Pisau
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > share alat2 bikin piso
Total Views: 18770 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 16 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

charliealex - 05/11/2010 12:16 PM
#21

:2thumbup Bukti keseriusan belajar......
pandanganteng - 05/11/2010 04:31 PM
#22

mantabbbb...

tungku model barunya belum di upload mas Dadan???
imfaros - 05/11/2010 04:35 PM
#23

Quote:
Original Posted By pandanganteng
mantabbbb...

tungku model barunya belum di upload mas Dadan???


wakakaka... tau aja...
pas sesi pemotretan blom ada yg di bakar, jadi klo di poto2 gak seru.. kurang emosional gitu D
DjHater - 05/11/2010 04:52 PM
#24

@imfaros
kalau pingin HT tapi pake torch lighter gitu bisa? yang pake gas Hico*k..
imfaros - 05/11/2010 05:09 PM
#25

Quote:
Original Posted By DjHater
@imfaros
kalau pingin HT tapi pake torch lighter gitu bisa? yang pake gas Hico*k..


secara serius ane gak pernah pake itu (torch), dah pernah nyoba utk temper ternyata gagal.. susah ngontrol panasnya, dicoba aja ...

triknya,
1. coba dahulu di blade2 kecil,
2. usahakan malem hari biar terlihat peralihan warna baja naik secara bertahap (karna sinar matahari mampu menipu warna panas)
3. coba buat warna merata di sepanjang blade dan coba tahan bbrapa detik agar warnanya tetap stabil
4. jangan buru2 utk melakukan proses HT, santai aja... toh setelah proses tsb diatas gak jadi HT jg gpp kok..
DjHater - 05/11/2010 06:13 PM
#26

Quote:
Original Posted By imfaros
secara serius ane gak pernah pake itu (torch), dah pernah nyoba utk temper ternyata gagal.. susah ngontrol panasnya, dicoba aja ...

triknya,
1. coba dahulu di blade2 kecil,
2. usahakan malem hari biar terlihat peralihan warna baja naik secara bertahap (karna sinar matahari mampu menipu warna panas)
3. coba buat warna merata di sepanjang blade dan coba tahan bbrapa detik agar warnanya tetap stabil
4. jangan buru2 utk melakukan proses HT, santai aja... toh setelah proses tsb diatas gak jadi HT jg gpp kok..


tunggu, asumsi gw bener gak nih:
bisa pakai torch lighter gitu, tapi bilah yang di inginkan jangan terlalu panjang dan tebal.

karena gak ada ruang pembakaran jadi nya berencana pake ini sih, tapi kalo gak bisa ya nunggu dulu deh.. \)
giaartcraft - 05/11/2010 08:24 PM
#27

Quote:
Original Posted By DjHater
@imfaros
kalau pingin HT tapi pake torch lighter gitu bisa? yang pake gas Hico*k..


torch yang kaya gini kah ???
Spoiler for obor

share alat2 bikin piso


warning pertama not recomended, tapi kalo pengen nyoba dicoba buat ruangan kecil ukuran lubang 5x5 cm dari empat/lima buah bata merah yang salah satunya diberi lubang,ibarat bikin tungku HT kecil gitu, gunanya biar panasnya lebih terkonsentrasi.
gw pernah nyoba sekali bisa dipake buat tungku forging atau HT, tapi memang cuman efektif buat bilah kecil
Tapi catatan.... ABSOLUTELY NOT RECOMENDED,.... penggunaan torch yang lama diatas 10 menit mengakibatkan panasnya menjalar ke seluruh bagian torch, menuju ke kaleng gas....kecuali bikin dulu saluran buat manjangin torch dari kaleng gas nya sepertinya lebih aman......
DjHater - 06/11/2010 07:42 AM
#28

Quote:
Original Posted By giaartcraft
torch yang kaya gini kah ???
Spoiler for obor

share alat2 bikin piso


warning pertama not recomended, tapi kalo pengen nyoba dicoba buat ruangan kecil ukuran lubang 5x5 cm dari empat/lima buah bata merah yang salah satunya diberi lubang,ibarat bikin tungku HT kecil gitu, gunanya biar panasnya lebih terkonsentrasi.
gw pernah nyoba sekali bisa dipake buat tungku forging atau HT, tapi memang cuman efektif buat bilah kecil
Tapi catatan.... ABSOLUTELY NOT RECOMENDED,.... penggunaan torch yang lama diatas 10 menit mengakibatkan panasnya menjalar ke seluruh bagian torch, menuju ke kaleng gas....kecuali bikin dulu saluran buat manjangin torch dari kaleng gas nya sepertinya lebih aman......


iya yang seperti itu.. ngeri juga kalau panas nya merembet sampai kaleng.. takut
maksud nya di buat saluran buat manjangin torch dari kaleng gimana ya? bukan nya udah fix ya itu nozzle nya?
kyny memang not recommended for long term use yah..
memang mesti pake tungku nih..
thanks.
FanGBoY - 06/11/2010 03:11 PM
#29

Ada Tester Piso nye Gak Gan......Ane Mo nyoba nih Piso RAMBO.......Panjangnye 14 cm.......(klo gak salah malus) lumayan buat potong Qurban...
imfaros - 08/11/2010 09:51 AM
#30

Quote:
Original Posted By DjHater
iya yang seperti itu.. ngeri juga kalau panas nya merembet sampai kaleng.. takut
maksud nya di buat saluran buat manjangin torch dari kaleng gimana ya? bukan nya udah fix ya itu nozzle nya?
kyny memang not recommended for long term use yah..
memang mesti pake tungku nih..
thanks.

katanya gak ada tempat, tp pengen buat tungku?
tungku areng perlu tempat terbuka dan agak besar drpada tungku dr gas, tungku areng kita perlu areng minmal, lebih kotor pula
jangan banyak "rencana" dan pertimbangan, kerjakan saja.. survival lebih bagus drpada rencana terus tp gak selesai2..
coba study dulu lah, kunjungi temen2 yg punya tungku nanti bs terlihat kira2 bro pengennya spt apa..

Quote:
Original Posted By FanGBoY
Ada Tester Piso nye Gak Gan......Ane Mo nyoba nih Piso RAMBO.......Panjangnye 14 cm.......(klo gak salah malus) lumayan buat potong Qurban...

makudnya apa ya? klo lo perlu tambang, kayu2 buat nge tes pisau ada nih...
bigjay74 - 08/11/2010 10:47 PM
#31
Ikut share gan
Mau ikut share niy tentang peralatan pembuat pisau. Saya nubi keracunan pisau oleh forum ini. sampai sekarang sudah 6 pisau yang sudah dibuat. Bilah pisau dibuat secara freehand menggunakan grinda tangan. Ternyata pisau yang dihasilkan jauh dari presisi akibat menggunakan alat seadanya.marah
Jadi alat minimum yang harus dipunyai adalah grinda dan ragum buat memegang bilah pisau..

Dari hasil gogling menurut saya ada dua metoda yaitu secara forging dan stock removal. Untuk metoda forging kayaknya diperlukan budget yang besar karena membutuhkan alat yang banyak sekaligus skill tempa besi yang tidak semua orang bisa. Namun untuk metoda stock removal lebih sedikit yang dibutuhkan, utama adalah gerinda. Untuk memperhalus dan presisi dalam membuat bilah pisau namanya belt grinder (banyak sekali desainnya salah satunya seperti yang punya bro imfaros, tinggal pilih aja). Sampai sekarang ana juga belum punya, masih nabung buat bikin tu alat.. (kayaknya perlu dibuat tread khusus membuat alat2 pisau secara DIY..) salah satunya dapat dilihat disini

Langkah selanjutnya adalah HT bilah pisau, nah ini yang rada susah soalnya ga semua tempat ada yang bisa HT, mungkin di forpis sudah ada yang menerima HT bilah pisau? Cara HT sederhana yang saya dapat dari forum sebelah


Terakhir finishing deh dengan membuat handle sesuai dengan apa yang kita igningkan. peralatan yang pastinya adalah woodworking tool umum seperti gergaji, kikir dan teman2nya.

Begitu kira2 share saya, mudah2an dapat membantu...
bonarfani - 10/11/2010 12:21 AM
#32
Contoh jadi
Bole liat contohnya gan? bikin pol sendiri apa di bikinin! btw bisa pesen = agan? tx
pandanganteng - 10/11/2010 08:14 AM
#33

Quote:
Original Posted By bigjay74
Mau ikut share niy tentang peralatan pembuat pisau. Saya nubi keracunan pisau oleh forum ini. sampai sekarang sudah 6 pisau yang sudah dibuat. Bilah pisau dibuat secara freehand menggunakan grinda tangan. Ternyata pisau yang dihasilkan jauh dari presisi akibat menggunakan alat seadanya.marah
Jadi alat minimum yang harus dipunyai adalah grinda dan ragum buat memegang bilah pisau..

Dari hasil gogling menurut saya ada dua metoda yaitu secara forging dan stock removal. Untuk metoda forging kayaknya diperlukan budget yang besar karena membutuhkan alat yang banyak sekaligus skill tempa besi yang tidak semua orang bisa. Namun untuk metoda stock removal lebih sedikit yang dibutuhkan, utama adalah gerinda. Untuk memperhalus dan presisi dalam membuat bilah pisau namanya belt grinder (banyak sekali desainnya salah satunya seperti yang punya bro imfaros, tinggal pilih aja). Sampai sekarang ana juga belum punya, masih nabung buat bikin tu alat.. (kayaknya perlu dibuat tread khusus membuat alat2 pisau secara DIY..) salah satunya dapat dilihat disini

Langkah selanjutnya adalah HT bilah pisau, nah ini yang rada susah soalnya ga semua tempat ada yang bisa HT, mungkin di forpis sudah ada yang menerima HT bilah pisau? Cara HT sederhana yang saya dapat dari forum sebelah


Terakhir finishing deh dengan membuat handle sesuai dengan apa yang kita igningkan. peralatan yang pastinya adalah woodworking tool umum seperti gergaji, kikir dan teman2nya.

Begitu kira2 share saya, mudah2an dapat membantu...


mantep sii kalau punya belt grinder : kerjaan jadi lebih ringan, presisi, dan menyenangkan.....

alat idaman nih...

mudah-mudahan kesampaian...
catros - 10/11/2010 08:57 AM
#34

Quote:
Original Posted By pandanganteng
mantep sii kalau punya belt grinder : kerjaan jadi lebih ringan, presisi, dan menyenangkan.....

alat idaman nih...

mudah-mudahan kesampaian...


kayanya kalau beli jadi di negara ini agak susah deh
mending bangun sendiri ajah kaya bro imfaros dan jang gia
coba deh konsultasi ama mereka
imfaros - 10/11/2010 08:26 PM
#35

Quote:
Original Posted By bigjay74
Mau ikut share niy tentang peralatan pembuat pisau. Saya nubi keracunan pisau oleh forum ini. sampai sekarang sudah 6 pisau yang sudah dibuat. Bilah pisau dibuat secara freehand menggunakan grinda tangan. Ternyata pisau yang dihasilkan jauh dari presisi akibat menggunakan alat seadanya.marah
Jadi alat minimum yang harus dipunyai adalah grinda dan ragum buat memegang bilah pisau..

Dari hasil gogling menurut saya ada dua metoda yaitu secara forging dan stock removal. Untuk metoda forging kayaknya diperlukan budget yang besar karena membutuhkan alat yang banyak sekaligus skill tempa besi yang tidak semua orang bisa. Namun untuk metoda stock removal lebih sedikit yang dibutuhkan, utama adalah gerinda. Untuk memperhalus dan presisi dalam membuat bilah pisau namanya belt grinder (banyak sekali desainnya salah satunya seperti yang punya bro imfaros, tinggal pilih aja). Sampai sekarang ana juga belum punya, masih nabung buat bikin tu alat.. (kayaknya perlu dibuat tread khusus membuat alat2 pisau secara DIY..) salah satunya dapat dilihat disini

Langkah selanjutnya adalah HT bilah pisau, nah ini yang rada susah soalnya ga semua tempat ada yang bisa HT, mungkin di forpis sudah ada yang menerima HT bilah pisau? Cara HT sederhana yang saya dapat dari forum sebelah


Terakhir finishing deh dengan membuat handle sesuai dengan apa yang kita igningkan. peralatan yang pastinya adalah woodworking tool umum seperti gergaji, kikir dan teman2nya.

Begitu kira2 share saya, mudah2an dapat membantu...


jangan tertipu mas bro, peralatan woodworking dan metalworking sungguh berbeda... apakah itu gergaji, kikir, batu asah, amplas, dll...
prhatikan spek nya...

untuk HT klo bro di jkt kemari aja deh... bawain areng aja, bisa diatur lah
imfaros - 10/11/2010 08:27 PM
#36

Quote:
Original Posted By pandanganteng
mantep sii kalau punya belt grinder : kerjaan jadi lebih ringan, presisi, dan menyenangkan.....

alat idaman nih...

mudah-mudahan kesampaian...


hehe... jadi kapan kita hunting? D
pandanganteng - 10/11/2010 09:30 PM
#37

Quote:
Original Posted By imfaros
hehe... jadi kapan kita hunting? D


Nanti mas Dadan,
mau ngecek dulu : ada kabar kalau ada yang jual belt grinder sudah jadi, hanya roda dua, besok aku lihat dulu barangkali bagus.

Mas Dadan, Unit Dinamo yang buat bikin belt grinder nya mas Dadan dari dinamo apa ya? As-nya panjang : bagus.
hanya mungkin kalau roda yang di as dikasih roda yang besar powernya jadi mantap kali ya?
imfaros - 10/11/2010 09:45 PM
#38

Quote:
Original Posted By pandanganteng
Nanti mas Dadan,
mau ngecek dulu : ada kabar kalau ada yang jual belt grinder sudah jadi, hanya roda dua, besok aku lihat dulu barangkali bagus.

Mas Dadan, Unit Dinamo yang buat bikin belt grinder nya mas Dadan dari dinamo apa ya? As-nya panjang : bagus.
hanya mungkin kalau roda yang di as dikasih roda yang besar powernya jadi mantap kali ya?


belt grinder alat yg sangat penting mas bro,,, jangan terpancing harga murah nantinya, dan peruntukannya,,, rata2 belt grinder disini utk keperluan woodworking (utk amplas kayu),

ada bbrapa part yg ane gak tau namanya yg cukup penting utk pengerjaan pisau nantinya, termasuk jenis amplas yg beredar utk keperluan metalworking dan justru mesinnya (belt grinder) yg ane gak nemu disini...

utk dinamo coba cari yg diatas 1HP, klo buatan cina gak pake itu biasanya, liat watt nya aja lah, bisa diatas 400watt dan itu cukup kuat buat grinding nanti (jd klo di tekan gak berhenti) tapi bukan disitu aja ... jangan jg di tekan malah amplas nya lari-lari.. hehe

salam metal
pandanganteng - 10/11/2010 10:21 PM
#39

Iya mas Dadan, belt grinder penting banget buat bikin pisau.
tanpa belt grinder : bikin pisau lama.

Salam metal juga.
catros - 11/11/2010 09:05 AM
#40

Quote:
Original Posted By pandanganteng
Iya mas Dadan, belt grinder penting banget buat bikin pisau.
tanpa belt grinder : bikin pisau lama.

Salam metal juga.


sik asik asik....
bakalan ada tempat numpang ngamplas lagi nih....D
Page 2 of 16 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Pisau > share alat2 bikin piso