SPORTS
Home > LOEKELOE > SPORTS > [CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
Total Views: 121703 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 381 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

gpzpunkx - 21/06/2010 11:21 PM
#1
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
Quote:
-=SELAMAT DATANG=-
-=DI THREAD CATUR=-
shakehand2
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)


Quote:
Baca Rules Dulu ya beer:

Tolong Diperhatikan Untuk Teman-teman Yang Baru Bergabung Di Forum Sports Ini ...

This Is Our Rules


1. Mengenai Junk Post
1.1. Yang Dimaksudkan Dengan Junk Post Adalah Setiap Post Yang Tidak Mempunyai Kaitan Apapun Dengan Topik Bahasan.
1.2. Dilarang Melakukan Segala Macam Bentuk Posting Yang Bersifat Junk Seperti Yang Disebutkan Di Atas.


2. Mengenai Absen Dan Salam (greetings)
2.1. Dilarang Melakukan Segala Bentuk Posting Yang Esensinya Hanya Ditujukan Untuk Melakukan Absen Dan Salam (greetings).
2.2. Absen Dan Salam (greetings) Yang Dipakai Sebagai Kalimat Pembuka/penutup Dalam Sebuah Posting, Masih Diperbolehkan.



3. Mengenai Pembahasan Out Of Topic (oot)
3.1. Dilarang Melakukan Segala Bentuk Posting Yang Esensinya Tidak Berkaitan Dengan Thread Ini.
3.2. Pembahasan Yang Bersifat Oot Boleh Dilakukan Selama Esensi Posting Utama Tetap Berkaitan Dengan Trit Ini.



4. Mengenai Reputation Point
4.1. Dilarang Melakukan Segala Macam Bentuk Pertukaran Dan Pemberian GRP Di Tiap Thread.
4.2. Segala Macam Bentuk Permainan Dan Quiz Yang Berhadiah Good Reputation Point (grp), Bisa Di-post/diletakkan Di Thread-thread Yang Semestinya, Semisal Di Thread [game] Uji Pengetahuan Elo Tentang Catur.
4.3. Dilarang Meminta Imbalan GRP Dalam Memberikan Bantuan Apapun (sharing Image, Lagu, Dsb.)
4.4. Pemberian GRP Terhadap Seseorang Yang Dianggap Pantas Menerimanya Karena Sumbangan Artikel/pemikirannya Yang Di-posting/diletakkan Di Thread Fans Olahraga Tertentu Harap Dikonfirmasikan Melalui Fasilitas Pm. Dilarang Mengkonfirmasikan Pemberian GRP Melalui Sebuah Postingan Pada Thread Yang Bersangkutan Ataupun Di Thread-thread Lain Di Forum Sports.



5. Mengenai Aktivitas Jual-beli
5.1. Aktivitas Jual-beli Diperbolehkan Sebatas Menjual Barang-barang Yang Berkaitan Dengan Klub Pada Thread Yang Bersangkutan. Jadi Pada Thread Klub Ini, Barang-barang Yang Boleh Ditawarkan Hanyalah Yang Bersangkutan Dengan Trit Ini.
5.2. Aktivitas Jual-beli Hanya Diperbolehkan Sebatas Memberikan Link Yang Mengarah Kepada Thread Jual Beli Di Forum Fjb. Tidak Diperbolehkan Untuk Menambahkan Gambar Barang Yang Dijual Pada Thread Ini.



6. Mengenai Flamer Dan Bad Reputation Point (BRP) Gelap
6.1. Disarankan Untuk Menahan Diri Memberikan BRP Kepada Flamer Di Setiap Thread, Gunakan Fasilitas Report Untuk Melaporkan Postingan Yang Tidak Sesuai Kepada Moderator.



Fasilitas Report Ditandai Dengan Icon Tanda Seru Di Samping Icon Pemberian Reputation Point (timbangan)
6.2. Mengingat Banyaknya Kasus Teror Brp Gelap Terhadap Teman-teman Newbie, Maka Jika Terjadi Kasus Serupa Harap Segera Dilaporkan Ke Moderator. Teman-teman Yang Sudah Lebih Berpengalaman Harap Membantu Teman-teman Newbie Untuk Segala Macam Hal Yang Bersifat Teknis. Jangan Terburu-buru Menggantikan Brp Tersebut Dengan Grp Yang Nantinya Menyusahkan Pelacakan Terhadap Oknum-oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Tersebut.



7. Dilarang Berbagi Informasi Apapun Yang Berbau Pornografi.


8. Dilarang Melakukan Segala Macam Bentuk Posting Yang Bersifat Menyinggung Unsur-unsur Suku, Ras, Dan Agama.



Terima Kasih Atas Perhatian Dan Kerjasamanya.



Best Regards,
-Chiel-

(metal: revised by gpz :metal\)



Quote:
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh) Mari kita ramekan thread catur ini [CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
shakehand2
share aja disini okey
No Junk No OOT
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
army:
gpzpunkx - 21/06/2010 11:22 PM
#2
Catur Secara Umum
Quote:
Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.


Arti istilah catur
Quote:
Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut. Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.

Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil dari bahasa Persia shah.


Ketentuan Permainan
Quote:
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.

Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.


Berbagai versi
Quote:
Terdapat berbagai macam versi permainan Catur - Catur Klasik, Catur Cepat, Catur Kilat, Catur Buta, Catur Simultan, Catur Tandem, Catur Estafet, Catur Online, Catur Korespondensi, Catur Kartu dan sebagainya.

Juara
Quote:

Seorang pecatur yang telah memenangi berbagai turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang sesuai dengan prestasinya. Dalam dunia catur terdapat beberapa macam gelar - Gelar Internasional yaitu Grandmaster (GM), Grandmaster Wanita (GMW), Master Internasional (MI), Master Internasional Wanita (MIW), Master FIDE (MF), Master FIDE Wanita (MFW), Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master Wanita (WCM). Gelar Internasonal dikeluarkan oleh FIDE (Organisasi Catur Dunia). Dan di Indonesia juga dikenal gelar lokal yaitu Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). Gelar nasional dikeluarkan oleh PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).



Rating catur
Quote:


Setiap pemain catur mempunyai nilai/skor yang bernama rating catur. Rating catur ini adalah angka yang menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Semakin tinggi ratingnya, pemain ini cenderung semakin kuat. Daripada gelar, rating lebih efektif menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Rating ini didapat dari kemenangan-kemenangan pecatur dalam pertandingan resmi. Bila seorang pecatur menang dengan pecatur yang lebih kuat, dia mendapatkan rating yang lebih banyak. Jika dia kalah, ratingnya akan dikurangi sesuai rumus yang ada. FIDE mengeluarkan daftar rating yang bernama ELO Rating untuk pecatur internasional setiap 2 bulan sekali. Sedang PERCASI mengeluarkan Daftar Rating Nasional (DRN) setiap 6 bulan sekali (setiap tanggal 1 Januari dan 1 Juli).

ELO Rating Tertinggi Dunia masih dipegang GM Gary Kasparov (Rusia) 2841. Saat ini Kasparov telah mengundurkan diri dari dunia catur. Yang bertengger di peringkat 1 dari daftar FIDE saat ini adalah GM Magnus Carlsen (Norwegia) 2813. Disusul GM Veselin Topalov (Bulgaria) 2812 di peringkat kedua.

Sedang pecatur Indonesia yang tertinggi ELO Ratingnya saat ini adalah GM Utut Adianto (2548) dan kedua GM Susanto Megaranto (2527)
gpzpunkx - 21/06/2010 11:24 PM
#3

Quote:


Oke. Mulai dari pengalaman saya yahh ...

1.Aturan - aturan dasar bermain catur.

*. Untuk Langkah2 setiap Perwira.
- Pion. Melangkah Maju, tidak di perkenankan mundur / belok ( kecuali dalam 1 kasus yang di sebut makan en passant ).
* Yang di maksud en passant = Di mana bila ada pion musuh di petak kita, dan pion kita melangkah 2 Petak, maka dapat di makan silang oleh Pion musuh tersebut. *
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
- Kuda. Melangkah membentuk huruf L, yang dimana dapat melompati perwira yang didepannya.
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
- Gajah. Melangkah DiagonaL ( miring ), jika gajah putih, maka hanya menguasai diagonal Putih saja, Jika gajah Hitam maka menguasai diagonal Hitam saja.
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
- Benteng. Melangkah Horisontal & Vertikal saja. ( Lurus & Menyamping ).
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
- Mentri. Melangkah DiagonaL, HorisontaL, Vertikal. ( Dapat melangkah seperti semua perwira, kecuali KUDA
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
- Raja. Dapat melangkah bebas seperti mentri ( Tetapi hanya di perkenankan 1 petak saja ).
* Untuk Raja, dapat melangkah ROKADE. yang di maksud aja Formasi dengan Benteng. yang di mana tergantung benteng mana yang akan di gunakan. ( ada Rokade Panjang, dan Rokade Pendek ). Tidak dapat melakukan Keduanya ***.
Dan yang terpenting, Jika ingin ROKADE, maka harus memegang Raja terlebih dahulu, baru Benteng.
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)


2. Prinsip - Prinsip bermain Catur

*. Dalam permainan awal pembukaan bermain catur. Yang terpenting adalah menguasai Petak - petak penting dalam Papan Catur. ( yang sering di namakan Medan Pusat ). Yang di Kotak Merah.
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

*. Dalam menggerakan perwira di anjurkan untuk tidak melakukan Langkah mundur ( kecuali Terpaksa ). Karena kita akan rugi Tempo ( waktu ), dalam permainan catur Tempo di perlukan untuk menguasai petak - petak penting, menuju penyerangan kepada Raja lawan.

*. Dalam Bermain Catur, kita sebisa mungkin untuk tidak mengalami Kerugian besar, Contoh : setiap perwira itu memiliki Nilai, maka dari nilai tersebut akan menandakan tinggi Pangkat setiap perwira juga.

*. Dalam Permainan Catur. Kita harus bisa Di biasakan " Pegang Jalan, Lepas tidak boleh Kembali ". Yang di mana jika kita sudah memegang 1 buah perwira, maka perwira tersebut harus Jalan ... Dan jika di mana perwira tersebut sudah Di lepas, maka tidak boleh di ambil kembali.

*. Penggunaan Jam catur . . . Mungkin kebanyakan orang bertanya, mengapa Jam catur dalam bermain selalu sebelah kanan Hitam !... itu di karenakan, Hitam sebelum bermain di rugikan 1 langkah pertama oleh putih, maka dari itu di beri keuntungan penekanan Jam lebih cepat dari pada putih ( kecuali KidaL orangnya D ).


3. Prinsip - Prinsip dalam Pembukan.

*. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dalam permainan catur yang Terpenting adalah menguasai Petak lawan lebih banyak. Dan petak yang terpenting adalah petak Medan Pusat.
Maka dari itu Dalam pembukaan lebih baik Mengembangkan perwira menuju Medan Pusat dari pada Petak Pojok. Dan di kenal pembukaan untuk putih E4 & D4.

*. Dalam pembukaan Banyak sekali Variant2 yang dapat di gunakan, tetapi Prinsip utamanya tetap seperti point di atas. Yang di mana bila kita menguasai Lawan lebih banyak, maka kita akan mudah mengendalikan lawan dalam Permainan Kita \).

*. Dalam Pembukaan juga selain Petak yang di pentingkan, ada juga yang di sebut dengan " Perkembangan Perwira", artinya Kita harus Secepat mungkin MengAktifkan perwira2 kita yang di dalam Markas untuk membantu Pion2 atau bergerak sendiri Menguasai Petak Lawan . . . Dan di anjurkan untuk tidak bergerak sendiri. Artinya harus dengan Pemikiran yang matang.

*. Dalam Pembukaan Juga yang terpenting adalah " Pengamanan Raja ". Yang di mana di sebut di atas " ROKADE ". yang dibuat untuk mengamankan raja kita dari serangan perwira2 Lawan. ( Raja Ngumpet D ).


4. Pengenalan Taktik & Strategi

*. Untuk Point ini saya tidak dapat menjelaskan Di mari. Karena butuh kepelatihan Khusus dalam mempelajari Taktik & Strategi ini. Di karenakan, Jika salah sedikit saja tentang Point ini maka akan Menyesatkan & Meruksak Kaedah2 dari Pembukaan yang kita mainkan tersebut.
Dan di mana setiap Pembukaan, maka akan memiliki Taktik & Strategi masing2 yang juga untuk Hitam & Putih berbeda pula.


5. Pengenalan Catur lebih Lanjut
[font=comic sans ms][size=2]
*. Dalam bermain catur. ( Saya Terutama ) sudah dari dulu di cantumkan besar2 di kepala saya, tentang Filosofi Catur . . . " Opening Like Teori, Middle Game Like Magician, End Game Like Machine "
Dari Filosofi di atas mungkin Kalian akan mengerti dari arti bermain catur itu apa.

thankz to "KutuSakti"

kalo masih belum jelas ini ada tutorial dari chess.com D
How To Play Chess
gpzpunkx - 21/06/2010 11:26 PM
#4

About Catur D
Quote:

Spoiler for "Papan Catur"

[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

Perhatikan bahwa di setiap sisi pemain, petak gelap harus selalu berada di kiri bawah...


Spoiler for "Notasi Aljabar"
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

Untuk lebih mudah mempelajari dan merekam partai-partai catur, digunakanlah sistem notasi aljabar. Pada intinya, notasi aljabar adalah sistem untuk menamai setiap petak pada papan catur (seperti koordinat kartesian). Kolom-kolom pada papan catur mulai dari sebalah kiri pemain putih (sebelah kanan pemain hitam) diberi nama A,B,C...,G,H.. Sementara untuk baris dari sisi bawah pemain putih (atau sisi atas pemain hitam) diberi nama 1,2,3,...,7,8

Nah, setiap petak di papan catur sekarang punya nama sendiri. Dimulai dengan menyebutkan huruf kolom terlebih dahulu baru angka baris.. Sebagai contoh, pada gambar di atas, petak yang diberi warna merah berada pada kolom D dan baris 5. Jadi, petak tersebut diberi nama petak D5.

Sekedar tambahan, dalam permainan catur istilah baris biasa disebut rank dan kolom biasa disebut file.


Spoiler for "Susunan Buah Catur"
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

Gambar di atas adalah susunan buah-buah catur di setiap awal pemainan. pion-pion (atau biasa juga disebut bidak) diletakkan di sepanjang Rank 2 (atau Rank 7 untuk pemain hitam). Perwira-perwira sepertin Benteng, Kuda, Gajah, Menteri, dan Raja diletakkan di Rank 1 (atau Rank ke-8 untuk pemain hitam).

Kedua Benteng diletakkan di File A dan File H. Kuda di File B dan File G. Gajah di File C dan File F. Menteri di File D dan Raja di File E.

Seringkali dalam memulai permainan, posisi Raja dan Menteri saling tertukar. Untuk lebih mudah mengingatnya, Raja Putih di petak hitam, Raja Hitam di petak putih


Spoiler for "Nilai-nilai Buah Catur"
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

Untuk menjadi pemain catur yang baik, seorang pemain harus terlebih dahulu mengenal kekuatan para pasukannya. Buah-buah catur memiliki nilai-nilai tersendiri sebagai perbandingan kekuatan. Nilai-nilai ini, biasanya ditentukan dari mobilitas buah catur itu sendiri.

Ingat, nilai-nilai ini relatif, tidak mutlak karena seberapa berharganya buah catr Anda tergantung pula pada posisi mereka setiap saat. Nilai-nilai ini hanyalah sebagai standar saja.

1. Pion
Pion memiliki nilai yang paling rendah yaitu 1. Hal ini dikarenakan mobilitasnya yang rendah (hanya dapat melangkah satu petak, atau dua petak saat masih di Rank awal). Meski nilainya rendah, bukan berarti pion itu tidak berharga.. Pion-pion sangat penting terutama untuk membentuk struktur pion yang baik (tidak dibahas di sini). Saking pentingnya pion, GM Mikhail Tal pernah berujar "Pawns are the soul of Chess"...

Selain itu, Pion-pion juga dapat promosi. Promosi berarti pion tersebut dapat "berubah" menjadi bidak lain (selain Raja). Hal ini bisa dilakukan ketika pion tersebut telah sampai di Rank 8 untuk pion putih, atau Rank 1 untuk pion hitam.. Oleh karena itu, pion sangatlah berharga di babak akhir.

2. Kuda dan Gajah
Kedua jenis bidak ini dihargai 3 poin. Banyak yang menganggap bahwa Gajah lebih berharga daripada Kuda. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak selalu tepat. Ada posisi-posisi tertentu di mana Gajah lebi baik dari pada kuda maupun sebaliknya. Tetapi untuk standar, Kuda dan Gajah sama-sama bernilai 3 poin.

3. Benteng
Benteng diberi nilai 5 poin. Benteng lebih kuat daripada Gajah mobilitasnya lebih tinggi. Gajah bila diletakkan di papan catur, hanya bisa berpindah-pindah ke 32 petak. Sementara, Benteng dapat berpindah-pindah ke seluruh 64 petak.

4. Menteri
Menteri, dengan mobilitasnya berupa gabungan Benteng dan Gajah, tidak diragukan lagi merupakan buah catur Non-Raja terkuat. Menteri setara dengan 9 poin.

5. Raja
Nilai dari Raja adalah tak terhingga. Raja adalah spesial karena dia adalah inti dari permainan ini. Dia adalah buah catur yang tak boleh lenyap dari papan catur



NB: All pictures are taken From "Chessmaster Grandmaster Series" Programs
~ credit to danufane


Quote:

Yang Mo Join SG Catur Kaskus Klik Gambar
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)




NB :
Quote:
Untuk membuat papan diagram catur :
http://www.chessvideos.tv/chess-diagram-generator.php
Untuk mendownload chesscube di playchess :
chesscube.com


Quote:

[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

Quote:
thankz to danufane, himchess_crz, dan lainnya
gpzpunkx - 21/06/2010 11:29 PM
#5
Hot Hot Hot
Spoiler for Pembukaan catur
adalah tahapan pertama dalam sebuah permainan catur. Terdapat sejumlah lusin pembukaan yang berbeda, ratusan ragam nama. Serangkaian gerakan pembukaan yang dianggap standar (sering dikatalogkan di buku rujukan seperti Encyclopedia of Chess Openings) disebut sebagai "buku bergerak" atau singkatnya "buku". Rangkaian gerakan baru dalam pembukaan disebut sebagai "pembukaan baru teoretis".

Pembukaan catur merupakan strategi untuk memperoleh kemenangan dan sangat menentukan pertahanan dalam menghadapi serangan lawan.

Kata Pembukaan dipakai bila setelah langkah Putih baru ada nama dari pembukaan itu contohnya : 1. f4.. (Pembukaan Bird…); 1. e4 e5. 2. Gc4.. (Pembukaan Gajah Raja); dan lain-lain.

Kata Pertahanan dipakai bila setelah langkah Hitam baru diberi nama dari pembukaan tersebut, contohnya : 1. e4 Kf6… (Pertahanan Alekhine…); 1. d4 Kf6. 2. c4 c5… (Pertahanan Benoni); dan lain-lain.


Jenis-Jenis pembukaan
Spoiler for Gambit

1. Gambit Balasan Albin. 1. d4 d5. 2. c4 e5. 3. dxe5 d4. keterangan : Usaha keras untuk merebut inisiatif yang sering menghasilkan bentuk rokade berlawanan
2. Gambit Benko. 1. d4 Kf6. 2. c4 c5. 3. d5 b5. 4. cxb5. keterangan : Hitam korban satu bidak agar dapat melakukan tekanan di sayap-menteri.
3. Gambit Blackmar Diemer. 1. d4 d5 2. e4 dxe4 3. Kc3 Kf6 4. f3. keterangan : Pilihan tajam, agak riskan, Putih main korban untuk perkembangan buah.
4. Gambit Budapest. 1. d4 Kf6 2. c4 e5. keterangan : Hitam hampir selalu bisa merebut kembali bidak gambitnya. Tetapi waktu yang dihabiskan Hitam untuk merebut kembali bidak itu, menyebabkan Putih sedikit lebih unggul.
5. Gambit Denmark. 1. e4 e5 2. d4 exd4 3. c3 dxc3 4. Gc4. keterangan : Gambit berbahaya, penuh tipuan, akan tetapi Hitam dengan mudah mengimbangi asalkan mengembalikan bidak gambit itu disaat yang tepat.
6. Gambit Evans. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5 4. b4. keterangan : Pembukaan yang cocok bagi yang senang taktis dan paham main terbuka.
7. Gambit Raja. 1. e4 e5 2. f4. keterangan : Pertempuran tajam sejak awal permainan
8. Gambit Latvia. 1. e4 e4 2. Kf3 f5. keterangan : Serangan balik yang tajam tapi punya reputasi tidak baik.
9. Gambit Morra. 1. e4 c5 2. d4 cxd4 3. c3. keterangan : Gambit berbahaya yang memungkinkan Putih menghindari jalur utama dalam Sisilia.
10. Gambit Menteri. 1. d4 d5 2. c4. keterangan : Pembukaan populer dengan permainan aktif untuk kedua pihak.


Spoiler for Pertahanan

1. Pertahanan Alekhine. 1. e4 Kf6. keterangan : Hitam berupaya agar Putiy memajukan bidak-bidak tengahnya jauh kedepan, lalu membendungnya untuk kemudian memusnahkannya.
2. Pertahanan benoni. 1. d4 Kf6. 2. c4 c5. keterangan : Hitam membentuk system penguasaan sayap-menteri dengan mayoritas bidak dan tekanan sepanjang lajur setengah terbuka dan penguasaan diagonal gajah Raja fiansetonya.
3. Pertahanan India Bogo. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kf3 Gb4. keterangan : Pertahanan solid dengan Hitam ingin cepat menukar Gajah Rajanya.
4. Pertahanan Caro-Kann. 1. e4 c5. keterangan : Pertahannan sehat bagi Hitam yang menunda pertarungan sampai posisinya solid.
5. Pertahanan Skandinavia. 1. e4 d5. keterangan : Pertahanan ini cocok bagi merekan yang menginginkan pertahanan lengkap tanpa banyak belajar variasi 2. exd5 Mxd5 menyebabkan susunan bidak mirip Caro-Kann
6. Pertahanan Belanda. 1. d4 f5. keterangan : Hitam mencegah Putih main e4 dan menata posisi bidak-bidak dipusat.
7. Pertahanan Perancis. 1. e4 e6. keterangan : Pertahan kuat dan solid yang punya reputasi.
8. Pembukaan Italia/Giuco Piano. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5. keterangan : Putih menunda tusukan d4 sebelum didukung oleh c3 agar diperoleh dua bidak di medan-tengah
9. Pertahanan Grunfeld. 1. d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 d5. keterangan : Dilandasi teori hypermodern, bidak pusat yang luas dapat jadi sasaran atau sebagai keunggulan.
10. Pertahanan India Raja. 1.d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 Gg7. keterangan : Hitam membiarkan Putih membentuk kubu bidak di medan tengah untuk kemudian digempur.
11. Pertahanan Modern. 1.e4 g6 2. d4 Gg7. keterangan : Strategi Hitam ialah menggempur serta mengobrak-abrik medan-tengah Putih.
12. Pertahanan Hindia Nimzo. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kc3 Gb4. keterangan : Hitam membiarkan Putih mendapat pasangan Gajah dan sebagai imbalannya perwira hitam lebih cepat berkembang dan dalam berbagai variasinya, menekan bidak-tumpuk Putih di lajur c sebagai sasaran.
13. Pertahanan Nimzovich. 1. e4 Kc6. keterangan : Satu lagi gaya hypermodern. Hitam membiarkan bidak Putih maju di pusat. Medan-tengah seringkali jadi tertutup.
14. Pertahanan Hindia Tua. 1. d4 Kf6 2. c4 d6. keterangan : Pertahanan yang pasif dengan susunan bidak mirip Hindia Raja tapi tanpa fianseto Gajah Raja.
15. Pertahanan Petroff. 1. e4 e5 2. Kf3 Kf6. keterangan : Meskipun mendapat reputasi solit, pertahanan ini memiliki harapan untuk menyerang balik.
16. Pertahanan Philidor. 1. e4 e5 2. Kf3 d6. keterangan : Meski cukup solid namun Hitam punya kendala dalam mobilitas buahnya.
17. Pertahanan Pirc. 1. e4 d6 2. d4 Kf6 3. Kc3 g6. keterangan : Hitam bertujuan mengganggu medan-tengah Putih dan kemudian memanfaatkan Gajah fiansetonya.
18. Pertahanan Ponziani. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 2. c3. keterangan : Putih membangun medan-tengah yang kuat.
19. Pertahanan Hidia Menteri. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kf3 b6. keterangan : Dewasa ini dianggap pertahanan paling sehat oleh para Master.
20. Pertahanan Sililia. 1. e4 c5. keterangan : Pertahanan terpopuler terhadap e4. Melalui lajur-c setengah terbuka, Hitam melancarkan serangan balik. Dalam permainan tengah banyak terdapat pukulan taktis berbahaya.
21. Pertahanan Dua Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Kf6. keterangan : kedua pihak siap bermain api, siapa lengah akan fatal.


Spoiler for Serangan


1. Serangan Grob. 1.g4. keterangan : Nilai kejutannya luar biasa, tapi tidak banyak mendukung posisi Putih.
2. Serangan Marshall. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gb5 a6 4. Ga4 Kf6 5. 0-0 Ge7 6. Be1 b5 7. Gb3 0-0 8. c3 d5. keterangan : Perlawanan aktif para perwira Hitam terhadap Raja putih sangat disukai semua pemain penyerang.
3. Serangan Larsen. 1. b3. keterangan : Gaya hypermodern dengan fianseto Putih[/QUOTE]
Lain-lain
Quote:

1. Pembukaan Bird. 1. f4. keterangan : Ide strateginya, terutama menguasai e5, mirip dengan Pertahanan Belanda.
2. Pembukaan Gajah Raja. 1. e4 e5 2. Gc4. keterangan : Upaya Putih memainkan Gajah agar cepat menekan sayap Raja hitam.
3. Pembukaan Inggris. 1. c4. keterangan : Pembukaan populer yang sering bertranposisi, memiliki pertempuran posisi yang kompleks.
4. Pembukaan Empat Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Kf6 Kc3. keterangan : Permainan solid jika kedua pihak tidak berupaya dinamis
5. Pembukaan Reti. 1. Kf3. keterangan : Sistem hypermodern yang mengawasi medan-tengah dari jarak jauh. Cirinya ialah manuver yang lamban dan berpeluang main sebagai Hitam dengan menang satu tempo.
6. Pembukaan Spanyol/Ruy Lopez. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gb5. keterangan : Pembukaan sangat populer. Putih langsung menekan medan-tengah Hitam. Pertempuran bisa menjurus sangat tajam atau bergaya posisionil.
7. Pembukaan Skot. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 d4. keterangan : Pembukaan ini bersifat memaksa dan balasan Hitam agak terbatas. Putih dapat mengendalikan permainan.
8. Pembukaan Tiga Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Kc3. keterangan : Langkah Putih hanya pengembangan buah, tidaklah memberi masalah apa-apa bagi Hitam.
9. Pembukaan Wina. 1. e4 e5 2. Kc3. keterangan : Putih berkembang dengan tenang, namun tetap menyiapkan f4 yang tajam.
10. Pembukaan Benko. 1. g3. keterangan : Gaya hypermodern Putih dengan tema pertahanan fianseto terbalik.
11. Sistem Katalan. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. g3. keterangan : Putih menghindar dari variasi yang lazim dengan arah perkembangan buah yang lebih dinamis dan ikut gaya hypermodern.
12. Sistem Colle. 1. d4 d5 2. Kf3 Kf6 3. e3 c5 4. c3. keterangan : Sistem solid dengan tujuan strategi yang mudah dimengerti.


apabila yg di atas butuh penjelasan lebih silahkan ke
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6022405 beer:


Spoiler for Strategi dan Cara Bermain Catur yang Baik dan Benar


10 tips yang harus dilakukan dalam bermain catur:

1. Kuasai pusat, dalam hal ini wood chess, wood chessboard
2. Jalankan kuda sebelum gajah
3. Jalankan gajah sebelum benteng
4. Jalankan benteng sebelum menteri
5. Rokade cepat
6. Lindungi buah
7. Serang petak pada papan catur/wooden chess board yang sama dengan banyak buah
8. Ciptakan penyergapan bila mungkin
9. Ciptakan pengikatan bila mungkin
10.Kembangkan strategi pada setiap langkah

10 Larangan yang harus dihindari dalam bermain Catur :

1. Jangan jalankan buah lebih dari 1x dalam pembukaan pada chess board
2. Jangan memberikan sekak terlalu cepat
3. Jangan ciptakan bidak tumpuk
4. Jangan ciptakan bidak terpencil (isolasi)
5. Jangan biarkan lawan menciptakan bidak bebas
6. Jangan tutup jalan gajah dengan bidak
7. Jangan cepat makan buah yang terikat, kalau masih bisa mempertahankan ikatan
8. Jangan jalankan bidak dimuka raja yang sudah rokade
9. Jangan lakukan strategi yang tidak dimengerti
10. Jangan main terlalu tegang



Post penting lainnya:
Gajah Sehat part1
gajah sehat part2
BLUNDER
gpzpunkx - 21/06/2010 11:32 PM
#6

Daftar Peringkat Pecatur Kaskus versi PERCAKUS (Persatuan CATUR KASKUS)

Quote:



format : ID chess.com (ID Kaskus) Rating Kaskus


[*]achoox (achoox) 1548
[*]gpz_punkx (gpzpunkx) 1533
[*]junkrick (Bosjankrick) 1492
[*]radjagoeks (shamat) 1450
[*]hyrizal (hyrizal) 1426
[*]harfen (harfen)1415
[*]Anggara29 (Anggara29) 1392
[*]morpheusx (morpheus) 1390
[*]himchess_crz (himchess_crz) 1363
[*]jakat0l3 (mas.hendy ) 1358
[*]parasetamol31 (parasetamol31) 1354
[*]d34dlin3 (d34dlin3) 1335
[*]Priangan (usernamesaya) 1326
[*]fadil_hd (danufane) 1313
[*]scotlandyard (scotlandyard) 1307
[*]jamblang (beta123) 1298
[*]kodoy (hudapurwandoko) 1293
[*]kadex_siswoyo (kadexZz 09) 1263
[*]Kumma (Kumma) 1258
[*]marcopelo(marcopelo) 1254
[*]vatio (vatio.co.id) 1245
[*]dewamstr (dewamstr) 1233
[*]busong (busong) 1231
[*]faridbae (faridbae) 1228
[*]andreasparry (wyver) 1227
[*]chogan7 (chogan7) 1216
[*]domenk (domenk) 1215
keinanfox (keinanfox) 1215
kidd83 (kidd83) 1215
[*]adabaiknya (adabaiknya) 1212
[*]jhonoman (jhonoman) 1203
manto_ok (manto_ok) 1203
[*]fire_in_the_hole (fire_in_the_hol) 1200
salmek (kurang_waras) 1200
qossam (qossam) 1200
Andry (pakpahan) 1200
bagusaji (bagusajisantoso) 1200
ArifAditya (UCIL007) 1200
bigsword (bigsword) 1200
nextgiggsy (dennyNTC) 1200
Xueching (Xueching) 1200
gvr123 (SingkatPadat) 1200
donnytax (acid burner) 1200
hddstudio (hddstudio) 1200
[*]ko3ns (ko3ns) 1185
[*]dasingle (tombolpintu) 1171
[*]iid_weasley (roniidweasley) 1065
sichilya (sichilya) 1065
rda2184 (rda2184) 1065
akukamudia (dhe258) 1065
[*]tumum (the_jacks) 1158
[*]RandiRonaza (TheVirus) 1035
winDstalker (winDstalker) 1035
rizkiharit (riarihana) 1035
Garazzi (Garazzi) 1035


new player: (unrated)
viciousky (viciousky)
rakarakara (rakarakara)
premancideng (UjangMarujang)

note:
Quote:

[*]rating akan bertambah dan berkurang sesuai dengan turnamen yang diikuti peserta baik itu turnamen resmi, maupun turnamen iseng Peace:
[*]Perhitungan Rating Dimulai sejak bergulirnya Kaskus Blitz Tournament II dan rating dihitung dari situs ini
[*]Pada awal perhitungan rating, khusus Untuk Penghuni divisi utama start dari 1400, sedangkan divisi 1 start dari 1200, sama seperti pemain yg baru daftar, rating awal start dari 1200.




thanks to agan "usernamesaya"


biar gampang buat nge-add silahkan ganti "xxxxx" dengan ID chess.com tman2 kita...
http://www.chess.com/members/view/xxxxx

Perhatikan baik2 IDnya sebelum add as friend ya jangan ada karakter yang ilang ato kehapus. bisa jadi anda salah add orang. Semua sudah di cek TS

Quote:

dan Jangan lupa join mabes kaskus di sana ya..
KASKUS on chess.com
thanks to "morpheus"


Quote:
yg mau belajar biar lebih paten maennya juga buat improve rating silahkan rajin main dan latian. juga ini ad software catur, tapi ingat jangan di pake buat analisis saat maen di chess.com biar akun anda tidak di banned. kalo analisa setelah main bisa buat pembelajaran beer:

chessmaster 10th edition
deep fritz 12
Houdini 1.5a >> best chess engine D
[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)

thanks to agan "achoox"
mbahdien - 15/07/2010 12:39 AM
#7

nice share gan. Kalo e4 dibalas e5 trus apakah gajah harus selalu ke c4. maaf kalo nanya, masih nubitol. Main catur ama komputer kalah melulu.
kskt - 15/07/2010 09:56 AM
#8

coba dikasih gambarnya gan, mungkin lebih menarik
ilovekaskusilovekaskusilovekaskus
muhichlas - 27/07/2010 01:50 AM
#9

iya dong gan, kasih gambar nya,biar lebih menarik dong gan beer: ane sih bisa-bisa catur, cuma masih pemula, o btw kalo mau main catur online bareng bisa gabung di Www.chesscube.com disana ada room buat indonesia sendiri gan, bisa kok kumpul-kumpul kesana beer: btw ini thread sepi yah, promo2in dong gan, nice thread nih iloveindonesia iloveindonesia
gpzpunkx - 27/07/2010 11:52 AM
#10

Quote:
Original Posted By mbahdien
nice share gan. Kalo e4 dibalas e5 trus apakah gajah harus selalu ke c4. maaf kalo nanya, masih nubitol. Main catur ama komputer kalah melulu.

e4 di bales e5 langkah selanjutnya tergantung ente mau pembukaan apa D
gag selalu gajah ke c4 D
D
mau 3 langkah mat ya? pasti nanti menteri ke f3 D

hehehee
bisa aje ente variasi majuin kuda ke f3 ato gag pion D

pembukaan yg efektif untuk nyerang biasanya kalo gag e4, d4, c4 D

Quote:
Original Posted By kskt
coba dikasih gambarnya gan, mungkin lebih menarik
ilovekaskusilovekaskusilovekaskus

hehehee nanti ya oms D
Quote:
Original Posted By muhichlas
iya dong gan, kasih gambar nya,biar lebih menarik dong gan beer: ane sih bisa-bisa catur, cuma masih pemula, o btw kalo mau main catur online bareng bisa gabung di Www.chesscube.com disana ada room buat indonesia sendiri gan, bisa kok kumpul-kumpul kesana beer: btw ini thread sepi yah, promo2in dong gan, nice thread nih iloveindonesia iloveindonesia

ane biasanya di Chess.com
Ilhamarkaz - 27/07/2010 12:02 PM
#11

saya ikut dong gan tapi ane masih amatiran maen catur gan Peace:
gpzpunkx - 27/07/2010 01:25 PM
#12
Event
fakedead - 31/07/2010 10:12 AM
#13

Ke TKP _____ngacir: www.chess.com
gpzpunkx - 11/08/2010 10:20 PM
#14

Quote:
Original Posted By fakedead
Ke TKP _____ngacir: www.chess.com


mana neh D
ane tungguin kok kagag ade D
genfile - 12/08/2010 05:20 AM
#15

klo bljar pembukaan2 gitu dmna gan yah,..??pling enak bwt offense ato diffense tuh pembukaan apaan,..??ane klo maen pling2 cuma D4 ato E4 mulu,...hehehe,... tpi ampuh tuh,blum ada yang bisa ngalahin ane ditempat kerjaan,...hehehehe,....malu:malu (soalnya musuh nya pada ga bisa semua,.. maen juga masih asal2an,...termasuk ane,..).hehehe,...
gpzpunkx - 12/08/2010 01:25 PM
#16

Quote:
Original Posted By genfile
klo bljar pembukaan2 gitu dmna gan yah,..??pling enak bwt offense ato diffense tuh pembukaan apaan,..??ane klo maen pling2 cuma D4 ato E4 mulu,...hehehe,... tpi ampuh tuh,blum ada yang bisa ngalahin ane ditempat kerjaan,...hehehehe,....malu:malu (soalnya musuh nya pada ga bisa semua,.. maen juga masih asal2an,...termasuk ane,..).hehehe,...


baca buku gan D
ato gag browsing o
reserve - 12/08/2010 03:37 PM
#17

Wah ada lagi thread catur.

[CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)
Lasker - 12/08/2010 03:41 PM
#18

Chessbase Light

[CODE]http://fritzserver.org/download/CBLightSetup.exe[/CODE]
domenk - 22/09/2010 07:11 PM
#19

Quote:
Original Posted By gpzpunkx
Spoiler for Pembukaan catur
adalah tahapan pertama dalam sebuah permainan catur. Terdapat sejumlah lusin pembukaan yang berbeda, ratusan ragam nama. Serangkaian gerakan pembukaan yang dianggap standar (sering dikatalogkan di buku rujukan seperti Encyclopedia of Chess Openings) disebut sebagai "buku bergerak" atau singkatnya "buku". Rangkaian gerakan baru dalam pembukaan disebut sebagai "pembukaan baru teoretis".

Pembukaan catur merupakan strategi untuk memperoleh kemenangan dan sangat menentukan pertahanan dalam menghadapi serangan lawan.

Kata Pembukaan dipakai bila setelah langkah Putih baru ada nama dari pembukaan itu contohnya : 1. f4.. (Pembukaan Bird…); 1. e4 e5. 2. Gc4.. (Pembukaan Gajah Raja); dan lain-lain.

Kata Pertahanan dipakai bila setelah langkah Hitam baru diberi nama dari pembukaan tersebut, contohnya : 1. e4 Kf6… (Pertahanan Alekhine…); 1. d4 Kf6. 2. c4 c5… (Pertahanan Benoni); dan lain-lain.


Jenis-Jenis pembukaan
Spoiler for Gambit

1. Gambit Balasan Albin. 1. d4 d5. 2. c4 e5. 3. dxe5 d4. keterangan : Usaha keras untuk merebut inisiatif yang sering menghasilkan bentuk rokade berlawanan
2. Gambit Benko. 1. d4 Kf6. 2. c4 c5. 3. d5 b5. 4. cxb5. keterangan : Hitam korban satu bidak agar dapat melakukan tekanan di sayap-menteri.
3. Gambit Blackmar Diemer. 1. d4 d5 2. e4 dxe4 3. Kc3 Kf6 4. f3. keterangan : Pilihan tajam, agak riskan, Putih main korban untuk perkembangan buah.
4. Gambit Budapest. 1. d4 Kf6 2. c4 e5. keterangan : Hitam hampir selalu bisa merebut kembali bidak gambitnya. Tetapi waktu yang dihabiskan Hitam untuk merebut kembali bidak itu, menyebabkan Putih sedikit lebih unggul.
5. Gambit Denmark. 1. e4 e5 2. d4 exd4 3. c3 dxc3 4. Gc4. keterangan : Gambit berbahaya, penuh tipuan, akan tetapi Hitam dengan mudah mengimbangi asalkan mengembalikan bidak gambit itu disaat yang tepat.
6. Gambit Evans. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5 4. b4. keterangan : Pembukaan yang cocok bagi yang senang taktis dan paham main terbuka.
7. Gambit Raja. 1. e4 e5 2. f4. keterangan : Pertempuran tajam sejak awal permainan
8. Gambit Latvia. 1. e4 e4 2. Kf3 f5. keterangan : Serangan balik yang tajam tapi punya reputasi tidak baik.
9. Gambit Morra. 1. e4 c5 2. d4 cxd4 3. c3. keterangan : Gambit berbahaya yang memungkinkan Putih menghindari jalur utama dalam Sisilia.
10. Gambit Menteri. 1. d4 d5 2. c4. keterangan : Pembukaan populer dengan permainan aktif untuk kedua pihak.


Spoiler for Pertahanan

1. Pertahanan Alekhine. 1. e4 Kf6. keterangan : Hitam berupaya agar Putiy memajukan bidak-bidak tengahnya jauh kedepan, lalu membendungnya untuk kemudian memusnahkannya.
2. Pertahanan benoni. 1. d4 Kf6. 2. c4 c5. keterangan : Hitam membentuk system penguasaan sayap-menteri dengan mayoritas bidak dan tekanan sepanjang lajur setengah terbuka dan penguasaan diagonal gajah Raja fiansetonya.
3. Pertahanan India Bogo. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kf3 Gb4. keterangan : Pertahanan solid dengan Hitam ingin cepat menukar Gajah Rajanya.
4. Pertahanan Caro-Kann. 1. e4 c5. keterangan : Pertahannan sehat bagi Hitam yang menunda pertarungan sampai posisinya solid.
5. Pertahanan Skandinavia. 1. e4 d5. keterangan : Pertahanan ini cocok bagi merekan yang menginginkan pertahanan lengkap tanpa banyak belajar variasi 2. exd5 Mxd5 menyebabkan susunan bidak mirip Caro-Kann
6. Pertahanan Belanda. 1. d4 f5. keterangan : Hitam mencegah Putih main e4 dan menata posisi bidak-bidak dipusat.
7. Pertahanan Perancis. 1. e4 e6. keterangan : Pertahan kuat dan solid yang punya reputasi.
8. Pembukaan Italia/Giuco Piano. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5. keterangan : Putih menunda tusukan d4 sebelum didukung oleh c3 agar diperoleh dua bidak di medan-tengah
9. Pertahanan Grunfeld. 1. d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 d5. keterangan : Dilandasi teori hypermodern, bidak pusat yang luas dapat jadi sasaran atau sebagai keunggulan.
10. Pertahanan India Raja. 1.d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 Gg7. keterangan : Hitam membiarkan Putih membentuk kubu bidak di medan tengah untuk kemudian digempur.
11. Pertahanan Modern. 1.e4 g6 2. d4 Gg7. keterangan : Strategi Hitam ialah menggempur serta mengobrak-abrik medan-tengah Putih.
12. Pertahanan Hindia Nimzo. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kc3 Gb4. keterangan : Hitam membiarkan Putih mendapat pasangan Gajah dan sebagai imbalannya perwira hitam lebih cepat berkembang dan dalam berbagai variasinya, menekan bidak-tumpuk Putih di lajur c sebagai sasaran.
13. Pertahanan Nimzovich. 1. e4 Kc6. keterangan : Satu lagi gaya hypermodern. Hitam membiarkan bidak Putih maju di pusat. Medan-tengah seringkali jadi tertutup.
14. Pertahanan Hindia Tua. 1. d4 Kf6 2. c4 d6. keterangan : Pertahanan yang pasif dengan susunan bidak mirip Hindia Raja tapi tanpa fianseto Gajah Raja.
15. Pertahanan Petroff. 1. e4 e5 2. Kf3 Kf6. keterangan : Meskipun mendapat reputasi solit, pertahanan ini memiliki harapan untuk menyerang balik.
16. Pertahanan Philidor. 1. e4 e5 2. Kf3 d6. keterangan : Meski cukup solid namun Hitam punya kendala dalam mobilitas buahnya.
17. Pertahanan Pirc. 1. e4 d6 2. d4 Kf6 3. Kc3 g6. keterangan : Hitam bertujuan mengganggu medan-tengah Putih dan kemudian memanfaatkan Gajah fiansetonya.
18. Pertahanan Ponziani. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 2. c3. keterangan : Putih membangun medan-tengah yang kuat.
19. Pertahanan Hidia Menteri. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kf3 b6. keterangan : Dewasa ini dianggap pertahanan paling sehat oleh para Master.
20. Pertahanan Sililia. 1. e4 c5. keterangan : Pertahanan terpopuler terhadap e4. Melalui lajur-c setengah terbuka, Hitam melancarkan serangan balik. Dalam permainan tengah banyak terdapat pukulan taktis berbahaya.
21. Pertahanan Dua Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Kf6. keterangan : kedua pihak siap bermain api, siapa lengah akan fatal.


Spoiler for Serangan


1. Serangan Grob. 1.g4. keterangan : Nilai kejutannya luar biasa, tapi tidak banyak mendukung posisi Putih.
2. Serangan Marshall. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gb5 a6 4. Ga4 Kf6 5. 0-0 Ge7 6. Be1 b5 7. Gb3 0-0 8. c3 d5. keterangan : Perlawanan aktif para perwira Hitam terhadap Raja putih sangat disukai semua pemain penyerang.
3. Serangan Larsen. 1. b3. keterangan : Gaya hypermodern dengan fianseto Putih

Lain-lain
Quote:

1. Pembukaan Bird. 1. f4. keterangan : Ide strateginya, terutama menguasai e5, mirip dengan Pertahanan Belanda.
2. Pembukaan Gajah Raja. 1. e4 e5 2. Gc4. keterangan : Upaya Putih memainkan Gajah agar cepat menekan sayap Raja hitam.
3. Pembukaan Inggris. 1. c4. keterangan : Pembukaan populer yang sering bertranposisi, memiliki pertempuran posisi yang kompleks.
4. Pembukaan Empat Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Kf6 Kc3. keterangan : Permainan solid jika kedua pihak tidak berupaya dinamis
5. Pembukaan Reti. 1. Kf3. keterangan : Sistem hypermodern yang mengawasi medan-tengah dari jarak jauh. Cirinya ialah manuver yang lamban dan berpeluang main sebagai Hitam dengan menang satu tempo.
6. Pembukaan Spanyol/Ruy Lopez. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gb5. keterangan : Pembukaan sangat populer. Putih langsung menekan medan-tengah Hitam. Pertempuran bisa menjurus sangat tajam atau bergaya posisionil.
7. Pembukaan Skot. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 d4. keterangan : Pembukaan ini bersifat memaksa dan balasan Hitam agak terbatas. Putih dapat mengendalikan permainan.
8. Pembukaan Tiga Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Kc3. keterangan : Langkah Putih hanya pengembangan buah, tidaklah memberi masalah apa-apa bagi Hitam.
9. Pembukaan Wina. 1. e4 e5 2. Kc3. keterangan : Putih berkembang dengan tenang, namun tetap menyiapkan f4 yang tajam.
10. Pembukaan Benko. 1. g3. keterangan : Gaya hypermodern Putih dengan tema pertahanan fianseto terbalik.
11. Sistem Katalan. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. g3. keterangan : Putih menghindar dari variasi yang lazim dengan arah perkembangan buah yang lebih dinamis dan ikut gaya hypermodern.
12. Sistem Colle. 1. d4 d5 2. Kf3 Kf6 3. e3 c5 4. c3. keterangan : Sistem solid dengan tujuan strategi yang mudah dimengerti.


dijelaskan dengan gambar, lebih mudah dipahami gan D
http://www.chessvideos.tv/chess-diagram-generator.php
T43KO - 09/11/2010 12:43 AM
#20

Quote:
Original Posted By domenk
Lain-lain


dijelaskan dengan gambar, lebih mudah dipahami gan D
http://www.chessvideos.tv/chess-diagram-generator.php
Page 1 of 381 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > [CATUR] Tempat Ngumpulnya Pecinta Catur / Chess Lovers (yang mau belajar juga boleh)