BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
Total Views: 564 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

jrcbm13 - 11/07/2010 04:10 AM
#1
KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan memasukkan tayangan infotainment ke dalam golongan nonberita. Namun, KPI dinilai tidak punya wewenang mengubah status infotainment itu.

”Apabila infotainment tersebut melakukan pelanggaran kode etik silakan adukan kepada Dewan Pers. Kalau melanggar hukum silakan adukan ke pihak yang berwajib. Tapi, melarang, mengubah status infotainment, selain bukan wewenang KPI, tapi juga terutama tindakan itu dapat melanggar undang undang,” kata Anggota Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Asro Kamal Rokan.

Hal itu dikatakannya dalam rilis hasil diskusi para pengamat media yang diterima Sabtu (10/7/2010).

Asro mengatakan dalam UU Pers No 40/ 99 tidak ada sensor untuk karya jurnalistik. Tidak ada satu pasal pun dalam UU Penyiaran yang memberi kewenangan untuk mengatur produk karya jurnalistik.

Para praktisi media yang hadir mengingatkan adaanya keputusan Mahkamah
Konstitusi (MK) No OO5/PUU-1/2003 yang berisi menghapus kewenangan Komisi Penyiaran untuk membuat peraturan tentang sanksi administrasi kepada stasiun televisi, apalagi yang untuk siaran yang bersifat jurnalistik.

Amar keputusan MK No 05 tahun 2003 menyatakan Pasal 66 ayat 1 dan 2 bagian anak kalimat "...KPI bersama...." dalam UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran bertentangan dengan UUD 1945 dan karena itu sudah tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat lagi.

Sedangkan dasar hukum menjatuhkan sanksi administratif adalah Pasal 55 ayat 1 dan ayat 2. Padahal menurut ayat 3 Pasal 55, KPI sudah tidak berhak menyusun dan memberi sanksi yang dimaksud.

"Dengan demikian sebenarnaya kini KPI sudah tidak mempunyai kewenangan lagi memberikan sanksi apapun'" kata Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Marah Sakti Siregar.

(nwk/nwk)

sumber

================================

trus apa gunanya KPI klo ga punya kewenangan gt maho

bingung ama infotainment.. mereka ngotot mau masuk kategori berita sedangkan isi 'berita'nya sendiri ga akurat.. pake bahasa2 lebay pula,,,,
di forum BP ini aja yg dinamakan berita mesti akurat.. (ga ada sumber aja diclose)
olinddd - 11/07/2010 04:19 AM
#2

setubuh gan D nulis di forum BP ajah ribet bgt,,

lah infotaiment enag bgt bs masuk sesuka hati maho

ramalan juara world cup 99%validKPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
seororohyun - 11/07/2010 07:24 AM
#3

lah terus yg bs ngatur acara gossip siapa dong?
masak nggak ada yg ngatur? hammer:
ManishaKoirala - 11/07/2010 07:27 AM
#4

hilangkan impotenmen dan shitnetron dari tipi yang siaran di indonesia sekarang juga KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
modesta - 11/07/2010 07:38 AM
#5

liat aje bentar lagi kok inpohtaimen bakal diganti 'kelaminnya'....KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
indiralaksmi - 11/07/2010 07:42 AM
#6

what?? KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
masalahnya adalah, memangnya tayangan infotainment bisa dikategorikan karya jurnalistik?
klo mereka mau dikategorikan sebagai berita/karya jurnalistik, perhatikan kode etik dong.
cintasenja - 11/07/2010 07:51 AM
#7

InfoTAImen bikin bangsa kita IMPOTEN. KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
ManishaKoirala - 11/07/2010 08:07 AM
#8

Quote:
Original Posted By indiralaksmi
what?? KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
masalahnya adalah, memangnya tayangan infotainment bisa dikategorikan karya jurnalistik?
klo mereka mau dikategorikan sebagai berita/karya jurnalistik, perhatikan kode etik dong.


etika jurnalis aja mereka tabrak semua kok kalo "dizalimi" mengaku kebebasan pers mereka dilanggar KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
ishtarsummer - 11/07/2010 09:21 AM
#9

Quote:
Original Posted By ManishaKoirala
etika jurnalis aja mereka tabrak semua kok kalo "dizalimi" mengaku kebebasan pers mereka dilanggar KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment


mereka kan pengen juga jadi bintang bahan pemberitaan om.....D
InRealLife - 11/07/2010 09:57 AM
#10

Quote:
Original Posted By indiralaksmi
what?? KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
masalahnya adalah, memangnya tayangan infotainment bisa dikategorikan karya jurnalistik?
klo mereka mau dikategorikan sebagai berita/karya jurnalistik, perhatikan kode etik dong.


disebut karya fitnah lebih cocok... daripada karya jurnalistik.
didinezh - 11/07/2010 10:15 AM
#11

Kode etik jurnalistik dibawa2. .cd
tu pencari berita infoTAInment kadang-kadang bikin si artis gerah,tu kamera asal jepret ampe kena muka sgala,mau foto artis apa jerawat artis mas. .
Pergunjingan kok dihalalkan. .Woalah cah cd
KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
ashcoop - 11/07/2010 10:16 AM
#12

Emang pantas kok

Infotai:men kan gak ada sisi berita

Lebih kaya fitnah, dan gunjingan ibu ibu komplek thumbdown:KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
jrcbm13 - 11/07/2010 03:07 PM
#13

Quote:
Original Posted By indiralaksmi
what?? KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment
masalahnya adalah, memangnya tayangan infotainment bisa dikategorikan karya jurnalistik?
klo mereka mau dikategorikan sebagai berita/karya jurnalistik, perhatikan kode etik dong.


di kaskus aja forum berita ama forum gossip dipisah D

gosip bukan bagian dr berita.. melainkan cuap2 ga jelas (longue D )
piss
.s. - 11/07/2010 03:27 PM
#14

jadi makin abu abu nih gan o
Er_One - 11/07/2010 03:32 PM
#15

Quote:
Original Posted By jrcbm13
"Dengan demikian sebenarnaya kini KPI sudah tidak mempunyai kewenangan lagi memberikan sanksi apapun'" kata Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Marah Sakti Siregar.


dengan demikian jelaslah sudah PWI-pun ikut melindungi Infotement.... cd
willman - 11/07/2010 03:41 PM
#16

jadi maksudnya ... kpi nggak punya sarana untuk memberikan sanksi apa apa?
bundeswehr - 11/07/2010 03:43 PM
#17

jadi siapa yg bisa ngatur?
insinyurtambang - 11/07/2010 03:50 PM
#18

pengen naik pamor terus disogok deh..
ckckckck
engky_cozzy - 11/07/2010 03:59 PM
#19

izin nyimak dulu gan....maho
boske - 11/07/2010 04:04 PM
#20

infotainmen saat ini lebih terkesan dibuat2...

informasi yang berbau "skandal", "seks", "perceraian", "aib", lebih laris ketimbang informasi tentang prestasi para artis... jadi yang masuk ke otak pemirsa adalah bahwa artis saat ini hobinya ya itu-itu.. buat pilem porno, mabok-mabokan di klub, nyelingkuhin istri orang, kawin cerai, dkk...

infotainmen tampaknya harus diluruskan ke jalan yang benar... kejalan sejatinya sebuah berita yang menyampaikan kebenaran berdasarkan fakta, dan memperhatikan etika jurnalistik... tidak membombardir pemirsa dengan bahasa dan tampilan yang seakan-akan dibuat2... karena, efek psikis bagi anak bangsa ini lebih besar ketimbang keuntungan materi yang didapat oleh perusahaan media...

salam,
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > KPI Tak Punya Wewenang Ubah Status Infotainment