pada tanggal kematiannya, 8 Juni.



Misteri kematian Louis XVII

Selama bertahun-tahun ada banyak pengaduan dan teori tentang Raja Louis XVII (Pangeran Louis-Charles), anak muda dari Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette dari Perancis. Jantung yang baru saja diyakini oleh sebagian orang bahwa itu adalah milik Raja muda Louis XVII, yang DNA-nya telah diuji dan sekarang banyak yang percaya bahwa Louis muda meninggal di penjara. Namun tubuh anak yang sudah tak bernyawa itu, yang dianggap sebagai Louis jauh lebih tua dan lebih tinggi dibandingkan Louis yang sebenarnya. Selalu ada bukti kuat bahwa Louis diselundupkan keluar dari penjara dan digantikan oleh remaja lain yang lebih tua. Jika begitu, jantung siapakah yang telah diuji dalam tes DNA tersebut? Beberapa percaya bahwa jantung itu bukan jantung dari Raja Louis muda, tetapi jantung saudaranya Pangeran Louis-Joseph (1781-1789) yang meninggal sebagai anak muda berumur tujuh tahun. Sampai saat ini, desas-desus itu masih menjadi perdabatan, dan ini adalah sebuah misteri yang tidak akan pernah mati. Hanya Tuhan yang tahu!


Kesimpulan

Louis XVII dari Perancis (lahir 27 Maret 1785 – meninggal 8 Juni 1795 pada umur 10 tahun) adalah putra Raja Louis XVI dari Perancis dan Marie Antoinette, namun tidak pernah benar-benar menjadi Raja Perancis.
Pada masa Revolusi Perancis, Pangeran Louis dipenjarakan bersama dengan orang tuanya. Sebagai putra tertua yang masih hidup, dia dinyatakan sebagai Raja Perancis pada 28 Januari 1793 oleh pamannya Louis-Stanislas-Xavier, yang sendiri dalam pengasingan di Hamm, dekat Dortmund, Jerman. Pernyataan tersebut tidak mempunyai kekuasaan karena Perancis saat itu merupakan sebuah republik. Tetapi saat Perancis dan Eropa menerima Louis-Stanislas-Xavier sebagai Louis XVIII dari Perancis pada tahun 1815, pemberian angkanya menunjukkan diakuinya hak-hak Louis XVII.
Saat keluarga kerajaan dipenjarakan, Louis XVII dipisahkan dari ibunya dan saudara-saudaranya pada musim panas tahun 1793 untuk menghindarkan upaya pembebasan yang dilakukan pendukung kerajaan. Dia meninggal sendirian pada Juni 1795 di penjaranya. Secara resmi dia dilaporkan meninggal akibat penyakit yang kini dikenal sebagai tuberkulosa. Sesuai tradisi kerajaan, jantungnya dikeluarkan oleh dokter dan diawetkan dalam alkohol. Tubuhnya dikuburkan dalam pemakaman umum.

Setelah kematiannya, ada yang mengatakan bahwa tubuh tersebut bukan Louis XVII, sehingga banyak yang mengklaim bahwa mereka adalah Louis XVII.

Jantungnya kini ditempatkan di Basilika Saint-Denis, di luar Paris.


Biografi

1785 - Lahir pada tanggal 27 Maret di Château de Versailles di Paris, Perancis.

1785 - 1789 - Dikenal sebagai Louis Charles, Adipati Normandia.

1789 - 1791 - Dikenal sebagai Louis-Charles, Dauphin dari Viennois.

1791 - 1793 - Dikenal sebagai Louis-Charles, Pangeran Royal Perancis, adalah putra Raja Louis XVI dari Perancis dan Marie Antoinette dari Austria.

1793 - Sementara keluarga kerajaan itu di penjarakan di Paris, ia dipisahkan dari ibunya dan saudara perempuannya untuk menghalangi setiap tawaran monarki untuk membebaskannya.

- Dia tetap dipenjara sendirian, di lantai bawah kakaknya Marie-Thérèse.

1795 - Meninggal pada tanggal 8 Juni di Paris karena derita Tuberkulosis.


Bersambung dibawah!
fujocyan - 08/06/2010 02:48 AM
#5

Spoiler for Video

[youtube]4nQOviXr9nE[/youtube]

[youtube]vQ0PIfGNjog[/youtube]

[youtube]gK6Is3NdHJU[/youtube]

Dokumentari (French only):
http://www.dailymotion.com/video/x59a3u_louis-xvii-partie-1_webcam


Galeri:
Spoiler for Louis XVII
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Lukisan diatas merupakan sebuah lukisan karya Greuze menunjukkan kepada kita sosok Louis Charles yang beberapa minggu setelah kunjungan Barras; Lawrence, Creole, wali barunya, secara hati-hati menyisir rambutnya, mencuci pakaian dan memakaikannya dengan kemeja putih. Lukisan ini dilukis untuk Madame de Tourzel dan sekarang milik Mr Lawrence.

Seputar Madame de Tourzel:

Madame de Tourzel adalah wanita taat yang dipilih oleh Marie Antoinette untuk menjadi pengasuh dari anak-anaknya setelah Madame de Polignac harus melarikan diri dari Revolusi pada bulan Juli 1789. Ada banyak orang yang bertanya-tanya mengapa ratu dan anak-anaknya tidak juga mencoba untuk melarikan diri pada waktu itu. Hal ini karena Marie Antoinette tidak akan meninggalkan suaminya. "Aku akan mati di kakinya!" serunya. Louis XVI, tentu saja, tidak akan meninggalkan keluarganya. Pada awal krisis raja dan ratu membuat keputusan bahwa mereka tidak akan berpisah dari anak-anak mereka, tapi akan membuat mereka dekat di tangan, tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya dalam gelombang pasang surut peristiwa. Jadi Marie Antoinette memilih pengasuh yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dari seseorang yang dia bisa temukan. "Saya mempercayakan anak-anak saya untuk persahabatan," kata dia. "Aku mempercayakan mereka sekarang untuk kebajikan."

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Katanya sih Louis Charles, tp sepertinya justru lebih mirip Kakak laki-lakinya~

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Raut wajah Louis XVII yang menggambarkan penderitaan saat dipenjara.

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Patung Louis XVII, tubuhnya yang sudah menjadi kurus harus merasakan cemas selama sisa hidupnya.

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Boneka lilin dari Musium Madame Tussaud

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Replika Louis XVII dengan pakaian lusuh yang menempel ditubuhnya yang kurus, topi kap merah Perancis dikepalanya, dan ekspresi wajah mabuk dan bosan. Mencirikan keadaannya ketika berada di Temple.

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Bersama sang Ayah, Raja Louis XVI.

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Bersama Mama berdoa~

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Louis XVII bersama Kakaknya, Marie Therese.

Dan rekonstruksi sejarah. "Les Enfants du Temple," sebuah drama yang dibuat oleh Dominique Perrin Sabourdin, yang menyoroti kehidupan tragis keluarga kerajaan setelah kurungan 13 Agustus 1792.
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Ilustrasi model. Ibunya Marie Antoinette, adiknya Maria Theresa, bibinya, saudara perempuan Raja, Elizabeth dan penjaga.

Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
"Yang tegar wahai anak-anakku~"



Spoiler for coretan 'cakar ayam' Louis XVII di penjara pada umur 8 tahun
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

Mungkin ini tanda tangannya Louis Charles waktu menandatangani beberapa dokumen. Liat, tulisan ketiga! 'Louis Charle('s' nya nggak ada) ca(huruf 'p' nya dipaksain)et' . Benar2x menggambarkan seorang anak yang masih lugu~



Spoiler for Tuan muda Charles
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII
Ane berencana untuk membuat komik mengenai kisahnya. Mohon dukungannya ya gan!kisss.


Setelah kalian mengetahui kisah ini, pasti kalian akan berkata dalam hati~ "Dia cuma anak kecil!", "Dia cuma anak berusia delapan tahun!", " Dia cuma anak tidak berdosa!". Ya itu benar! Revolusi telah mengambil hak anak malang ini. Bagi saya, dia bukan saja hanya sebagai anak kecil, anak berusia delapan tahun, maupun anak tidak berdosa~ Dan yang pasti, bukan sebagai penerus kerajaan, lebih dari itu! Saya melihatnya sebagai seorang anak laki-laki yang memiliki masa depan~





Komen2x bermutu

Quote:
Original Posted By nauseavomit
Di gambar Louis XVII sama pemabuk (yang spoilernya Takut) digantung poster guillotine sama MA, buat jatohin mental sang Raja kecil.

terus tulisan tuduhan pelecehan seksual yang kek cakar ayam itu konon jauh berbeda sama tulisan aslinya Louis XVII, mungkin Hebert merasa perlu membuat Louis XVII mabuk berat agar mendapat 'keterangan' saksi dibawah umur.



Sumber:
http://www.s9.com/Biography/Louis-XVII
http://cultureandstuff.com/2010/03/10/marie-antoinette-and-her-children-the-mystery-and-the-history-o f-louis-charles-in-the-tower-part-1/
http://en.wikipedia.org/wiki/Louis_XVII_of_France
Dan sumber terpercaya lainnya~


Semoga agan2x nambah pengetahuan!

JANGAN LUPA DI RATE Y!?
Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII

iloveindonesia
ilovekaskus
nauseavomit - 08/06/2010 03:14 AM
#6

nais, keluar juga ilovekaskus

di gambar Louis XVII sama pemabuk (yang spoilernya Takut) digantung poster guillotine sama MA, buat jatohin mental sang Raja kecil.

terus tulisan tuduhan pelecehan seksual yang kek cakar ayam itu konon jauh berbeda sama tulisan aslinya Louis XVII, mungkin Hebert merasa perlu membuat Louis XVII mabuk berat agar mendapat 'keterangan' saksi dibawah umur
fujocyan - 08/06/2010 03:59 AM
#7

Quote:
Original Posted By nauseavomit
nais, keluar juga ilovekaskus

di gambar Louis XVII sama pemabuk (yang spoilernya Takut) digantung poster guillotine sama MA, buat jatohin mental sang Raja kecil.

terus tulisan tuduhan pelecehan seksual yang kek cakar ayam itu konon jauh berbeda sama tulisan aslinya Louis XVII, mungkin Hebert merasa perlu membuat Louis XVII mabuk berat agar mendapat 'keterangan' saksi dibawah umur.


Bener banget gan! Wong adek ane yang dulu masih TK aja udah bisa nulis bener!hammer:
reef21 - 08/06/2010 11:35 AM
#8

kasian ya...
gara2 emak ma bapaknya jd ikut2 tersiksa..

emang ank yang berbakti...
mchubby - 08/06/2010 01:27 PM
#9

pjg bener bro
butuh konsentrasi penuh nih, bahasanya agak tinggi
thnx ya gan
fujocyan - 08/06/2010 11:24 PM
#10

Quote:
Original Posted By reef21
kasian ya...
gara2 emak ma bapaknya jd ikut2 tersiksa..

emang ank yang berbakti...


Ane rasa, ini tuh yang namanya 'Kutukan Kekuasaan'. Bayangin aja, kayaqnya penderitaan harus dialami sampe keakar2xnya (bahkan, kakaknya Marie therese) yang bebas dari hukuman mati n bisa hidup sampe tua, harus menderita juga, apalagi sampe nggak punya keturunan berdukas

Quote:
Original Posted By mchubby
pjg bener bro
butuh konsentrasi penuh nih, bahasanya agak tinggi
thnx ya gan


Sama2x gan!beer:

Bener tuh gan! Apalagi pas n'ransletnya, pakek google translet pada ngawur! Jd ane minta bantuan sama ahlinya. Nyari info n picnya juga sulit, soalnya ada yang di web tersembunyi! Mana ane bikinnya pas jam 2 pagi lagi~o
nauseavomit - 09/06/2010 10:06 PM
#11

soal tulisan, jadi inget tumpahan tinta yang dibikin MA pas tandatanganin kontrak pernikahannya D
katana.ichi - 10/06/2010 12:53 AM
#12

ngebacanya ma ngeliat lukisannya jd kasian..btw terjemahannya..bhs tingkat tinggi
fujocyan - 10/06/2010 02:15 AM
#13

Quote:
Original Posted By nauseavomit
soal tulisan, jadi inget tumpahan tinta yang dibikin MA pas tandatanganin kontrak pernikahannya D


Iya gan! T'rus ada yang nyeletuk "Petanda buruk!."matabelo:

Quote:
Original Posted By katana.ichi
ngebacanya ma ngeliat lukisannya jd kasian..btw terjemahannya..bhs tingkat tinggi


Bikin malez nerjemahinnya~ nohope:
nauseavomit - 11/06/2010 12:21 AM
#14

Quote:
Original Posted By fujocyan
Iya gan! T'rus ada yang nyeletuk "Petanda buruk!."matabelo:


banyak banget lho klaim ramalan tentang revolusi Prancis pada masa itu, ampe mimpi MA pita2 bajunya yang warna-warni tau2 berubah jadi hitam (warna berkabung) takut

eh sori nih jadi ngebahas MA di trit anaknya malu
fujocyan - 11/06/2010 01:53 AM
#15

Quote:
Original Posted By nauseavomit
banyak banget lho klaim ramalan tentang revolusi Prancis pada masa itu, ampe mimpi MA pita2 bajunya yang warna-warni tau2 berubah jadi hitam (warna berkabung) takut

eh sori nih jadi ngebahas MA di trit anaknya malu


Aduh! Kok jadi kebalik gini y!? hammer:

Kita kembali ke topik semula!sup:

Kononnya lagi gan! Soal misteri hilangnya Louis XVII, bahwa Louis XVII mungkin telah ditukar dengan Jean-Marie Hervagault, anak tidak sah dari Duc de Valentinois, Pangeran Monako, seorang kerabat dari Habsburg. Dia lima tahun lebih tua dari Louis-Charles, yang menjelaskan kenyataan dari saksi mata yang mengatakan bahwa, tawanan "Louis Charles" tampak berumur sekitar 15 tahun, bukan 10 tahun. T'rus, katanya ada yang ganjil sama bentuk giginya~ think:
metalcrayz - 11/06/2010 04:58 PM
#16

nice info gan.
saya baca nya jadi kasian wong masi kecil koq dh dibegituin-___-
thx info nya gan...D
Shuma-Gorath - 11/06/2010 05:14 PM
#17

Kok gambar-gambarnya yg nongol di browser aye banyak yg cuma separuh doang ye? padahal dah refresh berkali-kali hammer:
fujocyan - 11/06/2010 05:50 PM
#18

Quote:
Original Posted By metalcrayz
nice info gan.
saya baca nya jadi kasian wong masi kecil koq dh dibegituin-___-
thx info nya gan...D


Bener banget gan!berduka

Quote:
Original Posted By Shuma-Gorath
Kok gambar-gambarnya yg nongol di browser aye banyak yg cuma separuh doang ye? padahal dah refresh berkali-kali hammer:


Wah! Aneh gan!? Disini biasa2x aja kok!? Koneksi situ kali yang rada2x~ D
fujocyan - 12/06/2010 03:44 AM
#19

ADUH! PADA KEMANA NIH! PADA MALES BACA SEJARAH KALI Y!?

sup:sup:sup:
darknetwork - 12/06/2010 08:20 AM
#20

bener2 pangeran yang tidak beruntung. korban dosa keturunan nih
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Raja Perancis yang Hilang~Louis XVII