CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia
Total Views: 25350 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 48 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

dhani callem - 14/03/2012 11:23 AM
#41

klo foto stasiun yg jaman sekarangnya ada gak TS?jdi bisa bandingin dri foto lama dg foto terbaru
bau_kentut - 14/03/2012 11:24 AM
#42

gw pernah yg ke grobogan. stasiunnya retro banget
kidnkid - 14/03/2012 11:24 AM
#43

yang di surabaya itu sprti dah mau rubuh gan takut
semoga aja ga dirubuhin, tapi dipugar..
selamatkan aset bangsa :cool
sisco21 - 14/03/2012 11:25 AM
#44

wah ngga nyangka stasiun ijo termasuk yang tertua juga. stasiun beos ngga termasuk yah
husein.kta88 - 14/03/2012 11:25 AM
#45

trit jadul jadi HT euy ...
hebat dah ...
shakehand2

XiiaoMeii - 14/03/2012 11:26 AM
#46

bener bener tua
masih berfungsi pula


SALAM SEMBOYAN 35....
timitrisanto - 14/03/2012 11:26 AM
#47

Mantap gan..
Cuman ada di iloveindonesia
Lotto77 - 14/03/2012 11:27 AM
#48

wah ternyata 2 setasiun yang apling sering ane kunjungi di kota ane uda tua banget ya matabelo:
neng setasiun balapan
sm purwosari D
tHefab4 - 14/03/2012 11:29 AM
#49

wah,stasiun semut (surabaya kota) masuk juga ternyata..:2thumbup
sayang, orang lebih mengenal stasiun gubeng dan pasar turi klo mampir di surabaya..ngacir2
pluitdotinfo - 14/03/2012 11:29 AM
#50

Nilai sejarahnya sangat tinggi, tapi sayang beberapa stasiun tidak terurus
yaznimrod - 14/03/2012 11:30 AM
#51

stasiun cimahi jg bangunannya tua gan D
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia
tp udah dipugar sih (dicat ulang p )
erwinsetyawan - 14/03/2012 11:30 AM
#52

station purwosari gan...lokasi strategis tapi masih kalah sama stasiun balapan
renaldyfebian - 14/03/2012 11:32 AM
#53

Quote:
Original Posted By hidayatgoodboy
Sejarah Statiun Kereta dari jaman londo sm jepang terdapat di Indonesia (The Beautiful Country ) Langsung aja gan ke TKP..

10. Stasiun Ijo (1880)
Stasiun Ijo (IJ) adalah stasiun kereta api yang terletak di sebelah barat Stasiun Gombong. Secara administratif, stasiun ini berada di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Selain sebagai stasiun persilangan, fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol terowongan jalur rel (disebut Terowongan Ijo) yang berada di sisi timur stasiun ini. Pengelolaan stasiun yang terletak pada ketinggian +25 m dpl ini berada di bawah Daerah Operasi 5 Purwokerto. Stasiun yang dibangun pada pertengahan tahun 1880-an ini jarang disinggahi oleh kereta api. Stasiun berperon sisi ini memiliki tiga jalur rel.

Spoiler for Stasiun Ijo (1880)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


9. Stasiun Malang Kotalama (1879)
Stasiun Malang Kotalama (MLK) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Sukun, Malang. Stasiun yang berada pada ketinggian +429 m dpl ini berada di Daerah Operasi 8 Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun KA paling selatan yang berada di Kota Malang, dan tertua, dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" dimaksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun belakangan.
Dari Stasiun Malang Kotalama terdapat percabangan rel yang menuju ke Dipo Pertamina.

Spoiler for Stasiun Malang Kotalama (1879)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


8. Stasiun Surabaya Kota (1878)
Stasiun Surabaya Kota (SB) yang populer dengan nama Stasiun Semut terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. Letaknya sebelah utara Stasiun Surabaya Gubeng dan juga merupakan stasiun tujuan terakhir di kota Surabaya dari jalur kereta api selatan pulau Jawa yang menghubungkan Surabaya dengan Yogyakarta dan Bandung serta Jakarta. Stasiun lain yang juga penting di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi yang menghubungkan Surabaya dengan Semarang. Baru dalam masa kemerdekaan, Jawatan Kereta Api mengadakan layanan kereta api antara Jakarta dan Surabaya Pasar Turi melalui Semarang.
Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Surabaya Kota dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibangun sekitar tahun itu. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Dengan meningkatnya penggunaan kereta api, pada tanggal 11 Nopember 1911, bangunan stasiun ini mengalami perluasan hingga ke bentuknya yang sekarang ini.

Spoiler for Stasiun Surabaya Kota (1878
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


7. Stasiun Purwosari (1875)
Stasiun Purwosari (PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m dpl ini berada di Daerah Operasi 6 Yogyakarta.
Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.

Spoiler for Stasiun Purwosari (1875)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


6. Stasiun Solo Balapan (1873)
Stasiun Solo Balapan (kode: SLO, +93m) adalah stasiun induk di Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang. Stasiun ini didirikan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873)

Spoiler for Stasiun Solo Balapan (1873)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


5. Stasiun Kedungjati (1873)
Stasiun Kedungjati (KEJ) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kedungjati, Kedungjati, Grobogan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +36 m dpl ini berada di Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun Kedungjati diresmikan pada bulan 21 Mei 1873. Arsitektur stasiun ini serupa dengan Stasiun Willem I di Ambarawa, bahkan dulu beroperasi jalur KA dari Kedungjati ke Ambarawa, yang sudah tidak beroperasi pada tahun 1976. Pada tahun 1907, Stasiun Kedungjati yang tadinya dibangun dari kayu diubah ke bata berplester dengan peron berkonstruksi baja dengan atap dari seng setinggi 14,65 cm.

Spoiler for Stasiun Kedungjati (1873)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


4. Stasiun Ambarawa (1873)
Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi unik tadi, masih dapat disaksikan berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.

Spoiler for Stasiun Ambarawa (1873)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


3. Stasiun Lempuyangan (1872)
Stasiun Lempuyangan (kode: LPN, +114 m dpl) adalah stasiun kereta api yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Yogyakarta. Stasiun yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 ini melayani pemberhentian semua KA ekonomi yang melintasi Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan beserta dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuman di utara dan Danurejan di selatan

Spoiler for Stasiun Lempuyangan (1872)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


2. Stasiun Semarang Tawang (1868)
Stasiun Semarang Tawang (kode SMT) adalah stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang yang melayani kereta api eksekutif dan bisnis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan melanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Spoiler for Stasiun Semarang Tawang (1868)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


1. Stasiun Semarang Gudang / Tambaksari (1864)
Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 yang diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute ini, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang sekarang dikenal sebagai Gedung Lawang Sewu. Dan tepatnya pada 10 Agustus 1867 sebuah kereta meluncur untuk pertama kalinya di stasiun ini.

Spoiler for Stasiun Semarang Gudang / Tambaksari (1864)
10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia


Semoga gag repost

Setelah di baca jgn lupa di :toast sama di rate ya..
Salam iloveindonesia

sumber : http://opinibureto.blogspot.com/2010/04/10-stasiun-kereta-api-tertua-di.html


apaan lagi ni tread jelek kaya tai kucing goblok bgt sih
acill95 - 14/03/2012 11:32 AM
#54

agan.... keren bgt tuh threadnya cendolbig
koagow - 14/03/2012 11:34 AM
#55

rata2 stasiun tua di smarang ya..baru taw ane nice info gan
jenglotimut - 14/03/2012 11:34 AM
#56

hahahahah10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesiaa
smivht - 14/03/2012 11:35 AM
#57

Lempuyangan punya arti sejarah sendiri buat ane gan,,,

:2thumbup:2thumbup:2thumbup


iloveindonesiasiloveindonesiasiloveindonesias
PhemoNH - 14/03/2012 11:35 AM
#58

Yang paling sering ane denger ya stasiun balapan. biasa diucapin ama agan Didi Kempot ngakak
claribels - 14/03/2012 11:35 AM
#59

statsiun jatinegara ga masuk gan ? ane kira itu udah lama loh kiss
Techma - 14/03/2012 11:36 AM
#60

stasiun menjadi pusat transportasi jaman dahulu dapat menunjukkan kota-kota yang maju pada jaman penjajahan.
Page 3 of 48 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > 10 Stasiun Kereta api tertua di Indonesia