BUSINESS BOARD
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > ReDenominasi Rupiah dan akibatnya
Total Views: 19084 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 13 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

Garandong - 12/08/2010 05:52 PM
#41

Quote:
Original Posted By wilin
Gag ada negara yg gag ada inflasinya.. Krna smua itu berpengaruh ke banyak aspek.. Yg bsa dilakukan negara adalah menekan angka inflasi.. Kalo ditanya apa penyebab inflasi, bnyak faktor.. Ke depanya redenominasi dibutuhkan untuk kemudahan penghitungan.. Cepat atau lambat juga dilakukan..


arab saudi pernah inflasi?

rasanya gak pernah bos...




kalo menurut ane sebenarnya redemonisasi gak apa, tapi pemerintah harus menjamin akan menjaga inflasi. kalau 1 dollar sama dengan 1 rupiah, ini harus dipertahankan...

ane kuatir akan sama saja dengan seperti pengalaman2 kemarin, dalam 20-30 tah un mendatang kembali lagi 1 dollar sama dengan 10 ribu rupiah.. ngakak


kalau uang berlebih mending simpan dalam bentuk emas,, ini lebih terjamin... atau beli tanah aja ding......
melonmen - 12/08/2010 07:29 PM
#42

kalau kita sima arti kata Redenominasi artinya akan berbeda degan apa yang kita dengar dari pejabat BI

Re = Kembali
De = Pengurangan
Nominasi = Nominal/Nilai

Jadi ibaratnya suatu bahasa Jawa yaitu bahasa Kasar Dan Halus saja
kalau kita liat arti kata Redenominasi adalah Penggurangan Kembali Nilai/Nominal Rupiah kita. Cuma kalau sekarang Shanering ngak mungkin dilakukan pemerintah Kita mengigat perkembangan jaman ...... adanya kartu kredit mau pun debet.

Kalau saya fikir sih dengan redenominasih jelas jelas lebih buruk lagi akibatnya
kalau pemerintah benar benar melakukan redenominasi maka akan sangat mengganggu kinerja Export kita (karena orang asing sepintas akan melihat barang kita jadi mahal walau pun nilainya sama, kita ambil contoh aja antara angka 1 dan 1000 pasti pemikiran kita akan mengatakan 1 lebih kecil dari 1000 ini logikannya jadi kalau pihak asing menukar $1 dolarnya menjadi Rp setelah Redenominasi menjadi Rp 9 maka dalam sekejap pandang koq mahal ya nah kalau mereka menukarkan $ 1 menjadi Rp 9000 wah kelihatan murah bagi mereka) nah ngapain pemerintah repot" gurusin Redenomimasi yang efeknya lebih besar kerugiannya dari pada manfaatnya.
mendingan pemerintah gimana mengatasi tingkat laju inflasi dan pengganguran
saya kira pemerintah / pengguasa mengalihkan kita agar mereka yang korupsi keliatan kecil setelah teradinya Redenominsi.

Kalau pun itu akan benar benar di lakukan pemerintah yang jelas ini akan sangat merugikan kita semua maksudnya Negara kita, karena dalam suatu regulasi pasti akan ada celah yang menguntungkan dan pasti akan di manfaatkan oleh para Sperkulan.

mendingan pemerintah sekarang mengatasi tingkat laju inflasi dari pada ngurusi dan pemikiran yang bukan bukan. Kita liat begitu santernya Redenominasi di dengung dengungkan bukannya semakin baik hasil nya tapi semakin buruk dampaknya apa lagi kalau itu sampai dilakukan ????
kita liat aja sekarang pada hal isiu ini baru muncul di bulan Mei Kalau gak salah
tapi coba kita pikir kebijakan apa yang telah pemerintah lakukan ??? Menaikan harga Listrik mungkin nanti BBM pakir dll ini yang pemerintah lakukan.
coba kita liat yang di lakukan oleh pengusaha Petani Pedagan mereka sudah antisipasi terhadap kebijaksanaan Redenominasi dengan cara menaikan harga jual barang.............. Kita dapat membayangkan kalau sampai benar" terjadi pasti akan lebih parah dan pasti terjadi huru hara ?? dll lah

ReDenominasi Rupiah dan akibatnya


mohon koreksi jika pemikiran saya salah gan maaf masih newbie
caiyuan - 13/08/2010 01:19 PM
#43

Selamatkan harta anda dengan menyimpan emas D
CMIIW
melonmen - 13/08/2010 05:51 PM
#44

gan ini cuma hasil pemikiran saya gan

Redenominasi ... jika di jalankan saya akan sangat tidak setuju gan

contoh aja gan kalau kita maen saham gitu

kalau stocksplit saya kira sama dengan shanering atau devaluasi gitu
jadi kalau ada saham yang di stocksplit pasti jadi rame tuh marketnya karena harganya jadi murah sehingga banyak investor asing yang beli.

Nah kalau Redenominasi saya anggap sama dengan reversestock ...setau saya ya kaya di kumpulkan lagi jumlah saham yg beredar menjadi sedikit


mudahnya contoh 1000 saham lama menjadi 1 saham baru.
kalau saya gak salah gan jika terjadi reversestock pasti deh pasarnya jadi sepi gan

CMIIw
neutronic - 14/08/2010 12:13 AM
#45

nyimak ja gan. , ReDenominasi Rupiah dan akibatnya
fortex - 15/08/2010 05:29 PM
#46

Sy setuju dengan bro Melonmen, jika diberlakukan redenominasi pasti Indonesia akan kacau balau dan bisa jadi terjadi huru hara karena kita tahu lah Indonesia masyarakatnya masih banyak yang tidak sekolah / berpendidikan rendah.

Waktu Eropa memberlakukan euro saja, negara-negara Eropa yang mengganti mata uangnya dengan euro dengan denominasi lebih rendah dari mata uang aslinya TETAP menyebabkan harga barang menjadi naik. Karena ratio denominasi nilai mata uangnya tidak diikuti penurunan denominasi harga barang.

Contoh mudahnya begini, misalnya redenominasi mata uang lama 100 seharusnya menjadi Eur 50. Kenyatannya harga barang yang dulu 100 tidak turun menjadi Eur 50 tetapi menjadi Eur 70. Karena secara psikologis kita pasti merasa uang kita terpangkas, jadi cenderung untuk menaikkan harga. Bagaimanapun pelaku pasar adalah manusia. Dan pemerintah sulit untuk mengontrol harga di pasaran. Penjual pasti akan menaikkan harga barangnya begitu redenominasi diberlakukan. Ingat ini kejadian di Eropa yang masyarakatnya lebih melek pendidikan dan lebih maju. Mereka hanya bisa memprotes dan tidak sampai terjadi kekacauan.

Bro bro sekalian bisa bayangkan kalau hal yang sama terjadi di Indonesia ???

LPG saja kurang sosialisasi sehingga banyak yang meledak. Pemerintah seperti tidak dapat berbuat banyak. Bayangkan kalau terjadi redenominasi yang menyangkut mata uang. Saya rasa efeknya pasti luar biasa. Pernah juga ada yang bilang redenominasi ini sengaja dihembuskan untuk kepentingan elit ekonomi / politik tertentu. Yah bisa jadi untuk membuat Rupiah melemah.

Menurut pendapat saya redenominasi bisa saja diberlakukan asalkan :
1. Pemerintah bisa menjamin harga barang di pasaran akan ikut mengalami denominasi dengan ratio yang sama dengan redenominasi mata uang.
2. Masyarakat telah siap dan telah dilakukan sosialisasi yang cukup

Dari padangan saya pribadi, pemerintah dan rakyat Indonesia tampaknya saat ini masih belum siap menerima redenominasi dalam arti efeknya nanti akan lebih banyak negatifnya daripada positifnya. Lagipula redenominasi bukan lah hal yang urgent. Pertanyaannya, kalau bukan hal yang urgent dan lebih banyak kemungkinan efek negatifnya untuk apa kita terlalu jauh memikirkan redenominasi ? Masih banyak PR yang perlu dikerjakan pemerintah, tuh kemisikinan, pendidikan, kesejahteraan rendah, birokrasi, inflasi, korupsi masih ada di mana-mana.

Ibaratnya orang yang sakit dan sekarat malah memikirkan mau berlibur, apa nggak keburu mati ?? ..he..he..he..lucu banget. Obatilah dulu sakitnya baru memikirkan hal-hal yang tidak urgent.

Yang mau cari aman alihkan saja aset bro ke emas atau mata uang asing kalau memang redenominasi tampaknya akan diberlakukan.
dombawaras - 16/08/2010 11:52 AM
#47

menurut ane , titik fatal dari redenominasi ini ada saat uang dikeluarkan

saat uang dikeluarkan = jumlah uang yang beredar banyak di pasaran (katanya mereka mau pakai 2 harga pula), dan menyebabkan harga barang melambung tinggi

gitu aja sih gan
arjoona - 16/08/2010 12:04 PM
#48

gw ga jago soal ekonomi yg teknis dan istilah2nya..tp bwt gw ide redenominasi rupiah itu keknya bagus jg..toh ini tdk utk mngubah daya beli kt..kalo misal kt beli bakso 10ribu perak skg toh semangkuk bakso yg sama bs kt tebus 10perak nanti stlh redenominasi..

Lagian nol yg berlebihan scr nominal bikin puyeng..skg aja nominal milyaran dah biasa...lalu mgk triliunan mgk jd biasa2 aja..lha kok cpt bgt sampai quadriliun..trs dan trs...bikin kerja akunting makin belibet kan..

So bwt gw lbh mantap beli bw uang nominal kecil tp py daya beli drpd segepok tp ga ada ajinya \(

ingat, kt sering terbuai nilai nominal besar tp tak punya daya beli...inilah tkadang digunakan bos utk menggaji kary hanya dgn ukuran nominal..pdhl satu juta d jawa bs beda nilainya dgn d papua \(

CMIIW ReDenominasi Rupiah dan akibatnya
sopbabi - 18/08/2010 11:53 AM
#49

Sepertinya redenominasi ada positif dan negatifnya. .

Positifnya: mata uang kita menjadi lebih kuat di mata uang asing, selain itu penghitungan uang juga jadi lebih mudah karena menghilangkan 3 buah 0. .

Negatifnya: Rasanya redenominasi ini sulit disosialisasikan melihat rakyat indonesia masih banyak sekali yang kurang berpendidikan (segala sesuatu diselesaikan dengan otot bukan dengan otak),

Apapun yang terjadi saya mendukung apa yang terbaik buat indonesia. .


iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia
cheaphunter - 20/08/2010 04:16 AM
#50

Mendukung redenominasi, biar USD ane tambah tinggi nilainya karena banyak orang bodoh yg panik beli USD iloveindonesia
ronironi - 21/08/2010 09:58 PM
#51

kalo menurut ane gan:
- secara logika, mungkin redenominasi bakal berjalan lancar-lancar aja.
- tapi secara teknis di lapangan, (menurut ane) bakal ada pembulatan harga terutama u/ yang nilai harga barang atau lebihnya kurang dari 1000 rupiah, karena akan ada "keengganan" dan kemalasan menggunakan sen sebagai pecahan. lebih gampang ga pake sen. itu kalo menurut ane gan dan ini berbahaya bagi jual beli kita.

tapi kalo kita bisa melewati masa transisi redenominasi ini, mata uang kita bakal kuat gan. begitu juga dengan ekonomi kita
ayomancing - 21/08/2010 11:21 PM
#52

Pendapat ane, kayaknya ko blum layak ya mo di berlakukan redenominasi..
Justru yg ada malah mbikin rakyat resah saja.
gamer01 - 22/08/2010 10:33 AM
#53

Jika redominasi terjadi aq harap msh ada pecahan 100rupiah atau 1 sen. Sehingga tidak terjadi pembulatan harga barang. Contohny mi selera pedas msh tetap Rp.1300 atau Rp.1,3.ReDenominasi Rupiah dan akibatnya
gondolojos - 24/08/2010 11:10 AM
#54

Redenominasi bisa berjalan asal ada sosialisasi ke masyarakat dan adanya kecukupan bahan pokok di pasaran sehinga spekulan tidak bisa dan tidak dikasih kesempatan untuk mempermainkan harga.Jangan sampai malah masyarakat dimiskinkan secara mendadak karena ulah spekulan yang tidak mempercayai nilai rupiah.
hollowmatt - 24/08/2010 07:47 PM
#55

kalo jadi redenominasi pasti pemerintah bakal ngeluarin dana yang sangat banyak untuk menyesuaikan uang yang beredar di masyarakat

kalo kata ane kenapa uangnya gak di pake buat sekolah gratis aja gitu gan, sorry kalo gak nyambung cuma opini saya saja lho DReDenominasi Rupiah dan akibatnya
ale1208 - 25/08/2010 11:50 AM
#56

yang pasti harus memberikan sosialisasi yg kuat & gencar..
supaya masyarakat bs mengerti knp & apa itu redenominasi..
krna dkhawatirkan byk masyarakat yg spekulan dgn mnukarkan rupiah ke mata uang asing dalam jumlah byk..krna kurangnya info yg didpt..
redenominasi tidak salah..& hanya mengurangi bil "0" pd rupiah kita..bukan pengurangan nilai mata uang tapi (gampangnya)penghilangan nilai "0" dalam rupiah,salah satu efeknya nilai rupiah yg seolah2 menguat thdp mata uang asing(sbnrnya sama aja)

ex : kita skrng punya uang Rp 1.000,- stlh redenominasi Rp 1
tp dgn nilai yg sama dgn Rp 1.000

tp kl senering : Rp 1.000 stlh senering Rp 1
nilai rupiah kita mnjadi Rp 1(kl ini kyna bakal byk orang yg bakal bangkrut)

CMIIW
just share bos Peace:
athanie - 25/08/2010 04:17 PM
#57

Quote:
Original Posted By liangkubur
taon 1965 Indonesia pernah melakukan hal serupa.
yg terjadi saat itu adalah JUAL BELI MATI SURI.

gak ada orang yg berani menjual aset mereka maupun membelinya, bahkan terjadi hingga setahun lebih.

Kalo untuk redenominasi saat ini, mgkn tidak sekaget waktu dulu, soalnya sosialisasi jauh-jauh sebelumnya.

CMIIW


Dulu beda OM....
dulu itu pemotongan nilai mata uang...nilai barang tidak ikut dipotong...
jadi klo tahun 65 klo anda punya uang banyak bisa turun kekayaan anda karena nilai mata uang turun...
tapi klo punya barang/benda tidak ada dampak...
kalo sekarang pemotong angka mata uang...nilai barangpun ikut kepotong
klo ada barang harga 1000perak...dengan make uang baru cukup 1 perak....
sekali lagi beda OM...
psycronicx - 28/08/2010 06:35 AM
#58

kok bingung si? Kan Rp 1000 jadi Rp 1 ... Rp 500 jadi 500 sen?ReDenominasi Rupiah dan akibatnya
chinkchonk - 30/08/2010 10:30 AM
#59

jadi agak ngerti stelah bc postingan2 agan sekalianReDenominasi Rupiah dan akibatnya
dieyas - 31/08/2010 08:51 AM
#60

setau ane sih tujuan pemerintah meredenominasi rupiah kan cm untuk membuat rupiah mempunyai nilai saing d dunia.biar keren aja gitu.setau ane sih bwt yg punya utang keknya nilai utang nya jg d redenominasi kan
Page 3 of 13 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > ReDenominasi Rupiah dan akibatnya