Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Asosiasi Beladiri wing chun indonesia
Total Views: 58120 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 54 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

wuchinglung - 20/04/2010 11:23 AM
#1

Asosiasi Beladiri wing chun indonesia

SEJARAH ASOSIASI BELADIRI WING CHUN INDONESIA

Adalah Sifu Kang Sin Sin ( Kwong San San ), Pria kelahiran Banjarmasin 72 tahun silam. Ia sempat menjalani studi di China, kemudian pindah ke Hong Kong. Di Hong Kong, Sifu Kang Sin Sin mempelajari Kung Fu aliran Wing Chun dari Grand Master Chu Song Tin.

Ketika pulang ke Indonesia, Sifu Kang Sin Sin mulai mengembangkan Wing Chun. Awalnya ia melatih di Bandung tahun 1970-an. Selanjutnya di Jakarta mulai tahun 1980-an dan tahun 2000-an membuka kelas di Banjarmasin.

Dulu, tidak semua orang bisa belajar Kung Fu aliran Wing Chun di Indonesia. Keterbatasan tenaga pelatih menjadi salah satu kendalanya (Hanya Sifu Kang Sin Sin pelatihnya). Wing Chun Kungfu hanya diajarkan pada sebagian orang saja dan sifatnya tertutup.

Saat ini, murid – muridnya tersebar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Banjarmasin dan Surabaya. Bahkan ada yang sudah menjadi pelatih di Jerman dan Australia.

Kung Fu aliran Wing Chun juga kurang dikenal di Indonesia, namun sejak keluar film Ip Man banyak orang di Indonesia yang berminat belajar Wing Chun. Namun sayangnya, 27 April 2010, Sifu Kang Sin Sin meninggal dunia.

Untuk mempersatukan semua murid-muridnya, sekaligus untuk memajukan Wing Chun di Indonesia, kelima murid Sifu Kang Sin Sin memprakarsai berdirinya Asosiasi Beladiri Wing Chun Indonesia. Tanggal 27 Mei 2010 atau tepat sebulan setelah Sifu Kang Sin Sin meninggal, organisasi berbadan hukum tersebut resmi terbentuk.

Ditandai dengan pemukulan genderang, Asosiasi Beladiri Wing Chun Indonesia aliran Yip Man di deklarasikan, di Jakarta. Kehadiran beladiri ini sekaligus menjawab pertanyaan publik bahwa sejatinya beladiri yang dulu pernah dipelajari tokoh legendaris Bruice Lee ini telah ada di Indonesia sejak lama.

Asosiasi Beladiri Wing Chun Indonesia dibentuk untuk mengenang jasa-jasa guru besar Wing Chun Indonesia, alm Sifu Kang Sin Sin.

Di Indonesia, Si Fu Kang Sin Sin adalah ‘profesor’ beladiri yang sukses memodifikasi tehnik-tehnik Wing Chun sehingga semakin bervariasi dan lebih berbobot.

Wing Chun adalah adalah beladiri yang tidak sekadar mengandalkan otot, namun mematikan. Tehnik atau gerakan yang diajarkan serba cepat dan tepat ke titik sasaran lawan.

Dan untuk masyarakat yang berniat belajar, saat ini telah dibuka cabang-cabang Wing Chun Indonesia aliran Yip Man di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Banjarmasin. Semuanya tergabung dalam satu wadah Asosiasi Beladiri Wing Chun Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut kelima pendiri Asosiasi Wing Chun Indonesia, yaitu Tjo Eduardo, Nyoto Utomo, Willy Kumajaya, Taufik, Venecius Kang Sudarmanto dan Ki Kusumo

Latihan Beladiri Wing Chun aliran Yip Man :
ASOSIASI BELADIRI WING CHUN INDONESIA

Jakarta Pusat
CIKINI
Pelatih : Nyoto Utomo ( Ato )
08882303260
Jl. Pegangsaan Barat no. 18, Cikini - Jakarta Pusat
Jadwal Latihan :
Khusus Privat

Jakarta Timur
CAKUNG
Pelatih : Taufik Gunawan, Samuel Gunawan
Perumahan Taman Modern - Cakung, Jakarta Timur
08129442885
Jadwal Latihan Wing Chun : Kamis ( Jam 19.30 - 21.00 WIB )
Biaya Latihan : Rp. 250.000,-/bulan
Jadwal Latihan Wushu : Rabu ( Jam 19.00 - 21.00 WIB )
Biaya Latihan : Rp. 125.000,-/bulan

Jakarta Utara
PANTAI INDAH KAPUK
Pelatih : Rio H. Yap
GOLD GYM PANTAI INDAH KAPUK
Jadwal Latihan Wing Chun : Sabtu ( 08.00 - 08.30 WIB )
Biaya Latihan : Rp. 400.000,-

SPORT MAL KELAPA GADING[/B]
Pelatih : Aceng Henry
SATU KATA DOJO
SPORT MAL KELAPA GADING lantai 1
081399996046
Jadwal Latihan Wing Chun : Sabtu ( 13.00 - 15.00 WIB )
Biaya Latihan : Rp. 300.000,-

Banten
SERPONG
Sport Centre Villa Melati Mas
Pelatih : Aceng Henry
081399996046
Jadwal Latihan : Senin ( 19.00 - 21.00 )
Biaya Latihan : Rp. 325.000,-

Jakarta Barat
Kemandoran
Muscle House, Kemandoran
Pelatih : Figor, Gunawan, Rhein
Jadwal Latihan : Selasa ( 16.00 - 18.00 )
Biaya Latihan : Rp. 300.000,-


[email]wingchun_abwci@yahoo.com[/email]
[email]wingchun_indonesia@yahoo.com[/email]
[email]tien_lung169@yahoo.co.id[/email]
kangsinsin - 20/04/2010 11:39 AM
#2
Team Liong dan Barongsai ABWCI
ASAL USUL BARONGSAI
Di Tiongkok terdapat dua jenis aliran utama (genre) barongsai lungwu yaitu aliran Utara atau disebut juga Beijing-Shi dan aliran Selatan atau Nan-Shi. Barongsai aliran utara atau kadang-kadang disebut juga Singa Peking atau Peking Sai, tubuhnya lebih pendek dari barongsai selatan, dan biasanya bermain berpasangan, banyak gerakan akrobatik, lincah , gemar bermain akrobat diatas bola dan pergerakan mulutnya lebih terbatas. Warnanya didominasi kuning kemerah-merahan.
Barongsai jantannya mengenakan pita panjang merah dikepalanya, sedangkan betinanya mengenakan pita panjang hijau. Kepalanya berwarna keemasan, berbulu lebat dan kompak. Kadang-kadang tampil dengan 1 atau 2 anak Singa, sehingga penampilannya seperti suatu keluarga singa bahagia yang lagi bermain bersama. Barongsai Peking ini biasanya bermain untuk atraksi hiburan seperti bermain di istana kaisar pada jaman dahulunya.
Barongsai Selatan, mempunyai warna yang lebih bervariasi, bertanduk, mata besar, lebih simbolik untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. dan umumnya berasal dari propinsi Guangdong dan Fujian. Aliran ini lebih populer dan dikenal di seluruh dunia, karena diperkenalkan oleh orang Tionghoa perantauan. Untuk mengusir spirit jahat, maka didepan kepalanya (jidat) dipasang cermin kecil yang memantulkan spirit negatif tersebut, dan ditanduknya diikat sehelai kain merah. Kombinasi keduanya itu dianggap mempunyai kekuatan besar untuk mengusir spirit jahat.
Barongsai aliran Selatan yang dari Guangdong dibagi lagi kedalam dua tipe yaitu barongsai tipe Foshan (Fut Shan) dan tipe Heshan (Hok Shan), disebut dari nama kota pembuatnya. Tipe Foshan bentuk mulutnya melengkung keatas dan kepalanya lebih besar, tanduknya agak runcing. Tipe Heshan bentuk mulutnya menyerupai mulut bebek, lebih berbulu dan ujung tanduknya bulat melingkar serta badannya lebih pendek dan lebih ringan dari Barongsai Foshan.
Selain itu ada juga barongsai tipe campuran (hybrid) antara Foshan dengan Heshan, yang disebut barongsai Fo-He (Fut-Hok), badannya pendek seperti Barongsai Heshan tetapi mulutnya seperti barongsai Foshan. Dan barongsai yang dianggap lebih senior atau tua biasanya berjanggut lebih panjang dan putih, serta lebih berwarna-warni.
Bahan kain untuk badannya biasanya dibuat dari sutera, tetapi sekarang ada yang menggunakan bahan material baru dan non-tradisionil seperti nylon atau mylar, kadang-kadang digantungi dengan bel-bel kecil. Kepala barongsai-nya dibuat dari bahan-bahan seperti bambu, rotan, kayu, kawat dan kemudian harinya menggunakan fiber, plastk, aluminium dan dibungkus dengan sejenis kertas khusus lalu diberi warna.
Tipe Foshan dianggap tipe tradisionil dan wajahnya garang serta lebih banyak digunakan oleh perguruan Kung Fu dan lebih berat dari pada barongsai Heshan, maka dibutuhkan permainan yang lebih bertenaga, stamina tinggi serta gerak kaki teratur dan kuda-kuda yang kokoh, biasanya pemainnya adalah seorang yang biasa berlatih Kung Fu. Tipe barongsai ini popular di Hongkong dan di negara lainnya yang banyak komunitas Tionghoa bermukim seperti di Amerika Serikat.
Tipe Heshan suka disebut juga sebagai tipe kontemporer, gerakannya mendekati gerakan realistis, akrobatis (seperti gerakan barongsai utara). Karena badannya relatif lebih pendek dan ringan dari pada barongsai Foshan, maka lebih mudah untuk melakukan gerakan dan lompatan-lompatan diatas tonggak dan biasanya tipe ini lebih populer dipergunakan untuk pemain yang pemula atau untuk kompetisi dan pertandingan barongsai. Umumnya popular di Malaysia dan Singapura.
Barongsai sebagai salah satu media ekspresi seni dan budaya Tionghoa, tak luput dari pengaruh dimensi sejarah juga, yaitu dengan mempersonifikasikan tokoh-tokoh legenda yang berperan dalam cerita populer Sam Kok. Secara tradisional jenis aliran barongsai selatan ini, dibagi dalam 3 tipe kategori umum yang diidentikkan dengan tokoh-tokoh pahlawan Sam Kok atau Tiga Kerajaan ( Three Kingdom) yaitu Liu Bei, Guan Yu (Kwan Kong) dan Zhang Fei.
Barongsai warna kuning merepresentasikan Liu Bei sebagai bagian dari tiga bersaudara yang paling senior. Warna kuning (atau emas) adalah warna untuk raja dan Liu Bei adalah raja pertama dari kerajaan Shu-Han. Berwajah kuning, rambut, jenggot dan alis matanya berwarna putih yang melambangkan kematangan emosi dan bijak. Warna badannya mempunyai corak pancawarna, simbol dari lima elemen dan mempunyai tiga mata uang logam/lencana (coin) yang diletakkan pada belakang kepala atau kerahnya, biasanya Barongsai ini dimiliki oleh seorang suhu dari perguruan silat, organisasi atau perkumpulan yang sudah mapan (established).
Barongsai warna merah merepresentasikan Guan Yu (Kwan Kong) sebagai saudara yang kedua, berwajah merah, bulu dan janggut berwarna hitam serta panjang, hidung hijau. Barongsai ini melambangkan keberanian, kesetiaan dan kejujuran Badannya berwarna merah kombinasi dengan warna hitam. Dua mata uang logam/lencana menghiasi belakang kepala atau kerah leher dan banyak digunakan oleh umum


TIEN LUNG

Perguruan Tien Lung didirikan di Jakarta pada tanggal 20 Febuari 2000 bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh tahun Naga Emas dan berpusat di Jl. Jatinegara Barat No.169, kenapa dipilih nama “TIEN LUNG”(Naga Langit)? Karena, dalam tradisi masyarakat Tionghoa, Naga/Lung adalah hewan yang paling tinggi dan paling tua, Naga juga dianggap sebagai hewan pembawa berkah dan keberuntungan, sedangkan Naga Langit/Tien Lung adalah Naga yang paling tinggi tingkatannya karena Naga tersebut mempunyai tugas menjaga dan menopang langit tempat tinggal para Dewa, jadi para anggota Perguruan Tien Lung ibarat seekor Naga perkasa yang mempunyai tugas/tanggung jawab yang besar.
Dalam perguruan kami dipelajari Wushu/Kungfu (Taoloo = jurus standar internasional, San shou = perkelahian bebas, Tradisional ( beberapa aliran Wushu tradisional, tapi yang di kembangkan lebih jauh adalah Wing Chun ), Liong dan Barongsai ( Barongsai Utara dan Selatan ). Guru besar kami adalah Grand Master Kang Sin Sin yang merupakan murid langsung dari Grand Master Chu Shong Tin, beliau adalah orang yang mengembangkan wushu Tradisional aliran Wing Chun (Yip Man) di Indonesia sejak tahun 1970 an.
Perguruan kami terdaftar dalam PBWI (Pengurus Besar Wushu Indonesia) Pengda DKI Jakarta dan PLBSI (Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia) Pengprov DKI Jakarta. Banyak anggota kami yang duduk sebagai pengurus dalam kedua organisasi tersebut, murid-murid Perguruan Tien Lung keseluruhan mencapai lebih dari 500 orang dan tersebar di berbagai daerah di Jakarta.
Tujuan kami mengembangkan olahraga yang mengandung unsur seni ini adalah tidak lain untuk mencari bibit-bibit atlet yang dapat berprestasi dalam berbagai even pertandingan, di samping prestasi kami juga bertujuan melestarikan dan memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat Indonesia yang diharapkan dapat mempererat semangat persatuan dan kesatuan bangsa serta menambah kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Beberapa Gelar kejuaraan

Liong dan Barongsai

a. Juara II Festival Barongsai Junior se-JABOTABEK piala walikota Jakarta Barat 2002
b. Juara I dan II Festival Barongsai KAPOLRES Jakarta Timur Open 2002
c. Juara harapan II Eksebishi Liong piala Dr. Tan Djin Hong, Jawa Barat
Open 2002
d. Juara I dan Harapan II Festival Barongsai Piala BSD City se-JABOTABEK 2004
e. Juara III dan Harapan I Kejurda PERSOBARIN se-JABOTABEK 2004
d. Juara III Festival Barongsai The Green, se-JABOTABEK
e. Juara I Festival Barongsai Kota Tua, Piala Walikota Jakarta Barat 2006
f. Juara III Festival Barongsai Fauzi Bowo Cup 2007 se- JABODETABEK
g. Juara I dan Harapan II Kejurda Barongsai DKI Jakarta 2007
h. Juara II dan Harapan I Kejuaraan Barongsai Gajah Mada Open 2008, Piala Walikota Jakarta Pusat, se-JABODETABEK
i. Juara I Kejurda Barongsai DKI Jakarta 2008
j. Juara I & III Kejurda Liong & Barongsai DKI Jakarta Gubernur Cup 2009
k. Juara I, III & Harapan II Kejuaraan Nasional President Cup 2009
l. Juara I, II, III, Harapan I Kejuaraan Liong & Barongsai DKI Jakarta Open 2010
m. Juara I, III & Harapan I Kejuaraan Liong & Barongsai Walikota Cup, Jakarta Timur 2010
n. Juara I, III Kejuaraan Barongsai Bangka Open, Gubernur Cup 2010
Wushu

a. Juara II Wushu Sanshou piala Rektor Univ Gunadharma 1998
b. Juara Harapan II junior Kejurda Wushu DKI 2001
c. Juara III senior Kejurda Wushu DKI 2001
d. Juara Harapan I senior Kejurda Wushu Jawa Barat 2002
e. Juara III senior Kejurda Wushu Jawa Barat 2002
f. Juara I, II dan III junior Kejuaraan Wushu Inti Bayangan Open 2004
g. Juara II senior Kejuaraan wushu Inti Bayangan Open 2004
h. Juara I Wushu Sanshou Piala Rektor Univ Gunadharma 2005
kijurumertani - 20/04/2010 02:21 PM
#3

Mas Taufik. selamat atas dibukanya pelatihan wingchun di Jatinegara. Semoga semakin maju.

Barusan saya mendapat info dari mas Taufik kalau Sifu Kang sedang di rawat di RS Pertamina Pusat.

Semoga Sifu Kang Cepat sembuh.

Salam
kangsinsin - 20/04/2010 05:29 PM
#4
Terima kasih
Terima kasih, sebenarnya sudah lama latihan di Jatinegara dibuka, tapi memang baru-baru ini aj dipublikasikan, semoga temen-temen se aliran yang juga murid-murid Sefu Kang Sin Sin bisa lebih kompak dalam mengembangkan Wing Chun.

Iya Sefu emang sedang dirawat di RSPP, kemarin sempat koma tapi setelah selesai operasi di umur 72 tahun tadi siang sudah sadar dan bisa berinteraksi dengan orang lain, kondisi fisik dan semangat Sefu kuat sekali, ayo kita sama-sama doakan aja biar beliau lekas sembuh, thx
kangsinsin - 20/04/2010 05:31 PM
#5
Terima kasih
Terima kasih, sebenarnya sudah lama latihan di Jatinegara dibuka, tapi memang baru-baru ini aj dipublikasikan, semoga temen-temen se aliran yang juga murid-murid Sefu Kang Sin Sin bisa lebih kompak dalam mengembangkan Wing Chun.

Iya Sefu emang sedang dirawat di RSPP, kemarin sempat koma tapi setelah selesai operasi di umur 72 tahun tadi siang sudah sadar dan bisa berinteraksi dengan orang lain, kondisi fisik dan semangat Sefu kuat sekali, ayo kita sama-sama doakan aja biar beliau lekas sembuh, thx
Destroyer9 - 20/04/2010 08:30 PM
#6
Kuatt...
Umur 72 dioperasi..? D

Kuat ya tuh orang.. \)

Semangat dehh..

iloveindonesia
bmx15t - 20/04/2010 08:49 PM
#7

Semoga Sifu Kang cepat sembuh dan bisa kembali beraktifitas. Salam dari bandung. Kebetulan ayah dan apak (paman) saya kenal secara pribadi dengan sifu Kang.
kangsinsin - 21/04/2010 10:28 AM
#8
Yip man Wing Chun Kung Fu
Quote:
Original Posted By kangsinsin
Latihan Beladiri Wing Chun aliran Yip man :

Pusat :
Pelatih : Sifu kang Sin Sin ( Guru Besar )
Jl. Pegangsaan Barat no. 18, Cikini - Jakarta Pusat
08164808386
Jadwal Latihan : Privat

Cabang :
Pelatih : Taufik Gunawan ( Murid Sifu Kang Sin Sin )
Jl. Jatinegara Barat no. 169, Jakarta Timur
08129442885
Jadwal Latihan : Selasa & Kamis ( Jam 19.00 - 20.30 WIB )
Pohon Jengkol - 21/04/2010 02:53 PM
#9

Mas Taufik, kalau yang di jatinegara, iueran bulanannya berapa yah? sebelah saya nanyain tuh......
Aminul - 21/04/2010 04:48 PM
#10

Quote:
Original Posted By Pohon Jengkol
Mas Taufik, kalau yang di jatinegara, iueran bulanannya berapa yah? sebelah saya nanyain tuh......


kalo ngga salah, pernah di post di thread lain harganya rp 500,000.
kangsinsin - 22/04/2010 11:13 AM
#11
Iuran Latihan
Quote:
Original Posted By Aminul
kalo ngga salah, pernah di post di thread lain harganya rp 500,000.

Bener mas, iuran tiap bulannya 500.000
stevecollins - 22/04/2010 11:30 AM
#12

hello D

mau tanya2 dong D

itu yg 500 rb sebulan termasuk umum atau privat? Brp orang itu max?

O iya latihannya pakai alat2 kah?

thx
tobezero - 22/04/2010 12:07 PM
#13

Quote:
Original Posted By kangsinsin
Terima kasih, sebenarnya sudah lama latihan di Jatinegara dibuka, tapi memang baru-baru ini aj dipublikasikan, semoga temen-temen se aliran yang juga murid-murid Sefu Kang Sin Sin bisa lebih kompak dalam mengembangkan Wing Chun.

Iya Sefu emang sedang dirawat di RSPP, kemarin sempat koma tapi setelah selesai operasi di umur 72 tahun tadi siang sudah sadar dan bisa berinteraksi dengan orang lain, kondisi fisik dan semangat Sefu kuat sekali, ayo kita sama-sama doakan aja biar beliau lekas sembuh, thx


Semoga Sifu Kang cepat sembuh..
faintsmile - 22/04/2010 12:27 PM
#14

berarti kalau yang ngajar murid shifu kang dan bukan shifu kang sendiri biaya nya 500 ribu/bulan ya harusnya?
kangsinsin - 22/04/2010 08:06 PM
#15
Biaya Latihan
Quote:
Original Posted By stevecollins
hello D

mau tanya2 dong D

itu yg 500 rb sebulan termasuk umum atau privat? Brp orang itu max?

O iya latihannya pakai alat2 kah?

thx


Itu untuk umum, max 10 org ( krn tempatnya ga muat kalo banyak2 ), kalau privat 1jt/bln/org, latihan ada tahapannya ga semua pake alat2, pertama latihan san cau, siu lim tao, chum kiu, biu ji, chi sao, mok yan cong ( pakai boneka kayu ), pa cam dao ( pakai golok pendek ), luk tim pun gun ( pakai toya 3 meter ), arnis ( tongkat pendek )
faintsmile - 23/04/2010 09:09 AM
#16

oalah. kalau privat 1 orang= 1 juta toh?
kangsinsin - 23/04/2010 09:39 AM
#17
Privat Wing Chun
Quote:
Original Posted By faintsmile
oalah. kalau privat 1 orang= 1 juta toh?


Iya mas, karena kalau privat kan waktunya khusus sendiri, kalau sama Sifu Kang Sin Sin sebulan 3,5jt
faintsmile - 23/04/2010 03:01 PM
#18

soalnya waktu itu shifu kang ngasih tarifnya 3,5 juta per bulan meski muridnya yang ngajar. 3,5 juta privat(max 3 orang), jadi kalau 1 orang tetep bayar 3,5 juta/bulan. kalau rombongan 5 juta/10 orang.
kangsinsin - 23/04/2010 06:23 PM
#19
Privat Wing Chun
Quote:
Original Posted By faintsmile
soalnya waktu itu shifu kang ngasih tarifnya 3,5 juta per bulan meski muridnya yang ngajar. 3,5 juta privat(max 3 orang), jadi kalau 1 orang tetep bayar 3,5 juta/bulan. kalau rombongan 5 juta/10 orang.


Privat max 2 orang/grup, kalo dihitung2 sama hitungan Sifu sih sebenarnya sama aja, cuma beda2 tipis, cuma bedanya Sifu itu kan waktunya terbatas, jadi Sifu maunya kalo bisa jangan ada yang privat sendiri, max 3 org gitu......
kangsinsin - 24/04/2010 04:38 PM
#20
Cabang Baru
Rencananya akan dibuka cabang baru untuk latihan Wing Chun di Kelapa Gading, tempat dan tanggalnya menyusul
Page 1 of 54 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Asosiasi Beladiri wing chun indonesia