MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###
Total Views: 28471 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 67 of 67 | ‹ First  < 62 63 64 65 66 67

janurkelabu - 11/10/2012 09:52 PM
#1321

Quote:
Original Posted By janurkelabu
1. si penanya dah diambang DO.. gag punya pilihan

2. lo tau gag sih keterpaksaan macam apa yang bisa membatalkan perjanjian?? gila:

3. negosiasi ulang?? lha dy dah teken kontrak kok.. nohope:


saran saya, bawa aja perjanjian itu ke rektorat (klo dah kepepet banget)..
ancem bakal diaduin ke pers klo gag dipecat tuh dosen macam itu.. *rasanya sih saya ada bayangan deh nama dosennya.. DDD
Penikmat_Cendol - 15/10/2012 09:55 AM
#1322

Thanks banget buat temen2 yang udah bantu jawab di trit ini
Sejak Kaskus ga bisa posting via HP jd kesulitan jawab di trit
Tapi ane bakal coba jawab lagi mulai hari ini
tino1990 - 15/10/2012 01:18 PM
#1323

mau nanya gan, ane punya masalah yang sekarang sedang ada di dalam pengadilan negeri.

singkatnya masalah ane adalah sengketa tanah, yaitu tanah orang tua ane dilelang oleh bank karena tunggakan hutang dan sekarang kondisinya sertifikat telah dibalik nama pada pemenang lelang dan lokasi masih ditempati orang tua ane.

Karena kita merasa lelang yang dilakukan oleh pihak oknum bank tersebut tidak sesuai dengan prosedur, maka kita melakukan gugatan.

Di saat perkara gugatan kita masih dalam proses, tiba-tiba kita mendapat anmaning dari pengadilan mengenai eksekusi tanah.

pertanyaan ane, dalam kondisi seperti itu, apakah hal tersebut memungkinkan dan benar? (yang menangani perkara ane dan anmaning eksekusi tanah adalah hakim yang sama)
jazzyblues316 - 15/10/2012 04:45 PM
#1324
masalah beli mobil
Nama saya Jeffry, saya ingin konsultasi mengenai sengketa beli mobil. Pada bulan Juni 2012, saya hendak membeli mobil premium brand dan menandatangani SPK, disertai tanda jadi 25 juta, karena harus menunggu inden. Dijanjikan oleh sales nya bahwa mobil akan tiba bulan September 2012.

Pada awal Agustus 2012 (3 minggu) sebelum hari raya lebaran, saya dihubungi oleh sales nya bahwa mobil sudah datang, dia mengirim foto mobil supaya disiapkan dana untuk pelunasan. Saya memutuskan untuk mengambil KPR dan sudah di approve oleh pihak bank sebelum lebaran, Saya sudah mentransfer DP 598 juta ke dalam akun perusahaan mobil itu. Saya berpikir bahwa mobil akan diantar sebelum lebaran. Tapi berhubung sudah H-3 lebaran, banyak yg sudah cuti, sales nya bilang mobil baru bisa diantar H+5 setelah lebaran.

Saya menunggu sampai hari yang dijanjikan, lalu saya mendapati bahwa ada kesalahpahaman bahwa mobil saya belum datang. Alangkah kecewanya saya, saya sudah mengurus paperwork KPR lalu saya sudah mentransfer 598 juta sebagai DP. Akhirnya saya berbesar hati. Saya meminta uang 598 saya kembali dan perusahaan bersedia mengembalikan, lalu uang tanda jadi sebesar 25 juta masih dipegang perusahaan dengan catatan mobil baru datang minggu kedua September 2012, lalu sampai akhir September 2012 juga belum ada kabar. Lalu saya meminta janji terakhir, dan salesnya menjanjikan tanggal 6 Oktober 2012, kalau tidak terpenuhi batal dan uang tanda jadi 25 juta dikembalikan.

Saya sudah memutuskan cancel karena sudah akhir tahun 2012, lebih baik saya menunggu sampai 2013. Sampai saat ini uang tanda jadi belum dikembalikan. Apakah saya bisa menuntut perusahaan ini?
Penikmat_Cendol - 15/10/2012 05:16 PM
#1325

Quote:
Original Posted By tino1990
mau nanya gan, ane punya masalah yang sekarang sedang ada di dalam pengadilan negeri.

singkatnya masalah ane adalah sengketa tanah, yaitu tanah orang tua ane dilelang oleh bank karena tunggakan hutang dan sekarang kondisinya sertifikat telah dibalik nama pada pemenang lelang dan lokasi masih ditempati orang tua ane.

Karena kita merasa lelang yang dilakukan oleh pihak oknum bank tersebut tidak sesuai dengan prosedur, maka kita melakukan gugatan.

Di saat perkara gugatan kita masih dalam proses, tiba-tiba kita mendapat anmaning dari pengadilan mengenai eksekusi tanah.

pertanyaan ane, dalam kondisi seperti itu, apakah hal tersebut memungkinkan dan benar? (yang menangani perkara ane dan anmaning eksekusi tanah adalah hakim yang sama)

Aanmaning itu merupakan peringatan akan diadakannya eksekusi
Setau ane sih aanmaning itu tidak dilakukan oleh hakim namun oleh Ketua Pengadilan Negeri.
Btw,aanmaning itu dilakukan berdasarkan Putusan Pengadilan ttg tanah itu apa bukan?Kemudiajn gugatan atau perlawanan yang agan lakukan sekarang?
Quote:
Original Posted By jazzyblues316
Nama saya Jeffry, saya ingin konsultasi mengenai sengketa beli mobil. Pada bulan Juni 2012, saya hendak membeli mobil premium brand dan menandatangani SPK, disertai tanda jadi 25 juta, karena harus menunggu inden. Dijanjikan oleh sales nya bahwa mobil akan tiba bulan September 2012.

Pada awal Agustus 2012 (3 minggu) sebelum hari raya lebaran, saya dihubungi oleh sales nya bahwa mobil sudah datang, dia mengirim foto mobil supaya disiapkan dana untuk pelunasan. Saya memutuskan untuk mengambil KPR dan sudah di approve oleh pihak bank sebelum lebaran, Saya sudah mentransfer DP 598 juta ke dalam akun perusahaan mobil itu. Saya berpikir bahwa mobil akan diantar sebelum lebaran. Tapi berhubung sudah H-3 lebaran, banyak yg sudah cuti, sales nya bilang mobil baru bisa diantar H+5 setelah lebaran.

Saya menunggu sampai hari yang dijanjikan, lalu saya mendapati bahwa ada kesalahpahaman bahwa mobil saya belum datang. Alangkah kecewanya saya, saya sudah mengurus paperwork KPR lalu saya sudah mentransfer 598 juta sebagai DP. Akhirnya saya berbesar hati. Saya meminta uang 598 saya kembali dan perusahaan bersedia mengembalikan, lalu uang tanda jadi sebesar 25 juta masih dipegang perusahaan dengan catatan mobil baru datang minggu kedua September 2012, lalu sampai akhir September 2012 juga belum ada kabar. Lalu saya meminta janji terakhir, dan salesnya menjanjikan tanggal 6 Oktober 2012, kalau tidak terpenuhi batal dan uang tanda jadi 25 juta dikembalikan.

Saya sudah memutuskan cancel karena sudah akhir tahun 2012, lebih baik saya menunggu sampai 2013. Sampai saat ini uang tanda jadi belum dikembalikan. Apakah saya bisa menuntut perusahaan ini?

Soal uang tanda jadi berpegangan kepada kesepakatan agan dg perusahaan itu, apakah akan hilang atau dikembalikan. Namun dalam kebiasaan praktek, apabila cancel itu dilakukan oleh pembeli maka biasanya booking fee dianggap hangus, sebaliknya apabila cancel itu dilakukan pihak penjual maka biasanya booking fee dikembalikan. Namun ada juga berbagai varian ketentuan booking fee, karena itu coba dibaca kembali kesepakatan tertulis agan dengan perusahaan itu
#CMIIW
tino1990 - 16/10/2012 11:42 AM
#1326

Quote:
Original Posted By Penikmat_Cendol

Aanmaning itu merupakan peringatan akan diadakannya eksekusi
Setau ane sih aanmaning itu tidak dilakukan oleh hakim namun oleh Ketua Pengadilan Negeri.
Btw,aanmaning itu dilakukan berdasarkan Putusan Pengadilan ttg tanah itu apa bukan?Kemudiajn gugatan atau perlawanan yang agan lakukan sekarang?



tq gan da jawab, anmaning itu dilakukan dasarnya adalah risalah lelang, jadi belum ada putusan inkra dari pengadilan, secara gugatan yang kita lakukan kan masi dalam proses. Gmn itu gan jadinya?
BellaCil - 16/10/2012 03:10 PM
#1327

Quote:
Original Posted By Bizquitecoklat


Sekarang keluarga pelaku nuntut ane ama teman2 ane gan!!
Soalnya wktu kita nangkap tersangkanya tuh, kita mukulin dia juga..
Soalnya kita udah pada emosian..
Manusia mana yg ga emosi klw ngedengar teman atw keluarganya di perkosa gitu..
Nah, jd ntar klw ane ama teman2 ane di pnggil ke kantor polisi, apa pembelaan yg hrus ane ama teman2 ane bilang?


coba pelajari tentang nodweer excess gan... disitu agan bisa "berkelit" dari jeratan pasal penganiayaan...
BellaCil - 16/10/2012 03:43 PM
#1328

Quote:
Original Posted By JengkyWengky
malam gan mau tanya , jika seseorang telah terbukti bersalah melakukan penggelapan di sidang pidana...

tetapi sebelum dilanjutkan ke pengadilan perdata tersangka telah meninggal dunia..

apakah kami dapat menggugat ahli waris yang bersangkutan mengenai kerugian yang kami terima , yang telah dibuktikan bersalah di pengadilan pidana..


selama si tergugat itu menininggalkan warisan, itu bisa dilakukan gan....
Panilli - 17/10/2012 01:16 AM
#1329
Minta Penjelasannya ya gan :)
Malem Gan, saya mau tanya. Ceritanya kan gini, ibu teman sy itu pinjam BPKB mobil ke saya untuk digadaikan, nah saya tidak melakukan perjanjian apapun, karena sudah seperti saudara sendiri, saat itu teman sy bilang dikembalikan g sampai sy lulus (wisuda). Nah sampai skr blm dikembalikan, pinjam November 2010. Sblm puasaan saya minta dibilangin "di usahakan", mau lebaran kemarin sy minta lg, bilangnya sama "di usahakan", terakhir sy minta bulan september (2012), tetap bilang "di usahakan". Pdahal keluarga itu bisa ambil 2 mobil, malah BPKB saya blm di kembalikan. Yang mau saya tanyakan:
1. Kalau sy membuat surat perjanjian dengan menentuka dedlen tanggal pengembalian bs gak ya?
2. Kalau sy minta jaminan barang atau apa yg senilai BPKB saya, selama BPKB belum ditangan saya bisa tidak?
3. Kalau dilaporkan dengan tuntutan perbuatan tidak menyenangkan bisa tidak ya?
Terimakasih banyak Gan pencerahannya.
klonoa21 - 17/10/2012 09:25 PM
#1330

Permisi Gan, kasusnya to the point aja:

Kalo ane punya rumah (atas nama ane), 'n ane kasih temen ane buat tinggal-lamanya ud sekitar belasan tahun... Karena tu anak (temen ane) betingkah, ane mau ambil rumah itu lagi, masalahnya:
1. surat rumah yg asli dipengang dia
2. pas ane minta surat rumahnya, dia blg dia uda balik nama, ane katanya ga ada urusan lg, tapi dia ga mau kasih liat, suruh ane cari bukti... =(((

Paling efektif selesainnya gmn ya?

THANKS
Penikmat_Cendol - 18/10/2012 10:00 AM
#1331

Quote:
Original Posted By tino1990
tq gan da jawab, anmaning itu dilakukan dasarnya adalah risalah lelang, jadi belum ada putusan inkra dari pengadilan, secara gugatan yang kita lakukan kan masi dalam proses. Gmn itu gan jadinya?

Setau ane sih aan maning itu teguran untuk melaksanakan putusan pengadilan yang BHT (Berkekuatan Hukum Tetap), dan biasanya aanmaning dilakukan setelah adanya Penetapan Eksekusi. CMIIW
Quote:
Original Posted By Panilli
Malem Gan, saya mau tanya. Ceritanya kan gini, ibu teman sy itu pinjam BPKB mobil ke saya untuk digadaikan, nah saya tidak melakukan perjanjian apapun, karena sudah seperti saudara sendiri, saat itu teman sy bilang dikembalikan g sampai sy lulus (wisuda). Nah sampai skr blm dikembalikan, pinjam November 2010. Sblm puasaan saya minta dibilangin "di usahakan", mau lebaran kemarin sy minta lg, bilangnya sama "di usahakan", terakhir sy minta bulan september (2012), tetap bilang "di usahakan". Pdahal keluarga itu bisa ambil 2 mobil, malah BPKB saya blm di kembalikan. Yang mau saya tanyakan:
1. Kalau sy membuat surat perjanjian dengan menentuka dedlen tanggal pengembalian bs gak ya?
2. Kalau sy minta jaminan barang atau apa yg senilai BPKB saya, selama BPKB belum ditangan saya bisa tidak?
3. Kalau dilaporkan dengan tuntutan perbuatan tidak menyenangkan bisa tidak ya?
Terimakasih banyak Gan pencerahannya.


Wah perbuatan agan kurang pas tuh, meminjamkan BPKB tanpa perjanjian tertulis,tapi karena sudah terjadi maka dicari solusi terbaik.
1. Perjanjian bisa dibuat walaupun sebenarnya terlambat namun itu lebih baik dibanding agan tidak memegang Perjanjian Tertulis yang nnatinya dapat dijadikan bukti surat apabila ada sengketa.
2. Untuk jaminan barang apabila ada kesepakatan dapat dirumuskan dalam perjanjian tp jaminan ini dikaitkan dengan perjanjian pokoknya yaitu peminjaman BPKB.
3. Kalau pun dilaporkan maka disini ane berpikir ada dugaan tindak pidana penggelapan.
Quote:
Original Posted By klonoa21
Permisi Gan, kasusnya to the point aja:

Kalo ane punya rumah (atas nama ane), 'n ane kasih temen ane buat tinggal-lamanya ud sekitar belasan tahun... Karena tu anak (temen ane) betingkah, ane mau ambil rumah itu lagi, masalahnya:
1. surat rumah yg asli dipengang dia
2. pas ane minta surat rumahnya, dia blg dia uda balik nama, ane katanya ga ada urusan lg, tapi dia ga mau kasih liat, suruh ane cari bukti... =(((

Paling efektif selesainnya gmn ya?

THANKS


Efektifnya coba datangi BPN untuk mengecek surat/sertifikat tanah, biasanya berkas ada disimpan BPN juga.
Selain itu setau ane sih untuk membaliknamakan sertifikat harus ada Akta Jual Beli dr pemilik sebelumnya,jadi tidak bisa sembarangan balik nama.
Coba musyawarahkan baik2 gan,kalau ga bisa juga agan dapat mengajukan gugatan perdata+laporan ke Polisi
CMIIW
klonoa21 - 18/10/2012 03:03 PM
#1332

BPN itu badan pertahanan negara? orang awam kyk ane, apa bisa masuk kesana n minta berkas terkait, kan birokrasi di Indo itu gak costumer friendly Gan..

Iya Gan, kl soal balik nama, ane jg tau perlu ada notaris dll, karena ane pingin ambil barang yang masih hak ane, makanya nanya ke sini =)

Orangnya gak bisa diajak ngomong baik-baik (musyawarah), jadi cara satu-satunya pengadilan ya? ga ada cara lain yg lebih hemat biaya gitu?

makasih gan, ud d respon dgn cpt... maap banyak tanya, awam mslh hukum
shaumi - 18/10/2012 06:43 PM
#1333

gan mau nanya kalau surat pernyataan spt ini sah atau gak ya gan?
Yang mau ane tanyakan spt disurat pernyataan penulisan hari dan tanggal ditulis tangan dan penyebutan bulan dalam angka, 20 November 2012 ditulis 20-11-2012.
Hari dan tanggal ditulis dengan tangan karena mengantisipasi debitur merubah tanggal untuk membayar hutangnya.
sebelumnya terimakasih.

Spoiler for surat
### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###
buya - 19/10/2012 12:22 PM
#1334

Siang gan,

Mau nanya tentang masalah pertanahan nih…

Saya punya tanah warisan dari kakek, ketika tanah tersebut ingin dijadikan sertifikat kita mengetahui ternyata tanah tersebut aktualnya kelebihan beberapa meter. Kelebihan tanah tersebut ternyata di klaim oleh BPN dimiliki oleh PT. A.

Yang ingin saya tanyakan, apa proses yang harus saya lalui agar tanah ini bisa dijadikan sertifikat? Jika memang benar tanah tersebut kelebihan maka tidak apa-apa, saya hanya ingin menjadikan sertifikat apa yang menjadi hak saya. Apakah hal ini menjadi masalah bagi notaris untuk menjadikan tanah menjadi sertifikat, sebab notaris saya sebelumnya bilang masalah ini sulit?

Mohon advise-nya dari teman2 semua. Makasih \)
Page 67 of 67 | ‹ First  < 62 63 64 65 66 67
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > ### Tanya Sesukanya Urusan Pengadilan atau Konsultasi Masalah Hukum ###