BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > energi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh
Total Views: 681 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

eyic.eyegh - 14/07/2010 07:24 AM
#1
energi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh
Seorang warga di Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jatim, Sunarto (40), mampu menciptakan tenaga listrik dari bahan dasar larutan air belimbing wuluh.

"Pengembangan tenaga listrik dari larutan belimbing wuluh ini, berawal dari rasa prihatin akan tarif dasar listrik yang terus naik. Apalagi, masih banyak warga Indonesia di daerah pedalaman yang belum tersentuh listrik," ujar pencipta energi listrik dari belimbing wuluh, Sunarto, Selasa.

Belimbing wuluh yang tumbuh subur di pekarangan rumahnya, ia sulap menjadi zat pengurai yang mampu menghasilkan tenaga listrik alternatif, ditengah keluhan warga akan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sejak awal Juli lalu.

Ia menjelaskan, untuk menciptakan energi listrik tersebut, awalnya belimbing yang biasa digunakan sebagai sayuran ini dihaluskan untuk diambil airnya. selanjutnya, dengan menggunakan media tanah yang ditaruh dalam gelas bekas air mineral ini, air belimbing ini disuntikan secukupnya.

Selanjutnya, masing masing gelas berisi tanah bercampur sari air belimbing ini dihubungkan dengan rangkaian kawat lempengan tembaga dan seng, guna mengalirkan arus listrik.

Hasilnya, energi listrikpun tercipta dengan tegangan yang lumayan, yakni hingga mencapai 5 Volt, cukup untuk menghidupkan lampu penerangan. Tegangan yang dihasilkan ini juga lebih besar dari tegangan satu buah batu baterai.

Menurut dia, energi listrik ini tercipta karena belimbing wuluh yang memiliki tingkat keasaman tinggi hingga dapat menghantarkan ion dan elektron yang ada pada lempengan tembaga dan seng. Sehingga terciptalah arus listrik.

Rata-rata, 10 butir belimbing wuluh ini mampu menciptakan tegangan listrik hingga mencapai 2,5 volt atau setara dengan satu buah batu baterai kering. Bahkan menurut pengalamannya, energi listrik dari belimbing sayur ini dapat bertahan lama hingga mencapai satu bulan.

Sunarto yang juga guru elektronik di salah satu SMA di Bendo Magetan ini, berharap, nantinya temuannya ini dapat terus dikembangkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Di antaranya untuk menghidupkan radio, jam dinding, hingga lampu penerangan bagi daerah pedesaan yang belum tersentuh listrik.

Hingga kini, Sunarto masih terus mengembangkan hasil temuannya. Ia ingin nantinya setelah berkembang, energi listrik alternatif temuannya ini dapat dikemas dalam bentuk produk energi yang praktis layaknya baterai.

Sehingga, temuannya itu dapat dikembangkan sebagai salah satu energi alternatif ditengah tarif listrik yang dampaknya kian terasa berat bagi rakyat kecil.



Lumayan kreatif Lah d'tngah naiknya TDL. . D
roguardian - 14/07/2010 07:27 AM
#2

belimbing wuluh kaya gimana sih ???belimbing sayur yg kecil"?
bung.kus - 14/07/2010 07:43 AM
#3

Quote:
Original Posted By roguardian
belimbing wuluh kaya gimana sih ???belimbing sayur yg kecil"?
Ya,belimbing sayurenergi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh
Fadhra - 14/07/2010 07:49 AM
#4

salah satu hasil karya anak bangsa..belimbing wuluh, kotoran sapi, solar system..sebagai energi alternatif...cuma sayang pemerintah cuma diem aja...cd
keduro - 14/07/2010 08:02 AM
#5

Baru tau gw ada energinya \)
rommeldessert - 14/07/2010 08:13 AM
#6

Buset ini mah anak SD jaman sekarang juga tau. Itu mah bisa pake asam kuat apa ajah mo pake H2SO4, HCL, asal ketemu tembaga n seng ato logam laen yang beda potensialnya jauh pasti ngasilin listrik.

Mo bikin reaktor segede gimana? Buat nyetarain ma batre 2,5 V ajah butuh 10 belimbing? Ini guru SMA cari tenar ajah kali ya. Ini prinsipnya sama persis ma aki ato sel basah.

Yang bikin berita pasti fisikanya goblog!!!

Spoiler for link
Centrano - 14/07/2010 08:18 AM
#7

Quote:
Original Posted By rommeldessert
Buset ini mah anak SD jaman sekarang juga tau. Itu mah bisa pake asam kuat apa ajah mo pake H2SO4, HCL, asal ketemu tembaga n seng ato logam laen yang beda potensialnya jauh pasti ngasilin listrik.

Mo bikin reaktor segede gimana? Buat nyetarain ma batre 2,5 V ajah butuh 10 belimbing? Ini guru SMA cari tenar ajah kali ya. Ini prinsipnya sama persis ma aki ato sel basah.

Yang bikin berita pasti fisikanya goblog!!!


tong .... namanya orang usaha boleh ajah kan..
lagian jugah cuman buat pengganti batere..!! trus pohonnya jugah mudah ditanam buahnya banyak dan gampang dan gak musiman..

namanya jugah alernatif trus orangnya jugah gak minta sumbangan pemerintah kok yak BLUE ENERGInya cikeas.. !!
uzay25 - 14/07/2010 08:22 AM
#8

:thumbup
rommeldessert - 14/07/2010 08:30 AM
#9

Quote:
Original Posted By Centrano
tong .... namanya orang usaha boleh ajah kan..
lagian jugah cuman buat pengganti batere..!! trus pohonnya jugah mudah ditanam buahnya banyak dan gampang dan gak musiman..

namanya jugah alernatif trus orangnya jugah gak minta sumbangan pemerintah kok yak BLUE ENERGInya cikeas.. !!


Kira2 nape klo mo bikin berita ndul...
Usaha apa? numpang tenar. Di US tiap anak SD udah tau gw tau gini tuh taun 1993 di SD Impres di Pulo Gebang pas kelas 3. Gantiin batre? Dari apanya ukurannya, kemudahannya ato apanya? Pohonnya mudah ditanam? Klo mo dijadiin industri feasible ga? Berapa lahan yang kudu di bikin jadi perkebunan belimbing wuluh buat bikin PTL 100MW? Apa gak bersinggungan ma kebutuhan lahan untuk pangan dan lainnya?

Klo ngomong renewable energy mending lo baca ini :
http://www.langitperempuan.com/2008/07/tri-mumpuni-bangkitkan-listrik-puluhan-desa/.
energi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh

Penggalaknya Ibu Trimumpuni (gw bilang penggalaknya, karena udah banyak dipake diluar dan sangan feasible). Cari noh di mbah gugle PLT Mikrohidro. Di Indonesia sangat feasible. Khususnya daerah pegunungan yang memiliki banyak sungai kecil.

Belajar dulu dul klo mo ngebacot....
fr33se - 14/07/2010 08:33 AM
#10

harga 10 belimbing mahal mana ama 4baterai AA (buat hidupin 1 lampu) ? kayaknya msh mahal belimbing dechenergi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh
rommeldessert - 14/07/2010 08:53 AM
#11

Quote:
Original Posted By fr33se
harga 10 belimbing mahal mana ama 4baterai AA (buat hidupin 1 lampu) ? kayaknya msh mahal belimbing dechenergi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh


^
yups benar, sangat tidak ekonomis. Tapi cukup ekonomis untuk numpang tenar... ngakak:
Bayangin ajah remote TV (3Volt) di pasang reaktor belimbing 10 buah D
eyic.eyegh - 14/07/2010 10:40 AM
#12

iaa mungkin ituu hanya buat pnrangan ajjah smcam buat nyaLain Lmpu. .

wah, ndag Logis itu ntar bLimbing wuLuh bwt reaktor remote. .

iaa, brita inii ckup Lah buat numpang tenar. .scra cman sesimpeL ituu energi aLaternatif.na. .
iaa, itung"mramaikan brita TDL naik Lah. .biar trkesan ada ide kreatif drpd brita tiap hrii mngeLuh tyuzt n unjuk rsa mnanggapi TDL naik. . batabig
morenozto - 14/07/2010 10:59 AM
#13

Wah semakin kreatif..Nice inpo gan..
eyic.eyegh - 14/07/2010 11:08 AM
#14

sup2:
306 - 14/07/2010 11:25 AM
#15

bakalan jadi mahal nih blimbing wuluh
Antikuman - 14/07/2010 11:35 AM
#16

mahal mana belimbing wuluh 10 biji dengan 1 buah batrai.. D
bebek6.1988 - 14/07/2010 11:39 AM
#17

Quote:
Original Posted By Antikuman
mahal mana belimbing wuluh 10 biji dengan 1 buah batrai.. D


kalo nanem pohonnya d pekarangan y gak mahal lah brader
TONG.KOSONG - 14/07/2010 11:44 AM
#18

Quote:
Original Posted By Centrano
tong .... namanya orang usaha boleh ajah kan..
lagian jugah cuman buat pengganti batere..!! trus pohonnya jugah mudah ditanam buahnya banyak dan gampang dan gak musiman..

namanya jugah alernatif trus orangnya jugah gak minta sumbangan pemerintah kok yak BLUE ENERGInya cikeas.. !!


yup palagi 1 pohon kalo lagi berbuah ga bakal abis dibuat nyayur 1 rt saking lebatnyaD

btw kapan ya ada laptop ber tenaga blimbing wuluh ngakak
celso.petso - 14/07/2010 11:47 AM
#19

itulah kreatifnya orang Indonesia bisa mengolah apa aja jadi alternatif pengganti..

misal LPG meledak... banyak yang bikin biogas..
TDL naik.. pada bikin energi alternatif dari belimbing wuluh..

ntar bensin mahal.. pada bikin energi alternatif dari air hammer:
metom - 14/07/2010 11:47 AM
#20

Manusia mampu mengeluarkan tenaga sekitar 200Watt/Jam, Kenapa ngak ada yang buat alat konversinya ya?? hammer

Perasaan biaya serta tenaga buat konversi blimbing wuluh ke enegeri listrik lebih tinggi dari biaya PLN dan tenaga manusia dech...
Oh ya air asem khan juga mampu mengalirkan arus listrik, tinggal nunggu yang buat saja... D
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > energi Listrik aLternatif dari beLimbing wuLuh