MODEL KIT & R/C
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > berbagai istilah dalam dunia R/C
Total Views: 17113 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 

ochandut - 29/08/2010 10:14 PM
#41

sumpah ngeliat jawaban dari om pangsit atas pertanyaan dari om spyder-silver ngakak guling2 gw...
ngakak

mu ikutan nanya dong...

1. pitch = ???

2. T = ???

3. AUX = ???

4. D/R = ???

5. kalo di batre lipo ada tulisan "C" artinya apa tuh ya ? bingung

itu aja deh pertanyaannya...
nunggu jawabannya aah:kr
vanasabh - 30/08/2010 08:17 PM
#42

Quote:
Original Posted By pangsit


puwas idup loh?
*NGAKAK*

wakaka, ada2 aja koh pberbagai istilah dalam dunia R/C
ebeldamasta - 31/08/2010 12:49 PM
#43

Quote:
Original Posted By ochandut
sumpah ngeliat jawaban dari om pangsit atas pertanyaan dari om spyder-silver ngakak guling2 gw...
ngakak

mu ikutan nanya dong...

1. pitch = ???

2. T = ???

3. AUX = ???

4. D/R = ???

5. kalo di batre lipo ada tulisan "C" artinya apa tuh ya ? bingung

itu aja deh pertanyaannya...
nunggu jawabannya aah:kr

Pitch = jarak antar ujung gigi gear
T = Turn, jumlah putaran kawat dlm rotor
AUX = auxiliary? Tambahan kali
D/R = Dual Rate, batasan steering throw untuk servo
C = Capacity, artinya besar arus yg mampu dikeluarkan oleh battery dibanding kapasitas batere. Misal 1000maH 10C, maka arus maks = 1000x10 = 10000ma = 10ampereberbagai istilah dalam dunia R/C
orangbaligila - 23/09/2010 01:28 AM
#44
motor
Quote:
Original Posted By kodokzdotkom
masih ditunggu bantuanya para senior.. brushles tu apa y gan


brushless itu gak pake brush D

lengkapnya kira2 spt ini,

brushed:
permanent magnet, rotating windings, perlu konektor internal buat nyambungin electrical current ke winding (brush)
keuntungan: murah karena lumrah dan lebih mudah dibuat
kerugian: hambatan gesek dan rotating mass (gulungan yg bergerak berat), terutama bila brush ata commutator sudah gak "sejalan", yg menciptakan panas

brushless:
permanent winding, rotating magnet, jadi gak perlu lg pake brush karena winding nempel di body motor.
keuntungan: lebih efficient (karena winding mudah melepas panas, dan rotating mass ringan)
kerugian: lebih mahal karena lebih rumit diproduksi, kesannya lebih "boros" batre. padahal itu terjadi karena orang milihnya over-spec (tadinya milih sesuai persamaan turn yg dipake saat pake motor brushed)

sebenarnya lebih boros tidak tepat, tapi yg tepat adalah, power potential lebih tinggi. jadi kita yg milih yg mesti tepat.

sebab:
more mechanical power needs more electrical current in accordance to efficiency rating.
hukum kekekalan energi: energi gak bakal hilang, tapi cuma berubah. dalam kasus ini, makin efisien, makin sedikit yg berubah jadi panas

begitu kira-kira D
orangbaligila - 23/09/2010 01:39 AM
#45

Quote:
Original Posted By babah81
ada yg bisa kasih dimensi(ukuran kaleng) motor ga? 550, 540, 380, 370, 280.. DDD kayaknya penting juga nie buat yg mau konversi ganti kelas motor, tar salah itung chassisnya ga muat. DDD trus juga definisi "turn", "kv" dllnya..mahomaho


550,540,380,370,280 itu "ukuran perkiraan" untuk penyeragaman ukuran motor brushed.
untuk jaman skrg (brushless) ukurannya jadi: diameter x length (dan xxxxkV)

misal yg umum:
3650 serupa dengan 540
3660 serupa dengan 550
3664 lebih panjang dari 550
3674 lebih panjang lagi
3682 ... dan seterusnya

sistem ini yg dipakai sekarang karena rc car sudah melewati batasan dengan juga menggunakan standar design motor yg dipakai untuk Heli (namun dengan kV biasanya berbeda)

juga dibedakan dgn jumlah pole (kutub) per turn, makin banyak, makin besar torsi karena jumlah switching bertambah. efek sampingnya, kalo esc gak mumpuni, dia pensiun dini.
pole banyak itu spt mesin silinder banyak. more power-stroke per revolution
GombrenGambren - 23/09/2010 06:02 PM
#46

Buat Ts, Terima Kasih
sekarang mang lagi seneng R/C nih o, malu ma temen2 klo ga tau beginian

beer:berbagai istilah dalam dunia R/C
kodokzdotkom - 27/09/2010 06:14 PM
#47

Quote:
Original Posted By GombrenGambren
Buat Ts, Terima Kasih
sekarang mang lagi seneng R/C nih o, malu ma temen2 klo ga tau beginian

beer:berbagai istilah dalam dunia R/C


iya gan sama2 shakehand2
sama ama ane, dr pd diajak ngobrol g nyambung mending cr tau dlu, hehehe
bagus507 - 01/10/2010 09:40 PM
#48

Gan Boleh minta petunjuk disertai gambar?
Bagi para senior mohon bimbingannya..
tataq87 - 30/11/2010 09:09 AM
#49

Quote:
Original Posted By bagus507
Gan Boleh minta petunjuk disertai gambar?
Bagi para senior mohon bimbingannya..


ayo2 dibantu...kalo masalah gambar bisa nanya ke om gugle gan
agungcanggih - 03/05/2011 01:17 AM
#50

suhu, ap yah beda baik untung atw rugi dri shaft dan penbelt??
yahyadajak - 28/05/2011 09:25 AM
#51
istilah rc drift
nambahin lagi buat yang tau. istilah CS,FOW,COW,HEX
giles - 06/06/2011 09:17 AM
#52

Quote:
Original Posted By yahyadajak
nambahin lagi buat yang tau. istilah CS,FOW,COW,HEX


CS : Counter Steer
FOW : Front One Way
COW : Centre One Way
HEX : ? Mungkin maksud agan obeng hexa itu ya
aldoltf - 12/06/2011 11:41 AM
#53

wah kebetulan nih gan ada istilah2 gini an kalo system shaft itu apa gan?
ree4n - 16/06/2011 04:28 PM
#54

Quote:
Original Posted By aldoltf
wah kebetulan nih gan ada istilah2 gini an kalo system shaft itu apa gan?


system shaft itu utk mobil/rc 4wd yang menggunakan besi panjang/shaft utk menghubungkan gear depan dan belakang.

liat gambar di bawah....besi yg melintang di tengah2 chasis dari depan ke belakang itu disebut shaft

berbagai istilah dalam dunia R/C

selain shaft, rc 4wd ada jg yang menggunakan belt.liat gambar dibawah
berbagai istilah dalam dunia R/C

lihat lebih dekat
berbagai istilah dalam dunia R/C
aalvegboy - 17/06/2011 11:23 AM
#55

Quote:
Original Posted By ree4n
system shaft itu utk mobil/rc 4wd yang menggunakan besi panjang/shaft utk menghubungkan gear depan dan belakang.

liat gambar di bawah....besi yg melintang di tengah2 chasis dari depan ke belakang itu disebut shaft

berbagai istilah dalam dunia R/C

selain shaft, rc 4wd ada jg yang menggunakan belt.liat gambar dibawah
berbagai istilah dalam dunia R/C

lihat lebih dekat
berbagai istilah dalam dunia R/C



ohya gannnn???? artinya servo tu bagian apa ya gan??? gue kok bingungYbYbYb
great49 - 19/06/2011 03:42 AM
#56

misi agan " kalo mau bangun rc drift mending beli apa dulu ya kalo mau nyicil beli satu" mohon di bantu
Cipet - 20/06/2011 10:29 PM
#57

Quote:
Original Posted By aalvegboy
ohya gannnn???? artinya servo tu bagian apa ya gan??? gue kok bingungYbYbYb


servo itu yg ngegerakkin roda depan. kalo di rc nitro, juga dipake untuk gerakkin gasnya.

berbagai istilah dalam dunia R/C
harapanbangsa - 22/06/2011 06:42 PM
#58

tempat kumpulnya para rc enginers pada dimana ya gan?yang offroad trutama,thx
ree4n - 23/06/2011 09:12 AM
#59

Quote:
Original Posted By harapanbangsa
tempat kumpulnya para rc enginers pada dimana ya gan?yang offroad trutama,thx


kalo di sby di track c-netic wiyung......ente dmn gan ?
herlan4x4 - 26/06/2011 10:10 PM
#60

Kalo kode " A " di ESC Gan ?

20A, 30A, 320A

kl dihubungin sm input batre & rpm motor / torsi ?

terutama ESC 20A itu hrs pake batre & motor ap ya.
bingung ane
Page 3 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > berbagai istilah dalam dunia R/C