BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > ===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===
Total Views: 12816 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 16 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

prudenceSG8 - 09/08/2010 10:21 PM
#1
===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===
Disini tempatnya untuk review dan sharing buku-buku karangan Tereliye \)

Quote:
Sekilas tentang Tereliye:
Tempat / Tanggal Lahir : Palembang, 21 Mei 1979
Jenis Kelamin : Laki-laki
Website : http://darwisdarwis.multiply.com
Tereliye lahir dan besar di pedalaman sumatera, anak keenam dari tujuh bersaudara. Dari keluarga petani. Pendidikan SDN 2 Kikim Timur Sumsel, SMPN 2 Kikim Timur Sumsel, SMUN 9 Bandar Lampung, Fakultas Ekonomi UI.


Buku-Buku Karya Tereliye

Quote:
1. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
published : June 2010 by Gramedia Pustaka Utama

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
Dia bagai malaikat bagi keluarga kami. Merengkuh aku, adikku, dan Ibu dari kehidupan jalanan yang miskin dan nestapa. Memberikan makan, tempat berteduh, sekolah, dan janji masa depan yang lebih baik.
Dia sungguh bagai malaikat bagi keluarga kami. Memberikan kasih sayang, perhatian, dan teladan tanpa mengharap budi sekali pun. Dan lihatlah, aku membalas itu semua dengan membiarkan mekar perasaan ini.
Ibu benar, tak layak aku mencintai malaikat keluarga kami. Tak pantas. Maafkan aku, Ibu. Perasaan kagum, terpesona, atau entahlah itu muncul tak tertahankan bahkan sejak rambutku masih dikepang dua.
Sekarang, ketika aku tahu dia boleh jadi tidak pernah menganggapku lebih dari seorang adik yang tidak tahu diri, biarlah... Biarlah aku luruh ke bumi seperti sehelai daun... daun yang tidak pernah membenci angin meski harus terenggutkan dari tangkai pohonnya.


Quote:
2. Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)
published : March 2010 by Penerbit Republika (first published 2010)

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
Masa anak-anak memang merupakan masa yang paling indah. Di mana semua masih lepas-bebas tanpa beban.

Di Novel kali ini Tere-Liye, benar-benar mengisahkan "petualangan" Pukat, si anak kecil dengan segala keluguan dan kenakalannya, namum memendam nilai-nilai luhur yang sangat amat patut untuk dilestarikan.

Hanya ada satu komentar buat novel Tere-Liye ini : RECOMMENDED AND MUST READ...!!!


Quote:
3. Burlian (Serial Anak-Anak Mamak, Buku 2)
published : November 4th 2009 by Penerbit Republika (first published 2009)

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
Burlian, anak kampung dengan segala keriangan keluarganya. Bercita-cita ingin naik kapal besar keliling dunia. Buku 2, dari Serial Anak2 Mamak. Buku 3, PUKAT terbit Februari 2010, Buku 4, Eliana direncanakan terbit Oktober 2010, Buku 1, Amelia direncanakan terbit Februari 2011.


Quote:
4. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
published : February 28th 2009 by Penerbit Republika (first published 2007)

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
awalnya gw agak gak confident nerbitin nih buku.. karena ceritanya entah kenapa mirip bgt dgn 5 people you meet in heaven-nya Mitch Albom... ntar dituduh njiplak...

tp setelah dipikir2 ulang, ah bodoh amat. kan kl buku ini terbit lebih dulu, maka Mitch Albom lah yg jiplak buku-ku, hehehe...

tdk semua isi buku ini orisinil; ada yg jiplak film2 india gitu, ada yg penjelasannya ngambil dari mana2.. yg orisinil kayaknya hanya jawaban soal kepergian, kehilangan, dan sejenisnya: cobalah mengerti dr sisi orang yg pergi! jgn dr orang yg ditinggalkan... yeah...


Quote:
5. Bidadari Bidadari Surga
published : June 1st 2008 by Republika

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
Bidadari-Bidadari Surga bercerita tentang pengorbanan seorang kakak (Laisa) untuk adik-adiknya (Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta) di Lembah Lahambay agar adik-adiknya dapat melanjutkan pendidikan mereka, meski ia harus bekerja diterik matahari setiap hari, mengolah gula aren setiap jam 4 pagi serta dimalam hari menganyam rotan, meski pada dasarnya keempat adik-adiknya tersebut berasal dari darah yang berbeza dengan dirinya.

Bidadari-Bidadari Surga bercerita tentang pengorbanan seorang kakak (Laisa) untuk adik-adiknya (Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta) di Lembah Lahambay agar adik-adiknya dapat melanjutkan pendidikan mereka, meski ia harus bekerja diterik matahari setiap hari, mengolah gula aren setiap jam 4 pagi serta dimalam hari menganyam rotan, meski pada dasarnya keempat adik-adiknya tersebut berasal dari darah yang berbeza dengan dirinya.

Satu sisi Laisa digambarkan sebagai kakak yang galak dan tegas, mengejar-ngejar adiknya yang bolos sekolah dengan rotan dan ranting kayu. Di sisi lain, kontradiktif dengan fizikalnya yang gempal, gendut, berkulit hitam, wajah yang tidak proporsional ditambah dengan rambut gimbal serta ukuran tubuhnya yang tidak normal, lebih pendek, Laisa sesungguhnya tipikal kakak yang mendukung adik-adiknya, rela mengorbankan diri untuk keselamatan ‘dua anak nakal’ Ikanuri dan Wibisana dari siluman Gunung Kendeng, serta mati-matian mencari ubat bagi menyembuhkan adiknya Yashinta yang diserang demam panas hingga kejang pada suatu malam.


Quote:
6. Hafalan Shalat Delisa
published : 2007 by Republika (first published 2005)

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
hmm... sungguh sy kangen momen2 menulis buku ini! buku ini menghabiskan seluruh energi yg dmiliki...

ketika menulis buku ini, ketika tiba untuk menuliskan footnote di bawahnya, maka sy harus berenti 'sejenak'... menyeka pipi, menghembuskan ingus kencang2... kl tdk salah, ketika menuliskan footnote yg kalimatnya: Ya Allah, lihatlah delisa 6 tahun, dst... sy harus buru2 menyambar payung... pergi ke tepi danau itu. tersedu, mengumpati diri-sendiri... jam 11malam; hujan deras!

yeah, sy kangen momen2 hebat itu... kl ada yg nanya, sebenarnya buku ini sy tulis utk siapa, maka jawabannya utk ibu-ku... karena meski sy berkali2 menulis delisa cinta ummi karena Allah, hingga detik ini sy tdk pernah bisa bilang kalimat itu ke ibuku... sesaaak bgt utk bilang... jd cukuplah buku ini yg bilang... bilang ke ibu (dan juga ayah) betapa anaknya yg bandel dan bebal ini insya Allah memiliki alasan yg baik dengan melepas begitu banyak janji kehebatan dunia, dan menggantinya dengan sesuatu yg lbh hakiki...

++ meski sy akhirnya hanya bisa terisak di pusara ayah yg masih hangat, sambil terbata bilang: "lihatlah anakmu yg tidak pernah bisa dibanggakan, tdk pernah bisa menjadi apa yg ayah inginkan sejak dulu...." ++


Quote:
7. Moga Bunda Disayang Allah
published : 2007 by Republika (first published 2006)

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
Diangkat dari salah satu kisah nyata paling mengharukan, dirulis kembali dari salah satu film terbaik sepanjang masa.


Quote:
8. Sang Penandai
published : December 2006 by PT Serambi Ilmu Semesta

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
gw gak tahu kenapa buku ini kurang 'nendang'.. hikz, padahal novel ini gw tulis dgn segenap perasaan.. kalau sj produser film hollywood tahu, boleh jd novel ini bisa jd film sekelas LOTR digabung sama Pirates of caribbean.. p kakakakak...

versi inggrisnya sudah disiapkan oleh teman yg baik hati (penulis buku "fireheart").. duuh, tuh naskah englishnya tetap gantung sampai skrg.. belum ada agen buku luar yg tertarik..


Quote:
9. The Gogons: James & the Incredible Incident
published : 2006 by Gramedia Pustaka Utama

===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===

Spoiler for deskripsi
Mereka awalnya berenam!
Dipertemukan tak sengaja oleh takdir huruf pertama.
Bertabiat laksana bumi dan langit.

Mereka sekarang tetap berenam!
Cowok-cowok metroseksual dengan masalah superserius!
Riang-tertawa menjalani manis persahabatan.

Yang tidak pernah mereka sadari,
Persahabatan itu mulai menembus batas-batas rasionalitas.

Ketika satu per satu berguguran oleh tragedi menyakitkan yang sulit dimengerti. Ketika persahabatan menuntut lebihdari sekadar kebersamaan.

Mereka awalnya berenam!
Entah menjadi berapalah di ujung cerita!
bananaprincess - 10/08/2010 06:18 PM
#2

ada yang sudah baca Pukat? gimana ceritanya? mau beli belum sempeeettt...

belum beli nih, kemaren baru aja namatin kedua kali Daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

brrr... nangis lagi saya :mewek

tulisannya saya suka, walaupun secara deskripsi seringkali suka lebay. tapi nilai-nilai yang disampaikan, ngena banget ke saya. sejauh ini buku favorit saya itu Bidadari-bidadari surga, Rembulan Tenggelam di wajahmu dan Daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

btw, ini TS-nya Tere-Liye ya?
crocodhit - 10/08/2010 06:32 PM
#3

ane ga pernah baca buku karangannya gan
tapi nampaknya menarik dibaca gan
shakehand
prudenceSG8 - 10/08/2010 06:57 PM
#4

Quote:
Original Posted By bananaprincess
ada yang sudah baca Pukat? gimana ceritanya? mau beli belum sempeeettt...

belum beli nih, kemaren baru aja namatin kedua kali Daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

brrr... nangis lagi saya :mewek

tulisannya saya suka, walaupun secara deskripsi seringkali suka lebay. tapi nilai-nilai yang disampaikan, ngena banget ke saya. sejauh ini buku favorit saya itu Bidadari-bidadari surga, Rembulan Tenggelam di wajahmu dan Daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

btw, ini TS-nya Tere-Liye ya?


Pukat, kebetulan saya sudah baca. Tidak jauh berbeda dengan Burlian, tapi menurut saya, Burlian masih lebih menggigit. Pukat juga tidak terlalu spesial, nakal dan beruntung seperti Burlian. Tapi dia pintar. Dan seperti yang lainnya, banyak hal positif dari buku ini. Ini adalah bacaan anak2 sekaligus orang tua. Anak2 bisa belajar dari Pukat, sementara para orang tua bisa belajar dari cara mendidik mamak dan bapak dalam membesarkan Burlian, Pukat, Eliana, dan Amelia. Udah gak sabar nunggu Eliana dan Amelia terbit. \)

Daun jatuh juga bagus. Saya juga menangis membacanya. Tapi ini kok tidak seperti novel2 tereliye sebelumnya ya. Lebih seperti Novel abg yang bicara soal cinta. Tentang perempuan patah hati dan sebagainya. Jadi antara 1 sampai 10, saya hanya memberikan nilai 7,5 untuk novel ini.

Novel tereliye saya paling suka Bidadari-Bidadari surga. Benar-benar memberikan banyak pelajaran buat saya. Terutama sebagai perempuan. \)

Dan satu lagi, TS bukan tereliye. Hanya pembaca yang kebetulan suka dengan karya2nya.. \)
prudenceSG8 - 10/08/2010 06:59 PM
#5

Quote:
Original Posted By crocodhit
ane ga pernah baca buku karangannya gan
tapi nampaknya menarik dibaca gan
shakehand


memang menarik gan,
menurutku, dia salah satu penulis terbaik Indonesia.
karya2nya sudah beberapa diterjemahkan ke bahasa asing.
crocodhit - 10/08/2010 07:25 PM
#6

Quote:
Original Posted By prudenceSG8
memang menarik gan,
menurutku, dia salah satu penulis terbaik Indonesia.
karya2nya sudah beberapa diterjemahkan ke bahasa asing.

memang tentang apa sih gan ?
tentang novel2 islami cewe yah ?
prudenceSG8 - 11/08/2010 05:17 AM
#7

Quote:
Original Posted By crocodhit
memang tentang apa sih gan ?
tentang novel2 islami cewe yah ?


gak islami2 banget sih..
tapi memang sebagian besar tokohnya beragama islam..
kebanyakan ceritanya itu tentang anak2..
dan hampir di setiap tulisannya,, tereliye selalu menanamkan pada kita,, bahwa janji masa depan yang lebih baik ada di tangan anak2..
crocodhit - 11/08/2010 02:52 PM
#8

Quote:
Original Posted By prudenceSG8
gak islami2 banget sih..
tapi memang sebagian besar tokohnya beragama islam..
kebanyakan ceritanya itu tentang anak2..
dan hampir di setiap tulisannya,, tereliye selalu menanamkan pada kita,, bahwa janji masa depan yang lebih baik ada di tangan anak2..


bole bole bole
buat selingan, bosan baca yg fantasi2 mulu, naga vs orang ngakaks
prudenceSG8 - 12/08/2010 05:16 AM
#9

Quote:
Original Posted By crocodhit
bole bole bole
buat selingan, bosan baca yg fantasi2 mulu, naga vs orang ngakaks


haha.. gue kalo baca juga dari berbagai genre..
sekarang emang novel fantasi gitu lagi booming dan banyak disuka..
tapi kalo baca gitu terus lama2 kita suka sulit menerima kalo sebenernya kita hidup di dunia nyata.. D
nah, baca tereliye ini bisa mengembalikan kita..
soalnya ceritanya lebih realistis.. o
noxember - 19/08/2010 08:58 AM
#10

gue baru baca bidadari2 surga ama hapalan shalat delisa. kesannya, gue laki2 garang, tp gue nangis baca itu. hehe...kabuur ngacir:
dodolover88 - 19/08/2010 11:28 AM
#11

hadir gan, saya juga penggemarnya tere liye walaupun baru baca hafalan solat delisa + daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

dua buku ini sukses bikin saya mewek, mau cari bukunya yang lain tapi kayaknya sudah agak susah dicari...
superultra - 21/08/2010 06:41 AM
#12

saya pernah baca Semoga Bunda disayang Allah
tapi belum sempat tamat udah keburu dipinjem teman dan belum dikembaliin sampe sekarang \(
Arsenal10 - 21/08/2010 12:10 PM
#13

nice info gan
Pepohonan - 22/08/2010 09:27 AM
#14

Quote:
Original Posted By dodolover88
hadir gan, saya juga penggemarnya tere liye walaupun baru baca hafalan solat delisa + daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

dua buku ini sukses bikin saya mewek, mau cari bukunya yang lain tapi kayaknya sudah agak susah dicari...


di gramed ada kok kk... gak terlalu susah juga nyarinya DDD

baru baca hafalan solat delisa malu:
kurakuramati - 31/08/2010 08:44 PM
#15

kalo bisa dikasih link juga dongg
arifbiru - 05/09/2010 01:49 PM
#16

ane tunggu link donlotnya ya gan malu
deutzy26 - 19/09/2010 07:45 PM
#17

Belum baca yang daun tak pernah membenci angin, beliin yo
sieallen - 06/10/2010 09:16 AM
#18

ijin daftar hadir disini gan D
ane penggemar karya Tere Liye juga nih gan

mau share info:
Bang Darwis (nama asli Tere Liye), selain menggunakan nama pena Tere Liye juga menggunakan nama Sendutu Meitulan
Selain karya di atas yg udah dijabarin sama TS, masih ada 3 buku lagi karya beliau, yaitu Senja Bersama Rosie, Mimpi-mimpi Si Patah Hati (menggunakan nama Sendutu Meitulan) dan Cintaku Antara Jakarta & Kuala Lumpur (menggunakan nama Sendutu Meitulan)

Kalau mau lihat apa saja karya2 beliau bisa cari disini gan
http://www.goodreads.com/author/show/838768.Tere_liye

Kalo mau beli buku-bukunya secara online ada nih gan, cekidot kesini gan :
http://tbodelisa.blogspot.com

Yang mau kontak dan ngobrol dengan beliau via FB, search aja nama "Darwis Tere-Liye"
tacticool - 12/10/2010 04:33 PM
#19

Quote:
Original Posted By crocodhit
memang tentang apa sih gan ?
tentang novel2 islami cewe yah ?


novel2 tentang kehidupan gan \)
ah.. kapan ya eliana terbit, ini kan sudah oktober \(
awanasetia - 18/10/2010 05:16 PM
#20

Iya niih , bikin penasaran amelia dan eliananya
Page 1 of 16 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUKU new > ===> Markas Pembaca Buku Tereliye <===