Germany
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Germany > gaji di jerman
Total Views: 6019 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 

babyduck - 01/07/2010 12:16 AM
#21

Quote:
Original Posted By Tyrion
2000 netto sebulan termasuk kecil brur.... beer:


itu udah lumayan kale,
lo tanya noh anak2x yg pada lagi nyari gawe dan barusan dapet gawe
1800-2200 rata2x jd 2000 tengah2x

kalo buat model sih emang kecil ngakak
Tyrion - 01/07/2010 04:29 PM
#22

Quote:
Original Posted By babyduck
itu udah lumayan kale,
lo tanya noh anak2x yg pada lagi nyari gawe dan barusan dapet gawe
1800-2200 rata2x jd 2000 tengah2x

kalo buat model sih emang kecil ngakak


maksud gw allgemein 2000 itu kecil... stidaknya berdasar dari gehaltsspiegel...
beer:
fxba77 - 01/07/2010 04:55 PM
#23

Quote:
Original Posted By Panzerfaustdiv
buat yg di de, standard Anfanggehalt 40k-50k itu buat lulusan jerman rasanya. Si ts gak tau ane backgroundnya dari pengalaman kerja dan akademisnya, tapi kalo seinget gue jaman sekarang perusahaan jerman gak perlu nyari matador lokal masuk ke jerman, jadi dia mau ngepost ini Stelle emang di Ausland dimana standard gajinya ya standard gaji lokal, misalnya expat di jakarta ato di malaysia. Jadi kaga bisa disamain sama ente2 yg mungkin punya selembar ijazah dari De, karena kalian lokal matador, bisa nego minimal 40k. Di de aja bejibun orang (Ausländer) yg nyari kerja dgn ijasah diplom ato master belom tentu dapet stelle, apalagi yg masih di belahan dunia sana. Jadi jgn ngasih impian indah yg gak realistis buat TS.
Buat TS, lo mestinya cari info kalo mau ditempatin dimana ya disono standarnya berapa, bukan standard di De, karena di DE ribet aturannya, ada Sozialversicherung, Mindestlohn, Gewerkschaft, etc yg di bagian dunia laen masih impian atau gak akan pernah ada.


Lagian satu hal lagi yang gak boleh dilupain... buat orang asing yang bukan lulusan jerman tentu aja butuh ijin kerja buat kerja di jerman.... dan itu mereka kena yang namanya Vorrangprüfung DAN Bedingungsprüfung (jadi dua duanya)... beda sama lulusan Jerman yang cuma kena Bedingungsprüfung (berlaku sejak tahun 2005)

VORRANGPRÜFUNG:
Perusahaan mesti buka lowongan pekerjaan ini di homepagenya Arbeitsamt selama minimal 6 minggu, kalo mereka bisa bikin Arbeitsamt sama ABH yakin kalo gak ada orang-orang yang lebih berhak (orang Jerman, orang EU, atau orang asing yang punya Niederlassungserlaubnis atau Daueraufenthalt-EG) yang cocok atau tertarik sama lowongan yang ditulis baru deh itu lowongan boleh dikasih ke orang asing yang bukan lulusan jerman.

BEDINGUNGSPRÜFUNG:
Ini Arbeitsamt sama ABH lihat gaji san kontrak yang ditawarkan. Kalo gaji di bawah rata2 atau ada kontrak yang isinya gak sesuai sama standard jerman, maka ijin kerja juga gak dikasih. Ini untuk mencegak perusahaan ngambil orang asing dengan gaji murah padahal di jerman sendiri udah banyak pengangguran.....

buat ijin kerja ini bisa 3-4 minggu (kalo cuma BEDINGUNGSPRÜFUNG) atau sampe 3-5 bulan kalo pake VORRANGSPRÜFUNG.
fxba77 - 01/07/2010 04:59 PM
#24

Quote:
Original Posted By Tyrion
maksud gw allgemein 2000 itu kecil... stidaknya berdasar dari gehaltsspiegel...
beer:


menurut gua gaji BERSIH 2000 EURO (artinya kotor sekitar 3500 EURO) itu allgemein udah cukup lumayan......tergantung FACH, Titel sama kerja di mana (Firma gede/kecil, Uni/FH)....
soalnya kalo di Öffentliche Dienst lulusan Promotionstudium aja juga dapetnya sekitar segitu....

2000 bersih itu kecil kalo elu lihat spesifikasi khususnya, jadi allgemein 2000 bersih sebulan itu udah lumayan
Tyrion - 01/07/2010 09:00 PM
#25

Quote:
Original Posted By fxba77
menurut gua gaji BERSIH 2000 EURO (artinya kotor sekitar 3500 EURO) itu allgemein udah cukup lumayan......tergantung FACH, Titel sama kerja di mana (Firma gede/kecil, Uni/FH)....
soalnya kalo di Öffentliche Dienst lulusan Promotionstudium aja juga dapetnya sekitar segitu....

2000 bersih itu kecil kalo elu lihat spesifikasi khususnya, jadi allgemein 2000 bersih sebulan itu udah lumayan


wakakkaa... kayaknya pada salah intrepetasi kalimat gw nih....

allgemein disini tentu aja bezogen allgemein di fach yg TS nanya...
kalo misalnya kerja di sozialem Bereich, tentu aja lumayan... bahkan WAH
dan tentu aja yg gw maksud bukannya dari berapa banyak teman2 kita yg dapet dibawah grenze 2000, maka 2000 itu jadi lumayan shakehand

skali lagi gan... 2000 bersih itu termasuk kecil mnurut yg gw baca dan gw lumayan setuju DD
rOckStar_AbiZ - 01/07/2010 09:46 PM
#26

mumpung masi pada ngomongin gaji... secara kita kerja emang butuh gaji, semakin besar semakin bagus beer:

ogut mau nanya nih... emang sih pasaran gaji di jerman netto-nya 2000 itu kan untuk fresh graduate kan? nah kalo kita udah kerja diperusahaan yang sama selama plus-minus 10 tahun kira2 naik jadi berapa gan kalo dijerman?

kalo di middle east, untuk kita orang ASIA, average fresh graduate netto (dalam euro) 1300-1500 trus setelah 4-5 th kerja naik jadi 2000 an trus setelah 10 th pengalaman kerja bisa nego 3000, kalo dapet kerja di perusahaan asing banyak yg gajinya diatas 4000 netto.

tolong gan yg kerja dijerman gimana nih masalah kenaikan gaji dijerman penjelasannya..

note: angka diatas untuk bidang architectural & civil engineering, kalo yg kerja diperusahaan minyak jangan dibahas dah.. pusing ntar duitnya banyak bgt DDD
pantherp - 07/07/2010 06:36 PM
#27

Quote:
Original Posted By Panzerfaustdiv
buat yg di de, standard Anfanggehalt 40k-50k itu buat lulusan jerman rasanya. Si ts gak tau ane backgroundnya dari pengalaman kerja dan akademisnya, tapi kalo seinget gue jaman sekarang perusahaan jerman gak perlu nyari matador lokal masuk ke jerman, jadi dia mau ngepost ini Stelle emang di Ausland dimana standard gajinya ya standard gaji lokal, misalnya expat di jakarta ato di malaysia. Jadi kaga bisa disamain sama ente2 yg mungkin punya selembar ijazah dari De, karena kalian lokal matador, bisa nego minimal 40k. Di de aja bejibun orang (Ausländer) yg nyari kerja dgn ijasah diplom ato master belom tentu dapet stelle, apalagi yg masih di belahan dunia sana. Jadi jgn ngasih impian indah yg gak realistis buat TS.
Buat TS, lo mestinya cari info kalo mau ditempatin dimana ya disono standarnya berapa, bukan standard di De, karena di DE ribet aturannya, ada Sozialversicherung, Mindestlohn, Gewerkschaft, etc yg di bagian dunia laen masih impian atau gak akan pernah ada.


Menurutku logika kamu kebalik.

Pada dasarnya perusahaan diwajibkan mencari pegawai di pasar kerja lokal. Kalau dia meng-hire dari luar, dia harus memberi alasan yang kuat. Mengingat ribetnya mencari pegawai dari luar, bisa disimpulkan bahwa hal ini hanya dilakukan bila kemampuan yang diperlukan memang tidak bisa dipenuhi oleh pasar lokal.

Skill yang "istimewa" ini tentunya harus dihargai lebih dari tenaga lokal. Ijazah, mau dari Hongkong atau dari Grogol, sudah tidak relevan lagi.

Di samping itu, menurut saya, kalau dihire dari Indo untuk kerja di Jerman, ya harus minta dibayar lebih dari orang jerman dong - kan pengorbanan yang diberikan juga lebih banyak. "Lebih" ini bisa berupa nominal, bisa berupa benefit seperti tiket pp sekali setahun untuk keluarga. Setidaknya itu pengalaman seorang kawan yang kerja di PMA Jerman di Jakarta lalu ditawari posisi di Jerman.

Selain itu Arbeitsamt juga melarang praktek salary dumping seperti itu karena bisa merusak pasar gaji di sini.

Pada dasarnya kita harus menjaga nilai jual kita - jangan mau dibeli "murah".

Ingat: kalau perusahaan mau merekrut kita, berarti mereka mengakui dan membutuhkan skill kita - posisi kita dalam perundingan tawar-menawar adalah sejajar.

Good luck!
Idepz - 07/07/2010 06:53 PM
#28

Panzerfaustdiv - 10/07/2010 02:03 AM
#29

Quote:
Original Posted By pantherp
Menurutku logika kamu kebalik.

Pada dasarnya perusahaan diwajibkan mencari pegawai di pasar kerja lokal. Kalau dia meng-hire dari luar, dia harus memberi alasan yang kuat. Mengingat ribetnya mencari pegawai dari luar, bisa disimpulkan bahwa hal ini hanya dilakukan bila kemampuan yang diperlukan memang tidak bisa dipenuhi oleh pasar lokal.

Skill yang "istimewa" ini tentunya harus dihargai lebih dari tenaga lokal. Ijazah, mau dari Hongkong atau dari Grogol, sudah tidak relevan lagi.

Di samping itu, menurut saya, kalau dihire dari Indo untuk kerja di Jerman, ya harus minta dibayar lebih dari orang jerman dong - kan pengorbanan yang diberikan juga lebih banyak. "Lebih" ini bisa berupa nominal, bisa berupa benefit seperti tiket pp sekali setahun untuk keluarga. Setidaknya itu pengalaman seorang kawan yang kerja di PMA Jerman di Jakarta lalu ditawari posisi di Jerman.

Selain itu Arbeitsamt juga melarang praktek salary dumping seperti itu karena bisa merusak pasar gaji di sini.

Pada dasarnya kita harus menjaga nilai jual kita - jangan mau dibeli "murah".

Ingat: kalau perusahaan mau merekrut kita, berarti mereka mengakui dan membutuhkan skill kita - posisi kita dalam perundingan tawar-menawar adalah sejajar.

Good luck!


no offense mas, anda gak nyambung sama duduk permasalahannya.

Good luck? Ane udah ga cari kerja gan udah mau Rente D
Panzerfaustdiv - 10/07/2010 02:39 AM
#30

Quote:
Original Posted By fxba77
Lagian satu hal lagi yang gak boleh dilupain... buat orang asing yang bukan lulusan jerman tentu aja butuh ijin kerja buat kerja di jerman.... dan itu mereka kena yang namanya Vorrangprüfung DAN Bedingungsprüfung (jadi dua duanya)... beda sama lulusan Jerman yang cuma kena Bedingungsprüfung (berlaku sejak tahun 2005)

VORRANGPRÜFUNG:
Perusahaan mesti buka lowongan pekerjaan ini di homepagenya Arbeitsamt selama minimal 6 minggu, kalo mereka bisa bikin Arbeitsamt sama ABH yakin kalo gak ada orang-orang yang lebih berhak (orang Jerman, orang EU, atau orang asing yang punya Niederlassungserlaubnis atau Daueraufenthalt-EG) yang cocok atau tertarik sama lowongan yang ditulis baru deh itu lowongan boleh dikasih ke orang asing yang bukan lulusan jerman.

BEDINGUNGSPRÜFUNG:
Ini Arbeitsamt sama ABH lihat gaji san kontrak yang ditawarkan. Kalo gaji di bawah rata2 atau ada kontrak yang isinya gak sesuai sama standard jerman, maka ijin kerja juga gak dikasih. Ini untuk mencegak perusahaan ngambil orang asing dengan gaji murah padahal di jerman sendiri udah banyak pengangguran.....

buat ijin kerja ini bisa 3-4 minggu (kalo cuma BEDINGUNGSPRÜFUNG) atau sampe 3-5 bulan kalo pake VORRANGSPRÜFUNG.


perasaan dulu gue ada itu yg namanya vorrangsprüfung, jadi sebelom dapet arbeitserlaubnis mesti dapet lampu ijo dulu dari bundesagentur f arbeit, tapi itu udah lama banget. Denger2 belakangan katanya emang udah gak ada lagi buat lulusan de.

bedingungsprüfung sebenernya bisa gak berlaku buat fachkräfte/hochqualifizierte, ente pasti lebih tau artikel2nya. Grob gesagt, ada batas minimal gajinya 75 k oder sowas.

Tapi kan ts bukan ini, ich meine kalo it fachkraft buat game belom termasuk yg 75k sampe perlu ngimpor dari indonesia, masih banyak ukraine2 yg belom dapet kerja dan dibayar 50 k juga udah rebutan.
Panzerfaustdiv - 10/07/2010 02:53 AM
#31

Quote:
Original Posted By rOckStar_AbiZ
mumpung masi pada ngomongin gaji... secara kita kerja emang butuh gaji, semakin besar semakin bagus beer:

ogut mau nanya nih... emang sih pasaran gaji di jerman netto-nya 2000 itu kan untuk fresh graduate kan? nah kalo kita udah kerja diperusahaan yang sama selama plus-minus 10 tahun kira2 naik jadi berapa gan kalo dijerman?

kalo di middle east, untuk kita orang ASIA, average fresh graduate netto (dalam euro) 1300-1500 trus setelah 4-5 th kerja naik jadi 2000 an trus setelah 10 th pengalaman kerja bisa nego 3000, kalo dapet kerja di perusahaan asing banyak yg gajinya diatas 4000 netto.

tolong gan yg kerja dijerman gimana nih masalah kenaikan gaji dijerman penjelasannya..

note: angka diatas untuk bidang architectural & civil engineering, kalo yg kerja diperusahaan minyak jangan dibahas dah.. pusing ntar duitnya banyak bgt DDD


Gaji naek pasti ada walau sedikit. Itu juga tergantung firmanya ikut gewerkschaft gak? kaya kemaren pilot lufthansa tuh, gaji udah bagus tapi mereka punya gewerkschaft agak2 blöd sampe minta naek gaji padahal gak kurang sebenernya. Masih ada ver.di atau IG Metall.

Soal kerja berapa lama ada bonus jubiläum tiap 10 dan 25 tahun.
Tapi yg mutusin gaji gede itu adalah perjalanan karir orang tsb. Kalo ga dapet forderung/promotion/naek pangkat etc, ya ga naek dgn signifikan itu gaji.

Misalnya mulai kerja di satu Abteilung jadi junior Entwicklungsingeneur, kalo dalem 5 tahun ga dapet Förderung entah minimal senior Ing bahkan kadang Vizemanager oder ähnliches, ya mikir2 cari kerja di firma yg laen dgn gaji yg lebih gede dgn modal 5 tahun kerja, entsprechend deiner Erfahrung. Kalo emang orangnya berharga buat tuh firma, mau gak mau pasti dipromosiin dan level karirnya naek, gaji juga.
fxba77 - 12/07/2010 04:10 PM
#32

Quote:
Original Posted By Panzerfaustdiv
perasaan dulu gue ada itu yg namanya vorrangsprüfung, jadi sebelom dapet arbeitserlaubnis mesti dapet lampu ijo dulu dari bundesagentur f arbeit, tapi itu udah lama banget. Denger2 belakangan katanya emang udah gak ada lagi buat lulusan de.

bedingungsprüfung sebenernya bisa gak berlaku buat fachkräfte/hochqualifizierte, ente pasti lebih tau artikel2nya. Grob gesagt, ada batas minimal gajinya 75 k oder sowas.

Tapi kan ts bukan ini, ich meine kalo it fachkraft buat game belom termasuk yg 75k sampe perlu ngimpor dari indonesia, masih banyak ukraine2 yg belom dapet kerja dan dibayar 50 k juga udah rebutan.


Vorrangprüfung udah gak ada lagi buat lulusan DE sejak tahun 2005, sejak diberlakukannya Revisi Aufenthaltsgesetz sama Beschäftigungsverordnung yang baru..... jadi Vorrangprüfung itu cuma buat orang asing yang gak kuliah di jerman.....
selbst buat lulussan Jerman yang udah balik abis ke indon atau udah sempet kerja di negara lain selain jerman, kalo misalnya dapet kerja di jerman, tetep gak kenal vorrangprüfung, jadi ini berlaku buat lulusan jerman egal kapan pun juga.....

Yang namanya Bedingungsprüfung itu kan jelas biar gak ngerusak pasar gaji di jerman... kalo Hochqualifiziert yang gajinya 75k per tahun, jelas lah gak ngerusak pasar gaji jerman, jadi sebenernya mereka tetep kena bedingungsprüfung tapi harusnya gak ada masalah.... dan inget bedingungsprüfung itu gak cuma Prüfen gaji, tapi juga Vertragliche Bedingung yang lain... makanya kenapa kita mesti lampirin Arbeitsvertrag kita kalo mau Antrag Arbeitserlaubnis......

kalo Fach IT, setahu gua emang Jerman lagi kurang tenaga IT, berita terakhir (lupa kapan dan di mana bacanya) kalo di Jerman masih kurang 8000 Tenaga IT... makanya kenapa tenaga IT dari luar meski gak bisa jerman tapi tetep gampang cari kerja disini...
harry8 - 14/07/2010 09:12 PM
#33

Jerman kekurangan tenaga IT? beritanya dimana ya? gw lagi coba2 ngelamar kerja di jerman tapi bahasa jerman masih sangat2 dasar
fxba77 - 15/07/2010 03:42 PM
#34

Quote:
Original Posted By harry8
Jerman kekurangan tenaga IT? beritanya dimana ya? gw lagi coba2 ngelamar kerja di jerman tapi bahasa jerman masih sangat2 dasar


beritanya di mana udah gak tahu deh, bacanya udah bbrp bulan yang lalu...... asal elu punya cukup pengalaman coba2 aja ngelamar, siapa tahu dapet, bahasa yang penting itu minimal A1/A2 soalnya itu syarat bikin Visa.... tapi dari perusahaan sendiri biasanya gak mewajibkan bisa bhs jerman, apalagi kalo orang IT kan gak kontak sama konsumen, jadi bhs jerman standard cukup lah harusnya buat hidup sehari2.....
tapi kalo baru lulus dan gak ada pengalaman kayaknya sulit juga....
babyduck - 15/07/2010 10:01 PM
#35

lulusan mari aje susah dapet kerja, apalagi dr luar hammer:
Tyrion - 15/07/2010 10:21 PM
#36

Quote:
Original Posted By babyduck
lulusan mari aje susah dapet kerja, apalagi dr luar hammer:


tergantung lo kerja di bagian apa bek
babyduck - 15/07/2010 10:32 PM
#37

tetep aje, scheiss egal dikoran ato dimajalah tulisnya ape,
byk fakta yg didepan mata kok D

kalo pun dapet, belum tentu visanya keluar D
Tyrion - 15/07/2010 10:37 PM
#38

Quote:
Original Posted By babyduck
tetep aje, scheiss egal dikoran ato dimajalah tulisnya ape,
byk fakta yg didepan mata kok D

kalo pun dapet, belum tentu visanya keluar D


oyah?
gw malah uda jarang (ga pernah lagi) denger visa kerja kaga kluar....
biasa kalo kaga kluar gara2 gaji minimalnya kaga terpenuhi
babyduck - 15/07/2010 10:40 PM
#39

Quote:
Original Posted By Tyrion
oyah?
gw malah uda jarang (ga pernah lagi) denger visa kerja kaga kluar....
biasa kalo kaga kluar gara2 gaji minimalnya kaga terpenuhi


itu die, zaman skr perusahaan kasih gaji kecil2x, hoki2x kalo lo dapet perusahaan gede yg punya standar gaji gede, kalo kaga, ya gitu D
Tyrion - 15/07/2010 10:49 PM
#40

Quote:
Original Posted By babyduck
itu die, zaman skr perusahaan kasih gaji kecil2x, hoki2x kalo lo dapet perusahaan gede yg punya standar gaji gede, kalo kaga, ya gitu D


ah itu mah perasaan dek panto aja o
Page 2 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Germany > gaji di jerman