BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > [Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
Total Views: 702 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

noahbene - 09/07/2010 08:45 PM
#1
[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
Direktorat Jenderal Pajak akan menarik pajak penghasilan (PPh) atas bunga yang didapat dari intstrumen investasi reksa dana mulai 2011. Besaran PPh yang dikenakan adalah 5%.

Kepala Subdirektorat Peraturan Pajak Penghasilan (PPh), Pemotongan, Pemungutan, dan PPh Orang Pribadi Direktorat Jenderal Pajak Dasto Ledyanto mengatakan, pihaknya akan mulai mengenakan PPh atas bunga obligasi reksa dana secara bertahap mulai tahun 2011.

"Mulanya ini kan tidak ada, baru diatur kemudian," ujar Dasto dalam seminar di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (6/7/2010).

Dalam Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2009 tentang PPh atas penghasilan berupa bunga obligasi diatur bagi mereka yang bertransaksi reksa dana, maka instrumen reksa dana yang terdaftar pada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dikenakan aturan pengenaan pemotongan PPh.

Pengenaan PPh tersebut diterapkan secara bertahap, agar memberi kelonggaran waktu sekaligus kesiapan transisi bagi para nasabah reksa dana. Pada tahun 2009-2010, bunga obligasi pada instrumen reksa dana masih dikenakan tarif PPh 0%. Mulai awal 2011 hingga 2013 dikenakan tarif PPh 5%, dan untuk tahun 2014 dan selanjutnya dikenakan tarif PPh 15%.

Pemotongan pajak diberlakukan sesuai dengan peraturan terbaru dalam undang-undang nomor 36 tahun 2008 tentang perubahan keempat atas undang-undang nomor 7 tahun 1983 tentang PPh.

Namun, bukan hanya bunga obligasi pada reksa dana saja yang akan dikenakan tarif PPh baru. Penerapan tarif PPh baru juga akan diberlakukan bagi obligasi lain dengan kupon atau diskonto dari obligasi tanpa bunga.

"Atas penghasilan yang diterima dan atau diperoleh wajib pajak berupa bunga obligasi, itu dikenakan pemotongan pajak penghasilan yang bersifat final," jelasnya.

Ketentuan ini berlaku bagi semua bank yang didirikan di Indonesia atau cabang bank luar negeri di Indonesia. Dan juga berlaku untuk wajib pajak dana pensiun yang pendirian atau pembentukannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan. (nia/dnl)

http://www.detikfinance.com/read/2010/07/06/123845/1393870/6/mulai-2011-bunga-obligasi-reksa-dana-ken a-pph-5

Pajak Bunga Obligasi Reksa Dana Sangat Terasa di 2014

Pemerintah akan memberlakukan tarif pajak penghasilan (PPh) sebesar 5% atas bunga obligasi pada instrumen investasi reksa dana mulai 2011. Namun besaran pajak ini baru akan terasa pada tahun 2014 karena besarannya menjadi 15%.

Demikian disampaikan oleh Direktur PT Shroder Investment Management Indonesia Michael Tjoajadi ketika dihubungi detikFinance, Selasa (6/7/2010).

"Akan berdampak kepada reksa dana obligasi. Namun di tahun 2011 dengan penerapan (pajak) 5% tidak begitu terasa. Yang paling terasa di 2014, saat pemberlakuan sudah full 15%," jelasnya.

Pelaku usaha jasa pengelolaan reksa dana memang sangat menyayangkan atas penerapan PPh atas bunga obligasi di instrumen reksa dana. Karena volume transaksi akan berkurang. Ini juga memiliki dampak psikologis kepada investor.

Seperti diketahui, pemberlakuan PPh sebesar 5% oleh Direktorat Jenderal Pajak sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2009 tentang PPh atas penghasilan, yaitu bunga obligasi diatur bagi mereka yang bertransaksi reksa dana. Maka instrumen reksa dana yang terdaftar pada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dikenakan aturan pengenaan pemotongan PPh.

Pengenaan PPh tersebut diterapkan secara bertahap, agar memberi kelonggaran waktu sekaligus kesiapan transisi bagi para nasabah reksa dana. Untuk 2009-2010, masih dikenakan tarif 0%, mulai awal 2011 hingga 2013 dikenakan tarif 5%, dan untuk tahun 2014 dan selanjutnya dikenakan pajak 15%.

Pemotongan pajak diberlakukan sesuai dengan peraturan terbaru dalam undang-undang nomor 36 tahun 2008 tentang perubahan keempat atas undang-undang nomor 7 tahun 1983 tentang PPh.

"Peluang untuk adanya obligasi juga berkurang. Namun kita harus lihat nanti perkembangannya," ucapnya.

Michael pun menjelaskan, aturan ini juga bertentangan dengan keinginan regulator pasar modal untuk meningkatkan likuiditas di pasar, melalui porsi investasi yang berasal dari dalam negeri.

"Kita kan ingin mengurangi kepemilikan asing dengan encourage ke investor dalam negeri. Kalau ini diterapkan maka menjadi sisi negatif," imbuhnya.

http://www.detikfinance.com/read/2010/07/06/162841/1394127/6/pajak-bunga-obligasi-reksa-dana-sangat-t erasa-di-2014

Wah yieldnya Reksadana Obligasi mulai berkurang 5% - 15% dari pendapatan obligasi. Masih ada reksadana yang lainnya hahahaha
ManishaKoirala - 11/07/2010 09:17 AM
#2

trus keuntungan bersih dari kupon obligasi berapa dong setelah dipotong pajak???kalo sama dengan inflasi mah mending di beliin emas saja [Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
SangSuci - 11/07/2010 09:22 AM
#3

obligasi SUN ikut kena pajak gak ? D
StevenBonny - 11/07/2010 09:23 AM
#4

mejeng dolo ah

sup:sup:sup:
Nice Trit Ganthumbup:thumbup

[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
Centrano - 11/07/2010 09:28 AM
#5

Quote:
Original Posted By ManishaKoirala
trus keuntungan bersih dari kupon obligasi berapa dong setelah dipotong pajak???kalo sama dengan inflasi mah mending di beliin emas saja [Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%


ntar emas jugah bisa kena pajak ....
bebek6.1988 - 11/07/2010 10:00 AM
#6

Quote:
Original Posted By SangSuci
obligasi SUN ikut kena pajak gak ? D


sepertinya kenaa sama kek obligasi swasta ....... matii d kalo gtu, muter kemana lagi tuhh y
padahal tanpa pph itu kan pemanisnya reksadana n obligasi yDD
bebek6.1988 - 11/07/2010 10:01 AM
#7

Quote:
Original Posted By ManishaKoirala
trus keuntungan bersih dari kupon obligasi berapa dong setelah dipotong pajak???kalo sama dengan inflasi mah mending di beliin emas saja [Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%


jangan kenceng2 dong omm bilangnya
Mr Feynmann - 11/07/2010 10:18 AM
#8

Sebagai pembanding, di AS yang biangnya kapitalisme, penghasilan dari investasi (reksadana atau saham) juga kena pajak penghasilan. Tingkat paling rendahnya 15% (long-term capital gain), paling tingginya ikut persentase pajak penghasilan (utk short-term capital gain).
asen8888 - 11/07/2010 12:10 PM
#9

Wah, apa beralih ke investasi lain aja ya... Bunga reksa dana jg nga gede, + potong pajak lagi...
onefold - 11/07/2010 12:37 PM
#10

mending lari ke emas deh..klo ujung2ya inflasi...
prabowo_4 - 11/07/2010 12:52 PM
#11

klo sukuk gmn gan
ManishaKoirala - 11/07/2010 01:48 PM
#12

Beli LM dong bebas pajak, kalo perhiasan mah sejak jaman jebot juga kena ppno
Quote:
Original Posted By Centrano


ntar emas jugah bisa kena pajak ....
[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
ManishaKoirala - 11/07/2010 01:50 PM
#13

Biar aja pada beli emas dari pada hasil keringat hilang dirampok inflasi D
Quote:
Original Posted By bebek6.1988


jangan kenceng2 dong omm bilangnya
[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
noahbene - 11/07/2010 01:59 PM
#14

Quote:
Original Posted By Mr Feynmann
Sebagai pembanding, di AS yang biangnya kapitalisme, penghasilan dari investasi (reksadana atau saham) juga kena pajak penghasilan. Tingkat paling rendahnya 15% (long-term capital gain), paling tingginya ikut persentase pajak penghasilan (utk short-term capital gain).


Yang eikeh bingung, apa ini pajak buat pendapatan obligasi kena, reksadana juga kena. Mampus dah klo gitu dapat pajak berganda, mana kebanyakan orang tua lagi yang main di reksadana. Ngga lebih dari menabung biasa di bank ajah namanya klo gitu dipotong inflasi.
seororohyun - 11/07/2010 02:27 PM
#15

sekarang semuanya dipajakin nohope:
siap2 pipis dipinggir jalan kena pajak hammer:
ManishaKoirala - 11/07/2010 07:14 PM
#16

Quote:
Original Posted By noahbene
Yang eikeh bingung, apa ini pajak buat pendapatan obligasi kena, reksadana juga kena. Mampus dah klo gitu dapat pajak berganda, mana kebanyakan orang tua lagi yang main di reksadana. Ngga lebih dari menabung biasa di bank ajah namanya klo gitu dipotong inflasi.


ya selamat menikmati si LANJUTKAN kalo begitcu[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
noahbene - 11/07/2010 08:37 PM
#17

Quote:
Original Posted By ManishaKoirala
ya selamat menikmati si LANJUTKAN kalo begitcu[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%


Tenang ajah mbah, masih ada 1 instrumen investasi lagi yang paling mujarab.
Ngawinin anak billioner hammers yieldnya sangat ruarrr biasa, dapat double enaknya ngakaks
kabei - 11/07/2010 08:48 PM
#18

Quote:
Original Posted By noahbene
Tenang ajah mbah, masih ada 1 instrumen investasi lagi yang paling mujarab.
Ngawinin anak billioner hammers yieldnya sangat ruarrr biasa, dapat double enaknya ngakaks


wew kek ketua bpk dong, pas hartanya di tanya darimana asalnya cuma dijawab "hibah dari mertua..."[Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%
NirmanaDwipa - 11/07/2010 08:54 PM
#19

Quote:
Original Posted By seororohyun
sekarang semuanya dipajakin nohope:
siap2 pipis dipinggir jalan kena pajak hammer:


Sedih yah gan kalo rakyat biasa... Aturan kyk gini yg mendorong org jadi koruptor/makelar kasus...Ga pernah kena pajak, masuk penjara pun jarang2, duit banyak... Surga dan neraka itu urusan pribadi.
missty.BM - 11/07/2010 08:55 PM
#20

aw..aw..aw...akhirnya bakal dikenakan PPh jg tuh reksadana...pdhl bebas PPh slh satu key point saat ane jual produk reksadana ke customer...btw tks ya gan inpohnya
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > [Berita Keuangan] Mulai 2011, Bunga Obligasi Reksa Dana Kena PPh 5%