Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Tradisional Paseban & Pengasinan
Total Views: 8029 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 9 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 > 

Rey damasco - 16/02/2011 07:53 AM
#141

Nice info gan!
Satria Awan - 16/02/2011 09:27 AM
#142

Quote:
Original Posted By ghorylla
Salam
wah terima kasih banyak buat kawan-kawan dari aliran lain yg udah dateng bersilaturahmi dan bertuker pikiran/sharing tekniknya masing2...

thanks a lot....hari sabtu kemaren kita kedatangan kawan-kawan: Shaolin Boy / Wing Chun Bai Long-Hokkien Kung Fu, Duyungson/Gerak Gulung Budi Daya, Zzihadz (Hud) / Silat Sibunder, Karamel / Yon ryu-Goshinbudo Jujutsu....

makasih banyak kawan2 udah sharing teknik dalam suasana kekeluargaan tapi penuh banyolan..seru juga ngomongin sejarah, konsep, filosofi, teknik masing2 aliran....mudah2an bisa rutin deh acara saling mengunjunginya dan bertuker pikiran...

@Soygeboy
@Yohanlie
hayoooo katanya pada mau ikutan sharing sm kita, ditunggu sm kawan2 tuh....


kapan lagi nih ada yg beginian kang galih?
ghorylla - 16/02/2011 09:30 AM
#143

Quote:
Original Posted By Satria Awan
kapan lagi nih ada yg beginian kang galih?


salam
belum tau karena personilnya lagi pada sibuk masing2, apalgi ada seminar silat di UI lagi pada sibuk konsen ke acara itu mas...
Pangranggo - 16/02/2011 01:23 PM
#144

o0o.... begitu.... mantap dah iloveindonesia
hedns - 16/02/2011 02:11 PM
#145

bang mau nanya dong kalo latihan pada dimana yak.... ntar malem ane diajak ama babeh disuruh kepengasinan kampung buluh.... kira2 abang2 ada nga disana
ghorylla - 16/02/2011 03:02 PM
#146

Quote:
Original Posted By hedns
bang mau nanya dong kalo latihan pada dimana yak.... ntar malem ane diajak ama babeh disuruh kepengasinan kampung buluh.... kira2 abang2 ada nga disana


salam
lat dimana? dimana2 tergantung jalur gurunya, karena ada banyak jalur guru aliran pengasinan ini, kebanyakan sekitar depok-sawangan-sampe tangerang selatan....

biasanya bulan mulud gini suka ada acara seremonial, apa semua di kampung buluh? ga juga karena ada beberapa tempat yg bikin acara muludan..silakan cari aja dimana yg cocok...biasanya tiap tempat selalu rame
Satria.Pendeta - 18/02/2011 03:09 PM
#147

Quote:
Original Posted By ghorylla
...arena ada banyak jalur guru aliran pengasinan ini, kebanyakan sekitar depok-sawangan-sampe tangerang selatan....

Bang,
Ente tau/kenal sama Pak Mandor Seran dari Desa Durenseribu? Setau ane, beliau ini juga guru silat Jalan Enam.

Salam...
ghorylla - 18/02/2011 03:20 PM
#148

Quote:
Original Posted By Satria.Pendeta
Bang,
Ente tau/kenal sama Pak Mandor Seran dari Desa Durenseribu? Setau ane, beliau ini juga guru silat Jalan Enam.

Salam...


Salam'
maap ane kaga kenal,soalnya ane cuman dikenail sm beberapa orang guru doang sm alm guru ane, yaitu: pak agus/ketua umum MS Jalan Enam Pengasinan, Pak Napah, Pak Sanin, dan beberapa tokoh yg berdomisili di pengasinan seputaran padepokan...paling juga tau dikit doang nama2 guru pengasinan di seputaran salemba-paseban-gang tengah
aliaxanada - 24/10/2011 04:39 AM
#149

gan, kalo perempu boleh ikutan silat pengasinan gak? soalnya ane tinggal di sawangan, nyarinya yang deket2 kampung ane aja (tapi bukan yang di pondok cabe). Thanks
hummdee6 - 24/10/2011 12:31 PM
#150

Quote:
Original Posted By aliaxanada
gan, kalo perempu boleh ikutan silat pengasinan gak? soalnya ane tinggal di sawangan, nyarinya yang deket2 kampung ane aja (tapi bukan yang di pondok cabe). Thanks

jiahhh ..
kl tgl disawangan, langsung ke pengasinannya aja.. ;)
ghorylla - 24/10/2011 03:05 PM
#151

Quote:
Original Posted By hummdee6
jiahhh ..
kl tgl disawangan, langsung ke pengasinannya aja.. ;)


Salam
betul, klo di sawangan bisa langsung ke perguruan pusat MS Jalan Enam Pengasinan atau bisa ke Pengsimatoga Jalan Enam....dua2nya ini satu aliran tapi beda orgaisasi dan ada sedikit perbedaan di permainan jurus,interpretasi apliksi dan jg jalur keguruannya.
iqbaleghe - 04/01/2012 05:02 AM
#152

gan ane mau tanya nih ....D

kan di daerah pengasinan ntu ada perguruan juga ya...kalau gk salah di panggulan 7 tapi tanpa nama perguruan pencak silatnya .....

perbedaaannya apa ya gan dengan ms jalan 6.......bingung:
Aviper - 09/01/2012 10:12 PM
#153

Wah kl di Jakarta sih salah satunya seputar dari Senen s/d Kp.Melayu(yg diantaranya daerah2 Senen,Salemba,Paseban,Matraman,Kwitang,Kenari,Tn.Tinggi,dll) emang gudangnya Pesilat2 dan Perguruan2 Gan dari zaman dulu jg udah terkenal iloveindonesia ada Paseban,Mustika Kwitang,3 Berantai dll gan pokoknya buanyaaakkkk :2thumbup
ghorylla - 11/01/2012 05:37 PM
#154

Quote:
Original Posted By Aviper
Wah kl di Jakarta sih salah satunya seputar dari Senen s/d Kp.Melayu(yg diantaranya daerah2 Senen,Salemba,Paseban,Matraman,Kwitang,Kenari,Tn.Tinggi,dll) emang gudangnya Pesilat2 dan Perguruan2 Gan dari zaman dulu jg udah terkenal iloveindonesia ada Paseban,Mustika Kwitang,3 Berantai dll gan pokoknya buanyaaakkkk :2thumbup


Salam
betul..tanah betawi kaya akan jagoan dan aliran silat/maen pukulan

Slipi sekitarnya
- Silat Ki Ontong

Rawa Belong
- Cingkrik
Tokoh pahlawan yg terkenal: Si Pitung, Ji'ih, dll

BSD, Tangerang, Kebayoran Lama, Cipulir sekitarnya:
- Silat Betawi Langkah Troktok
- Beksi
- rumpun Seliwa, termasuk Seliwa Ganjel, Silat Haji Peci Tinggi
- Haikun
- Sipecut
- Sitembak

beberapa tokoh pahawan Tangerang yg melawan Kompeni dan Tuan Tanah: Kalin Bapak Kayah, Si Jampang

Pondok Pinang
- Siku-siku Hitam

Kebalen
- Golok Seliwa

daerah Tenabang/Tanah Abang:
- Sabeni
- Rahmat
- Ma'ruf (yg ini ga tau deh siapa penerusnya)
ini aliran2 berdasarkan nama tokoh2 jagoan/jawaranye

daerah Kwitang-Salemba-Paseban
- Mustika Kwitang
- Kancing tujuh bintang 12
- Silat Paseban (Sinar Paseban, Taqwa Betawi, Sohul)
- Serasi
- Tiga Berantai
-dll

jago2/ tokoh2 yg terkenal:
- Mad Saleh dari Paseban
- Murtadho dari Salemba
- Macan Kemayoran
- SI Gondrong dari Kwitang
-Ji'ung dari Kemayoran

Tanah Tinggi-Kramat Pulo
- ISKP Ikatan Silat Kramat Pulo

Matraman-Menteng Tenggulun
- Sibunder

Cikini
- dulunya gudangnya pesilat perguruan Sutra Baja

Pasar Rumput sekitarnya
- aliran Bongkar Kandang

Manggarai
- Persatuan Silat Gabungan, gurunya: alm Pak Marjuki/Pak Uki murid dari alm Pak Toha

Tebet-Menteng Dalem
- Sin Lam Ba
- Sikilat

Klender-Cipinang
tokoh2nya:
- Haji Darip dari Klender
- Haji Nur Ali dari Bekasi

Sawah Besar
- Gerak Cepat, tokohnya sekarang : Babe Uci

Petojo
- Gerak Rasa-Gerak Saka, tokohnya: alm Bang Pi'i

Kemang
-dulu gudangnya pendekar2 aliran silat Bandul

Mampang Sekitarnya
- Silat ji encin, silatnya Haji Husin
- aliran Les Pukul dari Mampang
- Kembang Goyang
- Silat Mimpi Tuan Haji Husen

Pasar Minggu
- Cit Bitik

Condet
- Silo Macan

tokoh pahlawan Condet: Entong Gendut

Cawang
- Macan belang Jitu, silat gabungan dari dua tokoh: Ki Jirimin dan Ki Atu

Pasar Rebo-Kramat Jati sekitarnya ampe ke arah ujung aspal deket bekasi
- Silat Bongkot
- Silat Comsansin, tokohnya sekarang: Kong Slamet

Depok, Sawangan, Cinere sekitarnya:
- Silat Pengasinan (Jalan Enam, Kotek)
- Silat Pahaman
- Silat Gombel

dan masih banyak lagi aliran2 silat Betawi
pedrotudor - 11/01/2012 09:13 PM
#155

Quote:
Original Posted By ghorylla
Pasar Rebo-Kramat Jati sekitarnya ampe ke arah ujung aspal deket bekasi
- Silat Bongkot
- Silat Comsansin, tokohnya sekarang: Kong Slamet
ternyata ada beneran aliran comsansin yah? kirain becandaan temen-temen aja, aliran comsansin = comot sana sini
Aviper - 11/01/2012 09:43 PM
#156

Quote:
Original Posted By ghorylla
Salam
betul..tanah betawi kaya akan jagoan dan aliran silat/maen pukulan

Slipi sekitarnya
- Silat Ki Ontong

Rawa Belong
- Cingkrik
Tokoh pahlawan yg terkenal: Si Pitung, Ji'ih, dll

BSD, Tangerang, Kebayoran Lama, Cipulir sekitarnya:
- Silat Betawi Langkah Troktok
- Beksi
- rumpun Seliwa, termasuk Seliwa Ganjel, Silat Haji Peci Tinggi
- Haikun
- Sipecut
- Sitembak

beberapa tokoh pahawan Tangerang yg melawan Kompeni dan Tuan Tanah: Kalin Bapak Kayah, Si Jampang

Pondok Pinang
- Siku-siku Hitam

Kebalen
- Golok Seliwa

daerah Tenabang/Tanah Abang:
- Sabeni
- Rahmat
- Ma'ruf (yg ini ga tau deh siapa penerusnya)
ini aliran2 berdasarkan nama tokoh2 jagoan/jawaranye

daerah Kwitang-Salemba-Paseban
- Mustika Kwitang
- Kancing tujuh bintang 12
- Silat Paseban (Sinar Paseban, Taqwa Betawi, Sohul)
- Serasi
- Tiga Berantai
-dll

jago2/ tokoh2 yg terkenal:
- Mad Saleh dari Paseban
- Murtadho dari Salemba
- Macan Kemayoran
- SI Gondrong dari Kwitang
-Ji'ung dari Kemayoran

Tanah Tinggi-Kramat Pulo
- ISKP Ikatan Silat Kramat Pulo

Matraman-Menteng Tenggulun
- Sibunder

Cikini
- dulunya gudangnya pesilat perguruan Sutra Baja

Pasar Rumput sekitarnya
- aliran Bongkar Kandang

Manggarai
- Persatuan Silat Gabungan, gurunya: alm Pak Marjuki/Pak Uki murid dari alm Pak Toha

Tebet-Menteng Dalem
- Sin Lam Ba
- Sikilat

Klender-Cipinang
tokoh2nya:
- Haji Darip dari Klender
- Haji Nur Ali dari Bekasi

Sawah Besar
- Gerak Cepat, tokohnya sekarang : Babe Uci

Petojo
- Gerak Rasa-Gerak Saka, tokohnya: alm Bang Pi'i

Kemang
-dulu gudangnya pendekar2 aliran silat Bandul

Mampang Sekitarnya
- Silat ji encin, silatnya Haji Husin
- aliran Les Pukul dari Mampang
- Kembang Goyang
- Silat Mimpi Tuan Haji Husen

Pasar Minggu
- Cit Bitik

Condet
- Silo Macan

tokoh pahlawan Condet: Entong Gendut

Cawang
- Macan belang Jitu, silat gabungan dari dua tokoh: Ki Jirimin dan Ki Atu

Pasar Rebo-Kramat Jati sekitarnya ampe ke arah ujung aspal deket bekasi
- Silat Bongkot
- Silat Comsansin, tokohnya sekarang: Kong Slamet

Depok, Sawangan, Cinere sekitarnya:
- Silat Pengasinan (Jalan Enam, Kotek)
- Silat Pahaman
- Silat Gombel

dan masih banyak lagi aliran2 silat Betawi



Wah iyaa gan setujuuu,makasih gan Infonya \) Salah satunya yg agan sebut gan,Guru besar Mustika Kwitang yaitu babe Zakaria,beliau pernah diundang tampil oleh Presiden Ir.Soekarno waktu kedatangan Master Oyama(Guru besar Karate dari Jepang) gan,dan permainan Babe Zakaria waktu itu dipuji oleh sang jawara Karate tersebut,sampai bertanya "Kalian punya permainan sebanyak ini tetapi kenapa malah banyak yang memilih permainan luar?" begitu gan kurang lebihnya iloveindonesia
aquila - 12/01/2012 10:02 AM
#157

Quote:
Original Posted By pedrotudor
ternyata ada beneran aliran comsansin yah? kirain becandaan temen-temen aja, aliran comsansin = comot sana sini


sebenernya namanya bukan comsansin...tapi mang ga ada nama dan penerusnya juga ga mau kasi nama. itu nama yang kita kasi aja..bahkan ada yang ngasi nama au ah gelap D.
karena pas kong slametnya ditanya..."kong ni maenan namanya apa?"
si engkong dengan santainya jawab.."terserah lu aja dah ntong!, mau apa kek namanya",
trus di jawab..."boleh comsansin ato au gah gelap ga kong?"..
dan sekali lagi si engkong dengan santainya jawab..."terserah lu aja dah!" D

jadi nama comsansin ato au ah gelap cuma buat gampang inget namanya aja, karna memang tu aliran ga pernah punya nama dan ga akan punya nama..sesuai amanat dari leluhur leluhur aliran itu
pendekar_muda - 14/01/2012 09:09 AM
#158

Quote:
Original Posted By ghorylla

Pondok Pinang
- Siku-siku Hitam



Wuih ini sih pendirinya almarhum H. Mamak yg suka marahin ane waktu kecil, lantaran suka gangguin latihan murid2nya. Jadi waktu ane umur 4-5 thn, kalau ada murid2 beliau latihan ane suka lari2 diantara barisan murid2nya terus guling2an sambil peragain gerakan siku2 hitam dengan gaya anak kecil sok tahu...ngakak

Tapi sayangnya ane ga pernah dapat kesempatan belajar lansung sama beliau, sekalipun ane dan keluarga ane kenal sama beliau.

Ane kenal nih ama dua orang pewarisnya selepas kepergian beliau, salah satunya teman baik ane.
Raushin - 17/01/2012 03:50 AM
#159

widih, maenan orang betawi banyak juga yah, harus sering2 gaul ama orang2 sini nih kayanya buat nambah2 ilmu D
ghorylla - 17/01/2012 01:23 PM
#160

Quote:
Original Posted By Aviper
Wah iyaa gan setujuuu,makasih gan Infonya \) Salah satunya yg agan sebut gan,Guru besar Mustika Kwitang yaitu babe Zakaria,beliau pernah diundang tampil oleh Presiden Ir.Soekarno waktu kedatangan Master Oyama(Guru besar Karate dari Jepang) gan,dan permainan Babe Zakaria waktu itu dipuji oleh sang jawara Karate tersebut,sampai bertanya "Kalian punya permainan sebanyak ini tetapi kenapa malah banyak yang memilih permainan luar?" begitu gan kurang lebihnya iloveindonesia


Salam
yang nemuin babe Zakarian bukan M. Oyama dari Kyokushin Karate, tapi yang nemuin adalah M. Nakayama dari Shotokan Karate dengan Don Draeger seorang Judoka....
Page 8 of 9 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 > 
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Tradisional Paseban & Pengasinan