Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Tradisional Paseban & Pengasinan
Total Views: 8029 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > 

Rodath - 20/08/2010 11:52 PM
#81

ghorylla - 21/08/2010 01:35 PM
#82

Salam
Salam Kembali dan Salam Persaudaraan untuk Cak Rodath...
ghorylla - 21/08/2010 01:39 PM
#83

Quote:
Original Posted By bangjeks..
mbah siban?? ane nyebutnya mba tua siban..
jampang bulu,pengasinan..
ane dr bulak dikung..
cb tanya guru ente dia kenal kaga..
salam..


Salam
hmmmm betul klo begitu, kita punya maenan masih dari satu sumber, cuman beda jalurnya aja....Ibaratnya masih dari satu akar yg sama tapi beda batangnya...

Wah boleh neh kapan2 kita ketemuan, ternyata masih sodara neh...hehehhee...

guru ane udah meninggal, namanya alm Babe Uwie Effendi bin Suhaedi/ Bang Uwie/ Bang Pendi dari Paseban/Kawi-Kawi.....
fakhri15 - 21/08/2010 02:09 PM
#84

Assalamualaikum agan2 smua.
Wah ane jd tertarik nih. Pengen belajar silat jg, pengen melestarikan budaya Indonesia iloveindonesia, dan sekaligus ingin membela diri.

Kebetulan ane berdomisili di depok. Kira2, silat ini dmn tmptnya ? Trs kalo mau ikut gmn ? Apa hrs daftar dulu or lgsng dtg ke tkp bingung ?Silat Tradisional Paseban & Pengasinan
ghorylla - 21/08/2010 02:23 PM
#85

Quote:
Original Posted By fakhri15
Assalamualaikum agan2 smua.
Wah ane jd tertarik nih. Pengen belajar silat jg, pengen melestarikan budaya Indonesia iloveindonesia, dan sekaligus ingin membela diri.

Kebetulan ane berdomisili di depok. Kira2, silat ini dmn tmptnya ? Trs kalo mau ikut gmn ? Apa hrs daftar dulu or lgsng dtg ke tkp bingung ?Silat Tradisional Paseban & Pengasinan


Salam
klo yg sy ini dua2 aliran diajrin baik aliran Paseban maupun aliran Pengasinan babe Uwie Effendi....tapi bukan berarti kita campur jurusnya lho, melainkan kita ajarkan kedua2nya secara utuh supaya saling melengkapi....

sementara di bulan puasa ini kita lat hanya di Manggarai aja...mungkin abis lebaran kita akan mulai buka lagi yg di Tigershark Pasar Minggu....

Klo untuk aliran Pengasinan gaya dari guru yg lain, bisa dicari di kawasan Depok dan masih sangat tradisional..cuman memang pasti akan ada perbedaan bentuk dgn yg dari guru sy ini....Tiap guru di aliran Pengasinan punya style yg beda2....

klo yg Paseban sy ni dari jalur Babe Cacang, klo di Depok ada Paseban Lama kong Salim, sampe jurus 6 masih sama tapi jurus2 selanjutnya udah beda....bedanya lagi di jurus prakteknya, di kong Salim ga banyak maen bantingan dan kuncian, dan permainan jurusnya ga menggunakan tenaga badan secara full....metode latiannya jg agak beda..klo yg Babe Cacang ini gerakannya lebih keras dan permainannya lebih lengkap karena pukulan, tendangan, bantingan, kuncian, sikut, dengkul, pergumulan semuanya maen...

klo mau tanya2 lebih detil bisa di jalur pm...
fakhri15 - 21/08/2010 02:44 PM
#86

Quote:
Original Posted By ghorylla


Salam
klo yg sy ini dua2 aliran diajrin baik aliran Paseban maupun aliran Pengasinan babe Uwie Effendi....tapi bukan berarti kita campur jurusnya lho, melainkan kita ajarkan kedua2nya secara utuh supaya saling melengkapi....

sementara di bulan puasa ini kita lat hanya di Manggarai aja...mungkin abis lebaran kita akan mulai buka lagi yg di Tigershark Pasar Minggu....

Klo untuk aliran Pengasinan gaya dari guru yg lain, bisa dicari di kawasan Depok dan masih sangat tradisional..cuman memang pasti akan ada perbedaan bentuk dgn yg dari guru sy ini....Tiap guru di aliran Pengasinan punya style yg beda2....

klo yg Paseban sy ni dari jalur Babe Cacang, klo di Depok ada Paseban Lama kong Salim, sampe jurus 6 masih sama tapi jurus2 selanjutnya udah beda....bedanya lagi di jurus prakteknya, di kong Salim ga banyak maen bantingan dan kuncian, dan permainan jurusnya ga menggunakan tenaga badan secara full....metode latiannya jg agak beda..klo yg Babe Cacang ini gerakannya lebih keras dan permainannya lebih lengkap karena pukulan, tendangan, bantingan, kuncian, sikut, dengkul, pergumulan semuanya maen...

klo mau tanya2 lebih detil bisa di jalur pm...


manggarai ? Itu Daerah depok ? Ato daerah jkt ? (sori gan, ane suka naek kereta sih, makanya taunya stasiun manggarai malu )

mmm, coba yg Babe Cacang asik jg. Hehe...

Tigeshark pasar minggu ? Daerah mana tuh gan ? Klo dr stasiun pasar minggu naek apa ? Hehe...

Kalo yg Babe Cacang, ada domisili di depok jg gak gan ?Silat Tradisional Paseban & Pengasinan
ghorylla - 21/08/2010 02:50 PM
#87

Quote:
Original Posted By fakhri15
manggarai ? Itu Daerah depok ? Ato daerah jkt ? (sori gan, ane suka naek kereta sih, makanya taunya stasiun manggarai malu )

mmm, coba yg Babe Cacang asik jg. Hehe...

Tigeshark pasar minggu ? Daerah mana tuh gan ? Klo dr stasiun pasar minggu naek apa ? Hehe...

Kalo yg Babe Cacang, ada domisili di depok jg gak gan ?Silat Tradisional Paseban & Pengasinan


Salam
klo sy jalur dari Babe Cacang untuk Paseban dan untuk Pengasinan dari jalur Babe Uwie, klo mau liat permainannya ya yg seperti di video di FB sy itu....asik klo suka maen kunci2an dan banting2an mah....

sementara ini di bulan puasa kita latian di Jalan Sawah lunto 55, minangkabau manggarai, jaksel deket sm Pasaraya dan Pasar Rumput...saban hari minggu jam 3 sore dilanjut sm buka bersama....klo mau datang silakan kita sowan dan ngobrol2 dulu biar lebih jelas....

klo yg pasar minggu kita liburin dulu..itu posiinya ada di kompleks kejakksaan deket sm pasar dan food court....
duyungson - 21/08/2010 04:20 PM
#88

Quote:
Original Posted By ghorylla



sementara ini di bulan puasa kita latian di Jalan Sawah lunto saban hari minggu jam 3 sore dilanjut sm buka bersama....



hmm keterangan terakhir ini kok gak smp ke ane ya?
ghorylla - 21/08/2010 04:55 PM
#89

Quote:
Original Posted By duyungson
hmm keterangan terakhir ini kok gak smp ke ane ya?


Salam
soalnya baru berjalan itu juga, makanya belum disampaikan....kami merasa terhormat klo ente bisa dateng ngeramein sekalian tuker pikiran unjuk jurus, biar kita bisa saling sharing.....tau sendiri lah kita di sini open mind kok....yg penting itu silaturahminya....silakan datang bro....
duyungson - 21/08/2010 05:04 PM
#90

Quote:
Original Posted By ghorylla
Salam
soalnya baru berjalan itu juga, makanya belum disampaikan....kami merasa terhormat klo ente bisa dateng ngeramein sekalian tuker pikiran unjuk jurus, biar kita bisa saling sharing.....tau sendiri lah kita di sini open mind kok....yg penting itu silaturahminya....silakan datang bro....


settt,resmi bener bahasanya..

Saya yg sangat merasa tersanjung dgn undangan anda sekalian,semoga saja hari minggu mendatang saya bisa memenuhi undangan tersebut.
Teriring hormat & rasa terima kasih,duyungson.
ghorylla - 21/08/2010 05:10 PM
#91

Quote:
Original Posted By duyungson
settt,resmi bener bahasanya..

Saya yg sangat merasa tersanjung dgn undangan anda sekalian,semoga saja hari minggu mendatang saya bisa memenuhi undangan tersebut.
Teriring hormat & rasa terima kasih,duyungson.


Salam
daripada pake bahasa kalbu ntar ga pada ngerti mending pake bahasa resmi..lebih gawat lagi klo pake bahsa cabul, inget cuy ini lagi ramadhan..hahhahahaha....btw ente bisa nongol neh, kok bisa, bukannya setan2 pada dikerangkeng ya...wkwkkwkwkwkwkwkwkkwk ppp
zarkozarko - 21/08/2010 05:29 PM
#92

klo yg ini termasuk yg mana ya gan???
[youtube]07Vm01Tr9HA&feature=related[/youtube]
ghorylla - 21/08/2010 05:40 PM
#93

Quote:
Original Posted By zarkozarko
klo yg ini termasuk yg mana ya gan???
[youtube]07Vm01Tr9HA&feature=related[/youtube]


Salam
yg jelas yg itu di video bukan Silat Paseban dan juga bukan Silat Pengasinan..ga ada ciri khas jurus2nya Paseban dan Pengasinan....
bangjeks.. - 21/08/2010 06:40 PM
#94

Quote:
Original Posted By ghorylla
Salam
yg jelas yg itu di video bukan Silat Paseban dan juga bukan Silat Pengasinan..ga ada ciri khas jurus2nya Paseban dan Pengasinan....


yup...
itulah knp silat di jadikan olahraga asli indonesia krn dr stiap daerah t'dpt ribuan jnis ilmu dan aliran.. sprti di jakarta saja ada troktok,beksi,jalan paham dll
yg dr masing2 ntu bs terdapat lg sub2 ilmu/aliran..
cmiiw
meetos - 21/08/2010 08:20 PM
#95

Quote:
Original Posted By zarkozarko
klo yg ini termasuk yg mana ya gan???
[youtube]07Vm01Tr9HA&feature=related[/youtube]


Ini cimande.
zarkozarko - 21/08/2010 09:07 PM
#96

Quote:
Original Posted By ghorylla
Salam
yg jelas yg itu di video bukan Silat Paseban dan juga bukan Silat Pengasinan..ga ada ciri khas jurus2nya Paseban dan Pengasinan....


ane dah tau gan... jadi yg asal jakarta dan sekitarnya atau silat masyarakat betawi ya gan yg termasuk paseban ame pengasinan... heheeee
duyungson - 22/08/2010 08:30 AM
#97

Quote:
Original Posted By zarkozarko
ane dah tau gan... jadi yg asal jakarta dan sekitarnya atau silat masyarakat betawi ya gan yg termasuk paseban ame pengasinan... heheeee


Bingung baca post ini,kayaknya logikanya agak hancur lebur kebalik ya? Atau saya yg salah baca ya?

Bro zarko,silat Paseban & silat Pengasinan yg termasuk dlm silat Betawi.
Dan masih bnyk silat asal Betawi yg lain selain 2 yg disebut td,ada Troktok,Beksi,Cingkrik,Bunder,Sikilat,Sitembak,Pulet,Sipecut,dll.
HartCone - 23/08/2010 12:50 PM
#98

Quote:
Original Posted By ghorylla
salam
wah sy kurang tau juga dimana hubungannya...

klo ditanya apa ada teknik atau gerakan yg sama dengan FMA? sy katakan ada beberapa konsep dan teknik yg mirip, misalnya gerakan pola Hubad hubud-sori kalo salah nyebutinnya karena sy ga pernah belajar arnis, nah teknik itu juga ada di drill-nya Pengasinan, klo di Pengasinan gaya Babe Uwie Effendi itu masih masuk dari pecahan teknik dari Kotek Sambutan..


hubud lubud atau hubad lubad di CDP, itu artinya mengikat dan melepas, secara teritorial memang kayaknya pengaruh cina di FMA jelas ada, dan itu klo di FMA hampir sama dg chi sao nya wing chun.

Quote:
Original Posted By ghorylla

Lalu teknik merebut senjata/pisau dgn cara mengetok titik di punggung tangan/kepalan lawan yg memegang pisau, itu ada juga di Pengasinan...Permainan yg mungkin mirip itu , sy pernah dikasih tau guru sy teknik dimana tangan kanan memegang golok yg agak panjang sedangkan tangan kiri menggunakan pisau yg lebih pendek....teknik ini sebenarnya konsepnya hampir sama dengan teknik menggunakn golok ganda/double kiri-kanan....


menggetok titik punggung tangan/kepalan lawan dg "punyo" (bagian belakang senjata) itu memang salah satu teknik di arnis-eskrima FMA, dan selain itu punyo juga banyak perperan dalam permainan pendek, secara sasaran yang hampir sama dg sasaran yang terjangkau oleh tangan kosong.

"pedang dan pisau" di FMA disebut "espada y daga", itu merupakan pengaruh dari spanyol (rapier dan dagger yang juga disebut sebagai espada y daga). secara umum disitu ada penekanan lebih pada keleluasaan manuver pada tangan yang tidak dominan dengan "pemotongan" terhadap senjata panjang.


Quote:
Original Posted By ghorylla
salam
yah biarpun sama2 pake senjata panjang dan pendek tapi kan tetep aja ada perbedaannya, cuma bedanya dimana sy ga bisa banyak komentar karena sy ga begitu paham soal Arnis karena sy bukan praktisinya, hanya sekedar sharing sama temen2 yg lagi pada belajar Arnis...

Yang jelas bedanya kalo di Silat, permainan senjata itu ga dikasih di awal, harus fasih dalam permainan jurus tangan kosong dulu baru menerapkannya pada senjata...yg penting paham konsep2 jurusnya dan paham karakteristik dari suatu senjata, kemudian terapkan pada jurus2....


perbedaan dan kemiripan pasti ada, berbeda karena pola pikir yang berbeda, kemiripan karena yang diolah barang yang sama (dua tangan, dua kaki dan 1 kepala)
Quote:
Original Posted By ghorylla

intinya senjata itu merupakan perpanjangan dari tangan kita....


arti arnis de mano sendiri adalah harness of hand, dulu saya sempat salah arti hardness of hand, arti harness adalah memanfaatkan/mengoptimalkan, jadi dalam arnis eskrima pun senjata adalah perpanjangan dari tangan kita, yang diolah dimanfaatkan/dioptimalkan itu tangan, bukan senjata-nya

Quote:
Original Posted By ghorylla

kalo dibandingkan dgn FMA, permainan senjata Silat ya pastinya lebih sederhana dari Arnis...karena silat pengasinan tidak mengkhususkan pada permainan senjata...


lebih sederhana bukan berarti jadi ga efektif, njimetnya kurikulum di FMA sendiri juga menuju ke arah kesederhanaan itu...

*secara umum memang FMA banyak hampir sama dg silat (kebetulan juga saya praktisi juga silat dan kuntao), dan di bagian region selatan, kata silat atau silak dan kuntao juga dipake, tetapi ada catetan, silat/silak di FMA lebih merujuk ke pertarungan tangan kosong dan permainan pisau. jadi FMA ga melulu hanya arnis-eskrima-kali, kalau mampir ke thread silat harimau, banyak banget aplikasi FMA yang hampir mirip dg silat harimau (CMIIW)


Semoga makin maju Silat Indonesia....
Salam
ghorylla - 24/08/2010 02:41 PM
#99

Salam
Wah penjelasan yg mantabh neh dari Om Hart Cone....

iya memang klo dirunut dan dikaji lebih mendalam kita akan menemukan sisi2 kesamaan dari beladiri Indonesia dan Filipina...

nah waktu kejuaraan arnis di Jakarta taun 2007 ya klo ga salah...nah pada saat sy berbincang sm beberapa praktisi arnis yg asli orang filipina, sy menemukan beberapa tradisi yg mirip...

waktu itu sy ngobrol dgn praktisi Kali, bukan dari doce pares, tapi sy lupa dia dari grup mana....intinya dia masih menjalankan praktek ritual dan seremoni tradisionalnya...dia bilang sesudah lat suka diurut sm gurunya dgn minnyak kelapa dan juga dibenerin urat2 yg pada melenceng....uda itu dia ada tradisi semacam selametan klo ada murid baru dan klo ada murid yg udah sampai level tertentu...kesamaannya lagi sebelum memulai pertandingan ataupun sebelum memulai lat mereka selalu dalam posisi melingkar berlutut berdoa dipimpin sm gurunya dgn cara katholik waktu itu, sedangkan di silat Betawi ini sebelum lat atau sebelum bertarung selalu duduk bersila melingkar berdoa dipimpin sang guru dgn cara Islam-ini karena orang betawi itu Islam agamanya.....

jadi banyak kesamaan..kemudian pada waktu tuker pikiran mengenai teknik tangan kosong juga nyambung, pada saat maen tempelan tangan, gerakan kita "jadi hidup" meskipun dia menggunakan FMA sedangkan sy ya silat betawi...karena memang ada beberapa konsep yg mirip2....

persenjataan yg ada pada FMA juga banyak yg mirip dgn senjata tradisional kita....Golok kata itu orang Filipino di sana dikomparasikan dgn Bolo...dan masih banyak hal lainnya....
Shaolin_Boy - 24/08/2010 02:58 PM
#100

Quote:
Original Posted By ghorylla
Salam
soalnya baru berjalan itu juga, makanya belum disampaikan....kami merasa terhormat klo ente bisa dateng ngeramein sekalian tuker pikiran unjuk jurus, biar kita bisa saling sharing.....tau sendiri lah kita di sini open mind kok....yg penting itu silaturahminya....silakan datang bro....


Maksud duyungson yang gak sampai ke dia tuh yang q bold bro......D

Quote:
Original Posted By ghorylla

sementara ini di bulan puasa kita latian di Jalan Sawah lunto saban hari minggu jam 3 sore dilanjut sm buka bersama

Quote:
Original Posted By duyungson
hmm keterangan terakhir ini kok gak smp ke ane ya?
Page 5 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > 
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Tradisional Paseban & Pengasinan