Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
Total Views: 200386 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 296 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

pria3istri - 28/06/2010 10:52 PM
#21

Quote:
Original Posted By mundarang
kalo yang di dekat bundaran baron itu kadang saya lihat ada yang gelaran di bawah, diantara pedagang barang2 bekas mas...Gimana disitu mas?

Saya juga pernah lihat di alun2 Lor Solo yang di dekat penjual batu2 akik (di bawah pendopo kalo gak salah) bukan kios sih. kerisnya sih tua, tapi harganya menurut saya tergolong tinggi. hehe memang paling enak nyegat pengepul setor, tapi kan rodo saru mas...iya kalo yg punya kios mempersilahkan. biasanya kan tetep saru dong mas.
teman-teman justru menyarankan ke Jebres lho mas.
pakai metode tebar pukat harimau saja mas...hehe
memang paling enak itu dengan metode BEJO-BEJONAN...
kalo berjodoh gak lari kemana yo mas.Di jakarta sama saja kok mas. dengan modal yg cekak gini cuma bisa njaring se kenanya saja. paling banter nantinya tuker tambah saja sama wilah yg lebih bagus....soal nemu pusoko. Ki JP itu ahlinya....halow ki JP, sampeyan dimana ki kok ngak nongol-nongol...apa masih telaten ngintip PB nya itu ki? kalo out of range ya direlakan saja ki.


kalo di baron saya cuma pernah dikasih tau tapi blm pernah nyoba
utk jebres malah ga pernah kesana, jebres sisi mana ya?
yah soal nyegat bakul... ya relatif saru atau tdk, kalo emang kena ditangan ya... kasih aja fee ke pemilik kios, kadang2 sih biar diambil pemilik kios dulu baru kita ambil, mereka mo tarik harga tinggi dr kita juga sungkan krn kita uda tau harga dia beli toh D curang dikit toh msh legal \)


Quote:
Original Posted By Tel1kSand1
ten alun2 solo banyak keris barunya juga to?
mbedakkene keris lama dan keris baru dibuat seperti lama gimana ya caranya?

iloveindonesia


soal bedain barang tua dan baru ya... tinggal kerisnya diajak "ngobrol" hahahaha
joke aja lho mas D

ini sekedar masalah kebiasaan kok, kalo diteorikan saya ini orang bodo, mungkin pak hidayat yg lebih pinter kasih penjelasan, saya sih cuma dari kebiasaan aja, dan lagi juga blm begitu pinter sih, kadang2 matanya msh lamur rada2 sulit gitu \)
pria3istri - 28/06/2010 10:54 PM
#22

Quote:
Original Posted By decyand
mas klo kaya gitu harga per satuan ato borongan mas biasanya???
nyampe brapa mas? wah klo ada mendingan cari disana ya....


wah kalo saya tetap beli ya sebiji sebiji, malas kalo disuruh borong, soalnya kan bukan bakul mas, kalo yg kaga jelas trus mau saya kemanain coba D

harga ya relatif mas, mulai dari cuman 100 rebu sampe jutaan \)
tergantung kualitas yg didapat dan pengetahuan yg jual mengenai dagangannya. kadang2 bisa dibilang adu pinter ama bakulnya, hehehehe
sawo kecik - 29/06/2010 11:34 AM
#23

Quote:
Original Posted By mundarang
kalo yang di dekat bundaran baron itu kadang saya lihat ada yang gelaran di bawah, diantara pedagang barang2 bekas mas...Gimana disitu mas?

Saya juga pernah lihat di alun2 Lor Solo yang di dekat penjual batu2 akik (di bawah pendopo kalo gak salah) bukan kios sih. kerisnya sih tua, tapi harganya menurut saya tergolong tinggi. hehe memang paling enak nyegat pengepul setor, tapi kan rodo saru mas...iya kalo yg punya kios mempersilahkan. biasanya kan tetep saru dong mas.
teman-teman justru menyarankan ke Jebres lho mas.
pakai metode tebar pukat harimau saja mas...hehe
memang paling enak itu dengan metode BEJO-BEJONAN...
kalo berjodoh gak lari kemana yo mas.Di jakarta sama saja kok mas. dengan modal yg cekak gini cuma bisa njaring se kenanya saja. paling banter nantinya tuker tambah saja sama wilah yg lebih bagus....soal nemu pusoko. Ki JP itu ahlinya....halow ki JP, sampeyan dimana ki kok ngak nongol-nongol...apa masih telaten ngintip PB nya itu ki? kalo out of range ya direlakan saja ki.



O keris PB toh yg diintip, lagi sedih tuh katanya keduluan hehehe
mundarang - 29/06/2010 12:19 PM
#24

Quote:
Original Posted By sawo kecik
O keris PB toh yg diintip, lagi sedih tuh katanya keduluan hehehe


hari gini kok ngintip PB....wkwkwkwk
badbree - 29/06/2010 12:28 PM
#25

Wah,mlebet babagan berburu jd ingat buruan saya mbeleset karena kecerobohan saya \( saya lg musim mbleset smua hiks..numpang curhat..##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
deoloit - 29/06/2010 01:40 PM
#26

Quote:
Original Posted By badbree
Wah,mlebet babagan berburu jd ingat buruan saya mbeleset karena kecerobohan saya \( saya lg musim mbleset smua hiks..numpang curhat..##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2


Tenang ajah ... kan masih ada bro wekekeke ,,,,,,
IneMBohay - 29/06/2010 01:48 PM
#27
http://www.kaskus.us/newreply.php?do=newreply&noquote=1&p=237178480
hampura nubie merepotkan sebelumnya

mau nanya apa yg harus neng lakukan ama keris ini \(

warisan leluhur dari mataram tapi neng g tau harus di apain supaya keliatan pamornya....

sekiranya sesepuh dsini bisa membantu neng hatur nuhun banget sebelumnya \)



##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
timun suri - 29/06/2010 02:18 PM
#28

Quote:
Original Posted By IneMBohay
hampura nubie merepotkan sebelumnya

mau nanya apa yg harus neng lakukan ama keris ini \(

warisan leluhur dari mataram tapi neng g tau harus di apain supaya keliatan pamornya....

sekiranya sesepuh dsini bisa membantu neng hatur nuhun banget sebelumnya \)





shakehand , Selamat Sist masih mempunyai tinggalan leluhurnya. Dirawat sist itu tinggalan leluhur yang adi Luhung loh
memang sudah tidak ada handle(deder)nya yach
kalau Sist Dijakarta bisa kok minta diwarangi ke tempate Mas To atau Mas Jum biar keliatan Pamor dan ngilangin karat2nya.
Kalau ditempatnya mas to bisa sekalian minta resparasi rangka sekaligus minta dibuatkan dedernya biar lengkap.

salam
TS
crdsa9 - 29/06/2010 02:31 PM
#29
Moho Pencerahan Para Sesepuh Tentang Keris Yang Satu Ini ( Kyai Nogo )
Kalau ada yang berkenan saya mohon untuk pencerahan yang sejelas jelasnya...
Maklum...masih awam masalah keris...
Matur suwun...

##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
IneMBohay - 29/06/2010 02:38 PM
#30

Quote:
Original Posted By timun suri
shakehand , Selamat Sist masih mempunyai tinggalan leluhurnya. Dirawat sist itu tinggalan leluhur yang adi Luhung loh
memang sudah tidak ada handle(deder)nya yach
kalau Sist Dijakarta bisa kok minta diwarangi ke tempate Mas To atau Mas Jum biar keliatan Pamor dan ngilangin karat2nya.
Kalau ditempatnya mas to bisa sekalian minta resparasi rangka sekaligus minta dibuatkan dedernya biar lengkap.

salam
TS


wah makasi banyak infonya mas \)

btw boleh minta no hpe beliau ama alamatnya maaf merepotkan lgi....

dedernya yg terbuat dari emas udah djual ama cucu angkat eyang saya \(
yg 1 ada tpi udh lepas.....sy tinggal di bsd mas \).....

oia maaf merepotkan lg...soal biaya kira'' abis berapa ya malu:
timun suri - 29/06/2010 02:53 PM
#31

Quote:
Original Posted By IneMBohay
wah makasi banyak infonya mas \)

btw boleh minta no hpe beliau ama alamatnya maaf merepotkan lgi....

dedernya yg terbuat dari emas udah djual ama cucu angkat eyang saya \(
yg 1 ada tpi udh lepas.....sy tinggal di bsd mas \).....

oia maaf merepotkan lg...soal biaya kira'' abis berapa ya malu:


Sist,

Ditempat mas to biaya service rangka rata2 50 rbu ( tergantung rusaknya).
Mewarangi 50 rbu
buat deder baru 75-100 rbu, biasanya sudah dikasih mendak ( tergantung Bahan )
No kontak mas to sudah saya kirim via messege

salam
TS
crdsa9 - 29/06/2010 03:20 PM
#32

Quote:
Original Posted By crdsa9
Kalau ada yang berkenan saya mohon untuk pencerahan yang sejelas jelasnya...
Maklum...masih awam masalah keris...
Matur suwun...

##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2


Tolong donk poro sesepuh..
Monggo d komentari...
hix hix hixi hxihx...ilovekaskus
sambernyowo77 - 29/06/2010 04:04 PM
#33
mempergunakan
maaf jika da yang salah dalam bahasa saya para sesepuh,saya mempunyai 2 pusaka tobak dan keris tapi bingung menggunakan powernya?????.saya sudah coba berbagai cara,(ditiduri bawah bantal,di bacain,dll) sesuai dengan ajaran2 yang diberi oleh tmn2 dan para orang linuih yg mempunyai berbagai macam pusaka namun tetep tdk berhasil.thx jjika da yang berkenan memberikan saran.
jeruk purut - 29/06/2010 04:46 PM
#34

Quote:
Original Posted By mundarang
Ki JP itu ahlinya....halow ki JP, sampeyan dimana ki kok ngak nongol-nongol...apa masih telaten ngintip PB nya itu ki? kalo out of range ya direlakan saja ki.


Quote:
Original Posted By sawo kecik
O keris PB toh yg diintip, lagi sedih tuh katanya keduluan hehehe


Quote:
Original Posted By mundarang
hari gini kok ngintip PB....wkwkwkwk


pantesan kupingku panas...udah agak lega kok setelah tau harganya....siul:siul:
yang kasihan adalah yg minat tapi gak tau...harusnya dapat pas tangguhnya belum jelas...kalo skg sih udah jelas...ya siapin aja 5x lipatnya kalo masih ngiler...DDPeace:
pria3istri - 29/06/2010 08:55 PM
#35

Quote:
Original Posted By sambernyowo77
maaf jika da yang salah dalam bahasa saya para sesepuh,saya mempunyai 2 pusaka tobak dan keris tapi bingung menggunakan powernya?????.saya sudah coba berbagai cara,(ditiduri bawah bantal,di bacain,dll) sesuai dengan ajaran2 yang diberi oleh tmn2 dan para orang linuih yg mempunyai berbagai macam pusaka namun tetep tdk berhasil.thx jjika da yang berkenan memberikan saran.


tepatnya ditayuh... bukan menggunakan power
menayuh itu tepatnya ngobrol dgn sisi esoteris pusakanya kan, biar ketahuan gunanya apa, caranya gimana, minta dirawat kek apa.

utk menayuh pusaka kalo orangnya msh kosongan ya sebaiknya ditambahkan puasa.
misal: ditaruh sebelah telinga kiri setiap kali tidur dimalam hari (dan sendirian jgn bawa anak ataupun istri) biar kerisnya ga cemburu D , joke ....nah selama nayuh ya berpuasa, terserah anda deh puasanya. tar ditunggu aja entah 3 hari entah 7 hari atau jangan2 butuh 40 hari baru bisa selesai \)
ada macam2 sih tata cara nayuh, tergantung orangnya juga tergantung pusakanya, tapi semua butuh puasa kalo orangnya msh blm mampu.
nah kalo yg uda jago sih cukup dipandangin juga uda beres D

yah kalo kesulitan sekali minta aja sesepuhnya yg katanya linuwih utk menayuhnya, atau pilihan terakhir... orangnya diupgrade dulu levelnya, anggaplah kayak lagi main final fantasy butuh leveling dulu kan.

nah akhirnya sesepuh2 nya uda nongol... ayo2 keris2 nya ditampilin lagi biar nubi2 kayak saya bisa dpt pemandangan \)
pria3istri - 29/06/2010 09:04 PM
#36

Quote:
Original Posted By IneMBohay
wah makasi banyak infonya mas \)

btw boleh minta no hpe beliau ama alamatnya maaf merepotkan lgi....

dedernya yg terbuat dari emas udah djual ama cucu angkat eyang saya \(
yg 1 ada tpi udh lepas.....sy tinggal di bsd mas \).....

oia maaf merepotkan lg...soal biaya kira'' abis berapa ya malu:


soal biaya sandangan relatif mbak, tergantung bahan dan kualitas deder/ukir dan mendaknya.
utk mewarangi... kalo di jkt 50 an ya, kalo di solokarta sekitar 25 an.

omong2 brp lama tdk terawat itu ? sayang sekali pesinya sampe uda ada yg patah, untung cuma pesinya bukan wilahnya.

kalo saya pribadi utk nyuci dilakukan sendiri biar pusakanya seneng di "elus2" hahahaha..., kalo mewarangi baru diserahkan ke org lain soalnya anak msh kecil2 jadi takut kalo warangan2 nya di utik2 bisa berabe
C4hkri5 - 29/06/2010 09:47 PM
#37

Quote:
Original Posted By pria3istri
waduh saya cuman orang kecil di bidang perkerisan mas, di solo aja hanya orang kecil apalagi di ranah nasional.

coba aja ke pak saleh di laweyan, atau bu warini di alun2 blok E kalo ga salah.
blok C pak jerri juga lumayan.
tapi mereka2 ini harga dah rada2 tinggi.

kalo saya pribadi cenderung nongkrongin di salah satu kios, biasanya deket batu2an, kadang2 nongkrong di area blok C. nungguin ada bakul2 kecil yg setor... trus pilah2 dari keris2 yg tampangnya msh amburadul kotor, main tebak2 an kira2 kalo dibersihkan bakal bagus enda. dgn cara kayak begitu dapatnya murah2 mas, tapi ..... ngabisin byk waktu sih.
dlm wkt kira2 1 tahun nongkrong... dgn waktu 2 minggu sekali nongkrong 4-6 jam, baru dapat 3 pusaka yg bener2 lumayan.
yah orang kecil modalnya cuma sabar sih, hahaha

oh iya, kalo model nongkrongin gitu selain dpt nya pusaka sekalian nyari2 kelengkapan2 sandangan, nyari mendak2 lawasan yg msh bahenol susah sih mas, ampir sama repotnya dgn cari pusaka bagus D


seni "menjadi hunting barang antiq",..begitu stelah dicuci sesuai perkiraan...duh rasanya makn nyesss...dihati...D
mmhidayat - 30/06/2010 02:36 AM
#38
Lembaran baru
Salam sejahtera rekan2 semua....
Bagus jika sudah banyak lembaran yang ditorehkan pada thread ini. Sangat menarik untuk disimak dan semoga banyak manfaatnya.

Mengawali lembaran baru saya posting keris dengan wrangka Jogjakarta Pakualaman. Wrangka ini berbeda dengan wrangka gayaman Jogja pada umumnya karena ada paduan antara Jogja - Solo (perhatikan lengkung bagian belakang wrangka yang seperti Gayaman Solo). Wrangka orisinil buatan lama dengan pendok & mendak jene (emas) juga buatan lama.

Salaam,
MH.

##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
badbree - 30/06/2010 03:01 AM
#39

Quote:
Original Posted By deoloit


Tenang ajah ... kan masih ada bro wekekeke ,,,,,,
wah,ki deo memang tiyang sae..hiks..lagi2 hutang budi saya..matur sembah nuwun..##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
deoloit - 30/06/2010 09:28 AM
#40

Quote:
Original Posted By mmhidayat
Salam sejahtera rekan2 semua....
Bagus jika sudah banyak lembaran yang ditorehkan pada thread ini. Sangat menarik untuk disimak dan semoga banyak manfaatnya.

Mengawali lembaran baru saya posting keris dengan wrangka Jogjakarta Pakualaman. Wrangka ini berbeda dengan wrangka gayaman Jogja pada umumnya karena ada paduan antara Jogja - Solo (perhatikan lengkung bagian belakang wrangka yang seperti Gayaman Solo). Wrangka orisinil buatan lama dengan pendok & mendak jene (emas) juga buatan lama.

Salaam,
MH.

##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2
##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2


wew Jangkung .... dapaur kesukaan saya kanjeng ....
Tempa nya sae , menu special pake Kuning telur ...
Matur suhun Kanjeng sampun berbagi PIc , saged kagem reff kawula ...
Page 2 of 296 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI"## - Part 2