ACTIVITY & HOBBY
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > robotika
Total Views: 2167 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 4 |  < 1 2 3 4 > 

ATMostfear.ind - 09/09/2010 10:17 AM
#21

Quote:
Original Posted By chevin88
ada yang tau ngk komunitas robotika ???

Wah kalo komunitas nya ane gak tau, tp ane blajar buat robot sndiri, ane jg pernah ikut kontes robot cerdas pemadam kebakaran di UI tahun 2004 and alhamdulillah dapat juara 1 gan hehehe nama robot emadam kebakaran ane "EVO 113", tetep smangat ya gan buat robot nya, jgn pernah nyerah mirip ane dulu
sufendimulia - 12/09/2010 02:04 AM
#22

komunitasnya buat aja sendiri gan bareng2 teman yang satu hobi. ane juga doyan ama robot neh .. heheh. pengalaman ane ikut Kontes robot indonesia hehhe nama robotnya WALL_E cek videonya di youtube.. hehhe asik da robotik
neo.x - 01/10/2010 02:04 AM
#23

owww .. baru nemu nih trid robotika .. lagi pengen belajar nih gan hohoho

gw stay tune dulu deh ama trid ini ^^
Skylight123 - 09/10/2010 02:53 PM
#24

WA blh nich gan, ane kut'an yow...
ryanevolution - 09/10/2010 08:06 PM
#25

ada-ada aja komunitas kok robot
kita kan manusia cd
Edozilla - 09/10/2010 11:38 PM
#26

Wah bro,akhrnya ad trit ttg robotika jg. .
Ane ijin ikutan yaa, ,ane bnr2 tertarik ni ma robotika. .
ayo dramein ni tritnyaa. .
iloveindonesia
neo.x - 10/10/2010 06:50 PM
#27

Quote:
Original Posted By ryanevolution
ada-ada aja komunitas kok robot
kita kan manusia cd


zzzz .. tolong di cerna dulu gan .. ini kan trit buat pecinta robotika .. OK ? iloveindonesia
pembawarusuh - 11/10/2010 11:25 AM
#28

wah asik dah akhirnya ada yang buat, belajar bareng yuk. kebetulan ane juga pengen belajar gan D

nih gan ane kasih e-book tentang robotik, tapi b.inggris D

http://www.indo*webster.com/robotics.html

nb : ilangin tanda * kalo boleh silahkan taruh di depan gan \)


semoga membantu shakehand
pembawarusuh - 11/10/2010 11:41 AM
#29
Belajar Teori Dasar Robotika
Untuk dapat membangun suatu robot diperlukan dasar-dasar pengetahuan dari tiga bidang yang terdiri dari :
1. Mekanika
2. Elektronika
3. Pemrograman (Control)
Integrasi dari ketiga bidang ini saat ini telah melebur menjadi suatu bidang baru yang dikenal sebagai mekatronika.

Okey…kali ini saya akan sharing beberapa teori dasar tentang robotika yang mungkin diantara teman-teman ada yang tertarik untuk mempelajari. Untuk mempelajarinya modal dasar adalah skill matematika terutama yang menyangkut matrix. Teori dasar robotika sebagai awalan yang akan saya sharing terdiri atas beberapa tahap antara lain :
1. Introduction / Pendahuluan
2. Kinematik
3. Dinamik

Berikut ini link yang bisa teman-teman download dan saya rasa cukup cocok bagi tema-teman yang ingin baca :

Stanford University

Sebelum dapat membuat suatu robot yang dapat melakukan hal-hal yang rumit, maka lebih mudah tentunya untuk mempelajari dan membangun suatu robot yang hanya dapat mengerjakan suatu tugas sederhana. Contohnya platform beroda yang dapat melewati rintangan ataupun dapat mengikuti garis. Dengan memulai dari yang sederhana selain lebih mudah untuk dipelajari, perangkat yang diperlukan juga lebih mudah untuk diperoleh dan lebih murah biayanya.
neo.x - 15/10/2010 12:24 AM
#30

Quote:
Original Posted By pembawarusuh
Untuk dapat membangun suatu robot diperlukan dasar-dasar pengetahuan dari tiga bidang yang terdiri dari :
1. Mekanika
2. Elektronika
3. Pemrograman (Control)
Integrasi dari ketiga bidang ini saat ini telah melebur menjadi suatu bidang baru yang dikenal sebagai mekatronika.

Okey…kali ini saya akan sharing beberapa teori dasar tentang robotika yang mungkin diantara teman-teman ada yang tertarik untuk mempelajari. Untuk mempelajarinya modal dasar adalah skill matematika terutama yang menyangkut matrix. Teori dasar robotika sebagai awalan yang akan saya sharing terdiri atas beberapa tahap antara lain :
1. Introduction / Pendahuluan
2. Kinematik
3. Dinamik

Berikut ini link yang bisa teman-teman download dan saya rasa cukup cocok bagi tema-teman yang ingin baca :

Stanford University

Sebelum dapat membuat suatu robot yang dapat melakukan hal-hal yang rumit, maka lebih mudah tentunya untuk mempelajari dan membangun suatu robot yang hanya dapat mengerjakan suatu tugas sederhana. Contohnya platform beroda yang dapat melewati rintangan ataupun dapat mengikuti garis. Dengan memulai dari yang sederhana selain lebih mudah untuk dipelajari, perangkat yang diperlukan juga lebih mudah untuk diperoleh dan lebih murah biayanya.


nice gan .. ane coba baca dolo yah ^^
dummy_bugs - 15/10/2010 12:21 PM
#31

dibuat trit aja disini ganilovekaskus
pembawarusuh - 16/10/2010 11:01 AM
#32

Robotika

Dasar Pembuatan Robot

Secara garis besar, tahapan pembuatan robot dapat dilihat pada gambar berikut:

robotika

Ada tiga tahapan pembuatan robot, yaitu:

# Perencanaan, meliputi: pemilihan hardware dan design.
# Pembuatan, meliputi pembuatan mekanik, elektonik, dan program.
# Uji coba

1. TAHAP PERENCANAN

Dalam tahap ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat, sederhananya, kita mau membuat robot yang seperti apa? berguna untuk apa? Hal yang perlu ditentukan dalam tahap ini:
* Dimensi, yaitu panjang, lebar, tinggi, dan perkiraan berat dari robot. Robot KRI berukuran tinggi sektar 1m, sedangkan tinggi robot KRCI sekitar 25 cm.
* Struktur material, apakah dari alumunium, besi, kayu, plastik, dan sebagainya.
* Cara kerja robot, berisi bagian-bagian robot dan fungsi dari bagian-bagian itu. Misalnya lengan, konveyor, lift, power supply.
* Sensor-sensor apa yang akan dipakai robot.
* Mekanisme, bagaimana sistem mekanik agar robot dapat menyelesaikan tugas.
* Metode pengontrolan, yaitu bagaimana robot dapat dikontrol dan digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem.
* Strategi untuk memenangkan pertandingan, jika memang robot itu akan diikutkan lomba/kontes robot Indonesia/Internasional.

2. TAHAP PEMBUATAN

Ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Masing-masing membutuhkan orang dengan spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:

* Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah teknik mesin dan teknik industri.
* Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah teknik elektro.
* Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah teknik informatika.

Jadi dalam sebuah tim robot, harus ada personil-personil yang memiliki kemampuan tertentu yang saling mengisi. Hal ini diperlukan dalam membentuk Tim Kontes Robot Indonesia (KRI) atau Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Bidang ilmu yang saya sebutkan tadi, tidak harus diisi mahasiswa/alumni jurusan atau program studi tersebut, misalnya boleh saja mahasiswa jurusan teknik mesin belajar pemrograman.

Untuk mengikuti lomba KRI/KRCI dibutuhkan sebuah tim yang solid. Tetapi buat Anda yang tertarik membuat robot karena hobby atau ingin belajar, semua bisa dilakukan sendiri, karena Anda tidak terikat dengan waktu atau deadline. Jadi Anda bisa melakukannya dengan lebih santai.

Pembuatan mekanik

Setelah gambaran garis besar bentuk robot dirancang, maka rangka dapat mulai dibuat. Umumnya rangka robot KRI terbuat dari alumunium kotak atau alumunium siku. Satu ruas rangka terhubung satu sama lain dengan keling alumunium. Keling adalah semacam paku alumunium yang berguna untuk menempelkan lembaran logam dengan erat. Rangka robot KRCI lebih variatif, bisa terbuat dari plastik atau besi panjang seperti jeruji.

Pembuatan sistem elektronika

Bagian sistem elektronika dirancang sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Misalnya untuk menggerakkan motor DC diperlukan h-brigde, sedangkan untuk menggerakkan relay diperlukan saklar transistor. Sensor-sensor yang akan digunakan dipelajari dan dipahami cara kerjanya, misalnya:

1. Sensor jarak, bisa menggunakan SRF04, GP2D12, atau merakit sendiri modul sensor ultrasonik atau inframerah.
2. Sensor arah, bisa menggunakan sensor kompas CMPS03 atau Dinsmore.
3. Sensor suhu, bisa menggunakan LM35 atau sensor yang lain.
4. Sensor nyala api/panas, bisa menggunakan UVTron atau Thermopile.
5. Sensor line follower / line detector, bisa menggunakan led & photo transistor.

Berikut ini gambar sensor ultrasonik, inframerah, UVTron, dan kompas:

robotika

Pembuatan sistem elektronika ini meliputi tiga tahap:

* Design PCB, misalnya dengan program Altium DXP.
* Pencetakan PCB, bisa dengan Proboard.
* Perakitan dan pengujian rangkaian elektronika.

robotika

Pembuatan Software/Program

Pembuatan software dilakukan setelah alat siap untuk diuji. Software ini ditanamkan (didownload) pada mikrokontroler sehingga robot dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

robotika

Tahap pembuatan program ini meliputi:

1. Perancangan Algoritma atau alur program
Untuk fungsi yang sederhana, algoritma dapat dibuat langsung pada saat menulis program. Untuk fungsi yang kompleks, algoritma dibuat dengan menggunakan flow chart.
2. Penulisan Program
Penulisan program dalam Bahasa C, Assembly, Basic, atau Bahasa yang paling dikuasai.
3. Compile dan download
yaitu mentransfer program yang kita tulis kepada robot.

3. UJI COBA

Setelah kita mendownload program ke mikrokontroler (otak robot) berarti kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot, yaitu uji coba. Untuk KRCI, ujicoba dilakukan pada arena seluas sekitar 4×4 meter dan berbentuk seperti puzzle. Dalam arena KRCI ini diletakkan lilin-lilin yang harus dipadamkan oleh robot cerdas pemadam api. Contoh gambar robot pemadam api Ted Larsorn dan arena Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI).

robotika
.Rindaman. - 16/10/2010 11:06 AM
#33

yang punya tritnya gak pulang-pulang kaya bang toyib nohope:
mamonic - 16/10/2010 07:25 PM
#34

akhirnya gw nemu trit yg pas matabelo: ane juga baru belajar robotika gan, dari 0. dari elektronika dasar gan hammer:

izin sedot e-booknya bro shakehand
maniacgames - 07/11/2010 05:26 PM
#35

wah ane gak tau dmana komunitas robotika...
yang cma ane tau biasana setiap kampus ad tuh gan robotika na.
khusuna sih yg teknik elektro sama mesin
jhojanesolondom - 08/12/2010 12:59 PM
#36

Quote:
Original Posted By kemerahan
gan mendingan trit ini dibuat jadi robotika holic aja .
ane pernah ngebuat robot .
tapi cuma robot yang bisa ngikutin garis aja gan .
maklum masih nubi dalam mekantronika gan .
hammers


jenis line follower yak gan, himpunan jurusan d kampus ane tiap tahun ngadain lomba beginian nih
iloveindonesia
princesslittle - 09/12/2010 11:03 PM
#37

Quote:
Original Posted By domomogi
maksud ane smalarobotic . co . cc gann \)


mane gan???
ane nyoba http://www.smalarobotic.co*cc
g bisa gaannn

:sorry
princesslittle - 09/12/2010 11:15 PM
#38

Quote:
Original Posted By I.Q
Biayanya mahal gan! n Komponenya lo t4 ane susah amir nyarinya! Hikz hikz! Padahal ane ngebet amit gan!


cm 1 kata aja gan:

IDEM

berduka
princesslittle - 09/12/2010 11:21 PM
#39

Quote:
Original Posted By pembawarusuh
wah asik dah akhirnya ada yang buat, belajar bareng yuk. kebetulan ane juga pengen belajar gan D

nih gan ane kasih e-book tentang robotik, tapi b.inggris D

http://www.indo*webster.com/robotics.html

nb : ilangin tanda * kalo boleh silahkan taruh di depan gan \)


semoga membantu shakehand


cendolbig

makasi kaka,, hihihihi

Quote:
Original Posted By pembawarusuh
Untuk dapat membangun suatu robot diperlukan dasar-dasar pengetahuan dari tiga bidang yang terdiri dari :
1. Mekanika
2. Elektronika
3. Pemrograman (Control)
Integrasi dari ketiga bidang ini saat ini telah melebur menjadi suatu bidang baru yang dikenal sebagai mekatronika.

Okey…kali ini saya akan sharing beberapa teori dasar tentang robotika yang mungkin diantara teman-teman ada yang tertarik untuk mempelajari. Untuk mempelajarinya modal dasar adalah skill matematika terutama yang menyangkut matrix. Teori dasar robotika sebagai awalan yang akan saya sharing terdiri atas beberapa tahap antara lain :
1. Introduction / Pendahuluan
2. Kinematik
3. Dinamik

Berikut ini link yang bisa teman-teman download dan saya rasa cukup cocok bagi tema-teman yang ingin baca :

Stanford University

Sebelum dapat membuat suatu robot yang dapat melakukan hal-hal yang rumit, maka lebih mudah tentunya untuk mempelajari dan membangun suatu robot yang hanya dapat mengerjakan suatu tugas sederhana. Contohnya platform beroda yang dapat melewati rintangan ataupun dapat mengikuti garis. Dengan memulai dari yang sederhana selain lebih mudah untuk dipelajari, perangkat yang diperlukan juga lebih mudah untuk diperoleh dan lebih murah biayanya.


ane buat lf gagal melulu kaka :mewek
hiks,, hiks.... :sorry
pgn nyerah tp g pengen nyerah...

makasi kaka,, ane coba ke tkp dulu ya :travel

Quote:
Original Posted By pembawarusuh
Robotika

Dasar Pembuatan Robot

Secara garis besar, tahapan pembuatan robot dapat dilihat pada gambar berikut:

robotika

Ada tiga tahapan pembuatan robot, yaitu:

# Perencanaan, meliputi: pemilihan hardware dan design.
# Pembuatan, meliputi pembuatan mekanik, elektonik, dan program.
# Uji coba

1. TAHAP PERENCANAN

Dalam tahap ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat, sederhananya, kita mau membuat robot yang seperti apa? berguna untuk apa? Hal yang perlu ditentukan dalam tahap ini:
* Dimensi, yaitu panjang, lebar, tinggi, dan perkiraan berat dari robot. Robot KRI berukuran tinggi sektar 1m, sedangkan tinggi robot KRCI sekitar 25 cm.
* Struktur material, apakah dari alumunium, besi, kayu, plastik, dan sebagainya.
* Cara kerja robot, berisi bagian-bagian robot dan fungsi dari bagian-bagian itu. Misalnya lengan, konveyor, lift, power supply.
* Sensor-sensor apa yang akan dipakai robot.
* Mekanisme, bagaimana sistem mekanik agar robot dapat menyelesaikan tugas.
* Metode pengontrolan, yaitu bagaimana robot dapat dikontrol dan digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem.
* Strategi untuk memenangkan pertandingan, jika memang robot itu akan diikutkan lomba/kontes robot Indonesia/Internasional.

2. TAHAP PEMBUATAN

Ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Masing-masing membutuhkan orang dengan spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:

* Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah teknik mesin dan teknik industri.
* Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah teknik elektro.
* Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah teknik informatika.

Jadi dalam sebuah tim robot, harus ada personil-personil yang memiliki kemampuan tertentu yang saling mengisi. Hal ini diperlukan dalam membentuk Tim Kontes Robot Indonesia (KRI) atau Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Bidang ilmu yang saya sebutkan tadi, tidak harus diisi mahasiswa/alumni jurusan atau program studi tersebut, misalnya boleh saja mahasiswa jurusan teknik mesin belajar pemrograman.

Untuk mengikuti lomba KRI/KRCI dibutuhkan sebuah tim yang solid. Tetapi buat Anda yang tertarik membuat robot karena hobby atau ingin belajar, semua bisa dilakukan sendiri, karena Anda tidak terikat dengan waktu atau deadline. Jadi Anda bisa melakukannya dengan lebih santai.

Pembuatan mekanik

Setelah gambaran garis besar bentuk robot dirancang, maka rangka dapat mulai dibuat. Umumnya rangka robot KRI terbuat dari alumunium kotak atau alumunium siku. Satu ruas rangka terhubung satu sama lain dengan keling alumunium. Keling adalah semacam paku alumunium yang berguna untuk menempelkan lembaran logam dengan erat. Rangka robot KRCI lebih variatif, bisa terbuat dari plastik atau besi panjang seperti jeruji.

Pembuatan sistem elektronika

Bagian sistem elektronika dirancang sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Misalnya untuk menggerakkan motor DC diperlukan h-brigde, sedangkan untuk menggerakkan relay diperlukan saklar transistor. Sensor-sensor yang akan digunakan dipelajari dan dipahami cara kerjanya, misalnya:

1. Sensor jarak, bisa menggunakan SRF04, GP2D12, atau merakit sendiri modul sensor ultrasonik atau inframerah.
2. Sensor arah, bisa menggunakan sensor kompas CMPS03 atau Dinsmore.
3. Sensor suhu, bisa menggunakan LM35 atau sensor yang lain.
4. Sensor nyala api/panas, bisa menggunakan UVTron atau Thermopile.
5. Sensor line follower / line detector, bisa menggunakan led & photo transistor.

Berikut ini gambar sensor ultrasonik, inframerah, UVTron, dan kompas:

robotika

Pembuatan sistem elektronika ini meliputi tiga tahap:

* Design PCB, misalnya dengan program Altium DXP.
* Pencetakan PCB, bisa dengan Proboard.
* Perakitan dan pengujian rangkaian elektronika.

robotika

Pembuatan Software/Program

Pembuatan software dilakukan setelah alat siap untuk diuji. Software ini ditanamkan (didownload) pada mikrokontroler sehingga robot dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

robotika

Tahap pembuatan program ini meliputi:

1. Perancangan Algoritma atau alur program
Untuk fungsi yang sederhana, algoritma dapat dibuat langsung pada saat menulis program. Untuk fungsi yang kompleks, algoritma dibuat dengan menggunakan flow chart.
2. Penulisan Program
Penulisan program dalam Bahasa C, Assembly, Basic, atau Bahasa yang paling dikuasai.
3. Compile dan download
yaitu mentransfer program yang kita tulis kepada robot.

3. UJI COBA

Setelah kita mendownload program ke mikrokontroler (otak robot) berarti kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot, yaitu uji coba. Untuk KRCI, ujicoba dilakukan pada arena seluas sekitar 4×4 meter dan berbentuk seperti puzzle. Dalam arena KRCI ini diletakkan lilin-lilin yang harus dipadamkan oleh robot cerdas pemadam api. Contoh gambar robot pemadam api Ted Larsorn dan arena Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI).

robotika


nais share kaka...
:matabelo

ane berusaha menyimak & mahami ni pelan2 dulu ya kak...
:2thumbup
esa23 - 18/12/2010 07:33 AM
#40

klo mau blajar tentaang robotika,,
ada tuh gan di UNIKOM
Page 2 of 4 |  < 1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > robotika