MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###
Total Views: 28471 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 67 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

skyfortune - 03/07/2010 10:00 AM
#21

nanya tentang maslah ariel, yg mestinya di tindak pertama siapa gan hammer:hammer just joke gan D bingung mo nanya apa gan \)
bintangkomunika - 03/07/2010 10:01 AM
#22

bentar dulu gan, ane ngumpulin data kasus dulu yak
Penikmat_Cendol - 03/07/2010 10:03 AM
#23

Quote:
Original Posted By wasrip
ane mau tanya hukum lantas,
ane pernah kena oprasi lantas 2 kali,
ane kan belum punya SIM, masih pelajar
oprasi pertamax ane kena tilang, tapi oprasi kedua dilepasin aja gan, itu gimana?

mohon bantuanya. . . iloveindonesia### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###


Pada prinsipnya, stiap pelanggaran harus dihukum, tapi sebaiknya untuk Pelajar diberikan pengertian dan pendidikan mengenai lalu lintas mengingat Pelajar tentulah org yg terpelajar dan pny logika,bs bedain mana salah dan mana benar, jadi tidak langsung ditilang,cuma kondisinya di lapangan blm tentu stiap aparat kepolisian bisa bersikap itu,jadi kemungkinan besar saat yg kedua kali agan bertemu dgn polisi yg mau memberikan tolerasi&kesempatan kepada agan untuk mengubah sikap agan yg mengendarai ranmor tanpa ada SIM.
Saran ane sih gan,sbaiknya tidak mengendarai ranmor smp ada SIM,ya drpd ditilang terus iloveindonesia
Penikmat_Cendol - 03/07/2010 10:07 AM
#24

Quote:
Original Posted By mblonyot
keren gan trit nya. . ane bukmark ya. .
trus ada pertanyaan juga nih. . ane kan punya tetangga rentenir (yg punya utang juga tetangga ane sih)
dia tuh suka ngancem para korbanya mau laporin ke polisi kalo utangnya gak dibayar. . udah kalo nagih pake teriak2 sampe sekampung pada denger. . gak tega ane liatnya gan sampe ada yg nawarin rumahnya ke emak ane buat bayar utangnya. .
kalo menurut agan kasus itu dari sudut pandang hukum gimana tuh?? yg punya utang bisa beneran d penjara gak?? ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###


Hutang Piutang itu hubungan privat para pihak,ada dalam ranah hukum perdata,jadi klo ada pihak yang meminjam uang namun pembayarannya tidak sesuai dgn yg diperjanjikan berarti telah ada perbuatan wanprestasi (cidera/ingkar janji),org yg wanprestasi bukan dipenjara tapi harus digugat untuk melunasi utangnya,namun dlm praktiknya seringkali pinjam meminjam uang ini bisa masuk ranah pidana dgn landasan pasal 378 KUHP (penipuan),Psl 372 KUHP (penggelapan) atau malah Korupsi (ditempat ane pernah&akhirnya onslag),tp klo aparatnya jeli&clean ga bakalan sperti itu.Justru si penagih yg mengancam sperti itu bs diadukan ke kepolisian krn mlakukan prbuatan tdk mnyenangkan (Pasal 335 KUHP).CMIIW
XTML - 03/07/2010 10:12 AM
#25
Tilang nrobos lampu merah
Gan, kl kena tilang kn nrobos lampu merah, denda resmi di pengadilan brp? proses nya gmn?

Thank you
skyfortune - 03/07/2010 10:28 AM
#26

Quote:
Original Posted By XTML
Gan, kl kena tilang kn nrobos lampu merah, denda resmi di pengadilan brp? proses nya gmn?

Thank you


ck ck ck...agan rupanya suka terobos lampu merah yah hammer
anakaa - 03/07/2010 10:46 AM
#27

ngung mau nanya apa gan D
mblonyot - 03/07/2010 10:47 AM
#28

Quote:
Original Posted By Penikmat_Cendol


Hutang Piutang itu hubungan privat para pihak,ada dalam ranah hukum perdata,jadi klo ada pihak yang meminjam uang namun pembayarannya tidak sesuai dgn yg diperjanjikan berarti telah ada perbuatan wanprestasi (cidera/ingkar janji),org yg wanprestasi bukan dipenjara tapi harus digugat untuk melunasi utangnya,namun dlm praktiknya seringkali pinjam meminjam uang ini bisa masuk ranah pidana dgn landasan pasal 378 KUHP (penipuan),Psl 372 KUHP (penggelapan) atau malah Korupsi (ditempat ane pernah&akhirnya onslag),tp klo aparatnya jeli&clean ga bakalan sperti itu.Justru si penagih yg mengancam sperti itu bs diadukan ke kepolisian krn mlakukan prbuatan tdk mnyenangkan (Pasal 335 KUHP).CMIIW

emangnya gak ada undang2 yg ngatur tentang rentenir ya gan?? kasian orang2 gak punya yg sering jadi korban \( masak utang 5juta bisa jadi 20juta. . ngeriiii. .### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###
Penikmat_Cendol - 03/07/2010 10:58 AM
#29

Quote:
Original Posted By XTML
Gan, kl kena tilang kn nrobos lampu merah, denda resmi di pengadilan brp? proses nya gmn?

Thank you


Kalau menerobos lampu merah adalah pelanggaran terhadap rambu lalu lintas,di ketentuan UU ada ancaman denda maksimalnya,cuma biasanya di tiap daerah antara Pengadilan,Kejaksaan dan kepolisian duduk bersma mbuat tabel denda pelanggaran lalu lintas untuk tiap jenis pelanggaran,dr yg ringan sperti pelanggaran rambu smp yg berat,jd tiap daerah bs brvariasi dendanya,klo ditempat ane untuk planggaran ini denda 25rb,tp klo di Kawasan Tertib Lalin bisa 30rb,prosesnya gampang aj,tinggal dtg ke pengadilan bawa surat bukti planggaran (surat tilang),bs diwakilkan klo ga smpet hadir di persidangan..
T16OR - 03/07/2010 05:03 PM
#30

keren gan trit nya. . ane bukmark ya. .
trus ada pertanyaan juga nih. . ane kan punya tetangga rentenir (yg punya utang juga tetangga ane sih)
dia tuh suka ngancem para korbanya mau laporin ke polisi kalo utangnya gak dibayar. . udah kalo nagih pake teriak2 sampe sekampung pada denger. . gak tega ane liatnya gan sampe ada yg nawarin rumahnya ke emak ane buat bayar utangnya. .
kalo menurut agan kasus itu dari sudut pandang hukum gimana tuh?? yg punya utang bisa beneran d penjara gak?? ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###
seafer123 - 04/07/2010 10:01 AM
#31

pelanggaran lalu lintas yang berat tuh gimana? Apa seumpama keecelakaan, nabrak orang sampai meninggal bisa lolos dr penjara?### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###
Penikmat_Cendol - 04/07/2010 09:09 PM
#32

Quote:
Original Posted By T16OR
keren gan trit nya. . ane bukmark ya. .
trus ada pertanyaan juga nih. . ane kan punya tetangga rentenir (yg punya utang juga tetangga ane sih)
dia tuh suka ngancem para korbanya mau laporin ke polisi kalo utangnya gak dibayar. . udah kalo nagih pake teriak2 sampe sekampung pada denger. . gak tega ane liatnya gan sampe ada yg nawarin rumahnya ke emak ane buat bayar utangnya. .
kalo menurut agan kasus itu dari sudut pandang hukum gimana tuh?? yg punya utang bisa beneran d penjara gak?? ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###


Kan udah dijawab diatas tuh gan,pertanyaannya sama bgt,so jwbnnya sama...

Quote:
Original Posted By seafer123
pelanggaran lalu lintas yang berat tuh gimana? Apa seumpama keecelakaan, nabrak orang sampai meninggal bisa lolos dr penjara?### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###


Pelanggaran lalin yg berat (biasanya ada dlm tabel denda pelanggaran) misalnya ga punya SIM tp mengendarai ranmor,tdk bs mnunjukan STNK tuk ranmornya atau plat nomor dgn STNK tdk sesuai dll...
Klo kecelakaan nabrak org sampai meninggal bukan pelanggaran gan tp kejahatan yg diatur dlm Pasal 359 KUHP,klo terbukti di persidangan gara2 kealpaannya/kesalahannya mengakibatkan org lain meninggal ya harus dijatuhi pidana,bisa pidana penjara atau pidana bersyarat trgantung fakta2 yg ditemukan dipersidangan,khusus untuk terdakwa anak2 bs jg dikenai tindakan sperti dijadikan anak negara atau dikembalikan kpd org tuanya...
Penikmat_Cendol - 05/07/2010 12:25 PM
#33

Klo ada yang mau tanya,silahkan share dimari,PM jg boleh klo emang ingin privasi lebih...

Quote:
Original Posted By mblonyot
emangnya gak ada undang2 yg ngatur tentang rentenir ya gan?? kasian orang2 gak punya yg sering jadi korban \( masak utang 5juta bisa jadi 20juta. . ngeriiii. .### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###


Sepengetahuan ane gan, persoalan rentenir ini sudah jadi fenomena umum,apabila ada pihak yang meminjam uang ke rentenir dan dibebani bunga besar dan pihak itu setuju maka perjanjian pinjam-meminjam itu mengikat mereka selayaknya undang-undang (Pasal 1338 Semua persetujuan yang dibuat sesuai dengan undang-undang berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya.
Persetujuan itu tidak dapat ditarik kembali selain dengan kesepakatan kedua belah pihak, atau. karena alasan-alasan yang ditentukan oleh undang-undang.)
Tapi klo peminjam ternyata berkeberatan dgn besaran bunganya,bisa kok dimintakan pembatalan
hottiger - 05/07/2010 03:33 PM
#34
Masalah Tanah
Kalo masalah tanah/perdata bisa ?
Advencoid - 05/07/2010 03:40 PM
#35

bingung mau nanya apa gan D
kupu.lucu - 05/07/2010 03:55 PM
#36

gan coba tanya nih,
ane minjemin duit ke temen, jumlahnya cukup besar. kan dulu kita buat perjanjian (tertulis, ditandatangani kedua pihak), nah sampe sekarang tanggal perjanjian udah lewat dia bilangnya tarsok terus, alias ntar besok.. masalahnya diperjanjian itu ga ada barang yang dijaminkan, karna ane pikir temen.. gimana ya enaknya gan?
mikronald - 05/07/2010 04:56 PM
#37

gan ane mo nanya, knp setiap orang nagih hutang kebanyakan pake debt colector. ane pernah denger kaya gini, kalau hutang apabila udah pernah dibayar sulit untuk di-perdata-kan soalnya udh ada itikad baik buat ngebayar. tq gan
Penikmat_Cendol - 05/07/2010 09:33 PM
#38

Quote:
Original Posted By kupu.lucu
gan coba tanya nih,
ane minjemin duit ke temen, jumlahnya cukup besar. kan dulu kita buat perjanjian (tertulis, ditandatangani kedua pihak), nah sampe sekarang tanggal perjanjian udah lewat dia bilangnya tarsok terus, alias ntar besok.. masalahnya diperjanjian itu ga ada barang yang dijaminkan, karna ane pikir temen.. gimana ya enaknya gan?


Yang namanya perjanjian ya harus ditepati krn bersifat mngikat layaknya UU bagi para pihak didalamnya.Ada atau tidak adanya brg jaminan sbg syarat peminjaman uang bukanlah masalah,namun sbaiknya untuk nominal tertentu mnggunakan jaminan.Dalam kasus agan kan yg minjem temen,sbaiknya diingatkan dulu scr baik2,klo msh tarsok2 jg mending tunjukkin perjanjiannya,dsitu kan biasany ada hak&kewajiban para pihak serta sanksiny klo tdk memenuhi janji/wanprestasi,klo msh ga mempan lbh baik cari org ketiga yg bs mendamaikan,klo msh nekat ga ada itikad baik jg ya trpaksa pake jalur hukum prdata,tp ini diambil klo nominalnya sbandinglah dg upaya dipersidangan,krn daftarin gugatan ke pengadilan sktr 500rb malah bs lbh,blm ongkos bolak balik ke pengadilan
.So klo bs dselesaikn dluar pngadilan.

Quote:
Original Posted By mikronald
gan ane mo nanya, knp setiap orang nagih hutang kebanyakan pake debt colector. ane pernah denger kaya gini, kalau hutang apabila udah pernah dibayar sulit untuk di-perdata-kan soalnya udh ada itikad baik buat ngebayar. tq gan


Namanya hutang klo blm dibayar tetaplah hutang,mngenai prnh dibayar dan skrg ga mampu lg ya tetap bs diperdata kan,dl ada pihak yg mnggugat org lain krn minjem duit sktr 100jt,janjiny mo dicicil tp stlh bbrp kali cicilan eh ga mampu bayar,akhirnya digugat ke pengadilan,di persidangan trbukti so krn si peminjam pny tanah akhirnya tanahnya disita untuk dilelang menutup hutangnya.
Biasanya pnggunaan debt collector tuk memudahkan pnagihn /pmbayaran aj,kbayangkan klo utang 5jt smp hrs mgugat di Pengadilan bs2 tuh Bank atau leasing krjanya cm sidang aja
Penikmat_Cendol - 05/07/2010 09:48 PM
#39

Quote:
Original Posted By hottiger
Kalo masalah tanah/perdata bisa ?


Spanjang agan setuju sama rules di page one sih ga mslh,masalah mngenai tanah biasanya agak sensitif ya,ane ga bs ngasih solusi kepemilikan tanah/sapa yg lbh berhak atas tanah,krn itu hrs dibuktikan dl dipersidangan,tp klo nanya soal tata cara pndaftran tanah,prosedur gugatan dgn obyek tanah dll ya insya allah bs dijawab deh...
geydi1689 - 05/07/2010 09:59 PM
#40

bingung mau nanya apa gan D
Page 2 of 67 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###